Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Pengembangan Pembelajaran Sains Anak Usia Dini

8620702265

T=1

P=1

ECTS=3.18

4

26 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Kartika Rinakit Adhe, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu bertanggung jawab atas pekerjaannya selama mengikuti perkuliahan pembelajaran sains untuk anak usia dini secara jujur, mandiri, dan pantang menyerah dalam pengambilan keputusan yang tepat di bidang Pendidikan Anak Usia Dini yang beretika akademik

PO - 2

Mahasiswa mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam perkuliahan pembelajaran sains untuk anak usia dini

PO - 3

Mahasiswa menciptakan karya inovatif sesuai kebutuhan global dalam bidang anak usia dini

PO - 4

Mahasiswa mampu menganalisis konsep karya inovatif sesuai kebutuhan global dalam bidang anak usia dini

Matrik PLO-PO

 
PO
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Sains merupakan bidang yang dijadikan wahana untuk mengembangkan aspek perkembangan kognitif dan berbagai aspek perkembangan lainnya yang terkait dan kegiatan yang hidup dan berada dalam kehidupan sehari-hari. Sains dapat dipandang sebagai materi isi kegiatan pembelajaran pada lembaga pendidikan anak usia dini. Mata kuliah ini memberikan sejumlah kompetensi yang berkaitan dengan kemampuan mahasiswa memahami, menganalisis, menggunakan dan mengembangkan konsep teoritik tentang pendidikan sains pada anak usia dini. Selain itu, mahasiswa juga dapat mengelaborasi berbagai disain pembelajaran sains anak usia dini dengan menggunakan berbagai jenis serta proses bermain dalam berbagai konteks kehidupan yang nyata, bermakna dan menyenangkan. Strategi pembelajaran yang digunakan adalah metode ceramah, project based learning, Diskusi Grub, dan Simulasi.

Pustaka

Utama :

  1. Arthur, L., et al. 2001. Programming and Planning in Early Childhood Settings. 2nd ed . Harcourt Australia: Pty Limited.
  2. Bentzen, Warren R. 2005. Seeing Young Children: A Guide to Observing and Recording Behavior. 5th edition . New York: Thomas Delmar Learning.
  3. Eaty, Janice J. 2010. Observing Development of Young Child . New Jersey: Pearson Education, Inc.
  4. Bennett., William, Chester E. Finn and John T.E. Cribb. 2007. The Educated C hild . New York: The Free Press.
  5. Brewer, Jo An. 2007. Introduction to Early Childhood Education. Preschool through Primary Grade . Boston: Pearson Education, Inc.
  6. Charlesworth, Rosalind and Karen K. Lind. 1995. Math and Scien ce . New York: Delmar Publisher.
  7. Dodge, Diane Trister., Laura J.Colker. 1999. The Creative Curricuum for Early Childhood . Washington DC: Teaching Strategies Inc.
  8. Essa, Eva L. 2003. Introduction to Early Chldhood Education . New York: Thomson Delman Learning Inc.
  9. Hoorn, Etc. 2007. Play at the Center Curriculum . New Jersey: Pearson Merril Prentice Hall., Inc.
  10. Hughes, Fergus P. 2010. Children, Play and Development . California: Sage Publications, Inc.
  11. Hansen., Alice. 2011. Children’s Errors in Mathem atics . Cathedral Yard: Learning.
  12. Matters Jackman, Hilda. 2009. Early Education Curriculum. A Child’s Connection to the World . Belmont: Delmar Cengage Learning.
  13. Morrison, George S. 2011. Early Childhood Curriculum Today . Boston: Pearson Educational International.
  14. Warner, Laverne, and Sower, Judith. 2005. Educating Young Children: from Preschool through Primary Grade . Boston: Pearson Education, Inc.
  15. Puckett, M.B., Diffily, D. 2004. Teaching Young Children. An Introduction to The Early Childhood Profession. 2nd ed . Canada: Thomson Learning Inc.
  16. O’connor, G., Fragkiadaki, G., Fleer, M., & Rai, P. (2021). Early childhood science education from 0 to 6: A literature review. Education sciences, 11(4), 178.
  17. Campbell, C., & Howitt, C. (Eds.). (2023). Science in early childhood. Cambridge University Press.

