Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Teknik Sipil

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Teknik Lingkungan

2220102125

T=2

P=0

ECTS=3.18

4

29 September 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Yogie Risdianto, S.T., M.T.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
PO

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

UURI/PP/Kepmen Ligkungan Hidup. Air bersih karakteristik: fisik, kimia, biologi. Penggolongan air sesuai dengan peruntukannya, perlindungan groundwater resevoir, instalasi pengolahan air minum (IPAM) dan fungsi tiap unit pengolahan. Pencemaran air, Amdal, Air limbah : sumber dan karakteristik air limbah, instalasi pengolahan air limbah (IPAL), fungsi tiap unit pengolahan air limbah domestik, konsep teknologi air limbah domestik berwawasan lingkungan, desain septictank. Sampah: sumber dan karakteristik sampah, pengolahan sampah, desain TPA, jenis, kelemahan dan keuntungan, global warming, Amdal.

Pustaka

Utama :

  1. Asdak, Chay.2004. Hidrologi dan Pengelolaan daerah Aliran Sungai. Yogyakarta: Gadjah Mada Press.
  2. Khiatuddin, Maulida. 2003. Melestarikan Sumberdaya Air dengan Teknologi rawa buatan. Yogyakarta: Gadjah Mada Press.
  3. Mahida, UN. 1984. Pencemaran Air dan pemanfaatan Limbah Industri . Jakarta: Rajawali.
  4. Soerjani, M, Ahmad R, dan Munir R. 1987. Lingkungan: Sumberdaya Alam dan Kependudukan dalam Pembangunan. Jakarta: UI Press.
  5. Sugiharto, 1987. Dasar-dasar pengelolaan Air Limbah. Jakarta: UI Press.
  6. Sumarwoto, Otto. 2004. Atur Diri Sendiri . Yogyakarta: Gadjah Mada Press.
  7. Suratmo, Gunarwan. 1990. Analisis Mengenai Dampak Lingkungan . Yogyakarta: Gadjah Mada Press.
  8. Suripin, 2001. Pelestarian Sumber Daya Tanah dan Air. Yogyakarta: Andi
  9. Tcobonoglous Goerge, Theisen Hillary, Vigit Samuel, 1993. Integrated Solid Waste Management . New York: Mc Graw Hill
  10. UU RI No 32/2009.
  11. Winanti T. 2004. Dasar-dasar Teknik Lingkungan , Buku ajar.
  12. Winanti T. 2005. Konservasi Air , Buku ajar.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Prof. Dr. Elizabeth Titiek Winanti, M.S.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Memahami peta konsep materi Ilmu Lingkungan

Dapat menjelaskan peran Ilmu Lingkungan dalam Teknik Sipil

Kriteria:

Nilai sempurna jika menjawab dengan benar.

Ceramah, diskusi, tanya jawab, contoh berupa gambar
2 X 50

0%

2

Minggu ke 2

Memahami UURI N0 32/2009

Kognetif: Mahasiswa mam-pu menjelaskan batasan-batasan istilah-istilah dalam lingkungan hidup Afektif: Mahasiswa memperhatikan kuliah dengan baik Psikomotorik: Mahasiswa dapat menjelaskan di depan kelas tentang istilah-istilah dalam lingkungan hidup.

Kriteria:

Nilai sempurna jika menjawab dengan benar

Menjelaskan pasal-2 dalam UU R I No 32/ 2009. Perlin-dungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup
2 X 50

0%

3

Minggu ke 3

Memahami pengertian tentang sumber-daya alam (SDA).

  1. mahasiswa dapat membedakan sifat-sifat sumberdaya alam.
  2. Mahasiswa mampu berkonsep cara pengelolaan sda
  3. Memahami pengertian tentang sumberdaya alam (sda).
Kriteria:

Nilai sempurna jika menjawab dengan benar

Ceramah, diskusi, mengamati contoh-contoh kasus, tanya jawab.
2 X 50

0%

4

Minggu ke 4

Air sebagai sumberda-ya alam

  1. Mahasiswa dpt menceritakan bagaimana proses ketersediaan air di bumi, ancaman dan penanggulangannya
  2. Mahasiswa dapat menjelaskan keberadaan air, gangguan air, ancaman air
  3. Memahami secara detail fungsi air dalam kehidupan manusia
  4. Memahami masalah air, kondisi air tercemar, fak-tor-faktor pencemar
  5. Dapat meng-hubungkan kejadian banjir di musim penghujan dengan keke-ringan di musim kemarau.
  6. Mahasiswa dapat menjelaskan keberadaan air, gangguan air, ancaman air
Kriteria:

