|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S1 Pendidikan Biologi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Anatomi dan Fisiologi Manusia |
8420503011 |
|
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
5 |
17 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Nur Kuswanti, M.Sc.St.
|
Dr. Nur Kuswanti, M.Sc.St.
|
Dr. Rinie Pratiwi Puspitawati, M.Si. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-8 |
Mampu mendemonstrasikan pengetahuan terkait dengan penelitian pendidikan biologi |
PLO-9 |
Mampu merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran biologi dengan memanfaatkan ICT |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menguasai konsep-konsep Anatomi dan Fisiologi Manusia.
|
PO - 2 |
Mampu menerapkan konsep-konsep Anatomi dan Fisiologi Manusia dalam kehidupan sehari-hari dengan menghasilkan produk untuk mengatasi masalah dalam bentuk laporan kegiatan praktikum.
|
PO - 3 |
Mampu mendesain/menyiapkan, melaksanakan dan penelitian sederhana berkaitan dengan Anatomi dan fisiologi manusia
|
PO - 4 |
Mampu membuat keputusan berdasarkan data/informasi dalam rangka menyelesaikan tugas berkaitan dengan pembelajaran maupun praktikum berkaitan dengan Anatomi dan Fisiologi Manusia.
|
PO - 5 |
Mampu mendemonstrasikan sikap ilmiah dalam pembelajaran biologi dan kegiatan laboratorium berkaitan dengan Anatomi dan Fisiologi Manusia.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-8 | PLO-9 | PO-1 | | | PO-2 | | | PO-3 | | | PO-4 | | | PO-5 | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Dalam mata kuliah ini dibahas anatomi dan fisiologi manusia mencakup struktur fungsi sistem rangka, system otot, sistem saraf dan indera, sistem hormon, pencernaan pada manusia, sistem respirasi pada manusia, sistem kardiovaskular, system imun, sistem eksresi dan sistem reproduksi pada manusia beserta gangguan, kelainan dan penyakit yang berkaitan dengan masing-masing sistem. Mata kuliah ini juga membekali mahasiswa untuk melaksanakan investigasi berkaitan dengan anatomi dan fisiologi sistem pada manusia. Kegiatan tersebut ditidaklanjuti dengan penyusunan laporan tertulis hasil kegiatan yang mencantumkan data hasil kegiatan dan membahas dan menyusun simpulan berdasarkan data yang diperoleh dan pembahasannya. Selain itu mahasiswa juga diminta mengembangkan produk untuk mengatasi masalah yang berkaitan dengan kelainan/gangguan/penyakit pada anatimi dan fisiologi manusia. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- 1. Guyton, A. C. 2010. Fisiologi Manusia dan Mekanisme Penyakit. Jakarta: EGC. Diterjemahkan oleh Adrianto P.
- 2. Guyton. A. C. 2008. Textbook of Medical Physiology. WB Saunders Comp.Toronto.
- 3. Marrieb and Hoen. 2007. Human Anatomy and Physiology. Pearson ed Inc. San Fransisco.
- 4. Putz, R and Pabst R. 1995. Sobotta Atlas Anatomi Manusia. Alih Bahasa Indriarti. Ed. 20. EGC
- 5. Spalteholz-Spanner. 1973. Handatlas Der Anatomies Des Menschen I & II. Amsterdam: Scheltema
- 6. Kuswanti, N., Tjandrakirana, Purnama, E.R., Khaleyla, F. 2020. Petunjum Praktikum Anatomi dan Fisiologi Manusia. Jurusan Biologi, Universitas Negeri Surabaya, Surabaya.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Nur Kuswanti, M.Sc.St. Erlix Rakhmad Purnama, S.Si., M.Si. dr. Hanifiya Samha Wardhani, M.Kes. Firas Khaleyla, S.Si., M.Si. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Menguasai struktur, fungsi serta gangguan, kelainan dan penyakit sistem rangka pada manusia |
- 1. Membedakan organ-organ sistem gerak berdasarkan aktivitasnya
- 2. Menentukan macam-macam tulang penyusun rangka manusia.
