|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S1 Pendidikan Fisika
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Komunikasi Fisika dan Analisis Media |
8420302259 |
Mata Kuliah Pilihan Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
5 |
23 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Mita Anggaryani, M.Pd., Ph.D.
|
Drs. Imam Sucahyo
|
Mita Anggaryani, M.Pd., Ph.D. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-7 |
Menguasai pengetahuan pedagogis dalam perencanaan, pengajaran, dan evaluasi pembelajaran fisika serta pengelolaan sumber daya pada penyelenggaran kelas, laboratorium fisika dan lembaga pendidikan |
PLO-9 |
Menguasai prinsip-prinsip pengembangan media pembelajaran fisika berbasis ilmu pengetahuan, teknologi yang kontekstual khususnya tik (teknologi informasi dan komunikasi), dan lingkungan sekitar |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menjelaskan pengertian, tujuan dan manfaat komunikasi Fisika
|
PO - 2 |
Menjelasakan teori-teori komunikasi dan tokoh-tokoh Fisika di Indonesia dan Internasional
|
PO - 3 |
Menganalisis peran komunikasi Fisika dan kendalanya dalam perkembangan Fisika di Indonesia
|
PO - 4 |
Menjelaskan dasar-dasar desain komunikasi visual dan grafis komputer dalam komunikasi Fisika
|
PO - 5 |
Menganalisis data-data sains yang berkaitan dengan kepentingan masyarakat dan pengambilan keputusan
|
PO - 6 |
Mendemonstrasikan komunikator Fisika yang baik dalam sebuah proyek kolaborasi yang dirancang untuk menyelesaikan masalah-masalah yang berkaitan dengan fenomena fisis
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-4 | PLO-7 | PLO-9 | PO-1 | ✔ | ✔ | | PO-2 | ✔ | ✔ | | PO-3 | ✔ | ✔ | | PO-4 | ✔ | | ✔ | PO-5 | ✔ | ✔ | | PO-6 | ✔ | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | ✔ | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Komunikasi Fisika dan Analisis media adalah mata kuliah berbasis proyek. Mahasiswa membuat proyek komunikasi Fisika dan analisis media dengan target masyarakat sekolah dan atau masyarakat umum melalui kajian pustaka. Proyek komunikasi Fisika dan analisis media membuka kesempatan bagi mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan dunia nyata yang memungkinkan munculnya ide-ide kreatif yang dapat diwujudkan dan diterapkan. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Schulz, P., & Cobley, P. (Eds.). (2012). Handbooks of communication science. De Gruyter Mouton.
- Leßmöllmann, A., Dascal, M., & Gloning, T. (Eds.). (2019). Science communication (Vol. 17). Walter de Gruyter GmbH & Co KG.
- Nelson, L. K., & Gilbert, J. L. (2024). Research in Communication Sciences and Disorders: Methods for Scientific Inquiry. Plural publishing.
|
Pendukung : |
|
- Baron, N. (2010). Escape from the ivory tower: a guide to making your science matter. Island Press.
- Illingworth, S., & Allen, G. (2016). Effective Science Communication: A practical guide to surviving as a scientist. IOP Publishing.
- Osborne, J. (2023). Science, scientific literacy, and science education. In Handbook of research on science education (pp. 785-816). Routledge.
