Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S3 Pendidikan Ekonomi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Ekonomi Kreatif dan Kewirausahaan Digital

8700303006

T=3

P=0

ECTS=7.56

1

22 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Siti Sri Wulandari, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu menganalisis peluang bisnis ekonomi kreatif digital

PO - 2

Mampu menganalisis lingkungan disruption dan faktor-faktor yang mempengaruhi kewirausahaan digital

PO - 3

Mampu menganalisis dampak ekonomi kreatif digital

PO - 4

Mampu menganalisis bisnis ekonomi kreatif digital yang memiliki daya saing

PO - 5

Mampu menganalisis tantangan dan peluang bisnis ekonomi kreatif digita

PO - 6

Mampu menganalisis proses dan perilaku konsumen dalam ligkungan kewirausahaan digital di era Society 5.0

PO - 7

Mampu menganalisis faktor- faktor kunci sumber daya dan teknologi yang memfasilitasi kewirausahaan digita

PO - 8

Mampu menganalisis model-model kewirausahaan digital yang mempunyai value dan keunggulan kompetitif

PO - 9

Mampu menganalisis praktek-praktek dan sistem sosio technical yang diperlukan dalam model kewirausahaan digital

Matrik PLO-PO

 
PO
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas dan menganalisis tentang ekonomi kreatif dan kewirausahaan digital yang saat ini berkembang pesat di dunia. Ekonomi kreatif dan kewirausahaan digital bukan sekedar tren, namun bagian tranformasi penerapan perkembangan ekonomi dan teknologi. Pengetahuan konsep ekonomi kreatif dan kewirausahaan digital yang penerapannya diimplementasikan pada matakuliah ini diharapkan mahasiswa mampu menganalisis dan mempersiapkan artikel/jurnal yang berisi kajian tentang ekonomi kreatif dan kewirausahaan digital, Start Up, E-commerce, Leadership Entrepreneur di Era Society 5.0

Pustaka

Utama :

  1. Allen, K.R. and Meyer, E.C. 2006. Entreprenurship and Small Business Management. The McGraw-Hill Companies, Inc.
  2. Bakhshi, W. Hutton, A. O’Keeffe, P. Schneider. 2007. Staying Ahead: The Economic Performance of the UK’s Creative Industries, The Work Foundation, London
  3. Faisal Afiff, Se.Spec.Lic, Pilar-Pilar Ekonomi Kreatif, 2012
  4. Hisrich, Robert D., & Michael P. Peters. 2002. Entrepreneurship – fifth edition. McGraw-Hill Irwin. Boston
  5. Howkins, John. 2001. The Creative Economy. UK : The Penguin Press. Kartasasmita, Ginanjar.1996. Pembangunan untuk rakyat. Jakarta : Pustaka. Cidesindo
  6. Hisrich, Peters, and Sheperd (2017). Entrepreneurship. Tenth Edition. McGraw Hill Education
  7. B. Johansson, C.Karlsson, R.Stough (2006). The Emerging Digital Economy Entrepreneurship, Clusters and Policy. Springer-verlag Berlin Heidelberg. German.

Pendukung :

  1. Abeba N. Turi (2020). Technologies for Modern Digital Entrepreneurship: Understanding Emerging Tech at the Cutting-Edge of the Web 3.0 Economy. Springer Science+Business. Canada.
  2. Evgueni Vinogradov, Brigit Leick and Djamchid Assadi (2022). Digital Entrepreneurship and the Sharing Economy. Routledge. New York
  3. Ruth Towse, Christian Handke (2013). Handbook on the Digital Creative Economy. Edward Elgar Publishing Limited. USA.
  4. Collete Henry, Anne de Bruin (2011). Entrepreneurship and Creative Economy. Edward Elgar Publishing Limited. USA.
  5. Allen, J.A . 2019. Digital Entrepreneurship. New York: Routledge
  6. Jurnal hasil penelitian yang relevan tentang ekonomi kreatif dan kewirausahaan digital.

