Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Program Studi S1 Ilmu Komunikasi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Komunikasi Publik

7020103117

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=3

P=0

ECTS=4.77

3

17 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




Dr. Anam Miftakhul Huda, S.Kom., M.I.Kom.




Dr. Anam Miftakhul Huda, S.Kom., M.I.Kom.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
PO

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini Komunikasi Publik mengkaji uang lingkup komunikasi publik, karakteristik manusia komunikan, prinsip komunikasi, persepsi, komunikasi verbal dan non verbal, serta retorika. Mata kuliah ini menggunakan strategi student center learning (SCL) yang menuntut keaktifan mahasiswa dalam proses pembelajaran.

Pustaka

Utama :

  1. Rakhmat, Jalaluddin. 2015. Psikologi Komunikasi . Bandung: Rosda Karya
  2. De Vito. 2007. Interpersonal Communication . New York: Sage Publication
  3. Littlejohn, Stephen W. 2015. Human Communications . New York: Sage Publication
  4. Clow, Kenneth E. 2008. Integrated Advertising, Promotion, and Marketing Communication. New Jersey: Prentice Hall
  5. Zarefsky, David. 2012. Public Speaking. UNited States: Pearson

Pendukung :

  1. Aji, Gilang Gusti., Sukardani, Puspita Sari & Setianingrum, Vinda Maya (2023). Interactivity on Government Social Media to Improve Public Services. COMMENTATE: Journal of Communication Management, 4(1), 12-23.

Dosen Pengampu

Herma Retno Prabayanti, S.E., M.Med.Kom.

Dr. Anam Miftakhul Huda, S.Kom., M.I.Kom.

Awang Dharmawan, S.Ikom., M.A.

Muhammad Danu Winata, S.Sos, M.A., M.Si (Han).

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Kontrak Perkuliahan Ruang Lingkup Komunikasi Publik Fungsi Komunikasi PublikMacam Macam Komunikasi Publik

Mahasiswa dapat memahami ruang lingkup komunikasi publik dan fungsi komunikasi publik

Kriteria:

Mahasiswa dapat memahami ruang lingkup komunikasi publik dan fungsi komunikasi publik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
3 X 50

4%

2

Minggu ke 2

Memahami pendekatan komunikasi publik

Mahasiswa dapat menjelaskan macam-macam komunikasi publik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
luring
3 X 50

Materi: Pendekatan-pendekatan Komunikasi Publik
Pustaka: Rakhmat, Jalaluddin. 2015. Psikologi Komunikasi . Bandung: Rosda Karya
4%

3

Minggu ke 3

Menyusun Strategi Komunikasi Publik

Mahasiswa dapat menyusun Strategi Komunikasi Publik

Kriteria:

5


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Luring
3 X 50

Materi: Strategi Komunikasi Publik
Pustaka: Clow, Kenneth E. 2008. Integrated Advertising, Promotion, and Marketing Communication. New Jersey: Prentice Hall
4%

4

Minggu ke 4

Tahap Persiapan Komunikasi Publik

Mahasiswa dapat menyusun tahap persiapan komunikasi publik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
3 X 50

Materi: Tahap perspana komunikasi publik
Pustaka: De Vito. 2007. Interpersonal Communication . New York: Sage Publication
4%

5

Minggu ke 5

Tahap penyusunan Komunikasi Publik

Mahasiswa dapat menyusun komunikasi publik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Luring
3 X 50

Materi: Tahap penyusunan komunikasi publik
Pustaka: De Vito. 2007. Interpersonal Communication . New York: Sage Publication
7%

6

Minggu ke 6

Tahap penyampaian Komunikasi publik

Mahasiswa dapat menyampaikan Tahapan Komunikasi publik

Kriteria:

Mahasiswa dapat menyampaikan Tahapan Komunikasi publik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
3 X 50

Materi: Tahap penyampaian Komunikasi Publik
Pustaka: De Vito. 2007. Interpersonal Communication . New York: Sage Publication
4%

7

Minggu ke 7

Evaluasi Program Komunikasi Publik

Mahasiswa mampu mengevaluasi segala bentuk program yang berhubungan dengan komunikasi publik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

