|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S3 Pendidikan Ekonomi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Ekonomi Kreatif dan Kewirausahaan Digital |
8700303006 |
|
T=3 |
P=0 |
ECTS=7.56 |
1 |
22 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Dr. Siti Sri Wulandari, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu menganalisis peluang bisnis ekonomi kreatif digital
|
PO - 2 |
Mampu menganalisis lingkungan disruption dan faktor-faktor yang mempengaruhi kewirausahaan digital
|
PO - 3 |
Mampu menganalisis dampak ekonomi kreatif digital
|
PO - 4 |
Mampu menganalisis bisnis ekonomi kreatif digital yang memiliki daya saing
|
PO - 5 |
Mampu menganalisis tantangan dan peluang bisnis ekonomi kreatif digita
|
PO - 6 |
Mampu menganalisis proses dan perilaku konsumen dalam ligkungan kewirausahaan digital di era Society 5.0
|
PO - 7 |
Mampu menganalisis faktor- faktor kunci sumber daya dan teknologi yang memfasilitasi kewirausahaan digita
|
PO - 8 |
Mampu menganalisis model-model kewirausahaan digital yang mempunyai value dan keunggulan kompetitif
|
PO - 9 |
Mampu menganalisis praktek-praktek dan sistem sosio technical yang diperlukan dalam model kewirausahaan digital
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PO-1 | PO-2 | PO-3 | PO-4 | PO-5 | PO-6 | PO-7 | PO-8 | PO-9 |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | ✔ | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | PO-7 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-8 | | | | | | | | | | | ✔ | | ✔ | | | | PO-9 | | | | | | | | | | | | ✔ | | ✔ | ✔ | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini membahas dan menganalisis tentang ekonomi kreatif dan kewirausahaan digital yang saat ini berkembang pesat di dunia. Ekonomi kreatif dan kewirausahaan digital bukan sekedar tren, namun bagian tranformasi penerapan perkembangan ekonomi dan teknologi. Pengetahuan konsep ekonomi kreatif dan kewirausahaan digital yang penerapannya diimplementasikan pada matakuliah ini diharapkan mahasiswa mampu menganalisis dan mempersiapkan
artikel/jurnal yang berisi kajian tentang ekonomi kreatif dan kewirausahaan digital, Start Up, E-commerce, Leadership Entrepreneur di Era Society 5.0 |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Allen, K.R. and Meyer, E.C. 2006. Entreprenurship and Small Business Management. The McGraw-Hill Companies, Inc.
- Bakhshi, W. Hutton, A. O’Keeffe, P. Schneider. 2007. Staying Ahead: The Economic Performance of the UK’s Creative Industries, The Work Foundation, London
- Faisal Afiff, Se.Spec.Lic, Pilar-Pilar Ekonomi Kreatif, 2012
- Hisrich, Robert D., & Michael P. Peters. 2002. Entrepreneurship – fifth edition. McGraw-Hill Irwin. Boston
- Howkins, John. 2001. The Creative Economy. UK : The Penguin Press. Kartasasmita, Ginanjar.1996. Pembangunan untuk rakyat. Jakarta : Pustaka. Cidesindo
- Hisrich, Peters, and Sheperd (2017). Entrepreneurship. Tenth Edition. McGraw Hill Education
- B. Johansson, C.Karlsson, R.Stough (2006). The Emerging Digital Economy Entrepreneurship, Clusters and Policy. Springer-verlag Berlin Heidelberg. German.
|
Pendukung : |
|
- Abeba N. Turi (2020). Technologies for Modern Digital Entrepreneurship: Understanding Emerging Tech at the Cutting-Edge of the Web 3.0 Economy. Springer Science+Business. Canada.
- Evgueni Vinogradov, Brigit Leick and Djamchid Assadi (2022). Digital Entrepreneurship and the Sharing Economy. Routledge. New York
- Ruth Towse, Christian Handke (2013). Handbook on the Digital Creative Economy. Edward Elgar Publishing Limited. USA.
