Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Vokasi
Program Studi D4 Kepelatihan Olahraga

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Filsafat Kepelatihan Olahraga

xx85202020604

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=0

P=0

ECTS=0

1

1 Agustus 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Rizky Muhammad Sidik, S.Pd., M.Ed.




Dr. Wijono, M.Pd.




Dr. Kunjung Ashadi, S.Pd., M.Fis., AIFO.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-6

Mampu melakukan kajian ilmiah terhadap permasalahan kepelatihan fisik olahraga secara mendalam berdasar kajian analisis berbasis sains dan teknologi

PLO-7

Mampu merancang, mengimplementasikan, dan mengevaluasi program latihan fisik sesuai cabang olahraga, latihan kebugaran, dan latihan fisik bagi disabilitas

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menjelaskan dasar-dasar filsafat dalam konteks kepelatihan olahraga.

PO - 2

Menerapkan nilai-nilai etika dan integritas dalam proses kepelatihan olahraga (C3)

PO - 3

Menganalisis dan mengintegrasikan prinsip-prinsip filsafat olahraga dalam pengembangan program latihan yang efektif (C4)

PO - 4

Mengevaluasi dampak kepelatihan terhadap perkembangan fisik dan psikologis atlet (C5)

PO - 5

Menciptakan metode pelatihan baru yang inovatif berdasarkan teori filsafat olahraga (C6)

PO - 6

Menerapkan pendekatan filsafat dalam merancang program latihan yang inklusif dan adaptif (C3)

PO - 7

Menganalisis kasus-kasus dalam kepelatihan olahraga dengan menggunakan prinsip-prinsip filsafat olahraga (C4)

PO - 8

Mengevaluasi efektivitas metode kepelatihan yang diterapkan dalam konteks nilai-nilai budaya nasional (C5)

PO - 9

Menciptakan konten edukatif tentang filsafat kepelatihan olahraga untuk media digital (C6)

PO - 10

Menerapkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif dalam analisis dan solusi masalah kepelatihan (C3)

PO - 11

Menganalisis peran filsafat dalam pengembangan karakter atlet dan pelatih yang tangguh dan berjiwa kewirausahaan (C4)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-6PLO-7
PO-1
PO-2
PO-3 
PO-4
PO-5
PO-6 
PO-7
PO-8
PO-9
PO-10
PO-11

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9
PO-10
PO-11

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Filsafat Kepelatihan Olahraga mengkaji prinsip-prinsip dasar yang membentuk filosofi di balik kepelatihan olahraga, serta dampaknya terhadap pengembangan atlet dan budaya olahraga. Mata kuliah ini membahas bagaimana filsafat dan teori-teori kepelatihan yang ada dapat diterapkan dalam konteks nyata, memberikan perspektif tentang peran pelatih, etika kepelatihan, serta pengaruh sosial dan budaya terhadap pembinaan olahraga. Mahasiswa akan mempelajari berbagai pandangan filsafat yang ada dalam olahraga, serta memahami cara penerapannya untuk mengelola hubungan antara pelatih dan atlet serta membangun suasana latihan yang efektif.

Pustaka

Utama :

  1. Greenleaf, R.K. (2002). Servant Leadership: A Journey into the Nature of Legitimate Power and Greatness. Paulist Press.
  2. Gentry, R. (2008). Coaching and the Philosopher's Mind: A Guide to Developing Your Coaching Philosophy. Human Kinetics.
  3. Schempp, P.G., & van der Mars, H. (2013). Coaching and Teaching: A Guide for Physical Educators and Coaches. Routledge.

Pendukung :

  1. International Journal of Sports Coaching untuk artikel tentang pengembangan filosofi kepelatihan.
  2. Journal of Applied Sport Psychology untuk riset yang mengkaji hubungan antara filosofi kepelatihan dengan motivasi atlet.

Dosen Pengampu

Dr. Wijono, M.Pd.

Dr. Abdul Hafidz, S.Pd., M.Pd.

Fifit Yeti Wulandari, S.Pd., M.Pd.