- 3. Membedakan berbagai macam tulang berdasarkan bentuknya
- 4. Membedakan tulang berdasarkan macam jaringannya.
- 5. Menentukan macam sendi berdasarkan gerakannya.
- 6. Menjelaskan proses osifikasi.
- 7. Menjelaskan kelainan / penyakit sistem rangka.
- 8. Membuat perangkat dari bahan sederhana untuk menjaga postur tubuh berdasarkan keutuha bentuk/posisi tulang/rangka.
|
Kriteria:
- Laporan dan produk tugas berbobot 30%
- Hasil USS berbobot 20%
- Hasil US berbobot 30%
- Partisipasi/keaktifan dalam pembelajaran 20%
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, diskusi dan penugasan membuat produk dari bahan sederhana untuk menjaga postur tubuh berdasarkan keutuha bentuk/posisi tulang/rangka. 3 X 50 |
|
Materi: Sistem rangka Pustaka: 1. Guyton, A. C. 2010. Fisiologi Manusia dan Mekanisme Penyakit. Jakarta: EGC. Diterjemahkan oleh Adrianto P. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Menguasai struktur, fungsi serta gangguan, kelainan dan penyakit sistem otot pada manusia |
- 1. Mengidentifikasi otot rangka pada tubuh manusia
- 2. Membedakan macam otot (rangka, polos dan jantung) berdasarkan struktur yang berkaitan dengan proses kontraksi dan relaksasinya.
- 3. Menjelaskan sumber energi yang digunakan untuk kontraksi.
|
Kriteria:
- Laporan dan produk tugas berbobot 30%
- Hasil USS berbobot 20%
- Hasil US berbobot 30%
- Partisipasi/keaktifan dalam pembelajaran 20%
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Ceramah dan diskusi secara klasikal 3 X 50 |
|
Materi: Sistem otot Pustaka: 1. Guyton, A. C. 2010. Fisiologi Manusia dan Mekanisme Penyakit. Jakarta: EGC. Diterjemahkan oleh Adrianto P. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Menguasai struktur, fungsi serta gangguan, kelainan dan penyakit sistem otot pada manusia. |
- 1. Menjelaskan keterlibatan syaraf dalam kontraksi dan relaksasi otot.
- 2. Menganalisis macam gelombang sumasi dan tetanus
- 3. Membedakan macam gerak otot
- 4. Menjelaskangangguan/kelainan dan penyakit pada otot
- 5. Melaksanakan dan Menyusun laporan praktikum.
|
Kriteria:
- Laporan dan produk tugas berbobot 30%
- Hasil USS berbobot 20%
- Hasil US berbobot 30%
- Partisipasi/keaktifan dalam pembelajaran 20%
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Ceramah, tanya jawab, diskusi klasikal , diskusi kelompok Praktikum. 3 X 50 |
|
Materi: Sistem otot Pustaka: 1. Guyton, A. C. 2010. Fisiologi Manusia dan Mekanisme Penyakit. Jakarta: EGC. Diterjemahkan oleh Adrianto P. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Menguasai struktur, fungsi serta gangguan, kelainan dan penyakit sistem saraf dan indera pada manusia. |
- 1. Menjelaskan konsentrasi ion di dalam dan di luar sel syaraf.
- 2. Membedakan potensial istirahat membran dengan potensial aksi dan penghantarannya
- 3. Menjelaskan macam intensitas stimulasi
|
Kriteria:
- Laporan dan produk tugas berbobot 30%
- Hasil USS berbobot 20%
- Hasil US berbobot 30%
- Partisipasi/keaktifan dalam pembelajaran 20%
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Ceramah, diskusi, dan penugasan 3 X 50 |
|
Materi: Sistem saraf danIndera pada manusia. Pustaka: 1. Guyton, A. C. 2010. Fisiologi Manusia dan Mekanisme Penyakit. Jakarta: EGC. Diterjemahkan oleh Adrianto P. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Menguasai struktur, fungsi serta gangguan, kelainan dan penyakit sistem saraf dan indera pada manusia |
- 1. Menentukan lokasi pusat sensorik dan motorik.
