Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Vokasi
Program Studi D4 Kepelatihan Olahraga

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Evaluasi latihan kebugaran Olahraga

8520602072

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=0

P=1

ECTS=1.59

5

1 Agustus 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Rizky Muhammad Sidik, S.Pd., M.Ed.




.......................................




Dr. Kunjung Ashadi, S.Pd., M.Fis., AIFO.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-5

Mampu menganalisis kebutuhan fisik secara personal, sesuai tuntutan cabang olahraga, maupun olahraga disabilitas berdasar aspek anatomi, fisiologi, biomekanik, dan keterampilan motorik

PLO-7

Mampu merancang, mengimplementasikan, dan mengevaluasi program latihan fisik sesuai cabang olahraga, latihan kebugaran, dan latihan fisik bagi disabilitas

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-5PLO-7

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Evaluasi Latihan Kebugaran Olahraga bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan dalam mengevaluasi efektivitas program latihan kebugaran yang diterapkan pada atlet atau individu. Evaluasi dalam konteks ini mencakup pengukuran hasil latihan kebugaran fisik, seperti peningkatan kekuatan, daya tahan, kelincahan, dan komponen kebugaran lainnya yang relevan dengan tujuan kebugaran dan performa olahraga. Mahasiswa akan mempelajari berbagai metode dan instrumen yang digunakan untuk menilai dampak latihan terhadap kebugaran fisik dan bagaimana merancang penyesuaian program latihan berdasarkan hasil evaluasi.

Pustaka

Utama :

  1. Davis, C. (2018). Kinesiology: The Scientific Basis of Human Motion (6th ed.). McGraw-Hill.
  2. Wilmore, J.H., & Costill, D.L. (2004). Physiology of Sport and Exercise (3rd ed.). Human Kinetics.
  3. American College of Sports Medicine (ACSM). (2017). ACSM’s Guidelines for Exercise Testing and Prescription (10th ed.). Lippincott Williams & Wilkins.
  4. Hoffman, J. (2018). NSCA's Essentials of Personal Training (2nd ed.). Human Kinetics.
  5. Kaufman, M. (2019). Fitness Assessment: A Guide for Health and Fitness Professionals. Wiley-Blackwell.

Pendukung :

  1. Journal of Strength and Conditioning Research untuk artikel mengenai evaluasi kebugaran dan peningkatan latihan.
  2. Medicine & Science in Sports & Exercise untuk riset terkait pengukuran kebugaran dan performa atlet.

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Rubrik penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Pendahuluan dan Tujuan Evaluasi Kebugaran
Kuliah pengantar, diskusi kelompok tentang pentingnya evaluasi kebugaran.
2 x 50

Materi: ...
Pustaka: Hoffman, J. (2018). NSCA's Essentials of Personal Training (2nd ed.). Human Kinetics.
6%

2

Minggu ke 2

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Metode dan Prinsip Evaluasi
Kuliah teori tentang prinsip evaluasi (validitas, reliabilitas). Diskusi tes kebugaran fisik.
2 x 50

Materi: ...
Pustaka: Kaufman, M. (2019). Fitness Assessment: A Guide for Health and Fitness Professionals. Wiley-Blackwell.
6%

3

Minggu ke 3

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Tes Kebugaran Kardiorespirasi
Demonstrasi dan latihan tes lari 12 menit, tes step-up.
2 x 50

Materi: ...
Pustaka: Kaufman, M. (2019). Fitness Assessment: A Guide for Health and Fitness Professionals. Wiley-Blackwell.

Materi: ...
Pustaka: Davis, C. (2018). Kinesiology: The Scientific Basis of Human Motion (6th ed.). McGraw-Hill.
6%

4

Minggu ke 4

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Tes Kekuatan Otot
Latihan tes kekuatan otot lengan dan punggung, analisis hasil tes.
2 x 50

Materi: ...
Pustaka: Wilmore, J.H., & Costill, D.L. (2004). Physiology of Sport and Exercise (3rd ed.). Human Kinetics.

Materi: ...
Pustaka: Kaufman, M. (2019). Fitness Assessment: A Guide for Health and Fitness Professionals. Wiley-Blackwell.
6%

5

Minggu ke 5

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum
Tes Fleksibilitas
Praktik tes sit-and-reach, evaluasi fleksibilitas.
2 x 50

Materi: ...
Pustaka: Kaufman, M. (2019). Fitness Assessment: A Guide for Health and Fitness Professionals. Wiley-Blackwell.

