Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S2 Kimia

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Teknik Spektrofotometri

4710203062

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=3

P=0

ECTS=6.72

1

2 September 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Tim Kimia Analitik




Prof. Dr Titik Taufikurochmah, M.Si




Prof. Dr. Nuniek Herdyastuti, M.Si.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-8

Menyusun dan mengomunikasikan ide, hasil pemikiran dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan didasarkan pada etika akademik.

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-2PLO-3PLO-4PLO-8

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Kajian teori dan pengembangan teknik spektrometri meliputi sikap, pengengetahuan, dan ketrampilan pada analisis secara spektrometri terkini meliputi analisis spektrometri UV, IR, MS, NMR, XRD

Pustaka

Utama :

  1. Gary D. Christian,2004 ,Analytical Chemistry, 6th Edition, John Wiley and Sons, Inc. New York .(2) Doglas A.Skooge, Donald M.West and James Holler,2004, Fundamental of Analytical Chemistry , 8th Edition, John Wiley and Sons, Inc. New Yor (3)Doglas A. Skooge & Donald M.West. 1986 . An Introduction to Analytical Chemistry, 4th Edition, John Wiley and Sons, New York

Pendukung :

  1. Christian, Gary D. Purnendu K. (Sandy) Dasgupta,Kevin A. Schug, 2014, Analytical chemistry, Seventh edition , University of Washington, Washington

Dosen Pengampu

Prof. Dr. Pirim Setiarso, M.Si.

Dr. Maria Monica Sianita Basukiwardojo, M.Si.

Prof. Dr. Titik Taufikurohmah, S.Si., M.Si.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Memahami teknik spektrometri secara umum

Kriteria:

Tes tulis dan presentasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
studi kasus
100
studi kasus
50
Materi: Orientasi Matakuliah Teknik Spektrometri
Pustaka: Gary D. Christian,2004 ,Analytical Chemistry, 6th Edition, John Wiley and Sons, Inc. New York .(2) Doglas A.Skooge, Donald M.West and James Holler,2004, Fundamental of Analytical Chemistry , 8th Edition, John Wiley and Sons, Inc. New Yor (3)Doglas A. Skooge & Donald M.West. 1986 . An Introduction to Analytical Chemistry, 4th Edition, John Wiley and Sons, New York
0%

2

Minggu ke 2

Memahami teknik spektrometri UV secara umum

Tes tulis dan presentasi

Kriteria:

Tes tulis dan presentasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
studi kasus
50
studi kasus
50
Materi: Teknik analisis UV
Pustaka: Christian, Gary D. Purnendu K. (Sandy) Dasgupta,Kevin A. Schug, 2014, Analytical chemistry, Seventh edition , University of Washington, Washington
10%

3

Minggu ke 3

Memahami teknik spektrometri UV

Tes tulis dan presentasi

Kriteria:

Tes tulis dan presentasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
studi kasus
50
studi kasus
50
Materi: Teknik analisis UV
Pustaka: Christian, Gary D. Purnendu K. (Sandy) Dasgupta,Kevin A. Schug, 2014, Analytical chemistry, Seventh edition , University of Washington, Washington
5%

4

Minggu ke 4

Memahami teknik spektrometri IR

Tes tulis dan presentasi

Kriteria:

Tes tulis dan presentasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
studi kasus
100
studi kasus
50
Materi: Teknik analisis IR
Pustaka: Gary D. Christian,2004 ,Analytical Chemistry, 6th Edition, John Wiley and Sons, Inc. New York .(2) Doglas A.Skooge, Donald M.West and James Holler,2004, Fundamental of Analytical Chemistry , 8th Edition, John Wiley and Sons, Inc. New Yor (3)Doglas A. Skooge & Donald M.West. 1986 . An Introduction to Analytical Chemistry, 4th Edition, John Wiley and Sons, New York
5%

5

Minggu ke 5

Memahami teknik spektrometri IR

Tes tulis dan presentasi

Kriteria:

Tes tulis dan presentasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
studi kasus
50
studi kasus
50
Materi: Teknik analisis IR
Pustaka: Gary D. Christian,2004 ,Analytical Chemistry, 6th Edition, John Wiley and Sons, Inc. New York .(2) Doglas A.Skooge, Donald M.West and James Holler,2004, Fundamental of Analytical Chemistry , 8th Edition, John Wiley and Sons, Inc. New Yor (3)Doglas A. Skooge & Donald M.West. 1986 . An Introduction to Analytical Chemistry, 4th Edition, John Wiley and Sons, New York
10%

6

Minggu ke 6

Memahami teknik spektrometri MS

Tes tulis dan presentasi

Kriteria:

Tes tulis dan presentasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
studi kasus
50
studi kasus
50
Materi: Teknik analisis MS
Pustaka: Gary D. Christian,2004 ,Analytical Chemistry, 6th Edition, John Wiley and Sons, Inc. New York .(2) Doglas A.Skooge, Donald M.West and James Holler,2004, Fundamental of Analytical Chemistry , 8th Edition, John Wiley and Sons, Inc. New Yor (3)Doglas A. Skooge & Donald M.West. 1986 . An Introduction to Analytical Chemistry, 4th Edition, John Wiley and Sons, New York
0%

7

Minggu ke 7

Memahami teknik spektrometri MS

Tes tulis dan presentasi

Kriteria:

Tes tulis dan presentasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
studi kasus
50
studi kasus
50
Materi: Teknik analisis MS
Pustaka: Gary D. Christian,2004 ,Analytical Chemistry, 6th Edition, John Wiley and Sons, Inc. New York .(2) Doglas A.Skooge, Donald M.West and James Holler,2004, Fundamental of Analytical Chemistry , 8th Edition, John Wiley and Sons, Inc. New Yor (3)Doglas A. Skooge & Donald M.West. 1986 . An Introduction to Analytical Chemistry, 4th Edition, John Wiley and Sons, New York
10%

8

Minggu ke 8

Memahami teknik spektrometri UV, IR, MS

Kriteria:

Tes tulis dan presentasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
studi kasus
50
studi kasus
50
15%

9

Minggu ke 9

Memahami teknik spektrometri NMR

Memahami teknik spektrometri NMR


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Studi kasus
50
Studi Kasus
50
Materi: Teknik analisis NMR
Pustaka: Christian, Gary D. Purnendu K. (Sandy) Dasgupta,Kevin A. Schug, 2014, Analytical chemistry, Seventh edition , University of Washington, Washington
0%

10

Minggu ke 10

Memahami teknik spektrometri NMR

Memahami teknik spektrometri NMR


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Studi kasus
50
Studi Kasus
50
Materi: Teknik analisis NMR
Pustaka: Christian, Gary D. Purnendu K. (Sandy) Dasgupta,Kevin A. Schug, 2014, Analytical chemistry, Seventh edition , University of Washington, Washington
10%

11

Minggu ke 11

Memahami teknik spektrometri xrd

Memahami teknik spektrometri xrd


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
S
studi kasus
50
Studi Kasus
50
Materi: Teknik analisis NMR
Pustaka: Christian, Gary D. Purnendu K. (Sandy) Dasgupta,Kevin A. Schug, 2014, Analytical chemistry, Seventh edition , University of Washington, Washington
0%

12

Minggu ke 12

Memahami teknik spektrometri xrd

Memahami teknik spektrometri xrd


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
S
studi kasus
50
Studi Kasus
50
Materi: Teknik analisis NMR
Pustaka: Christian, Gary D. Purnendu K. (Sandy) Dasgupta,Kevin A. Schug, 2014, Analytical chemistry, Seventh edition , University of Washington, Washington
5%

13

Minggu ke 13

Memahami teknik spektrometri xrd

Memahami teknik spektrometr xrd

Kriteria:

Tes tulis dan presentasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Luring
50

Materi: Teknik analisis XRD
Pustaka: Christian, Gary D. Purnendu K. (Sandy) Dasgupta,Kevin A. Schug, 2014, Analytical chemistry, Seventh edition , University of Washington, Washington
0%

14

Minggu ke 14

Memahami teknik spektrometri XRD

Memahami teknik spektrometri XRD

Kriteria:

Tes tulis dan presentasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Luring
50

Materi: Teknik analisis XRD
Pustaka: Christian, Gary D. Purnendu K. (Sandy) Dasgupta,Kevin A. Schug, 2014, Analytical chemistry, Seventh edition , University of Washington, Washington
5%

15

Minggu ke 15

Memahami teknik spektrometri XRD


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Luring
50

Materi: Teknik analisis UV,IR, MS, XRD terkait tesis
Pustaka: Gary D. Christian,2004 ,Analytical Chemistry, 6th Edition, John Wiley and Sons, Inc. New York .(2) Doglas A.Skooge, Donald M.West and James Holler,2004, Fundamental of Analytical Chemistry , 8th Edition, John Wiley and Sons, Inc. New Yor (3)Doglas A. Skooge & Donald M.West. 1986 . An Introduction to Analytical Chemistry, 4th Edition, John Wiley and Sons, New York
5%

16

Minggu ke 16

Memahami teknik spektrometri UV, IR, MS, NMR, XRD

Memahami teknik analisis spektrometri, UV, IR, MS, NMR, XRD


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Luring
100

Materi: UAS
Pustaka: Gary D. Christian,2004 ,Analytical Chemistry, 6th Edition, John Wiley and Sons, Inc. New York .(2) Doglas A.Skooge, Donald M.West and James Holler,2004, Fundamental of Analytical Chemistry , 8th Edition, John Wiley and Sons, Inc. New Yor (3)Doglas A. Skooge & Donald M.West. 1986 . An Introduction to Analytical Chemistry, 4th Edition, John Wiley and Sons, New York
20%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 50%
2. Tes 50%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.