
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Sistem Informasi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Statistika dan Probabilitas |
5720102148 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
3 |
22 Februari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
I Kadek Dwi Nuryana, S.T., M.Kom. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-5 |
Mampu mengaplikasikan keahlian, teknik, dan alat terkini pada bidang teknologi informasi, serta merumuskan deskripsi hasil kajian dalam bentuk dokumen |
PLO-6 |
Mampu mengambil keputusan secara tepat baik mandiri maupun kelompok, bertanggung jawab dan sesuai etik dalam konteks penyelesaian masalah berdasarkan hasil analisis informasi dan data serta mengkomunikasikannya secara efektif |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu memahami Konsep Statistika
|
PO - 2 |
Mampu memahami Teori Probabilitas
|
PO - 3 |
Mampu Memahami Variabel Random
|
PO - 4 |
Mampu Memahami Konsep Ekspektasi Matematika
|
PO - 5 |
Mampu Memahami Fungsi Distribusi Variabel Random Diskrit
|
PO - 6 |
Mampu Memahami Fungsi Distribusi Variabel Random Kontinu
|
PO - 7 |
Mampu Memahami Fungsi Distribusi Sampel
|
PO - 8 |
Mampu Memahami Konsep Estimasi Parameter dan Pengujian Hipotesis
|
PO - 9 |
Mampu Melakukan Pengujian Perbedaan Mean/Varians Dua Sampel atau Lebih
|
PO - 10 |
Mampu Melakukan Analisis Regresi Linier Sederhana
|
PO - 11 |
Mampu Melakukan Analisis Regresi Linier Berganda
|
PO - 12 |
Mampu Memahami Konsep Analisis Faktor Eksplanatori
|
PO - 13 |
Mampu Memahami Konsep Analisis Faktor Konfirmatori
|
PO - 14 |
Mampu Memahami Konsep Statistika Non-Parametrik
|
PO - 15 |
Mampu Memahami Konsep Teknik Sampling
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-5 | PLO-6 | PO-1 | ✔ | | PO-2 | ✔ | | PO-3 | ✔ | | PO-4 | ✔ | | PO-5 | ✔ | | PO-6 | ✔ | | PO-7 | ✔ | | PO-8 | ✔ | | PO-9 | ✔ | | PO-10 | ✔ | | PO-11 | ✔ | | PO-12 | | ✔ | PO-13 | | ✔ | PO-14 | | ✔ | PO-15 | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | ✔ | PO-2 | | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | ✔ | | | | | | | | | | | | PO-6 | | | | | | ✔ | | | | | | | | | | | PO-7 | | | | | | | ✔ | | | | | | | | | | PO-8 | | | | | | | | ✔ | | | | | | | | | PO-9 | | | | | | | | | ✔ | | | | | | | | PO-10 | | | | | | | | | | ✔ | | | | | | | PO-11 | | | | | | | | | | | ✔ | | | | | | PO-12 | | | | | | | | | | | | ✔ | | | | | PO-13 | | | | | | | | | | | | | ✔ | | | | PO-14 | | | | | | | | | | | | | | ✔ | | | PO-15 | | | | | | | | | | | | | | | ✔ | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini membahas tentang dasar-dasar teori statistika dan probabilitas yang digunakan untuk menganalisis data dan fenomena acak. Mata kuliah ini sangat penting bagi mahasiswa yang ingin menguasai cara mengolah data, membuat keputusan berdasarkan data, dan memahami peristiwa acak dalam berbagai bidang, seperti ekonomi, bisnis, teknik, ilmu sosial, dan sains. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Walpole, R E, Myers, R H., Myers, S L. and Keying, E Y. 2016. Probability and Statistics for Engineers and Scientists. Global Edition. Pearson Higher Ed.
- Ross, S M. 2020. Introduction to probability and statistics for engineers and scientists. Academic press.
