|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S1 Ilmu Keolahragaan
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Masase Pediatri |
8920102281 |
Mata Kuliah Pilihan Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
7 |
17 Agustus 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Nidya Comdeca Nurvitriana
|
Joesoef Roepajadi
|
Dr. Heri Wahyudi, S.Or., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-5 |
mampu melakukan analisis teoretis tentang hubungan antara anatomi manusia dan implementasi fungsi manusia dalam aktivitas fisik dan olahraga, khususnya dalam bidang kajian ilmu keolahragaan.". (PLO-4) |
PLO-12 |
Mampu mengoptimalisasi konsep efektivitas dan efisiensi gerakan manusia dalam kaitannya aktivitas dan permainan fisik serta olahraga di lingkungan dunia usaha dan industri serta masyarakat pada umumnya.(PLO-2) |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Memahami Dasar-Dasar Masase Pediatri
|
PO - 2 |
Menerapkan Teknik Masase Pediatri Secara Tepat
|
PO - 3 |
Mengintegrasikan Prinsip Etik dan Profesionalisme dalam Masase Pediatri
|
PO - 4 |
Mengembangkan Keterampilan Pengajaran Masase Pediatri
|
PO - 5 |
Mahasiswa dapat menerapkan teknik masase pediatri dalam berbagai kondisi klinis sesuai dengan anatomi dan fisiologi anak (C3)
|
PO - 6 |
Mahasiswa mampu menganalisis efek masase terhadap perkembangan motorik dan psikomotor anak dalam konteks olahraga (C4)
|
PO - 7 |
Mahasiswa dapat mengevaluasi dan memilih teknik masase yang paling efektif untuk meningkatkan kinerja fisik anak dalam aktivitas fisik (C5)
|
PO - 8 |
Mahasiswa mampu menciptakan program masase pediatri yang inovatif yang sesuai dengan kebutuhan spesifik anak dalam bidang olahraga (C6)
|
PO - 9 |
Mahasiswa dapat menerapkan pengetahuan tentang biomekanika dan anatomi dalam teknik masase untuk anak (C3)
|
PO - 10 |
Mahasiswa mampu menganalisis respons fisiologis anak terhadap berbagai teknik masase dalam konteks olahraga (C4)
|
PO - 11 |
Mahasiswa dapat mengevaluasi dampak jangka panjang masase pediatri terhadap kesehatan dan kinerja fisik anak (C5)
|
PO - 12 |
Mahasiswa mampu menciptakan metode evaluasi efektivitas masase pada anak yang terintegrasi dengan teknologi terkini (C6)
|
PO - 13 |
Mahasiswa dapat menerapkan keterampilan komunikasi efektif untuk mendidik orang tua dan pelatih tentang manfaat masase pediatri (C3)
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-5 | PLO-12 | PO-1 | ✔ | | PO-2 | | ✔ | PO-3 | | ✔ | PO-4 | | ✔ | PO-5 | ✔ | | PO-6 | ✔ | ✔ | PO-7 | | ✔ | PO-8 | ✔ | ✔ | PO-9 | ✔ | | PO-10 | ✔ | | PO-11 | | ✔ | PO-12 | | ✔ | PO-13 | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | ✔ | | | | | PO-2 | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-5 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-7 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-8 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-9 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-10 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-11 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-12 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-13 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Masase Pediatri adalah terapi pijat yang dirancang khusus untuk anak-anak, bertujuan untuk mendukung kesehatan fisik, relaksasi, dan pemulihan dari cedera. Teknik ini disesuaikan dengan kebutuhan perkembangan anak, membantu meningkatkan sirkulasi darah, mengurangi ketegangan otot, dan mendukung kesejahteraan umum. Masase pediatri dilakukan dengan pendekatan yang aman dan lembut, mempertimbangkan kenyamanan dan kebutuhan unik pada anak anak |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Roesli, Utami. (2018). Panduan Pijat Bayi: Sebuah Terapi untuk Optimalkan Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: Pustaka Bunda
- Kementerian Kesehatan RI. (2019). Pedoman Stimulasi Pijat Anak Bawah Dua Tahun (BADUTA). Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.
