Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Program Studi S1 Sosiologi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Kajian Pendidikan di Indonesia

6920102317

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

7

30 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Agus Machfud Fauzi, M.Si ; Dr. Dewien Nabielah Agustin,M.Sosio




Dr. Agus Machfud Fauzi, M.Si.




Dr. Agus Machfud Fauzi, M.Si.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menerapkan konsep-konsep dasar pendidikan dalam konteks sosial dan budaya di Indonesia (C3)

PO - 2

Menganalisis peran pendidikan dalam pembangunan masyarakat Indonesia dari perspektif sosiologis (C4)

PO - 3

Mengevaluasi kebijakan pendidikan di Indonesia berdasarkan teori dan prinsip sosiologi pendidikan (C5)

PO - 4

Menciptakan strategi intervensi sosiologis untuk mengatasi masalah pendidikan di Indonesia (C6)

PO - 5

Menerapkan teori sosiologi untuk memahami dinamika interaksi sosial dalam konteks pendidikan Indonesia (C3)

PO - 6

Menganalisis dampak sosial dari perubahan kebijakan pendidikan terhadap berbagai kelompok masyarakat (C4)

PO - 7

Mengevaluasi efektivitas program pendidikan berdasarkan hasil penelitian sosiologis (C5)

PO - 8

Menciptakan model pendidikan baru yang inklusif dan adaptif terhadap kebutuhan sosial masyarakat Indonesia (C6)

PO - 9

Menerapkan pendekatan kolaboratif dalam penelitian dan pengembangan di bidang pendidikan (C3)

PO - 10

Menganalisis dan mengevaluasi peran kolaborasi antar lembaga dalam meningkatkan kualitas pendidikan (C4, C5)

PO - 11

-

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-4
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9
PO-10
PO-11

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9
PO-10
PO-11

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Menelaah kebijakan pendidikan dengan metode pemecahan masalah dan resitasi yang meliputi hakikat kebijakan pendidikan, kajian pendidikan masa pasca kemerdekaan dan orde lama, kajian kebijakan orde baru, kajian pendidikan era reformasi, kajian pendidikan tentang guru dan dosen, kebijakan pendidikan tinggi, kajian lapangan tentang sertifikasi dan kualitas guru, RSBI dan pasca RSBI, UAN dan pasca UAN, Bidikmisi dan UKT, Full Day School

Pustaka

Utama :

  1. Abidin, Said Zainal.2006. Kebijakan publik. Jakarta: Suara Bebas
  2. Duun, William N. 2003. Pengantar Kebijakan Publik. Yogyakarta : GajahMada University Press
  3. Imron, Ali. 1995. Kebijakan Pendidikan Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara
  4. Pidarta, Made. 2017. Wawasan Pendidikan (edisi III). Surabaya : Unesa Unipress

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dr. Agus Machfud Fauzi, M.Si.

Dr. Dewien Nabielah Agustin, S.Sos., M.Sosio.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu menguasai hakekat kebijakan pendidikan

  1. 1.1. 1 Mampu menganalisa hakikat kebijakan pendidikan berdasarkan perspektif pendidikan
  2. 1.1.2 Mampu mempresentasikan materi fenomena kebijakan berdasarkan perspektif pendidikan Indonesia
Kriteria:

-


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Mampu menguasai hakekat kebijakan pendidikan
3x50

Materi: Abidin, Said Zainal, 2006, Kebijakan Publik: Jakarta. Suara Bebas
Pustaka:

Materi: Imron,Ali, 1995. Kebijakan Pendidikan Indonesia. Jakartsa: Bumi Aksara
Pustaka:

Materi: Pidarta, Made. 2017. Wawasan Pendidikan (edisi III). Surabaya: Unesa-Unipress
Pustaka:
3%

2

Minggu ke 2

Menjelaskan analisis kebijakan pendidikan dasar dan menengah

  1. 2.1. 1 Mampu menganalisa fenomena kebijakan pendidikan dasar dan menengah berdasarkan perspektif sosiologi
  2. 2.1.2 Mampu mempresentasikan materi fenomena kebijakan sosiologi pendidikan
Kriteria:

-


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Menjelaskan analisis kebijakan pendidikan dasar dan menengah
3x50

Materi: kebijakan sosiologi pendidikan
Pustaka: Abidin, Said Zainal.2006. Kebijakan publik. Jakarta: Suara Bebas
6%

