Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S1 Pendidikan Biologi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Anatomi dan Fisiologi Manusia

8420503011

T=3

P=0

ECTS=4.77

5

17 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Nur Kuswanti, M.Sc.St.




Dr. Nur Kuswanti, M.Sc.St.




Dr. Rinie Pratiwi Puspitawati, M.Si.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-8

Mampu mendemonstrasikan pengetahuan terkait dengan penelitian pendidikan biologi

PLO-9

Mampu merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran biologi dengan memanfaatkan ICT

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menguasai konsep-konsep Anatomi dan Fisiologi Manusia.

PO - 2

Mampu menerapkan konsep-konsep Anatomi dan Fisiologi Manusia dalam kehidupan sehari-hari dengan menghasilkan produk untuk mengatasi masalah dalam bentuk laporan kegiatan praktikum.

PO - 3

Mampu mendesain/menyiapkan, melaksanakan dan penelitian sederhana berkaitan dengan Anatomi dan fisiologi manusia

PO - 4

Mampu membuat keputusan berdasarkan data/informasi dalam rangka menyelesaikan tugas berkaitan dengan pembelajaran maupun praktikum berkaitan dengan Anatomi dan Fisiologi Manusia.

PO - 5

Mampu mendemonstrasikan sikap ilmiah dalam pembelajaran biologi dan kegiatan laboratorium berkaitan dengan Anatomi dan Fisiologi Manusia.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-8PLO-9
PO-1  
PO-2  
PO-3  
PO-4  
PO-5  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Dalam mata kuliah ini dibahas anatomi dan fisiologi manusia mencakup struktur fungsi sistem rangka, system otot, sistem saraf dan indera, sistem hormon, pencernaan pada manusia, sistem respirasi pada manusia, sistem kardiovaskular, system imun, sistem eksresi dan sistem reproduksi pada manusia beserta gangguan, kelainan dan penyakit yang berkaitan dengan masing-masing sistem. Mata kuliah ini juga membekali mahasiswa untuk melaksanakan investigasi berkaitan dengan anatomi dan fisiologi sistem pada manusia. Kegiatan tersebut ditidaklanjuti dengan penyusunan laporan tertulis hasil kegiatan yang mencantumkan data hasil kegiatan dan membahas dan menyusun simpulan berdasarkan data yang diperoleh dan pembahasannya. Selain itu mahasiswa juga diminta mengembangkan produk untuk mengatasi masalah yang berkaitan dengan kelainan/gangguan/penyakit pada anatimi dan fisiologi manusia.

Pustaka

Utama :

  1. 1. Guyton, A. C. 2010. Fisiologi Manusia dan Mekanisme Penyakit. Jakarta: EGC. Diterjemahkan oleh Adrianto P.
  2. 2. Guyton. A. C. 2008. Textbook of Medical Physiology. WB Saunders Comp.Toronto.
  3. 3. Marrieb and Hoen. 2007. Human Anatomy and Physiology. Pearson ed Inc. San Fransisco.
  4. 4. Putz, R and Pabst R. 1995. Sobotta Atlas Anatomi Manusia. Alih Bahasa Indriarti. Ed. 20. EGC
  5. 5. Spalteholz-Spanner. 1973. Handatlas Der Anatomies Des Menschen I & II. Amsterdam: Scheltema
  6. 6. Kuswanti, N., Tjandrakirana, Purnama, E.R., Khaleyla, F. 2020. Petunjum Praktikum Anatomi dan Fisiologi Manusia. Jurusan Biologi, Universitas Negeri Surabaya, Surabaya.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dr. Nur Kuswanti, M.Sc.St.

Erlix Rakhmad Purnama, S.Si., M.Si.

dr. Hanifiya Samha Wardhani, M.Kes.

