Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Ekonomi Islam

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Filsafat Ilmu Ekonomi Islam

6020203122

T=3

P=0

ECTS=4.77

1

22 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Ahmad Ajib Ridlwan, S.Pd., M.SEI.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu memanfaatkan sumber belajar dan TIK untuk mendukung pencapaian kompetensi mahasiswa terkait dengan pemahaman dan kemampuan untuk berfikir filosofis, logis kreatif dan kritis menurut kaidah-kaidah ilmiah

PO - 2

Mahasiswa mampu memiliki pengetahuan dan wawasan tentang filsafat ilmu untuk berfikir kritis dan kreatif serta filosofis dalam menghadapi permasalahan.

PO - 3

Mahasiswa mampu memiliki keterampilan berfikir kritis dan kreatif serta inovatif dalam menghadapi permasalahan

PO - 4

Mahasiswa mampu memiliki sikap bertanggung jawab dan objektif dalam mengembangkan keterampilan berfikir kritis dan kreatif serta filosofis dalam menghadapi permasalahan.

Matrik PLO-PO

 
PO
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas tentang, (1) Hakikat filsafat ilmu; (2) Pokok Ajaran Filsafat Bidang Filsafat Ilmu (materialisme, idealisme/spiritualisme, realisme); (3) teori-teori kebenaran ; (4) aspek ontologi, aspek epistemologi, dan aspek aksiologi; (5) Filsafat Pendidikan (Esensialisme, Perrenialisme, Progresivisme, Eksistensialisme, Rekonstruksi, Pedagogi Kritis); (6) Aliran Postmodernisme (Konstruksionisme Sosial, Hermeneutika, Dekonstruksi, Strukturalisme); (7) Cara Berpikir Kritis (relativitas daya nalar, penguasaan literasi dasar dan penguasaan literasi kritis.

Pustaka

Utama :

  1. Fautanu, Idzam. 2012.Filsafat Ilmu. Teori dan Aplikasinya..Jakarta: Referensi.
  2. Jerome R. Ravertz. 1982. Philosophyi of Science. London.: University Press.
  3. Jujun S. Suriasumantri. 2009.Ilmu Dalam Perspektif. Kumpulan Karangan Tentang Hakekat Ilmu. Jakarta: Obor Indonesia

Pendukung :

  1. The Liang Gie. 2004. Pengantar Filsafat Ilmu. Yogyakarta: Liberty
  2. Surajiyo. 2008. Filsafat Ilmu dan Perkembangannya di Indonesia: Suatu Pengantar. Jakarta: Bumi Aksara

Dosen Pengampu

Dr. H. Moch. Khoirul Anwar, S.Ag., MEI.

Dr. A'rasy Fahrullah, S.Sos., M.Si.

Ach. Yasin, S.Pd., M.SEI.

Taufiq Kurniawan, Lc., M.Sh., Ph.D.

Dr. Azidni Rofiqo, S.E.I., M.E.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Penjelasan RPS Kontrak Kuliah Pembagian Kelompok Pembagian Tugas

1. Menjelaskan pengertian Filsafat 2. Menjelaskan sejarah filsafat 3. Menjelaskan manfaat filsafat

Kriteria:

Brain storming


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

2 X 50
Zoom atau google meet selama kurang lebih 90 menit
90 menit
Materi: utama dan pendukung
Pustaka: Fautanu, Idzam. 2012.Filsafat Ilmu. Teori dan Aplikasinya..Jakarta: Referensi.

Materi: utama dan pendukung
Pustaka: Surajiyo. 2008. Filsafat Ilmu dan Perkembangannya di Indonesia: Suatu Pengantar. Jakarta: Bumi Aksara
4%

2

Minggu ke 2

Memahami Konsep dasar Filsafat (Pengertian sejarah manfaat)

1. Menjelaskan pengertian Filsafat 2. Menjelaskan sejarah filsafat 3. Menjelaskan manfaat filsafat

Kriteria:
  1. 1. Soal 1 : 30
  2. 2. Soal 2 : 35
  3. 3. Soal 3 : 35

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Metode Pembelajaran : metode ceramah diskusi dan tanya jawabModel Pembelajaran : Kooperatif
2 X 50
Zoom atau google meet selama kurang lebih 90 menit
90 menit
Materi: Utama dan pendukung
Pustaka: Jerome R. Ravertz. 1982. Philosophyi of Science. London.: University Press.

