|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S3 Pendidikan Ekonomi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Ekonomi Kreatif dan Kewirausahaan Digital |
8700303006 |
|
T=3 |
P=0 |
ECTS=7.56 |
1 |
18 Januari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Siti Sri Wulandari,M.Pd
|
Prof. Dr. Susanti., M.Pd, Dr. Siti Sri Wulandari., M.Pd
|
Dr. Siti Sri Wulandari, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-5 |
Menguasai filosofi ilmu ekonomi yang diperlukan untuk mengembangkan pengetahuan baru pada bidang pendidikan ekonomi yang logis, kritis, dan inovatif dengan mengedepankan nilai-nilai budaya lokal, nasional dan global. |
PLO-6 |
Menguasai filosofi perencanaan, strategi, dan asesmen serta pengelolaan kelas sehingga mampu mengembangkan dan mengevaluasi pembelajaran ekonomi yang original, inovatif, efektif dan sesuai perkembangan IPTEKS. |
PLO-7 |
Menguasai metodologi penelitian untuk mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan/atau seni baru di bidang pendidikan ekonomi melalui riset atau penciptaan karya kreatif, original, dan teruji dengan pendekatan inter, multi dan transdisipliner dengan penuh tanggung jawab sesuai kaidah dan etika ilmiah. |
PLO-8 |
Menguasai filosofi teori manajerial serta mengembangkannya dengan didukung oleh soft competency dalam bidang pendidikan ekonomi dengan penuh tanggung jawab serta menjunjung nilai-nilai budaya lokal, nasional dan global. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu menganalisis peluang bisnis ekonomi kreatif digital
|
PO - 2 |
Mampu menganalisis lingkungan disruption dan faktor-faktor yang mempengaruhi kewirausahaan digital
|
PO - 3 |
Mampu menganalisis dampak ekonomi kreatif digital
|
PO - 4 |
Mampu menganalisis bisnis ekonomi kreatif digital yang memiliki daya saing
|
PO - 5 |
Mampu menganalisis tantangan dan peluang bisnis ekonomi kreatif digita
|
PO - 6 |
Mampu menganalisis proses dan perilaku konsumen dalam ligkungan kewirausahaan digital di era Society 5.0
|
PO - 7 |
Mampu menganalisis faktor- faktor kunci sumber daya dan teknologi yang memfasilitasi kewirausahaan digita
|
PO - 8 |
Mampu menganalisis model-model kewirausahaan digital yang mempunyai value dan keunggulan kompetitif
|
PO - 9 |
Mampu menganalisis praktek-praktek dan sistem sosio technical yang diperlukan dalam model kewirausahaan digital
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-2 | PLO-3 | PLO-4 | PLO-5 | PLO-6 | PLO-7 | PLO-8 | PO-1 | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | PO-7 | | | | | | | | | PO-8 | | | | | | | | | PO-9 | | | | | | | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | ✔ | | | | | PO-7 | | | | | | | | | | | ✔ | | | | | | PO-8 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-9 | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini membahas dan menganalisis tentang ekonomi kreatif dan kewirausahaan digital yang saat ini berkembang pesat di dunia. Ekonomi kreatif dan kewirausahaan digital bukan sekedar tren, namun bagian tranformasi penerapan perkembangan ekonomi dan teknologi. Pengetahuan konsep ekonomi kreatif dan kewirausahaan digital yang penerapannya diimplementasikan pada matakuliah ini diharapkan mahasiswa mampu menganalisis dan mempersiapkan
artikel/jurnal yang berisi kajian tentang ekonomi kreatif dan kewirausahaan digital, Start Up, E-commerce, Leadership Entrepreneur di Era Society 5.0 |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Allen, K.R. and Meyer, E.C. 2006. Entreprenurship and Small Business Management. The McGraw-Hill Companies, Inc.
- Bakhshi, W. Hutton, A. O’Keeffe, P. Schneider. 2007. Staying Ahead: The Economic Performance of the UK’s Creative Industries, The Work Foundation, London
- Faisal Afiff, Se.Spec.Lic, Pilar-Pilar Ekonomi Kreatif, 2012
- Hisrich, Robert D., & Michael P. Peters. 2002. Entrepreneurship – fifth edition. McGraw-Hill Irwin. Boston
- Howkins, John. 2001. The Creative Economy. UK : The Penguin Press. Kartasasmita, Ginanjar.1996. Pembangunan untuk rakyat. Jakarta : Pustaka. Cidesindo
- Hisrich, Peters, and Sheperd (2017). Entrepreneurship. Tenth Edition. McGraw Hill Education
- B. Johansson, C.Karlsson, R.Stough (2006). The Emerging Digital Economy Entrepreneurship, Clusters and Policy. Springer-verlag Berlin Heidelberg. German.
|
Pendukung : |
|
- Abeba N. Turi (2020). Technologies for Modern Digital Entrepreneurship: Understanding Emerging Tech at the Cutting-Edge of the Web 3.0 Economy. Springer Science+Business. Canada.
