Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S3 Pendidikan Sains

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Publikasi Hasil Penelitian Tugas Akhir

8400105077

T=5

P=0

ECTS=12.6

5

25 Agustus 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Prof. Dr. Suyatno, M.Si.




Prof. Dr. Suyatno, M.Si.




Prof. Dr. Suyatno, M.Si.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-6

Menguasai teori terkini yang terkait dengan pengetahuan sains dan pendidikan sains

PLO-7

Mampu mengembangkan teori atau metode bidang pendidikan sains dan keterkaitannya dengan teori bidang lain secara komprehensif dan kontekstual, melalui riset inovatif dengan pendekatan interdisiplin, multidisiplin, dan transdisiplin yang mendapat pengakuan nasional atau internasional

PLO-8

Mampu memecahkan permasalahan pendidikan sains dalam konteks yang lebih luas sehingga menghasilkan karya yang kreatif, original, teruji yang bermanfaat bagi pengembangan pendidikan sains dan kemashlahatan umat manusia

Program Objectives (PO)

PO - 1

Memiliki logika, etika, kejujuran, serta sikap kritis dan terbuka dalam menulis publikasi ilmiah

PO - 2

Menerapkan konsep, teori, dan metodologi ilmiah dalam menghasilkan karya ilmiah.

PO - 3

Menyajikan pemecahan masalah melalui pendekatan inter, multi, dan transdisipliner dalam bentuk karya tulis ilmiah.

PO - 4

Mengelola, mengembangkan, dan memutuskan publikasi ilmiah dalam bidang pendidikan sains secara bertang-gungjawab.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-4PLO-6PLO-7PLO-8
PO-1     
PO-2     
PO-3     
PO-4     

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Membekali kemampuan mahasiswa dalam menulis karya ilmiah serta mengirimkanya hingga terbit di jurnal internasional bereputasi (terindeks Scopus atau WoS) atau jurnal internasional terindeks Copernicus International. Dalam publikasi yang dilakukan, nama mahasiswa harus sebagai penulis pertama, mencantumkan nama pembimbing, mencantumkan afiliasi Universitas Negeri Surabaya, dapat bersumber dari disertasi, atau materi yang berkaitan dengan disertasi.

Pustaka

Utama :

  1. Anwas, EOM dan Sugiarti, Y (2020). Strategi Menulis Artikel Jurnal Bereputasi. Bandung: PT Rosda Karya
  2. Gastel, B & day, RA (2016). How to Write and Publish A Scientific Paper. California: Greenwood
  3. Surat Edaran Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kemenristekdikti. No. B/323/B.B1/SE/2019 tentang Publikasi Karya Ilmiah Program Sarjana, Program Magister, dan Program Doktor.
  4. Surat Edaran Direktur Pascasarjana Unesa Nomor B/59704/UN38.8/TU.00.02/2019 tentang Pedoman Publikasi Karya Ilmiah Mahasiswa sebagai Persyaratan Yudisium
  5. Tim (2022). Pedoman Penulisan Tesis dan Disertasi. Surabaya: Pascasarjana Unesa.

Pendukung :

  1. Artikel ilmiah dalam jurnal yang relevan dengan penelitian disertasi

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Memahami ketentuan terkait publikasi hasil penelitian disertasi serta strategi publikasi di jurnal internasional bereputasi

Ketepatan dalam mendeskriipsikan ketentan terkait publikasi hasil penelitian disertasi serta strategi publikasi di jurnal internasional bereputasi

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
Presentasi, diskusi dan PjBL
5x50 menit
Presentasi, diskusi dan PjBL
5x50 menit
Materi: Ketentuan publikasi dan strategi publikasi di jurnal internasional bereputasi
Pustaka: 1. Anwas, EOM dan Sugiarti, Y (2020). Strategi Menulis Artikel Jurnal Bereputasi. Bandung: PT Rosda Karya
10%

2

Minggu ke 2

Mampu menyusun bagian pendahuluan dari artikel ilmiah hasil penelitian disertasi

Ketepatan dalam menyusun bagian pendahuluan dari artikel ilmiah hasil penelitian disertasi

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi, diskusi dan PjBL
5x50 menit
Presentasi, diskusi dan PjBL
5x50 menit
Materi: Menulis bagian pendahuluan artikel ilmiah hasil penelitian
Pustaka: 2. Gastel, B & day, RA (2016). How to Write and Publish A Scientific Paper. California: Greenwood
10%

3

Minggu ke 3

Mampu menyusun bagian pendahuluan dari artikel ilmiah hasil penelitian disertasi

Ketepatan dalam menyusun bagian pendahuluan dari artikel ilmiah hasil penelitian disertasi

