Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S1 Ilmu Keolahragaan

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Masase Pediatri

8920102281

T=2

P=0

ECTS=3.18

7

17 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Heri Wahyudi, S.Or., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-5

mampu melakukan analisis teoretis tentang hubungan antara anatomi manusia dan implementasi fungsi manusia dalam aktivitas fisik dan olahraga, khususnya dalam bidang kajian ilmu keolahragaan.". (PLO-4)

Program Objectives (PO)

PO - 1

Memahami Dasar-Dasar Masase Pediatri

PO - 2

Menerapkan Teknik Masase Pediatri Secara Tepat

PO - 3

Mengintegrasikan Prinsip Etik dan Profesionalisme dalam Masase Pediatri

PO - 4

Mengembangkan Keterampilan Pengajaran Masase Pediatri

Matrik PLO-PO

 
POPLO-5
PO-1 
PO-2 
PO-3 
PO-4 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Masase Pediatri adalah terapi pijat yang dirancang khusus untuk anak-anak, bertujuan untuk mendukung kesehatan fisik, relaksasi, dan pemulihan dari cedera. Teknik ini disesuaikan dengan kebutuhan perkembangan anak, membantu meningkatkan sirkulasi darah, mengurangi ketegangan otot, dan mendukung kesejahteraan umum. Masase pediatri dilakukan dengan pendekatan yang aman dan lembut, mempertimbangkan kenyamanan dan kebutuhan unik pada anak anak

Pustaka

Utama :

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dr. Joesoef Roepajadi, M.Pd.

Ika Nurmaya, S.K.M., M.Kes.

Yuni Fitriyah Ningsih, S.Pd., M.Pd.

Mochamad Azhar Ilmi, S.Or., M.Kes.

Nidya Comdeca Nurvitriana, S.Tr.Keb., M.Keb.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Kontrak kuliah: Memahami garis besar pembelajaran mata kuliah masase olahraga berupa: capaian pembelajaran, metode yang digunakan, tugas dan penilaian yang akan diberikan.

Mampu memahami capaian pembelajaran, metode yang digunakan, tugas dan penilaian yang akan diberikan pada mata kuliah masase olahraga



0%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa memahami konsep dasar masase pediatri

  1. 1. Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar masase pediatri
  2. 2. Mahasiswa mampu menjelaskan tujuan masase pediatri
  3. 3. Mahasiswa mampu menjelaskan manfaat masase pediatri
  4. 4. Mahasiswa mampu menjelaskan tata kerja masase pediatri


0%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa memahami konsep dasar masase pediatri



0%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa memahami konsep masase pediatri



0%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa memahami konsep masase pediatri



0%

6

Minggu ke 6

6 Mahasiswa memahami etika dan profesionalisme dalam masase pediatri



0%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa memahami anatomi pediatri di lingkup masase pediatri



0%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa mampu menganalisa pengaplikasian masasse pediatri



0%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa memahami masase pediatri dasar / basic



0%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa memahami teknik teknik masase pediatri dasar / basic



0%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa memahami masase pediatri dengan keluhan / advance



0%

12

Minggu ke 12

Ujian Tengah Semester (UTS)



0%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu memahami teknik tambahan masase pediatri



0%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu memahami teknik tambahan masase pediatri



0%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu mempraktekkan masase pediatri dengan keluhan



0%

16

Minggu ke 16

Ujian Akhir Semester (UAS)



0%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
0%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.