|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S3 Pendidikan Bahasa dan Sastra
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Language and Literature Education Seminar 1 |
8800104145 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=4 |
P=0 |
ECTS=10.08 |
1 |
30 Januari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Prof. Dr. Suhartono, M.Pd.
|
Prof. Dr. Suhartono, M.Pd.
|
Prof. Dr. Suhartono, M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-8 |
Mampu mengembangkan teori/konsep/gagasan ilmiah baru berbasis pengelolaan data dan informasi hasil penelitian dan memberikan kontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan memerhatikan nilai humaniora, metodologi ilmiah, dan perkembangan dunia akademik |
PLO-9 |
Mampu menunjukkan kepemimpinan akademik dalam pengelolaan, pengembangan, dan pembinaan sumber daya serta organisasi yang yang menjadi tanggung jawabnya |
PLO-10 |
Mampu mengembangkan dan memelihara hubungan kolegial dan kesejawatan dalam lingkungan internal dan membangun jejaring kerja sama dengan pemangku kepentingan dan masyarakat profesi |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menganalisis dan mengevaluasi metodologi penelitian terkini dalam bidang bahasa dan sastra untuk menghasilkan karya ilmiah yang inovatif (C4, C5)
|
PO - 2 |
Mengembangkan konsep-konsep baru dalam pendidikan bahasa dan sastra yang dapat memberikan kontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan (C6)
|
PO - 3 |
Menganalisis dinamika kelompok dan interaksi dalam seminar untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran dan diskusi (C4)
|
PO - 4 |
Menciptakan materi seminar yang inovatif yang mengintegrasikan teknologi terkini dalam pendidikan bahasa dan sastra (C6)
|
PO - 5 |
Membangun dan memelihara jejaring kerja sama dengan komunitas akademik dan profesional untuk kepentingan pengembangan seminar (C3)
|
PO - 6 |
Menganalisis feedback dari peserta seminar untuk peningkatan kualitas materi dan penyampaian di masa depan (C4)
|
PO - 7 |
Menciptakan model kerja sama antar lembaga yang efektif untuk penyelenggaraan seminar berskala internasional (C6)
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-8 | PLO-9 | PLO-10 | PO-1 | ✔ | | | PO-2 | ✔ | | | PO-3 | | ✔ | | PO-4 | | ✔ | | PO-5 | | | ✔ | PO-6 | | | ✔ | PO-7 | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-7 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Matakuliah Seminar Pendidikan Bahasa Dan Sastra pada jenjang S3 dalam program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam mengenai perkembangan terkini dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra. Mata kuliah ini membahas berbagai topik terkait dengan metode pengajaran, kurikulum, penelitian, dan inovasi dalam pembelajaran bahasa dan sastra. Mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan wawasan, keterampilan, dan kemampuan analisis kritis dalam konteks pendidikan bahasa dan sastra. Ruang lingkup mata kuliah mencakup diskusi, presentasi, penulisan karya ilmiah, serta kolaborasi dalam menghasilkan pemikiran-pemikiran baru yang dapat berkontribusi pada pengembangan pendidikan bahasa dan sastra di tingkat S3. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Creswell, J. W. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (4th ed.). SAGE Publications.
- Merriam, S. B., & Tisdell, E. J. (2016). Qualitative research: A guide to design and implementation (4th ed.). Jossey-Bass.
|
Pendukung : |
|
- Reynolds, G. (2019). Presentation zen: Simple ideas on presentation design and delivery (3rd ed.). New Riders.
- Lucas, S. E. (2020). The art of public speaking (13th ed.). McGraw-Hill Education.
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Much. Koiri, M.Si. Prof. Dra. Pratiwi Retnaningdyah, M.Hum., M.A., Ph.D. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu menerapkan teori dan konsep bahasa dan sastra dalam konteks pendidikan yang beragam untuk merancang strategi pembelajaran yang inklusif dan beragam. |
- Pemahaman konsep bahasa dan sastra dalam konteks pendidikan beragam
- Kemampuan menerapkan teori bahasa dan sastra dalam pembelajaran inklusif
|
Kriteria:
- Pemahaman konsep bahasa dan sastra dalam konteks pendidikan beragam
- Kemampuan menerapkan teori bahasa dan sastra dalam pembelajaran inklusif
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran kolaboratif dan diskusi kelompok.
