|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Medan Elektromagnetik |
8320102264 |
|
T=0 |
P=0 |
ECTS=0 |
1 |
30 Januari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Ir. Fendi Achmad, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu menerapkan prinsip-prinsip keteknikan, mengidentifikasi, merumuskan dan menganalisis data/informasi untuk memecahkan permasalahan di bidang medan elektromagnetik
|
PO - 2 |
Mampu menyampaikan gagasan dan hasil inovasi bidang medan elektromagnetik secara efektif baik secara lisan maupun tertulis
|
PO - 3 |
Mampu merencanakan, menyelesaikan dan mengevaluasi tugas-tugas yang berkaitan dengan bidang medan elektromagnetik
|
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mahasiswa dapat mendiskusikan analisa vektor, mengidentifikasi hukum colomb , membedakan intensitas medan listrik, menentukan fluks dan gauss, menjelaskan divergensi, menyimpulkan energi dan potensial, mengkategorikan konduktor dan kapasitansi, mengklasifikasikan hukum ampere dan medan magnet, gaya magnetik dan torsi, induktansi dan rangkaian magnet, GGL, imbas magnetik yang berubah terhadap waktu, persamaan maxwell, gelombang elektromagnetik, serta menggali perkembangan teknologi yang berhubungan dengan medan elektromagnetik terkini dengan menggunakan case method dalam perkuliahan. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Hayt, Engineering Electromagnet , fifth Edition, terjemahan oleh The Houw Liong (ITB), MacGrarw- Hill, 1981
- Seri Buku Schaum, Elektromagnetika J.D. Kraus. 1984.
- Liang Chi Shen, Jin An Kong , Aplikasi Elektromagnetik , edisi 3, Penerbit Erlangga, Jakarta, 1995
- Krauss John E., Electromagnetics , McGraww-Hill Book Co. tirth Edition, 1999
|
Pendukung : |
|
- Farhad Rachidi and Sergey V Tkachenko,. 2008. Electromagnetic Field Interaction with Transmission lines from casical Theory in HF Radiation Effects, . With Press
- Jian-Ming Jin, Theory and Computation of Electromagnetic Fields, 2nd Ed. IEEE Press,John Wiley and Son, 2015
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu menjelaskan latar belakang sejarah dan aplikasi elektromagnetik |
- Menjelaskan latar belakang sejarah
- Menjelaskan aplikasi-aplikasi elektromagnetik pada teknologi wireles, perancangan saluran transmisi dan pengujian elektromagnetik.
|
Kriteria:
Rubrik Evaluasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi, diskusi, refleksi, dan penugasan 3 X 50 |
|
|
4% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu memahami penggunaan koordinat kartesian, koordinat silinder dan koordinat bola dalam menyelesaikan permasalahan medan elektromagnetik. |
- Menjelaskan notasi vektor
- Menjelaskan aljabar vektor
- Menjelaskan sistem koordinat
- Menjelaskan differensial volume dan elemen permukaan dan garis
|
Kriteria:
Rubrik Evaluasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Presentasi, diskusi, refleksi dan penugasan 3 X 50 |
|
Materi: Materi pertemuan 2 Pustaka: Seri Buku Schaum, Elektromagnetika J.D. Kraus. 1984. |
4% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu menjelaskan teori-teori mengenai medan listrik statis dan penerapan Hukum Coulumb dan Gauss |
- Memahami hukum Coulumb
- Mencari kuat medan listrik
- Menjelaskan medan muatan titik
- Menjelaskan medan muatan garis
- Menjelaska medan muatan bidang
- Menjelaskan medan muatan volume
|
Kriteria:
Rubrik Evaluasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
|
Penugasan berkelompok, diskusi kelompok, dan presentasi 3 X 50 |
Materi: Materi pertemuan 3 Pustaka: Hayt, Engineering Electromagnet , fifth Edition, terjemahan oleh The Houw Liong (ITB), MacGrarw- Hill, 1981 |
4% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu menjelaskan kerapatan fluks listrik |
- Menjelaskan Fluks Listrik
- Menjelaskan Vektor Kepadatan Fluks Listrik
- Menjelaskan Hukum gauss
- Menjelaskan Teorema Divergensi
|
Kriteria:
Rubrik Evaluasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
|
Diskusi kelompok, presentasi kelompok, dan refleksi 3 X 50 |
Materi: Materi pertemuan 4 Pustaka: Seri Buku Schaum, Elektromagnetika J.D. Kraus. 1984. |
4% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu memahami energi dan potensial istrik |
- Menjelaskan energi yang diperlukan untuk enggerakkan muatan istrik dalam medan istrik
- Menjelaskan integral garis
- Menjelaskan perbedaan potensial
- Menjelaskan medan potensial muatan listrik
- Menjelaskan medan potensial sistem muatan
|
Kriteria:
Rubrik Evaluasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
|
Menelusur sumber informasi, diskusi kelompok, dan menyimpulkan hasil diskusi kelompok 3 X 50 |
Materi: Materi pertemuan 5 Pustaka: Krauss John E., Electromagnetics , McGraww-Hill Book Co. tirth Edition, 1999 |
4% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu memahami konduktor, dielektrik dan kapasitansi |
- Menjelaskan Arus dan Kerapatan arus
- Menjelaskan Konduktor dan Konduktivitas
- Menjelaksan semikonduktor
- Menjelaskan sifat bahan dielektrik
- Menjeaskan kapasitansi
|
Kriteria:
Rubrik Evaluasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Diskusi kelompok, presentasi kelompok, dan refkfleksi 3 X 50 |
|
Materi: Materi pertemuan 6 Pustaka: Krauss John E., Electromagnetics , McGraww-Hill Book Co. tirth Edition, 1999 |
4% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu memahami konduktor, dielektrik dan kapasitansi |
- Menjelaskan Arus dan Kerapatan arus
- Menjelaskan Konduktor dan Konduktivitas
- Menjelaksan semikonduktor
- Menjelaskan sifat bahan dielektrik
- Menjeaskan kapasitansi
|
Kriteria:
Rubrik Evaluasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Presentasi, diskusi dan refleksi serta presentasi kelompok 3 X 50 |
|
Materi: Materi pertemuan 7 Pustaka: Liang Chi Shen, Jin An Kong , Aplikasi Elektromagnetik , edisi 3, Penerbit Erlangga, Jakarta, 1995 |
4% |
8
Minggu ke 8 |
Melaksanakan UTS Pertemuan 1 sampai 7 |
Pertemuan 1 sampai 7 |
Kriteria:
Rubrik Evaluasi Bentuk Penilaian : Tes |
Tes Tulis 3 X 50 |
|
Materi: Materi pertemuan 1-7 Pustaka: Hayt, Engineering Electromagnet , fifth Edition, terjemahan oleh The Houw Liong (ITB), MacGrarw- Hill, 1981 |
15% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu menjelaskan teori-teori mengenai medan magnetik statis dan penerapan Hukum Biot-Savart dan Ampere |
- Menjelaskan hukum Biot Savart
- Menjelaskan hukum integral ampere
- Menjelaskan teorema stoke
- Menjelaskan fluks magnetik dan kerapatan fluks magnetik
- Menjelaskan potensial skalar dan potensial vektor magnetik
- Menjelaskan penurunan hukum medan magnetik tunak
|
Kriteria:
Rubrik Evaluasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi, diskusi dan refleksi 3 X 50 |
|
Materi: Materi pertemuan 9 Pustaka: Farhad Rachidi and Sergey V Tkachenko,. 2008. Electromagnetic Field Interaction with Transmission lines from casical Theory in HF Radiation Effects, . With Press |
4% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu menjelaskan teori-teori mengenai medan magnetik statis dan penerapan Hukum Biot-Savart dan Ampere |
- Menjelaskan hukum Biot Savart
- Menjelaskan hukum integral ampere
- Menjelaskan teorema stoke
- Menjelaskan fluks magnetik dan kerapatan fluks magnetik
- Menjelaskan potensial skalar dan potensial vektor magnetik
- Menjelaskan penurunan hukum medan magnetik tunak
|
Kriteria:
Rubrik Evaluasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi, diskusi dan refleksi 3 X 50 |
|
Materi: Materi pertemuan 10 Pustaka: Jian-Ming Jin, Theory and Computation of Electromagnetic Fields, 2nd Ed. IEEE Press,John Wiley and Son, 2015 |
4% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu menjelaskan gaya dan torsi dalam medan magnet |
- Menjelaskan gaya magnetik pada partikelMenjelaskan kombinasi medan listrik dan medan magnet
- Menjelaskan gaya magnetik pada suatu eemen arus
- Menjelaskan usaha dan daya
- Menjelaskan torsi
- Menjelaskan momen agnetic kumparan sebidang
|
Kriteria:
Rubrik Evaluasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Diskusi, presentasi, dan refleksi 3 X 50 |
Materi: Materi pertemuan 11 Pustaka: Seri Buku Schaum, Elektromagnetika J.D. Kraus. 1984. |
4% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu menjelaskan gaya dan torsi dalam medan magnet |
- Menjelaskan gaya magnetik pada partikelMenjelaskan kombinasi medan listrik dan medan magnet
- Menjelaskan gaya magnetik pada suatu eemen arus
- Menjelaskan usaha dan daya
- Menjelaskan torsi
- Menjelaskan momen agnetic kumparan sebidang
|
Kriteria:
Rubrik Evaluasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi, diskusi dan refleksi 3 X 50 |
|
Materi: Materi pertemuan 12 Pustaka: Farhad Rachidi and Sergey V Tkachenko,. 2008. Electromagnetic Field Interaction with Transmission lines from casical Theory in HF Radiation Effects, . With Press |
4% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu menjelaskan induktansi dan rangkaian magnetik |
- Menjelaskan tegangan induksi diri
- Menjelaskan induktor dan induktansi
- Menjelaskan rangkaian magnetik
- Menjelaskan teras dengan ceah udara
- Menjelaskan kumparan ganda
- Menjelaskan rangkaian magnetik paralel
|
Kriteria:
Rubrik Evaluasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
|
Diskusi kelompok, Presentasi, diskusi dan refleksi (belajar mandiri) 3 X 50 |
Materi: Materi pertemuan 13 Pustaka: Liang Chi Shen, Jin An Kong , Aplikasi Elektromagnetik , edisi 3, Penerbit Erlangga, Jakarta, 1995 |
4% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu menjelaskan arus perpindahan dan gaya gerak listrik imbas |
- Menjelaskan arus perpindahan
- Menjelaskan hukum Faraday
- Menjelaskan penghantar yang bergerak dalam medan yang tak bergantung waktu
- Menjelaskan penghantar yang bererak dalamm medan yang berubah
|
Kriteria:
Rubrik Evaluasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Diskusi kelompok, presentasi dan refleksi (belajar mandiri) 3 X 50 |
Materi: Materi pertemuan 14 Pustaka: Jian-Ming Jin, Theory and Computation of Electromagnetic Fields, 2nd Ed. IEEE Press,John Wiley and Son, 2015 |
4% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu menjelaskan teori-teori gelombang elektromagnetik dan penyelesaian kasus-kasusnya |
- Menjelaskan Persamaan Gelombang dan Penyelesaiannya dalam Koordinat Rektangular
- Menjelaskan Propagasi Gelombang dalam berbagai Media
- Menjelaskan Kondisi Bidang antarmuka untuk Tumbukan Normal
- Menjelaskan Tumbukan Miring dan Hukum Snell
|
Kriteria:
Rubrik Evaluasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi, diskusi dan refleksi 3 X 50 |
|
Materi: Materi pertemuan 15 Pustaka: Hayt, Engineering Electromagnet , fifth Edition, terjemahan oleh The Houw Liong (ITB), MacGrarw- Hill, 1981 |
3% |
16
Minggu ke 16 |
Pertemuan 9 sampai 15 |
Pertemuan 9 sampai 15 |
Kriteria:
Rubrik Evaluasi Bentuk Penilaian : Tes |
Tes tertulis 3 X 50 |
|
Materi: Materi pertemuan 1 - 15 Pustaka: Hayt, Engineering Electromagnet , fifth Edition, terjemahan oleh The Houw Liong (ITB), MacGrarw- Hill, 1981 |
30% |