Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Perencanaan Program Latihan Elit Atlet Cabang Olahraga Hoki

8520203691

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=1

P=1

ECTS=3.18

5

17 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Or. Muhammad, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-5

Mampu merancang program latihan yang efektif dan inovatif berdasarkan prinsip-prinsip keilmuan dan penelitian terbaru di berbagai cabang olahraga.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menganalisis kebutuhan fisik, teknik, taktik, dan mental atlet hockey elit.

PO - 2

Merancang program latihan jangka panjang, menengah, dan pendek yang sesuai dengan karakteristik individu atlet dan tujuan kompetisi.

PO - 3

Memilih dan menerapkan metode latihan yang tepat untuk meningkatkan performa atlet.

PO - 4

Mengevaluasi efektivitas program latihan dan melakukan penyesuaian jika diperlukan

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-3PLO-4PLO-5
PO-1 
PO-2
PO-3 
PO-4

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam kepada mahasiswa tentang prinsip-prinsip dan metodologi perencanaan program latihan yang efektif bagi atlet hockey elit. Materi yang akan dibahas meliputi analisis kebutuhan atlet, penentuan tujuan latihan, pemilihan metode latihan, serta evaluasi program latihan.

Pustaka

Utama :

  1. Bompa, T. O., & Buzzichelli, C. (2019). Periodization-: theory and methodology of training. Human kinetics.
  2. Reilly, T., & Borrie, A. (1992). Physiology applied to field hockey. Sports Medicine, 14, 10-26.
  3. Anders, E., & Myers, S. (2008). Field hockey: Steps to success. Human Kinetics.
  4. Mitchell-Taverner, C. (2005). Field hockey techniques & tactics. Human Kinetics.

Pendukung :

  1. Lythe, J., & Kilding, A. E. (2011). Physical demands and physiological responses during elite field hockey. International journal of sports medicine, 32(07), 523-528.
  2. Tuca, M., Franz, P., & Sepulveda, M. (2022). Field Hockey. Specific Sports-Related Injuries, 51-63.
  3. Van der Merwe, F. H., & Haggie, M. (2018). GPS analysis of a team competing at a national Under 18 field hockey tournament.(Technical Specialist Support).

Dosen Pengampu

Mohammad Faruk, S.Pd., M.Kes.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

mahasiswa mendapatkan data indikator kebutuhan fisik atlet hockey


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
melakukan analisis kebutuhan dengan melakukan tes dan studi literatur
150 menit
mencari literatur di internet (jurnal dan buku)
150 menit
Materi: preparation for training
Pustaka: Bompa, T. O., & Buzzichelli, C. (2019). Periodization-: theory and methodology of training. Human kinetics.

Materi: physiology for field hockey
Pustaka: Reilly, T., & Borrie, A. (1992). Physiology applied to field hockey. Sports Medicine, 14, 10-26.

Materi: kebutuhan fisik atlet hockey
Pustaka: Lythe, J., & Kilding, A. E. (2011). Physical demands and physiological responses during elite field hockey. International journal of sports medicine, 32(07), 523-528.
5%

2

Minggu ke 2

mahasiswa mendapatkan data indikator kebutuhan teknik, taktik dan mental atlet hockey


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
mengidentifikasi kebutuhan teknik, taktik dan mental atlet hockey
150 menit
mencari literatur di internet kebutuhan teknik, taktik dan mental atlet hockey
150 menit
Materi: teknik bermain hockey
Pustaka: Anders, E., & Myers, S. (2008). Field hockey: Steps to success. Human Kinetics.

Materi: taktik bermain hockey
Pustaka: Mitchell-Taverner, C. (2005). Field hockey techniques & tactics. Human Kinetics.
5%

3

Minggu ke 3


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
merancang program latihan jangka panjang

Materi: program latihan jangka panjang
Pustaka: Bompa, T. O., & Buzzichelli, C. (2019). Periodization-: theory and methodology of training. Human kinetics.

Materi: fisiologi atlet hockey
Pustaka: Reilly, T., & Borrie, A. (1992). Physiology applied to field hockey. Sports Medicine, 14, 10-26.

