|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Bisnis Digital
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
AUDIT TI |
6120906057 |
Mata Kuliah Pilihan Program Studi |
T=0 |
P=3 |
ECTS=4.77 |
7 |
30 Januari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Nanang Hoesen H. A., S.T., M.T.I
|
Riska Dhenabayu, S.Kom., M.M.
|
Hujjatullah Fazlurrahman, S.E., MBA. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-6 |
Mampu beradaptasi terhadap konteks permasalahan bisnis digital yang dihadapi dengan baik |
PLO-8 |
Mampu mengembangkan keilmuan di bidang bisnis digital dengan tepat |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menerapkan metodologi audit TI dalam konteks bisnis digital untuk pemilihan domain dan proses tertentu berdasarkan COBIT 2019 (C3)
|
PO - 2 |
Menganalisis kelemahan sistem informasi dalam organisasi menggunakan kerangka kerja audit yang telah ditetapkan (C4)
|
PO - 3 |
Mengevaluasi efektivitas kontrol internal TI dan memberikan rekomendasi perbaikan berdasarkan standar audit yang berlaku (C5)
|
PO - 4 |
Menerapkan prinsip dan praktik audit TI dalam simulasi atau studi kasus nyata (C3)
|
PO - 5 |
Menciptakan laporan audit yang komprehensif dan mudah dipahami oleh semua pemangku kepentingan (C6)
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-6 | PLO-8 | PO-1 | ✔ | ✔ | | PO-2 | ✔ | ✔ | | PO-3 | ✔ | | ✔ | PO-4 | | ✔ | ✔ | PO-5 | | ✔ | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Matakuliah Audit TI pada program studi Bisnis Digital bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang konsep dasar audit sistem informasi, proses audit, serta teknik dan metode audit yang relevan dalam konteks teknologi informasi. Mahasiswa akan mempelajari tentang kerangka kerja sesuai praktik terbaik industri dalam mengkaji pengendalian internal, risiko, keamanan informasi, serta standar audit yang berlaku. Ruang lingkup mata kuliah mencakup audit sistem informasi, audit keamanan informasi, audit pengendalian internal, serta penerapan teknologi dalam proses audit. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- COBIT Framework version 2019, ISACA, United States.
|
Pendukung : |
|
- Slide presentasi tim dosen matakuliah Audit TI
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Nanang Hoesen Hidroes Abbrori, S.T., M.T.I. Renny Sari Dewi, S. Kom., M. Kom., MCE., MOS. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu mendeskripsikan studi kasus yang berpotensi untuk dipraktikkan audit TI |
Ketepatan mahasiswa dalam mendeskripsikan poin-poin studi kasus |
Kriteria:
Holistik, grading kuantitatif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
ceramah dan diskusi 3x45‘ |
ceramah dan diskusi 3x45‘ |
Materi: Pemetaan domain dan proses COBIT 2019 Pustaka: COBIT Framework version 2019, ISACA, United States. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu mendeskripsikan studi kasus yang berpotensi untuk dipraktikkan audit TI |
Ketepatan mahasiswa dalam mendeskripsikan poin-poin studi kasus |
Kriteria:
Holistik, grading kuantitatif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
ceramah dan diskusi 3x45‘ |
ceramah dan diskusi 3x45‘ |
Materi: Pemetaan domain dan proses COBIT 2019 Pustaka: COBIT Framework version 2019, ISACA, United States. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa dapat menganalisis celah/kelemahan pada sistem informasi tertentu yang mahasiswa dapat mengakses fitur-fitur intinya |
Kejelasan mahasiswa dalam menuliskan/menyebutkan celah/kelemahan sistem informasi tsb |
Kriteria:
Holistik, grading kuantitatif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Observasi langsung dan tidak langsung, dilanjutkan dengan diskusi 3x45‘ |
Observasi langsung dan tidak langsung, dilanjutkan dengan diskusi 3x45‘ |
Materi: Layanan Sistem Informasi Sinau Digital Unesa (SIDIA) Pustaka: Slide presentasi tim dosen matakuliah Audit TI |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa dapat menganalisis celah/kelemahan pada sistem informasi tertentu yang mahasiswa dapat mengakses fitur-fitur intinya |
Kejelasan mahasiswa dalam menuliskan/menyebutkan celah/kelemahan sistem informasi tsb |
Kriteria:
Holistik, grading kuantitatif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Observasi langsung dan tidak langsung, dilanjutkan dengan diskusi 3x45‘ |
Observasi langsung dan tidak langsung, dilanjutkan dengan diskusi 3x45‘ |
Materi: Layanan Sistem Informasi Sinau Digital Unesa (SIDIA) Pustaka: Slide presentasi tim dosen matakuliah Audit TI |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu memberikan rekomendasi perbaikan sistem informasi yg ditentukan berdasarkan domain dan proses COBIT 2019 |
Ketepatan mahasiswa dalam menyusun rekomendasi perbaikan per fitur/layanan sistem informasi |
Kriteria:
Holistik, grading kuantitatif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi 3x45‘ |
Ceramah, diskusi 3x45‘ |
Materi: Tugas Pra-UTS Pustaka: Slide presentasi tim dosen matakuliah Audit TI |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu memberikan rekomendasi perbaikan sistem informasi yg ditentukan berdasarkan domain dan proses COBIT 2019 |