Firas Khaleyla, S.Si., M.Si.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Menguasai struktur, fungsi serta gangguan, kelainan dan penyakit sistem rangka pada manusia

  1. 1. Membedakan organ-organ sistem gerak berdasarkan aktivitasnya
  2. 2. Menentukan macam-macam tulang penyusun rangka manusia.
  3. 3. Membedakan berbagai macam tulang berdasarkan bentuknya
  4. 4. Membedakan tulang berdasarkan macam jaringannya.
  5. 5. Menentukan macam sendi berdasarkan gerakannya.
  6. 6. Menjelaskan proses osifikasi.
  7. 7. Menjelaskan kelainan / penyakit sistem rangka.
  8. 8. Membuat perangkat dari bahan sederhana untuk menjaga postur tubuh berdasarkan keutuha bentuk/posisi tulang/rangka.
Kriteria:
  1. Laporan dan produk tugas berbobot 30%
  2. Hasil USS berbobot 20%
  3. Hasil US berbobot 30%
  4. Partisipasi/keaktifan dalam pembelajaran 20%

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, diskusi dan penugasan membuat produk dari bahan sederhana untuk menjaga postur tubuh berdasarkan keutuha bentuk/posisi tulang/rangka.
3 X 50

Materi: Sistem rangka
Pustaka: 1. Guyton, A. C. 2010. Fisiologi Manusia dan Mekanisme Penyakit. Jakarta: EGC. Diterjemahkan oleh Adrianto P.
5%

2

Minggu ke 2

Menguasai struktur, fungsi serta gangguan, kelainan dan penyakit sistem otot pada manusia

  1. 1. Mengidentifikasi otot rangka pada tubuh manusia
  2. 2. Membedakan macam otot (rangka, polos dan jantung) berdasarkan struktur yang berkaitan dengan proses kontraksi dan relaksasinya.
  3. 3. Menjelaskan sumber energi yang digunakan untuk kontraksi.
Kriteria:
  1. Laporan dan produk tugas berbobot 30%
  2. Hasil USS berbobot 20%
  3. Hasil US berbobot 30%
  4. Partisipasi/keaktifan dalam pembelajaran 20%

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
Ceramah dan diskusi secara klasikal
3 X 50

Materi: Sistem otot
Pustaka: 1. Guyton, A. C. 2010. Fisiologi Manusia dan Mekanisme Penyakit. Jakarta: EGC. Diterjemahkan oleh Adrianto P.
5%

3

Minggu ke 3

Menguasai struktur, fungsi serta gangguan, kelainan dan penyakit sistem otot pada manusia.

  1. 1. Menjelaskan keterlibatan syaraf dalam kontraksi dan relaksasi otot.
  2. 2. Menganalisis macam gelombang sumasi dan tetanus
  3. 3. Membedakan macam gerak otot
  4. 4. Menjelaskangangguan/kelainan dan penyakit pada otot
  5. 5. Melaksanakan dan Menyusun laporan praktikum.
Kriteria:
  1. Laporan dan produk tugas berbobot 30%
  2. Hasil USS berbobot 20%
  3. Hasil US berbobot 30%
  4. Partisipasi/keaktifan dalam pembelajaran 20%

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
Ceramah, tanya jawab, diskusi klasikal , diskusi kelompok Praktikum.
3 X 50

Materi: Sistem otot
Pustaka: 1. Guyton, A. C. 2010. Fisiologi Manusia dan Mekanisme Penyakit. Jakarta: EGC. Diterjemahkan oleh Adrianto P.
5%

4

Minggu ke 4

Menguasai struktur, fungsi serta gangguan, kelainan dan penyakit sistem saraf dan indera pada manusia.

  1. 1. Menjelaskan konsentrasi ion di dalam dan di luar sel syaraf.
  2. 2. Membedakan potensial istirahat membran dengan potensial aksi dan penghantarannya
  3. 3. Menjelaskan macam intensitas stimulasi
Kriteria:
  1. Laporan dan produk tugas berbobot 30%
  2. Hasil USS berbobot 20%
  3. Hasil US berbobot 30%
  4. Partisipasi/keaktifan dalam pembelajaran 20%

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
Ceramah, diskusi, dan penugasan
3 X 50

Materi: Sistem saraf danIndera pada manusia.
Pustaka: 1. Guyton, A. C. 2010. Fisiologi Manusia dan Mekanisme Penyakit. Jakarta: EGC. Diterjemahkan oleh Adrianto P.
5%

5

Minggu ke 5

Menguasai struktur, fungsi serta gangguan, kelainan dan penyakit sistem saraf dan indera pada manusia

