Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S1 Pendidikan Fisika

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Komunikasi Fisika dan Analisis Media

8420302259

Mata Kuliah Pilihan Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

5

23 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Mita Anggaryani, M.Pd., Ph.D.




Drs. Imam Sucahyo




Mita Anggaryani, M.Pd., Ph.D.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-7

Menguasai pengetahuan pedagogis dalam perencanaan, pengajaran, dan evaluasi pembelajaran fisika serta pengelolaan sumber daya pada penyelenggaran kelas, laboratorium fisika dan lembaga pendidikan

PLO-9

Menguasai prinsip-prinsip pengembangan media pembelajaran fisika berbasis ilmu pengetahuan, teknologi yang kontekstual khususnya tik (teknologi informasi dan komunikasi), dan lingkungan sekitar

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menjelaskan pengertian, tujuan dan manfaat komunikasi Fisika

PO - 2

Menjelasakan teori-teori komunikasi dan tokoh-tokoh Fisika di Indonesia dan Internasional

PO - 3

Menganalisis peran komunikasi Fisika dan kendalanya dalam perkembangan Fisika di Indonesia

PO - 4

Menjelaskan dasar-dasar desain komunikasi visual dan grafis komputer dalam komunikasi Fisika

PO - 5

Menganalisis data-data sains yang berkaitan dengan kepentingan masyarakat dan pengambilan keputusan

PO - 6

Mendemonstrasikan komunikator Fisika yang baik dalam sebuah proyek kolaborasi yang dirancang untuk menyelesaikan masalah-masalah yang berkaitan dengan fenomena fisis

Matrik PLO-PO

 
POPLO-4PLO-7PLO-9
PO-1 
PO-2 
PO-3 
PO-4 
PO-5 
PO-6 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Komunikasi Fisika dan Analisis media adalah mata kuliah berbasis proyek. Mahasiswa membuat proyek komunikasi Fisika dan analisis media dengan target masyarakat sekolah dan atau masyarakat umum melalui kajian pustaka. Proyek komunikasi Fisika dan analisis media membuka kesempatan bagi mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan dunia nyata yang memungkinkan munculnya ide-ide kreatif yang dapat diwujudkan dan diterapkan.

Pustaka

Utama :

  1. Schulz, P., & Cobley, P. (Eds.). (2012). Handbooks of communication science. De Gruyter Mouton.
  2. Leßmöllmann, A., Dascal, M., & Gloning, T. (Eds.). (2019). Science communication (Vol. 17). Walter de Gruyter GmbH & Co KG.
  3. Nelson, L. K., & Gilbert, J. L. (2024). Research in Communication Sciences and Disorders: Methods for Scientific Inquiry. Plural publishing.

Pendukung :

  1. Baron, N. (2010). Escape from the ivory tower: a guide to making your science matter. Island Press.
  2. Illingworth, S., & Allen, G. (2016). Effective Science Communication: A practical guide to surviving as a scientist. IOP Publishing.
  3. Osborne, J. (2023). Science, scientific literacy, and science education. In Handbook of research on science education (pp. 785-816). Routledge.

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian, tujuan dan manfaat komunikasi Fisika dengan baik dan benar

Kriteria:
  1. Individu
  2. Jawabab Baik dan benar

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi dan Diskusi
100
Presentasi dan Diskusi
100
Materi: Pengertian, tujuan, dan manfaat komunikasi Fisika
Pustaka: Schulz, P., & Cobley, P. (Eds.). (2012). Handbooks of communication science. De Gruyter Mouton.
2%

2

Minggu ke 2

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan teori-teori komunikasi Fisika dengan baik dan benar
  2. Mahasiswa mampu menyebutkan tokoh-tokoh Fisika di Indonesia dan Internasional dengan baik dan benar
  1. Mahasiswa mampu menjelaskan teori-teori komunikasi Fisika dengan baik dan benar
  2. Mahasiswa mampu menyebutkan tokoh-tokoh Fisika di Indonesia dan Internasional dengan baik dan benar
Kriteria:
  1. Kelompok
  2. Jawaban baik dan benar

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi dan Diskusi
100
Presentasi dan Diskusi
100
Materi: Teori-teori komunikasi Fisika
Pustaka: Leßmöllmann, A., Dascal, M., & Gloning, T. (Eds.). (2019). Science communication (Vol. 17). Walter de Gruyter GmbH & Co KG.
5%