3

Minggu ke 3

Menganalisis Kebijakan Pendidikan Kejuruan di Indonesia

  1. 3.1. 1 Mampu menganalisa fenomena pendidikan kejuruan berdasarkan perspektif
  2. 3.1.2 Mampu mempresentasikan materi fenomena tersebut berdasarkan perspektif sosiologi
Kriteria:

-


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Menganalisis Kebijakan Pendidikan Kejuruan di Indonesia
3x50

Materi: fenomena kejuruan pendidikan indonesia
Pustaka: Duun, William N. 2003. Pengantar Kebijakan Publik. Yogyakarta : GajahMada University Press
6%

4

Minggu ke 4

Menelaah kebijakan pendidikan luar sekolah di Indonesia

  1. 4.1. 1 Mampu menganalisa fenomena pendidikan luar sekolah berdasarkan perspektif sosiologi
  2. 4.1.2 Mampu mempresentasikan materi fenomena PLS berdasarkan perspektif sosiologi
Kriteria:

-


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Menelaah kebijakan pendidikan luar sekolah di Indonesia
3x50

Materi: fenomena pendidikan luar biasa di indonesia
Pustaka: Imron, Ali. 1995. Kebijakan Pendidikan Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara
6%

5

Minggu ke 5

menelaah permasalahan pendidikan dan persoalan bencana alam

  1. 5.1. 1 Mampu menganalisa permasalahan dan bencana alam berdasarkan perspektif pendidikan dan sosiologi
  2. 5.1.2 Mampu mempresentasikan materi fenomena pendidikan berdasarkan perspektif sosiologi
Kriteria:

-


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
menelaah permasalahan pendidikan dan persoalan bencana alam
3x50

Materi: permasalahan masalah sosial dan bencana alam di indonesia
Pustaka: Pidarta, Made. 2017. Wawasan Pendidikan (edisi III). Surabaya : Unesa Unipress
6%

6

Minggu ke 6

menelaah pendidikan multikultur di Indonesia

  1. 6.1. 1 Mampu menganalisa fenomena sosialisasi dan interaksi pendidikan berdasarkan perspektif sosiologi
  2. 6.1.2 Mampu mempresentasikan materi fenomena interaksi sosial pendidikan berdasarkan perspektif pendidikan dan sosiologi
Kriteria:

-


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
menelaah pendidikan multikultur di Indonesia
3x50

Materi: pendidikan multikultural di indonesia
Pustaka: Duun, William N. 2003. Pengantar Kebijakan Publik. Yogyakarta : GajahMada University Press
6%

7

Minggu ke 7

menelaah pendidikan islam di Indonesia

  1. 7.1. 1 Mampu menganalisa fenomena kurikulum sebagai arena kekuasaan pendidikan berdasarkan perspektif sosiologi
  2. 7.1.2 Mampu mempresentasikan materi fenomena kurikulum berdasarkan perspektif pendidikan dan sosiologi
Kriteria:

-


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
menelaah pendidikan islam di Indonesia
3x50

Materi: fenomena kekuasaan dalam pendidikan dan hubungannya dalam politik di Indonesia
Pustaka: Duun, William N. 2003. Pengantar Kebijakan Publik. Yogyakarta : GajahMada University Press
7%

8

Minggu ke 8

UTS

UTS

Kriteria:

Seluruh teori yang telah dipelajari


Bentuk Penilaian :
Tes
UTS

Materi: UTS
Pustaka: Duun, William N. 2003. Pengantar Kebijakan Publik. Yogyakarta : GajahMada University Press
8%

9

Minggu ke 9

Mendalami UU No 14 tahun 2005 dan implikasinya pada kualitas guru dan dosen

  1. 8.1. 1 Mampu menganalisa fenomena mobilitas sosial dalam pendidikan berdasarkan perspektif ekonomi dan sosiologi
  2. 8.1.2 Mampu mempresentasikan materi fenomena mobilitas berdasarkan perspektif sosiologi
Kriteria:

-


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Mendalami UU No 14 tahun 2005 dan implikasinya pada kualitas guru dan dosen
3x50

Materi: mobilitas sosial di indonesia
Pustaka: Pidarta, Made. 2017. Wawasan Pendidikan (edisi III). Surabaya : Unesa Unipress
7%

