Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Program Studi S1 Ilmu Administrasi Negara

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Teori Administrasi Publik

6320103650

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=3

P=0

ECTS=4.77

1

20 Agustus 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Tjitjik Rahaju,M.Si, Tauran S.Sos.,MSoc.Sc,Melda Fadia Hidayat, S.AP.,M.AP, Wilda Sumarsyah,S.IP.,M.AP




Eva Hany Fanida,S.AP.,M.AP




Eva Hany Fanida, S.AP., M.AP.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-5

Menguasai konsep dasar kebijakan publik dan analisis kebijakan publik dengan beragam metode dan alat.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pelayanan administrasi publik di masyarakat

PO - 2

Mampu menguasai konsep teoritis administrasi publik

PO - 3

Mampu mengambil keputusan dalam memecahkan masalah berdasarkan informasi dan data dari teori administrasi publik

PO - 4

Mampu melaksanakan penerapan ilmu administrasi publik dalam organisasi dan masyarakat

Matrik PLO-PO

 
POPLO-5
PO-1 
PO-2 
PO-3 
PO-4 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata Kuliah ini memberikan pemahaman konsep dasar administrasi publik, sejarah perkembangan, paradigma, prospek dan tantangan administrasi publik

Pustaka

Utama :

  1. Peters, B. Guy dkk. 2012. Buku Pegangan Administrasi Publik . SAGE
  2. Indradi, Sjamsiar S.. 2016. Dasar-Dasar dan Teori Administrasi Publik . Malang: Intrans Publishing.

Pendukung :

  1. Henry, Nicholas. 2013. Administrasi Publik dan Urusan Publik . Pearson
  2. Anggara, Sangga. 2013. Ilmu Administrasi Negara . Bandung: CV. Pustaka Setia
  3. Harbani, Pasolong. 2014. Teori Administrasi Publik . Bandung: Alfabet
  4. Thoha, Miftah. 2014 . Ilmu Administrasi Negara Publik Kontemporer . Jakarta: Kencana Prenamedia Grup
  5. Keban, Jeremias T 2014. Enam Dimensi Administrasi Publik : Konsep, Teori dan Isu . Yogyakarta: Gava Media

Dosen Pengampu

Dr. Tjitjik Rahaju, M.Si.

Tauran, S.Sos., M.Soc.Sc.

Galih Wahyu Pradana, S.A.P., M.Si.

Melda Fadiyah Hidayat, M.P.A.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa memahami ruang lingkup dan tujuan Teori Administrasi Publik

  1. Menjelaskan ruang lingkup Pengantar Ilmu Administrasi Publik
  2. Menjelaskan tujuan Pengantar Ilmu Administrasi Publik
  3. Menguraikan tujuan Pengantar Ilmu Administrasi Publik
  4. Kriteria pokok Administrasi Publik
Kriteria:

Menilaia pemahaman tentang ruang lingkup administrasi publik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah mimbar, Diskusi, dan Tanya Jawab
3 X 50

Materi: Pengertian Ruang Lingkup Administrasi Publik
Pustaka: Peters, B. Guy et al. 2012. The Handbook of Public Administration . SAGE

Materi: Pengertian Ruang Lingkup Administrasi Publik
Pustaka: Indradi, Sjamsiar S.. 2016. Dasar-Dasar dan Teori Administrasi Publik . Malang: Intrans Publishing.

Materi: Pengertian Ruang Lingkup Administrasi Publik
Pustaka: Thoha, Miftah. 2014 . Ilmu Administrasi Negara Publik Kontemporer . Jakarta: Kencana Prenamedia Grup
5%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu menjelaskan landasan ilmu administrasi negara

  1. Menjelaskan pengertian Pengantar
  2. Menjelaskan pengertian Pengetahuan
  3. Menjelaskan pengertian Ilmu
  4. Menjelaskan pengertian Seni
  5. Menjelaskan pengertian Administrasi
Kriteria:

Melalui review sejarah pertumbuhan administrasi negara mahasiswa bisa membedakan perbedaan administrasi negara kuno dan modern


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah mimbar, Diskusi, dan Tanya Jawab
3 X 50

Materi: Landasan ilmu administrasi negara
Pustaka: Peters, B. Guy dkk. 2012. Buku Pegangan Administrasi Publik . SAGE

Materi: Landasan ilmu administrasi negara
Pustaka: Indradi, Sjamsiar S.. 2016. Dasar-Dasar dan Teori Administrasi Publik . Malang: Intrans Publishing.
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu menggambarkan hubungan administrasi negara/publik dengan ilmu politik, ekonomi,sosiologi, antropologi, hukum, psikologi