- Evgueni Vinogradov, Brigit Leick and Djamchid Assadi (2022). Digital Entrepreneurship and the Sharing Economy. Routledge. New York
- Ruth Towse, Christian Handke (2013). Handbook on the Digital Creative Economy. Edward Elgar Publishing Limited. USA.
- Collete Henry, Anne de Bruin (2011). Entrepreneurship and Creative Economy. Edward Elgar Publishing Limited. USA.
- Allen, J.A . 2019. Digital Entrepreneurship. New York: Routledge
- Jurnal hasil penelitian yang relevan tentang ekonomi kreatif dan kewirausahaan digital.
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dr. Susanti, S.Pd., M.Si. Dr. Siti Sri Wulandari, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mampu menganalisis tujuan dan peluang bisnis ekonomi kreatif di era digital |
- Menganalisis tentang ekonomi kreatif digital
- Menganalisis pentingnya ekonomi kreatif sebagai ekonomi baru di era digitalisas
- Menganalisis keterkaitan ekonomi kreatif dan industri kreatif
|
Kriteria:
Mampu memahami tujuan mata kuliah ekonomi kreatif Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Tugas membaca dan ceramah, Membaca buku tentang ekonomi kreatif, Melakukan diskusi tentang ekonomi kreatif dari berbagai contoh ilustrasi yang disajikan 120 menit |
Tugas membaca dan ceramah, Membaca buku tentang ekonomi kreatif, Melakukan diskusi tentang ekonomi kreatif dari berbagai contoh ilustrasi yang disajikan 120 menit |
Materi: Mampu menganalisis tujuan dan peluang bisnis ekonomi kreatif di era digital Pustaka: Allen, K.R. and Meyer, E.C. 2006. Entreprenurship and Small Business Management. The McGraw-Hill Companies, Inc. Materi: Mampu menganalisis tujuan dan peluang bisnis ekonomi kreatif di era digital Pustaka: Bakhshi, W. Hutton, A. O’Keeffe, P. Schneider. 2007. Staying Ahead: The Economic Performance of the UK’s Creative Industries, The Work Foundation, London Materi: Mampu menganalisis tujuan dan peluang bisnis ekonomi kreatif di era digital Pustaka: Faisal Afiff, Se.Spec.Lic, Pilar-Pilar Ekonomi Kreatif, 2012 Materi: Mampu menganalisis tujuan dan peluang bisnis ekonomi kreatif di era digital Pustaka: Hisrich, Robert D., & Michael P. Peters. 2002. Entrepreneurship – fifth edition. McGraw-Hill Irwin. Boston |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mampu menganalisis lingkungan disruption |
- Menganalisis peluang bisnis ekonomi kreatif di era digitalisasi
- Menganalisis peluang bisnis ekonomi kreatif yang memiliki prospek positif
|
Kriteria:
Mampu menganalisis lingkungan disruption ekonomi kreatif Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Tugas membaca dan ceramah, Membaca buku tentang ekonomi kreatif, Melakukan diskusi tentang ekonomi kreatif dari berbagai contoh ilustrasi yang disajikan 120 menit |
Tugas membaca dan ceramah, Membaca buku tentang ekonomi kreatif, Melakukan diskusi tentang ekonomi kreatif dari berbagai contoh ilustrasi yang disajikan 120 menit |
Materi: Mampu menganalisis bisnis Start Up, E-commerce, Leadership Entrepreneur di Era Society 5.0, Pustaka: Faisal Afiff, Se.Spec.Lic, Pilar-Pilar Ekonomi Kreatif, 2012 Materi: Mampu menganalisis bisnis Start Up, E-commerce, Leadership Entrepreneur di Era Society 5.0, Pustaka: Howkins, John. 2001. The Creative Economy. UK : The Penguin Press. Kartasasmita, Ginanjar.1996. Pembangunan untuk rakyat. Jakarta : Pustaka. Cidesindo Materi: Mampu menganalisis bisnis Start Up, E-commerce, Leadership Entrepreneur di Era Society 5.0, Pustaka: B. Johansson, C.Karlsson, R.Stough (2006). The Emerging Digital Economy Entrepreneurship, Clusters and Policy. Springer-verlag Berlin Heidelberg. German. Materi: Mampu menganalisis bisnis Start Up, E-commerce, Leadership Entrepreneur di Era Society 5.0, Pustaka: Abeba N. Turi (2020). Technologies for Modern Digital Entrepreneurship: Understanding Emerging Tech at the Cutting-Edge of the Web 3.0 Economy. Springer Science Business. Canada. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mampu menganalisis dampak ekonomi kreatif digital |
