Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S1 Ilmu Keolahragaan

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Masase Pediatri

8920102281

Mata Kuliah Pilihan Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

7

17 Agustus 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Nidya Comdeca Nurvitriana




Joesoef Roepajadi




Dr. Heri Wahyudi, S.Or., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-5

mampu melakukan analisis teoretis tentang hubungan antara anatomi manusia dan implementasi fungsi manusia dalam aktivitas fisik dan olahraga, khususnya dalam bidang kajian ilmu keolahragaan.". (PLO-4)

PLO-12

Mampu mengoptimalisasi konsep efektivitas dan efisiensi gerakan manusia dalam kaitannya aktivitas dan permainan fisik serta olahraga di lingkungan dunia usaha dan industri serta masyarakat pada umumnya.(PLO-2)

Program Objectives (PO)

PO - 1

Memahami Dasar-Dasar Masase Pediatri

PO - 2

Menerapkan Teknik Masase Pediatri Secara Tepat

PO - 3

Mengintegrasikan Prinsip Etik dan Profesionalisme dalam Masase Pediatri

PO - 4

Mengembangkan Keterampilan Pengajaran Masase Pediatri

PO - 5

Mahasiswa dapat menerapkan teknik masase pediatri dalam berbagai kondisi klinis sesuai dengan anatomi dan fisiologi anak (C3)

PO - 6

Mahasiswa mampu menganalisis efek masase terhadap perkembangan motorik dan psikomotor anak dalam konteks olahraga (C4)

PO - 7

Mahasiswa dapat mengevaluasi dan memilih teknik masase yang paling efektif untuk meningkatkan kinerja fisik anak dalam aktivitas fisik (C5)

PO - 8

Mahasiswa mampu menciptakan program masase pediatri yang inovatif yang sesuai dengan kebutuhan spesifik anak dalam bidang olahraga (C6)

PO - 9

Mahasiswa dapat menerapkan pengetahuan tentang biomekanika dan anatomi dalam teknik masase untuk anak (C3)

PO - 10

Mahasiswa mampu menganalisis respons fisiologis anak terhadap berbagai teknik masase dalam konteks olahraga (C4)

PO - 11

Mahasiswa dapat mengevaluasi dampak jangka panjang masase pediatri terhadap kesehatan dan kinerja fisik anak (C5)

PO - 12

Mahasiswa mampu menciptakan metode evaluasi efektivitas masase pada anak yang terintegrasi dengan teknologi terkini (C6)

PO - 13

Mahasiswa dapat menerapkan keterampilan komunikasi efektif untuk mendidik orang tua dan pelatih tentang manfaat masase pediatri (C3)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-5PLO-12
PO-1 
PO-2 
PO-3 
PO-4 
PO-5 
PO-6
PO-7 
PO-8
PO-9 
PO-10 
PO-11 
PO-12 
PO-13 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9
PO-10
PO-11
PO-12
PO-13

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Masase Pediatri adalah terapi pijat yang dirancang khusus untuk anak-anak, bertujuan untuk mendukung kesehatan fisik, relaksasi, dan pemulihan dari cedera. Teknik ini disesuaikan dengan kebutuhan perkembangan anak, membantu meningkatkan sirkulasi darah, mengurangi ketegangan otot, dan mendukung kesejahteraan umum. Masase pediatri dilakukan dengan pendekatan yang aman dan lembut, mempertimbangkan kenyamanan dan kebutuhan unik pada anak anak

Pustaka

Utama :

  1. Roesli, Utami. (2018). Panduan Pijat Bayi: Sebuah Terapi untuk Optimalkan Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: Pustaka Bunda
  2. Kementerian Kesehatan RI. (2019). Pedoman Stimulasi Pijat Anak Bawah Dua Tahun (BADUTA). Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.
  3. Field, Tiffany. (2016). Massage Therapy Research. New York: Churchill Livingstone.
  4. McClure, Vimala. (2020). Infant Massage: A Handbook for Loving Parents (Updated Edition). New York: Bantam Books.
  5. Diego, Miguel A., & Field, Tiffany. (2015). Touch and Massage in Early Child Development. New York: Routledge.
  6. Juwita, Septiana, & Jayanti, Nicky Danur. (2020). Pijat Bayi untuk Meningkatkan Kesehatan dan Kualitas Perawatan Bayi. Yogyakarta: Andi Publisher.
  7. Balke, Eva. (2021). The Power of Touch: Baby Massage for Bonding and Relaxation. Munich: Kösel Verlag.
  8. Hart, Victoria. (2018). Gentle Touch: The Art of Infant Massage. London: HarperCollins.
  9. Underdown, Angela. (2019). Massage for Babies and Children. London: Hamlyn.
  10. Ulas, Bettina. (2022). Baby Massage: A Practical Guide for Parents. Oxford: Infinite Ideas.

