Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S3 Pendidikan Ekonomi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Ekonomi Kreatif dan Kewirausahaan Digital

8700303006

T=3

P=0

ECTS=7.56

1

18 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Siti Sri Wulandari,M.Pd




Prof. Dr. Susanti., M.Pd, Dr. Siti Sri Wulandari., M.Pd




Dr. Siti Sri Wulandari, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-5

Menguasai filosofi ilmu ekonomi yang diperlukan untuk mengembangkan pengetahuan baru pada bidang pendidikan ekonomi yang logis, kritis, dan inovatif dengan mengedepankan nilai-nilai budaya lokal, nasional dan global.

PLO-6

Menguasai filosofi perencanaan, strategi, dan asesmen serta pengelolaan kelas sehingga mampu mengembangkan dan mengevaluasi pembelajaran ekonomi yang original, inovatif, efektif dan sesuai perkembangan IPTEKS.

PLO-7

Menguasai metodologi penelitian untuk mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan/atau seni baru di bidang pendidikan ekonomi melalui riset atau penciptaan karya kreatif, original, dan teruji dengan pendekatan inter, multi dan transdisipliner dengan penuh tanggung jawab sesuai kaidah dan etika ilmiah.

PLO-8

Menguasai filosofi teori manajerial serta mengembangkannya dengan didukung oleh soft competency dalam bidang pendidikan ekonomi dengan penuh tanggung jawab serta menjunjung nilai-nilai budaya lokal, nasional dan global.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu menganalisis peluang bisnis ekonomi kreatif digital

PO - 2

Mampu menganalisis lingkungan disruption dan faktor-faktor yang mempengaruhi kewirausahaan digital

PO - 3

Mampu menganalisis dampak ekonomi kreatif digital

PO - 4

Mampu menganalisis bisnis ekonomi kreatif digital yang memiliki daya saing

PO - 5

Mampu menganalisis tantangan dan peluang bisnis ekonomi kreatif digita

PO - 6

Mampu menganalisis proses dan perilaku konsumen dalam ligkungan kewirausahaan digital di era Society 5.0

PO - 7

Mampu menganalisis faktor- faktor kunci sumber daya dan teknologi yang memfasilitasi kewirausahaan digita

PO - 8

Mampu menganalisis model-model kewirausahaan digital yang mempunyai value dan keunggulan kompetitif

PO - 9

Mampu menganalisis praktek-praktek dan sistem sosio technical yang diperlukan dalam model kewirausahaan digital

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-2PLO-3PLO-4PLO-5PLO-6PLO-7PLO-8
PO-1        
PO-2        
PO-3        
PO-4        
PO-5        
PO-6        
PO-7        
PO-8        
PO-9        

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas dan menganalisis tentang ekonomi kreatif dan kewirausahaan digital yang saat ini berkembang pesat di dunia. Ekonomi kreatif dan kewirausahaan digital bukan sekedar tren, namun bagian tranformasi penerapan perkembangan ekonomi dan teknologi. Pengetahuan konsep ekonomi kreatif dan kewirausahaan digital yang penerapannya diimplementasikan pada matakuliah ini diharapkan mahasiswa mampu menganalisis dan mempersiapkan artikel/jurnal yang berisi kajian tentang ekonomi kreatif dan kewirausahaan digital, Start Up, E-commerce, Leadership Entrepreneur di Era Society 5.0

Pustaka

Utama :

  1. Allen, K.R. and Meyer, E.C. 2006. Entreprenurship and Small Business Management. The McGraw-Hill Companies, Inc.
  2. Bakhshi, W. Hutton, A. O’Keeffe, P. Schneider. 2007. Staying Ahead: The Economic Performance of the UK’s Creative Industries, The Work Foundation, London
  3. Faisal Afiff, Se.Spec.Lic, Pilar-Pilar Ekonomi Kreatif, 2012
  4. Hisrich, Robert D., & Michael P. Peters. 2002. Entrepreneurship – fifth edition. McGraw-Hill Irwin. Boston
  5. Howkins, John. 2001. The Creative Economy. UK : The Penguin Press. Kartasasmita, Ginanjar.1996. Pembangunan untuk rakyat. Jakarta : Pustaka. Cidesindo
  6. Hisrich, Peters, and Sheperd (2017). Entrepreneurship. Tenth Edition. McGraw Hill Education
  7. B. Johansson, C.Karlsson, R.Stough (2006). The Emerging Digital Economy Entrepreneurship, Clusters and Policy. Springer-verlag Berlin Heidelberg. German.