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian, tujuan dan manfaat komunikasi Fisika dengan baik dan benar |
|
Kriteria:
- Individu
- Jawabab Baik dan benar
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi dan Diskusi 100 |
Presentasi dan Diskusi 100 |
Materi: Pengertian, tujuan, dan manfaat komunikasi Fisika Pustaka: Schulz, P., & Cobley, P. (Eds.). (2012). Handbooks of communication science. De Gruyter Mouton. |
2% |
2
Minggu ke 2 |
- Mahasiswa mampu menjelaskan teori-teori komunikasi Fisika dengan baik dan benar
- Mahasiswa mampu menyebutkan tokoh-tokoh Fisika di Indonesia dan Internasional dengan baik dan benar
|
- Mahasiswa mampu menjelaskan teori-teori komunikasi Fisika dengan baik dan benar
- Mahasiswa mampu menyebutkan tokoh-tokoh Fisika di Indonesia dan Internasional dengan baik dan benar
|
Kriteria:
- Kelompok
- Jawaban baik dan benar
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi dan Diskusi 100 |
Presentasi dan Diskusi 100 |
Materi: Teori-teori komunikasi Fisika Pustaka: Leßmöllmann, A., Dascal, M., & Gloning, T. (Eds.). (2019). Science communication (Vol. 17). Walter de Gruyter GmbH & Co KG. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
- Mahasiswa mampu menjelaskan teori-teori komunikasi Fisika dengan baik dan benar
- Mahasiswa mampu menyebutkan tokoh-tokoh Fisika di Indonesia dan Internasional dengan baik dan benar
|
- Mahasiswa mampu menjelaskan teori-teori komunikasi Fisika dengan baik dan benar
- Mahasiswa mampu menyebutkan tokoh-tokoh Fisika di Indonesia dan Internasional dengan baik dan benar
|
Kriteria:
- Kelompok
- Jawaban baik dan benar
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi dan Diskusi 100 |
Presentasi dan Diskusi 100 |
Materi: Teori-teori komunikasi Fisika Pustaka: Leßmöllmann, A., Dascal, M., & Gloning, T. (Eds.). (2019). Science communication (Vol. 17). Walter de Gruyter GmbH & Co KG. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
- Mahasiswa mampu menganalisis peran komunikasi Fisika dalam perkembangan Fisika di Indonesia dengan baik dan benar
- Mahasiswa mampu menganalisis kendala mengkomunikasikan konsep Fisika di Indonesia dengan baik dan benar
- Mahasiswa mampu merekomendasikan solusi terkait masalah komunikasi Fisika di Indonesia dengan baik dan benar
|
- Mahasiswa mampu menganalisis peran komunikasi Fisika dalam perkembangan Fisika di Indonesia dengan baik dan benar
- Mahasiswa mampu menganalisis kendala mengkomunikasikan konsep Fisika di Indonesia dengan baik dan benar
- Mahasiswa mampu merekomendasikan solusi terkait masalah komunikasi Fisika di Indonesia dengan baik dan benar
|
Kriteria:
- Kelompok
- Jawaban baik dan benar
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi dan diskusi 100 |
Presentasi dan diskusi 100 |
Materi: Peran dan kendala komunikasi dalam perkembangan Fisika Pustaka: Leßmöllmann, A., Dascal, M., & Gloning, T. (Eds.). (2019). Science communication (Vol. 17). Walter de Gruyter GmbH & Co KG. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
- Mahasiswa mampu menganalisis peran komunikasi Fisika dalam perkembangan Fisika di Indonesia dengan baik dan benar
- Mahasiswa mampu menganalisis kendala mengkomunikasikan konsep Fisika di Indonesia dengan baik dan benar
- Mahasiswa mampu merekomendasikan solusi terkait masalah komunikasi Fisika di Indonesia dengan baik dan benar
|
- Mahasiswa mampu menganalisis peran komunikasi Fisika dalam perkembangan Fisika di Indonesia dengan baik dan benar
- Mahasiswa mampu menganalisis kendala mengkomunikasikan konsep Fisika di Indonesia dengan baik dan benar
- Mahasiswa mampu merekomendasikan solusi terkait masalah komunikasi Fisika di Indonesia dengan baik dan benar
|
Kriteria:
- Kelompok
- Jawaban baik dan benar
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi dan diskusi 100 |
Presentasi dan diskusi 100 |
Materi: Peran dan kendala komunikasi dalam perkembangan Fisika Pustaka: Leßmöllmann, A., Dascal, M., & Gloning, T. (Eds.). (2019). Science communication (Vol. 17). Walter de Gruyter GmbH & Co KG. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu menjelaskan dasar-dasar desain komunikasi visual dan grafis komputer dalam komunikasi Fisika dengan baik dan benar |
Mahasiswa mampu menjelaskan dasar-dasar desain komunikasi visual dan grafis komputer dalam komunikasi Fisika dengan baik dan benar |
Kriteria:
- Kelompok
- Jawaban baik dan benar
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi dan diskusi 100 |
Presentasi dan diskusi 100 |
