|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Program Studi S1 Sosiologi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Kajian Pendidikan di Indonesia |
6920102317 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
7 |
30 Januari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Agus Machfud Fauzi, M.Si ; Dr. Dewien Nabielah Agustin,M.Sosio
|
Dr. Agus Machfud Fauzi, M.Si.
|
Dr. Agus Machfud Fauzi, M.Si. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menerapkan konsep-konsep dasar pendidikan dalam konteks sosial dan budaya di Indonesia (C3)
|
PO - 2 |
Menganalisis peran pendidikan dalam pembangunan masyarakat Indonesia dari perspektif sosiologis (C4)
|
PO - 3 |
Mengevaluasi kebijakan pendidikan di Indonesia berdasarkan teori dan prinsip sosiologi pendidikan (C5)
|
PO - 4 |
Menciptakan strategi intervensi sosiologis untuk mengatasi masalah pendidikan di Indonesia (C6)
|
PO - 5 |
Menerapkan teori sosiologi untuk memahami dinamika interaksi sosial dalam konteks pendidikan Indonesia (C3)
|
PO - 6 |
Menganalisis dampak sosial dari perubahan kebijakan pendidikan terhadap berbagai kelompok masyarakat (C4)
|
PO - 7 |
Mengevaluasi efektivitas program pendidikan berdasarkan hasil penelitian sosiologis (C5)
|
PO - 8 |
Menciptakan model pendidikan baru yang inklusif dan adaptif terhadap kebutuhan sosial masyarakat Indonesia (C6)
|
PO - 9 |
Menerapkan pendekatan kolaboratif dalam penelitian dan pengembangan di bidang pendidikan (C3)
|
PO - 10 |
Menganalisis dan mengevaluasi peran kolaborasi antar lembaga dalam meningkatkan kualitas pendidikan (C4, C5)
|
PO - 11 |
-
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-4 | PO-1 | ✔ | ✔ | PO-2 | ✔ | ✔ | PO-3 | ✔ | ✔ | PO-4 | ✔ | ✔ | PO-5 | ✔ | ✔ | PO-6 | ✔ | ✔ | PO-7 | ✔ | ✔ | PO-8 | ✔ | ✔ | PO-9 | ✔ | ✔ | PO-10 | ✔ | ✔ | PO-11 | ✔ | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | ✔ | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | PO-4 | | ✔ | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | PO-5 | | | | ✔ | | | | | | | | | | | | ✔ | PO-6 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-7 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-8 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-9 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-10 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-11 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Menelaah kebijakan pendidikan dengan metode pemecahan masalah dan resitasi yang meliputi hakikat kebijakan pendidikan, kajian pendidikan masa pasca kemerdekaan dan orde lama, kajian kebijakan orde baru, kajian pendidikan era reformasi, kajian pendidikan tentang guru dan dosen, kebijakan pendidikan tinggi, kajian lapangan tentang sertifikasi dan kualitas guru, RSBI dan pasca RSBI, UAN dan pasca UAN, Bidikmisi dan UKT, Full Day School |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Abidin, Said Zainal.2006. Kebijakan publik. Jakarta: Suara Bebas
- Duun, William N. 2003. Pengantar Kebijakan Publik. Yogyakarta : GajahMada University Press
- Imron, Ali. 1995. Kebijakan Pendidikan Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara
- Pidarta, Made. 2017. Wawasan Pendidikan (edisi III). Surabaya : Unesa Unipress
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Agus Machfud Fauzi, M.Si. Dr. Dewien Nabielah Agustin, S.Sos., M.Sosio. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mampu menguasai hakekat kebijakan pendidikan |
- 1.1. 1 Mampu menganalisa hakikat kebijakan pendidikan berdasarkan perspektif pendidikan
- 1.1.2 Mampu mempresentasikan materi fenomena kebijakan berdasarkan perspektif pendidikan Indonesia
|
Kriteria:
- Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Mampu menguasai hakekat kebijakan pendidikan 3x50 |
|
Materi: Abidin, Said Zainal, 2006, Kebijakan Publik: Jakarta. Suara Bebas Pustaka: Materi: Imron,Ali, 1995. Kebijakan Pendidikan Indonesia. Jakartsa: Bumi Aksara Pustaka: Materi: Pidarta, Made. 2017. Wawasan Pendidikan (edisi III). Surabaya: Unesa-Unipress Pustaka: |
