Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S3 Ilmu Keolahragaan

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Analisis Kebijakan Keolahragaan Lanjutan

8900102094

T=2

P=0

ECTS=5.04

1

1 Maret 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Prof. Dr. Dwi Cahyo Kartiko, M.Kes




Prof. Dr. Dwi Cahyo Kartiko, M.Kes




Prof. Dr. Agus Hariyanto, M.Kes.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-11

Terampil menyelesaikan masalah dalam bidang ilmu keolahragaan dengan menggunakan kaidah ilmiah dan berbasis data (evidence based).

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menginternalisasi Nilai-Nilai Agama, Kebangsaan, Budaya Nasional, dan Etika Akademik dalam Pekerjaan Ilmiah Keolahragaan

PO - 2

Membangun Karakter Profesional dan Kolaboratif dalam Menyelesaikan Masalah Keolahragaan

PO - 3

Menerapkan Pemikiran Kritis dan Kreatif dalam Analisis Kebijakan Olahraga

PO - 4

Menunjukkan Kemampuan untuk Belajar Sepanjang Hayat dan Berkolaborasi dalam Pengembangan Kebijakan Olahraga

PO - 5

Menerapkan Kaidah Ilmiah dan Data dalam Penyelesaian Masalah Kebijakan Olahraga

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-2PLO-3PLO-4PLO-11
PO-1    
PO-2    
PO-3    
PO-4    
PO-5    

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Analisis Kebijakan Keolahragaan Lanjutan dirancang untuk memberikan pemahaman mendalam dan keterampilan analitis yang dibutuhkan oleh mahasiswa tingkat doktoral dalam menganalisis kebijakan-keputusan keolahragaan di tingkat nasional dan internasional. Mata kuliah ini mengkaji berbagai pendekatan teoritis dan praktis dalam formulasi, implementasi, dan evaluasi kebijakan yang berkaitan dengan bidang olahraga, baik dari aspek pemerintahan, organisasi olahraga, maupun sektor swasta. Mahasiswa akan dilatih untuk memahami hubungan antara kebijakan olahraga dengan pengembangan olahraga profesional, partisipasi masyarakat dalam olahraga, kebijakan terkait infrastruktur, pendanaan olahraga, hingga pengaruh kebijakan terhadap kesejahteraan sosial dan kesehatan masyarakat. Selain itu, mahasiswa juga akan menganalisis kebijakan olahraga dalam konteks global, memahami dinamika internasional dalam olahraga, serta mengeksplorasi kebijakan yang menyangkut masalah sosial seperti kesetaraan gender, inklusivitas, dan keberagaman dalam olahraga. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat mengembangkan kemampuan kritis dan reflektif dalam mengevaluasi kebijakan yang ada, serta mampu merancang kebijakan olahraga yang efektif dan berkelanjutan yang dapat memberikan dampak positif terhadap pengembangan olahraga di berbagai tingkatan, baik lokal, nasional, maupun internasional.

Pustaka

Utama :

  1. Oliver Rick, Longxi Li, 2023. Global Sports and Contemporary China: Sport Policy, International Relations and New Class Identities in the People’s Republic. Palgrave Macmillan
  2. Haydn Morgan, Andrew Parker. 2022. Sport, Physical Activity and Criminal Justice: Politics, Policy and Practice. Routledge
  3. Vanessa Ratten. 2020. Contributions to Management Science Sport Entrepreneurship and Public Policy: Building a New Approach to Policy-making for Sport. Springer International Publishing

Pendukung :

  1. Berita media massa

Dosen Pengampu

Dr. Zainudin Amali, M.Si.

Prof. Dr. Dwi Cahyo Kartiko, S.Pd., M.Kes.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Menjaga Etika Akademik dalam Penyelesaian Tugas

Mahasiswa dapat menghindari pelanggaran etika akademik seperti plagiarisme, memberikan atribusi yang tepat, dan berkontribusi secara jujur dalam penelitian.