Pendukung :

  1. Camilla, A., & Ningrum, M. A. (2023). Pengembangan Mibeba Games (Mitigasi Bencana Banjir) untuk Menstimulasi Keterampilan Berkomunikasi Anak Usia 5-6 Tahun. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 9(2), 276-289.
  2. Ningrum, M. A., Adhe, K. R., & Widayanti, M. D. (2023). Pengembangan Buku Ajar Tema Peduli Lingkungan untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Anak Usia 5-6 Tahun: Development of Environmental Care Theme Textbooks to Improve Creative Thinking Skills for Children Aged 5-6 Years. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 5(2), 347-361.
  3. Fatmawati, D., & Ningrum, M. A. (2019). Pengaruh Metode Eksperimen terhadap Kemampuan Sains Mengenal Benda Cair pada Anak Kelompok B TK Hidayatullah Lidah Kulon 1/58 Surabaya. Paud Teratai, 8 (3), 1–5. Paud Teratai.
  4. Palapessy, X., Ningrum, M. A., Adhe, K. R., & Widayanti, M. D. (2023). Analisis Project Based Learning (PjBL) Untuk Kemampuan Berpikir Kreatif Anak Usia 5-6 Tahun. PENDIPA Journal of Science Education, 7(3), 431-438.
  5. Laili, R., & Ningrum, M. A. (2023). Survei Program Kegiatan Mitigasi Bencana di Lembaga PAUD. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2), 2429-2436.

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mendeskripsikan urgensi pendidikan sains

skor

Kriteria:

0-100


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, tanya jawab, dan diskusi
2 X 50
Ceramah, tanya jawab, dan diskusi
2 X 50
Materi: Urgensi pendidikan sains
Pustaka: Warner, Laverne, and Sower, Judith. 2005. Educating Young Children: from Preschool through Primary Grade . Boston: Pearson Education, Inc.
2%

2

Minggu ke 2

Menganalisis makna, tujuan, fungsi pendidikan sains untuk AUD

Mahasiswa dapat membuat peta konsep makna, tujuan dan fungsi pendidikan sains AUD

Kriteria:

0-100


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
ceramah, tanya jawab, dan diskusi
2 X 50
ceramah, tanya jawab, dan diskusi
2 X 50
Materi: makna, tujuan, fungsi pendidikan sains untuk AUD
Pustaka: Charlesworth, Rosalind and Karen K. Lind. 1995. Math and Scien ce . New York: Delmar Publisher.
2%

3

Minggu ke 3

Menganalisis prinsip umum dalam pembelajaran sains AUD

Mahasiswa mampu membuat peta konsep prinsip umum dalam pembelajaran sains AUD

Kriteria:

0-100


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
ceramah, tanya jawab, dan diskusi
2 X 50
ceramah, tanya jawab, dan diskusi
2 X 50
Materi: Menganalisis prinsip umum dalam pembelajaran sains AUD
Pustaka: Charlesworth, Rosalind and Karen K. Lind. 1995. Math and Scien ce . New York: Delmar Publisher.
2%

4

Minggu ke 4

Menggambarkan makna, ruang lingkup dan tujuan konten serta pendidikan sains dalam konten penyelidikan ilmiah anak usia dini (Scientific Inquiry)

Mahasiswa membuat laporan kajian konten dan pembelajaran tentang penyelidikan ilmiah pada anak usia dini

Kriteria:

0-100


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
ceramah, tanya jawab, dan diskusi
2 X 50
ceramah, tanya jawab, dan diskusi
2 X 50
Materi: Laporan tentang pembelajaran sains AUD berdasarkan kajian di lapangan
Pustaka: Hughes, Fergus P. 2010. Children, Play and Development . California: Sage Publications, Inc.

