Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Program Studi S1 Ilmu Komunikasi (Kampus Kabupaten Magetan)

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Etika dan Kebijakan Komunikasi

7020703054

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=3

P=0

ECTS=4.77

1

24 Juli 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Prodi Ilmu Komunikasi




Wahyu Mahesa Miarta, S.H., M.Sc.




Muhammad Danu Winata, S.Sos, M.A., M.Si (Han).

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-10

Mahasiswa memiliki pemahaman yang mendalam tentang etika dalam komunikasi, khususnya dalam konteks digital, serta mampu menerapkan prinsip-prinsip etis dalam setiap kegiatan komunikasi dan bisnis.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan pengetahuan tentang etika dan kebijakan komunikasi yang relevan sebagai bentuk profesionalitas dan tanggung jawab.

PO - 2

Mahasiswa mampu menilai fenomena kegiatan komunikasi dan manajemen media dari perspektif etika serta kebijakan yang berlaku.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-2PLO-3PLO-4PLO-10
PO-1   
PO-2  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mahasiswa mempelajari substansi tentang definisi etika dan kebijakan komunikasi, sistem komunikasi Indonesia, kode etik komunikasi, undang-undang terkait penyiaran, ITE, serta asosiasi profesi dalam bidang komunikasi. Topik pelanggaran etika dan kebijakan komunikasi juga dibahas. Perkuliahan berlangsung selama satu semester dengan pendekatan discovery learning melalui ceramah, diskusi, dan studi kasus. Penilaian dilakukan melalui tes tertulis dan pembuatan esai tentang kasus kebijakan komunikasi di Indonesia.

Pustaka

Utama :

  1. The New Ethics of Journalism , 2013, CQ Press
  2. Don R. Pember & Clay Calvert, 2014, Mass Media Law, McGraw Hill
  3. Sirikit Syah. 2014, Membicang Etika Media, Elex Media Computindo: Jakarta
  4. Ashadi Siregar.2006.Etika Komunikasi
  5. Mufid, Muhammad. Komunikasi dan Regulasi Penyiaran
  6. Agus Sudibyo.2009.Kebebasan Semu

Pendukung :

  1. Ade Armando.2011. Televisi Jakarta di atas Indonesia

Dosen Pengampu

Wahyu Mahesa Miarta, S.H., M.Sc.

Hasna Nur Lina, S.I.P., M.Comm.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Memahami konsep dasar etika dan kebijakan komunikasi dalam praktik komunikasi

  1. Mendefinisikan konsep etika dan kebijakan komunikasi
  2. Mengaitkan etika dan kebijakan komunikasi dalam praktik komunikasi
Kriteria:

nilai maksimal 10


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Diskusi
3 X 50

Materi: Konsep dasar etika dan kebijakan komunikasi dalam praktik komunikasi
Pustaka: The New Ethics of Journalism , 2013, CQ Press
3%

2

Minggu ke 2

Menjelaskan Sejarah Perkembangan Regulasi Media di Indonesia

  1. Menjelaskan regulasi media orde baru
  2. Mengidentifikasi perubahan regulasi media pasca reformasi
Kriteria:

nilai maksimal 10


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Diskusi
3 X 50

Materi: Perkembangan Regulasi Media di Indonesia
Pustaka: Sirikit Syah. 2014, Membicang Etika Media, Elex Media Computindo: Jakarta
3%

3

Minggu ke 3

Menjelaskan UU Pers dan Praktiknya

  1. Menjelaskan isi UU Pers dan Praktiknya
  2. Mendiskusikan kewajiban pers
Kriteria:

nilai maksimal 10


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Diskusi
3 X 50

Materi: Undang-Undang Pers
Pustaka: Agus Sudibyo.2009.Kebebasan Semu
3%

4

Minggu ke 4

Menjelaskan UU Penyiaran dan Praktiknya

  1. Menjelaskan Proses Demokratisasi dan Desentralisasi
  2. Mendiskusikan Sistem Penyiaran
Kriteria:

nilai maksimal 10


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Diskusi
3 X 50

Materi: Undang-Undang Penyiaran
Pustaka: Mufid, Muhammad. Komunikasi dan Regulasi Penyiaran
3%

5

Minggu ke 5

Menjelaskan undang-undang ITE dalam konteks komunikasi digital

  1. Menjelaskan Proses Demokratisasi dan Desentralisasi
  2. Mendiskusikan Sistem Penyiaran
Kriteria:

nilai maksimal 10


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Diskusi
3 X 50

Materi: Undang-undang ITE dalam konteks komunikasi digital
Pustaka: Sirikit Syah. 2014, Membicang Etika Media, Elex Media Computindo: Jakarta
3%