  1. 1. Menentukan lokasi pusat sensorik dan motorik.
  2. 2. Menjelaskan berbagai macam neuron.
  3. 3. Menjelaskan penghantaran impuls melalui sel saraf dan sinaps.
  4. 4. Membedakan jalannya gerak refleks dan gerak terkoordinasi
  5. 5. Menjelaskan paling sedikit dua gangguan/kelainan/ penyakit pada sistem syaraf.
  6. 6. Melaksanakan dan menyusun laporan praktikum
Kriteria:
  1. Laporan dan produk tugas berbobot 30%
  2. Hasil USS berbobot 20%
  3. Hasil US berbobot 30%
  4. Partisipasi/keaktifan dalam pembelajaran 20%

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
Ceramah, diskusi, diskusi kelompok.
3 X 50

5%

6

Minggu ke 6

Menguasai struktur, fungsi serta gangguan, kelainan dan penyakit sistem hormon pada manusia

  1. 1. Menentukan lokasi masing-masing kelenjar endokrin penghasil hormon.
  2. 2. Menjelaskan fungsi masing-masing hormon yang disekresikan oleh masing-masing kelenjar.
  3. 3. Menganalisis mekanisme kontrol sekresi masing-masing hormon.
  4. 4. Menjelaskan gangguan/kelainan/penyakit pada sistem hormon
Kriteria:
  1. Laporan dan produk tugas berbobot 30%
  2. Hasil USS berbobot 20%
  3. Hasil US berbobot 30%
  4. Partisipasi/keaktifan dalam pembelajaran 20%

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, diskusi, praktikum
3 X 50

15%

7

Minggu ke 7

Menguasai struktur, fungsi serta gangguan, kelainan dan penyakit sistem pencernaan pada manusia

  1. 1. Menjelaskan fungsi masing-masing bagian dan organ penyusun sistem pencernaan.
  2. 2. Menjelaskan proses gerakan saluran pencernaan dalam rangka menggerakkan/memindahkan makanan yang dicerna.
  3. 3. Menjelaskan fungsi substansi yang disekresi oleh berbagai bagan sistem pencernaan
  4. 4. Menjelaskan peran pusat rasa lapar. 5. Menjelaskan penyerapan nutrien.
  5. 5. Menjelaskan gangguan/penyakit pada sistem pencernaan
Kriteria:
  1. Laporan dan produk tugas berbobot 30%
  2. Hasil USS berbobot 20%
  3. Hasil US berbobot 30%
  4. Partisipasi/keaktifan dalam pembelajaran 20%

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
Ceramah, diskusi
3 X 50

5%

8

Minggu ke 8

UTS


    Bentuk Penilaian :
    Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes

    3 X 50

    10%

    9

    Minggu ke 9

    Menguasai struktur, fungsi serta gangguan, kelainan dan penyakit sistem respirasi pada manusia

    1. 1. Mengidentifikasi fungsi komponen sistem respirasi.
    2. 2. Menganalisis proses pertukaran gas yang diregulasi oleh pusat respirasi.
    3. 3. Menjelaskan berbagai macam volume dan kapasitas sistem respirasi.
    4. 4. . Menjelaskan gangguan /kelainan/penyakit pada sistem respirasi.
    5. 5. Melaksanakan dan menyusun laporan praktikum volume dan kapasitas paru-paru.
    Kriteria:
    1. Laporan dan produk tugas berbobot 30%
    2. Hasil USS berbobot 20%
    3. Hasil US berbobot 30%
    4. Partisipasi/keaktifan dalam pembelajaran 20%

    Bentuk Penilaian :
    Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
    Ceramah, diskusi, penugasan
    3 X 50

    5%

    10

    Minggu ke 10

    Menguasai struktur, fungsi serta gangguan, kelainan dan penyakit sistem kardiovaskuler pada manusia.

    1. Mengidentifikasi komponen sistem kardiovaskular manusia
    2. Menjelaskan kerja organ-organ penyusun sistem kardiovaskular.
    3. Menghubungkan terjadinya tekanan darah dengan cara pengukurannya.
    4. Menjelaskan kontrol kerja system kardiovaskuler yang melibatkan saraf dan hormon
    5. Menganalisis susunan dan fungsi komponen darah.
    6. Menganalisis siklus sel darah merah
    Kriteria:
    1. Laporan dan produk tugas berbobot 30%
    2. Hasil USS berbobot 20%
    3. Hasil US berbobot 30%
    4. Partisipasi/keaktifan dalam pembelajaran 20%

