|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Program Studi S1 Ilmu Komunikasi (Kampus Kabupaten Magetan)
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Etika dan Kebijakan Komunikasi |
7020703054 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
1 |
24 Juli 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Prodi Ilmu Komunikasi
|
Wahyu Mahesa Miarta, S.H., M.Sc.
|
Muhammad Danu Winata, S.Sos, M.A., M.Si (Han). |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-10 |
Mahasiswa memiliki pemahaman yang mendalam tentang etika dalam komunikasi, khususnya dalam konteks digital, serta mampu menerapkan prinsip-prinsip etis dalam setiap kegiatan komunikasi dan bisnis. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan pengetahuan tentang etika dan kebijakan komunikasi yang relevan sebagai bentuk profesionalitas dan tanggung jawab.
|
PO - 2 |
Mahasiswa mampu menilai fenomena kegiatan komunikasi dan manajemen media dari perspektif etika serta kebijakan yang berlaku.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-2 | PLO-3 | PLO-4 | PLO-10 | PO-1 | ✔ | ✔ | | | | PO-2 | | | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | PO-2 | | ✔ | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mahasiswa mempelajari substansi tentang definisi etika dan kebijakan komunikasi, sistem komunikasi Indonesia, kode etik komunikasi, undang-undang terkait penyiaran, ITE, serta asosiasi profesi dalam bidang komunikasi. Topik pelanggaran etika dan kebijakan komunikasi juga dibahas. Perkuliahan berlangsung selama satu semester dengan pendekatan discovery learning melalui ceramah, diskusi, dan studi kasus. Penilaian dilakukan melalui tes tertulis dan pembuatan esai tentang kasus kebijakan komunikasi di Indonesia. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- The New Ethics of Journalism , 2013, CQ Press
- Don R. Pember & Clay Calvert, 2014, Mass Media Law, McGraw Hill
- Sirikit Syah. 2014, Membicang Etika Media, Elex Media Computindo: Jakarta
- Ashadi Siregar.2006.Etika Komunikasi
- Mufid, Muhammad. Komunikasi dan Regulasi Penyiaran
- Agus Sudibyo.2009.Kebebasan Semu
|
Pendukung : |
|
- Ade Armando.2011. Televisi Jakarta di atas Indonesia
|
Dosen Pengampu
|
Wahyu Mahesa Miarta, S.H., M.Sc. Hasna Nur Lina, S.I.P., M.Comm. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Memahami konsep dasar etika dan kebijakan komunikasi dalam praktik komunikasi |
- Mendefinisikan konsep etika dan kebijakan komunikasi
- Mengaitkan etika dan kebijakan komunikasi dalam praktik komunikasi
|
Kriteria:
nilai maksimal 10 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Diskusi 3 X 50 |
|
Materi: Konsep dasar etika dan kebijakan komunikasi dalam praktik komunikasi Pustaka: The New Ethics of Journalism , 2013, CQ Press |
3% |
2
Minggu ke 2 |
Menjelaskan Sejarah Perkembangan Regulasi Media di Indonesia |
- Menjelaskan regulasi media orde baru
- Mengidentifikasi perubahan regulasi media pasca reformasi
|
Kriteria:
nilai maksimal 10 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Diskusi 3 X 50 |
|
Materi: Perkembangan Regulasi Media di Indonesia Pustaka: Sirikit Syah. 2014, Membicang Etika Media, Elex Media Computindo: Jakarta |
3% |
3
Minggu ke 3 |
Menjelaskan UU Pers dan Praktiknya |
- Menjelaskan isi UU Pers dan Praktiknya
- Mendiskusikan kewajiban pers
|
Kriteria:
nilai maksimal 10 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Diskusi 3 X 50 |
|
Materi: Undang-Undang Pers Pustaka: Agus Sudibyo.2009.Kebebasan Semu |
3% |
4
Minggu ke 4 |
Menjelaskan UU Penyiaran dan Praktiknya |
- Menjelaskan Proses Demokratisasi dan Desentralisasi
- Mendiskusikan Sistem Penyiaran
|
Kriteria:
nilai maksimal 10 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Diskusi 3 X 50 |
|
Materi: Undang-Undang Penyiaran Pustaka: Mufid, Muhammad. Komunikasi dan Regulasi Penyiaran |
3% |
5
Minggu ke 5 |
Menjelaskan undang-undang ITE dalam konteks komunikasi digital |
- Menjelaskan Proses Demokratisasi dan Desentralisasi
- Mendiskusikan Sistem Penyiaran
|
Kriteria:
nilai maksimal 10 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Diskusi 3 X 50 |
|
Materi: Undang-undang ITE dalam konteks komunikasi digital Pustaka: Sirikit Syah. 2014, Membicang Etika Media, Elex Media Computindo: Jakarta |
3% |
6
Minggu ke 6 |
Menjelaskan undang-undang ITE dalam konteks komunikasi digital |
