Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Sistem Informasi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Matematika Diskrit

5720103136

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=3

P=0

ECTS=4.77

1

21 Februari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




I Kadek Dwi Nuryana, S.T., M.Kom.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-5

Mampu mengaplikasikan keahlian, teknik, dan alat terkini pada bidang teknologi informasi, serta merumuskan deskripsi hasil kajian dalam bentuk dokumen

PLO-6

Mampu mengambil keputusan secara tepat baik mandiri maupun kelompok, bertanggung jawab dan sesuai etik dalam konteks penyelesaian masalah berdasarkan hasil analisis informasi dan data serta mengkomunikasikannya secara efektif

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa dapat menerapkan konsep dasar matematika diskrit untuk menyelesaikan permasalahan keseharian

PO - 2

Mahasiswa dapat menjelaskan konsep relasi dan fungsi dalam penerapan himpunan

PO - 3

Mahasiswa dapat menerapkan konsep barisan, rekursif dan relasi rekursif

PO - 4

Mahasiswa dapat menerapkan konsep aljabar boelan dalam penerapan sistem informasi

PO - 5

Mahasiswa dapat menerapkan konsep graf dan pemanfaatannya dalam bidang sistem informasi

PO - 6

Mahasiswa dapat menerapkan konsep tree dan penerapannya dalam bidang sistem informasi

Matrik PLO-PO

 
POPLO-5PLO-6
PO-1 
PO-2 
PO-3 
PO-4
PO-5
PO-6

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matematika Diskrit merupakan ilmu dasar dalam pembelajaran Informatika, karena pada dasarnya informatika adalah kumpulandisiplin ilmu dan teknik yang mengolah objek diskrit. Matematika diskrit memberikan landasan matematis untuk matakuliah Algoritma,Struktur data, Basis data, jaringan komputer, keamanan komputer dan sebagainya. Materi dalam Matakuliah ini adalah TeoriHimpunan, Relasi dan Fungsi, Teori Graf, Tree

Pustaka

Utama :

  1. Kenneth H. Rosen. 2012. Discrete Mathematics and Its Applications Seventh Edition. Monmouth University. Mc Graw Hill.
  2. Seymour Lipschutz. 2007. Theory and Problems of Discrete Mathematics Third Edition. Mc Graw Hill.
  3. Jean Gallier. 2016. Discrete Mathematics, Second Edition In Progress. Springer.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Harun Al Rosyid, S.T., M.T.

Martini Dwi Endah Susanti, S.Kom., M.Kom.

Ramadhan Cakra Wibawa, S.Pd., M.Kom.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Konsep dasar matematika diskrit

  1. Mahasiswa mampu memahami argumen matematika
  2. Mahasiswa mampu membuat argumen matematika
  3. Mahasiswa mampu mempelajari fakta-fakta matematika dan cara penerapannya
Kriteria:

Nilai Kognitif, Nilai Karakter, dan Nilai Psikomotorik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah, diskusi
3*50
melihat video pembelajaran, membaca PPT, mengerjakan tugas
3*50
Materi: The Foundations: Logic and Proofs
Pustaka: Kenneth H. Rosen. 2012. Discrete Mathematics and Its Applications Seventh Edition. Monmouth University. Mc Graw Hill.
2%

2

Minggu ke 2

Konsep dasar matematika diskrit

  1. Mahasiswa mampu memahami argumen matematika
  2. Mahasiswa mampu membuat argumen matematika
  3. Mahasiswa mampu mempelajari fakta-fakta matematika dan cara penerapannya
Kriteria:

Nilai Kognitif, Nilai Karakter, dan Nilai Psikomotorik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah, diskusi
3*50
melihat video pembelajaran, membaca PPT, mengerjakan tugas
3*50
Materi: The Foundations: Logic and Proofs
Pustaka: Kenneth H. Rosen. 2012. Discrete Mathematics and Its Applications Seventh Edition. Monmouth University. Mc Graw Hill.
2%

3

Minggu ke 3

Konsep dasar logika dan penarikan kesimpulan

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan dan menerapkan dasar logika
  2. Mahasiswa mampu menjelaskan dan menerapkan dasar penarikan kesimpulan
Kriteria:

Nilai Kognitif, Nilai Karakter, dan Nilai Psikomotorik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Ceramah dan diskusi
3*50
melihat video pembelajaran, membaca PPT, mengerjakan tugas
3*50
Materi: The Foundations: Logic and Proofs
Pustaka: Kenneth H. Rosen. 2012. Discrete Mathematics and Its Applications Seventh Edition. Monmouth University. Mc Graw Hill.
2%

4

Minggu ke 4

Teori Himpunan

Mahasiswa mampu menjelaskan himpunan; operasi dasar himpunan; hukum-hukum himpunan; prinsip dualitas; prinsip inklusi-eksklusi; partisi; pembuktian pernyataan perihal himpunan.

Kriteria:

Nilai Kognitif, Nilai Karakter, dan Nilai Psikomotorik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Ceramah dan Diskusi
3*50

Materi: Basic Structures: Sets, Functions, Sequences, Sums, and Matrices
Pustaka: Kenneth H. Rosen. 2012. Discrete Mathematics and Its Applications Seventh Edition. Monmouth University. Mc Graw Hill.

Materi: Basic Structures: Sets, Functions, Sequences, Sums, and Matrices
Pustaka: Kenneth H. Rosen. 2012. Discrete Mathematics and Its Applications Seventh Edition. Monmouth University. Mc Graw Hill.
2%

5

Minggu ke 5

Teori Himpunan

Mahasiswa mampu menjelaskan himpunan; operasi dasar himpunan; hukum-hukum himpunan; prinsip dualitas; prinsip inklusi-eksklusi; partisi; pembuktian pernyataan perihal himpunan.

Kriteria:

Nilai Kognitif, Nilai Karakter, dan Nilai Psikomotorik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Ceramah dan Diskusi
3*50

Materi: Basic Structures: Sets, Functions, Sequences, Sums, and Matrices
Pustaka: Kenneth H. Rosen. 2012. Discrete Mathematics and Its Applications Seventh Edition. Monmouth University. Mc Graw Hill.

Materi: Basic Structures: Sets, Functions, Sequences, Sums, and Matrices
Pustaka: Kenneth H. Rosen. 2012. Discrete Mathematics and Its Applications Seventh Edition. Monmouth University. Mc Graw Hill.
3%

6

Minggu ke 6

Relasi dan Fungsi

Mahasiswa mampu menjelaskan Matriks, relasi; sifat-sifat relasi; representasi relasi; operasi relasi; relasi n-ary; relasi kesetaraan; relasi pengurutan parsial; fungsi; operasi fungsi;

Kriteria:

Nilai Kognitif, Nilai Karakter, dan Nilai Psikomotorik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Ceramah dan Diskusi
3*50

Materi: Relations
Pustaka: Kenneth H. Rosen. 2012. Discrete Mathematics and Its Applications Seventh Edition. Monmouth University. Mc Graw Hill.
4%

7

Minggu ke 7

Relasi dan Fungsi

Mahasiswa mampu menjelaskan Matriks, relasi; sifat-sifat relasi; representasi relasi; operasi relasi; relasi n-ary; relasi kesetaraan; relasi pengurutan parsial; fungsi; operasi fungsi;

Kriteria:

Nilai Kognitif, Nilai Karakter, dan Nilai Psikomotorik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Ceramah dan Diskusi
3*50

Materi: Relations
Pustaka: Kenneth H. Rosen. 2012. Discrete Mathematics and Its Applications Seventh Edition. Monmouth University. Mc Graw Hill.
5%

8

Minggu ke 8

UTS

Mahasiswa mampu mengerjakan soal UTS berdasarkan materi sebelumnya

Kriteria:

Minimal 75% benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Mengerjakan Soal Tugas
3*50

Materi: UTS
Pustaka: Kenneth H. Rosen. 2012. Discrete Mathematics and Its Applications Seventh Edition. Monmouth University. Mc Graw Hill.
20%

9

Minggu ke 9

Barisan, Rekursif, dan Relasi Rekurens

Mahasiswa mampu menjelaskan Definisi rekursi; struktur induksi; relasi rekurens; memecahkan relasi rekurens.