Tri Setyo Utami, S.Pd., M.Kes.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan nilai-nilai etika dan integritas dalam proses kepelatihan olahraga.

Rubrik penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pertemuan 1: Pengantar Filsafat Kepelatihan Olahraga

Definisi dan pentingnya filsafat dalam kepelatihan olahraga.
Tujuan dan ruang lingkup mata kuliah ini.
2 X 50

Materi: ...
Pustaka: Gentry, R. (2008). Coaching and the Philosopher's Mind: A Guide to Developing Your Coaching Philosophy. Human Kinetics.
6%

2

Minggu ke 2

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pertemuan 2: Sejarah dan Evolusi Filsafat Kepelatihan

Mengulas perkembangan filsafat kepelatihan sepanjang sejarah olahraga.
Tokoh-tokoh penting dalam pembentukan teori-teori kepelatihan.
2 x 50

Materi: ...
Pustaka: Gentry, R. (2008). Coaching and the Philosopher's Mind: A Guide to Developing Your Coaching Philosophy. Human Kinetics.
6%

3

Minggu ke 3

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pertemuan 3: Pendekatan Filsafat dalam Kepelatihan

Pembahasan berbagai pendekatan filsafat dalam kepelatihan: pragmatisme, idealisme, realisme, dan eksistensialisme.
Analisis dampak filosofi terhadap kebijakan latihan.

Materi: ...
Pustaka: Greenleaf, R.K. (2002). Servant Leadership: A Journey into the Nature of Legitimate Power and Greatness. Paulist Press.
6%

4

Minggu ke 4

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pertemuan 4: Teori-Teori Kepelatihan dan Filosofi

Teori-teori utama dalam kepelatihan seperti teori pengajaran, teori motivasi, dan teori kepemimpinan.
Penerapan teori-teori ini dalam konteks olahraga.

Materi: ...
Pustaka: Greenleaf, R.K. (2002). Servant Leadership: A Journey into the Nature of Legitimate Power and Greatness. Paulist Press.
6%

5

Minggu ke 5

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pertemuan 5: Etika dan Moralitas dalam Kepelatihan

Nilai-nilai etika dalam kepelatihan olahraga, seperti kejujuran, sportivitas, dan tanggung jawab.
Diskusi tentang dilema etika dalam keputusan-keputusan kepelatihan.
2 x 50

Materi: ...
Pustaka: Schempp, P.G., & van der Mars, H. (2013). Coaching and Teaching: A Guide for Physical Educators and Coaches. Routledge.
6%

6

Minggu ke 6

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pertemuan 6: Pelatih sebagai Pemimpin: Filosofi Kepemimpinan

Pendekatan kepemimpinan dalam kepelatihan olahraga.
Pemahaman pelatih sebagai pemimpin, motivator, dan mentor.

Materi: ...
Pustaka: Schempp, P.G., & van der Mars, H. (2013). Coaching and Teaching: A Guide for Physical Educators and Coaches. Routledge.
6%

7

Minggu ke 7

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pertemuan 7: Filosofi Kepelatihan dalam Konteks Sosial dan Budaya

Pengaruh faktor sosial dan budaya dalam penerapan filosofi kepelatihan.
Analisis tentang bagaimana norma sosial, ras, gender, dan budaya mempengaruhi hubungan pelatih-atlet.

Materi: ...
Pustaka: Greenleaf, R.K. (2002). Servant Leadership: A Journey into the Nature of Legitimate Power and Greatness. Paulist Press.
6%

8

Minggu ke 8

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pertemuan 8: Ujian Tengah Semester (UTS)

Ujian teori mengenai konsep dasar filsafat kepelatihan, teori-teori kepelatihan, etika, dan moralitas dalam kepelatihan.
2 x 50

Materi: ...
Pustaka: Gentry, R. (2008). Coaching and the Philosopher's Mind: A Guide to Developing Your Coaching Philosophy. Human Kinetics.
6%