Kriteria:

keaktifan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
diskusi dan penugasan

Materi: Sport Policy
Pustaka: Oliver Rick, Longxi Li, 2023. Global Sports and Contemporary China: Sport Policy, International Relations and New Class Identities in the People’s Republic. Palgrave Macmillan
5%

2

Minggu ke 2

Menjaga Etika Akademik dalam Penyelesaian Tugas

Mahasiswa dapat menghindari pelanggaran etika akademik seperti plagiarisme, memberikan atribusi yang tepat, dan berkontribusi secara jujur dalam penelitian.

Kriteria:

keaktifan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
diskusi dan penugasan

Materi: Sport Policy
Pustaka: Oliver Rick, Longxi Li, 2023. Global Sports and Contemporary China: Sport Policy, International Relations and New Class Identities in the People’s Republic. Palgrave Macmillan
5%

3

Minggu ke 3

Menjaga Etika Akademik dalam Penyelesaian Tugas

Mahasiswa dapat menghindari pelanggaran etika akademik seperti plagiarisme, memberikan atribusi yang tepat, dan berkontribusi secara jujur dalam penelitian.

Kriteria:

keaktifan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
diskusi dan penugasan

Materi: Sport Policy
Pustaka: Oliver Rick, Longxi Li, 2023. Global Sports and Contemporary China: Sport Policy, International Relations and New Class Identities in the People’s Republic. Palgrave Macmillan
5%

4

Minggu ke 4

  1. Mengembangkan Karakter Tangguh dalam Menghadapi Tantangan Kebijakan
  2. Berkolaborasi dalam Diskusi dan Penyelesaian Masalah Kebijakan Olahraga
  3. Menunjukkan Sikap Inovatif dan Inklusif dalam Pendekatan Kebijakan
  1. Mahasiswa dapat mengatasi tantangan dalam analisis kebijakan keolahragaan dengan sikap yang gigih dan berorientasi pada solusi.
  2. Mahasiswa menunjukkan kemampuan untuk bekerja secara efektif dalam tim multidisipliner dalam analisis dan perumusan kebijakan olahraga.
  3. Mahasiswa dapat mengembangkan pendekatan-pendekatan kebijakan yang inovatif dan inklusif, dengan mempertimbangkan keberagaman sosial dan budaya dalam dunia olahraga.
Kriteria:

Keaktifan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
diskusi dan praktek

Materi: Physical activity and criminal
Pustaka: Haydn Morgan, Andrew Parker. 2022. Sport, Physical Activity and Criminal Justice: Politics, Policy and Practice. Routledge
5%

5

Minggu ke 5

  1. Mengembangkan Karakter Tangguh dalam Menghadapi Tantangan Kebijakan
  2. Berkolaborasi dalam Diskusi dan Penyelesaian Masalah Kebijakan Olahraga
  3. Menunjukkan Sikap Inovatif dan Inklusif dalam Pendekatan Kebijakan
  1. Mahasiswa dapat mengatasi tantangan dalam analisis kebijakan keolahragaan dengan sikap yang gigih dan berorientasi pada solusi.
  2. Mahasiswa menunjukkan kemampuan untuk bekerja secara efektif dalam tim multidisipliner dalam analisis dan perumusan kebijakan olahraga.
  3. Mahasiswa dapat mengembangkan pendekatan-pendekatan kebijakan yang inovatif dan inklusif, dengan mempertimbangkan keberagaman sosial dan budaya dalam dunia olahraga.
Kriteria:

Keaktifan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
diskusi dan praktek

Materi: Physical activity and criminal
Pustaka: Haydn Morgan, Andrew Parker. 2022. Sport, Physical Activity and Criminal Justice: Politics, Policy and Practice. Routledge
5%