6

Minggu ke 6

Menjelaskan undang-undang ITE dalam konteks komunikasi digital

  1. Menjelaskan Proses Demokratisasi dan Desentralisasi
  2. Mendiskusikan Sistem Penyiaran
Kriteria:

nilai maksimal 10


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Diskusi
3 X 50

Materi: Undang-undang ITE dalam konteks komunikasi digital
Pustaka: Sirikit Syah. 2014, Membicang Etika Media, Elex Media Computindo: Jakarta
3%

7

Minggu ke 7

Memahami peran asosiasi profesi di bidang media

Menjelaskan peran asosiasi profesi di bidang media dalam pengaturan standar etika dan kebijakan komunikasi

Kriteria:

nilai maksimal 10


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Diskusi
3 X 50

Materi: Peran asosiasi profesi di bidang media
Pustaka: Ashadi Siregar.2006.Etika Komunikasi
3%

8

Minggu ke 8

Dapat menganalisis permasalahan dalam aktivitas media berdasarkan etika dan kebijakan media

Menjawab soal-soal

Kriteria:

nilai maksimal 100 untuk 5 soal


Bentuk Penilaian :
Tes
Tes Tertulis
2 X 50

Materi: Etika Media
Pustaka: Ashadi Siregar.2006.Etika Komunikasi
15%

9

Minggu ke 9

Mampu menginternalisasi nilai dan etika media massa dalam diri mereka

  1. mampu menemukan contoh kasus
  2. mahasiswa mampu membuat narasi lengkap dalam sebuah konten atau liputan
Kriteria:

Progres penyusunan artikel analisis dengan nilai maksimal 100


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Diskusi
3 X 50

Materi: Permasalahan etika komunikasi
Pustaka: Ashadi Siregar.2006.Etika Komunikasi
5%

10

Minggu ke 10

Dapat memanfaatkan sumber kebijakan dan etika media massa dalam aktivitas jurnalistik di lapangan

  1. mahasiswa mampu menemukan contoh kasus
  2. mahasiswa mampu membuat narasi lengkap dalam sebuah liputan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Diskusi
3 X 50

Materi: Permasalahan etika dan kebijakan komunikasi di daerah
Pustaka: Ade Armando.2011. Televisi Jakarta di atas Indonesia
4%

11

Minggu ke 11

Dapat memanfaatkan sumber kebijakan dan etika media massa dalam aktivitas jurnalistik di lapangan

  1. mahasiswa mampu menemukan contoh kasus
  2. mahasiswa mampu membuat narasi lengkap dalam sebuah liputan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Diskusi
3 X 50

Materi: Masalah dalam kebebasan pers
Pustaka: Agus Sudibyo.2009.Kebebasan Semu
3%

12

Minggu ke 12

Dapat memanfaatkan sumber kebijakan dan etika media massa dalam aktivitas jurnalistik di lapangan

  1. mahasiswa mampu menemukan contoh kasus
  2. mahasiswa mampu membuat narasi lengkap dalam sebuah liputan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Diskusi
3 X 50

Materi: Masalah dalam kebebasan pers
Pustaka: Agus Sudibyo.2009.Kebebasan Semu
3%

13

Minggu ke 13

Dapat memanfaatkan sumber kebijakan dan etika media massa dalam aktivitas jurnalistik di lapangan

  1. mahasiswa mampu menemukan contoh kasus
  2. mahasiswa mampu membuat narasi lengkap dalam sebuah liputan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Diskusi
3 X 50

Materi: Menerapkan etika media
Pustaka: Sirikit Syah. 2014, Membicang Etika Media, Elex Media Computindo: Jakarta
3%

14

Minggu ke 14

Dapat memanfaatkan sumber kebijakan dan etika media massa dalam aktivitas jurnalistik di lapangan

  1. mahasiswa mampu menemukan contoh kasus
  2. mahasiswa mampu membuat narasi lengkap dalam sebuah liputan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Diskusi
3 X 50

Materi: Menerapkan etika media
Pustaka: Sirikit Syah. 2014, Membicang Etika Media, Elex Media Computindo: Jakarta
3%

15

Minggu ke 15

Dapat memanfaatkan sumber kebijakan dan etika media massa dalam aktivitas jurnalistik di lapangan

  1. mahasiswa mampu menemukan contoh kasus
  2. mahasiswa mampu membuat narasi lengkap dalam sebuah liputan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Diskusi
3 X 50

Materi: Masalah dalam kebebasan bermedia
Pustaka: Ashadi Siregar.2006.Etika Komunikasi
8%

16

Minggu ke 16

Dapat menyusun analisis masalah aktivitas media kontemporer berdasarkan etika dan kebijakan komunikasi di Indonesia

Analisis fenomena berupa artikel ilmiah

Kriteria:

Penilaian akhir makalah maksimal 100


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Menyusun makalah analisis
\
3 X 50

Materi: Etika dan Kebijakan Komunikasi
Pustaka: Sirikit Syah. 2014, Membicang Etika Media, Elex Media Computindo: Jakarta
35%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 67.5%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 17.5%
3. Tes 15%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.