3% |
2
Minggu ke 2 |
Menjelaskan analisis kebijakan pendidikan dasar dan menengah |
- 2.1. 1 Mampu menganalisa fenomena kebijakan pendidikan dasar dan menengah berdasarkan perspektif sosiologi
- 2.1.2 Mampu mempresentasikan materi fenomena kebijakan sosiologi pendidikan
|
Kriteria:
- Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Menjelaskan analisis kebijakan pendidikan dasar dan menengah 3x50 |
|
Materi: kebijakan sosiologi pendidikan Pustaka: Abidin, Said Zainal.2006. Kebijakan publik. Jakarta: Suara Bebas |
6% |
3
Minggu ke 3 |
Menganalisis Kebijakan Pendidikan Kejuruan di Indonesia |
- 3.1. 1 Mampu menganalisa fenomena pendidikan kejuruan berdasarkan perspektif
- 3.1.2 Mampu mempresentasikan materi fenomena tersebut berdasarkan perspektif sosiologi
|
Kriteria:
- Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Menganalisis Kebijakan Pendidikan Kejuruan di Indonesia 3x50 |
|
Materi: fenomena kejuruan pendidikan indonesia Pustaka: Duun, William N. 2003. Pengantar Kebijakan Publik. Yogyakarta : GajahMada University Press |
6% |
4
Minggu ke 4 |
Menelaah kebijakan pendidikan luar sekolah di Indonesia |
- 4.1. 1 Mampu menganalisa fenomena pendidikan luar sekolah berdasarkan perspektif sosiologi
- 4.1.2 Mampu mempresentasikan materi fenomena PLS berdasarkan perspektif sosiologi
|
Kriteria:
- Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Menelaah kebijakan pendidikan luar sekolah di Indonesia 3x50 |
|
Materi: fenomena pendidikan luar biasa di indonesia Pustaka: Imron, Ali. 1995. Kebijakan Pendidikan Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara |
6% |
5
Minggu ke 5 |
menelaah permasalahan pendidikan dan persoalan bencana alam |
- 5.1. 1 Mampu menganalisa permasalahan dan bencana alam berdasarkan perspektif pendidikan dan sosiologi
- 5.1.2 Mampu mempresentasikan materi fenomena pendidikan berdasarkan perspektif sosiologi
|
Kriteria:
- Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
menelaah permasalahan pendidikan dan persoalan bencana alam 3x50 |
|
Materi: permasalahan masalah sosial dan bencana alam di indonesia Pustaka: Pidarta, Made. 2017. Wawasan Pendidikan (edisi III). Surabaya : Unesa Unipress |
6% |
6
Minggu ke 6 |
menelaah pendidikan multikultur di Indonesia |
- 6.1. 1 Mampu menganalisa fenomena sosialisasi dan interaksi pendidikan berdasarkan perspektif sosiologi
- 6.1.2 Mampu mempresentasikan materi fenomena interaksi sosial pendidikan berdasarkan perspektif pendidikan dan sosiologi
|
Kriteria:
- Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
menelaah pendidikan multikultur di Indonesia 3x50 |
|
Materi: pendidikan multikultural di indonesia Pustaka: Duun, William N. 2003. Pengantar Kebijakan Publik. Yogyakarta : GajahMada University Press |
6% |
7
Minggu ke 7 |
menelaah pendidikan islam di Indonesia |
- 7.1. 1 Mampu menganalisa fenomena kurikulum sebagai arena kekuasaan pendidikan berdasarkan perspektif sosiologi
- 7.1.2 Mampu mempresentasikan materi fenomena kurikulum berdasarkan perspektif pendidikan dan sosiologi
|
Kriteria:
- Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
menelaah pendidikan islam di Indonesia 3x50 |
|
Materi: fenomena kekuasaan dalam pendidikan dan hubungannya dalam politik di Indonesia Pustaka: Duun, William N. 2003. Pengantar Kebijakan Publik. Yogyakarta : GajahMada University Press |
7% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
UTS |
Kriteria:
Seluruh teori yang telah dipelajari Bentuk Penilaian : Tes |
UTS
|
|
Materi: UTS Pustaka: Duun, William N. 2003. Pengantar Kebijakan Publik. Yogyakarta : GajahMada University Press |
8% |
9
Minggu ke 9 |
Mendalami UU No 14 tahun 2005 dan implikasinya pada kualitas guru dan dosen |
- 8.1. 1 Mampu menganalisa fenomena mobilitas sosial dalam pendidikan berdasarkan perspektif ekonomi dan sosiologi
- 8.1.2 Mampu mempresentasikan materi fenomena mobilitas berdasarkan perspektif sosiologi
|
Kriteria:
- Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Mendalami UU No 14 tahun 2005 dan implikasinya pada kualitas guru dan dosen 3x50 |
|
Materi: mobilitas sosial di indonesia Pustaka: Pidarta, Made. 2017. Wawasan Pendidikan (edisi III). Surabaya : Unesa Unipress |
7% |
10
Minggu ke 10 |
mendalami UU No 12 tahun 2012 tentang perguruan tinggi dan implikasinya pada mahasiswa |
- 10.1. 1 Mampu menganalisa fenomena globalisasi, internasional dalam pendidikan berdasarkan perspektif sosiologi
- 10.1.2 Mampu mempresentasikan materi fenomena globalisasi, internasional berdasarkan perspektif sosiologi
|
Kriteria:
- |
mendalami UU No 12 tahun 2012 tentang perguruan tinggi dan implikasinya pada mahasiswa 3x50 |
|
Materi: fenomena globalisasi di indonesia Pustaka: Imron, Ali. 1995. Kebijakan Pendidikan Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara |
7% |
11
Minggu ke 11 |
mendalami UU No 12 tahun 2012 tentang perguruan tinggi dan implikasinya pada mahasiswa |
- 11.1. 1 Mampu menganalisa fenomena relasi gender berdasarkan perspektif pendidikan dan sosiologi
- 11.1.2 Mampu mempresentasikan materi fenomena relasi gender berdasarkan perspektif pendidikan dan sosiologi
|
Kriteria:
- Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
mendalami UU No 12 tahun 2012 tentang perguruan tinggi dan implikasinya pada mahasiswa 3x50 |
|
Materi: relasi gender dalam pendidikan Pustaka: Duun, William N. 2003. Pengantar Kebijakan Publik. Yogyakarta : GajahMada University Press |
7% |
12
Minggu ke 12 |
Menggali data di lapangan tentang fenomena pendidikan |
- 12.1. 1 Mampu menganalisa fenomena kekerasan dalam pendidikan berdasarkan perspektif sosiologi
- 12.1.2 Mampu mempresentasikan materi fenomena kekerasan dalam pendidikan berdasarkan perspektif sosiologi
|
Kriteria:
- Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Menggali data di lapangan tentang fenomena pendidikan 3x50 |
|
Materi: fenomena kekerasan dalam pendidikan Pustaka: Abidin, Said Zainal.2006. Kebijakan publik. Jakarta: Suara Bebas |
7% |
13
Minggu ke 13 |
menggali data lapangan tentang UAN dan pasca UAN |
- 13.1. 1 Mampu menganalisa fenomena peran pendidkan tinggi berdasarkan perspektif sosiologi
- 13.1.2 Mampu mempresentasikan materi fenomena peran pendidikan tinggi berdasarkan perspektif sosiologi
|
Kriteria:
- Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
menggali data lapangan tentang UAN dan pasca UAN 3x50 |
|
Materi: fenomena peran pendidikan tinggi berdasarkan sosiologi Pustaka: Duun, William N. 2003. Pengantar Kebijakan Publik. Yogyakarta : GajahMada University Press |
7% |
14
Minggu ke 14 |
mendalami tentang kebijakan full day school dan mampu mempresentasikan |
- 14.1. 1 Mampu menganalisa fenomena pendidikan kaum marjinal berdasarkan perspektif sosiologi
- 14.1.2 Mampu mempresentasikan materi fenomena pendidikan kaum marjinal berdasarkan perspektif sosiologi
|
Kriteria:
- Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
mendalami tentang kebijakan full day school dan mampu mempresentasikan 3x50 |
|
Materi: fenomena kaum marjinal di indonesia Pustaka: Duun, William N. 2003. Pengantar Kebijakan Publik. Yogyakarta : GajahMada University Press |
8% |
15
Minggu ke 15 |
mendalami tentang kebijakan full day school dan mampu mempresentasikan |
- 15.1. 1 Mampu menganalisa fenomena pendidikan kaum marjinal dan difabel berdasarkan perspektif ekonomi dan sosiologi
- 15.1.2 Mampu mempresentasikan materi fenomena marjinal dan difabel berdasarkan perspektif sosiologi
|
Kriteria:
Laporan per kelompok Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
mendalami tentang kebijakan full day school dan mampu mempresentasikan 3x50 |
|
Materi: fenomena kaum marjinal di indonesia Pustaka: Duun, William N. 2003. Pengantar Kebijakan Publik. Yogyakarta : GajahMada University Press |
8% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
UAS |
Kriteria:
- Bentuk Penilaian : Tes |
UAS 3x50 |
|
Materi: UAS Pustaka: Pidarta, Made. 2017. Wawasan Pendidikan (edisi III). Surabaya : Unesa Unipress |
8% |