Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Bimbingan Dan Konseling

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Tek. Informasi dlm Bimb. dan Konseling

8620102173

T=2

P=0

ECTS=3.18

4

19 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Evi Winingsih, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
PO

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Kajian tentang teknologi informsi dalam bimbingan dan konseling, pemanfaatan Microsoft Word dalam bimbingan dan konseling, pemanfaatan Microsoft excel dalam bimbingan dan konseling, pemanfaatan blog dalam bimbingan dan konseling, pemanfaatan google drive dalam bimbingan dan konseling, pengembangan softwere aplikasi dalam bimbingan dan konseling. Perkuliahan dengan sistem presentasi, diskusi, tugas proyek, dan refleksi.

Pustaka

Utama :

  1. Purnomo, C.H. 2014. 750 Tip dan Trik Microsoft Office Word, Excel, dan Power Point. All Version. Jakarta: Mediakita
  2. Enterprise, J. 2007 Tricks Cepat Membuat Blog dengan Wordpress. Jakarta: PT Elex Media Komputindo
  3. Jarot, S., Shenia, A. & Sudarma, S. 2012. Buku Pintar Microsoft Office 2007 & 2010. Jakarta: Mediakita.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Prof. Dr. Mochamad Nursalim, M.Si.

Dr. Evi Winingsih, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Pemahaman tentang Teknologi dan informasi dalam BK

Mampu menjelaskan Teknologi dan Informasi dalam BK

Kriteria:

Keaktifan,Organisasi ide/argumen, Ketepatan argumen, diskusi/tanya jawab, Kejelasan, Isi dan Penulisan

Pembelajaran Proyek, Pembelajaran kooperatif
4 X 50

0%

2

Minggu ke 2



0%

3

Minggu ke 3

Pengenalan, Pemahaman dan Pemanfaatan Sofwere Aplikasi BK

Mampu Entry data, Analisis data, menyusun laporan

Kriteria:

keaktifan, ketepatan

Pembelajaran Proyek, Pembelajaran kooperatif
2 X 50

0%

4

Minggu ke 4



0%

5

Minggu ke 5

mampu membuat dokumen dan menggunakan icon MC. Word

mampu mengoperasikan icon-icon di Mc. Word dalam rangka penyusunan karya ilmiah

Kriteria:

Keaktifan dan ketepatam

1. Pembelajaran Kooperatif2. Pembelajaran Proyek
2 X 50

0%

6

Minggu ke 6



0%

7

Minggu ke 7

Pemahaman terhadap icon-icon formula, serta membuat worksheet yang ada di MC. Exel

MAmpu mengoperasikan icon-icon formula, serta membuat worksheet yang ada di MC. Exel dalam rangka pengembangan asesmen BK

Kriteria:

Keaktifan dan ketepatan

Pembelajaran proyek
2 X 50

0%

8

Minggu ke 8



0%

9

Minggu ke 9

USS


    2 X 50

    0%

    10

    Minggu ke 10

    Pengembangan aplikasi BK Berbasis Mc. Exel

    Mampu mengoperasikan Mc. Exel dalam rangka pengembangan aplikasi BK

    Kriteria:

    keaktifan, ketepatan, dan kebergunaan

    Pembelajaran Proyek
    2 X 50

    0%

    11

    Minggu ke 11

    mengembangkan dan mengelola blog web

    mampu mengembangkan dan mengelola blok dan web untuk sosialisasi BK

    Kriteria:

    akurasi produk

    pembelajaran proyek
    2 X 50

    0%

    12

    Minggu ke 12



    0%

    13

    Minggu ke 13



    0%

    14

    Minggu ke 14

    Mengembangakan Google drive untuk pengumpulan dan analisis data

    mampu mengembangkan Google drive untuk pengumpulan dan analisis data

    Kriteria:

    keaktifan, ketepatan, penulisan

    pembelajaran proyek
    2 X 50

    0%

    15

    Minggu ke 15



    0%

    16

    Minggu ke 16

    UAS


      2 X 50

      0%



      Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

      No Evaluasi Persentase
      0%

      Catatan

      1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
      2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
      3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
      4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
      5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
      6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
      7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
      8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
      9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
      10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
      11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
      12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.