|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Program Studi S1 Ilmu Komunikasi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Komunikasi Publik |
7020103117 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
3 |
17 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
Dr. Anam Miftakhul Huda, S.Kom., M.I.Kom.
|
Dr. Anam Miftakhul Huda, S.Kom., M.I.Kom. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini Komunikasi Publik mengkaji uang lingkup komunikasi publik, karakteristik manusia komunikan, prinsip komunikasi, persepsi, komunikasi verbal dan non verbal, serta retorika. Mata kuliah ini menggunakan strategi student center learning (SCL) yang menuntut keaktifan mahasiswa dalam proses pembelajaran. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Rakhmat, Jalaluddin. 2015. Psikologi Komunikasi . Bandung: Rosda Karya
- De Vito. 2007. Interpersonal Communication . New York: Sage Publication
- Littlejohn, Stephen W. 2015. Human Communications . New York: Sage Publication
- Clow, Kenneth E. 2008. Integrated Advertising, Promotion, and Marketing Communication. New Jersey: Prentice Hall
- Zarefsky, David. 2012. Public Speaking. UNited States: Pearson
|
Pendukung : |
|
- Aji, Gilang Gusti., Sukardani, Puspita Sari & Setianingrum, Vinda Maya (2023). Interactivity on Government Social Media to Improve Public Services. COMMENTATE: Journal of Communication Management, 4(1), 12-23.
|
Dosen Pengampu
|
Herma Retno Prabayanti, S.E., M.Med.Kom. Dr. Anam Miftakhul Huda, S.Kom., M.I.Kom. Awang Dharmawan, S.Ikom., M.A. Muhammad Danu Winata, S.Sos, M.A., M.Si (Han). |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Kontrak Perkuliahan Ruang Lingkup Komunikasi Publik Fungsi Komunikasi PublikMacam Macam Komunikasi Publik |
Mahasiswa dapat memahami ruang lingkup komunikasi publik dan fungsi komunikasi publik |
Kriteria:
Mahasiswa dapat memahami ruang lingkup komunikasi publik dan fungsi komunikasi publik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 3 X 50 |
|
|
4% |
2
Minggu ke 2 |
Memahami pendekatan komunikasi publik |
Mahasiswa dapat menjelaskan macam-macam komunikasi publik |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
luring 3 X 50 |
|
Materi: Pendekatan-pendekatan Komunikasi Publik Pustaka: Rakhmat, Jalaluddin. 2015. Psikologi Komunikasi . Bandung: Rosda Karya |
4% |
3
Minggu ke 3 |
Menyusun Strategi Komunikasi Publik |
Mahasiswa dapat menyusun Strategi Komunikasi Publik |
Kriteria:
5 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Luring 3 X 50 |
|
Materi: Strategi Komunikasi Publik Pustaka: Clow, Kenneth E. 2008. Integrated Advertising, Promotion, and Marketing Communication. New Jersey: Prentice Hall |
4% |
4
Minggu ke 4 |
Tahap Persiapan Komunikasi Publik |
Mahasiswa dapat menyusun tahap persiapan komunikasi publik |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 3 X 50 |
|
Materi: Tahap perspana komunikasi publik Pustaka: De Vito. 2007. Interpersonal Communication . New York: Sage Publication |
4% |
5
Minggu ke 5 |
Tahap penyusunan Komunikasi Publik |
Mahasiswa dapat menyusun komunikasi publik |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Luring 3 X 50 |
|
Materi: Tahap penyusunan komunikasi publik Pustaka: De Vito. 2007. Interpersonal Communication . New York: Sage Publication |
7% |
6
Minggu ke 6 |
Tahap penyampaian Komunikasi publik |
Mahasiswa dapat menyampaikan Tahapan Komunikasi publik |
Kriteria:
Mahasiswa dapat menyampaikan Tahapan Komunikasi publik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 3 X 50 |
|