Pendukung :

  1. Abeba N. Turi (2020). Technologies for Modern Digital Entrepreneurship: Understanding Emerging Tech at the Cutting-Edge of the Web 3.0 Economy. Springer Science+Business. Canada.
  2. Evgueni Vinogradov, Brigit Leick and Djamchid Assadi (2022). Digital Entrepreneurship and the Sharing Economy. Routledge. New York
  3. Ruth Towse, Christian Handke (2013). Handbook on the Digital Creative Economy. Edward Elgar Publishing Limited. USA.
  4. Collete Henry, Anne de Bruin (2011). Entrepreneurship and Creative Economy. Edward Elgar Publishing Limited. USA.
  5. Allen, J.A . 2019. Digital Entrepreneurship. New York: Routledge
  6. Jurnal hasil penelitian yang relevan tentang ekonomi kreatif dan kewirausahaan digital.

Dosen Pengampu

Prof. Dr. Susanti, S.Pd., M.Si.

Dr. Siti Sri Wulandari, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu menganalisis tujuan dan peluang bisnis ekonomi kreatif di era digital

  1. Menganalisis tentang ekonomi kreatif digital
  2. Menganalisis pentingnya ekonomi kreatif sebagai ekonomi baru di era digitalisas
  3. Menganalisis keterkaitan ekonomi kreatif dan industri kreatif
Kriteria:

Mampu memahami tujuan mata kuliah ekonomi kreatif


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Tugas membaca dan ceramah, Membaca buku tentang ekonomi kreatif, Melakukan diskusi tentang ekonomi kreatif dari berbagai contoh ilustrasi yang disajikan
120 menit
Tugas membaca dan ceramah, Membaca buku tentang ekonomi kreatif, Melakukan diskusi tentang ekonomi kreatif dari berbagai contoh ilustrasi yang disajikan
120 menit
Materi: Mampu menganalisis tujuan dan peluang bisnis ekonomi kreatif di era digital
Pustaka: Allen, K.R. and Meyer, E.C. 2006. Entreprenurship and Small Business Management. The McGraw-Hill Companies, Inc.

Materi: Mampu menganalisis tujuan dan peluang bisnis ekonomi kreatif di era digital
Pustaka: Bakhshi, W. Hutton, A. O’Keeffe, P. Schneider. 2007. Staying Ahead: The Economic Performance of the UK’s Creative Industries, The Work Foundation, London

Materi: Mampu menganalisis tujuan dan peluang bisnis ekonomi kreatif di era digital
Pustaka: Faisal Afiff, Se.Spec.Lic, Pilar-Pilar Ekonomi Kreatif, 2012

Materi: Mampu menganalisis tujuan dan peluang bisnis ekonomi kreatif di era digital
Pustaka: Hisrich, Robert D., & Michael P. Peters. 2002. Entrepreneurship – fifth edition. McGraw-Hill Irwin. Boston
5%

2

Minggu ke 2

Mampu menganalisis lingkungan disruption

  1. Menganalisis peluang bisnis ekonomi kreatif di era digitalisasi
  2. Menganalisis peluang bisnis ekonomi kreatif yang memiliki prospek positif
Kriteria:

Mampu menganalisis lingkungan disruption ekonomi kreatif


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Tugas membaca dan ceramah, Membaca buku tentang ekonomi kreatif, Melakukan diskusi tentang ekonomi kreatif dari berbagai contoh ilustrasi yang disajikan
120 menit
Tugas membaca dan ceramah, Membaca buku tentang ekonomi kreatif, Melakukan diskusi tentang ekonomi kreatif dari berbagai contoh ilustrasi yang disajikan
120 menit
Materi: Mampu menganalisis bisnis Start Up, E-commerce, Leadership Entrepreneur di Era Society 5.0,
Pustaka: Faisal Afiff, Se.Spec.Lic, Pilar-Pilar Ekonomi Kreatif, 2012

Materi: Mampu menganalisis bisnis Start Up, E-commerce, Leadership Entrepreneur di Era Society 5.0,
Pustaka: Howkins, John. 2001. The Creative Economy. UK : The Penguin Press. Kartasasmita, Ginanjar.1996. Pembangunan untuk rakyat. Jakarta : Pustaka. Cidesindo

Materi: Mampu menganalisis bisnis Start Up, E-commerce, Leadership Entrepreneur di Era Society 5.0,
Pustaka: B. Johansson, C.Karlsson, R.Stough (2006). The Emerging Digital Economy Entrepreneurship, Clusters and Policy. Springer-verlag Berlin Heidelberg. German.