|
|
Materi: Teori bahasa dan sastra, Pendidikan inklusif, Multikulturalisme dalam pendidikan Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu menerapkan teori dan konsep bahasa dan sastra dalam konteks pendidikan yang beragam untuk merancang strategi pembelajaran yang inklusif dan beragam. |
- Pemahaman konsep bahasa dan sastra dalam konteks pendidikan beragam
- Kemampuan menerapkan teori bahasa dan sastra dalam pembelajaran inklusif
|
Kriteria:
- Pemahaman konsep bahasa dan sastra dalam konteks pendidikan beragam
- Kemampuan menerapkan teori bahasa dan sastra dalam pembelajaran inklusif
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran kolaboratif dan diskusi kelompok.
|
|
Materi: Teori bahasa dan sastra, Pendidikan inklusif, Multikulturalisme dalam pendidikan Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis dan mengevaluasi metodologi penelitian terkini dalam bidang bahasa dan sastra untuk menghasilkan karya ilmiah yang inovatif. |
- Kemampuan menganalisis metodologi penelitian terkini
- Kemampuan mengevaluasi metodologi penelitian dalam konteks bahasa dan sastra
|
Kriteria:
- Kemampuan menganalisis metodologi penelitian terkini
- Kemampuan mengevaluasi metodologi penelitian dalam konteks bahasa dan sastra
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi, studi kasus, presentasi.
|
Penugasan penulisan analisis metodologi penelitian terkini dalam bahasa dan sastra
|
Materi: Pengenalan metodologi penelitian terkini, Studi kasus penelitian dalam bahasa dan sastra, Teknik evaluasi metodologi penelitian Pustaka: Handbook Perkuliahan |
6% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis dan mengevaluasi metodologi penelitian terkini dalam bidang bahasa dan sastra untuk menghasilkan karya ilmiah yang inovatif. |
- Kemampuan menganalisis metodologi penelitian terkini
- Kemampuan mengevaluasi metodologi penelitian dalam konteks bahasa dan sastra
|
Kriteria:
- Kemampuan menganalisis metodologi penelitian terkini
- Kemampuan mengevaluasi metodologi penelitian dalam konteks bahasa dan sastra
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Diskusi, studi kasus, presentasi.
|
Penugasan penulisan analisis metodologi penelitian terkini dalam bahasa dan sastra
|
Materi: Pengenalan metodologi penelitian terkini, Studi kasus penelitian dalam bahasa dan sastra, Teknik evaluasi metodologi penelitian Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan konsep-konsep baru yang relevan dalam pendidikan bahasa dan sastra serta mampu menjelaskan kontribusi konsep-konsep tersebut pada pengembangan ilmu pengetahuan. |
- inovatif dalam mengembangkan konsep baru yang relevan dalam pendidikan bahasa dan sastra
- mampu menjelaskan kontribusi konsep pada ilmu pengetahuan
|
Kriteria:
- inovatif dalam mengembangkan konsep baru yang relevan dalam pendidikan bahasa dan sastra
- mampu menjelaskan kontribusi konsep pada ilmu pengetahuan
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Diskusi kelompok dan presentasi.
|
Diskusi daring tentang konsep baru yang diusulkan, Penyusunan portofolio konsep inovatif
|
Materi: Teori inovasi dalam pendidikan bahasa dan sastra, Studi kasus konsep-konsep baru Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan konsep-konsep baru yang relevan dalam pendidikan bahasa dan sastra serta mampu menjelaskan kontribusi konsep-konsep tersebut pada pengembangan ilmu pengetahuan. |
- inovatif dalam mengembangkan konsep baru yang relevan dalam pendidikan bahasa dan sastra
- mampu menjelaskan kontribusi konsep pada ilmu pengetahuan
|
Kriteria:
- inovatif dalam mengembangkan konsep baru yang relevan dalam pendidikan bahasa dan sastra
- mampu menjelaskan kontribusi konsep pada ilmu pengetahuan
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Diskusi kelompok dan presentasi.