- Collete Henry, Anne de Bruin (2011). Entrepreneurship and Creative Economy. Edward Elgar Publishing Limited. USA.
- Allen, J.A . 2019. Digital Entrepreneurship. New York: Routledge
- Jurnal hasil penelitian yang relevan tentang ekonomi kreatif dan kewirausahaan digital.
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dr. Susanti, S.Pd., M.Si. Dr. Siti Sri Wulandari, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mampu menganalisis tujuan dan peluang bisnis ekonomi kreatif di era digital |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Tugas membaca dan ceramah, Membaca buku tentang ekonomi kreatif, Melakukan diskusi tentang ekonomi kreatif dari berbagai contoh ilustrasi yang disajikan
|
Tugas membaca dan ceramah, Membaca buku tentang ekonomi kreatif, Melakukan diskusi tentang ekonomi kreatif dari berbagai contoh ilustrasi yang disajikan
|
|
0% |
2
Minggu ke 2 |
Mampu menganalisis lingkungan disruption |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Tugas membaca dan ceramah, Membaca buku tentang ekonomi kreatif, Melakukan diskusi tentang ekonomi kreatif dari berbagai contoh ilustrasi yang disajikan
|
Tugas membaca dan ceramah, Membaca buku tentang ekonomi kreatif, Melakukan diskusi tentang ekonomi kreatif dari berbagai contoh ilustrasi yang disajikan
|
|
0% |
3
Minggu ke 3 |
Mampu menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kewirausahaan digital |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Tugas membaca dan ceramah, Membaca buku tentang ekonomi kreatif, Melakukan diskusi tentang ekonomi kreatif dari berbagai contoh ilustrasi yang disajikan
|
Tugas membaca dan ceramah, Membaca buku tentang ekonomi kreatif, Melakukan diskusi tentang ekonomi kreatif dari berbagai contoh ilustrasi yang disajikan
|
|
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mampu menganalisis dampak positif dan negatif dari ekonomi kreatif digital |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Tugas membaca dan ceramah, Membaca buku tentang ekonomi kreatif, Melakukan diskusi tentang ekonomi kreatif dari berbagai contoh ilustrasi yang disajikan.
|
Tugas membaca dan ceramah, Membaca buku tentang ekonomi kreatif, Melakukan diskusi tentang ekonomi kreatif dari berbagai contoh ilustrasi yang disajikan.
|
|
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mampu menganalisis bisnis ekonomi kreatif yang memiliki daya saing di era digitalisasi |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Tugas membaca dan ceramah, Membaca buku tentang ekonomi kreatif, Melakukan diskusi tentang ekonomi kreatif dari berbagai contoh ilustrasi yang disajikan
|
Tugas membaca dan ceramah, Membaca buku tentang ekonomi kreatif, Melakukan diskusi tentang ekonomi kreatif dari berbagai contoh ilustrasi yang disajikan
|
|
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mampu menganalisis sub sektor barang/jasa ekonomi kreatif digital |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Tugas membaca dan ceramah, Membaca buku tentang ekonomi kreatif, Melakukan diskusi tentang ekonomi kreatif dari berbagai contoh ilustrasi yang disajikan.
|
Tugas membaca dan ceramah, Membaca buku tentang ekonomi kreatif, Melakukan diskusi tentang ekonomi kreatif dari berbagai contoh ilustrasi yang disajikan.