Materi: Mampu menganalisis bisnis Start Up, E-commerce, Leadership Entrepreneur di Era Society 5.0,
Pustaka: Abeba N. Turi (2020). Technologies for Modern Digital Entrepreneurship: Understanding Emerging Tech at the Cutting-Edge of the Web 3.0 Economy. Springer Science Business. Canada.
5%

3

Minggu ke 3

Mampu menganalisis dampak ekonomi kreatif digital

  1. 1.Menganalisis ekonomi kreatif dalam era disruption
  2. 2.Menganalisis ekonomi kreatif dalam lingkungan digital disruption
Kriteria:

Mampu menganalisis faktor-faktor yang mempengaru hi kewirausahaa n digital


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Tugas membaca dan ceramah, Membaca buku tentang ekonomi kreatif, Melakukan diskusi tentang ekonomi kreatif dari berbagai contoh ilustrasi yang disajikan
120 menit
Tugas membaca dan ceramah, Membaca buku tentang ekonomi kreatif, Melakukan diskusi tentang ekonomi kreatif dari berbagai contoh ilustrasi yang disajikan
120 menit
Materi: Mampu menganalisis dampak positif dan negatif dari ekonomi kreatif digital
Pustaka: Allen, K.R. and Meyer, E.C. 2006. Entreprenurship and Small Business Management. The McGraw-Hill Companies, Inc.

Materi: Mampu menganalisis dampak positif dan negatif dari ekonomi kreatif digital
Pustaka: Bakhshi, W. Hutton, A. O’Keeffe, P. Schneider. 2007. Staying Ahead: The Economic Performance of the UK’s Creative Industries, The Work Foundation, London

Materi: Mampu menganalisis dampak positif dan negatif dari ekonomi kreatif digital
Pustaka: Hisrich, Robert D., & Michael P. Peters. 2002. Entrepreneurship – fifth edition. McGraw-Hill Irwin. Boston

Materi: Mampu menganalisis dampak positif dan negatif dari ekonomi kreatif digital
Pustaka: Howkins, John. 2001. The Creative Economy. UK : The Penguin Press. Kartasasmita, Ginanjar.1996. Pembangunan untuk rakyat. Jakarta : Pustaka. Cidesindo
5%

4

Minggu ke 4

Mampu menganalisis bisnis ekonomi kreatif digital yang memiliki daya saing

  1. . Menganalisis dampak positif ekonomi kreatif di era digitalisasi dilihat dari aspek sosial dan ekonomi
  2. Menganalisis dampak negatif ekonomi kreatif di era digitalisasi dilihat dari aspek sosial dan ekonomi
Kriteria:

Mampu menganalisis dampak positif dan negatif dari ekonomi kreatif digital


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Tugas membaca dan ceramah, Membaca buku tentang ekonomi kreatif, Melakukan diskusi tentang ekonomi kreatif dari berbagai contoh ilustrasi yang disajikan.
120 menit
Tugas membaca dan ceramah, Membaca buku tentang ekonomi kreatif, Melakukan diskusi tentang ekonomi kreatif dari berbagai contoh ilustrasi yang disajikan.
120 menit
Materi: Mampu menganalisis bisnis ekonomi kreatif yang memiliki daya saing di era digitalisasi
Pustaka: Allen, K.R. and Meyer, E.C. 2006. Entreprenurship and Small Business Management. The McGraw-Hill Companies, Inc.

Materi: Mampu menganalisis bisnis ekonomi kreatif yang memiliki daya saing di era digitalisasi
Pustaka: Faisal Afiff, Se.Spec.Lic, Pilar-Pilar Ekonomi Kreatif, 2012

Materi: Mampu menganalisis bisnis ekonomi kreatif yang memiliki daya saing di era digitalisasi
Pustaka: Hisrich, Robert D., & Michael P. Peters. 2002. Entrepreneurship – fifth edition. McGraw-Hill Irwin. Boston

Materi: Mampu menganalisis bisnis ekonomi kreatif yang memiliki daya saing di era digitalisasi
Pustaka: Hisrich, Peters, and Sheperd (2017). Entrepreneurship. Tenth Edition. McGraw Hill Education
5%

5

Minggu ke 5

Mampu menganalisis bisnis ekonomi kreatif yang memiliki daya saing di era digitalisasi

  1. Menganalisis bisnis ekonomi kreatif dengan melakukan inovasi adaptasi dan kolaborasi.
  2. Menganalisis bisnis ekonomi kreatif dengan digitalisasi guna meningkatkan daya saing
Kriteria:

Mampu menganalisis bisnis ekonomi kreatif yang memiliki daya saing di era digitalisasi


