|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S2 Pendidikan Fisika
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
OPTIKA MODERN |
8410302026 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=4.48 |
2 |
8 Agustus 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Oka Saputra, M.Pd
|
Dr. Rohim Aminullah Firdaus, S.Pd., M.Si.
|
Dr. Titin Sunarti, M.Si. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-5 |
Mengembangkan pengetahuan pedagogik dan implikasinya pada pembelajaran fisika dengan menggunakan Hybrid Blended Learning, STEM Education, TPACK, ETNOFISIKA, Pembelajaran SDGs, dan TIK |
PLO-6 |
Mengembangkan pembelajaran terkait konsep teoritis fisika klasik dan modern dalam penyelesaian masalah kontekstual |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu memahami konsep medan elektrostatik dan medan magnetostatik serta aplikasinya
|
PO - 2 |
Mahasiswa mampu menyelesaikan persoalan elektrodinamika
|
PO - 3 |
Mahasiswa mampu menerapkan teori elektrodinamika dalam persoalan elektrodinamika dalam kehidupan
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-5 | PLO-6 | PO-1 | ✔ | | ✔ | PO-2 | ✔ | | ✔ | PO-3 | ✔ | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | PO-2 | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Optika Modern memberikan pemantapan materi optika klasik dan aspek-aspek optik modern, yang mencakup tema optika geometri, optika fisis, pandu gelombang, laser, dan optika tak linier. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Keiser, G. (2000). Optical fiber communications (Vol. 2). McGraw-Hill New York.
- Halliday, D., Resnick, R., & Krane, K. S. (2010). Physics, Volume 2. John Wiley & Sons.
- Hecht, J. (1987). Optics: Light for a New Age. Jeff Hecht
- Jenkins, F. A., & White, H. E. (1987). Foundation of Optics
- Svelto, O. (2010). Principles of Lasers. Springer US.
- Pedrotti, F. L., Pedrotti, L. M., & Pedrotti, L. S. (2018). Introduction to Optics. Cambridge University Press.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Rohim Aminullah Firdaus, S.Pd, M.Si Dr. Muhimmatul Khoiro, S. Si. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Dapat menjelaskan tentang perbedaan cermin datar dan cermin lengkung, serta mengidentifikasi sifat-sifat bayangan yang dihasilkan oleh cermin |
Dapat mendefinisikan tentang cermin datar dan lengkung |
Kriteria:
Ketepatan dalam menyelesaikan contoh soal yang berhubungan dengan cermin datar dan cermin lengkung Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi 2 x 50 |
Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi melalui Zoom 2 x 50 |
Materi: Optika Geometri : Cermin datar dan Cermin lengkung, Jenis-jenis Lensa, Pembentukan bayangan pada lensa dan aberasi, dan Alat-alat optik Pustaka: Keiser, G. (2000). Optical fiber communications (Vol. 2). New York: McGraw-Hill. Materi: Laser : Prinsip dasar, Skema transisi, Resonator, Sifat-sifat cahaya Laser, Jenis-jenis laser Pustaka: Hecht, E. (2002). Optics, 5e. India: Pearson Education. |
2% |
2
Minggu ke 2 |
Dapat menyebutkan dan menjelaskan jenis jenis dan sifat lensa (C2) |
Dapat mendefinisikan tentang jenis dan sifat lensa dengan tepat |
Kriteria:
ketepatan dalam menyelesaikan contoh soal yang berhubungan dengan jenis dan sifat lensa Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi 2 x 50 |
Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi, dan Quiz melalui Zoom 2 x 50 |
Materi: Optika Geometri : Cermin datar dan Cermin lengkung, Jenis-jenis Lensa, Pembentukan bayangan pada lensa dan aberasi, dan Alat-alat optik Pustaka: Keiser, G. (2000). Optical fiber communications (Vol. 2). New York: McGraw-Hill. |
2% |
3
Minggu ke 3 |
Dapat melukis jalannya sinar |
Dapat mendefinisikan pembentukan bayangan pada lensa dan terjadinya penyimpangan , aberasi dengan tepat |
Kriteria:
Ketepatan dalam menyelesaikan contoh soal yang berhubungan dengan sinar- sinar istimewa dan terjadinya aberasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi 2 x 50 |
Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi 2 x 50 |
Materi: Optika Geometri : Cermin datar dan Cermin lengkung, Jenis-jenis Lensa, Pembentukan bayangan pada lensa dan aberasi, dan Alat-alat optik Pustaka: Keiser, G. (2000). Optical fiber communications (Vol. 2). New York: McGraw-Hill. |
2% |
4
Minggu ke 4 |
Dapat melukis jalannya sinar |