- 1.Menganalisis ekonomi kreatif dalam era disruption
- 2.Menganalisis ekonomi kreatif dalam lingkungan digital disruption
|
Kriteria:
Mampu menganalisis faktor-faktor yang mempengaru hi kewirausahaa n digital Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Tugas membaca dan ceramah, Membaca buku tentang ekonomi kreatif, Melakukan diskusi tentang ekonomi kreatif dari berbagai contoh ilustrasi yang disajikan 120 menit |
Tugas membaca dan ceramah, Membaca buku tentang ekonomi kreatif, Melakukan diskusi tentang ekonomi kreatif dari berbagai contoh ilustrasi yang disajikan 120 menit |
Materi: Mampu menganalisis dampak positif dan negatif dari ekonomi kreatif digital Pustaka: Allen, K.R. and Meyer, E.C. 2006. Entreprenurship and Small Business Management. The McGraw-Hill Companies, Inc. Materi: Mampu menganalisis dampak positif dan negatif dari ekonomi kreatif digital Pustaka: Bakhshi, W. Hutton, A. O’Keeffe, P. Schneider. 2007. Staying Ahead: The Economic Performance of the UK’s Creative Industries, The Work Foundation, London Materi: Mampu menganalisis dampak positif dan negatif dari ekonomi kreatif digital Pustaka: Hisrich, Robert D., & Michael P. Peters. 2002. Entrepreneurship – fifth edition. McGraw-Hill Irwin. Boston Materi: Mampu menganalisis dampak positif dan negatif dari ekonomi kreatif digital Pustaka: Howkins, John. 2001. The Creative Economy. UK : The Penguin Press. Kartasasmita, Ginanjar.1996. Pembangunan untuk rakyat. Jakarta : Pustaka. Cidesindo |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mampu menganalisis bisnis ekonomi kreatif digital yang memiliki daya saing |
- . Menganalisis dampak positif ekonomi kreatif di era digitalisasi dilihat dari aspek sosial dan ekonomi
- Menganalisis dampak negatif ekonomi kreatif di era digitalisasi dilihat dari aspek sosial dan ekonomi
|
Kriteria:
Mampu menganalisis dampak positif dan negatif dari ekonomi kreatif digital Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Tugas membaca dan ceramah, Membaca buku tentang ekonomi kreatif, Melakukan diskusi tentang ekonomi kreatif dari berbagai contoh ilustrasi yang disajikan. 120 menit |
Tugas membaca dan ceramah, Membaca buku tentang ekonomi kreatif, Melakukan diskusi tentang ekonomi kreatif dari berbagai contoh ilustrasi yang disajikan. 120 menit |
Materi: Mampu menganalisis bisnis ekonomi kreatif yang memiliki daya saing di era digitalisasi Pustaka: Allen, K.R. and Meyer, E.C. 2006. Entreprenurship and Small Business Management. The McGraw-Hill Companies, Inc. Materi: Mampu menganalisis bisnis ekonomi kreatif yang memiliki daya saing di era digitalisasi Pustaka: Faisal Afiff, Se.Spec.Lic, Pilar-Pilar Ekonomi Kreatif, 2012 Materi: Mampu menganalisis bisnis ekonomi kreatif yang memiliki daya saing di era digitalisasi Pustaka: Hisrich, Robert D., & Michael P. Peters. 2002. Entrepreneurship – fifth edition. McGraw-Hill Irwin. Boston Materi: Mampu menganalisis bisnis ekonomi kreatif yang memiliki daya saing di era digitalisasi Pustaka: Hisrich, Peters, and Sheperd (2017). Entrepreneurship. Tenth Edition. McGraw Hill Education |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mampu menganalisis bisnis ekonomi kreatif yang memiliki daya saing di era digitalisasi |
- Menganalisis bisnis ekonomi kreatif dengan melakukan inovasi adaptasi dan kolaborasi.
