|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Program Studi S1 Ilmu Administrasi Negara
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Teori Administrasi Publik |
6320103650 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
1 |
20 Agustus 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Tjitjik Rahaju,M.Si, Tauran S.Sos.,MSoc.Sc,Melda Fadia Hidayat, S.AP.,M.AP, Wilda Sumarsyah,S.IP.,M.AP
|
Eva Hany Fanida,S.AP.,M.AP
|
Eva Hany Fanida, S.AP., M.AP. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-5 |
Menguasai konsep dasar kebijakan publik dan analisis kebijakan publik dengan beragam metode dan alat. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pelayanan administrasi publik di masyarakat
|
PO - 2 |
Mampu menguasai konsep teoritis administrasi publik
|
PO - 3 |
Mampu mengambil keputusan dalam memecahkan masalah berdasarkan informasi dan data dari teori administrasi publik
|
PO - 4 |
Mampu melaksanakan penerapan ilmu administrasi publik dalam organisasi dan masyarakat
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-5 | PO-1 | | PO-2 | | PO-3 | | PO-4 | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata Kuliah ini memberikan pemahaman konsep dasar administrasi publik, sejarah perkembangan, paradigma, prospek dan tantangan administrasi publik |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Peters, B. Guy dkk. 2012. Buku Pegangan Administrasi Publik . SAGE
- Indradi, Sjamsiar S.. 2016. Dasar-Dasar dan Teori Administrasi Publik . Malang: Intrans Publishing.
|
Pendukung : |
|
- Henry, Nicholas. 2013. Administrasi Publik dan Urusan Publik . Pearson
- Anggara, Sangga. 2013. Ilmu Administrasi Negara . Bandung: CV. Pustaka Setia
- Harbani, Pasolong. 2014. Teori Administrasi Publik . Bandung: Alfabet
- Thoha, Miftah. 2014 . Ilmu Administrasi Negara Publik Kontemporer . Jakarta: Kencana Prenamedia Grup
- Keban, Jeremias T 2014. Enam Dimensi Administrasi Publik : Konsep, Teori dan Isu . Yogyakarta: Gava Media
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Tjitjik Rahaju, M.Si. Tauran, S.Sos., M.Soc.Sc. Wilda Sumarsyah, M.A.P. Galih Wahyu Pradana, S.A.P., M.Si. Melda Fadiyah Hidayat, M.P.A. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa memahami ruang lingkup dan tujuan Teori Administrasi Publik |
- Menjelaskan ruang lingkup Pengantar Ilmu Administrasi Publik
- Menjelaskan tujuan Pengantar Ilmu Administrasi Publik
- Menguraikan tujuan Pengantar Ilmu Administrasi Publik
- Kriteria pokok Administrasi Publik
|
Kriteria:
Menilaia pemahaman tentang ruang lingkup administrasi publik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah mimbar, Diskusi, dan Tanya Jawab 3 X 50 |
|
Materi: Pengertian Ruang Lingkup Administrasi Publik Pustaka: Peters, B. Guy et al. 2012. The Handbook of Public Administration . SAGE Materi: Pengertian Ruang Lingkup Administrasi Publik Pustaka: Indradi, Sjamsiar S.. 2016. Dasar-Dasar dan Teori Administrasi Publik . Malang: Intrans Publishing. Materi: Pengertian Ruang Lingkup Administrasi Publik Pustaka: Thoha, Miftah. 2014 . Ilmu Administrasi Negara Publik Kontemporer . Jakarta: Kencana Prenamedia Grup |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu menjelaskan landasan ilmu administrasi negara |
- Menjelaskan pengertian Pengantar
- Menjelaskan pengertian Pengetahuan
- Menjelaskan pengertian Ilmu
- Menjelaskan pengertian Seni
- Menjelaskan pengertian Administrasi
|
Kriteria:
Melalui review sejarah pertumbuhan administrasi negara mahasiswa bisa membedakan perbedaan administrasi negara kuno dan modern Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah mimbar, Diskusi, dan Tanya Jawab 3 X 50 |
|
Materi: Landasan ilmu administrasi negara Pustaka: Peters, B. Guy dkk. 2012. Buku Pegangan Administrasi Publik . SAGE Materi: Landasan ilmu administrasi negara Pustaka: Indradi, Sjamsiar S.. 2016. Dasar-Dasar dan Teori Administrasi Publik . Malang: Intrans Publishing. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu menggambarkan hubungan administrasi negara/publik dengan ilmu politik, ekonomi,sosiologi, antropologi, hukum, psikologi |
- Menjelaskan hubungan Administrasi Negara dengan Ilmu Politik
- Menjelaskan hubungan Administrasi Negara dengan Ilmu Ekonomi
- Menjelaskan hubungan Administrasi Negara dengan Ilmu Psikologi dan Psikologi Sosial
