Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Luar Biasa

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Intervensi Dini Anak Disabilitas Fisik

8620203404

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=3

P=0

ECTS=4.77

4

2 Januari 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Endang Pudjiastuti Sartinah, M.Pd. ; Danis Ade Dwirisnanda, S.Pd., M.Hum. ; Diah Anggraeny, S.Pd., M.Pd.




Prof. Dr. Sujarwanto, M.Pd.




Dr. H. Pamuji, M.Kes.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-8

Merancang kurikulum dan program layanan pendidikan khusus

PLO-9

Terampil memberikan layanan akademik dan program kebutuhan khusus bagi PDBK

PLO-10

Memanfaatkan media dan teknologi asistif dalam layanan pendidikan khusus

Program Objectives (PO)

PO - 1

Memanfaatkan TIK untuk memperoleh informasi/referensi terkait Intervensi Anak Tunadaksa dan mengkomunikasikannya.- Menguasai konsep, prinsip, metode dan prosedur penanganan dalam Intervensi Anak Tunadaksa.- Merencanakan dan menyelesaikan permasalahan yang terkait dengan Intervensi Anak Tunadaksa berdasarkan prinsip-prinsip dan prosedur menggunakan metode dalam Intervensi Anak Tunadaksa,- Mampu membuat keputusan dalam mengaplikasikan atau menerapkan metode dalam IntervensiAnak Tunadaksa untuk menemukan alternatif solusi dalam menyelesaikan permasalahan bidang Intervensi Anak Tunadaksa bagi anak tunadaksa dalam bentuk melaksanakan studi kasus dan memberi perlakuan atau memberikan rujukan ke ahlinya.- Memiliki sikap bertanggungjawab terhadap belajar penanganan kasus yang terkait Intervensi Anak Tunadaksa yang dihasilkan Deskripsi Matakuliah

Matrik PLO-PO

 
POPLO-8PLO-9PLO-10
PO-1

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Kajian mata kuliah ini membahas tentang pentingnya a intervensi dini bagi anak tunadaksa. Kajian dalam mata kuliah ini, meliputi: (1) Orientasi Mata kuliah Intervensi dini bagi anak tunadaksa, (2) permasalahan anak tunadaksa usia dini, (3) intervensi dini anak tunadaksa, (4) intervensi dini pendidikan, (5) perencanaan program dalam intervensi dini, (6) intervensi dini pada anak tunadaksa dengan gangguan motorik, (7) intervensi dini pada anak tunadaksa dengan hambatan perkembangan kognitif, (8) intervensi dini pada anak tunadaksa dengan hambatan komunikasi, (9) intervensi dini pada anak tunadaksa dengan hambatan perkembangan sosial dan emosi, (10) Profesionalisasi dalam intervensi dini anak tunadaksa. Perkuliahan dilaksanakan dengan sistem presentasi, diskusi, tugas proyek, dan refleksi.

Pustaka

Utama :

  1. Corinne. G. Et all. 1981. Early Intervention for children with Special Needs and Their Families. Westar, USA
  2. Direktorat Pembinaan Sekolah Luar Biasa. 2008. Identifikasi dan Asesmen Anak Berkebutuhan Khusus, Pedoman Khusus Pendidikan Inklusif. Jakarta: Depdiknas
  3. Hallahan, D.P., & Kauffman, J. 1986. Introduction Special Education Third Edition. Printice Hall

Pendukung :

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1



0%

2

Minggu ke 2



0%

3

Minggu ke 3



0%

4

Minggu ke 4



0%

5

Minggu ke 5



0%

6

Minggu ke 6



0%

7

Minggu ke 7



0%

8

Minggu ke 8



0%

9

Minggu ke 9



0%

10

Minggu ke 10



0%

11

Minggu ke 11



0%

12

Minggu ke 12



0%

13

Minggu ke 13



0%

14

Minggu ke 14



0%

15

Minggu ke 15



0%

16

Minggu ke 16



0%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
0%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.