- Menganalisis bisnis ekonomi kreatif dengan digitalisasi guna meningkatkan daya saing
|
Kriteria:
Mampu menganalisis bisnis ekonomi kreatif yang memiliki daya saing di era digitalisasi Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Tugas membaca dan
ceramah, Membaca buku tentang ekonomi kreatif, Melakukan diskusi tentang ekonomi kreatif dari
berbagai contoh
ilustrasi yang disajikan. 120 menit |
Tugas membaca dan ceramah, Membaca buku tentang ekonomi kreatif, Melakukan diskusi tentang ekonomi kreatif dari berbagai contoh ilustrasi yang disajikan 120 menit |
Materi: Mampu menganalisis bisnis ekonomi kreatif yang memiliki daya saing di era digitalisasi Pustaka: Allen, K.R. and Meyer, E.C. 2006. Entreprenurship and Small Business Management. The McGraw-Hill Companies, Inc. Materi: Mampu menganalisis bisnis ekonomi kreatif yang memiliki daya saing di era digitalisasi Pustaka: Bakhshi, W. Hutton, A. O’Keeffe, P. Schneider. 2007. Staying Ahead: The Economic Performance of the UK’s Creative Industries, The Work Foundation, London Materi: Mampu menganalisis bisnis ekonomi kreatif yang memiliki daya saing di era digitalisasi Pustaka: Hisrich, Robert D., & Michael P. Peters. 2002. Entrepreneurship – fifth edition. McGraw-Hill Irwin. Boston Materi: Mampu menganalisis bisnis ekonomi kreatif yang memiliki daya saing di era digitalisasi Pustaka: Howkins, John. 2001. The Creative Economy. UK : The Penguin Press. Kartasasmita, Ginanjar.1996. Pembangunan untuk rakyat. Jakarta : Pustaka. Cidesindo |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mampu menganalisis sub sektor barang/jasa ekonomi kreatif digital |
- Menganalisis sub sektor barang/jasa pada industri kreatif
- Menganalisis sub sektor barang/jasa ekonomi kreatif di era digitalisasi secara global
|
Kriteria:
Mampu menganalisis sub sektor barang/jasa ekonomi kreatif digital Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Tugas membaca dan ceramah, Membaca buku tentang ekonomi kreatif, Melakukan diskusi tentang ekonomi kreatif dari berbagai contoh ilustrasi yang disajikan. 120 menit |
Tugas membaca dan ceramah, Membaca buku tentang ekonomi kreatif, Melakukan diskusi tentang ekonomi kreatif dari berbagai contoh ilustrasi yang disajikan. 120 menit |
Materi: Mampu menganalisis sub sector barang/jasa ekonomi kreatif digital Pustaka: Allen, K.R. and Meyer, E.C. 2006. Entreprenurship and Small Business Management. The McGraw-Hill Companies, Inc. Materi: Mampu menganalisis sub sector barang/jasa ekonomi kreatif digital Pustaka: Bakhshi, W. Hutton, A. O’Keeffe, P. Schneider. 2007. Staying Ahead: The Economic Performance of the UK’s Creative Industries, The Work Foundation, London Materi: Mampu menganalisis sub sector barang/jasa ekonomi kreatif digital Pustaka: Hisrich, Robert D., & Michael P. Peters. 2002. Entrepreneurship – fifth edition. McGraw-Hill Irwin. Boston Materi: Mampu menganalisis sub sector barang/jasa ekonomi kreatif digital Pustaka: Howkins, John. 2001. The Creative Economy. UK : The Penguin Press. Kartasasmita, Ginanjar.1996. Pembangunan untuk rakyat. Jakarta : Pustaka. Cidesindo Materi: Mampu menganalisis sub sector barang/jasa ekonomi kreatif digital Pustaka: Hisrich, Peters, and Sheperd (2017). Entrepreneurship. Tenth Edition. McGraw Hill Education |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mampu menganalisis tantangan dan peluang bisnis ekonomi kreatif terhadap perkembangan teknologi dan digitalisasi |
- Menganalisis tantangan ekonomi kreatif terhadap perkembangan teknologi dan digitalisasi
- Menganalisis peluang ekonomi kreatif terhadap perkembangan teknologi dan digitalisasi
|
Kriteria:
Ma mpu menganalisis tantangan dan peluang bisnis ekonomi kreatif terhadap perkembangan teknologi dan digitalisasi Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Tugas membaca dan ceramah, Membaca buku tentang ekonomi kreatif, Melakukan diskusi tentang ekonomi kreatif dari berbagai contoh ilustrasi yangdisajikan 120 menit |