6

Minggu ke 6

  1. Mengembangkan Karakter Tangguh dalam Menghadapi Tantangan Kebijakan
  2. Berkolaborasi dalam Diskusi dan Penyelesaian Masalah Kebijakan Olahraga
  3. Menunjukkan Sikap Inovatif dan Inklusif dalam Pendekatan Kebijakan
  1. Mahasiswa dapat mengatasi tantangan dalam analisis kebijakan keolahragaan dengan sikap yang gigih dan berorientasi pada solusi.
  2. Mahasiswa menunjukkan kemampuan untuk bekerja secara efektif dalam tim multidisipliner dalam analisis dan perumusan kebijakan olahraga.
  3. Mahasiswa dapat mengembangkan pendekatan-pendekatan kebijakan yang inovatif dan inklusif, dengan mempertimbangkan keberagaman sosial dan budaya dalam dunia olahraga.
Kriteria:

Keaktifan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
diskusi dan praktek

Materi: Physical activity and criminal
Pustaka: Haydn Morgan, Andrew Parker. 2022. Sport, Physical Activity and Criminal Justice: Politics, Policy and Practice. Routledge
5%

7

Minggu ke 7

  1. Mengembangkan Karakter Tangguh dalam Menghadapi Tantangan Kebijakan
  2. Berkolaborasi dalam Diskusi dan Penyelesaian Masalah Kebijakan Olahraga
  3. Menunjukkan Sikap Inovatif dan Inklusif dalam Pendekatan Kebijakan
  1. Mahasiswa dapat mengatasi tantangan dalam analisis kebijakan keolahragaan dengan sikap yang gigih dan berorientasi pada solusi.
  2. Mahasiswa menunjukkan kemampuan untuk bekerja secara efektif dalam tim multidisipliner dalam analisis dan perumusan kebijakan olahraga.
  3. Mahasiswa dapat mengembangkan pendekatan-pendekatan kebijakan yang inovatif dan inklusif, dengan mempertimbangkan keberagaman sosial dan budaya dalam dunia olahraga.
Kriteria:

Keaktifan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
diskusi dan praktek

Materi: Physical activity and criminal
Pustaka: Haydn Morgan, Andrew Parker. 2022. Sport, Physical Activity and Criminal Justice: Politics, Policy and Practice. Routledge
5%

8

Minggu ke 8

  1. Mengembangkan Karakter Tangguh dalam Menghadapi Tantangan Kebijakan
  2. Berkolaborasi dalam Diskusi dan Penyelesaian Masalah Kebijakan Olahraga
  3. Menunjukkan Sikap Inovatif dan Inklusif dalam Pendekatan Kebijakan
  1. Mahasiswa dapat mengatasi tantangan dalam analisis kebijakan keolahragaan dengan sikap yang gigih dan berorientasi pada solusi.
  2. Mahasiswa menunjukkan kemampuan untuk bekerja secara efektif dalam tim multidisipliner dalam analisis dan perumusan kebijakan olahraga.
  3. Mahasiswa dapat mengembangkan pendekatan-pendekatan kebijakan yang inovatif dan inklusif, dengan mempertimbangkan keberagaman sosial dan budaya dalam dunia olahraga.
Kriteria:

Keaktifan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
diskusi dan praktek

Materi: Physical activity and criminal
Pustaka: Haydn Morgan, Andrew Parker. 2022. Sport, Physical Activity and Criminal Justice: Politics, Policy and Practice. Routledge
10%

9

Minggu ke 9

  1. Menganalisis Kebijakan Keolahragaan dengan Pendekatan Kritis dan Sistematis
  2. Mengembangkan Solusi Kebijakan dengan Pendekatan Kreatif dan Berbasis Bukti
  1. Mahasiswa dapat mengidentifikasi dan menganalisis berbagai kebijakan keolahragaan menggunakan pendekatan yang sistematis dan berbasis data yang relevan.
  2. Mahasiswa dapat merancang solusi kebijakan yang inovatif dan berbasis bukti (evidence-based) untuk meningkatkan efektivitas kebijakan olahraga.
Kriteria:

keaktifan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
analisis kebijakan olahraga