Materi: Dasar-dasar desain komunikasi visual dan grafis komputer dalam komunikasi Fisika Pustaka: Schulz, P., & Cobley, P. (Eds.). (2012). Handbooks of communication science. De Gruyter Mouton. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu menjelaskan dasar-dasar desain komunikasi visual dan grafis komputer dalam komunikasi Fisika dengan baik dan benar |
Mahasiswa mampu menjelaskan dasar-dasar desain komunikasi visual dan grafis komputer dalam komunikasi Fisika dengan baik dan benar |
Kriteria:
- Kelompok
- Jawaban baik dan benar
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi dan diskusi 100 |
Presentasi dan diskusi 100 |
Materi: Dasar-dasar desain komunikasi visual dan grafis komputer dalam komunikasi Fisika Pustaka: Schulz, P., & Cobley, P. (Eds.). (2012). Handbooks of communication science. De Gruyter Mouton. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa mampu membuat desain komunikasi visual dan grafis untuk mengkomunikasikan fenomena fisis yang kompleks untuk masyarakat tertentu dengan baik dan benar |
Mahasiswa mampu membuat desain komunikasi visual dan grafis untuk mengkomunikasikan fenomena fisis yang kompleks untuk masyarakat tertentu dengan baik dan benar |
Kriteria:
- Individu
- Kelompok
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Penugasan 100 |
Penugasan 100 |
Materi: Desain komunikasi sains Pustaka: Leßmöllmann, A., Dascal, M., & Gloning, T. (Eds.). (2019). Science communication (Vol. 17). Walter de Gruyter GmbH & Co KG. |
20% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu menganalisis data-data sains yang berkaitan dengan kepentingan masyarakat dan pengambilan keputusan dengan baik dan benar |
Mahasiswa mampu menganalisis data-data sains yang berkaitan dengan kepentingan masyarakat dan pengambilan keputusan dengan baik dan benar |
Kriteria:
- Kelompok
- Jawaban benar
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi dan diskusi 100 |
Presentasi dan diskusi 100 |
Materi: Analisis data sains Pustaka: Nelson, L. K., & Gilbert, J. L. (2024). Research in Communication Sciences and Disorders: Methods for Scientific Inquiry. Plural publishing. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu menganalisis data-data sains yang berkaitan dengan kepentingan masyarakat dan pengambilan keputusan dengan baik dan benar |
Mahasiswa mampu menganalisis data-data sains yang berkaitan dengan kepentingan masyarakat dan pengambilan keputusan dengan baik dan benar |
Kriteria:
- Kelompok
- Jawaban benar
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi dan diskusi 100 |
Presentasi dan diskusi 100 |
Materi: Analisis data sains Pustaka: Nelson, L. K., & Gilbert, J. L. (2024). Research in Communication Sciences and Disorders: Methods for Scientific Inquiry. Plural publishing. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
- Mahasiswa mampu menemukan kasus yang berkaitan dengan fenomena fisis untuk diselesaikan dalam sebuah proyek kolaborasi dengan baik dan benar
- Mahasiswa mampu merancang proyek kolaborasi untuk menyelesaikan masalah-masalah yang berkaitan dengan fenomena fisis dengan baik dan benar
- Mahasiswa mampu membuat rekomendasi media komunikasi yang sesuai berdasarkan masalah yang diangkat dengan baik dan benar
|
- Mahasiswa mampu menemukan kasus yang berkaitan dengan fenomena fisis untuk diselesaikan dalam sebuah proyek kolaborasi dengan baik dan benar
- Mahasiswa mampu merancang proyek kolaborasi untuk menyelesaikan masalah-masalah yang berkaitan dengan fenomena fisis dengan baik dan benar
- Mahasiswa mampu membuat rekomendasi media komunikasi yang sesuai berdasarkan masalah yang diangkat dengan baik dan benar
|
Kriteria:
Kelompok Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Penugasan Kelompok dan konsultasi 100 |
Penugasan Kelompok dan konsultasi 100 |
Materi: Proyek Kolaborasi Pustaka: Illingworth, S., & Allen, G. (2016). Effective Science Communication: A practical guide to surviving as a scientist. IOP Publishing. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
- Mahasiswa mampu menemukan kasus yang berkaitan dengan fenomena fisis untuk diselesaikan dalam sebuah proyek kolaborasi dengan baik dan benar
- Mahasiswa mampu merancang proyek kolaborasi untuk menyelesaikan masalah-masalah yang berkaitan dengan fenomena fisis dengan baik dan benar
- Mahasiswa mampu membuat rekomendasi media komunikasi yang sesuai berdasarkan masalah yang diangkat dengan baik dan benar
|
- Mahasiswa mampu menemukan kasus yang berkaitan dengan fenomena fisis untuk diselesaikan dalam sebuah proyek kolaborasi dengan baik dan benar
- Mahasiswa mampu merancang proyek kolaborasi untuk menyelesaikan masalah-masalah yang berkaitan dengan fenomena fisis dengan baik dan benar