    Bentuk Penilaian :
    Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
    Ceramah, diskusi,
    3 X 50

    5%

    11

    Minggu ke 11

    Menguasai struktur, fungsi serta gangguan, kelainan dan penyakit sistem kardiovaskuler pada manusia

    1. 1. Menganalisis proses pembekuan darah
    2. 2. Menjelaskan gangguan/kelainan/penyakit sistem kardiovaskuler
    3. 3. Melaksanakan dan menyusun laporan praktikum system kardiovaskuler
    Kriteria:
    1. Laporan dan produk tugas berbobot 30%
    2. Hasil USS berbobot 20%
    3. Hasil US berbobot 30%
    4. Partisipasi/keaktifan dalam pembelajaran 20%

    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
    Ceramah, diskusi, praktikum
    3 X 50

    5%

    12

    Minggu ke 12

    Menguasai struktur, fungsi serta gangguan, kelainan dan penyakit sistem imun pada manusia

    1. 1. Mengidentifikasi organ-organ yang terlibat dalam sistem imun.
    2. 2. Menjelaskan komponen yang terlibat dalam system imun
    3. 3. Menjelaskan proses berfungsinya sistem imun melawan antigen.
    4. 4. Menjelaskan gangguan/kelainan/ kelainan sistem imun.
    Kriteria:
    1. Laporan dan produk tugas berbobot 30%
    2. Hasil USS berbobot 20%
    3. Hasil US berbobot 30%
    4. Partisipasi/keaktifan dalam pembelajaran 20%

    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
    Ceramah, diskusi, penugasan
    3 X 50

    5%

    13

    Minggu ke 13

    Memahami struktur dan fungsi sistem urinaria

    1. 1. Menjelaskan topografi sistem urinaria.
    2. 2. Menjelaskan peran berbagai organ yang terlibat dalam Sistem Eksresi.
    3. 3. Menjelaskan proses pembentukan urin dan pengeluarannya
    4. 4. Menjelaskan paling sedikit 2 gangguan/kelainan/penyakit pada ginjal.
    5. 5. Menjelaskan proses dialisis.
    6. 6. Melaksanakan dan menyusun laporan uji urin
    Kriteria:
    1. Laporan dan produk tugas berbobot 30%
    2. Hasil USS berbobot 20%
    3. Hasil US berbobot 30%
    4. Partisipasi/keaktifan dalam pembelajaran 20%

    Bentuk Penilaian :
    Tes
    Ceramah, diskusi, penugasan
    3 X 50

    5%

    14

    Minggu ke 14

    Menguasai struktur, fungsi serta gangguan, kelainan dan penyakit sistem reproduksi pada manusia

    1. 1. Mengidentifikasi topografi organ genitalia laki-laki dan perempuan.
    2. 2. Membedakan oogenesis dan spermatogenesis
    3. 3. Menjelaskan saat masing-masing hormon kelamin berpengaruh.
    Kriteria:
    1. Laporan dan produk tugas berbobot 30%
    2. Hasil USS berbobot 20%
    3. Hasil US berbobot 30%
    4. Partisipasi/keaktifan dalam pembelajaran 20%

    Bentuk Penilaian :
    Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
    Ceramah, diskusi dan penugasan
    3 X 50

    5%

    15

    Minggu ke 15

    Menguasai struktur, fungsi serta gangguan, kelainan dan penyakit sistem reproduksi pada manusia

    1. 4. Mendeskripsikan siklus menstruasi.
    2. 5. Menentukan kapan ovulasi terjadi pada kisaran siklus menstruasi.
    3. 6. Menjelaskan proses ejakulasi sperma.
    Kriteria:
    1. Laporan dan produk tugas berbobot 30%
    2. Hasil USS berbobot 20%
    3. Hasil US berbobot 30%
    4. Partisipasi/keaktifan dalam pembelajaran 20%

    Bentuk Penilaian :
    Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
    Ceramah, Diskusi dan penugasan
    3 X 50

    5%

    16

    Minggu ke 16

    UTS


    Bentuk Penilaian :
    Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes


    10%



    Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

    No Evaluasi Persentase
    1. Aktifitas Partisipasif 17.52%
    2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 50.02%
    3. Tes 32.52%
    100%

    Catatan

    1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
    2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
    3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
    4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
    5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
    6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
    7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
    8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
    9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
    10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
    11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
    12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.