3

Minggu ke 3

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan teori-teori komunikasi Fisika dengan baik dan benar
  2. Mahasiswa mampu menyebutkan tokoh-tokoh Fisika di Indonesia dan Internasional dengan baik dan benar
  1. Mahasiswa mampu menjelaskan teori-teori komunikasi Fisika dengan baik dan benar
  2. Mahasiswa mampu menyebutkan tokoh-tokoh Fisika di Indonesia dan Internasional dengan baik dan benar
Kriteria:
  1. Kelompok
  2. Jawaban baik dan benar

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi dan Diskusi
100
Presentasi dan Diskusi
100
Materi: Teori-teori komunikasi Fisika
Pustaka: Leßmöllmann, A., Dascal, M., & Gloning, T. (Eds.). (2019). Science communication (Vol. 17). Walter de Gruyter GmbH & Co KG.
5%

4

Minggu ke 4

  1. Mahasiswa mampu menganalisis peran komunikasi Fisika dalam perkembangan Fisika di Indonesia dengan baik dan benar
  2. Mahasiswa mampu menganalisis kendala mengkomunikasikan konsep Fisika di Indonesia dengan baik dan benar
  3. Mahasiswa mampu merekomendasikan solusi terkait masalah komunikasi Fisika di Indonesia dengan baik dan benar
  1. Mahasiswa mampu menganalisis peran komunikasi Fisika dalam perkembangan Fisika di Indonesia dengan baik dan benar
  2. Mahasiswa mampu menganalisis kendala mengkomunikasikan konsep Fisika di Indonesia dengan baik dan benar
  3. Mahasiswa mampu merekomendasikan solusi terkait masalah komunikasi Fisika di Indonesia dengan baik dan benar
Kriteria:
  1. Kelompok
  2. Jawaban baik dan benar

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi dan diskusi
100
Presentasi dan diskusi
100
Materi: Peran dan kendala komunikasi dalam perkembangan Fisika
Pustaka: Leßmöllmann, A., Dascal, M., & Gloning, T. (Eds.). (2019). Science communication (Vol. 17). Walter de Gruyter GmbH & Co KG.
5%

5

Minggu ke 5

  1. Mahasiswa mampu menganalisis peran komunikasi Fisika dalam perkembangan Fisika di Indonesia dengan baik dan benar
  2. Mahasiswa mampu menganalisis kendala mengkomunikasikan konsep Fisika di Indonesia dengan baik dan benar
  3. Mahasiswa mampu merekomendasikan solusi terkait masalah komunikasi Fisika di Indonesia dengan baik dan benar
  1. Mahasiswa mampu menganalisis peran komunikasi Fisika dalam perkembangan Fisika di Indonesia dengan baik dan benar
  2. Mahasiswa mampu menganalisis kendala mengkomunikasikan konsep Fisika di Indonesia dengan baik dan benar
  3. Mahasiswa mampu merekomendasikan solusi terkait masalah komunikasi Fisika di Indonesia dengan baik dan benar
Kriteria:
  1. Kelompok
  2. Jawaban baik dan benar

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi dan diskusi
100
Presentasi dan diskusi
100
Materi: Peran dan kendala komunikasi dalam perkembangan Fisika
Pustaka: Leßmöllmann, A., Dascal, M., & Gloning, T. (Eds.). (2019). Science communication (Vol. 17). Walter de Gruyter GmbH & Co KG.
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu menjelaskan dasar-dasar desain komunikasi visual dan grafis komputer dalam komunikasi Fisika dengan baik dan benar

Mahasiswa mampu menjelaskan dasar-dasar desain komunikasi visual dan grafis komputer dalam komunikasi Fisika dengan baik dan benar

Kriteria:
  1. Kelompok
  2. Jawaban baik dan benar

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi dan diskusi
100
Presentasi dan diskusi
100
Materi: Dasar-dasar desain komunikasi visual dan grafis komputer dalam komunikasi Fisika
Pustaka: Schulz, P., & Cobley, P. (Eds.). (2012). Handbooks of communication science. De Gruyter Mouton.
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu menjelaskan dasar-dasar desain komunikasi visual dan grafis komputer dalam komunikasi Fisika dengan baik dan benar

Mahasiswa mampu menjelaskan dasar-dasar desain komunikasi visual dan grafis komputer dalam komunikasi Fisika dengan baik dan benar

Kriteria:
  1. Kelompok
  2. Jawaban baik dan benar

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi dan diskusi
100
Presentasi dan diskusi
100
Materi: Dasar-dasar desain komunikasi visual dan grafis komputer dalam komunikasi Fisika
Pustaka: Schulz, P., & Cobley, P. (Eds.). (2012). Handbooks of communication science. De Gruyter Mouton.
5%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa mampu membuat desain komunikasi visual dan grafis untuk mengkomunikasikan fenomena fisis yang kompleks untuk masyarakat tertentu dengan baik dan benar