3 X 50

Materi: Evaluasi Program Komunikasi Publik
Pustaka: Clow, Kenneth E. 2008. Integrated Advertising, Promotion, and Marketing Communication. New Jersey: Prentice Hall
4%

8

Minggu ke 8

UTS


    Bentuk Penilaian :
    Tes
    luring
    3 X 50

    10%

    9

    Minggu ke 9

    Teknik Komunikasi Publik

    Mahasiswa mampu melaksanakan segala bentuk teknik-teknik dalam melakukan proses komunikasi di lingkup publik


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
    Luring

    Materi: Teknik Komunikasi Publik
    Pustaka: Zarefsky, David. 2012. Public Speaking. UNited States: Pearson
    10%

    10

    Minggu ke 10

    Peran Komunikasi Publik Dalam Pemerintahan

    Mahasiswa mampu menjelaskan peranan komunikasi publik pada lingkup pemerintahan

    Kriteria:

    5


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Luring

    Materi: Peran Komunikasi Publik Dalam Pemerintahan
    Pustaka: Littlejohn, Stephen W. 2015. Human Communications . New York: Sage Publication
    4%

    11

    Minggu ke 11

    Strategi Pengelolaan Komunikasi Publik

    Mahasiswa mampu memahami dan melaksanakan strategi pengelolaan komunikasi publik


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Luring

    Materi: Strategi Pengelolaan Komunikasi Publik
    Pustaka: Rakhmat, Jalaluddin. 2015. Psikologi Komunikasi . Bandung: Rosda Karya
    4%

    12

    Minggu ke 12

    Managemen Strategik Komunikasi Publik

    Mahasiswa mampu mengelola proses strategi memanajemen komunikasi publik


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Luring

    Materi: Managemen Strategik Komunikasi Publik
    Pustaka: Littlejohn, Stephen W. 2015. Human Communications . New York: Sage Publication

    Materi: Interaktivitas dalam Komunikasi Publik
    Pustaka: Aji, Gilang Gusti., Sukardani, Puspita Sari & Setianingrum, Vinda Maya (2023). Interactivity on Government Social Media to Improve Public Services. COMMENTATE: Journal of Communication Management, 4(1), 12-23.
    4%

    13

    Minggu ke 13

    Komunikasi Publik Pemerintahan Di Masa Krisis

    Mahasiswa mampu memberi bentuk solusi atas tindakan yang akan dilakukan dalam proses komunikasi publik pada masa krisis


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Luring

    Materi: Komunikasi Publik Pemerintahan Di Masa Krisis
    Pustaka: Zarefsky, David. 2012. Public Speaking. UNited States: Pearson
    4%

    14

    Minggu ke 14

    Kolaborasi Media Massa dan Pemerintah Dalam Komunikasi Publik

    Mahasiswa mampu memahami proses kolaborasi antara media massa dan pemerintah di lingkup komunikasi publik


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif


    Materi: Kolaborasi Media Massa dan Pemerintah Dalam Komunikasi Publik
    Pustaka: Littlejohn, Stephen W. 2015. Human Communications . New York: Sage Publication
    4%

    15

    Minggu ke 15

    Evaluasi Pelaksanaan Komunikasi Publik

    Mahasiswa Dapat menganalisis Pelaksanaan Komunikasi Publik

    Kriteria:

    Mahasiswa Dapat menganalisis Pelaksanaan Komunikasi Publik


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
    Luring
    3x50

    Materi: Evaluasi Pelaksanaan Komunikasi Publik
    Pustaka: Clow, Kenneth E. 2008. Integrated Advertising, Promotion, and Marketing Communication. New Jersey: Prentice Hall
    9%

    16

    Minggu ke 16

    UAS


    Bentuk Penilaian :
    Tes
    Luring
    2x5

    20%



    Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

    No Evaluasi Persentase
    1. Aktifitas Partisipasif 55%
    2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 2%
    3. Praktik / Unjuk Kerja 13%
    4. Tes 30%
    100%

    Catatan

    1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
    2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
    3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
    4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
    5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
    6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
    7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
    8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
    9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
    10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
    11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
    12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.