|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Ekonomi Islam
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Filsafat Ilmu Ekonomi Islam |
6020203122 |
|
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
1 |
22 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Dr. Ahmad Ajib Ridlwan, S.Pd., M.SEI. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu memanfaatkan sumber belajar dan TIK untuk mendukung pencapaian kompetensi mahasiswa terkait dengan pemahaman dan kemampuan untuk berfikir filosofis, logis kreatif dan kritis menurut kaidah-kaidah ilmiah
|
PO - 2 |
Mahasiswa mampu memiliki pengetahuan dan wawasan tentang filsafat ilmu untuk berfikir kritis dan kreatif serta filosofis dalam menghadapi permasalahan.
|
PO - 3 |
Mahasiswa mampu memiliki keterampilan berfikir kritis dan kreatif serta inovatif dalam menghadapi permasalahan
|
PO - 4 |
Mahasiswa mampu memiliki sikap bertanggung jawab dan objektif dalam mengembangkan keterampilan berfikir kritis dan kreatif serta filosofis dalam menghadapi permasalahan.
|
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini membahas tentang, (1) Hakikat filsafat ilmu; (2) Pokok Ajaran Filsafat Bidang Filsafat Ilmu (materialisme, idealisme/spiritualisme, realisme); (3) teori-teori kebenaran ; (4) aspek ontologi, aspek epistemologi, dan aspek aksiologi; (5) Filsafat Pendidikan (Esensialisme, Perrenialisme, Progresivisme, Eksistensialisme, Rekonstruksi, Pedagogi Kritis); (6) Aliran Postmodernisme (Konstruksionisme Sosial, Hermeneutika, Dekonstruksi, Strukturalisme); (7) Cara Berpikir Kritis (relativitas daya nalar, penguasaan literasi dasar dan penguasaan literasi kritis. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Fautanu, Idzam. 2012.Filsafat Ilmu. Teori dan Aplikasinya..Jakarta: Referensi.
- Jerome R. Ravertz. 1982. Philosophyi of Science. London.: University Press.
- Jujun S. Suriasumantri. 2009.Ilmu Dalam Perspektif. Kumpulan Karangan Tentang Hakekat Ilmu. Jakarta: Obor Indonesia
|
Pendukung : |
|
- The Liang Gie. 2004. Pengantar Filsafat Ilmu. Yogyakarta: Liberty
- Surajiyo. 2008. Filsafat Ilmu dan Perkembangannya di Indonesia: Suatu Pengantar. Jakarta: Bumi Aksara
|
Dosen Pengampu
|
Dr. H. Moch. Khoirul Anwar, S.Ag., MEI. Dr. A'rasy Fahrullah, S.Sos., M.Si. Ach. Yasin, S.Pd., M.SEI. Taufiq Kurniawan, Lc., M.Sh., Ph.D. Dr. Azidni Rofiqo, S.E.I., M.E. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Penjelasan RPS Kontrak Kuliah Pembagian Kelompok Pembagian Tugas |
1. Menjelaskan pengertian Filsafat 2. Menjelaskan sejarah filsafat 3. Menjelaskan manfaat filsafat |
Kriteria:
Brain storming Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
2 X 50 |
Zoom atau google meet selama kurang lebih 90 menit 90 menit |
Materi: utama dan pendukung Pustaka: Fautanu, Idzam. 2012.Filsafat Ilmu. Teori dan Aplikasinya..Jakarta: Referensi. Materi: utama dan pendukung Pustaka: Surajiyo. 2008. Filsafat Ilmu dan Perkembangannya di Indonesia: Suatu Pengantar. Jakarta: Bumi Aksara |
4% |
2
Minggu ke 2 |
Memahami Konsep dasar Filsafat (Pengertian sejarah manfaat) |
1. Menjelaskan pengertian Filsafat 2. Menjelaskan sejarah filsafat 3. Menjelaskan manfaat filsafat |
Kriteria:
- 1. Soal 1 : 30
- 2. Soal 2 : 35
- 3. Soal 3 : 35
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Metode Pembelajaran : metode ceramah diskusi dan tanya jawabModel Pembelajaran : Kooperatif 2 X 50 |