Pendukung :

  1. Pengaruh Pijat Medik Pediatric sebagai Terapi Konstipasi pada Bayi Usia 6-12 Bulan di Wilayah Kerja Puskesmas Sei Langkai Kota Batam Tahun 2023. Jurnal Riset Ilmu Kesehatan Umum, 2(1), 144-152.
  2. Pelatihan Pediatric Massage Therapy pada Ibu Balita sebagai Upaya Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan di Desa Banjarangkan Klungkung. Jurnal Pengabdian Masyarakat Kesehatan, 3(2), 3380-1610.
  3. Edukasi dan Praktik Baby Spa and Massage untuk Meningkatkan Kesehatan Bayi di Desa X. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 839-655
  4. Peningkatan Kesehatan Bayi dan Balita melalui Massage di Kiwano Day Care. Laporan Pengabdian kepada Masyarakat, STIKes Yarsi Pontianak, 2018.
  5. Efektivitas Baby Massage terhadap Peningkatan Berat Badan Bayi Baru Lahir di Puskesmas X. Jurnal Kesehatan, 5(1), 100-90

Dosen Pengampu

Dr. Joesoef Roepajadi, M.Pd.

Ika Nurmaya, S.K.M., M.Kes.

Yuni Fitriyah Ningsih, S.Pd., M.Pd.

Mochamad Azhar Ilmi, S.Or., M.Kes.

Nidya Comdeca Nurvitriana, S.Tr.Keb., M.Keb.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

  1. Kontrak kuliah: Memahami garis besar pembelajaran mata kuliah masase olahraga berupa: capaian pembelajaran, metode yang digunakan, tugas dan penilaian yang akan diberikan.
  2. mampu memahami pembelajaran mata kuliah masase olahraga khususnya pediatri

Mampu memahami capaian pembelajaran, metode yang digunakan, tugas dan penilaian yang akan diberikan pada mata kuliah masase olahraga

Kriteria:

partisipasif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran aktif melalui diskusi, demonstrasi, dan simulasi.
2x50
Pembelajaran aktif melalui diskusi, demonstrasi, dan simulasi.
2x50
Materi: Konsep dasar masase pediatri, Teknik-teknik masase pediatri, Keamanan dalam merawat anak-anak
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: mengenai overview materi perkualiahan
Pustaka: McClure, Vimala. (2020). Infant Massage: A Handbook for Loving Parents (Updated Edition). New York: Bantam Books.
0%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa memahami konsep dasar masase pediatri

  1. 1. Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar masase pediatri
  2. 2. Mahasiswa mampu menjelaskan tujuan masase pediatri
  3. 3. Mahasiswa mampu menjelaskan manfaat masase pediatri
  4. 4. Mahasiswa mampu menjelaskan tata kerja masase pediatri
Kriteria:

partisipasif


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran aktif melalui diskusi kelompok, studi kasus, dan demonstrasi langsung.
2x50
Diskusi daring tentang penerapan teknik masase pada kasus-kasus simulasi
Materi: Konsep dasar masase pediatri, Teknik-teknik masase yang aman untuk anak-anak, Kondisi khusus yang memerlukan masase pediatri
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: konsep dasar masase pediatri
Pustaka: Roesli, Utami. (2018). Panduan Pijat Bayi: Sebuah Terapi untuk Optimalkan Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: Pustaka Bunda
3%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa memahami konsep dasar masase pediatri

  1. Pemahaman prinsip dasar masase pediatri
  2. Kemampuan mengidentifikasi teknik-teknik masase pada anak-anak
  3. Pemahaman pentingnya masase pada anak-anak
Kriteria:

pemberian tugas pjbl


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Pembelajaran aktif melalui diskusi kelompok, studi kasus, dan demonstrasi langsung.
2x50
Diskusi daring tentang penerapan teknik-teknik masase pada kasus anak-anak
Materi: Prinsip dasar masase pediatri, Teknik-teknik masase pada anak-anak, Pentingnya masase pada anak-anak
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: tujuan dan fungsi masase pada anak
Pustaka: Field, Tiffany. (2016). Massage Therapy Research. New York: Churchill Livingstone.
10%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa memahami konsep masase pediatri

  1. Kemampuan memilih teknik masase yang sesuai dengan kondisi anak
  2. Kemampuan melakukan masase dengan tepat dan aman pada anak
  3. Kemampuan memahami kebutuhan khusus anak dalam masase
Kriteria:

pjbl


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum
Pembelajaran aktif melalui demonstrasi, simulasi, dan praktik langsung.
2x50
Diskusi daring tentang penerapan teknik masase pada kasus-kasus simulasi
Materi: Prinsip dasar masase pediatri, Teknik-teknik masase yang aman dan efektif untuk anak-anak, Penanganan kasus khusus dalam masase pediatri
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: tahap tahap masase
Pustaka: Diego, Miguel A., & Field, Tiffany. (2015). Touch and Massage in Early Child Development. New York: Routledge.
5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa memahami konsep masase pediatri