Materi: kebutuhan fisik atlet hockey
Pustaka: Lythe, J., & Kilding, A. E. (2011). Physical demands and physiological responses during elite field hockey. International journal of sports medicine, 32(07), 523-528.
10%

4

Minggu ke 4

periodisasi latihan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
merancang program latihan jangka panjang

Materi: program latihan jangka panjang
Pustaka: Bompa, T. O., & Buzzichelli, C. (2019). Periodization-: theory and methodology of training. Human kinetics.

Materi: fisiologi atlet hockey
Pustaka: Reilly, T., & Borrie, A. (1992). Physiology applied to field hockey. Sports Medicine, 14, 10-26.

Materi: kebutuhan fisik atlet hockey
Pustaka: Lythe, J., & Kilding, A. E. (2011). Physical demands and physiological responses during elite field hockey. International journal of sports medicine, 32(07), 523-528.
10%

5

Minggu ke 5

periodisasi latihan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
merancang program latihan jangka menengah

Materi: program latihan jangka panjang
Pustaka: Bompa, T. O., & Buzzichelli, C. (2019). Periodization-: theory and methodology of training. Human kinetics.

Materi: fisiologi atlet hockey
Pustaka: Reilly, T., & Borrie, A. (1992). Physiology applied to field hockey. Sports Medicine, 14, 10-26.

Materi: kebutuhan fisik atlet hockey
Pustaka: Lythe, J., & Kilding, A. E. (2011). Physical demands and physiological responses during elite field hockey. International journal of sports medicine, 32(07), 523-528.
10%

6

Minggu ke 6

periodisasi latihan

mahasiswa mampu merancang program latihan jangka pendek

Kriteria:

mahasiswa menghasilkan program latihan jangka pendek 30% dari target yang telah ditentukan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
merancang program latihan jangka pendek

Materi: program latihan jangka panjang
Pustaka: Bompa, T. O., & Buzzichelli, C. (2019). Periodization-: theory and methodology of training. Human kinetics.

Materi: fisiologi atlet hockey
Pustaka: Reilly, T., & Borrie, A. (1992). Physiology applied to field hockey. Sports Medicine, 14, 10-26.

Materi: kebutuhan fisik atlet hockey
Pustaka: Lythe, J., & Kilding, A. E. (2011). Physical demands and physiological responses during elite field hockey. International journal of sports medicine, 32(07), 523-528.
10%

7

Minggu ke 7

periodisasi latihan

mahasiswa mampu merancang program latihan jangka pendek

Kriteria:

mahasiswa menghasilkan program latihan jangka pendek 70% dari target yang telah ditentukan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
merancang program latihan jangka pendek

Materi: program latihan jangka panjang
Pustaka: Bompa, T. O., & Buzzichelli, C. (2019). Periodization-: theory and methodology of training. Human kinetics.

Materi: fisiologi atlet hockey
Pustaka: Reilly, T., & Borrie, A. (1992). Physiology applied to field hockey. Sports Medicine, 14, 10-26.

Materi: kebutuhan fisik atlet hockey
Pustaka: Lythe, J., & Kilding, A. E. (2011). Physical demands and physiological responses during elite field hockey. International journal of sports medicine, 32(07), 523-528.
10%

8

Minggu ke 8

periodisasi latihan

mahasiswa mampu merancang program latihan jangka pendek

Kriteria:

mahasiswa menghasilkan program latihan jangka pendek 100% dari target yang telah ditentukan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
merancang program latihan jangka pendek

Materi: program latihan jangka panjang
Pustaka: Bompa, T. O., & Buzzichelli, C. (2019). Periodization-: theory and methodology of training. Human kinetics.

Materi: fisiologi atlet hockey
Pustaka: Reilly, T., & Borrie, A. (1992). Physiology applied to field hockey. Sports Medicine, 14, 10-26.

Materi: kebutuhan fisik atlet hockey
Pustaka: Lythe, J., & Kilding, A. E. (2011). Physical demands and physiological responses during elite field hockey. International journal of sports medicine, 32(07), 523-528.
10%

9

Minggu ke 9

penggunaan metode latihan yang relevan

Kriteria:

mahasiswa mampu merancang metode latihan yang relevan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum
merancang metode latihan Aerobik, anaerobik, kekuatan dan fleksibilitas
150 menit

Materi: metode latihan
Pustaka: Bompa, T. O., & Buzzichelli, C. (2019). Periodization-: theory and methodology of training. Human kinetics.