Tugas membaca dan ceramah, Membaca buku tentang ekonomi kreatif, Melakukan diskusi tentang ekonomi kreatif dari berbagai contoh ilustrasi yangdisajikan 120 menit |
Materi: Mampu menganalisis tantangan dan peluang bisnis ekonomi kreatif terhadap perkembangan teknologi dan digitalisasi Pustaka: Bakhshi, W. Hutton, A. O’Keeffe, P. Schneider. 2007. Staying Ahead: The Economic Performance of the UK’s Creative Industries, The Work Foundation, London Materi: Mampu menganalisis tantangan dan peluang bisnis ekonomi kreatif terhadap perkembangan teknologi dan digitalisasi Pustaka: Faisal Afiff, Se.Spec.Lic, Pilar-Pilar Ekonomi Kreatif, 2012 Materi: Mampu menganalisis tantangan dan peluang bisnis ekonomi kreatif terhadap perkembangan teknologi dan digitalisasi Pustaka: Hisrich, Robert D., & Michael P. Peters. 2002. Entrepreneurship – fifth edition. McGraw-Hill Irwin. Boston Materi: Mampu menganalisis tantangan dan peluang bisnis ekonomi kreatif terhadap perkembangan teknologi dan digitalisasi Pustaka: Howkins, John. 2001. The Creative Economy. UK : The Penguin Press. Kartasasmita, Ginanjar.1996. Pembangunan untuk rakyat. Jakarta : Pustaka. Cidesindo Materi: Mampu menganalisis tantangan dan peluang bisnis ekonomi kreatif terhadap perkembangan teknologi dan digitalisasi Pustaka: Hisrich, Peters, and Sheperd (2017). Entrepreneurship. Tenth Edition. McGraw Hill Education Materi: Mampu menganalisis tantangan dan peluang bisnis ekonomi kreatif terhadap perkembangan teknologi dan digitalisasi Pustaka: B. Johansson, C.Karlsson, R.Stough (2006). The Emerging Digital Economy Entrepreneurship, Clusters and Policy. Springer-verlag Berlin Heidelberg. German. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
UTS |
Kriteria:
UTS Bentuk Penilaian : Tes |
UTS 120 menit |
UTS 120 menit |
Materi: Mampu menganalisis tujuan dan peluang bisnis ekonomi kreatif di era digital Pustaka: Allen, K.R. and Meyer, E.C. 2006. Entreprenurship and Small Business Management. The McGraw-Hill Companies, Inc. Materi: Mampu menganalisis bisnis Start Up, E-commerce, Leadership Entrepreneur di Era Society 5.0, Pustaka: Bakhshi, W. Hutton, A. O’Keeffe, P. Schneider. 2007. Staying Ahead: The Economic Performance of the UK’s Creative Industries, The Work Foundation, London Materi: Mampu menganalisis dampak positif dan negatif dari ekonomi kreatif digital Pustaka: Faisal Afiff, Se.Spec.Lic, Pilar-Pilar Ekonomi Kreatif, 2012 |
10% |
9
Minggu ke 9 |
Mampu menganalisis proses kewirausahaan digital |
- Menganalisis proses kewirausaha an di era digitalisasi
- Menganalisis pengembang an kewirausahaan digital
|
Kriteria:
Mampu menganalisis proses kewirausahaan digital Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Tugas membaca
dan
ceramah, Membaca
buku tentang
ekonomi kreatif,
Melakukan diskusi
tentang ekonomi
kreatif dari berbagai
contoh ilustrasi yang
disajikan 120 menit |
Tugas membaca
dan
ceramah, Membaca
buku tentang
ekonomi kreatif,
Melakukan diskusi
tentang ekonomi
kreatif dari berbagai
contoh ilustrasi yang
disajikan 120 menit |
Materi: Mampu menganalisis proses kewirausahaan digital Pustaka: Allen, K.R. and Meyer, E.C. 2006. Entreprenurship and Small Business Management. The McGraw-Hill Companies, Inc. Materi: Mampu menganalisis proses kewirausahaan digital Pustaka: Bakhshi, W. Hutton, A. O’Keeffe, P. Schneider. 2007. Staying Ahead: The Economic Performance of the UK’s Creative Industries, The Work Foundation, London Materi: Mampu menganalisis proses kewirausahaan digital Pustaka: Faisal Afiff, Se.Spec.Lic, Pilar-Pilar Ekonomi Kreatif, 2012 Materi: Mampu menganalisis proses kewirausahaan digital Pustaka: Howkins, John. 2001. The Creative Economy. UK : The Penguin Press. Kartasasmita, Ginanjar.1996. Pembangunan untuk rakyat. Jakarta : Pustaka. Cidesindo Materi: Mampu menganalisis proses kewirausahaan digital Pustaka: Hisrich, Peters, and Sheperd (2017). Entrepreneurship. Tenth Edition. McGraw Hill Education |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mampu menganalisis perilaku konsumen dalam lingkungan kewirausahaan digital |