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Tugas membaca dan
ceramah, Membaca buku tentang ekonomi kreatif, Melakukan diskusi tentang ekonomi kreatif dari
berbagai contoh
ilustrasi yang disajikan.
120 menit
Tugas membaca dan ceramah, Membaca buku tentang ekonomi kreatif, Melakukan diskusi tentang ekonomi kreatif dari berbagai contoh ilustrasi yang disajikan
120 menit
Materi: Mampu menganalisis bisnis ekonomi kreatif yang memiliki daya saing di era digitalisasi
Pustaka: Allen, K.R. and Meyer, E.C. 2006. Entreprenurship and Small Business Management. The McGraw-Hill Companies, Inc.

Materi: Mampu menganalisis bisnis ekonomi kreatif yang memiliki daya saing di era digitalisasi
Pustaka: Bakhshi, W. Hutton, A. O’Keeffe, P. Schneider. 2007. Staying Ahead: The Economic Performance of the UK’s Creative Industries, The Work Foundation, London

Materi: Mampu menganalisis bisnis ekonomi kreatif yang memiliki daya saing di era digitalisasi
Pustaka: Hisrich, Robert D., & Michael P. Peters. 2002. Entrepreneurship – fifth edition. McGraw-Hill Irwin. Boston

Materi: Mampu menganalisis bisnis ekonomi kreatif yang memiliki daya saing di era digitalisasi
Pustaka: Howkins, John. 2001. The Creative Economy. UK : The Penguin Press. Kartasasmita, Ginanjar.1996. Pembangunan untuk rakyat. Jakarta : Pustaka. Cidesindo
5%

6

Minggu ke 6

Mampu menganalisis sub sektor barang/jasa ekonomi kreatif digital

  1. Menganalisis sub sektor barang/jasa pada industri kreatif
  2. Menganalisis sub sektor barang/jasa ekonomi kreatif di era digitalisasi secara global
Kriteria:

Mampu menganalisis sub sektor barang/jasa ekonomi kreatif digital


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Tugas membaca dan ceramah, Membaca buku tentang ekonomi kreatif, Melakukan diskusi tentang ekonomi kreatif dari berbagai contoh ilustrasi yang disajikan.
120 menit
Tugas membaca dan ceramah, Membaca buku tentang ekonomi kreatif, Melakukan diskusi tentang ekonomi kreatif dari berbagai contoh ilustrasi yang disajikan.
120 menit
Materi: Mampu menganalisis sub sector barang/jasa ekonomi kreatif digital
Pustaka: Allen, K.R. and Meyer, E.C. 2006. Entreprenurship and Small Business Management. The McGraw-Hill Companies, Inc.

Materi: Mampu menganalisis sub sector barang/jasa ekonomi kreatif digital
Pustaka: Bakhshi, W. Hutton, A. O’Keeffe, P. Schneider. 2007. Staying Ahead: The Economic Performance of the UK’s Creative Industries, The Work Foundation, London

Materi: Mampu menganalisis sub sector barang/jasa ekonomi kreatif digital
Pustaka: Hisrich, Robert D., & Michael P. Peters. 2002. Entrepreneurship – fifth edition. McGraw-Hill Irwin. Boston

Materi: Mampu menganalisis sub sector barang/jasa ekonomi kreatif digital
Pustaka: Howkins, John. 2001. The Creative Economy. UK : The Penguin Press. Kartasasmita, Ginanjar.1996. Pembangunan untuk rakyat. Jakarta : Pustaka. Cidesindo

Materi: Mampu menganalisis sub sector barang/jasa ekonomi kreatif digital
Pustaka: Hisrich, Peters, and Sheperd (2017). Entrepreneurship. Tenth Edition. McGraw Hill Education
5%

7

Minggu ke 7

Mampu menganalisis tantangan dan peluang bisnis ekonomi kreatif terhadap perkembangan teknologi dan digitalisasi

  1. Menganalisis tantangan ekonomi kreatif terhadap perkembangan teknologi dan digitalisasi
  2. Menganalisis peluang ekonomi kreatif terhadap perkembangan teknologi dan digitalisasi
Kriteria:

Ma mpu menganalisis tantangan dan peluang bisnis ekonomi kreatif terhadap perkembangan teknologi dan digitalisasi


