Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S3 Pendidikan Matematika

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Praktik Riset Pendidikan Matematika (Research Practice in Mathematics Education)

8400202053

T=2

P=0

ECTS=5.04

3

22 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Prof. Dr. Tatag Yuli Eko Siswono, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-7

Mampu menguasai teori dan praktik penelitian dalam pendidikan matematika yang orisinil, kreatif, dan inovatif.

PLO-9

Mampu mengambil keputusan berdasarkan data dan mengkomunikasikan ide penelitian, hasil dan argumentasinya secara tertulis dan lisan.

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-3PLO-7PLO-9

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Salah satu bagian penting seorang intelektual adalah mengembangkan pengetahuan melalui riset. Mata kuliah ini menargetkan pengembangan keterampilan riset mahasiswa dengan maksud spesifik berikut: (1) memberikan pengalaman riset melalui analisis data penelitian pendidikan matematika yang sudah atau sedang berlangsung dan interpretasi hasilnya sebelum memprogram disertasi; (2) melibatkan mahasiswa dalam melakukan riset awal disertasi; (3) meningkatkan keterampilan riset mahasiswa; dan (4) mengembangkan keterampilan dalam menulis untuk publikasi.

Pustaka

Utama :

  1. Ahsbahs, A.B., & Prediger, S., Eds. 2014. Networking of Theories as a Research Practice in Mathematics Education . Switzerland: Springer International Publishing.
  2. Ahsbahs, A.B., Knipping, C., & Presmeg, N. Eds. 2015. Approaches to Qualitative Research in Mathematics Education . Dordrecht: Springer Science Business Media.
  3. American Psychological Association. 2020. Publication Manual . Washington, DC: The APA.
  4. Creswell, J.W., & Creswell, J.D., 2018. Research Design . California: SAGE Publications, Inc.
  5. Denzin, N.K., & Lincoln, Y.S. Eds. 2018. The SAGE Handbook of Qualitative Research . California: SAGE Publications, Inc.
  6. Ellison, C., . 2010. McGraw-Hill’s Concise Guide to Writing Research Papers . New York: The McGraw-Hill Companies.
  7. Lerman, S. Eds.2020. Encyclopedia of Mathematics Education . Switzerland, AG: Springer Nature.
  8. Miles, M.B., Huberman, A.M., & Saldana, J. 2014. Qualitative Data Analysis . Singapore: SAGE Publications, Inc.
  9. Sriraman, B., & English, L. Eds. 2010. Theories of Mathematics Education . Berlin: Springer-Verlag.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dr. Agung Lukito, M.S.

Prof. Dr. Abadi, M.Sc.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu mendeskripsikan ide penelitian, kerangka berpikir latar belakang masalah penelitian pendahuluan

Kerangka berpikir latar belakang masalah penelitian pendahuluan

Presentasi secara luring
2 X 50

0%

2

Minggu ke 2

Mampu mendeskripsikan ide penelitian, kerangka berpikir latar belakang masalah penelitian pendahuluan

Kerangka berpikir latar belakang masalah penelitian pendahuluan

Presentasi secara luring
2 X 50

0%

3

Minggu ke 3

Mampu merumuskan masalah penelitian pendahuluan.

Tersusunnya latar belakang masalah dan rumusan masalah penelitian pendahuluan.

Diskusi kelompok
2 X 50

0%

4

Minggu ke 4

Mampu melakukan Systematic Literature Reviews dan menyusun kerangka teoretik dan kerangka konseptual penelitian pendahuluan.

Kerangka teoretik dan kerangka konseptual penelitian pendahuluan.

Diskusi dan presentasi secara luring
2 X 50

0%

5

Minggu ke 5

Mampu melakukan Systematic Literature Reviews dan menyusun kerangka teoretik dan kerangka konseptual penelitian pendahuluan.

Kerangka teoretik dan kerangka konseptual penelitian pendahuluan.

Diskusi dan presentasi secara luring
2 X 50

0%

6

Minggu ke 6

Mampu menyusun kajian teori penelitian pendahuluan.

Melakukan kajian teori berdasarkan kerangka teoretik dan kerangka konseptual masalah penelitian pendahuluan.

Tugas mandiri.
2 X 50

0%

7

Minggu ke 7

Mendeskripsikan hasil kajian teori secara verbal (lisan dan tulisan)

Mempresentasikan hasil kajian teori secara verbal.

Presentasi secara luring
2 X 50

0%

8

Minggu ke 8

Menentukan pendekatan/metode penelitian pendahuluan dan mendeskripsikan tahapan-tahapan penelitian pendahuluan.

  1. Kesesuaian pendekatan/metode dengan masalah penelitian
  2. Kesesuaian data penelitian yang diperlukan
  3. Kesesuaian analisis data yang diperoleh
Presentasi secara luring
4 X 50

0%

9

Minggu ke 9

Menentukan pendekatan/metode penelitian pendahuluan dan mendeskripsikan tahapan-tahapan penelitian pendahuluan.

  1. Kesesuaian pendekatan/metode dengan masalah penelitian
  2. Kesesuaian data penelitian yang diperlukan
  3. Kesesuaian analisis data yang diperoleh
Presentasi secara luring
4 X 50

0%

10

Minggu ke 10

Melaksanakan praktik penelitian pendahuluan

Melakukan penelitian pendahuluan di lapangan (mengambil data, analisis data, menarik kesimpulan)

Kerja mandiri dan konsultasi
4 X 50

0%

11

Minggu ke 11

Melaksanakan praktik penelitian pendahuluan

Melakukan penelitian pendahuluan di lapangan (mengambil data, analisis data, menarik kesimpulan)

Kerja mandiri dan konsultatif.
4 X 50

0%

12

Minggu ke 12

Melaksanakan praktik penelitian pendahuluan

Melakukan penelitian pendahuluan di lapangan (mengambil data, analisis data, menarik kesimpulan)

Kerja mandiri dan konsultatif.
4 X 50

0%

13

Minggu ke 13

Menyusun artikel hasil penelitian

Tersusunnya artikel ilmiah hasil penelitian

Kerja mandiri dan konsultatif.
2 X 50

0%

14

Minggu ke 14

Menyusun artikel hasil penelitian

Tersusunnya artikel ilmiah hasil penelitian

Kerja mandiri dan konsultatif.
2 X 50

0%

15

Minggu ke 15

Menyusun artikel hasil penelitian

Tersusunnya artikel ilmiah hasil penelitian

Kerja mandiri dan konsultatif.
2 X 50

0%

16

Minggu ke 16



0%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
0%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.