Dapat mendefinisikan pembentukan bayangan pada lensa dan terjadinya penyimpangan , aberasi dengan tepat |
Kriteria:
Ketepatan dalam menyelesaikan contoh soal yang berhubungan dengan sinar- sinar istimewa dan terjadinya aberasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi 2 x 50 |
Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi 2 x 50 |
Materi: Optika Geometri : Cermin datar dan Cermin lengkung, Jenis-jenis Lensa, Pembentukan bayangan pada lensa dan aberasi, dan Alat-alat optik Pustaka: Keiser, G. (2000). Optical fiber communications (Vol. 2). New York: McGraw-Hill. |
2% |
5
Minggu ke 5 |
Dapat menyebutkan dan menjelaskan prinsip kerja alat alat optic (C2) |
Dapat menjelaskan prinsip kerja alat optik |
Kriteria:
Ketepatan dalam menjelaskan prinsip kerja alat optik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi 2 x 50 |
Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi 2 x 50 |
Materi: Optika Geometri : Cermin datar dan Cermin lengkung, Jenis-jenis Lensa, Pembentukan bayangan pada lensa dan aberasi, dan Alat-alat optik Pustaka: Keiser, G. (2000). Optical fiber communications (Vol. 2). New York: McGraw-Hill. |
2% |
6
Minggu ke 6 |
Mampu menguasai konsep tentang interferensi dan difraksi. (C2) tanpa membuka catatan minimal 60% benar |
Dapat mendefinisikan tentang interferensi dan difraksi dengan tepat |
Kriteria:
Ketepatan untuk menyelesaikan contoh soal yang berhubungan dengan interferensi dan difraksi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi 2 x 50 |
Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi 2 x 50 |
Materi: Optika Fisis : Interferensi dan difraksi, Polarisasi dan Dispersi Pustaka: Halliday, D., Resnick, R., & Krane, K. S. (2010). Physics, Volume 2. New York: John Wiley & Sons. |
2% |
7
Minggu ke 7 |
Mampu menguasai konsep tentang interferensi dan difraksi. (C2) tanpa membuka catatan minimal 60% benar |
Dapat mendefinisikan tentang interferensi dan difraksi dengan tepat |
Kriteria:
Ketepatan untuk menyelesaikan contoh soal yang berhubungan dengan interferensi dan difraksi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi 2 x 50 |
Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi 2 x 50 |
Materi: Optika Fisis : Interferensi dan difraksi, Polarisasi dan Dispersi Pustaka: Halliday, D., Resnick, R., & Krane, K. S. (2010). Physics, Volume 2. New York: John Wiley & Sons. |
3% |
8
Minggu ke 8 |
- Dapat menjelaskan tentang perbedaan (C2) cermin datar dan cermin lengkung, serta mengidentifikasi sifat-sifat bayangan yang dihasilkan oleh cermin
- Dapat menyebutkan dan menjelaskan jenis jenis dan sifat lensa (C2)
- Dapat melukis jalannya sinar
- Dapat menyebutkan dan menjelaskan prinsip kerja alat alat optic (C2)
- Mampu menguasai konsep tentang interferensi dan difraksi. (C2) tanpa membuka catatan minimal 60% benar.
|
- Dapat mendefinisikan tentang cermin datar dan lengkung
- Dapat mendefinisikan tentang jenis dan sifat lensa dengan tepat
- Dapat mendefinisikan pembentukan bayangan pada lensa dan terjadinya penyimpangan , aberasi dengan tepat
- Dapat menjelaskan prinsip kerja alat optik
- Dapat mendefinisikan tentang interferensi dan difraksi dengan tepat
|
Kriteria:
Tes Bentuk Penilaian : Tes |
Mengerjakan soal di kelas 2 x 50 |
Mengerjakan soal secara asinkronus 2 x 50 |
Materi: Optika Geometri : Cermin datar dan Cermin lengkung, Jenis-jenis Lensa, Pembentukan bayangan pada lensa dan aberasi, dan Alat-alat optik Pustaka: Gerd Keesser , “Optical Fiber Comunication” Materi: Optika Fisis : Interferensi dan difraksi, Polarisasi dan Dispersi Pustaka: Haliday and Resnick , Physics 2 |
20% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu menguasai konsep polarisasi dan disperse (C2) tanpa membuka catatan minimal 60% benar. |
Dapat mendefinisikan LASER |
Kriteria:
Ketepatan menyelesaikan latihan soal yang berhubungan dengan prinsip dasar laser Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi 2 x 50 |
Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi 2 x 50 |
Materi: Laser : Prinsip dasar, Skema transisi, Resonator, Sifat-sifat cahaya Laser, Jenis-jenis laser Pustaka: O Swelto, “Principles of Laser”, Plenum Press, 2nd edition , New York, 1982 |
3% |
10
Minggu ke 10 |
- Dapat membedakan cahaya dan cahaya laser (C2)
- Dapat menghitung laju transisi atom dan atau molekul (C3) .