- Field, Tiffany. (2016). Massage Therapy Research. New York: Churchill Livingstone.
- McClure, Vimala. (2020). Infant Massage: A Handbook for Loving Parents (Updated Edition). New York: Bantam Books.
- Diego, Miguel A., & Field, Tiffany. (2015). Touch and Massage in Early Child Development. New York: Routledge.
- Juwita, Septiana, & Jayanti, Nicky Danur. (2020). Pijat Bayi untuk Meningkatkan Kesehatan dan Kualitas Perawatan Bayi. Yogyakarta: Andi Publisher.
- Balke, Eva. (2021). The Power of Touch: Baby Massage for Bonding and Relaxation. Munich: Kösel Verlag.
- Hart, Victoria. (2018). Gentle Touch: The Art of Infant Massage. London: HarperCollins.
- Underdown, Angela. (2019). Massage for Babies and Children. London: Hamlyn.
- Ulas, Bettina. (2022). Baby Massage: A Practical Guide for Parents. Oxford: Infinite Ideas.
|
Pendukung : |
|
- Pengaruh Pijat Medik Pediatric sebagai Terapi Konstipasi pada Bayi Usia 6-12 Bulan di Wilayah Kerja Puskesmas Sei Langkai Kota Batam Tahun 2023. Jurnal Riset Ilmu Kesehatan Umum, 2(1), 144-152.
- Pelatihan Pediatric Massage Therapy pada Ibu Balita sebagai Upaya Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan di Desa Banjarangkan Klungkung. Jurnal Pengabdian Masyarakat Kesehatan, 3(2), 3380-1610.
- Edukasi dan Praktik Baby Spa and Massage untuk Meningkatkan Kesehatan Bayi di Desa X. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 839-655
- Peningkatan Kesehatan Bayi dan Balita melalui Massage di Kiwano Day Care. Laporan Pengabdian kepada Masyarakat, STIKes Yarsi Pontianak, 2018.
- Efektivitas Baby Massage terhadap Peningkatan Berat Badan Bayi Baru Lahir di Puskesmas X. Jurnal Kesehatan, 5(1), 100-90
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Joesoef Roepajadi, M.Pd. Ika Nurmaya, S.K.M., M.Kes. Yuni Fitriyah Ningsih, S.Pd., M.Pd. Mochamad Azhar Ilmi, S.Or., M.Kes. Nidya Comdeca Nurvitriana, S.Tr.Keb., M.Keb. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
- Kontrak kuliah: Memahami garis besar pembelajaran mata kuliah masase olahraga berupa: capaian pembelajaran, metode yang digunakan, tugas dan penilaian yang akan diberikan.
