|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S2 Manajemen Pendidikan
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Manajemen Humas dan Pemasaran Pendidikan |
8610402119 |
|
T=0 |
P=1 |
ECTS=2.24 |
2 |
23 Agustus 2023 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Dr. Amrozi Khamidi, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-5 |
Mampu menguasai konsep, teori dan praktek kepemimpinan pendidikan, manajemen pendidikan, organisasi pendidikan, supervisi pendidikan, serta perilaku organisasi dan kebijakan pendidikan dengan menggunakan metode penelitian, konsep statistik dalam berbagai kondisi lingkungan yang bersifat interdisiplin dan multidisiplin. |
PLO-9 |
Mampu melakukan advokasi kepada masyarakat dengan ide dan argumen teknis dan mampu merancang program dan strategi transformasi organisasi pendidikan melalui pengembangan kebijakan yang futuristik, visible, flexible, dan relevan dengan dinamika perkembangan pendidikan (konsultan) |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Memahami konsep dasar dan prinsip-prinsip manajemen humas dan pemasaran dalam konteks lembaga pendidikan.
|
PO - 2 |
Mampu menerapkan strategi komunikasi yang efektif untuk mempromosikan citra positif lembaga pendidikan kepada berbagai pemangku kepentingan.
|
PO - 3 |
Mengidentifikasi kebutuhan dan preferensi pasar dalam industri pendidikan melalui analisis pasar dan riset yang relevan.
|
PO - 4 |
Mampu mengelola kampanye pemasaran dan humas dengan memanfaatkan berbagai alat dan media komunikasi, termasuk media sosial, situs web, dan kegiatan promosi.
|
PO - 5 |
Memahami tantangan dan peluang yang terkait dengan manajemen reputasi lembaga pendidikan dalam era digital, dan mampu mengembangkan strategi responsif untuk mengatasi krisis komunikasi.
|
PO - 6 |
Menguasai konsep-konsep dasar evaluasi dan pengukuran efektivitas kampanye pemasaran dan humas dalam mencapai tujuan lembaga pendidikan.
|
PO - 7 |
Berkolaborasi secara efektif dengan berbagai pihak di dalam dan di luar lembaga pendidikan untuk mencapai tujuan komunikasi dan pemasaran yang ditetapkan.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-5 | PLO-9 | PO-1 | | | PO-2 | | | PO-3 | | | PO-4 | | | PO-5 | | | PO-6 | | | PO-7 | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-7 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Manajemen Humas dan Pemasaran Pendidikan bertujuan untuk memberikan pemahaman yang komprehensif tentang strategi dan praktik komunikasi serta pemasaran yang efektif dalam konteks lembaga pendidikan. Materi dalam mata kuliah ini mencakup konsep dasar manajemen humas dan pemasaran, strategi komunikasi internal dan eksternal, analisis pasar dalam pendidikan, branding lembaga pendidikan, penerapan media sosial dalam pemasaran, dan evaluasi efektivitas kampanye pemasaran. Mahasiswa akan belajar tentang bagaimana merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi program-program pemasaran dan komunikasi yang efektif untuk mempromosikan citra positif lembaga pendidikan, meningkatkan daya tarik siswa, serta memperluas jaringan kemitraan dengan pemangku kepentingan. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- "Strategic Communications Planning for Effective Public Relations and Marketing" oleh Laurie J. Wilson dan Joseph D. Ogden. "Marketing Schools, Marketing Cities: Who Wins and Who Loses When Schools Become Urban Amenities" oleh Maia Bloomfield Cucchiara. "Public Relations and Marketing for Schools" oleh Nigel Gann. "Strategic Marketing for Educational Institutions" oleh Philip Kotler dan Karen Fox. "Strategic Communications for School Leaders" oleh Vicki Gunther.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Amrozi Khamidi, S.Pd., M.Pd. Dr. Muhamad Sholeh, S.Pd., M.Pd. Dr. Ima Widiyanah, M.Pd. Dr. Anam Miftakhul Huda, S.Kom., M.I.Kom. Dr. Hitta Alfi Muhimmah, M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar manajemen humas dan pemasaran pendidikan |
Mampu menjelaskan konsep dasar manajemen humas dan pemasaran pendidikan |
Kriteria:
Mampu menjelaskan konsep dasar manajemen humas dan pemasaran pendidikan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah & diskusi
|
|
Materi: konsep dasar manajemen humas dan pemasaran pendidikan Pustaka: |
1% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar manajemen humas dan pemasaran pendidikan |
Mampu menjelaskan konsep dasar manajemen humas dan pemasaran pendidikan |
Kriteria:
Mampu menjelaskan konsep dasar manajemen humas dan pemasaran pendidikan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah & diskusi
|
|
Materi: konsep dasar manajemen humas dan pemasaran pendidikan Pustaka: |
1% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu membangun Komunikasi yang baik dalam Hubungan Masyarakat |