Kriteria:

Nilai Kognitif, Nilai Karakter, dan Nilai Psikomotorik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan Diskusi
3*50

Materi: Induction and Recursion
Pustaka: Kenneth H. Rosen. 2012. Discrete Mathematics and Its Applications Seventh Edition. Monmouth University. Mc Graw Hill.
5%

10

Minggu ke 10

Barisan, Rekursif, dan Relasi Rekurens

Mahasiswa mampu menjelaskan Definisi rekursi; struktur induksi; relasi rekurens; memecahkan relasi rekurens.

Kriteria:

Nilai Kognitif, Nilai Karakter, dan Nilai Psikomotorik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Ceramah dan Diskusi
3*50

Materi: Induction and Recursion
Pustaka: Kenneth H. Rosen. 2012. Discrete Mathematics and Its Applications Seventh Edition. Monmouth University. Mc Graw Hill.
5%

11

Minggu ke 11

Aljabar Boolean

Mahasiswa mampu menjelaskan Fungsi Boolean; bentuk kanonik; bentuk standard; penyederhanaan fungsi Boolean, apilkasi aljabar Booelan

Kriteria:

Nilai Kognitif, Nilai Karakter, dan Nilai Psikomotorik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Ceramah dan Diskusi
3*50

Materi: Boolean Algebra
Pustaka: Kenneth H. Rosen. 2012. Discrete Mathematics and Its Applications Seventh Edition. Monmouth University. Mc Graw Hill.
5%

12

Minggu ke 12

Aljabar Boolean

Mahasiswa mampu menjelaskan Fungsi Boolean; bentuk kanonik; bentuk standard; penyederhanaan fungsi Boolean, apilkasi aljabar Booelan

Kriteria:

Nilai Kognitif, Nilai Karakter, dan Nilai Psikomotorik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Ceramah dan Diskusi
3*50

Materi: Boolean Algebra
Pustaka: Kenneth H. Rosen. 2012. Discrete Mathematics and Its Applications Seventh Edition. Monmouth University. Mc Graw Hill.
4%

13

Minggu ke 13

Graf

Mahasiswa mampu menjelaskan Definisi graf; terminologi graf; representasi graf; isomorfisme; graf planar; lintasan dan sirkuit Euler; lintasan dan sirkuit Hamilton; aplikasi teori graf.

Kriteria:

Nilai Kognitif, Nilai Karakter, dan Nilai Psikomotorik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan Diskusi
3*50

Materi: Graff
Pustaka: Kenneth H. Rosen. 2012. Discrete Mathematics and Its Applications Seventh Edition. Monmouth University. Mc Graw Hill.
4%

14

Minggu ke 14

Tree

Mahasiswa mampu menjelaskan Definisi pohon; sifat-sifat pohon; pohon berakar; pohon n-ary; pohon biner; aplikasi pohon biner; penelusuran pohon biner.

Kriteria:

Nilai Kognitif, Nilai Karakter, dan Nilai Psikomotorik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Ceramah dan Diskusi
3*50

Materi: Tree
Pustaka: Kenneth H. Rosen. 2012. Discrete Mathematics and Its Applications Seventh Edition. Monmouth University. Mc Graw Hill.
4%

15

Minggu ke 15

Kompleksitas Algoritma

Mahasiswa mampu menjelaskan Kompleksitas waktu dan ruang; komplekitas asimptotik; notasi O-Besar, notasi - Besar notasi -besar; cara perhitungan kompleksitas asimptotik.

Kriteria:

Nilai Kognitif, Nilai Karakter, dan Nilai Psikomotorik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Ceramah dan Diskusi
3*50

Materi: Algortima
Pustaka: Kenneth H. Rosen. 2012. Discrete Mathematics and Its Applications Seventh Edition. Monmouth University. Mc Graw Hill.
3%

16

Minggu ke 16

UAS

Mahasiswa mampu mengerjakan soal UAS berdasarkan materi sebelumnya

Kriteria:

Minimal 75% benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Mengerjakan Soal Tugas
3*50

Materi: UAS
Pustaka: Kenneth H. Rosen. 2012. Discrete Mathematics and Its Applications Seventh Edition. Monmouth University. Mc Graw Hill.
30%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 56.5%
2. Tes 43.5%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.