- Sudaryono, Statistika Probabilitas 13 Teori & Aplikasi, Andi, 2012
- Johnson, James L, Probability and Statistics for computer science, wiley interscience, English, 2011
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Wiyli Yustanti, S.Si., M.Kom. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mengetahui maksud dan tujuan statistika dan probabilitas |
Mahasiswa mengetahui maksud dan tujuan statistika dan probabilitas |
Kriteria:
- Kriteria penilaian dilakukan dengan melihat aspek:
- Partisipasi: dilakukan dengan melakukan pengamatan terhadap aktivitas mahasiswa (bobot 2)
- UTS: dilakukan dengan asesmen selama pertengahan semester (bobot 2)
- UAS: dilakukan pada setiap semester untuk mengukur semua indikator (bobot 3)
- Tugas: dilakukan pada setiap indikator (bobot 3)
- Nilai Akhir Mahasiswa:
- Nilai Partisipasi (2) x Nilai Tugas (3) x Nilai UTS (2) x Nilai UAS (3) dibagi 10.
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Ceramah dan Tanya jawab 2 X 50 |
|
Materi: Pengenalan mata kuliah dan ruang lingkupnya. Definisi probabilitas dan ruang sampel. Jenis peristiwa dan operasi pada peristiwa (gabungan, irisan, komplemen). Hukum-hukum dasar probabilitas: hukum penjumlahan dan perkalian. Pustaka: Ross, S M. 2020. Introduction to probability and statistics for engineers and scientists. Academic press. |
2% |
2
Minggu ke 2 |
Memahami dan menjelaskan konsep probabilitas Memahami dan mengoperasikan rumus-rumus probabilitas |
Mahasiswa memahami dan mampu menjelaskan konsep probabilitas Mahasiswa memahami dan mengoperasikan rumus-rumus probabilitas |
Kriteria:
- Kriteria penilaian dilakukan dengan melihat aspek:
- Partisipasi: dilakukan dengan melakukan pengamatan terhadap aktivitas mahasiswa (bobot 2)
- UTS: dilakukan dengan asesmen selama pertengahan semester (bobot 2)
- UAS: dilakukan pada setiap semester untuk mengukur semua indikator (bobot 3)
- Tugas: dilakukan pada setiap indikator (bobot 3)
- Nilai Akhir Mahasiswa:
- Nilai Partisipasi (2) x Nilai Tugas (3) x Nilai UTS (2) x Nilai UAS (3) dibagi 10.
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Ceramah dan Tanya jawab 2 X 50 |
|
Materi: Probabilitas Kondisional dan Independen Pustaka: Sudaryono, Statistika Probabilitas 13 Teori & Aplikasi, Andi, 2012 |
2% |
3
Minggu ke 3 |
Memahami dan menjelaskan konsep variabel random sebuah kejadian |
Mahasiswa memahami dan mampu menjelaskan konsep probabilitas |
Kriteria:
- Kriteria penilaian dilakukan dengan melihat aspek:
- Partisipasi: dilakukan dengan melakukan pengamatan terhadap aktivitas mahasiswa (bobot 2)
- UTS: dilakukan dengan asesmen selama pertengahan semester (bobot 2)
- UAS: dilakukan pada setiap semester untuk mengukur semua indikator (bobot 3)
- Tugas: dilakukan pada setiap indikator (bobot 3)
- Nilai Akhir Mahasiswa:
- Nilai Partisipasi (2) x Nilai Tugas (3) x Nilai UTS (2) x Nilai UAS (3) dibagi 10.
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Ceramah dan Tanya jawab 2 X 50 |
|
Materi: Fungsi distribusi probabilitas (probabilitas massa dan fungsi distribusi kumulatif). Pustaka: Walpole, R E, Myers, R H., Myers, S L. and Keying, E Y. 2016. Probability and Statistics for Engineers and Scientists. Global Edition. Pearson Higher Ed. Materi: Distribusi diskrit: Binomial, Poisson. Distribusi kontinu: Normal, Eksponensial. Pustaka: Ross, S M. 2020. Introduction to probability and statistics for engineers and scientists. Academic press. |
2% |
4
Minggu ke 4 |
Memahami dan menjelaskan kaidah pencacahan Memahami dan menjelaskan bilangan faktorial, permutasi dan kombinasi |
Mahasiswa memahami dan mampu menjelaskan kaidah pencacahan Mahasiswa memahami dan mampu menjelaskan bilangan faktorial, permutasi dan kombinasi |
Kriteria:
- Kriteria penilaian dilakukan dengan melihat aspek:
- Partisipasi: dilakukan dengan melakukan pengamatan terhadap aktivitas mahasiswa (bobot 2)
- UTS: dilakukan dengan asesmen selama pertengahan semester (bobot 2)
- UAS: dilakukan pada setiap semester untuk mengukur semua indikator (bobot 3)
- Tugas: dilakukan pada setiap indikator (bobot 3)
- Nilai Akhir Mahasiswa:
- Nilai Partisipasi (2) x Nilai Tugas (3) x Nilai UTS (2) x Nilai UAS (3) dibagi 10.