- mampu memahami pembelajaran mata kuliah masase olahraga khususnya pediatri
|
Mampu memahami capaian pembelajaran, metode yang digunakan, tugas dan penilaian yang akan diberikan pada mata kuliah masase olahraga |
Kriteria:
partisipasif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran aktif melalui diskusi, demonstrasi, dan simulasi. 2x50 |
Pembelajaran aktif melalui diskusi, demonstrasi, dan simulasi. 2x50 |
Materi: Konsep dasar masase pediatri, Teknik-teknik masase pediatri, Keamanan dalam merawat anak-anak Pustaka: Handbook Perkuliahan Materi: mengenai overview materi perkualiahan Pustaka: McClure, Vimala. (2020). Infant Massage: A Handbook for Loving Parents (Updated Edition). New York: Bantam Books. |
0% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa memahami konsep dasar masase pediatri |
- 1. Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar masase pediatri
- 2. Mahasiswa mampu menjelaskan tujuan masase pediatri
- 3. Mahasiswa mampu menjelaskan manfaat masase pediatri
- 4. Mahasiswa mampu menjelaskan tata kerja masase pediatri
|
Kriteria:
partisipasif Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran aktif melalui diskusi kelompok, studi kasus, dan demonstrasi langsung. 2x50 |
Diskusi daring tentang penerapan teknik masase pada kasus-kasus simulasi
|
Materi: Konsep dasar masase pediatri, Teknik-teknik masase yang aman untuk anak-anak, Kondisi khusus yang memerlukan masase pediatri Pustaka: Handbook Perkuliahan Materi: konsep dasar masase pediatri Pustaka: Roesli, Utami. (2018). Panduan Pijat Bayi: Sebuah Terapi untuk Optimalkan Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: Pustaka Bunda |
3% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa memahami konsep dasar masase pediatri |
- Pemahaman prinsip dasar masase pediatri
- Kemampuan mengidentifikasi teknik-teknik masase pada anak-anak
- Pemahaman pentingnya masase pada anak-anak
|
Kriteria:
pemberian tugas pjbl Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran aktif melalui diskusi kelompok, studi kasus, dan demonstrasi langsung. 2x50 |
Diskusi daring tentang penerapan teknik-teknik masase pada kasus anak-anak
|
Materi: Prinsip dasar masase pediatri, Teknik-teknik masase pada anak-anak, Pentingnya masase pada anak-anak Pustaka: Handbook Perkuliahan Materi: tujuan dan fungsi masase pada anak Pustaka: Field, Tiffany. (2016). Massage Therapy Research. New York: Churchill Livingstone. |
10% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa memahami konsep masase pediatri |
- Kemampuan memilih teknik masase yang sesuai dengan kondisi anak
- Kemampuan melakukan masase dengan tepat dan aman pada anak
- Kemampuan memahami kebutuhan khusus anak dalam masase
|
Kriteria:
pjbl Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum |
Pembelajaran aktif melalui demonstrasi, simulasi, dan praktik langsung. 2x50 |
Diskusi daring tentang penerapan teknik masase pada kasus-kasus simulasi
|
Materi: Prinsip dasar masase pediatri, Teknik-teknik masase yang aman dan efektif untuk anak-anak, Penanganan kasus khusus dalam masase pediatri Pustaka: Handbook Perkuliahan Materi: tahap tahap masase Pustaka: Diego, Miguel A., & Field, Tiffany. (2015). Touch and Massage in Early Child Development. New York: Routledge. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa memahami konsep masase pediatri |
- Teknik masase yang tepat diterapkan pada anak
- Kemampuan mahasiswa dalam menyesuaikan teknik masase sesuai dengan kebutuhan anak
- Keamanan dalam melakukan masase pada anak
|
Kriteria:
pjbl Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran aktif melalui demonstrasi, simulasi, 2x50 |
Diskusi daring tentang penerapan teknik masase pediatri pada kasus-kasus simulasi
|
Materi: Prinsip dasar masase pediatri, Teknik-teknik masase yang aman dan efektif untuk anak-anak, Penyesuaian teknik masase sesuai dengan kondisi anak Pustaka: Handbook Perkuliahan Materi: syarat pemijatan Pustaka: Juwita, Septiana, & Jayanti, Nicky Danur. (2020). Pijat Bayi untuk Meningkatkan Kesehatan dan Kualitas Perawatan Bayi. Yogyakarta: Andi Publisher. |
