Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Medan Elektromagnetik

8320102264

T=0

P=0

ECTS=0

1

30 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Ir. Fendi Achmad, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu menerapkan prinsip-prinsip keteknikan, mengidentifikasi, merumuskan dan menganalisis data/informasi untuk memecahkan permasalahan di bidang medan elektromagnetik

PO - 2

Mampu menyampaikan gagasan dan hasil inovasi bidang medan elektromagnetik secara efektif baik secara lisan maupun tertulis

PO - 3

Mampu merencanakan, menyelesaikan dan mengevaluasi tugas-tugas yang berkaitan dengan bidang medan elektromagnetik

Matrik PLO-PO

 
PO
PO-1
PO-2
PO-3

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mahasiswa dapat mendiskusikan analisa vektor, mengidentifikasi hukum colomb , membedakan intensitas medan listrik, menentukan fluks dan gauss, menjelaskan divergensi, menyimpulkan energi dan potensial, mengkategorikan konduktor dan kapasitansi, mengklasifikasikan hukum ampere dan medan magnet, gaya magnetik dan torsi, induktansi dan rangkaian magnet, GGL, imbas magnetik yang berubah terhadap waktu, persamaan maxwell, gelombang elektromagnetik, serta menggali perkembangan teknologi yang berhubungan dengan medan elektromagnetik terkini dengan menggunakan case method dalam perkuliahan.

Pustaka

Utama :

  1. Hayt, Engineering Electromagnet , fifth Edition, terjemahan oleh The Houw Liong (ITB), MacGrarw- Hill, 1981
  2. Seri Buku Schaum, Elektromagnetika J.D. Kraus. 1984.
  3. Liang Chi Shen, Jin An Kong , Aplikasi Elektromagnetik , edisi 3, Penerbit Erlangga, Jakarta, 1995
  4. Krauss John E., Electromagnetics , McGraww-Hill Book Co. tirth Edition, 1999

Pendukung :

  1. Farhad Rachidi and Sergey V Tkachenko,. 2008. Electromagnetic Field Interaction with Transmission lines from casical Theory in HF Radiation Effects, . With Press
  2. Jian-Ming Jin, Theory and Computation of Electromagnetic Fields, 2nd Ed. IEEE Press,John Wiley and Son, 2015

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mampu menjelaskan latar belakang sejarah dan aplikasi elektromagnetik

  1. Menjelaskan latar belakang sejarah
  2. Menjelaskan aplikasi-aplikasi elektromagnetik pada teknologi wireles, perancangan saluran transmisi dan pengujian elektromagnetik.
Kriteria:

Rubrik Evaluasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi, diskusi, refleksi, dan penugasan
3 X 50

4%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu memahami penggunaan koordinat kartesian, koordinat silinder dan koordinat bola dalam menyelesaikan permasalahan medan elektromagnetik.

  1. Menjelaskan notasi vektor
  2. Menjelaskan aljabar vektor
  3. Menjelaskan sistem koordinat
  4. Menjelaskan differensial volume dan elemen permukaan dan garis
Kriteria:

Rubrik Evaluasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Presentasi, diskusi, refleksi dan penugasan
3 X 50

Materi: Materi pertemuan 2
Pustaka: Seri Buku Schaum, Elektromagnetika J.D. Kraus. 1984.
4%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu menjelaskan teori-teori mengenai medan listrik statis dan penerapan Hukum Coulumb dan Gauss

  1. Memahami hukum Coulumb
  2. Mencari kuat medan listrik
  3. Menjelaskan medan muatan titik
  4. Menjelaskan medan muatan garis
  5. Menjelaska medan muatan bidang
  6. Menjelaskan medan muatan volume
Kriteria:

Rubrik Evaluasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio

Penugasan berkelompok, diskusi kelompok, dan presentasi
3 X 50
Materi: Materi pertemuan 3
Pustaka: Hayt, Engineering Electromagnet , fifth Edition, terjemahan oleh The Houw Liong (ITB), MacGrarw- Hill, 1981
4%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu menjelaskan kerapatan fluks listrik

  1. Menjelaskan Fluks Listrik
  2. Menjelaskan Vektor Kepadatan Fluks Listrik
  3. Menjelaskan Hukum gauss
  4. Menjelaskan Teorema Divergensi
Kriteria:

Rubrik Evaluasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio

Diskusi kelompok, presentasi kelompok, dan refleksi
3 X 50
Materi: Materi pertemuan 4
Pustaka: Seri Buku Schaum, Elektromagnetika J.D. Kraus. 1984.
4%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu memahami energi dan potensial istrik

  1. Menjelaskan energi yang diperlukan untuk enggerakkan muatan istrik dalam medan istrik
  2. Menjelaskan integral garis
  3. Menjelaskan perbedaan potensial
  4. Menjelaskan medan potensial muatan listrik
  5. Menjelaskan medan potensial sistem muatan
Kriteria:

Rubrik Evaluasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio

Menelusur sumber informasi, diskusi kelompok, dan menyimpulkan hasil diskusi kelompok
3 X 50
Materi: Materi pertemuan 5
Pustaka: Krauss John E., Electromagnetics , McGraww-Hill Book Co. tirth Edition, 1999
4%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu memahami konduktor, dielektrik dan kapasitansi

  1. Menjelaskan Arus dan Kerapatan arus
  2. Menjelaskan Konduktor dan Konduktivitas
  3. Menjelaksan semikonduktor
  4. Menjelaskan sifat bahan dielektrik
  5. Menjeaskan kapasitansi
Kriteria:

Rubrik Evaluasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Diskusi kelompok, presentasi kelompok, dan refkfleksi
3 X 50

Materi: Materi pertemuan 6
Pustaka: Krauss John E., Electromagnetics , McGraww-Hill Book Co. tirth Edition, 1999
4%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu memahami konduktor, dielektrik dan kapasitansi

  1. Menjelaskan Arus dan Kerapatan arus
  2. Menjelaskan Konduktor dan Konduktivitas
  3. Menjelaksan semikonduktor
  4. Menjelaskan sifat bahan dielektrik
  5. Menjeaskan kapasitansi
Kriteria:

Rubrik Evaluasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Presentasi, diskusi dan refleksi serta presentasi kelompok
3 X 50

Materi: Materi pertemuan 7
Pustaka: Liang Chi Shen, Jin An Kong , Aplikasi Elektromagnetik , edisi 3, Penerbit Erlangga, Jakarta, 1995
4%

8

Minggu ke 8

Melaksanakan UTS Pertemuan 1 sampai 7

Pertemuan 1 sampai 7

Kriteria:

Rubrik Evaluasi


Bentuk Penilaian :
Tes
Tes Tulis
3 X 50

Materi: Materi pertemuan 1-7
Pustaka: Hayt, Engineering Electromagnet , fifth Edition, terjemahan oleh The Houw Liong (ITB), MacGrarw- Hill, 1981
15%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu menjelaskan teori-teori mengenai medan magnetik statis dan penerapan Hukum Biot-Savart dan Ampere

  1. Menjelaskan hukum Biot Savart
  2. Menjelaskan hukum integral ampere
  3. Menjelaskan teorema stoke
  4. Menjelaskan fluks magnetik dan kerapatan fluks magnetik
  5. Menjelaskan potensial skalar dan potensial vektor magnetik
  6. Menjelaskan penurunan hukum medan magnetik tunak
Kriteria:

Rubrik Evaluasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi, diskusi dan refleksi
3 X 50

Materi: Materi pertemuan 9
Pustaka: Farhad Rachidi and Sergey V Tkachenko,. 2008. Electromagnetic Field Interaction with Transmission lines from casical Theory in HF Radiation Effects, . With Press
4%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu menjelaskan teori-teori mengenai medan magnetik statis dan penerapan Hukum Biot-Savart dan Ampere

  1. Menjelaskan hukum Biot Savart
  2. Menjelaskan hukum integral ampere
  3. Menjelaskan teorema stoke
  4. Menjelaskan fluks magnetik dan kerapatan fluks magnetik
  5. Menjelaskan potensial skalar dan potensial vektor magnetik
  6. Menjelaskan penurunan hukum medan magnetik tunak
Kriteria:

Rubrik Evaluasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi, diskusi dan refleksi
3 X 50

