Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S1 Matematika

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Aplikasi Kontrol Nonlinear

4420103023

T=3

P=0

ECTS=4.77

8

22 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Prof. Dr. Raden Sulaiman, M.Si.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
PO

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah Aplikasi Kontrol Nonlinear bertujuan untuk mengkaji sistem nonlinear dan aplikasinya pada bidang matematika maupun non-matematika. Pemahaman konsep kontrol nonlinear difokuskan antara lain meliputi linearisasi di sekitar titik kesetimbangan, sistem nonlinear dengan atau tanpa lup, relokasi posisi poles, sistem dengan suatu state feedback atau output feedback , beberapa types of feedback ( proportional, integral, derivative, dan PID ), serta penerapan prinsip optimal kontrol pada solusi optimal dari suatu permasalahan nonlinear. Pembahasan juga mendiskusikan terkait sifat-sifat sistem berbasis respon sistem maupun posisi poles untuk mengkaji kestabilan, keterkontrolan, serta keobservabelan dengan atau tanpa umpan balik. Penerapan dan simulasi didiskusikan dengan ilustrasi permasalahan berbasis techno-echo-enterpreneur-maths. Pembelajaran dilakukan dengan menerapkan gabungan antara pendekatan problem-based learning , diskusi, dan metode konvesional. Kegiatan pembelajaran diarahkan untuk memotivasi keterampilan dalam presentasi kelompok dengan topik-topik yang ditentukan. Pelaksanaan penilaian ditentukan dengan bobot proporsional, yang dilakukan selama proses pembelajaran dengan keaktifan partisipasi interaktif, presentasi, tugas dan ujian tengah semester, serta ujian akhir semester.

Pustaka

Utama :

  1. Bryson, A.E. and Ho, Y-C. 1969. Applied Optimal Control . Gim and Company.
  2. Caldwell, J. and Douglas, K.S.Ng. 2004. Mathematical Modelling: Case Studies and Project. Kluwer Academic Publisher.
  3. Franklin, Gene F., Powell, J.D. and Emami-Naeini, Abbas, 1986. Feedback Control of Dynamic Systems . Addison-Wesley Publishing Company.
  4. Lewis, Frank L., 1992. Applied Optimal Control & Estimation, Digital Design & Implementation . Prentice-Hall International.
  5. Olsder, G.J. (with the collaboration of J.W. van der Woude) 1996. Mathematical System Theory . Delft Uitgevers Maatschappij.
  6. Slotine, J-J.E. and Li, W. 1991. Applied Nonlinear Control . Prentice-Hall.
  7. Sokolowski, J.A. and Banks, C.M. 2009. Principles of Modeling and Simulations: A Multidisiplinary Approach. John Wiley & Sons.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dr. Yusuf Fuad, M.App.Sc.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1



0%

2

Minggu ke 2



0%

3

Minggu ke 3



0%

4

Minggu ke 4



0%

5

Minggu ke 5



0%

6

Minggu ke 6



0%

7

Minggu ke 7



0%

8

Minggu ke 8



0%

9

Minggu ke 9



0%

10

Minggu ke 10



0%

11

Minggu ke 11



0%

12

Minggu ke 12



0%

13

Minggu ke 13



0%

14

Minggu ke 14



0%

15

Minggu ke 15



0%

16

Minggu ke 16



0%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
0%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.