- Menjelaskan hubungan Administrasi Negara dengan Sosiologi
- Menjelaskan hubungan Administrasi Negara dengan Antropologi
- Menjelaskan hubungan Administrasi Negara dengan Ilmu Hukum
|
Kriteria:
Menilai pemahaman tentang hubungan administrasi negara/publik dengan ilmu politik, ekonomi, sosiologi, antropologi, hukum, psikologi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah mimbar, Diskusi, dan Tanya Jawab 3 X 50 |
|
Materi: Hubungan Administrasi Publik dengan ilmu lain Pustaka: Thoha, Miftah. 2010. Dimensi-Dimensi Prima Ilmu Administrasi Negara. Jakarta; CV Rajawali. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip-prinsip Administrasi Negara |
- Menjelaskan yang dimaksud prinsip-prinsip administrasi negara
- Menjelaskan dimensi dalam administrasi negara
- menjelaskan hubungan antara dimensi dalam administrasi publik
|
Kriteria:
Menilai pemhaman tentang prinsip-prinsip administrasi negara Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Kuliah mimbar/Tanya jawab, Review Literatur 3 X 50 |
|
Materi: Prinsip Administrasi Pustaka: Henry, Nicholas. 2013. Public Administration and Public Affairs . |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu menjelaskan macam-macam Teori Administrasi Negara |
- Mampu menyebutkan yang dimaksud dengan teori
- Mampu menjelaskan fungsi teori dalam Administrasi Publik
- Mampu menyebutkan macam-macam teori Administrasi Publik
- Mampu memberi uraia umum macam-macam Teori Administrasi Publik
|
Kriteria:
Ketepatan menyebutkan macam teori Administrasi Negara Kejelasan dalam memberi uaraian macam-macam teori Administrasi Publik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah mimbar/Tanya jawab, Review Literatur 3 X 50 |
|
Materi: Teori-Teori Administrasi Publik Pustaka: Frederickson,H.G, Smith KB, 2012. The Public Administration Theory Primer . Westviev Press |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu menjelaskan macam-macam teori administrasi publik |
- Mampu menyebutkan yang dimaksud dengan teori
- Mampu menjelaskan fungsi teori dalam Administrasi Publik
- Mampu menyebutkan macam-macam teori Administrasi Publik
- Mampu memberi uraia umum macam-macam Teori Administrasi Publik
|
Kriteria:
Analytical Rubric Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah Mimbar, Diskusi 3 X 50 |
|
Materi: macam-macam teori administrasi publik Pustaka: Henry, Nicholas. 2013. Public Administration and Public Affairs . |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa menjelaskan teori administrasi negara |
- Mampu menyebutkan yang dimaksud dengan teori
- Mampu menjelaskan fungsi teori dalam Administrasi Publik
- Mampu menyebutkan macam-macam teori Administrasi Publik
- Mampu memberi uraia umum macam-macam Teori Administrasi Publik
|
Kriteria:
Analytical Rubric Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Kuliah Mimbar, Diskusi 3 X 50 |
3 X 50 |
Materi: teori administrasi negara Pustaka: Frederickson,H.G, Smith KB, 2012. The Public Administration Theory Primer . Westviev Press |
7% |
8
Minggu ke 8 |
Penguasaan pengetahuan mahasiswa tentang pengertian, ruang lingkup,sejarah perkembanagn , paradigma, hubungan administrasi publik dengan ilmu lain, prinsip dan teori administrasi negara |
Menguasai materi pertemuan 1 sampai dengan 7 |
Kriteria:
Tes Bentuk Penilaian : Tes |
tes 3 X 50 |
|
Materi: Mampu menjawab berbagai soal materi 1-7 Pustaka: Thoha, Miftah. 2010. Dimensi-Dimensi Prima Ilmu Administrasi Negara. Jakarta; CV Rajawali. |
10% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu menjelaskan macam/jenis sumber daya sektor publikMahasiswa mampu menjelaskan prinsip pengelolaan sumber daya sektor publikMahasiswa mampu menjelaskan metode pengelolaan sumber daya publik |
- Kejelasan dalam menguraikan yang dimaksud sumber daya sektor publik
- Ketepatan dalam menyebutkan sumberdaya sektor publik
- Kejelasan dalam menguraikan prinsip-prinsip sumber daya sektor publik
- Kejelasan dalam menguraikan metode pengelolaan sumber daya sektor publik
|
Kriteria:
Rubrik analitik (non tes) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab 3 X 50 |
3 X 50 |
Materi: macam/jenis sumber daya sektor publik Pustaka: Thoha, Miftah. 2010. Dimensi-Dimensi Prima Ilmu Administrasi Negara. Jakarta; CV Rajawali. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep kebijakan publikMahasiswa mampu menjelaskan proses kebijakan publikMahasiswa mampu menyebutkan instrumen kebijakan publikMahasiswa mampu menjelaskan pengertian partisipasidalam kebijkan publik |
