|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Pengembangan Pembelajaran Sains Anak Usia Dini |
8620702265 |
|
T=1 |
P=1 |
ECTS=3.18 |
4 |
26 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Dr. Kartika Rinakit Adhe, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu bertanggung jawab atas pekerjaannya selama mengikuti perkuliahan pembelajaran sains untuk anak usia dini secara jujur, mandiri, dan pantang menyerah dalam pengambilan keputusan yang tepat di bidang Pendidikan Anak Usia Dini yang beretika akademik
|
PO - 2 |
Mahasiswa mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam perkuliahan pembelajaran sains untuk anak usia dini
|
PO - 3 |
Mahasiswa menciptakan karya inovatif sesuai kebutuhan global dalam bidang anak usia dini
|
PO - 4 |
Mahasiswa mampu menganalisis konsep karya inovatif sesuai kebutuhan global dalam bidang anak usia dini
|
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Sains merupakan bidang yang dijadikan wahana untuk mengembangkan aspek perkembangan kognitif dan berbagai aspek perkembangan lainnya yang terkait dan kegiatan yang hidup dan berada dalam kehidupan sehari-hari. Sains dapat dipandang sebagai materi isi kegiatan pembelajaran pada lembaga pendidikan anak usia dini. Mata kuliah ini memberikan sejumlah kompetensi yang berkaitan dengan kemampuan mahasiswa memahami, menganalisis, menggunakan dan mengembangkan konsep teoritik tentang pendidikan sains pada anak usia dini. Selain itu, mahasiswa juga dapat mengelaborasi berbagai disain pembelajaran sains anak usia dini dengan menggunakan berbagai jenis serta proses bermain dalam berbagai konteks kehidupan yang nyata, bermakna dan menyenangkan. Strategi pembelajaran yang digunakan adalah metode ceramah, project based learning, Diskusi Grub, dan Simulasi. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Arthur, L., et al. 2001. Programming and Planning in Early Childhood Settings. 2nd ed . Harcourt Australia: Pty Limited.
- Bentzen, Warren R. 2005. Seeing Young Children: A Guide to Observing and Recording Behavior. 5th edition . New York: Thomas Delmar Learning.
- Eaty, Janice J. 2010. Observing Development of Young Child . New Jersey: Pearson Education, Inc.
- Bennett., William, Chester E. Finn and John T.E. Cribb. 2007. The Educated C hild . New York: The Free Press.
- Brewer, Jo An. 2007. Introduction to Early Childhood Education. Preschool through Primary Grade . Boston: Pearson Education, Inc.
- Charlesworth, Rosalind and Karen K. Lind. 1995. Math and Scien ce . New York: Delmar Publisher.
- Dodge, Diane Trister., Laura J.Colker. 1999. The Creative Curricuum for Early Childhood . Washington DC: Teaching Strategies Inc.
- Essa, Eva L. 2003. Introduction to Early Chldhood Education . New York: Thomson Delman Learning Inc.
- Hoorn, Etc. 2007. Play at the Center Curriculum . New Jersey: Pearson Merril Prentice Hall., Inc.
- Hughes, Fergus P. 2010. Children, Play and Development . California: Sage Publications, Inc.
- Hansen., Alice. 2011. Children’s Errors in Mathem atics . Cathedral Yard: Learning.
- Matters Jackman, Hilda. 2009. Early Education Curriculum. A Child’s Connection to the World . Belmont: Delmar Cengage Learning.
- Morrison, George S. 2011. Early Childhood Curriculum Today . Boston: Pearson Educational International.
- Warner, Laverne, and Sower, Judith. 2005. Educating Young Children: from Preschool through Primary Grade . Boston: Pearson Education, Inc.
- Puckett, M.B., Diffily, D. 2004. Teaching Young Children. An Introduction to The Early Childhood Profession. 2nd ed . Canada: Thomson Learning Inc.
- O’connor, G., Fragkiadaki, G., Fleer, M., & Rai, P. (2021). Early childhood science education from 0 to 6: A literature review. Education sciences, 11(4), 178.