Mahasiswa mampu membuat desain komunikasi visual dan grafis untuk mengkomunikasikan fenomena fisis yang kompleks untuk masyarakat tertentu dengan baik dan benar

Kriteria:
  1. Individu
  2. Kelompok

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Penugasan
100
Penugasan
100
Materi: Desain komunikasi sains
Pustaka: Leßmöllmann, A., Dascal, M., & Gloning, T. (Eds.). (2019). Science communication (Vol. 17). Walter de Gruyter GmbH & Co KG.
20%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu menganalisis data-data sains yang berkaitan dengan kepentingan masyarakat dan pengambilan keputusan dengan baik dan benar

Mahasiswa mampu menganalisis data-data sains yang berkaitan dengan kepentingan masyarakat dan pengambilan keputusan dengan baik dan benar

Kriteria:
  1. Kelompok
  2. Jawaban benar

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi dan diskusi
100
Presentasi dan diskusi
100
Materi: Analisis data sains
Pustaka: Nelson, L. K., & Gilbert, J. L. (2024). Research in Communication Sciences and Disorders: Methods for Scientific Inquiry. Plural publishing.
5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu menganalisis data-data sains yang berkaitan dengan kepentingan masyarakat dan pengambilan keputusan dengan baik dan benar

Mahasiswa mampu menganalisis data-data sains yang berkaitan dengan kepentingan masyarakat dan pengambilan keputusan dengan baik dan benar

Kriteria:
  1. Kelompok
  2. Jawaban benar

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi dan diskusi
100
Presentasi dan diskusi
100
Materi: Analisis data sains
Pustaka: Nelson, L. K., & Gilbert, J. L. (2024). Research in Communication Sciences and Disorders: Methods for Scientific Inquiry. Plural publishing.
5%

11

Minggu ke 11

  1. Mahasiswa mampu menemukan kasus yang berkaitan dengan fenomena fisis untuk diselesaikan dalam sebuah proyek kolaborasi dengan baik dan benar
  2. Mahasiswa mampu merancang proyek kolaborasi untuk menyelesaikan masalah-masalah yang berkaitan dengan fenomena fisis dengan baik dan benar
  3. Mahasiswa mampu membuat rekomendasi media komunikasi yang sesuai berdasarkan masalah yang diangkat dengan baik dan benar
  1. Mahasiswa mampu menemukan kasus yang berkaitan dengan fenomena fisis untuk diselesaikan dalam sebuah proyek kolaborasi dengan baik dan benar
  2. Mahasiswa mampu merancang proyek kolaborasi untuk menyelesaikan masalah-masalah yang berkaitan dengan fenomena fisis dengan baik dan benar
  3. Mahasiswa mampu membuat rekomendasi media komunikasi yang sesuai berdasarkan masalah yang diangkat dengan baik dan benar
Kriteria:

Kelompok


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Penugasan Kelompok dan konsultasi
100
Penugasan Kelompok dan konsultasi
100
Materi: Proyek Kolaborasi
Pustaka: Illingworth, S., & Allen, G. (2016). Effective Science Communication: A practical guide to surviving as a scientist. IOP Publishing.
5%

12

Minggu ke 12

  1. Mahasiswa mampu menemukan kasus yang berkaitan dengan fenomena fisis untuk diselesaikan dalam sebuah proyek kolaborasi dengan baik dan benar
  2. Mahasiswa mampu merancang proyek kolaborasi untuk menyelesaikan masalah-masalah yang berkaitan dengan fenomena fisis dengan baik dan benar
  3. Mahasiswa mampu membuat rekomendasi media komunikasi yang sesuai berdasarkan masalah yang diangkat dengan baik dan benar
  1. Mahasiswa mampu menemukan kasus yang berkaitan dengan fenomena fisis untuk diselesaikan dalam sebuah proyek kolaborasi dengan baik dan benar
  2. Mahasiswa mampu merancang proyek kolaborasi untuk menyelesaikan masalah-masalah yang berkaitan dengan fenomena fisis dengan baik dan benar
  3. Mahasiswa mampu membuat rekomendasi media komunikasi yang sesuai berdasarkan masalah yang diangkat dengan baik dan benar
Kriteria:

Kelompok


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Penugasan Kelompok dan konsultasi
100
Penugasan Kelompok dan konsultasi
100
Materi: Proyek Kolaborasi
Pustaka: Illingworth, S., & Allen, G. (2016). Effective Science Communication: A practical guide to surviving as a scientist. IOP Publishing.
5%