|
Diskusi daring tentang konsep baru yang diusulkan, Penyusunan portofolio konsep inovatif
|
Materi: Teori inovasi dalam pendidikan bahasa dan sastra, Studi kasus konsep-konsep baru Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan kepemimpinan akademik dalam mengelola seminar dan diskusi ilmiah yang melibatkan berbagai pemangku kepentingan. |
- Kemampuan memimpin seminar dengan baik
- Kemampuan mengelola diskusi ilmiah secara efektif
- Kemampuan berkomunikasi dengan berbagai pemangku kepentingan
|
Kriteria:
- Kemampuan memimpin seminar dengan baik
- Kemampuan mengelola diskusi ilmiah secara efektif
- Kemampuan berkomunikasi dengan berbagai pemangku kepentingan
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran aktif melalui diskusi, simulasi, dan studi kasus.
|
Diskusi daring tentang studi kasus kepemimpinan akademik, Membuat portofolio manajemen seminar
|
Materi: Kepemimpinan akademik, Manajemen seminar, Keterampilan mengelola diskusi ilmiah, Komunikasi efektif dengan pemangku kepentingan Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan kepemimpinan akademik dalam mengelola seminar dan diskusi ilmiah yang melibatkan berbagai pemangku kepentingan. |
- Kemampuan memimpin seminar dengan baik
- Kemampuan mengelola diskusi ilmiah secara efektif
- Kemampuan berkomunikasi dengan berbagai pemangku kepentingan
|
Kriteria:
- Kemampuan memimpin seminar dengan baik
- Kemampuan mengelola diskusi ilmiah secara efektif
- Kemampuan berkomunikasi dengan berbagai pemangku kepentingan
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran aktif melalui diskusi, simulasi, dan studi kasus.
|
Diskusi daring tentang studi kasus kepemimpinan akademik, Membuat portofolio manajemen seminar
|
Materi: Kepemimpinan akademik, Manajemen seminar, Keterampilan mengelola diskusi ilmiah, Komunikasi efektif dengan pemangku kepentingan Pustaka: Handbook Perkuliahan |
9% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan kepemimpinan akademik dalam mengelola seminar dan diskusi ilmiah dengan melibatkan berbagai pemangku kepentingan. |
- Kemampuan memimpin diskusi dengan efektif
- Kemampuan mengelola konflik dalam seminar
- Kemampuan berkomunikasi dengan beragam pemangku kepentingan
|
Kriteria:
- Kemampuan memimpin diskusi dengan efektif
- Kemampuan mengelola konflik dalam seminar
- Kemampuan berkomunikasi dengan beragam pemangku kepentingan
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi kelompok, studi kasus
|
Diskusi daring tentang studi kasus kepemimpinan akademik, Penyusunan portofolio tentang strategi mengelola konflik dalam seminar
|
Materi: Konsep kepemimpinan akademik, Strategi mengelola seminar dan diskusi ilmiah, Keterampilan berkomunikasi efektif Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan kepemimpinan akademik dalam mengelola seminar dan diskusi ilmiah dengan melibatkan berbagai pemangku kepentingan. |
- Kemampuan memimpin diskusi dengan efektif
- Kemampuan mengelola konflik dalam seminar
- Kemampuan berkomunikasi dengan beragam pemangku kepentingan
|
Kriteria:
- Kemampuan memimpin diskusi dengan efektif
- Kemampuan mengelola konflik dalam seminar
- Kemampuan berkomunikasi dengan beragam pemangku kepentingan
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi kelompok, studi kasus
|
Diskusi daring tentang studi kasus kepemimpinan akademik, Penyusunan portofolio tentang strategi mengelola konflik dalam seminar
|
Materi: Konsep kepemimpinan akademik, Strategi mengelola seminar dan diskusi ilmiah, Keterampilan berkomunikasi efektif Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi efektivitas metode dan teknik pengajaran bahasa dan sastra, serta menyusun strategi perbaikan yang relevan. |
- Analisis efektivitas metode pengajaran
- Identifikasi kelemahan teknik pengajaran
- Perumusan strategi perbaikan yang efektif
|
Kriteria:
- Analisis efektivitas metode pengajaran
- Identifikasi kelemahan teknik pengajaran
- Perumusan strategi perbaikan yang efektif
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Diskusi kelompok, studi kasus, presentasi.
|
Diskusi daring tentang evaluasi metode pengajaran, Penyusunan presentasi strategi perbaikan
|
Materi: Pengertian efektivitas metode pengajaran, Teknik evaluasi metode pengajaran, Strategi perbaikan pengajaran Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi efektivitas metode dan teknik pengajaran bahasa dan sastra, serta menyusun strategi perbaikan yang relevan. |
- Analisis efektivitas metode pengajaran
- Identifikasi kelemahan teknik pengajaran
- Perumusan strategi perbaikan yang efektif
|
Kriteria:
- Analisis efektivitas metode pengajaran
- Identifikasi kelemahan teknik pengajaran
- Perumusan strategi perbaikan yang efektif
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Diskusi kelompok, studi kasus, presentasi.