  1. Teknik masase yang tepat diterapkan pada anak
  2. Kemampuan mahasiswa dalam menyesuaikan teknik masase sesuai dengan kebutuhan anak
  3. Keamanan dalam melakukan masase pada anak
Kriteria:

pjbl


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran aktif melalui demonstrasi, simulasi,
2x50
Diskusi daring tentang penerapan teknik masase pediatri pada kasus-kasus simulasi
Materi: Prinsip dasar masase pediatri, Teknik-teknik masase yang aman dan efektif untuk anak-anak, Penyesuaian teknik masase sesuai dengan kondisi anak
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: syarat pemijatan
Pustaka: Juwita, Septiana, & Jayanti, Nicky Danur. (2020). Pijat Bayi untuk Meningkatkan Kesehatan dan Kualitas Perawatan Bayi. Yogyakarta: Andi Publisher.
10%

6

Minggu ke 6

6 Mahasiswa memahami etika dan profesionalisme dalam masase pediatri

Penerapan teknik masase pediatri secara tepat

Kriteria:

pjbl


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
memahami etika pelayanan dalam perushaaan masase pediatri
2x50
metode Daring / Online
2x50
Materi: Teknik masase pediatri yang tepat
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: manfaat masase
Pustaka: Juwita, Septiana, & Jayanti, Nicky Danur. (2020). Pijat Bayi untuk Meningkatkan Kesehatan dan Kualitas Perawatan Bayi. Yogyakarta: Andi Publisher.
10%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa memahami anatomi pediatri di lingkup masase pediatri

Komunikasi yang lancar dengan menggunakan Bahasa yang baik dan benar

Kriteria:

partisipasif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
anatomi dan fisiologi area masase pada pediatri
2x50
metode Daring / Online
2x50
Materi:
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: area pemijatan bayi
Pustaka: Ulas, Bettina. (2022). Baby Massage: A Practical Guide for Parents. Oxford: Infinite Ideas.
2%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa mampu menganalisa pengaplikasian masasse pediatri

  1. Pemahaman prinsip etik dalam masase pediatri
  2. Penerapan prinsip profesionalisme dalam praktik masase pediatri
  3. Kemampuan menerapkan kode etik dalam pelayanan kesehatan anak
Kriteria:

pjbl


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi kelompok, studi kasus, role play.
2x50
Diskusi daring tentang dilema etik dalam masase pediatri
2x50
Materi: Prinsip Etik dalam Masase Pediatri, Profesionalisme dalam Pelayanan Kesehatan Anak, Kode Etik dalam Praktik Masase Pediatri
Pustaka: Handbook Perkuliahan
10%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa memahami masase pediatri dasar / basic

Komunikasi yang lancar dengan menggunakan Bahasa yang baik dan benar

Kriteria:

partisipasif


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
teori dan praktek
2x50
metode Daring / Online
2x50
Materi:
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: basic pemijatan
Pustaka: Juwita, Septiana, & Jayanti, Nicky Danur. (2020). Pijat Bayi untuk Meningkatkan Kesehatan dan Kualitas Perawatan Bayi. Yogyakarta: Andi Publisher.
10%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa memahami teknik teknik masase pediatri dasar / basic

  1. Pemahaman prinsip etik dalam masase pediatri
  2. Penerapan profesionalisme dalam praktik masase pediatri
  3. Kemampuan menerapkan kode etik dalam pelayanan kesehatan anak-anak
Kriteria:

Sistematika laporan (Laporan lengkap: Sampul, Kata Pengantar, Daftar isi, Pendahuluan (latar belakang dan tujuan praktik), Metode Paktik Lapang, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan dan atau saran, daftar Pustaka)


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi kelompok, studi kasus, role play.
2x50
Diskusi daring tentang dilema etik dalam masase pediatri, Penulisan refleksi tentang penerapan kode etik dalam kasus simulasi
Materi: Prinsip etik dalam masase pediatri, Profesionalisme dalam praktik masase pediatri, Kode etik dalam pelayanan kesehatan anak-anak
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: etika profesionalisme dalam pemberian layanan
Pustaka: Edukasi dan Praktik Baby Spa and Massage untuk Meningkatkan Kesehatan Bayi di Desa X. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 839-655
10%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa memahami masase pediatri dengan keluhan / advance

  1. Pemahaman prinsip etik dalam masase pediatri
  2. Penerapan prinsip profesionalisme dalam praktik masase pediatri
  3. Kemampuan menerapkan kode etik dalam pelayanan kesehatan anak-anak
Kriteria:

Sistematika laporan (Laporan lengkap: Sampul, Kata Pengantar, Daftar isi, Pendahuluan (latar belakang dan tujuan praktik), Metode Paktik Lapang, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan dan atau saran, daftar Pustaka)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Diskusi kelompok, studi kasus, role play.
2x50
Diskusi daring tentang dilema etik dalam praktik masase pediatri
Materi: Prinsip Etik dalam Masase Pediatri, Profesionalisme dalam Pelayanan Kesehatan Anak-anak, Kode Etik dalam Praktik Masase Pediatri
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: prinsip masase pediatri
Pustaka: Underdown, Angela. (2019). Massage for Babies and Children. London: Hamlyn.
5%

12

Minggu ke 12

Ujian Tengah Semester (UTS)

  1. Kemampuan menjawab pertanyaan
Kriteria:

partisipasif


Bentuk Penilaian :
Tes
Demonstrasi, Diskusi
2x50
Diskusi daring tentang pengalaman mengajarkan masase pada anak-anak, Membuat video demonstrasi teknik masase untuk anak-anak
Materi: Teknik pengajaran masase pada anak-anak, Komunikasi efektif dengan anak-anak saat melakukan masase
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: semua dasar dasar mengenai pemijatan baby spa
Pustaka: Roesli, Utami. (2018). Panduan Pijat Bayi: Sebuah Terapi untuk Optimalkan Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: Pustaka Bunda
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu memahami teknik tambahan masase pediatri

  1. Kemampuan menjelaskan teknik masase kepada anak-anak secara komprehensif
  2. Kemampuan memberikan demonstrasi masase yang tepat dan efektif kepada anak-anak
  3. Kemampuan memberikan umpan balik yang konstruktif kepada peserta masase
Kriteria:

praktik


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Demonstrasi, Diskusi, Role-playing.
2x50
Diskusi daring tentang pengalaman mengajar masase kepada anak-anak, Membuat video demonstrasi pengajaran masase pada anak-anak
Materi: Teknik pengajaran masase pada anak-anak, Komunikasi efektif dalam pengajaran masase, Pengelolaan kelas saat mengajarkan masase kepada anak-anak
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: teknik masase
Pustaka: Ulas, Bettina. (2022). Baby Massage: A Practical Guide for Parents. Oxford: Infinite Ideas.
3%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu memahami teknik tambahan masase pediatri

  1. Kemampuan menyusun rencana pengajaran yang menarik
  2. Kemampuan berkomunikasi dengan anak-anak secara efektif
  3. Kemampuan mengadaptasi strategi pengajaran sesuai dengan perkembangan anak
Kriteria:

partisipasif


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Pembelajaran aktif melalui diskusi kelompok, role play, dan studi kasus.
2x50
Pembelajaran aktif melalui diskusi kelompok, role play, dan studi kasus.
2x50
Materi: Prinsip-prinsip pengajaran efektif untuk anak-anak, Strategi komunikasi dengan anak-anak, Pengembangan rencana pengajaran interaktif
Pustaka: Handbook Perkuliahan
12%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu mempraktekkan masase pediatri dengan keluhan

  1. Teknik pengajaran yang efektif diterapkan
  2. Kemampuan menyampaikan materi dengan jelas
  3. Kreativitas dalam pengajaran
Kriteria:

praktik


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Pembelajaran berbasis masalah, diskusi kelompok, dan simulasi pengajaran.
2x50

Materi: Teknik pengajaran masase pediatri, Penerapan metode pengajaran yang efektif, Strategi mengatasi tantangan dalam pengajaran anak-anak
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: tahapan masase
Pustaka: Hart, Victoria. (2018). Gentle Touch: The Art of Infant Massage. London: HarperCollins.
0%

16

Minggu ke 16

Ujian Akhir Semester (UAS)

  1. Penguasaan teknik pengajaran masase pada anak-anak
  2. Kemampuan menjelaskan langkah-langkah masase dengan jelas
  3. Kemampuan memberikan umpan balik yang konstruktif
Kriteria:

partisipasif


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Diskusi kelompok, simulasi pengajaran, studi kasus.
2x50
Diskusi daring tentang pengalaman mengajar masase pada anak-anak
Materi: Prinsip-prinsip pengajaran masase pada anak-anak, Teknik-teknik pengajaran yang efektif, Strategi memberikan umpan balik yang baik
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: penerapan masase
Pustaka: Balke, Eva. (2021). The Power of Touch: Baby Massage for Bonding and Relaxation. Munich: Kösel Verlag.
5%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 9.5%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 59%
3. Penilaian Portofolio 3.33%
4. Penilaian Praktikum 1.67%
5. Praktik / Unjuk Kerja 14%
6. Tes 12.5%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.