Dosen Pengampu

Prof. Dr. Susanti, S.Pd., M.Si.

Dr. Siti Sri Wulandari, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu menganalisis tujuan dan peluang bisnis ekonomi kreatif di era digital


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Tugas membaca dan ceramah, Membaca buku tentang ekonomi kreatif, Melakukan diskusi tentang ekonomi kreatif dari berbagai contoh ilustrasi yang disajikan
Tugas membaca dan ceramah, Membaca buku tentang ekonomi kreatif, Melakukan diskusi tentang ekonomi kreatif dari berbagai contoh ilustrasi yang disajikan
0%

2

Minggu ke 2

Mampu menganalisis lingkungan disruption


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Tugas membaca dan ceramah, Membaca buku tentang ekonomi kreatif, Melakukan diskusi tentang ekonomi kreatif dari berbagai contoh ilustrasi yang disajikan
Tugas membaca dan ceramah, Membaca buku tentang ekonomi kreatif, Melakukan diskusi tentang ekonomi kreatif dari berbagai contoh ilustrasi yang disajikan
0%

3

Minggu ke 3

Mampu menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kewirausahaan digital


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Tugas membaca dan ceramah, Membaca buku tentang ekonomi kreatif, Melakukan diskusi tentang ekonomi kreatif dari berbagai contoh ilustrasi yang disajikan
Tugas membaca dan ceramah, Membaca buku tentang ekonomi kreatif, Melakukan diskusi tentang ekonomi kreatif dari berbagai contoh ilustrasi yang disajikan
5%

4

Minggu ke 4

Mampu menganalisis dampak positif dan negatif dari ekonomi kreatif digital


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Tugas membaca dan ceramah, Membaca buku tentang ekonomi kreatif, Melakukan diskusi tentang ekonomi kreatif dari berbagai contoh ilustrasi yang disajikan.
Tugas membaca dan ceramah, Membaca buku tentang ekonomi kreatif, Melakukan diskusi tentang ekonomi kreatif dari berbagai contoh ilustrasi yang disajikan.
5%

5

Minggu ke 5

Mampu menganalisis bisnis ekonomi kreatif yang memiliki daya saing di era digitalisasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Tugas membaca dan ceramah, Membaca buku tentang ekonomi kreatif, Melakukan diskusi tentang ekonomi kreatif dari berbagai contoh ilustrasi yang disajikan
Tugas membaca dan ceramah, Membaca buku tentang ekonomi kreatif, Melakukan diskusi tentang ekonomi kreatif dari berbagai contoh ilustrasi yang disajikan
5%

6

Minggu ke 6

Mampu menganalisis sub sektor barang/jasa ekonomi kreatif digital


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Tugas membaca dan ceramah, Membaca buku tentang ekonomi kreatif, Melakukan diskusi tentang ekonomi kreatif dari berbagai contoh ilustrasi yang disajikan.
Tugas membaca dan ceramah, Membaca buku tentang ekonomi kreatif, Melakukan diskusi tentang ekonomi kreatif dari berbagai contoh ilustrasi yang disajikan.
0%

7

Minggu ke 7

Mampu menganalisis tantangan dan peluang bisnis ekonomi kreatif terhadap perkembangan teknologi dan digitalisasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Tugas membaca dan ceramah, Membaca buku tentang ekonomi kreatif, Melakukan diskusi tentang ekonomi kreatif dari berbagai contoh ilustrasi yangdisajikan
Tugas membaca dan ceramah, Membaca buku tentang ekonomi kreatif, Melakukan diskusi tentang ekonomi kreatif dari berbagai contoh ilustrasi yangdisajikan
5%