  1. Menjelaskan hubungan Administrasi Negara dengan Ilmu Politik
  2. Menjelaskan hubungan Administrasi Negara dengan Ilmu Ekonomi
  3. Menjelaskan hubungan Administrasi Negara dengan Ilmu Psikologi dan Psikologi Sosial
  4. Menjelaskan hubungan Administrasi Negara dengan Sosiologi
  5. Menjelaskan hubungan Administrasi Negara dengan Antropologi
  6. Menjelaskan hubungan Administrasi Negara dengan Ilmu Hukum
Kriteria:

Menilai pemahaman tentang hubungan administrasi negara/publik dengan ilmu politik, ekonomi, sosiologi, antropologi, hukum, psikologi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah mimbar, Diskusi, dan Tanya Jawab
3 X 50

Materi: Hubungan Administrasi Publik dengan ilmu lain
Pustaka: Thoha, Miftah. 2010. Dimensi-Dimensi Prima Ilmu Administrasi Negara. Jakarta; CV Rajawali.
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip-prinsip Administrasi Negara

  1. Menjelaskan yang dimaksud prinsip-prinsip administrasi negara
  2. Menjelaskan dimensi dalam administrasi negara
  3. menjelaskan hubungan antara dimensi dalam administrasi publik
Kriteria:

Menilai pemhaman tentang prinsip-prinsip administrasi negara


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Kuliah mimbar/Tanya jawab, Review Literatur
3 X 50

Materi: Prinsip Administrasi
Pustaka: Henry, Nicholas. 2013. Public Administration and Public Affairs .
5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu menjelaskan macam-macam Teori Administrasi Negara

  1. Mampu menyebutkan yang dimaksud dengan teori
  2. Mampu menjelaskan fungsi teori dalam Administrasi Publik
  3. Mampu menyebutkan macam-macam teori Administrasi Publik
  4. Mampu memberi uraia umum macam-macam Teori Administrasi Publik
Kriteria:

Ketepatan menyebutkan macam teori Administrasi Negara Kejelasan dalam memberi uaraian macam-macam teori Administrasi Publik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah mimbar/Tanya jawab, Review Literatur
3 X 50

Materi: Teori-Teori Administrasi Publik
Pustaka: Frederickson,H.G, Smith KB, 2012. The Public Administration Theory Primer . Westviev Press
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu menjelaskan macam-macam teori administrasi publik

  1. Mampu menyebutkan yang dimaksud dengan teori
  2. Mampu menjelaskan fungsi teori dalam Administrasi Publik
  3. Mampu menyebutkan macam-macam teori Administrasi Publik
  4. Mampu memberi uraia umum macam-macam Teori Administrasi Publik
Kriteria:

Analytical Rubric


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah Mimbar, Diskusi
3 X 50

Materi: macam-macam teori administrasi publik
Pustaka: Henry, Nicholas. 2013. Public Administration and Public Affairs .
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa menjelaskan teori administrasi negara

  1. Mampu menyebutkan yang dimaksud dengan teori
  2. Mampu menjelaskan fungsi teori dalam Administrasi Publik
  3. Mampu menyebutkan macam-macam teori Administrasi Publik
  4. Mampu memberi uraia umum macam-macam Teori Administrasi Publik
Kriteria:

Analytical Rubric


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Kuliah Mimbar, Diskusi
3 X 50

3 X 50
Materi: teori administrasi negara
Pustaka: Frederickson,H.G, Smith KB, 2012. The Public Administration Theory Primer . Westviev Press
7%

8

Minggu ke 8

Penguasaan pengetahuan mahasiswa tentang pengertian, ruang lingkup,sejarah perkembanagn , paradigma, hubungan administrasi publik dengan ilmu lain, prinsip dan teori administrasi negara

Menguasai materi pertemuan 1 sampai dengan 7

Kriteria:

Tes


Bentuk Penilaian :
Tes
tes
3 X 50

Materi: Mampu menjawab berbagai soal materi 1-7
Pustaka: Thoha, Miftah. 2010. Dimensi-Dimensi Prima Ilmu Administrasi Negara. Jakarta; CV Rajawali.
10%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu menjelaskan macam/jenis sumber daya sektor publikMahasiswa mampu menjelaskan prinsip pengelolaan sumber daya sektor publikMahasiswa mampu menjelaskan metode pengelolaan sumber daya publik

  1. Kejelasan dalam menguraikan yang dimaksud sumber daya sektor publik
  2. Ketepatan dalam menyebutkan sumberdaya sektor publik
  3. Kejelasan dalam menguraikan prinsip-prinsip sumber daya sektor publik
  4. Kejelasan dalam menguraikan metode pengelolaan sumber daya sektor publik
Kriteria:

Rubrik analitik (non tes)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab
3 X 50