- 1. Menganalisis perilaku konsumen lingkungan kewirausahaan
- 2. Menganalisis perilaku konsumen pada di era ekonomi digital
|
Kriteria:
menganalisis perilaku konsumen dalam lingkungan kewirausahaan digital Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Tugas membaca
dan
ceramah, Membaca
buku tentang
ekonomi kreatif,
Melakukan diskusi
tentang ekonomi
kreatif dari berbagai
contoh ilustrasi yang
disajikan. 120 menit |
Tugas membaca
dan
ceramah, Membaca
buku tentang
ekonomi kreatif,
Melakukan diskusi
tentang ekonomi
kreatif dari berbagai
contoh ilustrasi yang
disajikan. 120 menit |
Materi: Mampu menganalisis perilaku konsumen dalam lingkungan kewirausahaan digital Pustaka: Allen, K.R. and Meyer, E.C. 2006. Entreprenurship and Small Business Management. The McGraw-Hill Companies, Inc. Materi: Mampu menganalisis perilaku konsumen dalam lingkungan kewirausahaan digital Pustaka: Bakhshi, W. Hutton, A. O’Keeffe, P. Schneider. 2007. Staying Ahead: The Economic Performance of the UK’s Creative Industries, The Work Foundation, London Materi: Mampu menganalisis perilaku konsumen dalam lingkungan kewirausahaan digital Pustaka: Faisal Afiff, Se.Spec.Lic, Pilar-Pilar Ekonomi Kreatif, 2012 Materi: Mampu menganalisis perilaku konsumen dalam lingkungan kewirausahaan digital Pustaka: Hisrich, Robert D., & Michael P. Peters. 2002. Entrepreneurship – fifth edition. McGraw-Hill Irwin. Boston Materi: Mampu menganalisis perilaku konsumen dalam lingkungan kewirausahaan digital Pustaka: Howkins, John. 2001. The Creative Economy. UK : The Penguin Press. Kartasasmita, Ginanjar.1996. Pembangunan untuk rakyat. Jakarta : Pustaka. Cidesindo |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mampu menganalisis faktor-faktor dan teknologi yang memfasilitasi kewirausahaan digital |
- Menganalisis faktor-faktor kewirausahaan digital
- Menganalisis teknologi yang memfasilitasi kewirausahaan digital
|
Kriteria:
menganalisis faktor-faktor dan teknologi yang memfasilitasi kewirausahaan digital Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Tugas membaca
dan
ceramah, Membaca
buku tentang
ekonomi kreatif,
Melakukan diskusi
tentang ekonomi
kreatif dari berbagai
contoh ilustrasi yang
disajikan 120 menit |
Tugas membaca
dan
ceramah, Membaca
buku tentang
ekonomi kreatif,
Melakukan diskusi
tentang ekonomi
kreatif dari berbagai
contoh ilustrasi yang
disajikan 120 menit |
Materi: Mampu menganalisis faktor-faktor dan teknologi yang memfasilitasi kewirausahaan digital Pustaka: Bakhshi, W. Hutton, A. O’Keeffe, P. Schneider. 2007. Staying Ahead: The Economic Performance of the UK’s Creative Industries, The Work Foundation, London Materi: Mampu menganalisis faktor-faktor dan teknologi yang memfasilitasi kewirausahaan digital Pustaka: Faisal Afiff, Se.Spec.Lic, Pilar-Pilar Ekonomi Kreatif, 2012 Materi: Mampu menganalisis faktor-faktor dan teknologi yang memfasilitasi kewirausahaan digital Pustaka: Hisrich, Robert D., & Michael P. Peters. 2002. Entrepreneurship – fifth edition. McGraw-Hill Irwin. Boston Materi: Mampu menganalisis faktor-faktor dan teknologi yang memfasilitasi kewirausahaan digital Pustaka: Hisrich, Peters, and Sheperd (2017). Entrepreneurship. Tenth Edition. McGraw Hill Education |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mampu menganalisis model-model kewirausahaan digital |
- Menganalisis model kewirausahaan digital
- Menganalisis bisnis digital
