Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Bisnis Digital

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

AUDIT TI

6120906057

Mata Kuliah Pilihan Program Studi

T=0

P=3

ECTS=4.77

7

30 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Nanang Hoesen H. A., S.T., M.T.I




Riska Dhenabayu, S.Kom., M.M.




Hujjatullah Fazlurrahman, S.E., MBA.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-6

Mampu beradaptasi terhadap konteks permasalahan bisnis digital yang dihadapi dengan baik

PLO-8

Mampu mengembangkan keilmuan di bidang bisnis digital dengan tepat

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menerapkan metodologi audit TI dalam konteks bisnis digital untuk pemilihan domain dan proses tertentu berdasarkan COBIT 2019 (C3)

PO - 2

Menganalisis kelemahan sistem informasi dalam organisasi menggunakan kerangka kerja audit yang telah ditetapkan (C4)

PO - 3

Mengevaluasi efektivitas kontrol internal TI dan memberikan rekomendasi perbaikan berdasarkan standar audit yang berlaku (C5)

PO - 4

Menerapkan prinsip dan praktik audit TI dalam simulasi atau studi kasus nyata (C3)

PO - 5

Menciptakan laporan audit yang komprehensif dan mudah dipahami oleh semua pemangku kepentingan (C6)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-6PLO-8
PO-1 
PO-2 
PO-3 
PO-4 
PO-5 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah Audit TI pada program studi Bisnis Digital bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang konsep dasar audit sistem informasi, proses audit, serta teknik dan metode audit yang relevan dalam konteks teknologi informasi. Mahasiswa akan mempelajari tentang kerangka kerja sesuai praktik terbaik industri dalam mengkaji pengendalian internal, risiko, keamanan informasi, serta standar audit yang berlaku. Ruang lingkup mata kuliah mencakup audit sistem informasi, audit keamanan informasi, audit pengendalian internal, serta penerapan teknologi dalam proses audit.

Pustaka

Utama :

  1. COBIT Framework version 2019, ISACA, United States.

Pendukung :

  1. Slide presentasi tim dosen matakuliah Audit TI

Dosen Pengampu

Dr. Nanang Hoesen Hidroes Abbrori, S.T., M.T.I.

Renny Sari Dewi, S. Kom., M. Kom., MCE., MOS.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mampu mendeskripsikan studi kasus yang berpotensi untuk dipraktikkan audit TI

Ketepatan mahasiswa dalam mendeskripsikan poin-poin studi kasus

Kriteria:

Holistik, grading kuantitatif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah dan diskusi
3x45‘
ceramah dan diskusi
3x45‘
Materi: Pemetaan domain dan proses COBIT 2019
Pustaka: COBIT Framework version 2019, ISACA, United States.
5%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu mendeskripsikan studi kasus yang berpotensi untuk dipraktikkan audit TI

Ketepatan mahasiswa dalam mendeskripsikan poin-poin studi kasus

Kriteria:

Holistik, grading kuantitatif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah dan diskusi
3x45‘
ceramah dan diskusi
3x45‘
Materi: Pemetaan domain dan proses COBIT 2019
Pustaka: COBIT Framework version 2019, ISACA, United States.
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa dapat menganalisis celah/kelemahan pada sistem informasi tertentu yang mahasiswa dapat mengakses fitur-fitur intinya

Kejelasan mahasiswa dalam menuliskan/menyebutkan celah/kelemahan sistem informasi tsb

Kriteria:

Holistik, grading kuantitatif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Observasi langsung dan tidak langsung, dilanjutkan dengan diskusi
3x45‘
Observasi langsung dan tidak langsung, dilanjutkan dengan diskusi
3x45‘
Materi: Layanan Sistem Informasi Sinau Digital Unesa (SIDIA)
Pustaka: Slide presentasi tim dosen matakuliah Audit TI
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa dapat menganalisis celah/kelemahan pada sistem informasi tertentu yang mahasiswa dapat mengakses fitur-fitur intinya

Kejelasan mahasiswa dalam menuliskan/menyebutkan celah/kelemahan sistem informasi tsb

Kriteria:

Holistik, grading kuantitatif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Observasi langsung dan tidak langsung, dilanjutkan dengan diskusi
3x45‘
Observasi langsung dan tidak langsung, dilanjutkan dengan diskusi
3x45‘
Materi: Layanan Sistem Informasi Sinau Digital Unesa (SIDIA)
Pustaka: Slide presentasi tim dosen matakuliah Audit TI
5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu memberikan rekomendasi perbaikan sistem informasi yg ditentukan berdasarkan domain dan proses COBIT 2019

Ketepatan mahasiswa dalam menyusun rekomendasi perbaikan per fitur/layanan sistem informasi

Kriteria:

Holistik, grading kuantitatif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi
3x45‘
Ceramah, diskusi
3x45‘
Materi: Tugas Pra-UTS
Pustaka: Slide presentasi tim dosen matakuliah Audit TI
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu memberikan rekomendasi perbaikan sistem informasi yg ditentukan berdasarkan domain dan proses COBIT 2019