Materi: metode latihan
Pustaka: Lythe, J., & Kilding, A. E. (2011). Physical demands and physiological responses during elite field hockey. International journal of sports medicine, 32(07), 523-528.
10%

10

Minggu ke 10

penggunaan metode latihan yang relevan

Kriteria:

mahasiswa mampu merancang metode latihan yang relevan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum
merancang metode latihan Aerobik, anaerobik, kekuatan dan fleksibilitas
150 menit

Materi: metode latihan
Pustaka: Bompa, T. O., & Buzzichelli, C. (2019). Periodization-: theory and methodology of training. Human kinetics.

Materi: metode latihan
Pustaka: Lythe, J., & Kilding, A. E. (2011). Physical demands and physiological responses during elite field hockey. International journal of sports medicine, 32(07), 523-528.
5%

11

Minggu ke 11

penggunaan metode latihan yang relevan

Kriteria:

mahasiswa mampu merancang metode latihan yang relevan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum
merancang metode latihan Aerobik, anaerobik, kekuatan dan fleksibilitas
150 menit

Materi: metode latihan
Pustaka: Bompa, T. O., & Buzzichelli, C. (2019). Periodization-: theory and methodology of training. Human kinetics.

Materi: metode latihan
Pustaka: Lythe, J., & Kilding, A. E. (2011). Physical demands and physiological responses during elite field hockey. International journal of sports medicine, 32(07), 523-528.
0%

12

Minggu ke 12

penggunaan metode latihan yang relevan

Kriteria:

mahasiswa mampu merancang metode latihan yang relevan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum
merancang metode latihan Aerobik, anaerobik, kekuatan dan fleksibilitas
150 menit

Materi: metode latihan
Pustaka: Bompa, T. O., & Buzzichelli, C. (2019). Periodization-: theory and methodology of training. Human kinetics.

Materi: metode latihan
Pustaka: Lythe, J., & Kilding, A. E. (2011). Physical demands and physiological responses during elite field hockey. International journal of sports medicine, 32(07), 523-528.
0%

13

Minggu ke 13

penggunaan metode latihan yang relevan

Kriteria:

mahasiswa mampu merancang metode latihan yang relevan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum
merancang metode latihan Aerobik, anaerobik, kekuatan dan fleksibilitas
150 menit

Materi: metode latihan
Pustaka: Bompa, T. O., & Buzzichelli, C. (2019). Periodization-: theory and methodology of training. Human kinetics.

Materi: metode latihan
Pustaka: Lythe, J., & Kilding, A. E. (2011). Physical demands and physiological responses during elite field hockey. International journal of sports medicine, 32(07), 523-528.
0%

14

Minggu ke 14

Evaluasi program latihan

mengimplementasi evaluasi program latihan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum
merancang evaluasi program latihan

Materi: evaluasi teknik
Pustaka: Mitchell-Taverner, C. (2005). Field hockey techniques & tactics. Human Kinetics.

Materi: evaluasi fisik
Pustaka: Bompa, T. O., & Buzzichelli, C. (2019). Periodization-: theory and methodology of training. Human kinetics.

Materi: evaluasi taktik
Pustaka: Mitchell-Taverner, C. (2005). Field hockey techniques & tactics. Human Kinetics.
10%

15

Minggu ke 15

Evaluasi program latihan

mengimplementasi evaluasi program latihan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
merancang evaluasi program latihan

Materi: evaluasi teknik
Pustaka: Mitchell-Taverner, C. (2005). Field hockey techniques & tactics. Human Kinetics.

Materi: evaluasi fisik
Pustaka: Bompa, T. O., & Buzzichelli, C. (2019). Periodization-: theory and methodology of training. Human kinetics.

Materi: evaluasi taktik
Pustaka: Mitchell-Taverner, C. (2005). Field hockey techniques & tactics. Human Kinetics.
0%

16

Minggu ke 16

UAS

Kriteria:

UAS


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ujian Akhir Semester
100 menit

5%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 50.83%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 40.83%
3. Penilaian Praktikum 8.33%
99.99%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.