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Tugas membaca dan ceramah, Membaca buku tentang ekonomi kreatif, Melakukan diskusi tentang ekonomi kreatif dari berbagai contoh ilustrasi yangdisajikan
120 menit
Tugas membaca dan ceramah, Membaca buku tentang ekonomi kreatif, Melakukan diskusi tentang ekonomi kreatif dari berbagai contoh ilustrasi yangdisajikan
120 menit
Materi: Mampu menganalisis tantangan dan peluang bisnis ekonomi kreatif terhadap perkembangan teknologi dan digitalisasi
Pustaka: Bakhshi, W. Hutton, A. O’Keeffe, P. Schneider. 2007. Staying Ahead: The Economic Performance of the UK’s Creative Industries, The Work Foundation, London

Materi: Mampu menganalisis tantangan dan peluang bisnis ekonomi kreatif terhadap perkembangan teknologi dan digitalisasi
Pustaka: Faisal Afiff, Se.Spec.Lic, Pilar-Pilar Ekonomi Kreatif, 2012

Materi: Mampu menganalisis tantangan dan peluang bisnis ekonomi kreatif terhadap perkembangan teknologi dan digitalisasi
Pustaka: Hisrich, Robert D., & Michael P. Peters. 2002. Entrepreneurship – fifth edition. McGraw-Hill Irwin. Boston

Materi: Mampu menganalisis tantangan dan peluang bisnis ekonomi kreatif terhadap perkembangan teknologi dan digitalisasi
Pustaka: Howkins, John. 2001. The Creative Economy. UK : The Penguin Press. Kartasasmita, Ginanjar.1996. Pembangunan untuk rakyat. Jakarta : Pustaka. Cidesindo

Materi: Mampu menganalisis tantangan dan peluang bisnis ekonomi kreatif terhadap perkembangan teknologi dan digitalisasi
Pustaka: Hisrich, Peters, and Sheperd (2017). Entrepreneurship. Tenth Edition. McGraw Hill Education

Materi: Mampu menganalisis tantangan dan peluang bisnis ekonomi kreatif terhadap perkembangan teknologi dan digitalisasi
Pustaka: B. Johansson, C.Karlsson, R.Stough (2006). The Emerging Digital Economy Entrepreneurship, Clusters and Policy. Springer-verlag Berlin Heidelberg. German.
5%

8

Minggu ke 8

UTS

UTS

Kriteria:

UTS


Bentuk Penilaian :
Tes
UTS
120 menit
UTS
120 menit
Materi: Mampu menganalisis tujuan dan peluang bisnis ekonomi kreatif di era digital
Pustaka: Allen, K.R. and Meyer, E.C. 2006. Entreprenurship and Small Business Management. The McGraw-Hill Companies, Inc.

Materi: Mampu menganalisis bisnis Start Up, E-commerce, Leadership Entrepreneur di Era Society 5.0,
Pustaka: Bakhshi, W. Hutton, A. O’Keeffe, P. Schneider. 2007. Staying Ahead: The Economic Performance of the UK’s Creative Industries, The Work Foundation, London

Materi: Mampu menganalisis dampak positif dan negatif dari ekonomi kreatif digital
Pustaka: Faisal Afiff, Se.Spec.Lic, Pilar-Pilar Ekonomi Kreatif, 2012
10%

9

Minggu ke 9

Mampu menganalisis proses kewirausahaan digital

  1. Menganalisis proses kewirausaha an di era digitalisasi
  2. Menganalisis pengembang an kewirausahaan digital
Kriteria:

Mampu menganalisis proses kewirausahaan digital


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Tugas membaca
dan
ceramah, Membaca
buku tentang
ekonomi kreatif,
Melakukan diskusi
tentang ekonomi
kreatif dari berbagai
contoh ilustrasi yang
disajikan
120 menit
Tugas membaca
dan
ceramah, Membaca
buku tentang
ekonomi kreatif,
Melakukan diskusi
tentang ekonomi
kreatif dari berbagai
contoh ilustrasi yang
disajikan
120 menit
Materi: Mampu menganalisis proses kewirausahaan digital
Pustaka: Allen, K.R. and Meyer, E.C. 2006. Entreprenurship and Small Business Management. The McGraw-Hill Companies, Inc.