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Ceramah dan Tanya jawab 2 X 50 |
|
Materi: Definisi dan rumus ekspektasi (rata-rata) dan varians. Pustaka: Walpole, R E, Myers, R H., Myers, S L. and Keying, E Y. 2016. Probability and Statistics for Engineers and Scientists. Global Edition. Pearson Higher Ed. Materi: Properti ekspektasi dan varians. Pustaka: Johnson, James L, Probability and Statistics for computer science, wiley interscience, English, 2011 |
4% |
5
Minggu ke 5 |
Memahami dan mengoperasikan rumus-rumus distribusi seragam, binomial dan multinomial |
Mahasiswa memahami dan mampu mengoperasikan rumus-rumus distribusi seragam, binomial dan multinomial |
Kriteria:
- Kriteria penilaian dilakukan dengan melihat aspek:
- Partisipasi: dilakukan dengan melakukan pengamatan terhadap aktivitas mahasiswa (bobot 2)
- UTS: dilakukan dengan asesmen selama pertengahan semester (bobot 2)
- UAS: dilakukan pada setiap semester untuk mengukur semua indikator (bobot 3)
- Tugas: dilakukan pada setiap indikator (bobot 3)
- Nilai Akhir Mahasiswa:
- Nilai Partisipasi (2) x Nilai Tugas (3) x Nilai UTS (2) x Nilai UAS (3) dibagi 10.
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Ceramah dan Tanya jawab 2 X 50 |
|
Materi: Teorema limit pusat (Central Limit Theorem). Pustaka: Johnson, James L, Probability and Statistics for computer science, wiley interscience, English, 2011 Materi: Konsep distribusi sampling. Distribusi rata-rata sampel dan aplikasi dalam estimasi parameter. Pustaka: Sudaryono, Statistika Probabilitas 13 Teori & Aplikasi, Andi, 2012 |
4% |
6
Minggu ke 6 |
Memahami dan menjelaskan distribusi teoritis |
Mahasiswa memahami dan mampu menjelaskan distribusi teoritis |
Kriteria:
- Kriteria penilaian dilakukan dengan melihat aspek:
- Partisipasi: dilakukan dengan melakukan pengamatan terhadap aktivitas mahasiswa (bobot 2)
- UTS: dilakukan dengan asesmen selama pertengahan semester (bobot 2)
- UAS: dilakukan pada setiap semester untuk mengukur semua indikator (bobot 3)
- Tugas: dilakukan pada setiap indikator (bobot 3)
- Nilai Akhir Mahasiswa:
- Nilai Partisipasi (2) x Nilai Tugas (3) x Nilai UTS (2) x Nilai UAS (3) dibagi 10.