8

Minggu ke 8

UTS


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
UTS
UTS
20%

9

Minggu ke 9

Mampu menganalisis proses kewirausahaan digital


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Tugas membaca
dan
ceramah, Membaca
buku tentang
ekonomi kreatif,
Melakukan diskusi
tentang ekonomi
kreatif dari berbagai
contoh ilustrasi yang
disajikan
Tugas membaca
dan
ceramah, Membaca
buku tentang
ekonomi kreatif,
Melakukan diskusi
tentang ekonomi
kreatif dari berbagai
contoh ilustrasi yang
disajikan
5%

10

Minggu ke 10

Mampu menganalisis perilaku konsumen dalam lingkungan kewirausahaan digital


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Tugas membaca
dan
ceramah, Membaca
buku tentang
ekonomi kreatif,
Melakukan diskusi
tentang ekonomi
kreatif dari berbagai
contoh ilustrasi yang
disajikan.
Tugas membaca
dan
ceramah, Membaca
buku tentang
ekonomi kreatif,
Melakukan diskusi
tentang ekonomi
kreatif dari berbagai
contoh ilustrasi yang
disajikan.
5%

11

Minggu ke 11

Mampu menganalisis faktor-faktor dan teknologi yang memfasilitasi kewirausahaan digital


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Tugas membaca
dan
ceramah, Membaca
buku tentang
ekonomi kreatif,
Melakukan diskusi
tentang ekonomi
kreatif dari berbagai
contoh ilustrasi yang
disajikan
Tugas membaca
dan
ceramah, Membaca
buku tentang
ekonomi kreatif,
Melakukan diskusi
tentang ekonomi
kreatif dari berbagai
contoh ilustrasi yang
disajikan
5%

12

Minggu ke 12

Mampu menganalisis model-model kewirausahaan digital


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Tugas membaca
dan
ceramah,
Membaca buku
tentang ekonomi
kreatif,
Melakukan
diskusi tentang
ekonomi kreatif
dari berbagai
contoh ilustrasi
yang disajikan.
Tugas membaca
dan
ceramah,
Membaca buku
tentang ekonomi
kreatif,
Melakukan
diskusi tentang
ekonomi kreatif
dari berbagai
contoh ilustrasi
yang disajikan.
5%

13

Minggu ke 13

Mampu menganalisis praktek-praktek dalam model kewirausahaan digital


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Tugas membaca
dan
ceramah,
Membaca buku
tentang ekonomi
kreatif,
Melakukan
diskusi tentang
ekonomi kreatif
dari berbagai
contoh ilustrasi
yang disajikan
Tugas membaca
dan
ceramah,
Membaca buku
tentang ekonomi
kreatif,
Melakukan
diskusi tentang
ekonomi kreatif
dari berbagai
contoh ilustrasi
yang disajikan
5%

14

Minggu ke 14

Mampu menganalisis sistem sosio technical yang diperlukan dalam model kewirausahaan digital


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Tugas membaca
dan
ceramah, Membaca
buku tentang
ekonomi kreatif,
Melakukan diskusi
tentang ekonomi
kreatif dari berbagai
contoh ilustrasi yang
disajikan.
Tugas membaca
dan
ceramah, Membaca
buku tentang
ekonomi kreatif,
Melakukan diskusi
tentang ekonomi
kreatif dari berbagai
contoh ilustrasi yang
disajikan.
5%

15

Minggu ke 15

Mampu menganalisis peran kewirausahaan digital dalam tujuan pembangunan berkelanjutan/Sust ainable Development Goals (SDGs)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Tugas membaca
dan
ceramah, Membaca
buku tentang
ekonomi kreatif,
Melakukan diskusi
tentang ekonomi
kreatif dari berbagai
contoh ilustrasi yang
disajikan
Tugas membaca
dan
ceramah, Membaca
buku tentang
ekonomi kreatif,
Melakukan diskusi
tentang ekonomi
kreatif dari berbagai
contoh ilustrasi yang
disajikan
10%

16

Minggu ke 16

UAS


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
UAS
UAS
20%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 60.01%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 10%
3. Praktik / Unjuk Kerja 15.01%
4. Tes 15.01%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.