|
Diskusi daring tentang evaluasi metode pengajaran, Penyusunan presentasi strategi perbaikan
|
Materi: Pengertian efektivitas metode pengajaran, Teknik evaluasi metode pengajaran, Strategi perbaikan pengajaran Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis feedback yang diterima dari peserta seminar, mengidentifikasi kekurangan dan kelebihan materi serta penyampaian, serta merumuskan strategi perbaikan yang efektif. |
- analisis feedback yang diterima dari peserta seminar
- identifikasi kekurangan dan kelebihan dalam performansi dalam seminar
- strategi perbaikan dari kelemahan dalam performansi dalam seminar
|
Kriteria:
- mampu analisis feedback yang diterima dari peserta seminar
- mampu identifikasi kekurangan dan kelebihan dalam performansi dalam seminar
- mampu menyusun strategi perbaikan dari kelemahan dalam performansi dalam seminar
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Diskusi kelompok, analisis kasus, dan presentasi.
|
Diskusi daring tentang feedback seminar yang telah dihadiri
|
Materi: Pengertian efektivitas metode pengajaran, Teknik evaluasi metode pengajaran, Strategi perbaikan pengajaran Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis feedback yang diterima dari peserta seminar, mengidentifikasi kekurangan dan kelebihan materi serta penyampaian, serta merumuskan strategi perbaikan yang efektif. |
- analisis feedback yang diterima dari peserta seminar
- identifikasi kekurangan dan kelebihan dalam performansi dalam seminar
- strategi perbaikan dari kelemahan dalam performansi dalam seminar
|
Kriteria:
- mampu analisis feedback yang diterima dari peserta seminar
- mampu identifikasi kekurangan dan kelebihan dalam performansi dalam seminar
- mampu menyusun strategi perbaikan dari kelemahan dalam performansi dalam seminar
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Diskusi kelompok, analisis kasus, dan presentasi.
|
Diskusi daring tentang feedback seminar yang telah dihadiri
|
Materi: Pentingnya feedback dalam meningkatkan kualitas materi dan penyampaian, Teknik analisis feedback, Strategi perbaikan berdasarkan feedback Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis feedback yang diterima dari peserta seminar, mengidentifikasi kekurangan dan kelebihan materi serta penyampaian, serta merumuskan strategi perbaikan yang efektif. |
- analisis feedback yang diterima dari peserta seminar
- identifikasi kekurangan dan kelebihan dalam performansi dalam seminar
- strategi perbaikan dari kelemahan dalam performansi dalam seminar
|
Kriteria:
- mampu analisis feedback yang diterima dari peserta seminar
- mampu identifikasi kekurangan dan kelebihan dalam performansi dalam seminar
- mampu menyusun strategi perbaikan dari kelemahan dalam performansi dalam seminar
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Diskusi kelompok, analisis kasus, dan presentasi.
|
Diskusi daring tentang feedback seminar yang telah dihadiri
|
Materi: Pentingnya feedback dalam meningkatkan kualitas materi dan penyampaian, Teknik analisis feedback, Strategi perbaikan berdasarkan feedback Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis feedback yang diterima dari peserta seminar, mengidentifikasi kekurangan dan kelebihan materi serta penyampaian, serta merumuskan strategi perbaikan yang efektif. |
- analisis feedback yang diterima dari peserta seminar
- identifikasi kekurangan dan kelebihan dalam performansi dalam seminar
- strategi perbaikan dari kelemahan dalam performansi dalam seminar
|
Kriteria:
- mampu analisis feedback yang diterima dari peserta seminar
- mampu identifikasi kekurangan dan kelebihan dalam performansi dalam seminar
- mampu menyusun strategi perbaikan dari kelemahan dalam performansi dalam seminar
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Diskusi kelompok, analisis kasus, dan presentasi.
|
Diskusi daring tentang feedback seminar yang telah dihadiri
|
Materi: Pentingnya feedback dalam meningkatkan kualitas materi dan penyampaian, Teknik analisis feedback, Strategi perbaikan berdasarkan feedback Pustaka: Handbook Perkuliahan |
20% |