- 2. Menjelaskan berbagai macam neuron.
- 3. Menjelaskan penghantaran impuls melalui sel saraf dan sinaps.
- 4. Membedakan jalannya gerak refleks dan gerak terkoordinasi
- 5. Menjelaskan paling sedikit dua gangguan/kelainan/ penyakit pada sistem syaraf.
- 6. Melaksanakan dan menyusun laporan praktikum
|
Kriteria:
- Laporan dan produk tugas berbobot 30%
- Hasil USS berbobot 20%
- Hasil US berbobot 30%
- Partisipasi/keaktifan dalam pembelajaran 20%
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Ceramah, diskusi, diskusi kelompok. 3 X 50 |
|
|
5% |
6
Minggu ke 6 |
Menguasai struktur, fungsi serta gangguan, kelainan dan penyakit sistem hormon pada manusia |
- 1. Menentukan lokasi masing-masing kelenjar endokrin penghasil hormon.
- 2. Menjelaskan fungsi masing-masing hormon yang disekresikan oleh masing-masing kelenjar.
- 3. Menganalisis mekanisme kontrol sekresi masing-masing hormon.
- 4. Menjelaskan gangguan/kelainan/penyakit pada sistem hormon
|
Kriteria:
- Laporan dan produk tugas berbobot 30%
- Hasil USS berbobot 20%
- Hasil US berbobot 30%
- Partisipasi/keaktifan dalam pembelajaran 20%
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, diskusi, praktikum 3 X 50 |
|
|
15% |
7
Minggu ke 7 |
Menguasai struktur, fungsi serta gangguan, kelainan dan penyakit sistem pencernaan pada manusia |
- 1. Menjelaskan fungsi masing-masing bagian dan organ penyusun sistem pencernaan.
- 2. Menjelaskan proses gerakan saluran pencernaan dalam rangka menggerakkan/memindahkan makanan yang dicerna.
- 3. Menjelaskan fungsi substansi yang disekresi oleh berbagai bagan sistem pencernaan
- 4. Menjelaskan peran pusat rasa lapar. 5. Menjelaskan penyerapan nutrien.
- 5. Menjelaskan gangguan/penyakit pada sistem pencernaan
|
Kriteria:
- Laporan dan produk tugas berbobot 30%
- Hasil USS berbobot 20%
- Hasil US berbobot 30%
- Partisipasi/keaktifan dalam pembelajaran 20%
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Ceramah, diskusi 3 X 50 |
|
|
5% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
3 X 50 |
|
|
10% |
9
Minggu ke 9 |
Menguasai struktur, fungsi serta gangguan, kelainan dan penyakit sistem respirasi pada manusia |
- 1. Mengidentifikasi fungsi komponen sistem respirasi.
- 2. Menganalisis proses pertukaran gas yang diregulasi oleh pusat respirasi.
- 3. Menjelaskan berbagai macam volume dan kapasitas sistem respirasi.
- 4. . Menjelaskan gangguan /kelainan/penyakit pada sistem respirasi.
- 5. Melaksanakan dan menyusun laporan praktikum volume dan kapasitas paru-paru.
|
Kriteria:
- Laporan dan produk tugas berbobot 30%
- Hasil USS berbobot 20%
- Hasil US berbobot 30%
- Partisipasi/keaktifan dalam pembelajaran 20%
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, diskusi, penugasan 3 X 50 |
|
|
5% |
10
Minggu ke 10 |
Menguasai struktur, fungsi serta gangguan, kelainan dan penyakit sistem kardiovaskuler pada manusia. |
- Mengidentifikasi komponen sistem kardiovaskular manusia
- Menjelaskan kerja organ-organ penyusun sistem kardiovaskular.
- Menghubungkan terjadinya tekanan darah dengan cara pengukurannya.
- Menjelaskan kontrol kerja system kardiovaskuler yang melibatkan saraf dan hormon
- Menganalisis susunan dan fungsi komponen darah.