Zoom atau google meet selama kurang lebih 90 menit 90 menit |
Materi: Utama dan pendukung Pustaka: Jerome R. Ravertz. 1982. Philosophyi of Science. London.: University Press. Materi: Utama dan pendukung Pustaka: The Liang Gie. 2004. Pengantar Filsafat Ilmu. Yogyakarta: Liberty |
4% |
3
Minggu ke 3 |
Memahami Pengertian sejarah perbedaan dan persamaan Pengetahuan dan Ilmu Pengetahuan |
1. Menjelaskan pengertian pengetahuan dan ilmu pengetahuan 2. Menjelaskan sejarah pengetahuan dan ilmu pengetahuan 3. Menjelaskan perbedaan pengetahuan dan ilmu pengetahuan 4. Menjelaskan persamaan pengetahuan dan ilmu pengetahuan |
Kriteria:
- 1. Soal 1 : 25
- 2. Soal 2 : 25
- 3. Soal 3 : 25
- 4. Soal 4 : 25
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Metode Pembelajaran : metode ceramah diskusi dan tanya jawabModel Pembelajaran : Kooperatif 2 X 50 |
Zoom atau google meet selama kurang lebih 90 menit 90 menit |
Materi: Utama dan pendukung Pustaka: Jerome R. Ravertz. 1982. Philosophyi of Science. London.: University Press. Materi: Utama dan pendukung Pustaka: The Liang Gie. 2004. Pengantar Filsafat Ilmu. Yogyakarta: Liberty |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Memahami Korelasi antara Filsafat dan Perkembangan Ilmu Pengetahuan |
1. Menjelaskan filsafat dan perkembangan ilmu pengetahuan 2. Menjelaskan korelasi antara filsafat dan perkembangan ilmu pengetahuan |
Kriteria:
- 1. Soal 1 : 45
- 2. Soal 2 : 55
Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Metode Pembelajaran : metode ceramah diskusi dan tanya jawabModel Pembelajaran : Kooperatif 2 X 50 |
Zoom atau google meet selama kurang lebih 90 menit 90 menit |
Materi: utama dan pendukung Pustaka: Jujun S. Suriasumantri. 2009.Ilmu Dalam Perspektif. Kumpulan Karangan Tentang Hakekat Ilmu. Jakarta: Obor Indonesia Materi: Utama dan pendukung Pustaka: Surajiyo. 2008. Filsafat Ilmu dan Perkembangannya di Indonesia: Suatu Pengantar. Jakarta: Bumi Aksara |
3% |
5
Minggu ke 5 |
Memahami keterkaitan Ilmu Pengetahuan Kebudayaan dan Peradaban |
1. Menjelaskan pengertian Kebudayaan 2. Menjelaskan pengertian Peradaban 3. Menjelaskan keterkaitan antara Ilmu Pengetahuan Kebudayaan dan Peradaban |
Kriteria:
- 1. Soal 1 : 30
- 2. Soal 2 : 30
- 3. Soal 3 : 40
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Metode Pembelajaran : metode ceramah diskusi dan tanya jawabModel Pembelajaran : Kooperatif 2 X 50 |
Zoom atau google meet selama kurang lebih 90 menit 90 menit |
Materi: Utama dan pendukung Pustaka: Jerome R. Ravertz. 1982. Philosophyi of Science. London.: University Press. Materi: Utama dan pendukung Pustaka: The Liang Gie. 2004. Pengantar Filsafat Ilmu. Yogyakarta: Liberty |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Memahami keterkaitan Filsafat dan Ilmu Politik |
1. Menjelaskan pengertian ilmu politik 2. Menjelaskan cakupan ilmu politik 3. Menjelaskan keterkaitan antara filsafat dan ilmu politik |
Kriteria:
- 1. Soal 1 : 30
- 2. Soal 2 : 30
- 3. Soal 3 : 40
Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Metode Pembelajaran : metode ceramah diskusi dan tanya jawabModel Pembelajaran : Kooperatif 2 X 50 |
|
Materi: Utama dan pendukung Pustaka: Jerome R. Ravertz. 1982. Philosophyi of Science. London.: University Press. Materi: Utama dan pendukung Pustaka: Surajiyo. 2008. Filsafat Ilmu dan Perkembangannya di Indonesia: Suatu Pengantar. Jakarta: Bumi Aksara |