3 X 50
Materi: macam/jenis sumber daya sektor publik
Pustaka: Thoha, Miftah. 2010. Dimensi-Dimensi Prima Ilmu Administrasi Negara. Jakarta; CV Rajawali.
5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu menjelaskan konsep kebijakan publikMahasiswa mampu menjelaskan proses kebijakan publikMahasiswa mampu menyebutkan instrumen kebijakan publikMahasiswa mampu menjelaskan pengertian partisipasidalam kebijkan publik

Kejelasan dalam menguraikana konsep kebijakanKejelasan dalam menguraikan proses kebijakanKetepatan dalam menyebutkan instrumen kebijakanKejelasan dalam menguraikan partisipasi dalam kebijakan

Kriteria:

Rubrik analitik (non tes)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah tatap Muka, Diskusi/Penugasan Individu
3 X 50

Materi: konsep kebijakan publik
Pustaka: Peters, B. Guy et al. 2012. The Handbook of Public Administration . SAGE
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu menyebutkan tipe dan karakteristikbirokrasiMahasiswa mampu menjelaskan karakter dan model-model pelayanan publikMahasiswa mampu menjelaskan fungsi dan peran birokrasi dalam pelayanan publik

  1. Ketepatan dalam menyebutkan
  2. Kejelasana dalam menguraikan karakter birokrasi
  3. Kejelasan dalam menguraikan model layanan publik
Kriteria:

Rubrik analitik (non tes)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah Mimbar, Diskusi, Tanya Jawab
3 X 50

Materi: tipe dan karakteristikbirokrasi
Pustaka: Caiden, G.C. 2010. Public Administration . California: Palisades Publishers.
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu menyebutkan tipe dan karakteristikbirokrasiMahasiswa mampu menjelaskan karakter dan model-model pelayanan publikMahasiswa mampu menjelaskan fungsi dan peran birokrasi dalam pelayanan publik

  1. Ketepatan dalam menyebutkan
  2. Kejelasana dalam menguraikan karakter birokrasi
  3. Kejelasan dalam menguraikan model layanan publik
Kriteria:

Analytical Rubric


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Ceramah Mimbar, Diskusi, Tanya Jawab
3 X 50

Materi: tipe dan karakteristik birokrasi
Pustaka: Thoha, Miftah. 2010. Dimensi-Dimensi Prima Ilmu Administrasi Negara. Jakarta; CV Rajawali.
7%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu menjelaskan arti penting etika, azas etika dalam administrasi publikMahasiswa mampu menjelaskan arti penting akuntabilitas dalam proses administrasi publikMahasiswamampu menjelaskan penegrtian diskresi adminstrasi

  1. Kejelasan dalam menguraikan arti penting etika
  2. Kejelasan dalam menguraikan arti penting akuntabilitas
Kriteria:

Rubrik analitik (non tes)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Kuliah mimbar, Diskusi, dan Tanya Jawab
3 X 50

Materi: arti penting etika, azas etika dalam administrasi publik
Pustaka: Frederickson,H.G,1997. The Spirit of Public Administratio n. San Francisco: Josey-Bass Publishers.
7%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu menjelaskan arti penting etika, azas etika dalam administrasi publikMahasiswa mampu menjelaskan arti penting akuntabilitas dalam proses administrasi publikMahasiswamampu menjelaskan penegrtian diskresi adminstrasi

  1. Kejelasan dalam menguraikan arti penting etika
  2. Kejelasan dalam menguraikan arti penting akuntabilitas
Kriteria:

Analytical Rubric


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah mimbar, Diskusi, dan Tanya Jawab
3 X 50

Materi: arti penting etika, azas etika dalam administrasi publik
Pustaka: Henry, Nicholas. 2013. Public Administration and Public Affairs .
7%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu menjelaskan prospek administrasi publikMahasiswa mampu menyebutkan tantangan administrasi publik

  1. Kejelasan dalam menguraikan prospek administrasi publik
  2. Ketepatan dalam menyebutkan tantangan administrasi publik
Kriteria:

Rubrik analitik (non tes)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Kuliah mimbar, Diskusi, dan Tanya Jawab
3 X 50

Materi: prospek administrasi publik
Pustaka: Frederickson,H.G,1997. The Spirit of Public Administratio n. San Francisco: Josey-Bass Publishers.
7%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa mampu menjelaskan prospek administrasi publikMahasiswa mampu menyebutkan tantangan administrasi publik

  1. Kejelasan dalam menguraikan prospek administrasi publik
  2. Ketepatan dalam menyebutkan tantangan administrasi publik
Kriteria:

Jawaban diuraikan dengan tepat


Bentuk Penilaian :
Tes
Tes
3 X 50
Tes
Materi: Mampu menjawab berbagai soal materi 1-15
Pustaka: Henry, Nicholas. 2013. Public Administration and Public Affairs .
10%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 57.5%
2. Penilaian Portofolio 22.5%
3. Tes 20%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.