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi, diskusi dan PjBL
5x50 menit
Presentasi, diskusi dan PjBL
5x50 menit
Materi: Menulis bagian pendahuluan artikel ilmiah hasil penelitian
Pustaka: 1. Anwas, EOM dan Sugiarti, Y (2020). Strategi Menulis Artikel Jurnal Bereputasi. Bandung: PT Rosda Karya
10%

4

Minggu ke 4

Mampu menyusun bagian metode penelitian dari artikel ilmiah hasil penelitian disertasi

Ketepatan dalam menyusun bagian metode penelitian dari artikel ilmiah hasil penelitian disertasi

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi, diskusi dan PjBL
5x50 menit
Presentasi, diskusi dan PjBL
5x50 menit
Materi: Menulis bagian metode penelitian dari artikel ilmiah hasil penelitian
Pustaka: 1. Anwas, EOM dan Sugiarti, Y (2020). Strategi Menulis Artikel Jurnal Bereputasi. Bandung: PT Rosda Karya
10%

5

Minggu ke 5

Mampu menyusun bagian metode penelitian dari artikel ilmiah hasil penelitian disertasi

Ketepatan dalam menyusun bagian metode penelitian dari artikel ilmiah hasil penelitian disertasi

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi, diskusi dan PjBL
5x50 menit
Presentasi, diskusi dan PjBL
5x50 menit
Materi: Menulis bagian metode penelitian dari artikel ilmiah hasil penelitian
Pustaka: 5. Tim (2022). Pedoman Penulisan Tesis dan Disertasi. Surabaya: Pascasarjana Unesa.
10%

6

Minggu ke 6

Mampu menyusun bagian hasil penelitian dan pembahasan dari artikel ilmiah hasil penelitian disertasi

Ketepatan dalam menyusun bagian hasil penelitian dan pembahasan dari artikel ilmiah hasil penelitian disertasi

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi, diskusi dan PjBL
5x50 menit
Presentasi, diskusi dan PjBL
5x50 menit
Materi: Menulis bagian hasil penelitian dan pembahasan dari artikel ilmiah hasil penelitian
Pustaka: 2. Gastel, B & day, RA (2016). How to Write and Publish A Scientific Paper. California: Greenwood
10%

7

Minggu ke 7

Mampu menyusun bagian hasil penelitian dan pembahasan dari artikel ilmiah hasil penelitian disertasi

Ketepatan dalam menyusun bagian hasil penelitian dan pembahasan dari artikel ilmiah hasil penelitian disertasi

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi, diskusi dan PjBL
5x50 menit
Presentasi, diskusi dan PjBL
5x50 menit
Materi: Menulis bagian hasil penelitian dan pembahasan dari artikel ilmiah hasil penelitian
Pustaka: 1. Anwas, EOM dan Sugiarti, Y (2020). Strategi Menulis Artikel Jurnal Bereputasi. Bandung: PT Rosda Karya
10%

8

Minggu ke 8

Mampu menyusun bagian simpulan dan daftar pustaka dari artikel ilmiah hasil penelitian disertasi

Ketepatan dalam menyusun bagian simpulan dan daftar pustaka dari artikel ilmiah hasil penelitian disertasi

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi, diskusi dan PjBL
5x50 menit
Presentasi, diskusi dan PjBL
5x50 menit
Materi: Menulis bagian simpulan dan daftar pustaka dari artikel ilmiah hasil penelitian
Pustaka: 5. Tim (2022). Pedoman Penulisan Tesis dan Disertasi. Surabaya: Pascasarjana Unesa.
10%

9

Minggu ke 9

Mampu mempublikasikan artikel ilmiah hasil penelitian disertasi dalam jurnal internasional bereputasi serta

Artikel ilmiah telah disubmit dan terbit dalam jurnal internasional bereputasi

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi, diskusi, dan PjBL
5x50 menit
Presentasi, diskusi, dan PjBL
5x50 menit
Materi: Strategi submit artikel ilmiah dalam jurnal internasional bereputasi serta review artikel dari reviewer jurnal
Pustaka: 1. Anwas, EOM dan Sugiarti, Y (2020). Strategi Menulis Artikel Jurnal Bereputasi. Bandung: PT Rosda Karya
2%

10

Minggu ke 10

Mampu mempublikasikan artikel ilmiah hasil penelitian disertasi dalam jurnal internasional bereputasi serta melakukan revisi hasil review artikel dari reviewer jurnal