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Ceramah dan Tanya jawab 2 X 50 |
|
Materi: Ukuran pemusatan: mean, median, dan modus. Ukuran penyebaran: range, deviasi standar, varians, dan koefisien variasi. Penyajian data dalam bentuk tabel dan grafik. Pustaka: Ross, S M. 2020. Introduction to probability and statistics for engineers and scientists. Academic press. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
- Memahami dan menjelaskan distribusi teoritis
- Memahami dan mengoperasikan rumus-rumus distribusi seragam, binomial dan multinomial
|
- Mahasiswa memahami dan mampu menjelaskan distribusi teoritis
- Mahasiswa memahami dan mampu mengoperasikan rumus-rumus distribusi seragam, binomial dan multinomial
|
Kriteria:
- Kriteria penilaian dilakukan dengan melihat aspek:
- Partisipasi: dilakukan dengan melakukan pengamatan terhadap aktivitas mahasiswa (bobot 2)
- UTS: dilakukan dengan asesmen selama pertengahan semester (bobot 2)
- UAS: dilakukan pada setiap semester untuk mengukur semua indikator (bobot 3)
- Tugas: dilakukan pada setiap indikator (bobot 3)
- Nilai Akhir Mahasiswa:
- Nilai Partisipasi (2) x Nilai Tugas (3) x Nilai UTS (2) x Nilai UAS (3) dibagi 10.
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Ceramah dan Tanya jawab 2 X 50 |
|
Materi: Karakteristik distribusi normal. Penggunaan tabel distribusi normal standar. Penerapan distribusi normal dalam inferensial dan estimasi. Pustaka: Johnson, James L, Probability and Statistics for computer science, wiley interscience, English, 2011 |
3% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
UTS |
Kriteria:
- Kriteria penilaian dilakukan dengan melihat aspek:
- Partisipasi: dilakukan dengan melakukan pengamatan terhadap aktivitas mahasiswa (bobot 2)
- UTS: dilakukan dengan asesmen selama pertengahan semester (bobot 2)
- UAS: dilakukan pada setiap semester untuk mengukur semua indikator (bobot 3)
- Tugas: dilakukan pada setiap indikator (bobot 3)
- Nilai Akhir Mahasiswa:
- Nilai Partisipasi (2) x Nilai Tugas (3) x Nilai UTS (2) x Nilai UAS (3) dibagi 10.
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
UTS 2 X 50 |
|
Materi: UTS Pustaka: |
20% |
9
Minggu ke 9 |
- Memahami dan menjelaskan distribusi normal
- Menjelaskan sifat-sifat distribusi normal Memahami penggunaan kurva normal standar
|
- Mahasiswa memahami dan menjelaskan distribusi normal
- Mahasiswa menjelaskan sifat-sifat distribusi normal Mahasiswa memahami penggunaan kurva normal standar
|
Kriteria:
- Kriteria penilaian dilakukan dengan melihat aspek:
- Partisipasi: dilakukan dengan melakukan pengamatan terhadap aktivitas mahasiswa (bobot 2)
- UTS: dilakukan dengan asesmen selama pertengahan semester (bobot 2)
- UAS: dilakukan pada setiap semester untuk mengukur semua indikator (bobot 3)
- Tugas: dilakukan pada setiap indikator (bobot 3)
- Nilai Akhir Mahasiswa:
- Nilai Partisipasi (2) x Nilai Tugas (3) x Nilai UTS (2) x Nilai UAS (3) dibagi 10.
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, Tanya jawab dan Problem Based Learning 2 X 50 |
|
Materi: Estimasi titik dan interval untuk rata-rata dan proporsi. Penggunaan distribusi normal dan t-student dalam estimasi. Pustaka: Sudaryono, Statistika Probabilitas 13 Teori & Aplikasi, Andi, 2012 |
3% |
10
Minggu ke 10 |
- Memahami dan menjelaskan konsep analisis regresi linier sederhana
- Menerapkan teknik regresi sederhana menggunakan perangkat lunak statistik untuk analisis bisnis
|
- Mahasiswa memahami dan menjelaskan konsep analisis regresi linier sederhana
- Mahasiswa mampu menerapkan teknik regresi sederhana menggunakan perangkat lunak statistik untuk analisis bisnis
|
Kriteria:
- Kriteria penilaian dilakukan dengan melihat aspek:
- Partisipasi: dilakukan dengan melakukan pengamatan terhadap aktivitas mahasiswa (bobot 2)
- UTS: dilakukan dengan asesmen selama pertengahan semester (bobot 2)
- UAS: dilakukan pada setiap semester untuk mengukur semua indikator (bobot 3)
- Tugas: dilakukan pada setiap indikator (bobot 3)
- Nilai Akhir Mahasiswa:
- Nilai Partisipasi (2) x Nilai Tugas (3) x Nilai UTS (2) x Nilai UAS (3) dibagi 10.