Kejelasan dalam menguraikana konsep kebijakanKejelasan dalam menguraikan proses kebijakanKetepatan dalam menyebutkan instrumen kebijakanKejelasan dalam menguraikan partisipasi dalam kebijakan |
Kriteria:
Rubrik analitik (non tes) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah tatap Muka, Diskusi/Penugasan Individu 3 X 50 |
|
Materi: konsep kebijakan publik Pustaka: Peters, B. Guy et al. 2012. The Handbook of Public Administration . SAGE |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu menyebutkan tipe dan karakteristikbirokrasiMahasiswa mampu menjelaskan karakter dan model-model pelayanan publikMahasiswa mampu menjelaskan fungsi dan peran birokrasi dalam pelayanan publik |
- Ketepatan dalam menyebutkan
- Kejelasana dalam menguraikan karakter birokrasi
- Kejelasan dalam menguraikan model layanan publik
|
Kriteria:
Rubrik analitik (non tes) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah Mimbar, Diskusi, Tanya Jawab 3 X 50 |
|
Materi: tipe dan karakteristikbirokrasi Pustaka: Caiden, G.C. 2010. Public Administration . California: Palisades Publishers. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu menyebutkan tipe dan karakteristikbirokrasiMahasiswa mampu menjelaskan karakter dan model-model pelayanan publikMahasiswa mampu menjelaskan fungsi dan peran birokrasi dalam pelayanan publik |
- Ketepatan dalam menyebutkan
- Kejelasana dalam menguraikan karakter birokrasi
- Kejelasan dalam menguraikan model layanan publik
|
Kriteria:
Analytical Rubric Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Ceramah Mimbar, Diskusi, Tanya Jawab 3 X 50 |
|
Materi: tipe dan karakteristik birokrasi Pustaka: Thoha, Miftah. 2010. Dimensi-Dimensi Prima Ilmu Administrasi Negara. Jakarta; CV Rajawali. |
7% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu menjelaskan arti penting etika, azas etika dalam administrasi publikMahasiswa mampu menjelaskan arti penting akuntabilitas dalam proses administrasi publikMahasiswamampu menjelaskan penegrtian diskresi adminstrasi |
- Kejelasan dalam menguraikan arti penting etika
- Kejelasan dalam menguraikan arti penting akuntabilitas
|
Kriteria:
Rubrik analitik (non tes) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Kuliah mimbar, Diskusi, dan Tanya Jawab 3 X 50 |
|
Materi: arti penting etika, azas etika dalam administrasi publik Pustaka: Frederickson,H.G,1997. The Spirit of Public Administratio n. San Francisco: Josey-Bass Publishers. |
7% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu menjelaskan arti penting etika, azas etika dalam administrasi publikMahasiswa mampu menjelaskan arti penting akuntabilitas dalam proses administrasi publikMahasiswamampu menjelaskan penegrtian diskresi adminstrasi |
- Kejelasan dalam menguraikan arti penting etika
- Kejelasan dalam menguraikan arti penting akuntabilitas
|
Kriteria:
Analytical Rubric Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah mimbar, Diskusi, dan Tanya Jawab 3 X 50 |
|
Materi: arti penting etika, azas etika dalam administrasi publik Pustaka: Henry, Nicholas. 2013. Public Administration and Public Affairs . |
7% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu menjelaskan prospek administrasi publikMahasiswa mampu menyebutkan tantangan administrasi publik |
- Kejelasan dalam menguraikan prospek administrasi publik
- Ketepatan dalam menyebutkan tantangan administrasi publik
|
Kriteria:
Rubrik analitik (non tes) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Kuliah mimbar, Diskusi, dan Tanya Jawab 3 X 50 |
|
Materi: prospek administrasi publik Pustaka: Frederickson,H.G,1997. The Spirit of Public Administratio n. San Francisco: Josey-Bass Publishers. |
7% |
16
Minggu ke 16 |
Mahasiswa mampu menjelaskan prospek administrasi publikMahasiswa mampu menyebutkan tantangan administrasi publik |
- Kejelasan dalam menguraikan prospek administrasi publik
- Ketepatan dalam menyebutkan tantangan administrasi publik
|
Kriteria:
Jawaban diuraikan dengan tepat Bentuk Penilaian : Tes |
Tes 3 X 50 |
Tes
|
Materi: Mampu menjawab berbagai soal materi 1-15 Pustaka: Henry, Nicholas. 2013. Public Administration and Public Affairs . |
10% |