Materi: Mampu menganalisis proses kewirausahaan digital
Pustaka: Bakhshi, W. Hutton, A. O’Keeffe, P. Schneider. 2007. Staying Ahead: The Economic Performance of the UK’s Creative Industries, The Work Foundation, London

Materi: Mampu menganalisis proses kewirausahaan digital
Pustaka: Faisal Afiff, Se.Spec.Lic, Pilar-Pilar Ekonomi Kreatif, 2012

Materi: Mampu menganalisis proses kewirausahaan digital
Pustaka: Howkins, John. 2001. The Creative Economy. UK : The Penguin Press. Kartasasmita, Ginanjar.1996. Pembangunan untuk rakyat. Jakarta : Pustaka. Cidesindo

Materi: Mampu menganalisis proses kewirausahaan digital
Pustaka: Hisrich, Peters, and Sheperd (2017). Entrepreneurship. Tenth Edition. McGraw Hill Education
5%

10

Minggu ke 10

Mampu menganalisis perilaku konsumen dalam lingkungan kewirausahaan digital

  1. 1. Menganalisis perilaku konsumen lingkungan kewirausahaan
  2. 2. Menganalisis perilaku konsumen pada di era ekonomi digital
Kriteria:

menganalisis perilaku konsumen dalam lingkungan kewirausahaan digital


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Tugas membaca
dan
ceramah, Membaca
buku tentang
ekonomi kreatif,
Melakukan diskusi
tentang ekonomi
kreatif dari berbagai
contoh ilustrasi yang
disajikan.
120 menit
Tugas membaca
dan
ceramah, Membaca
buku tentang
ekonomi kreatif,
Melakukan diskusi
tentang ekonomi
kreatif dari berbagai
contoh ilustrasi yang
disajikan.
120 menit
Materi: Mampu menganalisis perilaku konsumen dalam lingkungan kewirausahaan digital
Pustaka: Allen, K.R. and Meyer, E.C. 2006. Entreprenurship and Small Business Management. The McGraw-Hill Companies, Inc.

Materi: Mampu menganalisis perilaku konsumen dalam lingkungan kewirausahaan digital
Pustaka: Bakhshi, W. Hutton, A. O’Keeffe, P. Schneider. 2007. Staying Ahead: The Economic Performance of the UK’s Creative Industries, The Work Foundation, London

Materi: Mampu menganalisis perilaku konsumen dalam lingkungan kewirausahaan digital
Pustaka: Faisal Afiff, Se.Spec.Lic, Pilar-Pilar Ekonomi Kreatif, 2012

Materi: Mampu menganalisis perilaku konsumen dalam lingkungan kewirausahaan digital
Pustaka: Hisrich, Robert D., & Michael P. Peters. 2002. Entrepreneurship – fifth edition. McGraw-Hill Irwin. Boston

Materi: Mampu menganalisis perilaku konsumen dalam lingkungan kewirausahaan digital
Pustaka: Howkins, John. 2001. The Creative Economy. UK : The Penguin Press. Kartasasmita, Ginanjar.1996. Pembangunan untuk rakyat. Jakarta : Pustaka. Cidesindo
5%

11

Minggu ke 11

Mampu menganalisis faktor-faktor dan teknologi yang memfasilitasi kewirausahaan digital

  1. Menganalisis faktor-faktor kewirausahaan digital
  2. Menganalisis teknologi yang memfasilitasi kewirausahaan digital
Kriteria:

menganalisis faktor-faktor dan teknologi yang memfasilitasi kewirausahaan digital


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Tugas membaca
dan
ceramah, Membaca
buku tentang
ekonomi kreatif,
Melakukan diskusi
tentang ekonomi
kreatif dari berbagai
contoh ilustrasi yang
disajikan
120 menit
Tugas membaca
dan
ceramah, Membaca
buku tentang
ekonomi kreatif,
Melakukan diskusi
tentang ekonomi
kreatif dari berbagai
contoh ilustrasi yang
disajikan
120 menit
Materi: Mampu menganalisis faktor-faktor dan teknologi yang memfasilitasi kewirausahaan digital
Pustaka: Bakhshi, W. Hutton, A. O’Keeffe, P. Schneider. 2007. Staying Ahead: The Economic Performance of the UK’s Creative Industries, The Work Foundation, London

Materi: Mampu menganalisis faktor-faktor dan teknologi yang memfasilitasi kewirausahaan digital
Pustaka: Faisal Afiff, Se.Spec.Lic, Pilar-Pilar Ekonomi Kreatif, 2012

Materi: Mampu menganalisis faktor-faktor dan teknologi yang memfasilitasi kewirausahaan digital
Pustaka: Hisrich, Robert D., & Michael P. Peters. 2002. Entrepreneurship – fifth edition. McGraw-Hill Irwin. Boston

Materi: Mampu menganalisis faktor-faktor dan teknologi yang memfasilitasi kewirausahaan digital
Pustaka: Hisrich, Peters, and Sheperd (2017). Entrepreneurship. Tenth Edition. McGraw Hill Education
5%