Materi: Utama dan pendukung
Pustaka: The Liang Gie. 2004. Pengantar Filsafat Ilmu. Yogyakarta: Liberty
4%

3

Minggu ke 3

Memahami Pengertian sejarah perbedaan dan persamaan Pengetahuan dan Ilmu Pengetahuan

1. Menjelaskan pengertian pengetahuan dan ilmu pengetahuan 2. Menjelaskan sejarah pengetahuan dan ilmu pengetahuan 3. Menjelaskan perbedaan pengetahuan dan ilmu pengetahuan 4. Menjelaskan persamaan pengetahuan dan ilmu pengetahuan

Kriteria:
  1. 1. Soal 1 : 25
  2. 2. Soal 2 : 25
  3. 3. Soal 3 : 25
  4. 4. Soal 4 : 25

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Metode Pembelajaran : metode ceramah diskusi dan tanya jawabModel Pembelajaran : Kooperatif
2 X 50
Zoom atau google meet selama kurang lebih 90 menit
90 menit
Materi: Utama dan pendukung
Pustaka: Jerome R. Ravertz. 1982. Philosophyi of Science. London.: University Press.

Materi: Utama dan pendukung
Pustaka: The Liang Gie. 2004. Pengantar Filsafat Ilmu. Yogyakarta: Liberty
5%

4

Minggu ke 4

Memahami Korelasi antara Filsafat dan Perkembangan Ilmu Pengetahuan

1. Menjelaskan filsafat dan perkembangan ilmu pengetahuan 2. Menjelaskan korelasi antara filsafat dan perkembangan ilmu pengetahuan

Kriteria:
  1. 1. Soal 1 : 45
  2. 2. Soal 2 : 55

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Metode Pembelajaran : metode ceramah diskusi dan tanya jawabModel Pembelajaran : Kooperatif
2 X 50
Zoom atau google meet selama kurang lebih 90 menit
90 menit
Materi: utama dan pendukung
Pustaka: Jujun S. Suriasumantri. 2009.Ilmu Dalam Perspektif. Kumpulan Karangan Tentang Hakekat Ilmu. Jakarta: Obor Indonesia

Materi: Utama dan pendukung
Pustaka: Surajiyo. 2008. Filsafat Ilmu dan Perkembangannya di Indonesia: Suatu Pengantar. Jakarta: Bumi Aksara
3%

5

Minggu ke 5

Memahami keterkaitan Ilmu Pengetahuan Kebudayaan dan Peradaban

1. Menjelaskan pengertian Kebudayaan 2. Menjelaskan pengertian Peradaban 3. Menjelaskan keterkaitan antara Ilmu Pengetahuan Kebudayaan dan Peradaban

Kriteria:
  1. 1. Soal 1 : 30
  2. 2. Soal 2 : 30
  3. 3. Soal 3 : 40

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Metode Pembelajaran : metode ceramah diskusi dan tanya jawabModel Pembelajaran : Kooperatif
2 X 50
Zoom atau google meet selama kurang lebih 90 menit
90 menit
Materi: Utama dan pendukung
Pustaka: Jerome R. Ravertz. 1982. Philosophyi of Science. London.: University Press.

Materi: Utama dan pendukung
Pustaka: The Liang Gie. 2004. Pengantar Filsafat Ilmu. Yogyakarta: Liberty
5%

6

Minggu ke 6

Memahami keterkaitan Filsafat dan Ilmu Politik

1. Menjelaskan pengertian ilmu politik 2. Menjelaskan cakupan ilmu politik 3. Menjelaskan keterkaitan antara filsafat dan ilmu politik

Kriteria:
  1. 1. Soal 1 : 30
  2. 2. Soal 2 : 30
  3. 3. Soal 3 : 40

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Metode Pembelajaran : metode ceramah diskusi dan tanya jawabModel Pembelajaran : Kooperatif
2 X 50

Materi: Utama dan pendukung
Pustaka: Jerome R. Ravertz. 1982. Philosophyi of Science. London.: University Press.