Mahasiswa mampu membangun Komunikasi yang baik dalam Hubungan Masyarakat |
Kriteria:
Mahasiswa mampu membangun Komunikasi yang baik dalam Hubungan Masyarakat Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
ceramah & diskusi
|
|
Materi: membangun Komunikasi yang baik dalam Hubungan Masyarakat Pustaka: |
3% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu menjelaskan Publik (Kelompok Masyarakat) dan Opini Publik dalam Humas |
Mahasiswa mampu menjelaskan Publik (Kelompok Masyarakat) dan Opini Publik dalam Humas |
Kriteria:
Mahasiswa mampu menjelaskan Publik (Kelompok Masyarakat) dan Opini Publik dalam Humas Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
ceramah & diskusi
|
|
Materi: Publik (Kelompok Masyarakat) dan Opini Publik dalam Humas Pustaka: |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu menjelaskan Budaya Organisasi, Etika dan Etiket dalam Humas |
Mahasiswa mampu menjelaskan Budaya Organisasi, Etika dan Etiket dalam Humas |
Kriteria:
Mahasiswa mampu menjelaskan Budaya Organisasi, Etika dan Etiket dalam Humas Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
ceramah & diskusi
|
|
Materi: Budaya Organisasi, Etika dan Etiket dalam Humas Pustaka: |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu menjelaskan Konsep Protokoler Kehumasan |
Mahasiswa mampu menjelaskan Konsep Protokoler Kehumasan |
Kriteria:
Mahasiswa mampu menjelaskan Konsep Protokoler Kehumasan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
ceramah & diskusi
|
|
Materi: Konsep Protokoler Kehumasan Pustaka: |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu menjelaskan Konsep Protokoler Kehumasan |
Mahasiswa mampu menjelaskan Konsep Protokoler Kehumasan |
Kriteria:
Mahasiswa mampu menjelaskan Konsep Protokoler Kehumasan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
ceramah & diskusi
|
|
Materi: Konsep Protokoler Kehumasan Pustaka: |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Ujian Tengah Semester |
Ujian Tengah Semester |
Kriteria:
Ujian Tengah Semester Bentuk Penilaian : Tes |
Tertulis
|
|
Materi: Ujian Tengah Semester Pustaka: |
10% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu menjelaskan cara membangun pencitraan publik |
Mahasiswa mampu menjelaskan cara membangun pencitraan publik |
Kriteria:
Mahasiswa mampu menjelaskan cara membangun pencitraan publik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
ceramah & diskusi
|
|
Materi: membangun pencitraan publik Pustaka: |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu menjelaskan cara membangun kemitraan dengan stakeholder |
Mahasiswa mampu menjelaskan cara membangun kemitraan dengan stakeholder |
Kriteria:
Mahasiswa mampu menjelaskan cara membangun kemitraan dengan stakeholder Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
ceramah & diskusi
|
|
Materi: membangun kemitraan dengan stakeholder Pustaka: |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu menjelaskan cara membangun kemitraan dengan stakeholder |
Mahasiswa mampu menjelaskan cara membangun kemitraan dengan stakeholder |
Kriteria:
Mahasiswa mampu menjelaskan cara membangun kemitraan dengan stakeholder Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
ceramah & diskusi
|
|
Materi: membangun kemitraan dengan stakeholder Pustaka: |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa dapat memahami Electronic Public Relation (EPR) |
Mahasiswa dapat memahami Electronic Public Relation (EPR) |
Kriteria:
Mahasiswa dapat memahami Electronic Public Relation (EPR) Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
ceramah & diskusi
|
|
Materi: Electronic Public Relation (EPR) Pustaka: |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu menjelaskan Konsep Pemasaran Pendidikan |
Mahasiswa mampu menjelaskan Konsep Pemasaran Pendidikan |
Kriteria:
Mahasiswa mampu menjelaskan Konsep Pemasaran Pendidikan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
ceramah & diskusi
|
|
Materi: Konsep Pemasaran Pendidikan Pustaka: |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu menyusun program humas |
Mahasiswa mampu menyusun program humas |
Kriteria:
Mahasiswa mampu menyusun program humas Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
tertulis, ceramah, & diskusi
|
|
Materi: program humas Pustaka: |
10% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu menyusun program humas |
Mahasiswa mampu menyusun program humas |
Kriteria:
Mahasiswa mampu menyusun program humas Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
tertulis, ceramah, & diskusi
|
|
Materi: program humas Pustaka: |
10% |
16
Minggu ke 16 |
Ujian Akhir Semester |
Membuat desain program manajemen humas dan school branding. |
Kriteria:
Membuat desain program manajemen humas dan school branding Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
tertulis
|
|
Materi: Ujian Akhir Semester Pustaka: |
20% |