- Campbell, C., & Howitt, C. (Eds.). (2023). Science in early childhood. Cambridge University Press.
|
Pendukung : |
|
- Camilla, A., & Ningrum, M. A. (2023). Pengembangan Mibeba Games (Mitigasi Bencana Banjir) untuk Menstimulasi Keterampilan Berkomunikasi Anak Usia 5-6 Tahun. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 9(2), 276-289.
- Ningrum, M. A., Adhe, K. R., & Widayanti, M. D. (2023). Pengembangan Buku Ajar Tema Peduli Lingkungan untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Anak Usia 5-6 Tahun: Development of Environmental Care Theme Textbooks to Improve Creative Thinking Skills for Children Aged 5-6 Years. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 5(2), 347-361.
- Fatmawati, D., & Ningrum, M. A. (2019). Pengaruh Metode Eksperimen terhadap Kemampuan Sains Mengenal Benda Cair pada Anak Kelompok B TK Hidayatullah Lidah Kulon 1/58 Surabaya. Paud Teratai, 8 (3), 1–5. Paud Teratai.
- Palapessy, X., Ningrum, M. A., Adhe, K. R., & Widayanti, M. D. (2023). Analisis Project Based Learning (PjBL) Untuk Kemampuan Berpikir Kreatif Anak Usia 5-6 Tahun. PENDIPA Journal of Science Education, 7(3), 431-438.
- Laili, R., & Ningrum, M. A. (2023). Survei Program Kegiatan Mitigasi Bencana di Lembaga PAUD. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2), 2429-2436.
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mendeskripsikan urgensi pendidikan sains |
skor |
Kriteria:
0-100 Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, tanya jawab, dan diskusi 2 X 50 |
Ceramah, tanya jawab, dan diskusi 2 X 50 |
Materi: Urgensi pendidikan sains Pustaka: Warner, Laverne, and Sower, Judith. 2005. Educating Young Children: from Preschool through Primary Grade . Boston: Pearson Education, Inc. |
2% |
2
Minggu ke 2 |
Menganalisis makna, tujuan, fungsi pendidikan sains untuk AUD |
Mahasiswa dapat membuat peta konsep makna, tujuan dan fungsi pendidikan sains AUD |
Kriteria:
0-100 Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
ceramah, tanya jawab, dan diskusi 2 X 50 |
ceramah, tanya jawab, dan diskusi 2 X 50 |
Materi: makna, tujuan, fungsi pendidikan sains untuk AUD Pustaka: Charlesworth, Rosalind and Karen K. Lind. 1995. Math and Scien ce . New York: Delmar Publisher. |
2% |
3
Minggu ke 3 |
Menganalisis prinsip umum dalam pembelajaran sains AUD |
Mahasiswa mampu membuat peta konsep prinsip umum dalam pembelajaran sains AUD |
Kriteria:
0-100 Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
ceramah, tanya jawab, dan diskusi 2 X 50 |
ceramah, tanya jawab, dan diskusi 2 X 50 |
Materi: Menganalisis prinsip umum dalam pembelajaran sains AUD Pustaka: Charlesworth, Rosalind and Karen K. Lind. 1995. Math and Scien ce . New York: Delmar Publisher. |
2% |
4
Minggu ke 4 |
Menggambarkan makna, ruang lingkup dan tujuan konten serta pendidikan sains dalam konten penyelidikan ilmiah anak usia dini (Scientific Inquiry) |
Mahasiswa membuat laporan kajian konten dan pembelajaran tentang penyelidikan ilmiah pada anak usia dini |
Kriteria:
0-100 Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
ceramah, tanya jawab, dan diskusi 2 X 50 |
ceramah, tanya jawab, dan diskusi 2 X 50 |
Materi: Laporan tentang pembelajaran sains AUD berdasarkan kajian di lapangan Pustaka: Hughes, Fergus P. 2010. Children, Play and Development . California: Sage Publications, Inc. Materi: Menggambarkan makna, ruang lingkup dan tujuan konten serta pendidikan sains dalam konten penyelidikan ilmiah anak usia dini (Scientific Inquiry) Pustaka: Charlesworth, Rosalind and Karen K. Lind. 1995. Math and Scien ce . New York: Delmar Publisher. |