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Tanya jawab dan Problem Based Learning 2 X 50 |
|
Materi: Konsep uji hipotesis: hipotesis nol dan hipotesis alternatif. Uji z dan uji t untuk satu sampel. Pustaka: Johnson, James L, Probability and Statistics for computer science, wiley interscience, English, 2011 |
5% |
11
Minggu ke 11 |
- Memahami dan menjelaskan konsep analisis regresi linier berganda
- Menerapkan teknik regresi berganda menggunakan perangkat lunak statistik untuk analisis bisnis
|
- Mahasiswa memahami dan menjelaskan konsep analisis regresi linier berganda
- Mahasiswa mampu menerapkan teknik regresi berganda menggunakan perangkat lunak statistik untuk analisis bisnis
|
Kriteria:
- Kriteria penilaian dilakukan dengan melihat aspek:
- Partisipasi: dilakukan dengan melakukan pengamatan terhadap aktivitas mahasiswa (bobot 2)
- UTS: dilakukan dengan asesmen selama pertengahan semester (bobot 2)
- UAS: dilakukan pada setiap semester untuk mengukur semua indikator (bobot 3)
- Tugas: dilakukan pada setiap indikator (bobot 3)
- Nilai Akhir Mahasiswa:
- Nilai Partisipasi (2) x Nilai Tugas (3) x Nilai UTS (2) x Nilai UAS (3) dibagi 10.
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Tanya jawab dan Problem Based Learning 2 X 50 |
|
Materi: Uji hipotesis untuk perbedaan rata-rata dua sampel independen. Uji t untuk dua sampel dan analisis varians. Pustaka: Johnson, James L, Probability and Statistics for computer science, wiley interscience, English, 2011 |
5% |
12
Minggu ke 12 |
- Memahami dan menjelaskan analisis faktor eksplanatori
- Memahami dan menjelaskan jenis-jenis sampling
|
- Mahasiswa memahami dan menjelaskan konsep faktor eksplanatori
- Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan jenis-jenis sampling
|
Kriteria:
- Kriteria penilaian dilakukan dengan melihat aspek:
- Partisipasi: dilakukan dengan melakukan pengamatan terhadap aktivitas mahasiswa (bobot 2)
- UTS: dilakukan dengan asesmen selama pertengahan semester (bobot 2)
- UAS: dilakukan pada setiap semester untuk mengukur semua indikator (bobot 3)
- Tugas: dilakukan pada setiap indikator (bobot 3)
- Nilai Akhir Mahasiswa:
- Nilai Partisipasi (2) x Nilai Tugas (3) x Nilai UTS (2) x Nilai UAS (3) dibagi 10.
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum |
Ceramah, Tanya jawab dan Problem Based Learning 2 X 50 |
|
Materi: Estimasi parameter regresi (slope dan intercept). Pustaka: Walpole, R E, Myers, R H., Myers, S L. and Keying, E Y. 2016. Probability and Statistics for Engineers and Scientists. Global Edition. Pearson Higher Ed. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
- Memahami dan menjelaskan konsep analisis faktor konfirmatori
- Menerapkan teknik CFA menggunakan perangkat lunak statistik untuk validasi model dalam bisnis
|
- Mahasiswa memahami dan menjelaskan konsep pendugaan parameter
- Mahasiswa memahami dan menjelaskan kriteria penduga yang baik
|
Kriteria:
- Kriteria penilaian dilakukan dengan melihat aspek:
- Partisipasi: dilakukan dengan melakukan pengamatan terhadap aktivitas mahasiswa (bobot 2)
- UTS: dilakukan dengan asesmen selama pertengahan semester (bobot 2)
- UAS: dilakukan pada setiap semester untuk mengukur semua indikator (bobot 3)
- Tugas: dilakukan pada setiap indikator (bobot 3)
- Nilai Akhir Mahasiswa:
- Nilai Partisipasi (2) x Nilai Tugas (3) x Nilai UTS (2) x Nilai UAS (3) dibagi 10.