12

Minggu ke 12

Mampu menganalisis model-model kewirausahaan digital

  1. Menganalisis model kewirausahaan digital
  2. Menganalisis bisnis digital
Kriteria:

menganalisis model-model kewirausahaan digital.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Tugas membaca
dan
ceramah,
Membaca buku
tentang ekonomi
kreatif,
Melakukan
diskusi tentang
ekonomi kreatif
dari berbagai
contoh ilustrasi
yang disajikan.
120 menit
Tugas membaca
dan
ceramah,
Membaca buku
tentang ekonomi
kreatif,
Melakukan
diskusi tentang
ekonomi kreatif
dari berbagai
contoh ilustrasi
yang disajikan.
120 menit
Materi: Mampu menganalisis model-model kewirausahaan digital
Pustaka: Allen, K.R. and Meyer, E.C. 2006. Entreprenurship and Small Business Management. The McGraw-Hill Companies, Inc.

Materi: Mampu menganalisis model-model kewirausahaan digital
Pustaka: Bakhshi, W. Hutton, A. O’Keeffe, P. Schneider. 2007. Staying Ahead: The Economic Performance of the UK’s Creative Industries, The Work Foundation, London

Materi: Mampu menganalisis model-model kewirausahaan digital
Pustaka: Faisal Afiff, Se.Spec.Lic, Pilar-Pilar Ekonomi Kreatif, 2012

Materi: Mampu menganalisis model-model kewirausahaan digital
Pustaka: Howkins, John. 2001. The Creative Economy. UK : The Penguin Press. Kartasasmita, Ginanjar.1996. Pembangunan untuk rakyat. Jakarta : Pustaka. Cidesindo

Materi: Mampu menganalisis model-model kewirausahaan digital
Pustaka: Hisrich, Peters, and Sheperd (2017). Entrepreneurship. Tenth Edition. McGraw Hill Education
5%

13

Minggu ke 13

Mampu menganalisis praktek-praktek dalam model kewirausahaan digital

  1. Menganalisis praktek dalam kewirausahaan digital
  2. Menganalisis model kewirausahaan digital
Kriteria:

menganalisis praktek-praktek dalam model kewirausahaan digital.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Tugas membaca
dan
ceramah,
Membaca buku
tentang ekonomi
kreatif,
Melakukan
diskusi tentang
ekonomi kreatif
dari berbagai
contoh ilustrasi
yang disajikan
120 menit
Tugas membaca
dan
ceramah,
Membaca buku
tentang ekonomi
kreatif,
Melakukan
diskusi tentang
ekonomi kreatif
dari berbagai
contoh ilustrasi
yang disajikan
120 menit
Materi: Mampu menganalisis praktek-praktek dalam model kewirausahaan digital
Pustaka: B. Johansson, C.Karlsson, R.Stough (2006). The Emerging Digital Economy Entrepreneurship, Clusters and Policy. Springer-verlag Berlin Heidelberg. German.

Materi: Mampu menganalisis praktek-praktek dalam model kewirausahaan digital
Pustaka: Hisrich, Peters, and Sheperd (2017). Entrepreneurship. Tenth Edition. McGraw Hill Education

Materi: Mampu menganalisis praktek-praktek dalam model kewirausahaan digital
Pustaka: Howkins, John. 2001. The Creative Economy. UK : The Penguin Press. Kartasasmita, Ginanjar.1996. Pembangunan untuk rakyat. Jakarta : Pustaka. Cidesindo

Materi: Mampu menganalisis praktek-praktek dalam model kewirausahaan digital
Pustaka: Hisrich, Robert D., & Michael P. Peters. 2002. Entrepreneurship – fifth edition. McGraw-Hill Irwin. Boston
5%

14

Minggu ke 14

Mampu menganalisis sistem sosio technical yang diperlukan dalam model kewirausahaan digital

  1. Menganalisis sistem yang diperlukan dalam kewirausahaan digital
  2. Menganalisis sistem sosio technical kewirausahaan digital
Kriteria:

menganalisis sistem sosio technical yang diperlukan dalam model kewirausahaan digital


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Tugas membaca
dan
ceramah, Membaca
buku tentang
ekonomi kreatif,
Melakukan diskusi
tentang ekonomi
kreatif dari berbagai
contoh ilustrasi yang
disajikan.
120 menit
Tugas membaca
dan
ceramah, Membaca
buku tentang
ekonomi kreatif,
Melakukan diskusi
tentang ekonomi
kreatif dari berbagai
contoh ilustrasi yang
disajikan.
120 menit
Materi: Mampu menganalisis sistem sosio technical yang diperlukan dalam model kewirausahaan digital
Pustaka: Howkins, John. 2001. The Creative Economy. UK : The Penguin Press. Kartasasmita, Ginanjar.1996. Pembangunan untuk rakyat. Jakarta : Pustaka. Cidesindo