- Dapat menghitung besar energi hasil transisi atom dan atau molekul (C3)
|
Dapat mendefinisikan LASER, membedakan LASER dengan cahaya , menghitung besar energy hasil transisi atom dan atau molekul dengan tepat |
Kriteria:
Ketepatan menyelesaikan latihan soal yang berhubungan dengan skema transisi laser dan resonator Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah., Tanya Jawab, Diskusi 2 x 50 |
Ceramah., Tanya Jawab, Diskusi 2 x 50 |
Materi: Laser : Prinsip dasar, Skema transisi, Resonator, Sifat-sifat cahaya Laser, Jenis-jenis laser Pustaka: O Swelto, “Principles of Laser”, Plenum Press, 2nd edition , New York, 1982 |
3% |
11
Minggu ke 11 |
- Dapat membedakan cahaya dan cahaya laser (C2)
- Dapat menghitung laju transisi atom dan atau molekul (C3) .
- Dapat menghitung besar energi hasil transisi atom dan atau molekul (C3)
|
Dapat menghitung besar energy hasil transisi atom dan atau molekul dengan tepat |
Kriteria:
Ketepatan dalam menyelesaikan latihan soal tentang sifat-sifat laser dan jenis laser Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah., Tanya Jawab, Diskusi 2 x 50 |
Ceramah., Tanya Jawab, Diskusi 2 x 50 |
Materi: Laser : Prinsip dasar, Skema transisi, Resonator, Sifat-sifat cahaya Laser, Jenis-jenis laser Pustaka: O Swelto, “Principles of Laser”, Plenum Press, 2nd edition , New York, 1982 |
3% |
12
Minggu ke 12 |
Dapat menjelaskan konsep pandu gelombang, sifat-sifat, dan kegunaannya (C2). |
Dapat mendefinisikan LASER, membedakan LASERdengan cahaya , menghitun besar energy hasil transisi atom dan atau molekul dengan tepat |
Kriteria:
Ketepatan dalam menyelesaikan latihan soal yang berhubungan dengan pandu gelombang , siaft pandu gelombang , jenis pandu gelombang dan aplikasinya Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah., Tanya Jawab, Diskusi 2 x 50 |
Ceramah., Tanya Jawab, Diskusi 2 x 50 |
Materi: Pandu Gelombang : Konsep, Sifat-sifat, Jenis, Aplikasinya Pustaka: Jenkins and White, “Optics” Materi: Optika Tak Linier : Optika linier vs non-linier, Medium non-linier, Second harmonic generation (shg), Efek pockel, Efek kerr, Efek faraday, Efek akustik-optik, Nonlinear optical phase conjugation Pustaka: Pedrotti, “Introduction to Optics” |
3% |
13
Minggu ke 13 |
Dapat menjelaskan konsep pandu gelombang, sifat-sifat, dan kegunannya (C2) |
Dapat mendefinisikan pandu gelombang, sifat, jenis dan aplikasi pandu gelombang dengan tepat |
Kriteria:
Ketepatan dalam menyelesaikan latihan soal yang berhubungan dengan optika non linier Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi 2 x 50 |
Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi 2 x 50 |
Materi: Optika Geometri : Cermin datar dan Cermin lengkung, Jenis-jenis Lensa, Pembentukan bayangan pada lensa dan aberasi, dan Alat-alat optik Pustaka: Gerd Keesser , “Optical Fiber Comunication” Materi: Optika Tak Linier : Optika linier vs non-linier, Medium non-linier, Second harmonic generation (shg), Efek pockel, Efek kerr, Efek faraday, Efek akustik-optik, Nonlinear optical phase conjugation Pustaka: Pedrotti, “Introduction to Optics” |
3% |
14
Minggu ke 14 |
- Dapat menjelaskan medium non-linier.(C2)
- Dapat menjelaskan konsep SHG, efek Pockel, Efek Kerr, Efek Faraday (C2)
|
Dapat mendefinisikan dan membedakan antara optika linier dan optika non linier, medium non linier, SHG dan beberapa apliaksi optika non linier dengan tepat |
Kriteria:
Ketepatan dalam mendefinisikan dan membedakan antara optika linier dan optika non linier, medium non linier, SHG dan beberapa apliaksi optika non linier Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi 2 x 50 |
Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi 2 x 50 |
Materi: Optika Geometri : Cermin datar dan Cermin lengkung, Jenis-jenis Lensa, Pembentukan bayangan pada lensa dan aberasi, dan Alat-alat optik Pustaka: Gerd Keesser , “Optical Fiber Comunication” Materi: Optika Tak Linier : Optika linier vs non-linier, Medium non-linier, Second harmonic generation (shg), Efek pockel, Efek kerr, Efek faraday, Efek akustik-optik, Nonlinear optical phase conjugation Pustaka: Pedrotti, “Introduction to Optics” |
10% |
15
Minggu ke 15 |
Dapat merancang Eksperimen Sederhana Dari Salah Satu Aplikasinya (C4) |
Dapat mendefinisikan dan membedakan antara optika linier dan optika non linier, medium non linier, SHG dan beberapa apliaksi optika non linier dengan tepat |
Kriteria:
Ketepatan dalam mengaplikasikan optika non linier, SHG , efek Pockel, Efek Faraday dalam simulasi sederhana Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi 2 x 50 |
Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi 2 x 50 |
Materi: Laser : Prinsip dasar, Skema transisi, Resonator, Sifat-sifat cahaya Laser, Jenis-jenis laser Pustaka: Hecht, “Optics” Materi: Optika Tak Linier : Optika linier vs non-linier, Medium non-linier, Second harmonic generation (shg), Efek pockel, Efek kerr, Efek faraday, Efek akustik-optik, Nonlinear optical phase conjugation Pustaka: Pedrotti, “Introduction to Optics” |
10% |
16
Minggu ke 16 |
- Mahasiswa mampu menguasai konsep polarisasi dan disperse (C2) tanpa membuka catatan minimal 60% benar.
- Dapat membedakan cahaya dan cahaya laser (C2)
- Dapat menghitung laju transisi atom dan atau molekul (C3) .
- Dapat menghitung besar energi hasil transisi atom dan atau molekul (C3)
- Dapat menjelaskan konsep pandu gelombang, sifat-sifat, dan kegunannya (C2)
- Memahami dan menjelaskan konsep perbedaan antara optika linier dan non-linier (C2)
- Dapat menjelaskan medium non-linier.(C2)
- Dapat menjelaskan konsep SHG, efek Pockel, Efek Kerr, Efek Faraday (C2)
- Dapat merancang Eksperimen Sederhana Dari Salah Satu Aplikasinya (C4)
|
- Dapat mendefinisikan tentang interferensi dan difraksi dengan tepat
- Dapat mendefinisikan LASER, membedakan LASERdengan cahaya , menghitun besar energy hasil transisi atom dan atau molekul dengan tepat
- Dapat mendefinisikan pandu gelombang, sifat, jenis dan aplikasi pandu gelombang dengan tepat
- Dapat mendefinisikan dan membedakan antara optika linier dan optika non linier, medium non linier, SHG dan beberapa apliaksi optika non linier dengan tepat
|
Kriteria:
Tes Bentuk Penilaian : Tes |
UAS 2 x 50 |
|
Materi: Optika Geometri : Cermin datar dan Cermin lengkung, Jenis-jenis Lensa, Pembentukan bayangan pada lensa dan aberasi, dan Alat-alat optik Pustaka: Gerd Keesser , “Optical Fiber Comunication” Materi: Optika Fisis : Interferensi dan difraksi, Polarisasi dan Dispersi Pustaka: Haliday and Resnick , Physics 2 Materi: Laser : Prinsip dasar, Skema transisi, Resonator, Sifat-sifat cahaya Laser, Jenis-jenis laser Pustaka: Hecht, “Optics” Materi: Pandu Gelombang : Konsep, Sifat-sifat, Jenis, Aplikasinya Pustaka: Jenkins and White, “Optics” Materi: Optika Tak Linier : Optika linier vs non-linier, Medium non-linier, Second harmonic generation (shg), Efek pockel, Efek kerr, Efek faraday, Efek akustik-optik, Nonlinear optical phase conjugation Pustaka: O Swelto, “Principles of Laser”, Plenum Press, 2nd edition , New York, 1982 Materi: Optika Tak Linier : Optika linier vs non-linier, Medium non-linier, Second harmonic generation (shg), Efek pockel, Efek kerr, Efek faraday, Efek akustik-optik, Nonlinear optical phase conjugation Pustaka: Pedrotti, “Introduction to Optics” |
30% |