|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Teknik Sipil
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Teknik Lingkungan |
2220102125 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
4 |
23 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Yogie Risdianto, S.T., M.T. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
UURI/PP/Kepmen Ligkungan Hidup. Air bersih karakteristik: fisik, kimia, biologi. Penggolongan air sesuai dengan peruntukannya, perlindungan groundwater resevoir, instalasi pengolahan air minum (IPAM) dan fungsi tiap unit pengolahan. Pencemaran air, Amdal, Air limbah : sumber dan karakteristik air limbah, instalasi pengolahan air limbah (IPAL), fungsi tiap unit pengolahan air limbah domestik, konsep teknologi air limbah domestik berwawasan lingkungan, desain septictank. Sampah: sumber dan karakteristik sampah, pengolahan sampah, desain TPA, jenis, kelemahan dan keuntungan, global warming, Amdal. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Asdak, Chay.2004. Hidrologi dan Pengelolaan daerah Aliran Sungai. Yogyakarta: Gadjah Mada Press.
- Khiatuddin, Maulida. 2003. Melestarikan Sumberdaya Air dengan Teknologi rawa buatan. Yogyakarta: Gadjah Mada Press.
- Mahida, UN. 1984. Pencemaran Air dan pemanfaatan Limbah Industri . Jakarta: Rajawali.
- Soerjani, M, Ahmad R, dan Munir R. 1987. Lingkungan: Sumberdaya Alam dan Kependudukan dalam Pembangunan. Jakarta: UI Press.
- Sugiharto, 1987. Dasar-dasar pengelolaan Air Limbah. Jakarta: UI Press.
- Sumarwoto, Otto. 2004. Atur Diri Sendiri . Yogyakarta: Gadjah Mada Press.
- Suratmo, Gunarwan. 1990. Analisis Mengenai Dampak Lingkungan . Yogyakarta: Gadjah Mada Press.
- Suripin, 2001. Pelestarian Sumber Daya Tanah dan Air. Yogyakarta: Andi
- Tcobonoglous Goerge, Theisen Hillary, Vigit Samuel, 1993. Integrated Solid Waste Management . New York: Mc Graw Hill
- UU RI No 32/2009.
- Winanti T. 2004. Dasar-dasar Teknik Lingkungan , Buku ajar.
- Winanti T. 2005. Konservasi Air , Buku ajar.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dr. Elizabeth Titiek Winanti, M.S. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Memahami peta konsep materi Ilmu Lingkungan |
Dapat menjelaskan peran Ilmu Lingkungan dalam Teknik Sipil |
Kriteria:
Nilai sempurna jika menjawab dengan benar. |
Ceramah, diskusi, tanya jawab, contoh berupa gambar 2 X 50 |
|
|
0% |
2
Minggu ke 2 |
Memahami UURI N0 32/2009 |
Kognetif: Mahasiswa mam-pu menjelaskan batasan-batasan istilah-istilah dalam lingkungan hidup Afektif: Mahasiswa memperhatikan kuliah dengan baik Psikomotorik: Mahasiswa dapat menjelaskan di depan kelas tentang istilah-istilah dalam lingkungan hidup. |
Kriteria:
Nilai sempurna jika menjawab dengan benar |
Menjelaskan pasal-2 dalam UU R I No 32/ 2009. Perlin-dungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup 2 X 50 |
|
|
0% |
3
Minggu ke 3 |
Memahami pengertian tentang sumber-daya alam (SDA). |
- mahasiswa dapat membedakan sifat-sifat sumberdaya alam.
- Mahasiswa mampu berkonsep cara pengelolaan sda
- Memahami pengertian tentang sumberdaya alam (sda).
|
Kriteria:
Nilai sempurna jika menjawab dengan benar |
Ceramah, diskusi, mengamati contoh-contoh kasus, tanya jawab. 2 X 50 |
|
|
0% |
4
Minggu ke 4 |
Air sebagai sumberda-ya alam |
- Mahasiswa dpt menceritakan bagaimana proses ketersediaan air di bumi, ancaman dan penanggulangannya
- Mahasiswa dapat menjelaskan keberadaan air, gangguan air, ancaman air
- Memahami secara detail fungsi air dalam kehidupan manusia
- Memahami masalah air, kondisi air tercemar, fak-tor-faktor pencemar
- Dapat meng-hubungkan kejadian banjir di musim penghujan dengan keke-ringan di musim kemarau.