Materi: Mampu menganalisis sistem sosio technical yang diperlukan dalam model kewirausahaan digital
Pustaka: Hisrich, Peters, and Sheperd (2017). Entrepreneurship. Tenth Edition. McGraw Hill Education

Materi: Mampu menganalisis sistem sosio technical yang diperlukan dalam model kewirausahaan digital
Pustaka: B. Johansson, C.Karlsson, R.Stough (2006). The Emerging Digital Economy Entrepreneurship, Clusters and Policy. Springer-verlag Berlin Heidelberg. German.

Materi: Mampu menganalisis sistem sosio technical yang diperlukan dalam model kewirausahaan digital
Pustaka: Abeba N. Turi (2020). Technologies for Modern Digital Entrepreneurship: Understanding Emerging Tech at the Cutting-Edge of the Web 3.0 Economy. Springer Science Business. Canada.
5%

15

Minggu ke 15

Mampu menganalisis peran kewirausahaan digital dalam tujuan pembangunan berkelanjutan/Sust ainable Development Goals (SDGs)

  1. Menganalisis peran kewirausahaan digital pada generasi milenial
  2. Menganalisis peran kewirausahaan digital untuk pengembangan dan pembangunan wirausaha sesuai harapan SDGs
Kriteria:

Mampu menganalisis peran kewirausahaan digital dalam tujuan pembangunan berkelanjutan/S ustainable Development Goals (SDGs)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Tugas membaca
dan
ceramah, Membaca
buku tentang
ekonomi kreatif,
Melakukan diskusi
tentang ekonomi
kreatif dari berbagai
contoh ilustrasi yang
disajikan
120 menit
Tugas membaca
dan
ceramah, Membaca
buku tentang
ekonomi kreatif,
Melakukan diskusi
tentang ekonomi
kreatif dari berbagai
contoh ilustrasi yang
disajikan
120 menit
Materi: Mampu menganalisis peran kewirausahaan digital dalam tujuan pembangunan berkelanjutan/Sustainable Development Goals (SDGs)
Pustaka: B. Johansson, C.Karlsson, R.Stough (2006). The Emerging Digital Economy Entrepreneurship, Clusters and Policy. Springer-verlag Berlin Heidelberg. German.

Materi: Mampu menganalisis peran kewirausahaan digital dalam tujuan pembangunan berkelanjutan/Sustainable Development Goals (SDGs)
Pustaka: Abeba N. Turi (2020). Technologies for Modern Digital Entrepreneurship: Understanding Emerging Tech at the Cutting-Edge of the Web 3.0 Economy. Springer Science Business. Canada.

Materi: Mampu menganalisis peran kewirausahaan digital dalam tujuan pembangunan berkelanjutan/Sustainable Development Goals (SDGs)
Pustaka: Evgueni Vinogradov, Brigit Leick and Djamchid Assadi (2022). Digital Entrepreneurship and the Sharing Economy. Routledge. New York

Materi: Mampu menganalisis peran kewirausahaan digital dalam tujuan pembangunan berkelanjutan/Sustainable Development Goals (SDGs)
Pustaka: Howkins, John. 2001. The Creative Economy. UK : The Penguin Press. Kartasasmita, Ginanjar.1996. Pembangunan untuk rakyat. Jakarta : Pustaka. Cidesindo
5%

16

Minggu ke 16

UAS

UAS

Kriteria:

UAS


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
UAS
120 menit
UAS
120 menit
Materi: Mampu menganalisis faktor-faktor dan teknologi yang memfasilitasi kewirausahaan digital
Pustaka: Howkins, John. 2001. The Creative Economy. UK : The Penguin Press. Kartasasmita, Ginanjar.1996. Pembangunan untuk rakyat. Jakarta : Pustaka. Cidesindo

Materi: Mampu menganalisis sistem sosio technical yang diperlukan dalam model kewirausahaan digital
Pustaka: Faisal Afiff, Se.Spec.Lic, Pilar-Pilar Ekonomi Kreatif, 2012

Materi: Mampu menganalisis peran kewirausahaan digital dalam tujuan pembangunan berkelanjutan/Sustainable Development Goals (SDGs)
Pustaka: B. Johansson, C.Karlsson, R.Stough (2006). The Emerging Digital Economy Entrepreneurship, Clusters and Policy. Springer-verlag Berlin Heidelberg. German.
20%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 25%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 55%
3. Tes 20%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.