Materi: Utama dan pendukung
Pustaka: Surajiyo. 2008. Filsafat Ilmu dan Perkembangannya di Indonesia: Suatu Pengantar. Jakarta: Bumi Aksara
7%

7

Minggu ke 7

Memahami keterkaitan Filsafat ideologi dan agama

1. Menjelaskan pengertian ideologi 2. Menjelaskan pengertian agama 3. Menjelaskan keterkaitan antara filsafat ideologi dan agama

Kriteria:
  1. 1. Soal 1 : 30
  2. 2. Soal 2 : 30
  3. 3. Soal 3 : 40

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Metode Pembelajaran : metode ceramah diskusi dan tanya jawabModel Pembelajaran : Kooperatif
2 X 50
Zoom atau google meet selama kurang lebih 90 menit
90 menit
Materi: Utama dan pendukung
Pustaka: Jerome R. Ravertz. 1982. Philosophyi of Science. London.: University Press.

Materi: Utama dan pendukung
Pustaka: Surajiyo. 2008. Filsafat Ilmu dan Perkembangannya di Indonesia: Suatu Pengantar. Jakarta: Bumi Aksara
5%

8

Minggu ke 8

Ujian Tengah Semester (UTS)

uts

Kriteria:
  1. 1. Soal 1 : 30
  2. 2. Soal 2 : 30
  3. 3. Soal 3 : 40

Bentuk Penilaian :
Tes

2 X 50

Materi: utama dan pendukung
Pustaka: Jerome R. Ravertz. 1982. Philosophyi of Science. London.: University Press.
15%

9

Minggu ke 9

Memahami Kajian Filsafat Ilmu : Ontologi

1. Menjelaskan definisi ontologi 2. Menjelaskan objek kajian ontologi 3. Menjelaskan aliran-aliran dalam ontology 4. Menjelaskan Teologi

Kriteria:
  1. 1. Nilai Makalah : 40 - 100
  2. 2. Nilai Aktifitas sebagai pemakalah : 40 - 100
  3. 3. Nilai Aktifitas sebagai peserta : 40 - 100

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Metode Pembelajaran : diskusi Model Pembelajaran : Problem Based Learning
2 X 50
Zoom atau google meet selama kurang lebih 90 menit
90 menit
Materi: Utama dan pendukung
Pustaka: Fautanu, Idzam. 2012.Filsafat Ilmu. Teori dan Aplikasinya..Jakarta: Referensi.

Materi: Utama dan pendukung
Pustaka: The Liang Gie. 2004. Pengantar Filsafat Ilmu. Yogyakarta: Liberty
3%

10

Minggu ke 10

Memahami Kajian Filsafat ilmu : Epistemologi

1. Menjelaskan pengertian Epistemologi 2. Menjelaskan Persyaratan Epistemologi 3. Menjelaskan Aliran-aliran Epistemologi

Kriteria:
  1. 1. Nilai Makalah : 40 - 100
  2. 2. Nilai Aktifitas sebagai pemakalah : 40 - 100
  3. 3. Nilai Aktifitas sebagai peserta : 40 - 100

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Metode Pembelajaran : diskusiModel Pembelajaran : Problem Based Learning
2 X 50
Zoom atau google meet selama kurang lebih 90 menit
90 menit
Materi: Utama dan pendukung
Pustaka: Fautanu, Idzam. 2012.Filsafat Ilmu. Teori dan Aplikasinya..Jakarta: Referensi.

Materi: Utama dan pendukung
Pustaka: The Liang Gie. 2004. Pengantar Filsafat Ilmu. Yogyakarta: Liberty
6%

11

Minggu ke 11

Memahami Kajian Filsafat ilmu : Epistemologi

1. Menjelaskan pengertian Epistemologi 2. Menjelaskan Persyaratan Epistemologi3. Menjelaskan Aliran-aliran Epistemologi

Kriteria:
  1. 1. Nilai Makalah : 40 - 100
  2. 2. Nilai Aktifitas sebagai pemakalah : 40 - 100
  3. 3. Nilai Aktifitas sebagai peserta : 40 - 100

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Metode Pembelajaran : diskusiModel Pembelajaran : Problem Based Learning
2 X 50
Zoom atau google meet selama kurang lebih 90 menit
90 menit
Materi: Utama dan pendukung
Pustaka: Jerome R. Ravertz. 1982. Philosophyi of Science. London.: University Press.