Materi: ...
Pustaka: American College of Sports Medicine (ACSM). (2017). ACSM’s Guidelines for Exercise Testing and Prescription (10th ed.). Lippincott Williams & Wilkins.
6%

6

Minggu ke 6

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian

Pertemuan 6: Tes Fleksibilitas dan Keseimbangan

Tes fleksibilitas (misalnya, tes sit-and-reach) dan keseimbangan tubuh.
Evaluasi peran fleksibilitas dalam pencegahan cedera dan performa olahraga.
2 x 50

Materi: ...
Pustaka: Kaufman, M. (2019). Fitness Assessment: A Guide for Health and Fitness Professionals. Wiley-Blackwell.
6%

7

Minggu ke 7

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian

Pertemuan 7: Evaluasi Kebugaran Fisik dalam Olahraga Sepak Bola

Pengukuran komponen kebugaran yang relevan dengan sepak bola: kekuatan, daya tahan, kecepatan, dan kelincahan.
Evaluasi dan analisis program latihan sepak bola.
2 x 50

Materi: ...
Pustaka: Journal of Strength and Conditioning Research untuk artikel mengenai evaluasi kebugaran dan peningkatan latihan.
6%

8

Minggu ke 8

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian

Pertemuan 8: Ujian Tengah Semester (UTS)

Ujian teori yang mencakup prinsip-prinsip dan teknik evaluasi latihan kebugaran.
Soal aplikasi yang mengharuskan mahasiswa merancang program latihan berdasarkan hasil evaluasi kebugaran.

Materi: ...
Pustaka: Kaufman, M. (2019). Fitness Assessment: A Guide for Health and Fitness Professionals. Wiley-Blackwell.
6%

9

Minggu ke 9

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 9: Evaluasi Kebugaran dalam Olahraga Atletik

Pengukuran kebugaran untuk cabang olahraga lari, lompat, dan lempar.
Analisis pengaruh kebugaran terhadap performa atletik.

Materi: ...
Pustaka: American College of Sports Medicine (ACSM). (2017). ACSM’s Guidelines for Exercise Testing and Prescription (10th ed.). Lippincott Williams & Wilkins.
6%

10

Minggu ke 10

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian

Pertemuan 10: Evaluasi Latihan Kebugaran untuk Olahraga Renang

Pengukuran kebugaran untuk atlet renang, fokus pada daya tahan kardiovaskular dan kekuatan otot.
Penyesuaian program latihan berdasarkan hasil evaluasi kebugaran.

Materi: ...
Pustaka: Kaufman, M. (2019). Fitness Assessment: A Guide for Health and Fitness Professionals. Wiley-Blackwell.
6%

11

Minggu ke 11

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian

Pertemuan 11: Evaluasi Latihan Kebugaran untuk Olahraga Basket

Pengukuran kebugaran untuk cabang olahraga bola basket: kecepatan, kelincahan, kekuatan, dan daya tahan.
Merancang program latihan untuk atlet basket berdasarkan evaluasi kebugaran.

Materi: ...
Pustaka: Wilmore, J.H., & Costill, D.L. (2004). Physiology of Sport and Exercise (3rd ed.). Human Kinetics.
6%

12

Minggu ke 12

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian

Pertemuan 12: Evaluasi Latihan Kebugaran untuk Olahraga Voli

Pengukuran kebugaran fisik yang relevan dengan voli: kekuatan, kelincahan, daya tahan.
Analisis hasil evaluasi untuk program latihan voli.

Materi: ...
Pustaka: Wilmore, J.H., & Costill, D.L. (2004). Physiology of Sport and Exercise (3rd ed.). Human Kinetics.
6%

13

Minggu ke 13

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian

Pertemuan 13: Pemantauan Kemajuan Kebugaran Atlet

Teknik untuk memantau progres kebugaran dari waktu ke waktu.
Penggunaan alat bantu teknologi untuk mengevaluasi kebugaran fisik secara lebih akurat.

Materi: ...
Pustaka: Kaufman, M. (2019). Fitness Assessment: A Guide for Health and Fitness Professionals. Wiley-Blackwell.
6%

14

Minggu ke 14

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian

Pertemuan 14: Studi Kasus Evaluasi Latihan Kebugaran

Analisis studi kasus untuk cabang olahraga tertentu.
Diskusi kelompok tentang rekomendasi dan penyesuaian latihan berdasarkan evaluasi kebugaran.

Materi: ...
Pustaka: Hoffman, J. (2018). NSCA's Essentials of Personal Training (2nd ed.). Human Kinetics.
6%

15

Minggu ke 15

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian

Pertemuan 15: Penyusunan Laporan Evaluasi Latihan Kebugaran

Penyusunan laporan evaluasi latihan kebugaran untuk atlet atau kelompok.
Penyajian hasil evaluasi dan rekomendasi program latihan.

Materi: ...
Pustaka: Wilmore, J.H., & Costill, D.L. (2004). Physiology of Sport and Exercise (3rd ed.). Human Kinetics.
6%

16

Minggu ke 16

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Tes
Pertemuan 16: Ujian Akhir Semester (UAS)

Ujian akhir yang mencakup teori dan aplikasi evaluasi latihan kebugaran dalam berbagai cabang olahraga.
Penilaian tentang kemampuan mahasiswa dalam mengevaluasi program latihan kebugaran dan merancang penyesuaian berdasarkan hasil evaluasi.

Materi: ...
Pustaka: American College of Sports Medicine (ACSM). (2017). ACSM’s Guidelines for Exercise Testing and Prescription (10th ed.). Lippincott Williams & Wilkins.
10%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 26%
2. Penilaian Praktikum 3%
3. Praktik / Unjuk Kerja 5%
4. Tes 12%
46%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.