Ketepatan mahasiswa dalam menyusun rekomendasi perbaikan per fitur/layanan sistem informasi

Kriteria:

Holistik, grading kuantitatif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi
3x45‘
Ceramah, diskusi
3x45‘
Materi: Tugas Pra-UTS
Pustaka: Slide presentasi tim dosen matakuliah Audit TI
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu memberikan rekomendasi perbaikan sistem informasi yg ditentukan berdasarkan domain dan proses COBIT 2019

Ketepatan mahasiswa dalam menyusun rekomendasi perbaikan per fitur/layanan sistem informasi

Kriteria:

Holistik, grading kuantitatif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, diskusi
3x45‘
Ceramah, diskusi
3x45‘
Materi: Tugas Pra-UTS
Pustaka: Slide presentasi tim dosen matakuliah Audit TI
5%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa mampu menganalisis celah/kelemahan sistem informasi menggunakan domain dan atau proses tertentu pada COBIT 2019

Tes Tertulis

Kriteria:

Rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Tes
Evaluasi Tengah Semester (UTS)
3x45‘
Evaluasi Tengah Semester (UTS)
3x45‘
Materi: .
Pustaka: COBIT Framework version 2019, ISACA, United States.
15%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu mempraktikkan audit TI berdasarkan domain dan atau proses pada COBIT 2019

Ketepatan dalam menyusun kertas kerja audit TI, terutama audit proses

Kriteria:

Rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Praktik pembuatan kertas kerja audit TI
3x45‘
Praktik pembuatan kertas kerja audit TI
3x45‘
Materi: Audit Proses
Pustaka: Slide presentasi tim dosen matakuliah Audit TI
5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu mempraktikkan audit TI berdasarkan domain dan atau proses pada COBIT 2019

Ketepatan dalam menyusun kertas kerja audit TI, terutama audit ceklis

Kriteria:

Rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Praktik pembuatan kertas kerja audit TI
3x45‘
Praktik pembuatan kertas kerja audit TI
3x45‘
Materi: Audit Proses
Pustaka: Slide presentasi tim dosen matakuliah Audit TI

Materi: Audit Ceklis
Pustaka: Slide presentasi tim dosen matakuliah Audit TI
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu mempraktikkan audit TI berdasarkan domain dan atau proses pada COBIT 2019

Ketepatan dalam menyusun kertas kerja audit TI, terutama audit ceklis

Kriteria:

Rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Praktik pembuatan kertas kerja audit TI
3x45‘
Praktik pembuatan kertas kerja audit TI
3x45‘
Materi: Audit Ceklis
Pustaka: Slide presentasi tim dosen matakuliah Audit TI
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu mempraktikkan audit TI berdasarkan domain dan atau proses pada COBIT 2019

Mahasiswa mampu melakukan Audit Pengendalian Akses Logik

Kriteria:

Rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Praktik pembuatan kertas kerja audit TI
3x45‘
Praktik pembuatan kertas kerja audit TI
3x45‘
Materi: Audit Ceklis
Pustaka: Slide presentasi tim dosen matakuliah Audit TI

Materi: Audit Langkah
Pustaka: Slide presentasi tim dosen matakuliah Audit TI
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu menciptakan laporan audit TI berdasarkan simulasi dari studi kasus nyata

  1. Ketepatan dalam penulisan laporan audit proses
  2. Ketepatan dalam penulisan rekomendasi perbaikan
Kriteria:

Rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Role play model dengan stakeholder terkait
3x45‘
Role play model dengan stakeholder terkait
3x45‘
Materi: Laporan Audit TI
Pustaka: Slide presentasi tim dosen matakuliah Audit TI
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu menciptakan laporan audit TI berdasarkan simulasi dari studi kasus nyata

  1. Ketepatan dalam penulisan laporan audit ceklis
  2. Ketepatan dalam penulisan rekomendasi perbaikan
Kriteria:

Rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Role play model dengan stakeholder terkait
3x45‘
Role play model dengan stakeholder terkait
3x45‘
Materi: Laporan Audit TI
Pustaka: Slide presentasi tim dosen matakuliah Audit TI
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu menciptakan laporan audit TI berdasarkan simulasi dari studi kasus nyata

  1. Ketepatan dalam penulisan laporan audit langkah
  2. Ketepatan dalam penulisan rekomendasi perbaikan
Kriteria:

Rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Role play model dengan stakeholder terkait
3x45‘
Role play model dengan stakeholder terkait
3x45‘
Materi: Laporan Audit TI
Pustaka: Slide presentasi tim dosen matakuliah Audit TI
5%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa mampu mempresentasikan laporan audit TI yang komprehensif

Kejelasan mahasiswa dalam menyampaikan rekomendasi perbaikan terhadap laporan audit TI

Kriteria:

Rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Evaluasi Akhir Semester (UAS)
3x45‘
Evaluasi Akhir Semester (UAS)
3x45‘
Materi: Domain dan Proses tertentu
Pustaka: COBIT Framework version 2019, ISACA, United States.
15%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 52.5%
2. Praktik / Unjuk Kerja 25%
3. Tes 22.5%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.