Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Perencanaan Program Latihan Elit Atlet Cabang Olahraga Bola Basket

8520203684

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=1

P=1

ECTS=3.18

5

12 Agustus 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Billy Emir Rizkanto, S.Or., M.Or




Prof. Dr. Agus Hariyanto, M.Kes.




Dr. Or. Muhammad, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-5

Mampu merancang program latihan yang efektif dan inovatif berdasarkan prinsip-prinsip keilmuan dan penelitian terbaru di berbagai cabang olahraga.

PLO-6

Mampu merancang, melaksanakan dan mengevaluasi proses pembelajaran olahraga yang inovatif dan efektif.

Program Objectives (PO)

PO - 1

mahasiswa mampu memahami teori dasar dan prinsip perencanaan program latihan atlet bola basket yang berorientasi pada pencapaian prestasi tingkat nasional dan internasional

PO - 2

mahasiswa mampu melakukan analisis kebutuhan fisik, teknik, taktis dan mental atlet bola basket berdasarkan data performa individu dan target kompetisi

PO - 3

mahasiswa mampu merancang program latihan jangka pendek, menengah dan panjang untuk atlet bola basket elit yang efektif, efisien, sesuai dengan prinsip periodesasi olahraga

PO - 4

mahasiswa mampu menerapkan metode monitoring dan evaluasi program latihan untuk mengukur perkembangan performa dan efektivitas program latihan elit bola basket

PO - 5

mahasiswa mampu mengintegrasikan faktor penunjang, seperti nutrisi, psikologi olahraga, dan pemulihan kedalam program latihan atlet bola basket elit

PO - 6

mahasiswa mampu mempraktikan perencanaan latihan teknis dan taktis yang mendukung pengembangan kemampuan bermain bola basket kompetititf pada tingkat nasional dan internasional

PO - 7

mahasiswa mampu mengevaluasi hasil program latihan secara komprehensif dan menyusun strategi modifikasi untuk meningkatkan efektivitas program di masa mendatang

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-3PLO-5PLO-6
PO-1  
PO-2   
PO-3  
PO-4  
PO-5  
PO-6  
PO-7  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Perencanaan Program Latihan Elit Atlet Cabang Olahraga Bola Basket membahas tentang konsep perencanaan program latihan khusus untuk atlet bola basket tingkat elit. Tujuan dari mata kuliah ini adalah memberikan pemahaman mendalam kepada mahasiswa mengenai strategi perencanaan program latihan yang efektif dan efisien untuk meningkatkan performa atlet bola basket elit. Ruang lingkup mata kuliah mencakup analisis kebutuhan latihan atlet, penyusunan program latihan yang terstruktur, evaluasi hasil program latihan, serta faktor-faktor pendukung dalam mencapai keunggulan atlet dalam cabang olahraga bola basket.

Pustaka

Utama :

  1. 1. Danny Kosasih. (2009). Fundamental Basketball First Step to Win. Semarang: Penerbit Karangturi Media
  2. 2. Wissel Hal. (1996). Bola Basket Dilengkapi dengan Program Pemahiran Teknik dan Taktik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
  3. 3. Krause, J.V., Meyer, D, & Meyer, J. (2008). Basketball skills & drills (3rd Ed.). United State: Human Kinetics.
  4. 4. FIBA. (2008). Rules of Basketball. Munich: FIBA
  5. 5. Frank Mc. Cure. (1991). Bolabasket Tehnik Penyerangan dan Pertahanan
  6. 6. Gerhard Stoker. (1984). Bolabasket
  7. 7. Himawan W. (2014) Handout Bolabasket. Untuk Kalangan Sendiri. FIK-Unesa
  8. 8. PB Perbasi. Pedoman Bolabasket Modern . Jakarta.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Prof. Dr. Agus Hariyanto, M.Kes.

Prof. Dr. Or. Gigih Siantoro, S.Pd., M.Pd.

BILLY EMIR RIZKANTO

Bhekti Lestari, S.Pd., M.Kes.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa diharapkan mampu memahami teori dasar dan prinsip perencanaan program latihan atlet bola basket yang berorientasi pada pencapaian prestasi tingkat nasional dan internasional.

  1. teori dasar perencanaan program latihan
  2. prinsip perencanaan program latihan
  3. pencapaian prestasi tingkat nasional dan internasional
Kriteria:

mampu memahami prinsip dasar perencanaan latihan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Pembelajaran Berbasis Masalah.
4x50

Materi: Teori Dasar Perencanaan Program Latihan, Prinsip Perencanaan Program Latihan, Pencapaian Prestasi Tingkat Nasional dan Internasional
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa diharapkan mampu memahami teori dasar dan prinsip perencanaan program latihan atlet bola basket yang berorientasi pada pencapaian prestasi tingkat nasional dan internasional.