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, Tanya jawab dan Problem Based Learning 2 X 50 |
|
Materi: Interpretasi model regresi berganda dan pengujian model. Pustaka: Sudaryono, Statistika Probabilitas 13 Teori & Aplikasi, Andi, 2012 |
5% |
14
Minggu ke 14 |
- Memahami dan menjelaskan hipotesis dan hipotesis penelitian
- Memahami dan mengoperasikan rumus-rumus berbagai pengujian hipotesis
- Memahami dan menjelaskan berbagai jenis kesalahan
|
- Mahasiswa memahami dan mampu menjelaskan hipotesis dan hipotesis penelitian
- Mahasiswa memahami dan mampu mengoperasikan rumus-rumus berbagai pengujian hipotesis
- Mahasiswa memahami dan mampu menjelaskan berbagai jenis kesalahan
|
Kriteria:
- Kriteria penilaian dilakukan dengan melihat aspek:
- Partisipasi: dilakukan dengan melakukan pengamatan terhadap aktivitas mahasiswa (bobot 2)
- UTS: dilakukan dengan asesmen selama pertengahan semester (bobot 2)
- UAS: dilakukan pada setiap semester untuk mengukur semua indikator (bobot 3)
- Tugas: dilakukan pada setiap indikator (bobot 3)
- Nilai Akhir Mahasiswa:
- Nilai Partisipasi (2) x Nilai Tugas (3) x Nilai UTS (2) x Nilai UAS (3) dibagi 10.
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Tanya jawab dan Problem Based Learning 2 X 50 |
|
Materi: Interpretasi model regresi berganda dan pengujian model. Pustaka: Sudaryono, Statistika Probabilitas 13 Teori & Aplikasi, Andi, 2012 Materi: Konsep analisis varians (ANOVA) untuk perbandingan lebih dari dua kelompok. Pustaka: Ross, S M. 2020. Introduction to probability and statistics for engineers and scientists. Academic press. |
2% |
15
Minggu ke 15 |
Memahami dan menjelaskan metode sampling |
Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan mengenai metode sampling |
Kriteria:
- Kriteria penilaian dilakukan dengan melihat aspek:
- Partisipasi: dilakukan dengan melakukan pengamatan terhadap aktivitas mahasiswa (bobot 2)
- UTS: dilakukan dengan asesmen selama pertengahan semester (bobot 2)
- UAS: dilakukan pada setiap semester untuk mengukur semua indikator (bobot 3)
- Tugas: dilakukan pada setiap indikator (bobot 3)
- Nilai Akhir Mahasiswa:
- Nilai Partisipasi (2) x Nilai Tugas (3) x Nilai UTS (2) x Nilai UAS (3) dibagi 10.
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Ceramah, Tanya jawab dan Problem Based Learning 2 X 50 |
|
Materi: Studi kasus aplikatif menggunakan probabilitas dan statistika. Pustaka: Johnson, James L, Probability and Statistics for computer science, wiley interscience, English, 2011 Materi: Penggunaan perangkat lunak statistik (misalnya SPSS, Excel, atau R) untuk analisis data. Pustaka: Ross, S M. 2020. Introduction to probability and statistics for engineers and scientists. Academic press. |
2% |
16
Minggu ke 16 |
Memahami dan menjelaskan metode sampling |
Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan mengenai metode sampling |
Kriteria:
- Kriteria penilaian dilakukan dengan melihat aspek:
- Partisipasi: dilakukan dengan melakukan pengamatan terhadap aktivitas mahasiswa (bobot 2)
- UTS: dilakukan dengan asesmen selama pertengahan semester (bobot 2)
- UAS: dilakukan pada setiap semester untuk mengukur semua indikator (bobot 3)
- Tugas: dilakukan pada setiap indikator (bobot 3)
- Nilai Akhir Mahasiswa:
- Nilai Partisipasi (2) x Nilai Tugas (3) x Nilai UTS (2) x Nilai UAS (3) dibagi 10.
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
UAS 2 X 50 |
|
Materi: UAS Pustaka: |
30% |