Materi: sistem keolahragaan 2023
Pustaka: Berita media massa

Materi: manajemen sport science policy
Pustaka: Vanessa Ratten. 2020. Contributions to Management Science Sport Entrepreneurship and Public Policy: Building a New Approach to Policy-making for Sport. Springer International Publishing
5%

10

Minggu ke 10

  1. Menganalisis Kebijakan Keolahragaan dengan Pendekatan Kritis dan Sistematis
  2. Mengembangkan Solusi Kebijakan dengan Pendekatan Kreatif dan Berbasis Bukti
  1. Mahasiswa dapat mengidentifikasi dan menganalisis berbagai kebijakan keolahragaan menggunakan pendekatan yang sistematis dan berbasis data yang relevan.
  2. Mahasiswa dapat merancang solusi kebijakan yang inovatif dan berbasis bukti (evidence-based) untuk meningkatkan efektivitas kebijakan olahraga.
Kriteria:

keaktifan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
analisis kebijakan olahraga

Materi: sistem keolahragaan 2023
Pustaka: Berita media massa

Materi: manajemen sport science policy
Pustaka: Vanessa Ratten. 2020. Contributions to Management Science Sport Entrepreneurship and Public Policy: Building a New Approach to Policy-making for Sport. Springer International Publishing
5%

11

Minggu ke 11

  1. Menganalisis Kebijakan Keolahragaan dengan Pendekatan Kritis dan Sistematis
  2. Mengembangkan Solusi Kebijakan dengan Pendekatan Kreatif dan Berbasis Bukti
  1. Mahasiswa dapat mengidentifikasi dan menganalisis berbagai kebijakan keolahragaan menggunakan pendekatan yang sistematis dan berbasis data yang relevan.
  2. Mahasiswa dapat merancang solusi kebijakan yang inovatif dan berbasis bukti (evidence-based) untuk meningkatkan efektivitas kebijakan olahraga.
Kriteria:

keaktifan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
analisis kebijakan olahraga

Materi: sistem keolahragaan 2023
Pustaka: Berita media massa

Materi: manajemen sport science policy
Pustaka: Vanessa Ratten. 2020. Contributions to Management Science Sport Entrepreneurship and Public Policy: Building a New Approach to Policy-making for Sport. Springer International Publishing
5%

12

Minggu ke 12

  1. Mengidentifikasi Peluang Pengembangan Diri dalam Kebijakan Olahraga
  2. Berkolaborasi dengan Berbagai Pihak untuk Pengembangan Kebijakan Olahraga
  1. Mahasiswa dapat mengidentifikasi peluang-peluang pengembangan keilmuan dan profesionalisme dalam kebijakan olahraga.
  2. Mahasiswa dapat bekerja sama dengan berbagai pemangku kepentingan (stakeholders) untuk merumuskan dan mengembangkan kebijakan olahraga yang lebih baik.
Kriteria:

keaktifan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
identifikasi pengembangan olahraga prestasi berdasarkan peraturan mentri olahraga

Materi: peraturan menteri olahraga terhadap olahraga prestasi
Pustaka: Berita media massa
5%

13

Minggu ke 13

  1. Mengidentifikasi Peluang Pengembangan Diri dalam Kebijakan Olahraga
  2. Berkolaborasi dengan Berbagai Pihak untuk Pengembangan Kebijakan Olahraga
  1. Mahasiswa dapat mengidentifikasi peluang-peluang pengembangan keilmuan dan profesionalisme dalam kebijakan olahraga.
  2. Mahasiswa dapat bekerja sama dengan berbagai pemangku kepentingan (stakeholders) untuk merumuskan dan mengembangkan kebijakan olahraga yang lebih baik.
Kriteria:

keaktifan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
identifikasi pengembangan olahraga prestasi berdasarkan peraturan mentri olahraga

Materi: peraturan menteri olahraga terhadap olahraga prestasi
Pustaka: Berita media massa
5%