|
Kriteria:
menganalisis model-model kewirausahaan digital. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Tugas membaca
dan
ceramah,
Membaca buku
tentang ekonomi
kreatif,
Melakukan
diskusi tentang
ekonomi kreatif
dari berbagai
contoh ilustrasi
yang disajikan. 120 menit |
Tugas membaca
dan
ceramah,
Membaca buku
tentang ekonomi
kreatif,
Melakukan
diskusi tentang
ekonomi kreatif
dari berbagai
contoh ilustrasi
yang disajikan. 120 menit |
Materi: Mampu menganalisis model-model kewirausahaan digital Pustaka: Allen, K.R. and Meyer, E.C. 2006. Entreprenurship and Small Business Management. The McGraw-Hill Companies, Inc. Materi: Mampu menganalisis model-model kewirausahaan digital Pustaka: Bakhshi, W. Hutton, A. O’Keeffe, P. Schneider. 2007. Staying Ahead: The Economic Performance of the UK’s Creative Industries, The Work Foundation, London Materi: Mampu menganalisis model-model kewirausahaan digital Pustaka: Faisal Afiff, Se.Spec.Lic, Pilar-Pilar Ekonomi Kreatif, 2012 Materi: Mampu menganalisis model-model kewirausahaan digital Pustaka: Howkins, John. 2001. The Creative Economy. UK : The Penguin Press. Kartasasmita, Ginanjar.1996. Pembangunan untuk rakyat. Jakarta : Pustaka. Cidesindo Materi: Mampu menganalisis model-model kewirausahaan digital Pustaka: Hisrich, Peters, and Sheperd (2017). Entrepreneurship. Tenth Edition. McGraw Hill Education |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mampu menganalisis praktek-praktek dalam model kewirausahaan digital |
- Menganalisis praktek dalam kewirausahaan digital
- Menganalisis model kewirausahaan digital
|
Kriteria:
menganalisis praktek-praktek dalam model kewirausahaan digital. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Tugas membaca
dan
ceramah,
Membaca buku
tentang ekonomi
kreatif,
Melakukan
diskusi tentang
ekonomi kreatif
dari berbagai
contoh ilustrasi
yang disajikan 120 menit |
Tugas membaca
dan
ceramah,
Membaca buku
tentang ekonomi
kreatif,
Melakukan
diskusi tentang
ekonomi kreatif
dari berbagai
contoh ilustrasi
yang disajikan 120 menit |
Materi: Mampu menganalisis praktek-praktek dalam model kewirausahaan digital Pustaka: B. Johansson, C.Karlsson, R.Stough (2006). The Emerging Digital Economy Entrepreneurship, Clusters and Policy. Springer-verlag Berlin Heidelberg. German. Materi: Mampu menganalisis praktek-praktek dalam model kewirausahaan digital Pustaka: Hisrich, Peters, and Sheperd (2017). Entrepreneurship. Tenth Edition. McGraw Hill Education Materi: Mampu menganalisis praktek-praktek dalam model kewirausahaan digital Pustaka: Howkins, John. 2001. The Creative Economy. UK : The Penguin Press. Kartasasmita, Ginanjar.1996. Pembangunan untuk rakyat. Jakarta : Pustaka. Cidesindo Materi: Mampu menganalisis praktek-praktek dalam model kewirausahaan digital Pustaka: Hisrich, Robert D., & Michael P. Peters. 2002. Entrepreneurship – fifth edition. McGraw-Hill Irwin. Boston |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mampu menganalisis sistem sosio technical yang diperlukan dalam model kewirausahaan digital |
- Menganalisis sistem yang diperlukan dalam kewirausahaan digital
- Menganalisis sistem sosio technical kewirausahaan digital
|
Kriteria:
menganalisis sistem sosio technical yang diperlukan dalam model kewirausahaan digital Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Tugas membaca
dan
ceramah, Membaca
buku tentang
ekonomi kreatif,
Melakukan diskusi
tentang ekonomi
kreatif dari berbagai
contoh ilustrasi yang
disajikan. 120 menit |
Tugas membaca
dan
ceramah, Membaca
buku tentang
ekonomi kreatif,
Melakukan diskusi
tentang ekonomi
kreatif dari berbagai
contoh ilustrasi yang
disajikan. 120 menit |