  1. teori dasar perencanaan program latihan
  2. prinsip perencanaan program latihan
  3. pencapaian prestasi tingkat nasional dan internasional
Kriteria:

mampu memahami prinsip dasar perencanaan latihan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Pembelajaran Berbasis Masalah.
4x50

Materi: Teori Dasar Perencanaan Program Latihan, Prinsip Perencanaan Program Latihan, Pencapaian Prestasi Tingkat Nasional dan Internasional
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

3

Minggu ke 3

mahasiswa diharapkan mampu menganalisis kebutuhan fisik, teknis, taktis dan mental atlet bola basket secara komprehensif untuk merancang program latihan yang spesifik dan efektif

  1. analisis kebutuhan fisik atlet
  2. analisis kebutuhan teknis atlet
  3. analisis kebutuhan taktis atlet
Kriteria:

nilai akhir diperoleh jika mampu menganalisis kebutuhan fisik, teknik dan taktik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
pembelajaran berbasis masalah
4x50

Materi: kebutuhan fisik atlet bola basket
Pustaka: 2. Wissel Hal. (1996). Bola Basket Dilengkapi dengan Program Pemahiran Teknik dan Taktik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Materi: analisa kebutuhan latihan teknik, taktis pada permainan bola basket
Pustaka: 3. Krause, J.V., Meyer, D, & Meyer, J. (2008). Basketball skills & drills (3rd Ed.). United State: Human Kinetics.
5%

4

Minggu ke 4

mahasiswa diharapkan mampu menganalisis kebutuhan fisik, teknis, taktis dan mental atlet bola basket secara komprehensif untuk merancang program latihan yang spesifik dan efektif

  1. analisis kebutuhan fisik atlet
  2. analisis kebutuhan teknis atlet
  3. analisis kebutuhan taktis atlet
Kriteria:

nilai akhir diperoleh jika mampu menganalisis kebutuhan fisik, teknik dan taktik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
pembelajaran berbasis masalah
4x50

Materi: kebutuhan fisik atlet bola basket
Pustaka: 2. Wissel Hal. (1996). Bola Basket Dilengkapi dengan Program Pemahiran Teknik dan Taktik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Materi: analisa kebutuhan latihan teknik, taktis pada permainan bola basket
Pustaka: 3. Krause, J.V., Meyer, D, & Meyer, J. (2008). Basketball skills & drills (3rd Ed.). United State: Human Kinetics.
5%

5

Minggu ke 5

mahasiswa mampu memahami merancang program latihan jangka pendek, untuk atlet bola basket yang efektif dan efisien

kemampuan merancang program latihan jangka pendek

Kriteria:

mampu merancang program latihan jangka pendek


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
pembelajaran berbasis masalah
4x50

Materi: prinsip dasar program latihan jangka pendek, menengah dan panjang
Pustaka: 1. Danny Kosasih. (2009). Fundamental Basketball First Step to Win. Semarang: Penerbit Karangturi Media

Materi: teori kepelatihan cabang olahraga bola basket
Pustaka: 8. PB Perbasi. Pedoman Bolabasket Modern . Jakarta.
5%

6

Minggu ke 6

mahasiswa mampu memahami merancang program latihan jangka pendek, untuk atlet bola basket yang efektif dan efisien

kemampuan merancang program latihan jangka pendek

Kriteria:

mampu merancang program latihan jangka pendek


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum
pembelajaran berbasis masalah
4x50

Materi: prinsip dasar program latihan jangka pendek, menengah dan panjang
Pustaka: 1. Danny Kosasih. (2009). Fundamental Basketball First Step to Win. Semarang: Penerbit Karangturi Media

Materi: teori kepelatihan cabang olahraga bola basket
Pustaka: 8. PB Perbasi. Pedoman Bolabasket Modern . Jakarta.
5%

7

Minggu ke 7

mahasiswa mampu memahami merancang program latihan jangka pendek, untuk atlet bola basket yang efektif dan efisien

kemampuan merancang program latihan jangka pendek

Kriteria:

mampu merancang program latihan jangka pendek


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum
pembelajaran berbasis masalah
4x50

Materi: prinsip dasar program latihan jangka pendek, menengah dan panjang
Pustaka: 1. Danny Kosasih. (2009). Fundamental Basketball First Step to Win. Semarang: Penerbit Karangturi Media

Materi: teori kepelatihan cabang olahraga bola basket
Pustaka: 8. PB Perbasi. Pedoman Bolabasket Modern . Jakarta.
5%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa mampu mengerjakan Ujian Tengah Semester (UTS)

UTS

Kriteria:

UTS


Bentuk Penilaian :
Tes
UTS
2x50

Materi: analisa pola defense dan ofense berdasarkan peraturan bola basket
Pustaka: 4. FIBA. (2008). Rules of Basketball. Munich: FIBA

Materi: analisis karakteristik teknik dasar bola basket
Pustaka: 1. Danny Kosasih. (2009). Fundamental Basketball First Step to Win. Semarang: Penerbit Karangturi Media

Materi: prinsip dasar latihan bola basket
Pustaka: 7. Himawan W. (2014) Handout Bolabasket. Untuk Kalangan Sendiri. FIK-Unesa
10%

9

Minggu ke 9

  1. mahasiswa mengetahui berbagai metode monitoring dan evaluasi program latihan untuk mengukur perkembangan performa atlet
  2. mahasiswa mampu menerapkan metode monitoring dan evaluasi program latihan untuk mengetahui efektivitas dari program latihan dan perkembangan performa atlet
  1. memahami metode monitoring dan evaluasi program latihan
  2. mampu menerapkan metode monitoring dan evaluasi program latihan
Kriteria:

pemahaman metode monitoring dan evaluasi program latihan beserta penerapanya di kondisi nyata


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
pembelajaran berbasis masalah
4x50

Materi: monitoring dan evaluasi kepelatihan olahraga
Pustaka: 3. Krause, J.V., Meyer, D, & Meyer, J. (2008). Basketball skills & drills (3rd Ed.). United State: Human Kinetics.

Materi: prinsip dasar dalam melakukan monev kepelatihan
Pustaka: 7. Himawan W. (2014) Handout Bolabasket. Untuk Kalangan Sendiri. FIK-Unesa
5%

10

Minggu ke 10

  1. mahasiswa mengetahui berbagai metode monitoring dan evaluasi program latihan untuk mengukur perkembangan performa atlet
  2. mahasiswa mampu menerapkan metode monitoring dan evaluasi program latihan untuk mengetahui efektivitas dari program latihan dan perkembangan performa atlet
  1. memahami metode monitoring dan evaluasi program latihan
  2. mampu menerapkan metode monitoring dan evaluasi program latihan
Kriteria:

pemahaman metode monitoring dan evaluasi program latihan beserta penerapanya di kondisi nyata


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
pembelajaran berbasis masalah
4x50

Materi: monitoring dan evaluasi kepelatihan olahraga
Pustaka: 3. Krause, J.V., Meyer, D, & Meyer, J. (2008). Basketball skills & drills (3rd Ed.). United State: Human Kinetics.

Materi: prinsip dasar dalam melakukan monev kepelatihan
Pustaka: 7. Himawan W. (2014) Handout Bolabasket. Untuk Kalangan Sendiri. FIK-Unesa
5%

11

Minggu ke 11

  1. menganalisis kebutuhan nutrisi spesifik atlet bola basket berdasarkan intensitas latihan dan fase kompetisi
  2. menyusun rencana pemulihan yang mencakup teknik recovery fisik dan mental sesuai dengan prinsip olahraga elit
  3. merancang program psikologi olahraga untuk meningkatkan performa mental pada atlet bola basket elit
  4. mengintegrasikan nutrisi, psikologi olahraga dan pemulihan secara sinergis ke dalam program latihan bola basket
  1. kemampuan menjelaskan hubungan antara nutrisi, psikologi olahraga dan pemulihan dalam mendukung performa atlet
  2. ketepatan analisis kebutuhan nutrisi, psikologi olahraga, dan pemulihan sesuai data atlet
  3. keterampilan dalam meranccang program integratif yang realistis dan aplikatif
Kriteria:
  1. nilai penuh jika mampu menjelaskan korelasi nutrisi, psikologi dan pemulihan dalam menunjang performa atlet
  2. nilai penuh diperoleh jika mampu menganalisis dengan tepat terkait kebutuhan nutrisi, psikologi dan pemulihan sesuai kebutuhan atlet
  3. nilai penuh jika mampu merancang program integratif yang realistis dan aplikatif dengan tepat

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
pembelajaran berbasis masalah
4x50

Materi: monitoring dan evaluasi kepelatihan olahraga
Pustaka: 3. Krause, J.V., Meyer, D, & Meyer, J. (2008). Basketball skills & drills (3rd Ed.). United State: Human Kinetics.