Materi: Materi pertemuan 10
Pustaka: Jian-Ming Jin, Theory and Computation of Electromagnetic Fields, 2nd Ed. IEEE Press,John Wiley and Son, 2015
4%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu menjelaskan gaya dan torsi dalam medan magnet

  1. Menjelaskan gaya magnetik pada partikelMenjelaskan kombinasi medan listrik dan medan magnet
  2. Menjelaskan gaya magnetik pada suatu eemen arus
  3. Menjelaskan usaha dan daya
  4. Menjelaskan torsi
  5. Menjelaskan momen agnetic kumparan sebidang
Kriteria:

Rubrik Evaluasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Diskusi, presentasi, dan refleksi
3 X 50
Materi: Materi pertemuan 11
Pustaka: Seri Buku Schaum, Elektromagnetika J.D. Kraus. 1984.
4%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu menjelaskan gaya dan torsi dalam medan magnet

  1. Menjelaskan gaya magnetik pada partikelMenjelaskan kombinasi medan listrik dan medan magnet
  2. Menjelaskan gaya magnetik pada suatu eemen arus
  3. Menjelaskan usaha dan daya
  4. Menjelaskan torsi
  5. Menjelaskan momen agnetic kumparan sebidang
Kriteria:

Rubrik Evaluasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi, diskusi dan refleksi
3 X 50

Materi: Materi pertemuan 12
Pustaka: Farhad Rachidi and Sergey V Tkachenko,. 2008. Electromagnetic Field Interaction with Transmission lines from casical Theory in HF Radiation Effects, . With Press
4%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu menjelaskan induktansi dan rangkaian magnetik

  1. Menjelaskan tegangan induksi diri
  2. Menjelaskan induktor dan induktansi
  3. Menjelaskan rangkaian magnetik
  4. Menjelaskan teras dengan ceah udara
  5. Menjelaskan kumparan ganda
  6. Menjelaskan rangkaian magnetik paralel
Kriteria:

Rubrik Evaluasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio

Diskusi kelompok, Presentasi, diskusi dan refleksi (belajar mandiri)
3 X 50
Materi: Materi pertemuan 13
Pustaka: Liang Chi Shen, Jin An Kong , Aplikasi Elektromagnetik , edisi 3, Penerbit Erlangga, Jakarta, 1995
4%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu menjelaskan arus perpindahan dan gaya gerak listrik imbas

  1. Menjelaskan arus perpindahan
  2. Menjelaskan hukum Faraday
  3. Menjelaskan penghantar yang bergerak dalam medan yang tak bergantung waktu
  4. Menjelaskan penghantar yang bererak dalamm medan yang berubah
Kriteria:

Rubrik Evaluasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Diskusi kelompok, presentasi dan refleksi (belajar mandiri)
3 X 50
Materi: Materi pertemuan 14
Pustaka: Jian-Ming Jin, Theory and Computation of Electromagnetic Fields, 2nd Ed. IEEE Press,John Wiley and Son, 2015
4%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu menjelaskan teori-teori gelombang elektromagnetik dan penyelesaian kasus-kasusnya

  1. Menjelaskan Persamaan Gelombang dan Penyelesaiannya dalam Koordinat Rektangular
  2. Menjelaskan Propagasi Gelombang dalam berbagai Media
  3. Menjelaskan Kondisi Bidang antarmuka untuk Tumbukan Normal
  4. Menjelaskan Tumbukan Miring dan Hukum Snell
Kriteria:

Rubrik Evaluasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi, diskusi dan refleksi
3 X 50

Materi: Materi pertemuan 15
Pustaka: Hayt, Engineering Electromagnet , fifth Edition, terjemahan oleh The Houw Liong (ITB), MacGrarw- Hill, 1981
3%

16

Minggu ke 16

Pertemuan 9 sampai 15

Pertemuan 9 sampai 15

Kriteria:

Rubrik Evaluasi


Bentuk Penilaian :
Tes
Tes tertulis
3 X 50

Materi: Materi pertemuan 1 - 15
Pustaka: Hayt, Engineering Electromagnet , fifth Edition, terjemahan oleh The Houw Liong (ITB), MacGrarw- Hill, 1981
30%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 41%
2. Penilaian Portofolio 14%
3. Tes 45%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.