Materi: Menggambarkan makna, ruang lingkup dan tujuan konten serta pendidikan sains dalam konten penyelidikan ilmiah anak usia dini (Scientific Inquiry)
Pustaka: Charlesworth, Rosalind and Karen K. Lind. 1995. Math and Scien ce . New York: Delmar Publisher.
2%

5

Minggu ke 5

Menggambarkan makna, ruang lingkup, dan tujuan konten pendidikan sains dalam konten sains dan teknologi (Science and Technology)

Mahasiswa membuat laporan kajian konten makna, ruang lingkup, tujuan, serta pendidikan sains dalam konten sains dan teknologi (Science and Technology ) dan pembelajaran tentang sains dan teknologi (Science and Technology)

Kriteria:

0-100


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
ceramah, tanya jawab, dan diskusi
2 X 50
ceramah, tanya jawab, dan diskusi
2 X 50
Materi: Laporan mengenai konten pendidikan sains dan teknologi
Pustaka: Bennett., William, Chester E. Finn and John T.E. Cribb. 2007. The Educated C hild . New York: The Free Press.

Materi: Menggambarkan makna, ruang lingkup, dan tujuan konten pendidikan sains dalam konten sains dan teknologi (Science and Technology)
Pustaka: Charlesworth, Rosalind and Karen K. Lind. 1995. Math and Scien ce . New York: Delmar Publisher.
2%

6

Minggu ke 6

Menggambarkan makna, ruang lingkup dan tujuan konten serta pendidikan sains dalam konten sains mitigasi bencana

Mahasiswa mampu membuat laporan tentang pendidikan mitigasi bencana alam (banjir, gempa bumi, tanah longsor, dll)

Kriteria:

0-100

ceramah, tanya jawab, dan diskusi
2 X 50
ceramah, tanya jawab, dan diskusi
2 X 50
Materi: Pembelajaran berbasis mitigasi bencana alam
Pustaka: Dodge, Diane Trister., Laura J.Colker. 1999. The Creative Curricuum for Early Childhood . Washington DC: Teaching Strategies Inc.

Materi: Menggambarkan makna, ruang lingkup dan tujuan konten serta pendidikan sains dalam konten sains mitigasi bencana
Pustaka: Charlesworth, Rosalind and Karen K. Lind. 1995. Math and Scien ce . New York: Delmar Publisher.
2%

7

Minggu ke 7

Menggambarkan makna, ruang lingkup dan tujuan konten serta pendidikan sains dalam konten sains mitigasi bencana

Mahasiswa mampu membuat laporan tentang pendidikan mitigasi bencana alam (banjir, gempa bumi, tanah longsor, dll)

Kriteria:

0-100

Seminar, workshop, diskusi
2 X 50
Seminar, workshop, diskusi
2 X 50
Materi: Laporan mengenai pembelajaran berbasis mitigasi bencana alam
Pustaka: Dodge, Diane Trister., Laura J.Colker. 1999. The Creative Curricuum for Early Childhood . Washington DC: Teaching Strategies Inc.
2%

8

Minggu ke 8

Ujian Tengah Semester (UTS)

Mahasiswa dapat mengerjakan soal UTS

Kriteria:

0-100


Bentuk Penilaian :
Tes
Tes Tulis
2 X 50
Tes Tulis
2 X 50
Materi: Soal USS
Pustaka: Bentzen, Warren R. 2005. Seeing Young Children: A Guide to Observing and Recording Behavior. 5th edition . New York: Thomas Delmar Learning.
15%

9

Minggu ke 9

mahasiswa mengerti pembelajran sains untuk anak dini serta contohnya mencakup; sains biologi, fisika, ilmu bumi, ekologi, dsb.

1. mahasiswa mampu menganalisis kegiatan dan contoh kegiatan sains masuk ke kategori jenis sains yang mana

Kriteria:

1-100


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
ceramah, tanya jawab, dan diskusi
2 X 50
ceramah, tanya jawab, dan diskusi
2 X 50
Materi: mahasiswa mengetahui tentang batasan materi pembelajaran sains untuk anak usia dini
Pustaka: Charlesworth, Rosalind and Karen K. Lind. 1995. Math and Scien ce . New York: Delmar Publisher.