10

Minggu ke 10

mendalami UU No 12 tahun 2012 tentang perguruan tinggi dan implikasinya pada mahasiswa

  1. 10.1. 1 Mampu menganalisa fenomena globalisasi, internasional dalam pendidikan berdasarkan perspektif sosiologi
  2. 10.1.2 Mampu mempresentasikan materi fenomena globalisasi, internasional berdasarkan perspektif sosiologi
Kriteria:

-

mendalami UU No 12 tahun 2012 tentang perguruan tinggi dan implikasinya pada mahasiswa
3x50

Materi: fenomena globalisasi di indonesia
Pustaka: Imron, Ali. 1995. Kebijakan Pendidikan Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara
7%

11

Minggu ke 11

mendalami UU No 12 tahun 2012 tentang perguruan tinggi dan implikasinya pada mahasiswa

  1. 11.1. 1 Mampu menganalisa fenomena relasi gender berdasarkan perspektif pendidikan dan sosiologi
  2. 11.1.2 Mampu mempresentasikan materi fenomena relasi gender berdasarkan perspektif pendidikan dan sosiologi
Kriteria:

-


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
mendalami UU No 12 tahun 2012 tentang perguruan tinggi dan implikasinya pada mahasiswa
3x50

Materi: relasi gender dalam pendidikan
Pustaka: Duun, William N. 2003. Pengantar Kebijakan Publik. Yogyakarta : GajahMada University Press
7%

12

Minggu ke 12

Menggali data di lapangan tentang fenomena pendidikan

  1. 12.1. 1 Mampu menganalisa fenomena kekerasan dalam pendidikan berdasarkan perspektif sosiologi
  2. 12.1.2 Mampu mempresentasikan materi fenomena kekerasan dalam pendidikan berdasarkan perspektif sosiologi
Kriteria:

-


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Menggali data di lapangan tentang fenomena pendidikan
3x50

Materi: fenomena kekerasan dalam pendidikan
Pustaka: Abidin, Said Zainal.2006. Kebijakan publik. Jakarta: Suara Bebas
7%

13

Minggu ke 13

menggali data lapangan tentang UAN dan pasca UAN

  1. 13.1. 1 Mampu menganalisa fenomena peran pendidkan tinggi berdasarkan perspektif sosiologi
  2. 13.1.2 Mampu mempresentasikan materi fenomena peran pendidikan tinggi berdasarkan perspektif sosiologi
Kriteria:

-


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
menggali data lapangan tentang UAN dan pasca UAN
3x50

Materi: fenomena peran pendidikan tinggi berdasarkan sosiologi
Pustaka: Duun, William N. 2003. Pengantar Kebijakan Publik. Yogyakarta : GajahMada University Press
7%

14

Minggu ke 14

mendalami tentang kebijakan full day school dan mampu mempresentasikan

  1. 14.1. 1 Mampu menganalisa fenomena pendidikan kaum marjinal berdasarkan perspektif sosiologi
  2. 14.1.2 Mampu mempresentasikan materi fenomena pendidikan kaum marjinal berdasarkan perspektif sosiologi
Kriteria:

-


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
mendalami tentang kebijakan full day school dan mampu mempresentasikan
3x50

Materi: fenomena kaum marjinal di indonesia
Pustaka: Duun, William N. 2003. Pengantar Kebijakan Publik. Yogyakarta : GajahMada University Press
8%

15

Minggu ke 15

mendalami tentang kebijakan full day school dan mampu mempresentasikan

  1. 15.1. 1 Mampu menganalisa fenomena pendidikan kaum marjinal dan difabel berdasarkan perspektif ekonomi dan sosiologi
  2. 15.1.2 Mampu mempresentasikan materi fenomena marjinal dan difabel berdasarkan perspektif sosiologi
Kriteria:

Laporan per kelompok


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
mendalami tentang kebijakan full day school dan mampu mempresentasikan
3x50

Materi: fenomena kaum marjinal di indonesia
Pustaka: Duun, William N. 2003. Pengantar Kebijakan Publik. Yogyakarta : GajahMada University Press
8%

16

Minggu ke 16

UAS

UAS

Kriteria:

-


Bentuk Penilaian :
Tes
UAS
3x50

Materi: UAS
Pustaka: Pidarta, Made. 2017. Wawasan Pendidikan (edisi III). Surabaya : Unesa Unipress
8%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 80%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 4%
3. Tes 16%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.