Artikel ilmiah telah disubmit dan terbit dalam jurnal internasional bereputasi

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi, diskusi, dan PjBL
5x50 menit
Presentasi, diskusi, dan PjBL
5x50 menit
Materi: Strategi submit artikel ilmiah dalam jurnal internasional bereputasi serta review artikel dari reviewer jurnal
Pustaka: 2. Gastel, B & day, RA (2016). How to Write and Publish A Scientific Paper. California: Greenwood
2%

11

Minggu ke 11

Mampu mempublikasikan artikel ilmiah hasil penelitian disertasi dalam jurnal internasional bereputasi serta melakukan revisi hasil review artikel dari reviewer jurnal

Artikel ilmiah telah disubmit dan terbit dalam jurnal internasional bereputasi

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi, diskusi, dan PjBL
5x50 menit
Presentasi, diskusi, dan PjBL
5x50 menit
Materi: Strategi submit artikel ilmiah dalam jurnal internasional bereputasi serta review artikel dari reviewer jurnal
Pustaka: 1. Anwas, EOM dan Sugiarti, Y (2020). Strategi Menulis Artikel Jurnal Bereputasi. Bandung: PT Rosda Karya
2%

12

Minggu ke 12

Mampu mempublikasikan artikel ilmiah hasil penelitian disertasi dalam jurnal internasional bereputasi serta melakukan revisi hasil review artikel dari reviewer jurnal

Artikel ilmiah telah disubmit dan terbit dalam jurnal internasional bereputasi

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi, diskusi, dan PjBL
5x50 menit
Presentasi, diskusi, dan PjBL
5x50 mneit
Materi: Strategi submit artikel ilmiah dalam jurnal internasional bereputasi serta review artikel dari reviewer jurnal
Pustaka: 1. Anwas, EOM dan Sugiarti, Y (2020). Strategi Menulis Artikel Jurnal Bereputasi. Bandung: PT Rosda Karya
2%

13

Minggu ke 13

Mampu mempublikasikan artikel ilmiah hasil penelitian disertasi dalam jurnal internasional bereputasi serta melakukan revisi hasil review artikel dari reviewer jurnal

Artikel ilmiah telah disubmit dan terbit dalam jurnal internasional bereputasi

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi, diskusi, dan PjBL
5x50 menit
Presentasi, diskusi, dan PjBL
5x50 mneit
Materi: Strategi submit artikel ilmiah dalam jurnal internasional bereputasi serta review artikel dari reviewer jurnal
Pustaka: 2. Gastel, B & day, RA (2016). How to Write and Publish A Scientific Paper. California: Greenwood
2%

14

Minggu ke 14

Mampu mempublikasikan artikel ilmiah hasil penelitian disertasi dalam jurnal internasional bereputasi serta melakukan revisi hasil review artikel dari reviewer jurnal

Artikel ilmiah telah disubmit dan terbit dalam jurnal internasional bereputasi

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi, diskusi, dan PjBL
5x50 menit
Presentasi, diskusi, dan PjBL
5x50 menit
Materi: Strategi submit artikel ilmiah dalam jurnal internasional bereputasi serta review artikel dari reviewer jurnal
Pustaka: 1. Anwas, EOM dan Sugiarti, Y (2020). Strategi Menulis Artikel Jurnal Bereputasi. Bandung: PT Rosda Karya
2%

15

Minggu ke 15

Mampu mempublikasikan artikel ilmiah hasil penelitian disertasi dalam jurnal internasional bereputasi serta melakukan revisi hasil review artikel dari reviewer jurnal

Artikel ilmiah telah disubmit dan terbit dalam jurnal internasional bereputasi

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi, diskusi, dan PjBL
5x50 menit
Presentasi, diskusi, dan PjBL
5x50 menit
Materi: Strategi submit artikel ilmiah dalam jurnal internasional bereputasi serta review artikel dari reviewer jurnal
Pustaka: 2. Gastel, B & day, RA (2016). How to Write and Publish A Scientific Paper. California: Greenwood
2%

16

Minggu ke 16

Mampu mempublikasikan artikel ilmiah hasil penelitian disertasi dalam jurnal internasional bereputasi serta melakukan revisi hasil review artikel dari reviewer jurnal

Artikel ilmiah telah disubmit dan terbit dalam jurnal internasional bereputasi

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi, diskusi, dan PjBL
5x50 menit
Presentasi, diskusi, dan PjBL
5x50 menit
Materi: Strategi submit artikel ilmiah dalam jurnal internasional bereputasi serta review artikel dari reviewer jurnal
Pustaka: 2. Gastel, B & day, RA (2016). How to Write and Publish A Scientific Paper. California: Greenwood
6%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 95%
2. Tes 5%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.