13

Minggu ke 13

  1. Mahasiswa mampu menemukan kasus yang berkaitan dengan fenomena fisis untuk diselesaikan dalam sebuah proyek kolaborasi dengan baik dan benar
  2. Mahasiswa mampu merancang proyek kolaborasi untuk menyelesaikan masalah-masalah yang berkaitan dengan fenomena fisis dengan baik dan benar
  3. Mahasiswa mampu membuat rekomendasi media komunikasi yang sesuai berdasarkan masalah yang diangkat dengan baik dan benar
  1. Mahasiswa mampu menemukan kasus yang berkaitan dengan fenomena fisis untuk diselesaikan dalam sebuah proyek kolaborasi dengan baik dan benar
  2. Mahasiswa mampu merancang proyek kolaborasi untuk menyelesaikan masalah-masalah yang berkaitan dengan fenomena fisis dengan baik dan benar
  3. Mahasiswa mampu membuat rekomendasi media komunikasi yang sesuai berdasarkan masalah yang diangkat dengan baik dan benar
Kriteria:

Kelompok


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Penugasan Kelompok dan konsultasi
100
Penugasan Kelompok dan konsultasi
100
Materi: Proyek Kolaborasi
Pustaka: Illingworth, S., & Allen, G. (2016). Effective Science Communication: A practical guide to surviving as a scientist. IOP Publishing.
5%

14

Minggu ke 14

  1. Mahasiswa mampu menemukan kasus yang berkaitan dengan fenomena fisis untuk diselesaikan dalam sebuah proyek kolaborasi dengan baik dan benar
  2. Mahasiswa mampu merancang proyek kolaborasi untuk menyelesaikan masalah-masalah yang berkaitan dengan fenomena fisis dengan baik dan benar
  3. Mahasiswa mampu membuat rekomendasi media komunikasi yang sesuai berdasarkan masalah yang diangkat dengan baik dan benar
  1. Mahasiswa mampu menemukan kasus yang berkaitan dengan fenomena fisis untuk diselesaikan dalam sebuah proyek kolaborasi dengan baik dan benar
  2. Mahasiswa mampu merancang proyek kolaborasi untuk menyelesaikan masalah-masalah yang berkaitan dengan fenomena fisis dengan baik dan benar
  3. Mahasiswa mampu membuat rekomendasi media komunikasi yang sesuai berdasarkan masalah yang diangkat dengan baik dan benar
Kriteria:

Kelompok


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Penugasan Kelompok dan konsultasi
100
Penugasan Kelompok dan konsultasi
100
Materi: Proyek Kolaborasi
Pustaka: Illingworth, S., & Allen, G. (2016). Effective Science Communication: A practical guide to surviving as a scientist. IOP Publishing.
5%

15

Minggu ke 15

  1. Mahasiswa mampu menemukan kasus yang berkaitan dengan fenomena fisis untuk diselesaikan dalam sebuah proyek kolaborasi dengan baik dan benar
  2. Mahasiswa mampu merancang proyek kolaborasi untuk menyelesaikan masalah-masalah yang berkaitan dengan fenomena fisis dengan baik dan benar
  3. Mahasiswa mampu membuat rekomendasi media komunikasi yang sesuai berdasarkan masalah yang diangkat dengan baik dan benar
  1. Mahasiswa mampu menemukan kasus yang berkaitan dengan fenomena fisis untuk diselesaikan dalam sebuah proyek kolaborasi dengan baik dan benar
  2. Mahasiswa mampu merancang proyek kolaborasi untuk menyelesaikan masalah-masalah yang berkaitan dengan fenomena fisis dengan baik dan benar
  3. Mahasiswa mampu membuat rekomendasi media komunikasi yang sesuai berdasarkan masalah yang diangkat dengan baik dan benar
Kriteria:

Kelompok


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Penugasan Kelompok dan konsultasi
100
Penugasan Kelompok dan konsultasi
100
Materi: Proyek Kolaborasi
Pustaka: Illingworth, S., & Allen, G. (2016). Effective Science Communication: A practical guide to surviving as a scientist. IOP Publishing.
5%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa mampu menyelesaikan proyek kolaborasi dengan baik dan benar

Mahasiswa mampu menyelesaikan proyek kolaborasi dengan baik dan benar

Kriteria:

Kelompok


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Penugasan Kelompok dan konsultasi
100
Penugasan Kelompok dan konsultasi
100
Materi: Proyek Kolaborasi
Pustaka: Illingworth, S., & Allen, G. (2016). Effective Science Communication: A practical guide to surviving as a scientist. IOP Publishing.
13%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 61%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 20%
3. Praktik / Unjuk Kerja 19%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.