10% |
6
Minggu ke 6 |
6 Mahasiswa memahami etika dan profesionalisme dalam masase pediatri |
Penerapan teknik masase pediatri secara tepat |
Kriteria:
pjbl Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
memahami etika pelayanan dalam perushaaan masase pediatri 2x50 |
metode Daring / Online 2x50 |
Materi: Teknik masase pediatri yang tepat Pustaka: Handbook Perkuliahan Materi: manfaat masase Pustaka: Juwita, Septiana, & Jayanti, Nicky Danur. (2020). Pijat Bayi untuk Meningkatkan Kesehatan dan Kualitas Perawatan Bayi. Yogyakarta: Andi Publisher. |
10% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa memahami anatomi pediatri di lingkup masase pediatri |
Komunikasi yang lancar dengan menggunakan Bahasa yang baik dan benar |
Kriteria:
partisipasif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
anatomi dan fisiologi area masase pada pediatri 2x50 |
metode Daring / Online 2x50 |
Materi: Pustaka: Handbook Perkuliahan Materi: area pemijatan bayi Pustaka: Ulas, Bettina. (2022). Baby Massage: A Practical Guide for Parents. Oxford: Infinite Ideas. |
2% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa mampu menganalisa pengaplikasian masasse pediatri |
- Pemahaman prinsip etik dalam masase pediatri
- Penerapan prinsip profesionalisme dalam praktik masase pediatri
- Kemampuan menerapkan kode etik dalam pelayanan kesehatan anak
|
Kriteria:
pjbl Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi kelompok, studi kasus, role play. 2x50 |
Diskusi daring tentang dilema etik dalam masase pediatri 2x50 |
Materi: Prinsip Etik dalam Masase Pediatri, Profesionalisme dalam Pelayanan Kesehatan Anak, Kode Etik dalam Praktik Masase Pediatri Pustaka: Handbook Perkuliahan |
10% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa memahami masase pediatri dasar / basic |
Komunikasi yang lancar dengan menggunakan Bahasa yang baik dan benar |
Kriteria:
partisipasif Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
teori dan praktek 2x50 |
metode Daring / Online 2x50 |
Materi: Pustaka: Handbook Perkuliahan Materi: basic pemijatan Pustaka: Juwita, Septiana, & Jayanti, Nicky Danur. (2020). Pijat Bayi untuk Meningkatkan Kesehatan dan Kualitas Perawatan Bayi. Yogyakarta: Andi Publisher. |
10% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa memahami teknik teknik masase pediatri dasar / basic |
- Pemahaman prinsip etik dalam masase pediatri
- Penerapan profesionalisme dalam praktik masase pediatri
- Kemampuan menerapkan kode etik dalam pelayanan kesehatan anak-anak
|
Kriteria:
Sistematika laporan (Laporan lengkap: Sampul, Kata Pengantar, Daftar isi, Pendahuluan (latar belakang dan tujuan praktik), Metode Paktik Lapang, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan dan atau saran, daftar Pustaka) Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi kelompok, studi kasus, role play. 2x50 |
Diskusi daring tentang dilema etik dalam masase pediatri, Penulisan refleksi tentang penerapan kode etik dalam kasus simulasi
|
Materi: Prinsip etik dalam masase pediatri, Profesionalisme dalam praktik masase pediatri, Kode etik dalam pelayanan kesehatan anak-anak Pustaka: Handbook Perkuliahan Materi: etika profesionalisme dalam pemberian layanan Pustaka: Edukasi dan Praktik Baby Spa and Massage untuk Meningkatkan Kesehatan Bayi di Desa X. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 839-655 |
10% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa memahami masase pediatri dengan keluhan / advance |
- Pemahaman prinsip etik dalam masase pediatri
- Penerapan prinsip profesionalisme dalam praktik masase pediatri
- Kemampuan menerapkan kode etik dalam pelayanan kesehatan anak-anak
|
Kriteria:
Sistematika laporan (Laporan lengkap: Sampul, Kata Pengantar, Daftar isi, Pendahuluan (latar belakang dan tujuan praktik), Metode Paktik Lapang, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan dan atau saran, daftar Pustaka) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Diskusi kelompok, studi kasus, role play. 2x50 |
