Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S2 Manajemen Pendidikan

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Manajemen Humas dan Pemasaran Pendidikan

8610402119

T=0

P=1

ECTS=2.24

2

23 Agustus 2023

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Amrozi Khamidi, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-5

Mampu menguasai konsep, teori dan praktek kepemimpinan pendidikan, manajemen pendidikan, organisasi pendidikan, supervisi pendidikan, serta perilaku organisasi dan kebijakan pendidikan dengan menggunakan metode penelitian, konsep statistik dalam berbagai kondisi lingkungan yang bersifat interdisiplin dan multidisiplin.

PLO-9

Mampu melakukan advokasi kepada masyarakat dengan ide dan argumen teknis dan mampu merancang program dan strategi transformasi organisasi pendidikan melalui pengembangan kebijakan yang futuristik, visible, flexible, dan relevan dengan dinamika perkembangan pendidikan (konsultan)

Program Objectives (PO)

PO - 1

Memahami konsep dasar dan prinsip-prinsip manajemen humas dan pemasaran dalam konteks lembaga pendidikan.

PO - 2

Mampu menerapkan strategi komunikasi yang efektif untuk mempromosikan citra positif lembaga pendidikan kepada berbagai pemangku kepentingan.

PO - 3

Mengidentifikasi kebutuhan dan preferensi pasar dalam industri pendidikan melalui analisis pasar dan riset yang relevan.

PO - 4

Mampu mengelola kampanye pemasaran dan humas dengan memanfaatkan berbagai alat dan media komunikasi, termasuk media sosial, situs web, dan kegiatan promosi.

PO - 5

Memahami tantangan dan peluang yang terkait dengan manajemen reputasi lembaga pendidikan dalam era digital, dan mampu mengembangkan strategi responsif untuk mengatasi krisis komunikasi.

PO - 6

Menguasai konsep-konsep dasar evaluasi dan pengukuran efektivitas kampanye pemasaran dan humas dalam mencapai tujuan lembaga pendidikan.

PO - 7

Berkolaborasi secara efektif dengan berbagai pihak di dalam dan di luar lembaga pendidikan untuk mencapai tujuan komunikasi dan pemasaran yang ditetapkan.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-5PLO-9
PO-1  
PO-2  
PO-3  
PO-4  
PO-5  
PO-6  
PO-7  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Manajemen Humas dan Pemasaran Pendidikan bertujuan untuk memberikan pemahaman yang komprehensif tentang strategi dan praktik komunikasi serta pemasaran yang efektif dalam konteks lembaga pendidikan. Materi dalam mata kuliah ini mencakup konsep dasar manajemen humas dan pemasaran, strategi komunikasi internal dan eksternal, analisis pasar dalam pendidikan, branding lembaga pendidikan, penerapan media sosial dalam pemasaran, dan evaluasi efektivitas kampanye pemasaran. Mahasiswa akan belajar tentang bagaimana merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi program-program pemasaran dan komunikasi yang efektif untuk mempromosikan citra positif lembaga pendidikan, meningkatkan daya tarik siswa, serta memperluas jaringan kemitraan dengan pemangku kepentingan.

Pustaka

Utama :

  1. "Strategic Communications Planning for Effective Public Relations and Marketing" oleh Laurie J. Wilson dan Joseph D. Ogden. "Marketing Schools, Marketing Cities: Who Wins and Who Loses When Schools Become Urban Amenities" oleh Maia Bloomfield Cucchiara. "Public Relations and Marketing for Schools" oleh Nigel Gann. "Strategic Marketing for Educational Institutions" oleh Philip Kotler dan Karen Fox. "Strategic Communications for School Leaders" oleh Vicki Gunther.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dr. Amrozi Khamidi, S.Pd., M.Pd.

Dr. Muhamad Sholeh, S.Pd., M.Pd.

Dr. Ima Widiyanah, M.Pd.

Dr. Anam Miftakhul Huda, S.Kom., M.I.Kom.

Dr. Hitta Alfi Muhimmah, M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar manajemen humas dan pemasaran pendidikan

Mampu menjelaskan konsep dasar manajemen humas dan pemasaran pendidikan

Kriteria:

Mampu menjelaskan konsep dasar manajemen humas dan pemasaran pendidikan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah & diskusi

Materi: konsep dasar manajemen humas dan pemasaran pendidikan
Pustaka:
1%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar manajemen humas dan pemasaran pendidikan

Mampu menjelaskan konsep dasar manajemen humas dan pemasaran pendidikan

Kriteria:

Mampu menjelaskan konsep dasar manajemen humas dan pemasaran pendidikan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah & diskusi

Materi: konsep dasar manajemen humas dan pemasaran pendidikan
Pustaka:
1%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu membangun Komunikasi yang baik dalam Hubungan Masyarakat