2% |
5
Minggu ke 5 |
Menggambarkan makna, ruang lingkup, dan tujuan konten pendidikan sains dalam konten sains dan teknologi (Science and Technology) |
Mahasiswa membuat laporan kajian konten makna, ruang lingkup, tujuan, serta pendidikan sains dalam konten sains dan teknologi (Science and Technology ) dan pembelajaran tentang sains dan teknologi (Science and Technology) |
Kriteria:
0-100 Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
ceramah, tanya jawab, dan diskusi 2 X 50 |
ceramah, tanya jawab, dan diskusi 2 X 50 |
Materi: Laporan mengenai konten pendidikan sains dan teknologi Pustaka: Bennett., William, Chester E. Finn and John T.E. Cribb. 2007. The Educated C hild . New York: The Free Press. Materi: Menggambarkan makna, ruang lingkup, dan tujuan konten pendidikan sains dalam konten sains dan teknologi (Science and Technology) Pustaka: Charlesworth, Rosalind and Karen K. Lind. 1995. Math and Scien ce . New York: Delmar Publisher. |
2% |
6
Minggu ke 6 |
Menggambarkan makna, ruang lingkup dan tujuan konten serta pendidikan sains dalam konten sains mitigasi bencana |
Mahasiswa mampu membuat laporan tentang pendidikan mitigasi bencana alam (banjir, gempa bumi, tanah longsor, dll) |
Kriteria:
0-100 |
ceramah, tanya jawab, dan diskusi 2 X 50 |
ceramah, tanya jawab, dan diskusi 2 X 50 |
Materi: Pembelajaran berbasis mitigasi bencana alam Pustaka: Dodge, Diane Trister., Laura J.Colker. 1999. The Creative Curricuum for Early Childhood . Washington DC: Teaching Strategies Inc. Materi: Menggambarkan makna, ruang lingkup dan tujuan konten serta pendidikan sains dalam konten sains mitigasi bencana Pustaka: Charlesworth, Rosalind and Karen K. Lind. 1995. Math and Scien ce . New York: Delmar Publisher. |
2% |
7
Minggu ke 7 |
Menggambarkan makna, ruang lingkup dan tujuan konten serta pendidikan sains dalam konten sains mitigasi bencana |
Mahasiswa mampu membuat laporan tentang pendidikan mitigasi bencana alam (banjir, gempa bumi, tanah longsor, dll) |
Kriteria:
0-100 |
Seminar, workshop, diskusi 2 X 50 |
Seminar, workshop, diskusi 2 X 50 |
Materi: Laporan mengenai pembelajaran berbasis mitigasi bencana alam Pustaka: Dodge, Diane Trister., Laura J.Colker. 1999. The Creative Curricuum for Early Childhood . Washington DC: Teaching Strategies Inc. |
2% |
8
Minggu ke 8 |
Ujian Tengah Semester (UTS) |
Mahasiswa dapat mengerjakan soal UTS |
Kriteria:
0-100 Bentuk Penilaian : Tes |
Tes Tulis 2 X 50 |
Tes Tulis 2 X 50 |
Materi: Soal USS Pustaka: Bentzen, Warren R. 2005. Seeing Young Children: A Guide to Observing and Recording Behavior. 5th edition . New York: Thomas Delmar Learning. |
15% |
9
Minggu ke 9 |
mahasiswa mengerti pembelajran sains untuk anak dini serta contohnya mencakup; sains biologi, fisika, ilmu bumi, ekologi, dsb. |
1. mahasiswa mampu menganalisis kegiatan dan contoh kegiatan sains masuk ke kategori jenis sains yang mana |
Kriteria:
1-100 Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
ceramah, tanya jawab, dan diskusi 2 X 50 |
ceramah, tanya jawab, dan diskusi 2 X 50 |
Materi: mahasiswa mengetahui tentang batasan materi pembelajaran sains untuk anak usia dini Pustaka: Charlesworth, Rosalind and Karen K. Lind. 1995. Math and Scien ce . New York: Delmar Publisher. Materi: mahasiswa mengetahui tentang batasan materi pembelajaran sains untuk anak usia dini Pustaka: |
3% |
10
Minggu ke 10 |