7% |
7
Minggu ke 7 |
Memahami keterkaitan Filsafat ideologi dan agama |
1. Menjelaskan pengertian ideologi 2. Menjelaskan pengertian agama 3. Menjelaskan keterkaitan antara filsafat ideologi dan agama |
Kriteria:
- 1. Soal 1 : 30
- 2. Soal 2 : 30
- 3. Soal 3 : 40
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Metode Pembelajaran : metode ceramah diskusi dan tanya jawabModel Pembelajaran : Kooperatif 2 X 50 |
Zoom atau google meet selama kurang lebih 90 menit 90 menit |
Materi: Utama dan pendukung Pustaka: Jerome R. Ravertz. 1982. Philosophyi of Science. London.: University Press. Materi: Utama dan pendukung Pustaka: Surajiyo. 2008. Filsafat Ilmu dan Perkembangannya di Indonesia: Suatu Pengantar. Jakarta: Bumi Aksara |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Ujian Tengah Semester (UTS) |
uts |
Kriteria:
- 1. Soal 1 : 30
- 2. Soal 2 : 30
- 3. Soal 3 : 40
Bentuk Penilaian : Tes |
2 X 50 |
|
Materi: utama dan pendukung Pustaka: Jerome R. Ravertz. 1982. Philosophyi of Science. London.: University Press. |
15% |
9
Minggu ke 9 |
Memahami Kajian Filsafat Ilmu : Ontologi |
1. Menjelaskan definisi ontologi 2. Menjelaskan objek kajian ontologi 3. Menjelaskan aliran-aliran dalam ontology 4. Menjelaskan Teologi |
Kriteria:
- 1. Nilai Makalah : 40 - 100
- 2. Nilai Aktifitas sebagai pemakalah : 40 - 100
- 3. Nilai Aktifitas sebagai peserta : 40 - 100
Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Metode Pembelajaran : diskusi Model Pembelajaran : Problem Based Learning 2 X 50 |
Zoom atau google meet selama kurang lebih 90 menit 90 menit |
Materi: Utama dan pendukung Pustaka: Fautanu, Idzam. 2012.Filsafat Ilmu. Teori dan Aplikasinya..Jakarta: Referensi. Materi: Utama dan pendukung Pustaka: The Liang Gie. 2004. Pengantar Filsafat Ilmu. Yogyakarta: Liberty |
3% |
10
Minggu ke 10 |
Memahami Kajian Filsafat ilmu : Epistemologi |
1. Menjelaskan pengertian Epistemologi 2. Menjelaskan Persyaratan Epistemologi 3. Menjelaskan Aliran-aliran Epistemologi |
Kriteria:
- 1. Nilai Makalah : 40 - 100
- 2. Nilai Aktifitas sebagai pemakalah : 40 - 100
- 3. Nilai Aktifitas sebagai peserta : 40 - 100
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Metode Pembelajaran : diskusiModel Pembelajaran : Problem Based Learning 2 X 50 |
Zoom atau google meet selama kurang lebih 90 menit 90 menit |
Materi: Utama dan pendukung Pustaka: Fautanu, Idzam. 2012.Filsafat Ilmu. Teori dan Aplikasinya..Jakarta: Referensi. Materi: Utama dan pendukung Pustaka: The Liang Gie. 2004. Pengantar Filsafat Ilmu. Yogyakarta: Liberty |
6% |
11
Minggu ke 11 |
Memahami Kajian Filsafat ilmu : Epistemologi |
1. Menjelaskan pengertian Epistemologi 2. Menjelaskan Persyaratan Epistemologi3. Menjelaskan Aliran-aliran Epistemologi |
Kriteria:
- 1. Nilai Makalah : 40 - 100
- 2. Nilai Aktifitas sebagai pemakalah : 40 - 100
- 3. Nilai Aktifitas sebagai peserta : 40 - 100
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Metode Pembelajaran : diskusiModel Pembelajaran : Problem Based Learning 2 X 50 |
Zoom atau google meet selama kurang lebih 90 menit 90 menit |
Materi: Utama dan pendukung Pustaka: Jerome R. Ravertz. 1982. Philosophyi of Science. London.: University Press. Materi: Utama dan pendukung Pustaka: Surajiyo. 2008. Filsafat Ilmu dan Perkembangannya di Indonesia: Suatu Pengantar. Jakarta: Bumi Aksara |