- Menjelaskan Proses Demokratisasi dan Desentralisasi
- Mendiskusikan Sistem Penyiaran
|
Kriteria:
nilai maksimal 10 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Diskusi 3 X 50 |
|
Materi: Undang-undang ITE dalam konteks komunikasi digital Pustaka: Sirikit Syah. 2014, Membicang Etika Media, Elex Media Computindo: Jakarta |
3% |
7
Minggu ke 7 |
Memahami peran asosiasi profesi di bidang media |
Menjelaskan peran asosiasi profesi di bidang media dalam pengaturan standar etika dan kebijakan komunikasi |
Kriteria:
nilai maksimal 10 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Diskusi 3 X 50 |
|
Materi: Peran asosiasi profesi di bidang media Pustaka: Ashadi Siregar.2006.Etika Komunikasi |
3% |
8
Minggu ke 8 |
Dapat menganalisis permasalahan dalam aktivitas media berdasarkan etika dan kebijakan media |
Menjawab soal-soal |
Kriteria:
nilai maksimal 100 untuk 5 soal Bentuk Penilaian : Tes |
Tes Tertulis 2 X 50 |
|
Materi: Etika Media Pustaka: Ashadi Siregar.2006.Etika Komunikasi |
15% |
9
Minggu ke 9 |
Mampu menginternalisasi nilai dan etika media massa dalam diri mereka |
- mampu menemukan contoh kasus
- mahasiswa mampu membuat narasi lengkap dalam sebuah konten atau liputan
|
Kriteria:
Progres penyusunan artikel analisis dengan nilai maksimal 100 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Diskusi 3 X 50 |
|
Materi: Permasalahan etika komunikasi Pustaka: Ashadi Siregar.2006.Etika Komunikasi |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Dapat memanfaatkan sumber kebijakan dan etika media massa dalam aktivitas jurnalistik di lapangan |
- mahasiswa mampu menemukan contoh kasus
- mahasiswa mampu membuat narasi lengkap dalam sebuah liputan
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Diskusi 3 X 50 |
|
Materi: Permasalahan etika dan kebijakan komunikasi di daerah Pustaka: Ade Armando.2011. Televisi Jakarta di atas Indonesia |
4% |
11
Minggu ke 11 |
Dapat memanfaatkan sumber kebijakan dan etika media massa dalam aktivitas jurnalistik di lapangan |
- mahasiswa mampu menemukan contoh kasus
- mahasiswa mampu membuat narasi lengkap dalam sebuah liputan
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Diskusi 3 X 50 |
|
Materi: Masalah dalam kebebasan pers Pustaka: Agus Sudibyo.2009.Kebebasan Semu |
3% |
12
Minggu ke 12 |
Dapat memanfaatkan sumber kebijakan dan etika media massa dalam aktivitas jurnalistik di lapangan |
- mahasiswa mampu menemukan contoh kasus
- mahasiswa mampu membuat narasi lengkap dalam sebuah liputan
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Diskusi 3 X 50 |
|
Materi: Masalah dalam kebebasan pers Pustaka: Agus Sudibyo.2009.Kebebasan Semu |
3% |
13
Minggu ke 13 |
Dapat memanfaatkan sumber kebijakan dan etika media massa dalam aktivitas jurnalistik di lapangan |
- mahasiswa mampu menemukan contoh kasus
- mahasiswa mampu membuat narasi lengkap dalam sebuah liputan
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Diskusi 3 X 50 |
|
Materi: Menerapkan etika media Pustaka: Sirikit Syah. 2014, Membicang Etika Media, Elex Media Computindo: Jakarta |
3% |
14
Minggu ke 14 |
Dapat memanfaatkan sumber kebijakan dan etika media massa dalam aktivitas jurnalistik di lapangan |
- mahasiswa mampu menemukan contoh kasus
- mahasiswa mampu membuat narasi lengkap dalam sebuah liputan
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Diskusi 3 X 50 |
|
Materi: Menerapkan etika media Pustaka: Sirikit Syah. 2014, Membicang Etika Media, Elex Media Computindo: Jakarta |
3% |
15
Minggu ke 15 |
Dapat memanfaatkan sumber kebijakan dan etika media massa dalam aktivitas jurnalistik di lapangan |
- mahasiswa mampu menemukan contoh kasus
- mahasiswa mampu membuat narasi lengkap dalam sebuah liputan
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Diskusi 3 X 50 |
|
Materi: Masalah dalam kebebasan bermedia Pustaka: Ashadi Siregar.2006.Etika Komunikasi |
8% |
16
Minggu ke 16 |
Dapat menyusun analisis masalah aktivitas media kontemporer berdasarkan etika dan kebijakan komunikasi di Indonesia |
Analisis fenomena berupa artikel ilmiah |
Kriteria:
Penilaian akhir makalah maksimal 100 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Menyusun makalah analisis
\ 3 X 50 |
|
Materi: Etika dan Kebijakan Komunikasi Pustaka: Sirikit Syah. 2014, Membicang Etika Media, Elex Media Computindo: Jakarta |
35% |