- Mahasiswa mampu membuat rekomendasi media komunikasi yang sesuai berdasarkan masalah yang diangkat dengan baik dan benar
|
Kriteria:
Kelompok Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Penugasan Kelompok dan konsultasi 100 |
Penugasan Kelompok dan konsultasi 100 |
Materi: Proyek Kolaborasi Pustaka: Illingworth, S., & Allen, G. (2016). Effective Science Communication: A practical guide to surviving as a scientist. IOP Publishing. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
- Mahasiswa mampu menemukan kasus yang berkaitan dengan fenomena fisis untuk diselesaikan dalam sebuah proyek kolaborasi dengan baik dan benar
- Mahasiswa mampu merancang proyek kolaborasi untuk menyelesaikan masalah-masalah yang berkaitan dengan fenomena fisis dengan baik dan benar
- Mahasiswa mampu membuat rekomendasi media komunikasi yang sesuai berdasarkan masalah yang diangkat dengan baik dan benar
|
- Mahasiswa mampu menemukan kasus yang berkaitan dengan fenomena fisis untuk diselesaikan dalam sebuah proyek kolaborasi dengan baik dan benar
- Mahasiswa mampu merancang proyek kolaborasi untuk menyelesaikan masalah-masalah yang berkaitan dengan fenomena fisis dengan baik dan benar
- Mahasiswa mampu membuat rekomendasi media komunikasi yang sesuai berdasarkan masalah yang diangkat dengan baik dan benar
|
Kriteria:
Kelompok Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Penugasan Kelompok dan konsultasi 100 |
Penugasan Kelompok dan konsultasi 100 |
Materi: Proyek Kolaborasi Pustaka: Illingworth, S., & Allen, G. (2016). Effective Science Communication: A practical guide to surviving as a scientist. IOP Publishing. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
- Mahasiswa mampu menemukan kasus yang berkaitan dengan fenomena fisis untuk diselesaikan dalam sebuah proyek kolaborasi dengan baik dan benar
- Mahasiswa mampu merancang proyek kolaborasi untuk menyelesaikan masalah-masalah yang berkaitan dengan fenomena fisis dengan baik dan benar
- Mahasiswa mampu membuat rekomendasi media komunikasi yang sesuai berdasarkan masalah yang diangkat dengan baik dan benar
|
- Mahasiswa mampu menemukan kasus yang berkaitan dengan fenomena fisis untuk diselesaikan dalam sebuah proyek kolaborasi dengan baik dan benar
- Mahasiswa mampu merancang proyek kolaborasi untuk menyelesaikan masalah-masalah yang berkaitan dengan fenomena fisis dengan baik dan benar
- Mahasiswa mampu membuat rekomendasi media komunikasi yang sesuai berdasarkan masalah yang diangkat dengan baik dan benar
|
Kriteria:
Kelompok Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Penugasan Kelompok dan konsultasi 100 |
Penugasan Kelompok dan konsultasi 100 |
Materi: Proyek Kolaborasi Pustaka: Illingworth, S., & Allen, G. (2016). Effective Science Communication: A practical guide to surviving as a scientist. IOP Publishing. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
- Mahasiswa mampu menemukan kasus yang berkaitan dengan fenomena fisis untuk diselesaikan dalam sebuah proyek kolaborasi dengan baik dan benar
- Mahasiswa mampu merancang proyek kolaborasi untuk menyelesaikan masalah-masalah yang berkaitan dengan fenomena fisis dengan baik dan benar
- Mahasiswa mampu membuat rekomendasi media komunikasi yang sesuai berdasarkan masalah yang diangkat dengan baik dan benar
|
- Mahasiswa mampu menemukan kasus yang berkaitan dengan fenomena fisis untuk diselesaikan dalam sebuah proyek kolaborasi dengan baik dan benar
- Mahasiswa mampu merancang proyek kolaborasi untuk menyelesaikan masalah-masalah yang berkaitan dengan fenomena fisis dengan baik dan benar
- Mahasiswa mampu membuat rekomendasi media komunikasi yang sesuai berdasarkan masalah yang diangkat dengan baik dan benar
|
Kriteria:
Kelompok Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Penugasan Kelompok dan konsultasi 100 |
Penugasan Kelompok dan konsultasi 100 |
Materi: Proyek Kolaborasi Pustaka: Illingworth, S., & Allen, G. (2016). Effective Science Communication: A practical guide to surviving as a scientist. IOP Publishing. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Mahasiswa mampu menyelesaikan proyek kolaborasi dengan baik dan benar |
Mahasiswa mampu menyelesaikan proyek kolaborasi dengan baik dan benar |
Kriteria:
Kelompok Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Penugasan Kelompok dan konsultasi 100 |
Penugasan Kelompok dan konsultasi 100 |
Materi: Proyek Kolaborasi Pustaka: Illingworth, S., & Allen, G. (2016). Effective Science Communication: A practical guide to surviving as a scientist. IOP Publishing. |
13% |