|
|
0% |
7
Minggu ke 7 |
Mampu menganalisis tantangan dan peluang bisnis ekonomi kreatif terhadap perkembangan teknologi dan digitalisasi |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Tugas membaca dan ceramah, Membaca buku tentang ekonomi kreatif, Melakukan diskusi tentang ekonomi kreatif dari berbagai contoh ilustrasi yangdisajikan
|
Tugas membaca dan ceramah, Membaca buku tentang ekonomi kreatif, Melakukan diskusi tentang ekonomi kreatif dari berbagai contoh ilustrasi yangdisajikan
|
|
5% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
UTS
|
UTS
|
|
20% |
9
Minggu ke 9 |
Mampu menganalisis proses kewirausahaan digital |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Tugas membaca
dan
ceramah, Membaca
buku tentang
ekonomi kreatif,
Melakukan diskusi
tentang ekonomi
kreatif dari berbagai
contoh ilustrasi yang
disajikan
|
Tugas membaca
dan
ceramah, Membaca
buku tentang
ekonomi kreatif,
Melakukan diskusi
tentang ekonomi
kreatif dari berbagai
contoh ilustrasi yang
disajikan
|
|
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mampu menganalisis perilaku konsumen dalam lingkungan kewirausahaan digital |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Tugas membaca
dan
ceramah, Membaca
buku tentang
ekonomi kreatif,
Melakukan diskusi
tentang ekonomi
kreatif dari berbagai
contoh ilustrasi yang
disajikan.
|
Tugas membaca
dan
ceramah, Membaca
buku tentang
ekonomi kreatif,
Melakukan diskusi
tentang ekonomi
kreatif dari berbagai
contoh ilustrasi yang
disajikan.
|
|
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mampu menganalisis faktor-faktor dan teknologi yang memfasilitasi kewirausahaan digital |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Tugas membaca
dan
ceramah, Membaca
buku tentang
ekonomi kreatif,
Melakukan diskusi
tentang ekonomi
kreatif dari berbagai
contoh ilustrasi yang
disajikan
|
Tugas membaca
dan
ceramah, Membaca
buku tentang
ekonomi kreatif,
Melakukan diskusi
tentang ekonomi
kreatif dari berbagai
contoh ilustrasi yang
disajikan
|
|
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mampu menganalisis model-model kewirausahaan digital |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Tugas membaca
dan
ceramah,
Membaca buku
tentang ekonomi
kreatif,
Melakukan
diskusi tentang
ekonomi kreatif
dari berbagai
contoh ilustrasi
yang disajikan.
|
Tugas membaca
dan
ceramah,
Membaca buku
tentang ekonomi
kreatif,
Melakukan
diskusi tentang
ekonomi kreatif
dari berbagai
contoh ilustrasi
yang disajikan.
|
|
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mampu menganalisis praktek-praktek dalam model kewirausahaan digital |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Tugas membaca
dan
ceramah,
Membaca buku
tentang ekonomi
kreatif,
Melakukan
diskusi tentang
ekonomi kreatif
dari berbagai
contoh ilustrasi
yang disajikan
|
Tugas membaca
dan
ceramah,
Membaca buku
tentang ekonomi
kreatif,
Melakukan
diskusi tentang
ekonomi kreatif
dari berbagai
contoh ilustrasi
yang disajikan
|
|
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mampu menganalisis sistem sosio technical yang diperlukan dalam model kewirausahaan digital |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Tugas membaca
dan
ceramah, Membaca
buku tentang
ekonomi kreatif,
Melakukan diskusi
tentang ekonomi
kreatif dari berbagai
contoh ilustrasi yang
disajikan.
|
Tugas membaca
dan
ceramah, Membaca
buku tentang
ekonomi kreatif,
Melakukan diskusi
tentang ekonomi
kreatif dari berbagai
contoh ilustrasi yang
disajikan.
|
|
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mampu menganalisis peran kewirausahaan digital dalam tujuan pembangunan berkelanjutan/Sust ainable Development Goals (SDGs) |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Tugas membaca
dan
ceramah, Membaca
buku tentang
ekonomi kreatif,
Melakukan diskusi
tentang ekonomi
kreatif dari berbagai
contoh ilustrasi yang
disajikan
|
Tugas membaca
dan
ceramah, Membaca
buku tentang
ekonomi kreatif,
Melakukan diskusi
tentang ekonomi
kreatif dari berbagai
contoh ilustrasi yang
disajikan
|
|
10% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
UAS
|
UAS
|
|
20% |