14

Minggu ke 14

  1. Mengidentifikasi Peluang Pengembangan Diri dalam Kebijakan Olahraga
  2. Berkolaborasi dengan Berbagai Pihak untuk Pengembangan Kebijakan Olahraga
  1. Mahasiswa dapat mengidentifikasi peluang-peluang pengembangan keilmuan dan profesionalisme dalam kebijakan olahraga.
  2. Mahasiswa dapat bekerja sama dengan berbagai pemangku kepentingan (stakeholders) untuk merumuskan dan mengembangkan kebijakan olahraga yang lebih baik.
Kriteria:

keaktifan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
identifikasi pengembangan olahraga prestasi berdasarkan peraturan mentri olahraga

Materi: peraturan menteri olahraga terhadap olahraga prestasi
Pustaka: Berita media massa
5%

15

Minggu ke 15

  1. Menerapkan Metodologi Ilmiah untuk Menyelesaikan Masalah Kebijakan Olahraga
  2. Menganalisis Data untuk Mengukur Dampak Kebijakan Olahraga
  3. Mengembangkan Kebijakan Olahraga Berbasis Data (Evidence-Based)
  1. Mahasiswa dapat menggunakan teknik riset ilmiah untuk mengidentifikasi masalah kebijakan olahraga dan menyarankan solusi berbasis data.
  2. Mahasiswa dapat mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasikan data untuk menilai dampak kebijakan olahraga terhadap masyarakat dan sektor olahraga.
  3. Mahasiswa mampu merancang kebijakan olahraga yang berbasis bukti dan mengimplementasikan kebijakan tersebut dengan memanfaatkan data untuk meningkatkan efektivitas dan dampak kebijakan.
Kriteria:

keaktifan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
menganalisa dan mengukur dampak peraturan menteri terbaru

Materi: manajemen pengelolaan
Pustaka: Vanessa Ratten. 2020. Contributions to Management Science Sport Entrepreneurship and Public Policy: Building a New Approach to Policy-making for Sport. Springer International Publishing

Materi: sport polyci
Pustaka: Oliver Rick, Longxi Li, 2023. Global Sports and Contemporary China: Sport Policy, International Relations and New Class Identities in the People’s Republic. Palgrave Macmillan

Materi: peraturan mentri olahraga
Pustaka: Berita media massa
7%

16

Minggu ke 16

  1. Menerapkan Metodologi Ilmiah untuk Menyelesaikan Masalah Kebijakan Olahraga
  2. Menganalisis Data untuk Mengukur Dampak Kebijakan Olahraga
  3. Mengembangkan Kebijakan Olahraga Berbasis Data (Evidence-Based)
  1. Mahasiswa dapat menggunakan teknik riset ilmiah untuk mengidentifikasi masalah kebijakan olahraga dan menyarankan solusi berbasis data.
  2. Mahasiswa dapat mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasikan data untuk menilai dampak kebijakan olahraga terhadap masyarakat dan sektor olahraga.
  3. Mahasiswa mampu merancang kebijakan olahraga yang berbasis bukti dan mengimplementasikan kebijakan tersebut dengan memanfaatkan data untuk meningkatkan efektivitas dan dampak kebijakan.
Kriteria:

keaktifan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
menganalisa dan mengukur dampak peraturan menteri terbaru

Materi: manajemen pengelolaan
Pustaka: Vanessa Ratten. 2020. Contributions to Management Science Sport Entrepreneurship and Public Policy: Building a New Approach to Policy-making for Sport. Springer International Publishing

Materi: sport polyci
Pustaka: Oliver Rick, Longxi Li, 2023. Global Sports and Contemporary China: Sport Policy, International Relations and New Class Identities in the People’s Republic. Palgrave Macmillan

Materi: peraturan mentri olahraga
Pustaka: Berita media massa
18%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 52.5%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 3.33%
3. Praktik / Unjuk Kerja 40.83%
4. Tes 3.33%
99.99%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.