9

Minggu ke 9

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pertemuan 9: Pengaruh Filosofi Kepelatihan terhadap Pengembangan Atlet

Meneliti bagaimana filsafat kepelatihan memengaruhi perkembangan fisik, mental, dan emosional atlet.
Studi kasus tentang pelatih yang sukses dalam membangun karakter atlet melalui filosofi mereka.
2 x 50

Materi: ...
Pustaka: Greenleaf, R.K. (2002). Servant Leadership: A Journey into the Nature of Legitimate Power and Greatness. Paulist Press.
6%

10

Minggu ke 10

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 10: Filsafat Kepelatihan dalam Pembinaan Tim

Penerapan filosofi kepelatihan dalam pengelolaan dan pembinaan tim olahraga.
Diskusi mengenai konsep teamwork, motivasi tim, dan pengelolaan dinamika kelompok.

Materi: ...
Pustaka: Gentry, R. (2008). Coaching and the Philosopher's Mind: A Guide to Developing Your Coaching Philosophy. Human Kinetics.
6%

11

Minggu ke 11

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pertemuan 11: Filosofi Kepelatihan dalam Pendidikan Jasmani

Penerapan filosofi kepelatihan dalam konteks pendidikan jasmani di sekolah dan komunitas.
Etika dan moralitas dalam pembinaan olahraga di tingkat pendidikan.

Materi: ...
Pustaka: International Journal of Sports Coaching untuk artikel tentang pengembangan filosofi kepelatihan.
6%

12

Minggu ke 12

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pertemuan 12: Filosofi Kepelatihan dalam Olahraga Profesional

Pembahasan filosofi kepelatihan yang diterapkan di level profesional.
Studi kasus pelatih-pelatih terkenal dan pendekatan mereka dalam meraih kesuksesan.

Materi: ...
Pustaka: Greenleaf, R.K. (2002). Servant Leadership: A Journey into the Nature of Legitimate Power and Greatness. Paulist Press.
6%

13

Minggu ke 13

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pertemuan 13: Refleksi Praktik Kepelatihan dan Filosofinya

Evaluasi dan refleksi pribadi mahasiswa mengenai filosofi kepelatihan yang mereka anut atau kembangkan.
Diskusi dan analisis bagaimana filosofi mereka mempengaruhi praktik kepelatihan mereka.
2 x 50

Materi: ...
Pustaka: Greenleaf, R.K. (2002). Servant Leadership: A Journey into the Nature of Legitimate Power and Greatness. Paulist Press.
6%

14

Minggu ke 14

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pertemuan 14: Membangun Filosofi Kepelatihan Sendiri

Latihan untuk mengembangkan filosofi kepelatihan yang mencerminkan nilai-nilai dan keyakinan pribadi mahasiswa.
Diskusi kelompok tentang filosofi kepelatihan masing-masing mahasiswa.
2 x 50

Materi: ...
Pustaka: Schempp, P.G., & van der Mars, H. (2013). Coaching and Teaching: A Guide for Physical Educators and Coaches. Routledge.
6%

15

Minggu ke 15

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 15: Penyusunan Laporan dan Presentasi

Penyusunan laporan mengenai filosofi kepelatihan yang diadopsi dan bagaimana penerapannya dalam konteks olahraga.
Presentasi hasil laporan kepada kelas.

Materi: ...
Pustaka: International Journal of Sports Coaching untuk artikel tentang pengembangan filosofi kepelatihan.
6%

16

Minggu ke 16

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria penilaian rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Tes
Pertemuan 16: Ujian Akhir Semester (UAS)

Ujian akhir yang menguji pemahaman mahasiswa tentang filsafat kepelatihan, etika, teori-teori kepelatihan, serta kemampuan mereka untuk menerapkannya dalam konteks yang berbeda.
2 x 50

Materi: ...
Pustaka: Schempp, P.G., & van der Mars, H. (2013). Coaching and Teaching: A Guide for Physical Educators and Coaches. Routledge.
10%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 81%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 9%
3. Tes 10%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.