Materi: mahasiswa mengetahui tentang batasan materi pembelajaran sains untuk anak usia dini
Pustaka:
3%

10

Minggu ke 10

mahasiswa mengerti pembelajran sains untuk anak dini serta contohnya mencakup; sains biologi, fisika, ilmu bumi, ekologi, dsb.

1. mahasiswa mampu menganalisis kegiatan dan contoh kegiatan sains masuk ke kategori jenis sains yang mana

Kriteria:

1-100


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
ceramah, tanya jawab, diskusi, dan penugasan
2 X 50
ceramah, tanya jawab, diskusi, dan penugasan
2 X 50
Materi: mahasiswa mampu merancang kegiatan life science dan physical science
Pustaka: Charlesworth, Rosalind and Karen K. Lind. 1995. Math and Scien ce . New York: Delmar Publisher.
3%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu merancang , mengaplikasikan dan mengevaluasi suatu kegiatan sains untuk anak

1. kemampuan merancang kegiatan sains secara tahapan demi tahapan2. mampu mengevaluasi kegiatan sains yang telah dilakuakn

Kriteria:

0-100


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
ceramah, tanya jawab, diskusi, penugasan
2 X 50
ceramah, tanya jawab, diskusi, penugasan
2 X 50
Materi: Merancang kegiatan enviromental science earth space, nutrition and health
Pustaka: Matters Jackman, Hilda. 2009. Early Education Curriculum. A Child’s Connection to the World . Belmont: Delmar Cengage Learning.
10%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu membuat media pembelajaran terkait dengan rancangan pembelajaran sains yang dibuatnya

skor

Kriteria:

0-100

ceramah, tanya jawab, diskusi, dan penugasan
2 X 50
ceramah, tanya jawab, diskusi, dan penugasan
2 X 50
Materi: Mahasiswa mampu membuat media pembelajaran terkait dengan rancangan pembelajaran sains yang dibuatnya
Pustaka: Charlesworth, Rosalind and Karen K. Lind. 1995. Math and Scien ce . New York: Delmar Publisher.
10%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu membuat rubrik penilaian pembelajaran sains

skor

Kriteria:

0-100


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
ceramah, tanya jawab, diskusi, dan penugasan
2 X 50
ceramah, tanya jawab, diskusi, dan penugasan
2 X 50
Materi: Mahasiswa mampu membuat rubrik penilaian pembelajaran sains
Pustaka: Charlesworth, Rosalind and Karen K. Lind. 1995. Math and Scien ce . New York: Delmar Publisher.
10%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu mengaplikasikan hasil rancangan pembelajaran sains di lembaga PAUD

1. mengetahui perbedaan dan persamaan dari matematika dan sains

Kriteria:

0-100


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
ceramah, tanya jawab, diskusi, dan penugasan
2 X 50
ceramah, tanya jawab, diskusi, dan penugasan
2 X 50
Materi: mengaplikasikan hasil rancangan pembelajaran sains di lembaga PAUD
Pustaka: Charlesworth, Rosalind and Karen K. Lind. 1995. Math and Scien ce . New York: Delmar Publisher.
10%

15

Minggu ke 15

mahasiswa mampu menganalisis hasil penerapan rancangan pembelajaran sains di lembaga PAUD

skor

Kriteria:

0-100


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
ceramah, tanya jawab, diskusi, dan penugasan
2 X 50
ceramah, tanya jawab, diskusi, dan penugasan
2 X 50
Materi: menganalisis hasil penerapan rancangan pembelajaran sains di lembaga PAUD
Pustaka: Charlesworth, Rosalind and Karen K. Lind. 1995. Math and Scien ce . New York: Delmar Publisher.
10%

16

Minggu ke 16

UAS

skor

Kriteria:

0-100


Bentuk Penilaian :
Tes
UAS
2 X 50
UAS
2 X 50
Materi: UAS
Pustaka: Charlesworth, Rosalind and Karen K. Lind. 1995. Math and Scien ce . New York: Delmar Publisher.
15%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 40%
2. Praktik / Unjuk Kerja 16%
3. Tes 30%
86%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.