Nilai sempurna jika menjawab dengan benar

Ceramah, diskusi, mengamati gambar, contoh-contoh kasus, tanya jawab.
2 X 50

0%

5

Minggu ke 5

Air sebagai sumberda-ya alam

  1. Mahasiswa dpt menceritakan bagaimana proses ketersediaan air di bumi, ancaman dan penanggulangannya
  2. Mahasiswa dapat menjelaskan keberadaan air, gangguan air, ancaman air
  3. Memahami secara detail fungsi air dalam kehidupan manusia
  4. Memahami masalah air, kondisi air tercemar, fak-tor-faktor pencemar
  5. Dapat meng-hubungkan kejadian banjir di musim penghujan dengan keke-ringan di musim kemarau.
  6. Mahasiswa dapat menjelaskan keberadaan air, gangguan air, ancaman air
Kriteria:

Nilai sempurna jika menjawab dengan benar

Ceramah, diskusi, mengamati gambar, contoh-contoh kasus, tanya jawab.
2 X 50

0%

6

Minggu ke 6

Air sebagai sumberda-ya alam

  1. Mahasiswa dpt menceritakan bagaimana proses ketersediaan air di bumi, ancaman dan penanggulangannya
  2. Mahasiswa dapat menjelaskan keberadaan air, gangguan air, ancaman air
  3. Memahami secara detail fungsi air dalam kehidupan manusia
  4. Memahami masalah air, kondisi air tercemar, fak-tor-faktor pencemar
  5. Dapat meng-hubungkan kejadian banjir di musim penghujan dengan keke-ringan di musim kemarau.
  6. Mahasiswa dapat menjelaskan keberadaan air, gangguan air, ancaman air
Kriteria:

Nilai sempurna jika menjawab dengan benar

Ceramah, diskusi, mengamati gambar, contoh-contoh kasus, tanya jawab.
2 X 50

0%

7

Minggu ke 7

Banjir, kekeringan, mitigasi, konservasi

Mahasiswa dapat menghubungkan kejadian banjir di musim penghujan dengan kekeringan di musim kemarau.

Kriteria:

Nilai sempurna jika menjawab dengan benar

Ceramah, diskusi, latihan mengungkap kasus di sekitar nya
2 X 50

0%

8

Minggu ke 8

UTS

-

Kriteria:

-

-
2 X 50

0%

9

Minggu ke 9

Limbah

Memahami perihal Limbah gol: padat, cair, gas. Sumber -2, kejadian dan akibatnya.

Kriteria:

NIlai sempurna jika menjawab dengan benar

Ceramah, diskusi, tanya jawab, contoh kasus.
2 X 50

0%

10

Minggu ke 10

Sampah padat dan beberapa alternatif cara mengatasi nya.

Memahami batasan sampah, sumber sampah dan dampak timbulan sampah, dan pemanfaatn sampah yang mempunyai nilai

Kriteria:

Nilai sempurna jika menjawab dengan benar

Ceramah, diskusi, tanya jawab, contoh kasus.
2 X 50

0%

11

Minggu ke 11

Limbah cair.

Mahasiswa dapat Memahami bahaya limbah cair, sumber, ancaman, dan cara mengatasinya

Kriteria:

Nilai sempurna jika menjawab dengan benar

Ceramah, diskusi, tanya jawab, contoh kasus.
2 X 50

0%

12

Minggu ke 12

Pengolahan limbah cair, skala rumah tangga, skala kawasan permukiman/ toko/pasar/rumah makan, industri.

Mahasiswa dapat menjelaskan secara demontratif cara-cara mengelola limbah cair.

Kriteria:

Nilai sempurna jika menjawab dengan benar

Ceramah, diskusi, tanya jawab, contoh kasus.
2 X 50

0%

13

Minggu ke 13

Global warming

Mahasiswa dapat menjelaskan terjadinya global warming, penyebab, dan mitigasinya

Kriteria:

Nilai sempurna jika menjawab dengan benar

Ceramah, diskusi, tanya jawab, contoh kasus.
2 X 50

0%

14

Minggu ke 14

Amdal

Mahasiswa memahami pentingnya Amdal, kapan Amdal harus dilakukan, langkah-langkah dalam melakukan Amdal

Kriteria:

Nilai sempurna jika menjawab dengan benar

Ceramah, tanya jawab, contoh-2 kasus.
2 X 50

0%

15

Minggu ke 15

Presentasi makalah

Mahasiswa dapat menyusun makalah dan mempresentasikannya

Kriteria:

Nilai sempurna jika menjawab dengan benar

Mahasiswa presentasi satu per satu
2 X 50

0%

16

Minggu ke 16



0%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
0%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.