Ketepatan mahasiswa dalam menyusun rekomendasi perbaikan per fitur/layanan sistem informasi |
Kriteria:
Holistik, grading kuantitatif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi 3x45‘ |
Ceramah, diskusi 3x45‘ |
Materi: Tugas Pra-UTS Pustaka: Slide presentasi tim dosen matakuliah Audit TI |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu memberikan rekomendasi perbaikan sistem informasi yg ditentukan berdasarkan domain dan proses COBIT 2019 |
Ketepatan mahasiswa dalam menyusun rekomendasi perbaikan per fitur/layanan sistem informasi |
Kriteria:
Holistik, grading kuantitatif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, diskusi 3x45‘ |
Ceramah, diskusi 3x45‘ |
Materi: Tugas Pra-UTS Pustaka: Slide presentasi tim dosen matakuliah Audit TI |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa mampu menganalisis celah/kelemahan sistem informasi menggunakan domain dan atau proses tertentu pada COBIT 2019 |
Tes Tertulis |
Kriteria:
Rubrik holistik Bentuk Penilaian : Tes |
Evaluasi Tengah Semester (UTS) 3x45‘ |
Evaluasi Tengah Semester (UTS) 3x45‘ |
Materi: . Pustaka: COBIT Framework version 2019, ISACA, United States. |
15% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu mempraktikkan audit TI berdasarkan domain dan atau proses pada COBIT 2019 |
Ketepatan dalam menyusun kertas kerja audit TI, terutama audit proses |
Kriteria:
Rubrik holistik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Praktik pembuatan kertas kerja audit TI 3x45‘ |
Praktik pembuatan kertas kerja audit TI 3x45‘ |
Materi: Audit Proses Pustaka: Slide presentasi tim dosen matakuliah Audit TI |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu mempraktikkan audit TI berdasarkan domain dan atau proses pada COBIT 2019 |
Ketepatan dalam menyusun kertas kerja audit TI, terutama audit ceklis |
Kriteria:
Rubrik holistik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Praktik pembuatan kertas kerja audit TI 3x45‘ |
Praktik pembuatan kertas kerja audit TI 3x45‘ |
Materi: Audit Proses Pustaka: Slide presentasi tim dosen matakuliah Audit TI Materi: Audit Ceklis Pustaka: Slide presentasi tim dosen matakuliah Audit TI |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu mempraktikkan audit TI berdasarkan domain dan atau proses pada COBIT 2019 |
Ketepatan dalam menyusun kertas kerja audit TI, terutama audit ceklis |
Kriteria:
Rubrik holistik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Praktik pembuatan kertas kerja audit TI 3x45‘ |
Praktik pembuatan kertas kerja audit TI 3x45‘ |
Materi: Audit Ceklis Pustaka: Slide presentasi tim dosen matakuliah Audit TI |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu mempraktikkan audit TI berdasarkan domain dan atau proses pada COBIT 2019 |
Mahasiswa mampu melakukan Audit Pengendalian Akses Logik |
Kriteria:
Rubrik holistik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Praktik pembuatan kertas kerja audit TI 3x45‘ |
Praktik pembuatan kertas kerja audit TI 3x45‘ |
Materi: Audit Ceklis Pustaka: Slide presentasi tim dosen matakuliah Audit TI Materi: Audit Langkah Pustaka: Slide presentasi tim dosen matakuliah Audit TI |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu menciptakan laporan audit TI berdasarkan simulasi dari studi kasus nyata |
- Ketepatan dalam penulisan laporan audit proses
- Ketepatan dalam penulisan rekomendasi perbaikan
|
Kriteria:
Rubrik holistik Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Role play model dengan stakeholder terkait 3x45‘ |
Role play model dengan stakeholder terkait 3x45‘ |
Materi: Laporan Audit TI Pustaka: Slide presentasi tim dosen matakuliah Audit TI |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu menciptakan laporan audit TI berdasarkan simulasi dari studi kasus nyata |
- Ketepatan dalam penulisan laporan audit ceklis
- Ketepatan dalam penulisan rekomendasi perbaikan
|
Kriteria:
Rubrik holistik Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Role play model dengan stakeholder terkait 3x45‘ |
Role play model dengan stakeholder terkait 3x45‘ |
Materi: Laporan Audit TI Pustaka: Slide presentasi tim dosen matakuliah Audit TI |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu menciptakan laporan audit TI berdasarkan simulasi dari studi kasus nyata |
- Ketepatan dalam penulisan laporan audit langkah
- Ketepatan dalam penulisan rekomendasi perbaikan
|
Kriteria:
Rubrik holistik Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Role play model dengan stakeholder terkait 3x45‘ |
Role play model dengan stakeholder terkait 3x45‘ |
Materi: Laporan Audit TI Pustaka: Slide presentasi tim dosen matakuliah Audit TI |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Mahasiswa mampu mempresentasikan laporan audit TI yang komprehensif |
Kejelasan mahasiswa dalam menyampaikan rekomendasi perbaikan terhadap laporan audit TI |
Kriteria:
Rubrik holistik Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Evaluasi Akhir Semester (UAS) 3x45‘ |
Evaluasi Akhir Semester (UAS) 3x45‘ |
Materi: Domain dan Proses tertentu Pustaka: COBIT Framework version 2019, ISACA, United States. |
15% |