- Mahasiswa dapat menjelaskan keberadaan air, gangguan air, ancaman air
|
Kriteria:
Nilai sempurna jika menjawab dengan benar |
Ceramah, diskusi, mengamati gambar, contoh-contoh kasus, tanya jawab. 2 X 50 |
|
|
0% |
5
Minggu ke 5 |
Air sebagai sumberda-ya alam |
- Mahasiswa dpt menceritakan bagaimana proses ketersediaan air di bumi, ancaman dan penanggulangannya
- Mahasiswa dapat menjelaskan keberadaan air, gangguan air, ancaman air
- Memahami secara detail fungsi air dalam kehidupan manusia
- Memahami masalah air, kondisi air tercemar, fak-tor-faktor pencemar
- Dapat meng-hubungkan kejadian banjir di musim penghujan dengan keke-ringan di musim kemarau.
- Mahasiswa dapat menjelaskan keberadaan air, gangguan air, ancaman air
|
Kriteria:
Nilai sempurna jika menjawab dengan benar |
Ceramah, diskusi, mengamati gambar, contoh-contoh kasus, tanya jawab. 2 X 50 |
|
|
0% |
6
Minggu ke 6 |
Air sebagai sumberda-ya alam |
- Mahasiswa dpt menceritakan bagaimana proses ketersediaan air di bumi, ancaman dan penanggulangannya
- Mahasiswa dapat menjelaskan keberadaan air, gangguan air, ancaman air
- Memahami secara detail fungsi air dalam kehidupan manusia
- Memahami masalah air, kondisi air tercemar, fak-tor-faktor pencemar
- Dapat meng-hubungkan kejadian banjir di musim penghujan dengan keke-ringan di musim kemarau.
- Mahasiswa dapat menjelaskan keberadaan air, gangguan air, ancaman air
|
Kriteria:
Nilai sempurna jika menjawab dengan benar |
Ceramah, diskusi, mengamati gambar, contoh-contoh kasus, tanya jawab. 2 X 50 |
|
|
0% |
7
Minggu ke 7 |
Banjir, kekeringan, mitigasi, konservasi |
Mahasiswa dapat menghubungkan kejadian banjir di musim penghujan dengan kekeringan di musim kemarau. |
Kriteria:
Nilai sempurna jika menjawab dengan benar |
Ceramah, diskusi, latihan mengungkap kasus di sekitar nya 2 X 50 |
|
|
0% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
- |
Kriteria:
- |
- 2 X 50 |
|
|
0% |
9
Minggu ke 9 |
Limbah |
Memahami perihal Limbah gol: padat, cair, gas. Sumber -2, kejadian dan akibatnya. |
Kriteria:
NIlai sempurna jika menjawab dengan benar |
Ceramah, diskusi, tanya jawab, contoh kasus. 2 X 50 |
|
|
0% |
10
Minggu ke 10 |
Sampah padat dan beberapa alternatif cara mengatasi nya. |
Memahami batasan sampah, sumber sampah dan dampak timbulan sampah, dan pemanfaatn sampah yang mempunyai nilai |
Kriteria:
Nilai sempurna jika menjawab dengan benar |
Ceramah, diskusi, tanya jawab, contoh kasus. 2 X 50 |
|
|
0% |
11
Minggu ke 11 |
Limbah cair. |
Mahasiswa dapat Memahami bahaya limbah cair, sumber, ancaman, dan cara mengatasinya |
Kriteria:
Nilai sempurna jika menjawab dengan benar |
Ceramah, diskusi, tanya jawab, contoh kasus. 2 X 50 |
|
|
0% |
12
Minggu ke 12 |
Pengolahan limbah cair, skala rumah tangga, skala kawasan permukiman/ toko/pasar/rumah makan, industri. |
Mahasiswa dapat menjelaskan secara demontratif cara-cara mengelola limbah cair. |
Kriteria:
Nilai sempurna jika menjawab dengan benar |
Ceramah, diskusi, tanya jawab, contoh kasus. 2 X 50 |
|
|
0% |
13
Minggu ke 13 |
Global warming |
Mahasiswa dapat menjelaskan terjadinya global warming, penyebab, dan mitigasinya |
Kriteria:
Nilai sempurna jika menjawab dengan benar |
Ceramah, diskusi, tanya jawab, contoh kasus. 2 X 50 |
|
|
0% |
14
Minggu ke 14 |
Amdal |
Mahasiswa memahami pentingnya Amdal, kapan Amdal harus dilakukan, langkah-langkah dalam melakukan Amdal |
Kriteria:
Nilai sempurna jika menjawab dengan benar |
Ceramah, tanya jawab, contoh-2 kasus. 2 X 50 |
|
|
0% |
15
Minggu ke 15 |
Presentasi makalah |
Mahasiswa dapat menyusun makalah dan mempresentasikannya |
Kriteria:
Nilai sempurna jika menjawab dengan benar |
Mahasiswa presentasi satu per satu 2 X 50 |
|
|
0% |
16
Minggu ke 16 |
|
|
|
|
|
|
0% |