|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S3 Pendidikan Matematika
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Praktik Riset Pendidikan Matematika (Research Practice in Mathematics Education) |
8400202053 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=5.04 |
3 |
22 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Prof. Dr. Tatag Yuli Eko Siswono, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-7 |
Mampu menguasai teori dan praktik penelitian dalam pendidikan matematika yang orisinil, kreatif, dan inovatif. |
PLO-9 |
Mampu mengambil keputusan berdasarkan data dan mengkomunikasikan ide penelitian, hasil dan argumentasinya secara tertulis dan lisan. |
Program Objectives (PO) |
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Salah satu bagian penting seorang intelektual adalah mengembangkan pengetahuan melalui riset. Mata kuliah ini menargetkan pengembangan keterampilan riset mahasiswa dengan maksud spesifik berikut: (1) memberikan pengalaman riset melalui analisis data penelitian pendidikan matematika yang sudah atau sedang berlangsung dan interpretasi hasilnya sebelum memprogram disertasi; (2) melibatkan mahasiswa dalam melakukan riset awal disertasi; (3) meningkatkan keterampilan riset mahasiswa; dan (4) mengembangkan keterampilan dalam menulis untuk publikasi. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Ahsbahs, A.B., & Prediger, S., Eds. 2014. Networking of Theories as a Research Practice in Mathematics Education . Switzerland: Springer International Publishing.
- Ahsbahs, A.B., Knipping, C., & Presmeg, N. Eds. 2015. Approaches to Qualitative Research in Mathematics Education . Dordrecht: Springer Science Business Media.
- American Psychological Association. 2020. Publication Manual . Washington, DC: The APA.
- Creswell, J.W., & Creswell, J.D., 2018. Research Design . California: SAGE Publications, Inc.
- Denzin, N.K., & Lincoln, Y.S. Eds. 2018. The SAGE Handbook of Qualitative Research . California: SAGE Publications, Inc.
- Ellison, C., . 2010. McGraw-Hill’s Concise Guide to Writing Research Papers . New York: The McGraw-Hill Companies.
- Lerman, S. Eds.2020. Encyclopedia of Mathematics Education . Switzerland, AG: Springer Nature.
- Miles, M.B., Huberman, A.M., & Saldana, J. 2014. Qualitative Data Analysis . Singapore: SAGE Publications, Inc.
- Sriraman, B., & English, L. Eds. 2010. Theories of Mathematics Education . Berlin: Springer-Verlag.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Agung Lukito, M.S. Prof. Dr. Abadi, M.Sc. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mampu mendeskripsikan ide penelitian, kerangka berpikir latar belakang masalah penelitian pendahuluan |
Kerangka berpikir latar belakang masalah penelitian pendahuluan |
|
Presentasi secara luring 2 X 50 |
|
|
0% |
2
Minggu ke 2 |
Mampu mendeskripsikan ide penelitian, kerangka berpikir latar belakang masalah penelitian pendahuluan |
Kerangka berpikir latar belakang masalah penelitian pendahuluan |
|
Presentasi secara luring 2 X 50 |
|
|
0% |
3
Minggu ke 3 |
Mampu merumuskan masalah penelitian pendahuluan. |
Tersusunnya latar belakang masalah dan rumusan masalah penelitian pendahuluan. |
|
Diskusi kelompok 2 X 50 |
|
|
0% |
4
Minggu ke 4 |
Mampu melakukan Systematic Literature Reviews dan menyusun kerangka teoretik dan kerangka konseptual penelitian pendahuluan. |
Kerangka teoretik dan kerangka konseptual penelitian pendahuluan. |
|
Diskusi dan presentasi secara luring 2 X 50 |
|
|
0% |
5
Minggu ke 5 |
Mampu melakukan Systematic Literature Reviews dan menyusun kerangka teoretik dan kerangka konseptual penelitian pendahuluan. |
Kerangka teoretik dan kerangka konseptual penelitian pendahuluan. |
|
Diskusi dan presentasi secara luring 2 X 50 |
|
|
0% |
6
Minggu ke 6 |
Mampu menyusun kajian teori penelitian pendahuluan. |
Melakukan kajian teori berdasarkan kerangka teoretik dan kerangka konseptual masalah penelitian pendahuluan. |
|
Tugas mandiri. 2 X 50 |
|
|
0% |
7
Minggu ke 7 |
Mendeskripsikan hasil kajian teori secara verbal (lisan dan tulisan) |
Mempresentasikan hasil kajian teori secara verbal. |
|
Presentasi secara luring 2 X 50 |
|
|
0% |
8
Minggu ke 8 |
Menentukan pendekatan/metode penelitian pendahuluan dan mendeskripsikan tahapan-tahapan penelitian pendahuluan. |
- Kesesuaian pendekatan/metode dengan masalah penelitian
- Kesesuaian data penelitian yang diperlukan
- Kesesuaian analisis data yang diperoleh
|
|
Presentasi secara luring 4 X 50 |
|
|
0% |
9
Minggu ke 9 |
Menentukan pendekatan/metode penelitian pendahuluan dan mendeskripsikan tahapan-tahapan penelitian pendahuluan. |
- Kesesuaian pendekatan/metode dengan masalah penelitian
- Kesesuaian data penelitian yang diperlukan
- Kesesuaian analisis data yang diperoleh
|
|
Presentasi secara luring 4 X 50 |
|
|
0% |
10
Minggu ke 10 |
Melaksanakan praktik penelitian pendahuluan |
Melakukan penelitian pendahuluan di lapangan (mengambil data, analisis data, menarik kesimpulan) |
|
Kerja mandiri dan konsultasi 4 X 50 |
|
|
0% |
11
Minggu ke 11 |
Melaksanakan praktik penelitian pendahuluan |
Melakukan penelitian pendahuluan di lapangan (mengambil data, analisis data, menarik kesimpulan) |
|
Kerja mandiri dan konsultatif. 4 X 50 |
|
|
0% |
12
Minggu ke 12 |
Melaksanakan praktik penelitian pendahuluan |
Melakukan penelitian pendahuluan di lapangan (mengambil data, analisis data, menarik kesimpulan) |
|
Kerja mandiri dan konsultatif. 4 X 50 |
|
|
0% |
13
Minggu ke 13 |
Menyusun artikel hasil penelitian |
Tersusunnya artikel ilmiah hasil penelitian |
|
Kerja mandiri dan konsultatif. 2 X 50 |
|
|
0% |
14
Minggu ke 14 |
Menyusun artikel hasil penelitian |
Tersusunnya artikel ilmiah hasil penelitian |
|
Kerja mandiri dan konsultatif. 2 X 50 |
|
|
0% |
15
Minggu ke 15 |
Menyusun artikel hasil penelitian |
Tersusunnya artikel ilmiah hasil penelitian |
|
Kerja mandiri dan konsultatif. 2 X 50 |
|
|
0% |
16
Minggu ke 16 |
|
|
|
|
|
|
0% |