Materi: Tahap penyampaian Komunikasi Publik Pustaka: De Vito. 2007. Interpersonal Communication . New York: Sage Publication |
4% |
7
Minggu ke 7 |
Evaluasi Program Komunikasi Publik |
Mahasiswa mampu mengevaluasi segala bentuk program yang berhubungan dengan komunikasi publik |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
3 X 50 |
|
Materi: Evaluasi Program Komunikasi Publik Pustaka: Clow, Kenneth E. 2008. Integrated Advertising, Promotion, and Marketing Communication. New Jersey: Prentice Hall |
4% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
|
Bentuk Penilaian : Tes |
luring 3 X 50 |
|
|
10% |
9
Minggu ke 9 |
Teknik Komunikasi Publik |
Mahasiswa mampu melaksanakan segala bentuk teknik-teknik dalam melakukan proses komunikasi di lingkup publik |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Luring
|
|
Materi: Teknik Komunikasi Publik Pustaka: Zarefsky, David. 2012. Public Speaking. UNited States: Pearson |
10% |
10
Minggu ke 10 |
Peran Komunikasi Publik Dalam Pemerintahan |
Mahasiswa mampu menjelaskan peranan komunikasi publik pada lingkup pemerintahan |
Kriteria:
5 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring
|
|
Materi: Peran Komunikasi Publik Dalam Pemerintahan Pustaka: Littlejohn, Stephen W. 2015. Human Communications . New York: Sage Publication |
4% |
11
Minggu ke 11 |
Strategi Pengelolaan Komunikasi Publik |
Mahasiswa mampu memahami dan melaksanakan strategi pengelolaan komunikasi publik |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring
|
|
Materi: Strategi Pengelolaan Komunikasi Publik Pustaka: Rakhmat, Jalaluddin. 2015. Psikologi Komunikasi . Bandung: Rosda Karya |
4% |
12
Minggu ke 12 |
Managemen Strategik Komunikasi Publik |
Mahasiswa mampu mengelola proses strategi memanajemen komunikasi publik |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring
|
|
Materi: Managemen Strategik Komunikasi Publik Pustaka: Littlejohn, Stephen W. 2015. Human Communications . New York: Sage Publication Materi: Interaktivitas dalam Komunikasi Publik Pustaka: Aji, Gilang Gusti., Sukardani, Puspita Sari & Setianingrum, Vinda Maya (2023). Interactivity on Government Social Media to Improve Public Services. COMMENTATE: Journal of Communication Management, 4(1), 12-23. |
4% |
13
Minggu ke 13 |
Komunikasi Publik Pemerintahan Di Masa Krisis |
Mahasiswa mampu memberi bentuk solusi atas tindakan yang akan dilakukan dalam proses komunikasi publik pada masa krisis |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring
|
|
Materi: Komunikasi Publik Pemerintahan Di Masa Krisis Pustaka: Zarefsky, David. 2012. Public Speaking. UNited States: Pearson |
4% |
14
Minggu ke 14 |
Kolaborasi Media Massa dan Pemerintah Dalam Komunikasi Publik |
Mahasiswa mampu memahami proses kolaborasi antara media massa dan pemerintah di lingkup komunikasi publik |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
|
Materi: Kolaborasi Media Massa dan Pemerintah Dalam Komunikasi Publik Pustaka: Littlejohn, Stephen W. 2015. Human Communications . New York: Sage Publication |
4% |
15
Minggu ke 15 |
Evaluasi Pelaksanaan Komunikasi Publik |
Mahasiswa Dapat menganalisis Pelaksanaan Komunikasi Publik |
Kriteria:
Mahasiswa Dapat menganalisis Pelaksanaan Komunikasi Publik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Luring 3x50 |
|
Materi: Evaluasi Pelaksanaan Komunikasi Publik Pustaka: Clow, Kenneth E. 2008. Integrated Advertising, Promotion, and Marketing Communication. New Jersey: Prentice Hall |
9% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
|
Bentuk Penilaian : Tes |
Luring 2x5 |
|
|
20% |