Materi: Mampu menganalisis sistem sosio technical yang diperlukan dalam model kewirausahaan digital Pustaka: Howkins, John. 2001. The Creative Economy. UK : The Penguin Press. Kartasasmita, Ginanjar.1996. Pembangunan untuk rakyat. Jakarta : Pustaka. Cidesindo Materi: Mampu menganalisis sistem sosio technical yang diperlukan dalam model kewirausahaan digital Pustaka: Hisrich, Peters, and Sheperd (2017). Entrepreneurship. Tenth Edition. McGraw Hill Education Materi: Mampu menganalisis sistem sosio technical yang diperlukan dalam model kewirausahaan digital Pustaka: B. Johansson, C.Karlsson, R.Stough (2006). The Emerging Digital Economy Entrepreneurship, Clusters and Policy. Springer-verlag Berlin Heidelberg. German. Materi: Mampu menganalisis sistem sosio technical yang diperlukan dalam model kewirausahaan digital Pustaka: Abeba N. Turi (2020). Technologies for Modern Digital Entrepreneurship: Understanding Emerging Tech at the Cutting-Edge of the Web 3.0 Economy. Springer Science Business. Canada. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mampu menganalisis peran kewirausahaan digital dalam tujuan pembangunan berkelanjutan/Sust ainable Development Goals (SDGs) |
- Menganalisis peran kewirausahaan digital pada generasi milenial
- Menganalisis peran kewirausahaan digital untuk pengembangan dan pembangunan wirausaha sesuai harapan SDGs
|
Kriteria:
Mampu menganalisis peran kewirausahaan digital dalam tujuan pembangunan berkelanjutan/S ustainable Development Goals (SDGs) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Tugas membaca
dan
ceramah, Membaca
buku tentang
ekonomi kreatif,
Melakukan diskusi
tentang ekonomi
kreatif dari berbagai
contoh ilustrasi yang
disajikan 120 menit |
Tugas membaca
dan
ceramah, Membaca
buku tentang
ekonomi kreatif,
Melakukan diskusi
tentang ekonomi
kreatif dari berbagai
contoh ilustrasi yang
disajikan 120 menit |
Materi: Mampu menganalisis peran kewirausahaan digital dalam tujuan pembangunan berkelanjutan/Sustainable Development Goals (SDGs) Pustaka: B. Johansson, C.Karlsson, R.Stough (2006). The Emerging Digital Economy Entrepreneurship, Clusters and Policy. Springer-verlag Berlin Heidelberg. German. Materi: Mampu menganalisis peran kewirausahaan digital dalam tujuan pembangunan berkelanjutan/Sustainable Development Goals (SDGs) Pustaka: Abeba N. Turi (2020). Technologies for Modern Digital Entrepreneurship: Understanding Emerging Tech at the Cutting-Edge of the Web 3.0 Economy. Springer Science Business. Canada. Materi: Mampu menganalisis peran kewirausahaan digital dalam tujuan pembangunan berkelanjutan/Sustainable Development Goals (SDGs) Pustaka: Evgueni Vinogradov, Brigit Leick and Djamchid Assadi (2022). Digital Entrepreneurship and the Sharing Economy. Routledge. New York Materi: Mampu menganalisis peran kewirausahaan digital dalam tujuan pembangunan berkelanjutan/Sustainable Development Goals (SDGs) Pustaka: Howkins, John. 2001. The Creative Economy. UK : The Penguin Press. Kartasasmita, Ginanjar.1996. Pembangunan untuk rakyat. Jakarta : Pustaka. Cidesindo |
5% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
UAS |
Kriteria:
UAS Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
UAS 120 menit |
UAS 120 menit |
Materi: Mampu menganalisis faktor-faktor dan teknologi yang memfasilitasi kewirausahaan digital Pustaka: Howkins, John. 2001. The Creative Economy. UK : The Penguin Press. Kartasasmita, Ginanjar.1996. Pembangunan untuk rakyat. Jakarta : Pustaka. Cidesindo Materi: Mampu menganalisis sistem sosio technical yang diperlukan dalam model kewirausahaan digital Pustaka: Faisal Afiff, Se.Spec.Lic, Pilar-Pilar Ekonomi Kreatif, 2012 Materi: Mampu menganalisis peran kewirausahaan digital dalam tujuan pembangunan berkelanjutan/Sustainable Development Goals (SDGs) Pustaka: B. Johansson, C.Karlsson, R.Stough (2006). The Emerging Digital Economy Entrepreneurship, Clusters and Policy. Springer-verlag Berlin Heidelberg. German. |
20% |