Mahasiswa mampu membangun Komunikasi yang baik dalam Hubungan Masyarakat

Kriteria:

Mahasiswa mampu membangun Komunikasi yang baik dalam Hubungan Masyarakat


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
ceramah & diskusi

Materi: membangun Komunikasi yang baik dalam Hubungan Masyarakat
Pustaka:
3%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu menjelaskan Publik (Kelompok Masyarakat) dan Opini Publik dalam Humas

Mahasiswa mampu menjelaskan Publik (Kelompok Masyarakat) dan Opini Publik dalam Humas

Kriteria:

Mahasiswa mampu menjelaskan Publik (Kelompok Masyarakat) dan Opini Publik dalam Humas


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
ceramah & diskusi

Materi: Publik (Kelompok Masyarakat) dan Opini Publik dalam Humas
Pustaka:
5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu menjelaskan Budaya Organisasi, Etika dan Etiket dalam Humas

Mahasiswa mampu menjelaskan Budaya Organisasi, Etika dan Etiket dalam Humas

Kriteria:

Mahasiswa mampu menjelaskan Budaya Organisasi, Etika dan Etiket dalam Humas


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
ceramah & diskusi

Materi: Budaya Organisasi, Etika dan Etiket dalam Humas
Pustaka:
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu menjelaskan Konsep Protokoler Kehumasan

Mahasiswa mampu menjelaskan Konsep Protokoler Kehumasan

Kriteria:

Mahasiswa mampu menjelaskan Konsep Protokoler Kehumasan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
ceramah & diskusi

Materi: Konsep Protokoler Kehumasan
Pustaka:
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu menjelaskan Konsep Protokoler Kehumasan

Mahasiswa mampu menjelaskan Konsep Protokoler Kehumasan

Kriteria:

Mahasiswa mampu menjelaskan Konsep Protokoler Kehumasan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
ceramah & diskusi

Materi: Konsep Protokoler Kehumasan
Pustaka:
5%

8

Minggu ke 8

Ujian Tengah Semester

Ujian Tengah Semester

Kriteria:

Ujian Tengah Semester


Bentuk Penilaian :
Tes
Tertulis

Materi: Ujian Tengah Semester
Pustaka:
10%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu menjelaskan cara membangun pencitraan publik

Mahasiswa mampu menjelaskan cara membangun pencitraan publik

Kriteria:

Mahasiswa mampu menjelaskan cara membangun pencitraan publik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
ceramah & diskusi

Materi: membangun pencitraan publik
Pustaka:
5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu menjelaskan cara membangun kemitraan dengan stakeholder

Mahasiswa mampu menjelaskan cara membangun kemitraan dengan stakeholder

Kriteria:

Mahasiswa mampu menjelaskan cara membangun kemitraan dengan stakeholder


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
ceramah & diskusi

Materi: membangun kemitraan dengan stakeholder
Pustaka:
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu menjelaskan cara membangun kemitraan dengan stakeholder

Mahasiswa mampu menjelaskan cara membangun kemitraan dengan stakeholder

Kriteria:

Mahasiswa mampu menjelaskan cara membangun kemitraan dengan stakeholder


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
ceramah & diskusi

Materi: membangun kemitraan dengan stakeholder
Pustaka:
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa dapat memahami Electronic Public Relation (EPR)

Mahasiswa dapat memahami Electronic Public Relation (EPR)

Kriteria:

Mahasiswa dapat memahami Electronic Public Relation (EPR)


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
ceramah & diskusi

Materi: Electronic Public Relation (EPR)
Pustaka:
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu menjelaskan Konsep Pemasaran Pendidikan

Mahasiswa mampu menjelaskan Konsep Pemasaran Pendidikan

Kriteria:

Mahasiswa mampu menjelaskan Konsep Pemasaran Pendidikan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
ceramah & diskusi

Materi: Konsep Pemasaran Pendidikan
Pustaka:
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu menyusun program humas

Mahasiswa mampu menyusun program humas

Kriteria:

Mahasiswa mampu menyusun program humas


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
tertulis, ceramah, & diskusi

Materi: program humas
Pustaka:
10%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu menyusun program humas

Mahasiswa mampu menyusun program humas

Kriteria:

Mahasiswa mampu menyusun program humas


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
tertulis, ceramah, & diskusi

Materi: program humas
Pustaka:
10%

16

Minggu ke 16

Ujian Akhir Semester

Membuat desain program manajemen humas dan school branding.

Kriteria:

Membuat desain program manajemen humas dan school branding


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
tertulis

Materi: Ujian Akhir Semester
Pustaka:
20%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 23.5%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 66.5%
3. Tes 10%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.