6% |
12
Minggu ke 12 |
Memahami Kajian Filsafat ilmu : Aksiologis |
1. Menjelaskan Pengertian Aksiologis 2. Menjelaskan Objek Aksiologis |
Kriteria:
- 1. Nilai Makalah : 40 - 100
- 2. Nilai Aktifitas sebagai pemakalah : 40 - 100
- 3. Nilai Aktifitas sebagai peserta : 40 - 100
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Metode Pembelajaran : diskusi
Model Pembelajaran : Problem Based Learning 2 X 50 |
Zoom atau google meet selama kurang lebih 90 menit 90 menit |
Materi: Utama dan pendukung Pustaka: Fautanu, Idzam. 2012.Filsafat Ilmu. Teori dan Aplikasinya..Jakarta: Referensi. Materi: Utama dan pendukung Pustaka: The Liang Gie. 2004. Pengantar Filsafat Ilmu. Yogyakarta: Liberty |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Memahami tentang Logika |
1. Menjelaskan pengertian Logika 2. Menjelaskan Sejarah perkembangan Logika 3. Menjelaskan Proposisi dan Penalaran 4. Menjelaskan Pengertian Silogisme 5. Menjelaskan Pengertian Teori 6. Menjelaskan Pengertian Definisi 7. Menjelaskan Pengertian Analogi |
Kriteria:
- 1. Soal 1 : 30
- 2. Soal 2 : 30
- 3. Soal 3 : 25
- 4. Soal 4 : 15
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Metode Pembelajaran : metode ceramah diskusi dan tanya jawabModel Pembelajaran : Kooperatif 2 X 50 |
Zoom atau google meet selama kurang lebih 90 menit 90 menit |
Materi: Utama dan pendukung Pustaka: Jerome R. Ravertz. 1982. Philosophyi of Science. London.: University Press. Materi: Utama dan pendukung Pustaka: Surajiyo. 2008. Filsafat Ilmu dan Perkembangannya di Indonesia: Suatu Pengantar. Jakarta: Bumi Aksara |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Memahami Metode/Pemikiran2 Keilmuan/Berfikir Kritis |
Menjelaskan metode /pemikiran2 keilmuan / berfikir kritis |
Kriteria:
- 1. Soal 1 : 30
- 2. Soal 2 : 30
- 3. Soal 3 : 40
Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Metode Pembelajaran : metode ceramah diskusi dan tanya jawabModel Pembelajaran : Kooperatif 2 X 50 |
Zoom atau google meet selama kurang lebih 90 menit 90 menit |
Materi: Utama dan pendukung Pustaka: Fautanu, Idzam. 2012.Filsafat Ilmu. Teori dan Aplikasinya..Jakarta: Referensi. Materi: Utama dan pendukung Pustaka: The Liang Gie. 2004. Pengantar Filsafat Ilmu. Yogyakarta: Liberty |
7% |
15
Minggu ke 15 |
Memahami Tanggung Jawab Moral Keilmuan |
Menjelaskan tentang tanggung jawab moral keilmuan |
Kriteria:
- 1. Soal 1 : 50
- 2. Soal 2 : 50
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Metode Pembelajaran : metode ceramah diskusi dan tanya jawabModel Pembelajaran : Kooperatif 2 X 50 |
Zoom atau google meet selama kurang lebih 90 menit 90 menit |
Materi: Utama dan pendukung Pustaka: Jerome R. Ravertz. 1982. Philosophyi of Science. London.: University Press. Materi: Utama dan pendukung Pustaka: Surajiyo. 2008. Filsafat Ilmu dan Perkembangannya di Indonesia: Suatu Pengantar. Jakarta: Bumi Aksara |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Ujian Akhir Semester (UAS) |
uas |
Kriteria:
- 1. Bobot 30
- 2. Bobot 10
- 3. Bobot 15
- 4. Bobot 20
- 5. Bobot 25
Bentuk Penilaian : Tes |
2 X 50 |
|
Materi: utama dan pendukung Pustaka: Fautanu, Idzam. 2012.Filsafat Ilmu. Teori dan Aplikasinya..Jakarta: Referensi. Materi: utama dan pendukung Pustaka: Jujun S. Suriasumantri. 2009.Ilmu Dalam Perspektif. Kumpulan Karangan Tentang Hakekat Ilmu. Jakarta: Obor Indonesia |
15% |