Materi: Utama dan pendukung
Pustaka: Surajiyo. 2008. Filsafat Ilmu dan Perkembangannya di Indonesia: Suatu Pengantar. Jakarta: Bumi Aksara
6%

12

Minggu ke 12

Memahami Kajian Filsafat ilmu : Aksiologis

1. Menjelaskan Pengertian Aksiologis 2. Menjelaskan Objek Aksiologis

Kriteria:
  1. 1. Nilai Makalah : 40 - 100
  2. 2. Nilai Aktifitas sebagai pemakalah : 40 - 100
  3. 3. Nilai Aktifitas sebagai peserta : 40 - 100

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Metode Pembelajaran : diskusi
Model Pembelajaran : Problem Based Learning
2 X 50
Zoom atau google meet selama kurang lebih 90 menit
90 menit
Materi: Utama dan pendukung
Pustaka: Fautanu, Idzam. 2012.Filsafat Ilmu. Teori dan Aplikasinya..Jakarta: Referensi.

Materi: Utama dan pendukung
Pustaka: The Liang Gie. 2004. Pengantar Filsafat Ilmu. Yogyakarta: Liberty
5%

13

Minggu ke 13

Memahami tentang Logika

1. Menjelaskan pengertian Logika 2. Menjelaskan Sejarah perkembangan Logika 3. Menjelaskan Proposisi dan Penalaran 4. Menjelaskan Pengertian Silogisme 5. Menjelaskan Pengertian Teori 6. Menjelaskan Pengertian Definisi 7. Menjelaskan Pengertian Analogi

Kriteria:
  1. 1. Soal 1 : 30
  2. 2. Soal 2 : 30
  3. 3. Soal 3 : 25
  4. 4. Soal 4 : 15

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Metode Pembelajaran : metode ceramah diskusi dan tanya jawabModel Pembelajaran : Kooperatif
2 X 50
Zoom atau google meet selama kurang lebih 90 menit
90 menit
Materi: Utama dan pendukung
Pustaka: Jerome R. Ravertz. 1982. Philosophyi of Science. London.: University Press.

Materi: Utama dan pendukung
Pustaka: Surajiyo. 2008. Filsafat Ilmu dan Perkembangannya di Indonesia: Suatu Pengantar. Jakarta: Bumi Aksara
5%

14

Minggu ke 14

Memahami Metode/Pemikiran2 Keilmuan/Berfikir Kritis

Menjelaskan metode /pemikiran2 keilmuan / berfikir kritis

Kriteria:
  1. 1. Soal 1 : 30
  2. 2. Soal 2 : 30
  3. 3. Soal 3 : 40

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Metode Pembelajaran : metode ceramah diskusi dan tanya jawabModel Pembelajaran : Kooperatif
2 X 50
Zoom atau google meet selama kurang lebih 90 menit
90 menit
Materi: Utama dan pendukung
Pustaka: Fautanu, Idzam. 2012.Filsafat Ilmu. Teori dan Aplikasinya..Jakarta: Referensi.

Materi: Utama dan pendukung
Pustaka: The Liang Gie. 2004. Pengantar Filsafat Ilmu. Yogyakarta: Liberty
7%

15

Minggu ke 15

Memahami Tanggung Jawab Moral Keilmuan

Menjelaskan tentang tanggung jawab moral keilmuan

Kriteria:
  1. 1. Soal 1 : 50
  2. 2. Soal 2 : 50

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Metode Pembelajaran : metode ceramah diskusi dan tanya jawabModel Pembelajaran : Kooperatif
2 X 50
Zoom atau google meet selama kurang lebih 90 menit
90 menit
Materi: Utama dan pendukung
Pustaka: Jerome R. Ravertz. 1982. Philosophyi of Science. London.: University Press.

Materi: Utama dan pendukung
Pustaka: Surajiyo. 2008. Filsafat Ilmu dan Perkembangannya di Indonesia: Suatu Pengantar. Jakarta: Bumi Aksara
5%

16

Minggu ke 16

Ujian Akhir Semester (UAS)

uas

Kriteria:
  1. 1. Bobot 30
  2. 2. Bobot 10
  3. 3. Bobot 15
  4. 4. Bobot 20
  5. 5. Bobot 25

Bentuk Penilaian :
Tes

2 X 50

Materi: utama dan pendukung
Pustaka: Fautanu, Idzam. 2012.Filsafat Ilmu. Teori dan Aplikasinya..Jakarta: Referensi.

Materi: utama dan pendukung
Pustaka: Jujun S. Suriasumantri. 2009.Ilmu Dalam Perspektif. Kumpulan Karangan Tentang Hakekat Ilmu. Jakarta: Obor Indonesia
15%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 50%
2. Penilaian Portofolio 20%
3. Tes 30%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.