mahasiswa mengerti pembelajran sains untuk anak dini serta contohnya mencakup; sains biologi, fisika, ilmu bumi, ekologi, dsb. |
1. mahasiswa mampu menganalisis kegiatan dan contoh kegiatan sains masuk ke kategori jenis sains yang mana |
Kriteria:
1-100 Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
ceramah, tanya jawab, diskusi, dan penugasan 2 X 50 |
ceramah, tanya jawab, diskusi, dan penugasan 2 X 50 |
Materi: mahasiswa mampu merancang kegiatan life science dan physical science Pustaka: Charlesworth, Rosalind and Karen K. Lind. 1995. Math and Scien ce . New York: Delmar Publisher. |
3% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu merancang , mengaplikasikan dan mengevaluasi suatu kegiatan sains untuk anak |
1. kemampuan merancang kegiatan sains secara tahapan demi tahapan2. mampu mengevaluasi kegiatan sains yang telah dilakuakn |
Kriteria:
0-100 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
ceramah, tanya jawab, diskusi, penugasan 2 X 50 |
ceramah, tanya jawab, diskusi, penugasan 2 X 50 |
Materi: Merancang kegiatan enviromental science earth space, nutrition and health Pustaka: Matters Jackman, Hilda. 2009. Early Education Curriculum. A Child’s Connection to the World . Belmont: Delmar Cengage Learning. |
10% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu membuat media pembelajaran terkait dengan rancangan pembelajaran sains yang dibuatnya |
skor |
Kriteria:
0-100 |
ceramah, tanya jawab, diskusi, dan penugasan 2 X 50 |
ceramah, tanya jawab, diskusi, dan penugasan 2 X 50 |
Materi: Mahasiswa mampu membuat media pembelajaran terkait dengan rancangan pembelajaran sains yang dibuatnya Pustaka: Charlesworth, Rosalind and Karen K. Lind. 1995. Math and Scien ce . New York: Delmar Publisher. |
10% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu membuat rubrik penilaian pembelajaran sains |
skor |
Kriteria:
0-100 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
ceramah, tanya jawab, diskusi, dan penugasan 2 X 50 |
ceramah, tanya jawab, diskusi, dan penugasan 2 X 50 |
Materi: Mahasiswa mampu membuat rubrik penilaian pembelajaran sains Pustaka: Charlesworth, Rosalind and Karen K. Lind. 1995. Math and Scien ce . New York: Delmar Publisher. |
10% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu mengaplikasikan hasil rancangan pembelajaran sains di lembaga PAUD |
1. mengetahui perbedaan dan persamaan dari matematika dan sains |
Kriteria:
0-100 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
ceramah, tanya jawab, diskusi, dan penugasan 2 X 50 |
ceramah, tanya jawab, diskusi, dan penugasan 2 X 50 |
Materi: mengaplikasikan hasil rancangan pembelajaran sains di lembaga PAUD Pustaka: Charlesworth, Rosalind and Karen K. Lind. 1995. Math and Scien ce . New York: Delmar Publisher. |
10% |
15
Minggu ke 15 |
mahasiswa mampu menganalisis hasil penerapan rancangan pembelajaran sains di lembaga PAUD |
skor |
Kriteria:
0-100 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
ceramah, tanya jawab, diskusi, dan penugasan 2 X 50 |
ceramah, tanya jawab, diskusi, dan penugasan 2 X 50 |
Materi: menganalisis hasil penerapan rancangan pembelajaran sains di lembaga PAUD Pustaka: Charlesworth, Rosalind and Karen K. Lind. 1995. Math and Scien ce . New York: Delmar Publisher. |
10% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
skor |
Kriteria:
0-100 Bentuk Penilaian : Tes |
UAS 2 X 50 |
UAS 2 X 50 |
Materi: UAS Pustaka: Charlesworth, Rosalind and Karen K. Lind. 1995. Math and Scien ce . New York: Delmar Publisher. |
15% |