Materi: prinsip dasar dalam melakukan monev kepelatihan
Pustaka: 7. Himawan W. (2014) Handout Bolabasket. Untuk Kalangan Sendiri. FIK-Unesa
5%

12

Minggu ke 12

  1. menganalisis kebutuhan nutrisi spesifik atlet bola basket berdasarkan intensitas latihan dan fase kompetisi
  2. menyusun rencana pemulihan yang mencakup teknik recovery fisik dan mental sesuai dengan prinsip olahraga elit
  3. merancang program psikologi olahraga untuk meningkatkan performa mental pada atlet bola basket elit
  4. mengintegrasikan nutrisi, psikologi olahraga dan pemulihan secara sinergis ke dalam program latihan bola basket
  1. kemampuan menjelaskan hubungan antara nutrisi, psikologi olahraga dan pemulihan dalam mendukung performa atlet
  2. ketepatan analisis kebutuhan nutrisi, psikologi olahraga, dan pemulihan sesuai data atlet
  3. keterampilan dalam meranccang program integratif yang realistis dan aplikatif
Kriteria:
  1. nilai penuh jika mampu menjelaskan korelasi nutrisi, psikologi dan pemulihan dalam menunjang performa atlet
  2. nilai penuh diperoleh jika mampu menganalisis dengan tepat terkait kebutuhan nutrisi, psikologi dan pemulihan sesuai kebutuhan atlet
  3. nilai penuh jika mampu merancang program integratif yang realistis dan aplikatif dengan tepat

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
pembelajaran berbasis masalah
4x50

Materi: monitoring dan evaluasi kepelatihan olahraga
Pustaka: 3. Krause, J.V., Meyer, D, & Meyer, J. (2008). Basketball skills & drills (3rd Ed.). United State: Human Kinetics.

Materi: prinsip dasar dalam melakukan monev kepelatihan
Pustaka: 7. Himawan W. (2014) Handout Bolabasket. Untuk Kalangan Sendiri. FIK-Unesa
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa diharapkan mampu merancang program latihan teknis dan taktis yang mendukung pengembangan kemampuan bermain bola basket kompetitif pada tingkat nasional dan internasional.

  1. perencanaan latihan teknis
  2. perencanaan latihan taktis
  3. efektivitas program latihan
Kriteria:
  1. ketepatan dalam menentukan kebutuhan teknik dan alet
  2. rancangan program latihan teknik dan taktik sesuai dengan tujuan

Bentuk Penilaian :
Penilaian Praktikum, Penilaian Portofolio
Pembelajaran Berbasis Masalah.
Diskusi daring tentang perencanaan latihan teknis dan taktis, Mengembangkan program latihan individu secara online
Materi: Prinsip-prinsip perencanaan latihan teknis, Strategi perencanaan latihan taktis, Penerapan latihan dalam konteks kompetitif
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa diharapkan mampu merancang program latihan teknis dan taktis yang mendukung pengembangan kemampuan bermain bola basket kompetitif pada tingkat nasional dan internasional.

  1. perencanaan latihan teknis
  2. perencanaan latihan taktis
  3. efektivitas program latihan
Kriteria:

nilai penuh diperoleh jika mampu menyusun pola strategi dan taktik dengan baik


Bentuk Penilaian :
Penilaian Praktikum, Penilaian Portofolio
Pembelajaran Berbasis Masalah.
4x50
Diskusi daring tentang perencanaan latihan teknis dan taktis, Mengembangkan program latihan individu secara online
Materi: Prinsip-prinsip perencanaan latihan teknis, Strategi perencanaan latihan taktis, Penerapan latihan dalam konteks kompetitif
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi hasil program latihan secara komprehensif dan menyusun strategi modifikasi untuk meningkatkan efektivitas program di masa mendatang.

  1. analisis hasil program latihan
  2. strategi modifikasi program latihan
  3. kreativitas dalam menyusun strategi
Kriteria:
  1. ketepatan dalam menganalisis hasil evaluasi program latihan
  2. kemampuan modifikasi program latihan sesuai dengan kebutuhan dan tujuan

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Diskusi, studi kasus, presentasi.
4x50
Diskusi daring tentang hasil evaluasi program latihan dan penyusunan strategi modifikasi
Materi: Teknik evaluasi program latihan, Strategi modifikasi program latihan, Studi kasus evaluasi program atlet
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa mampu mengerjakan Ujian Akhir Semester (UAS)

UAS

Kriteria:

UAS


Bentuk Penilaian :
Tes
UAS
2x50

Materi: prinsip dasar kepelatihan olahraga bola absket
Pustaka: 1. Danny Kosasih. (2009). Fundamental Basketball First Step to Win. Semarang: Penerbit Karangturi Media

Materi: peraturan bola basket
Pustaka: 4. FIBA. (2008). Rules of Basketball. Munich: FIBA

Materi: pondasi kepelatihan bola basket
Pustaka: 2. Wissel Hal. (1996). Bola Basket Dilengkapi dengan Program Pemahiran Teknik dan Taktik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
20%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 16.68%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 16.68%
3. Penilaian Portofolio 7.5%
4. Penilaian Praktikum 15%
5. Praktik / Unjuk Kerja 14.18%
6. Tes 30%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.