- Menganalisis siklus sel darah merah
|
Kriteria:
- Laporan dan produk tugas berbobot 30%
- Hasil USS berbobot 20%
- Hasil US berbobot 30%
- Partisipasi/keaktifan dalam pembelajaran 20%
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Ceramah, diskusi, 3 X 50 |
|
|
5% |
11
Minggu ke 11 |
Menguasai struktur, fungsi serta gangguan, kelainan dan penyakit sistem kardiovaskuler pada manusia |
- 1. Menganalisis proses pembekuan darah
- 2. Menjelaskan gangguan/kelainan/penyakit sistem kardiovaskuler
- 3. Melaksanakan dan menyusun laporan praktikum system kardiovaskuler
|
Kriteria:
- Laporan dan produk tugas berbobot 30%
- Hasil USS berbobot 20%
- Hasil US berbobot 30%
- Partisipasi/keaktifan dalam pembelajaran 20%
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Ceramah, diskusi, praktikum 3 X 50 |
|
|
5% |
12
Minggu ke 12 |
Menguasai struktur, fungsi serta gangguan, kelainan dan penyakit sistem imun pada manusia |
- 1. Mengidentifikasi organ-organ yang terlibat dalam sistem imun.
- 2. Menjelaskan komponen yang terlibat dalam system imun
- 3. Menjelaskan proses berfungsinya sistem imun melawan antigen.
- 4. Menjelaskan gangguan/kelainan/ kelainan sistem imun.
|
Kriteria:
- Laporan dan produk tugas berbobot 30%
- Hasil USS berbobot 20%
- Hasil US berbobot 30%
- Partisipasi/keaktifan dalam pembelajaran 20%
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Ceramah, diskusi, penugasan 3 X 50 |
|
|
5% |
13
Minggu ke 13 |
Memahami struktur dan fungsi sistem urinaria |
- 1. Menjelaskan topografi sistem urinaria.
- 2. Menjelaskan peran berbagai organ yang terlibat dalam Sistem Eksresi.
- 3. Menjelaskan proses pembentukan urin dan pengeluarannya
- 4. Menjelaskan paling sedikit 2 gangguan/kelainan/penyakit pada ginjal.
- 5. Menjelaskan proses dialisis.
- 6. Melaksanakan dan menyusun laporan uji urin
|
Kriteria:
- Laporan dan produk tugas berbobot 30%
- Hasil USS berbobot 20%
- Hasil US berbobot 30%
- Partisipasi/keaktifan dalam pembelajaran 20%
Bentuk Penilaian : Tes |
Ceramah, diskusi, penugasan 3 X 50 |
|
|
5% |
14
Minggu ke 14 |
Menguasai struktur, fungsi serta gangguan, kelainan dan penyakit sistem reproduksi pada manusia |
- 1. Mengidentifikasi topografi organ genitalia laki-laki dan perempuan.
- 2. Membedakan oogenesis dan spermatogenesis
- 3. Menjelaskan saat masing-masing hormon kelamin berpengaruh.
|
Kriteria:
- Laporan dan produk tugas berbobot 30%
- Hasil USS berbobot 20%
- Hasil US berbobot 30%
- Partisipasi/keaktifan dalam pembelajaran 20%
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Ceramah, diskusi dan penugasan 3 X 50 |
|
|
5% |
15
Minggu ke 15 |
Menguasai struktur, fungsi serta gangguan, kelainan dan penyakit sistem reproduksi pada manusia |
- 4. Mendeskripsikan siklus menstruasi.
- 5. Menentukan kapan ovulasi terjadi pada kisaran siklus menstruasi.
- 6. Menjelaskan proses ejakulasi sperma.
|
Kriteria:
- Laporan dan produk tugas berbobot 30%
- Hasil USS berbobot 20%
- Hasil US berbobot 30%
- Partisipasi/keaktifan dalam pembelajaran 20%
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, Diskusi dan penugasan 3 X 50 |
|
|
5% |
16
Minggu ke 16 |
UTS |
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
|
|
|
10% |