Diskusi daring tentang dilema etik dalam praktik masase pediatri
|
Materi: Prinsip Etik dalam Masase Pediatri, Profesionalisme dalam Pelayanan Kesehatan Anak-anak, Kode Etik dalam Praktik Masase Pediatri Pustaka: Handbook Perkuliahan Materi: prinsip masase pediatri Pustaka: Underdown, Angela. (2019). Massage for Babies and Children. London: Hamlyn. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Ujian Tengah Semester (UTS) |
- Kemampuan menjawab pertanyaan
|
Kriteria:
partisipasif Bentuk Penilaian : Tes |
Demonstrasi, Diskusi 2x50 |
Diskusi daring tentang pengalaman mengajarkan masase pada anak-anak, Membuat video demonstrasi teknik masase untuk anak-anak
|
Materi: Teknik pengajaran masase pada anak-anak, Komunikasi efektif dengan anak-anak saat melakukan masase Pustaka: Handbook Perkuliahan Materi: semua dasar dasar mengenai pemijatan baby spa Pustaka: Roesli, Utami. (2018). Panduan Pijat Bayi: Sebuah Terapi untuk Optimalkan Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: Pustaka Bunda |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu memahami teknik tambahan masase pediatri |
- Kemampuan menjelaskan teknik masase kepada anak-anak secara komprehensif
- Kemampuan memberikan demonstrasi masase yang tepat dan efektif kepada anak-anak
- Kemampuan memberikan umpan balik yang konstruktif kepada peserta masase
|
Kriteria:
praktik Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Demonstrasi, Diskusi, Role-playing. 2x50 |
Diskusi daring tentang pengalaman mengajar masase kepada anak-anak, Membuat video demonstrasi pengajaran masase pada anak-anak
|
Materi: Teknik pengajaran masase pada anak-anak, Komunikasi efektif dalam pengajaran masase, Pengelolaan kelas saat mengajarkan masase kepada anak-anak Pustaka: Handbook Perkuliahan Materi: teknik masase Pustaka: Ulas, Bettina. (2022). Baby Massage: A Practical Guide for Parents. Oxford: Infinite Ideas. |
3% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu memahami teknik tambahan masase pediatri |
- Kemampuan menyusun rencana pengajaran yang menarik
- Kemampuan berkomunikasi dengan anak-anak secara efektif
- Kemampuan mengadaptasi strategi pengajaran sesuai dengan perkembangan anak
|
Kriteria:
partisipasif Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Pembelajaran aktif melalui diskusi kelompok, role play, dan studi kasus. 2x50 |
Pembelajaran aktif melalui diskusi kelompok, role play, dan studi kasus. 2x50 |
Materi: Prinsip-prinsip pengajaran efektif untuk anak-anak, Strategi komunikasi dengan anak-anak, Pengembangan rencana pengajaran interaktif Pustaka: Handbook Perkuliahan |
12% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu mempraktekkan masase pediatri dengan keluhan |
- Teknik pengajaran yang efektif diterapkan
- Kemampuan menyampaikan materi dengan jelas
- Kreativitas dalam pengajaran
|
Kriteria:
praktik Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Pembelajaran berbasis masalah, diskusi kelompok, dan simulasi pengajaran. 2x50 |
|
Materi: Teknik pengajaran masase pediatri, Penerapan metode pengajaran yang efektif, Strategi mengatasi tantangan dalam pengajaran anak-anak Pustaka: Handbook Perkuliahan Materi: tahapan masase Pustaka: Hart, Victoria. (2018). Gentle Touch: The Art of Infant Massage. London: HarperCollins. |
0% |
16
Minggu ke 16 |
Ujian Akhir Semester (UAS) |
- Penguasaan teknik pengajaran masase pada anak-anak
- Kemampuan menjelaskan langkah-langkah masase dengan jelas
- Kemampuan memberikan umpan balik yang konstruktif
|
Kriteria:
partisipasif Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Diskusi kelompok, simulasi pengajaran, studi kasus. 2x50 |
Diskusi daring tentang pengalaman mengajar masase pada anak-anak
|
Materi: Prinsip-prinsip pengajaran masase pada anak-anak, Teknik-teknik pengajaran yang efektif, Strategi memberikan umpan balik yang baik Pustaka: Handbook Perkuliahan Materi: penerapan masase Pustaka: Balke, Eva. (2021). The Power of Touch: Baby Massage for Bonding and Relaxation. Munich: Kösel Verlag. |
5% |