Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Teknik Sipil

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Praktik Kerja Lapangan I

2220102091

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

6

19 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Yogie Risdianto, S.T., M.T.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-6

Mampu menganalisis, mendesain, merancang, serta mengevaluasi dalam mengambil keputusan yang strategis dalam bidang teknik sipil.

PLO-7

Mampu mengidentifikasi, merumuskan, dan memecahkan permasalahan keteknisksipilan dan sains melalui penerapan ilmu atau menggunakan aplikasi pendukung.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Memiliki moral, etika, dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan laporan PI/PKL.

PO - 2

Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya.

PO - 3

Mampu merancang pekerjaan ketekniksipilan sesuai dengan kaidah-kaidah keilmuan, yang peduli pada lingkungan dan berorientasi pada keselamatan kerja.

PO - 4

Mampu membuat dan melakukan sistem administrasi proyek konstruksi pada seluruh tahapan/proses perencanaan proyek secara jujur dengan menggunakan teknologi informasi dan komputer.

PO - 5

Menguasai dan mampu menggunakan kelompok matakuliah keilmuan dan keterampilan yang terdiri dari kelompok matematika, fisika, kimia, statika, dan ilmu dasar ketekniksipilan lainnya untuk cerdas dalam menghadapi berbagai persoalan yang muncul di lapangan.

PO - 6

Mampu merencanakan penggunaan sumber daya proyek (man,money,material,method, danmachine) untuk mencapai sasaran biaya, jadwal, dan mutu proyek.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-6PLO-7
PO-1  
PO-2  
PO-3  
PO-4  
PO-5  
PO-6  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Deskripsi materi PI/PKL program studi S-I Teknik Sipil, memuat bidang-bidang pekerjaan di perusahaan/industri/instansi pemerintah yang relevan dengan disiplin ilmu masing-masing program studi, mencakup perencanaan pekerjaan di berbagai proyek pembangunan dan pelayanan jasa bidang kostruksi bangunan gedung, irigasi dan bangunan air, sarana dan prasarana transportasi serta industri konstruksi. Bidang pekerjaan program studi S-I Teknik Sipil adalah sebagai berikut : Bidang Pekerjaan Bangunan Gedung, Bidang Pekerjaan Irigasi dan Bangunan Air, Bidang Pekerjaan Sarana dan Prasarana Transportasi

Pustaka

Utama :

  1. TIM PI/PKL. 2004. BukuPanduan PI/PKL. Surabaya

Pendukung :

Dosen Pengampu

Yogie Risdianto, S.T., M.T.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mampu mempersiapkan kegiatan praktik kerja lapangan

  1. Mampu memahami hakikat dan tujuan Praktik Kerja Lapangan serta dunia kerja
  2. Mampu memahami Ruang lingkup dan materi Praktik Kerja Lapangan
  3. Mampu memahami prosedur Praktik Kerja Lapangan'
Kriteria:

Bentuk non-tes: Mahasiswa mendapat Pengarahan PKL oleh kordinator PKL.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Project Based Learning
2 x 50

Materi: pedoman pkl
Pustaka: TIM PI/PKL. 2004. BukuPanduan PI/PKL. Surabaya
6%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu melaksanakan kegiatan praktik kerja lapangan

Mampu mengerjakan tugas yang di berikan di lokasi PKL

Kriteria:

Mahasiswa mengerjakan tugas yang di berikan di lokasi PKL


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Project Based Learning
2 x 50

Materi: pedoman pkl
Pustaka: TIM PI/PKL. 2004. BukuPanduan PI/PKL. Surabaya
6%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu melaksanakan kegiatan praktik kerja lapangan

Mampu mengerjakan tugas yang di berikan di lokasi PKL

Kriteria:

Mahasiswa mengerjakan tugas yang di berikan di lokasi PKL


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Project Based Learning
2 x 50

Materi: pedoman pkl
Pustaka: TIM PI/PKL. 2004. BukuPanduan PI/PKL. Surabaya
6%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu melaksanakan kegiatan praktik kerja lapangan

Mampu mengerjakan tugas yang di berikan di lokasi PKL

Kriteria:

Mahasiswa mengerjakan tugas yang di berikan di lokasi PKL


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Project Based Learning
2 x 50

Materi: pedoman pkl
Pustaka: TIM PI/PKL. 2004. BukuPanduan PI/PKL. Surabaya
6%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu melaksanakan kegiatan praktik kerja lapangan

Mampu mengerjakan tugas yang di berikan di lokasi PKL

Kriteria:

Mahasiswa mengerjakan tugas yang di berikan di lokasi PKL


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Project Based Learning
2 x 50

Materi: pedoman pkl
Pustaka: TIM PI/PKL. 2004. BukuPanduan PI/PKL. Surabaya
6%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu melaksanakan kegiatan praktik kerja lapangan

Mampu mengerjakan tugas yang di berikan di lokasi PKL

Kriteria:

Mahasiswa mengerjakan tugas yang di berikan di lokasi PKL


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Project Based Learning
2 x 50

Materi: pedoman pkl
Pustaka: TIM PI/PKL. 2004. BukuPanduan PI/PKL. Surabaya
6%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu melaksanakan kegiatan praktik kerja lapangan

Mampu mengerjakan tugas yang di berikan di lokasi PKL

Kriteria:

Mahasiswa mengerjakan tugas yang di berikan di lokasi PKL


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Project Based Learning
2 x 50

Materi: pedoman pkl
Pustaka: TIM PI/PKL. 2004. BukuPanduan PI/PKL. Surabaya
6%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa mampu melaksanakan kegiatan praktik kerja lapangan

Mampu mengerjakan tugas yang di berikan di lokasi PKL

Kriteria:

Mahasiswa mengerjakan tugas yang di berikan di lokasi PKL


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Project Based Learning
2 x 50

Materi: pedoman pkl
Pustaka: TIM PI/PKL. 2004. BukuPanduan PI/PKL. Surabaya
6%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu melaksanakan kegiatan praktik kerja lapangan

Mampu mengerjakan tugas yang di berikan di lokasi PKL

Kriteria:

Mahasiswa mengerjakan tugas yang di berikan di lokasi PKL


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Project Based Learning
2 x 50

Materi: pedoman pkl
Pustaka: TIM PI/PKL. 2004. BukuPanduan PI/PKL. Surabaya
6%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu melaksanakan kegiatan praktik kerja lapangan

Mampu mengerjakan tugas yang di berikan di lokasi PKL

Kriteria:

Mahasiswa mengerjakan tugas yang di berikan di lokasi PKL


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Project Based Learning
2 x 50

Materi: pedoman pkl
Pustaka: TIM PI/PKL. 2004. BukuPanduan PI/PKL. Surabaya
6%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu melaksanakan kegiatan praktik kerja lapangan

Mampu mengerjakan tugas yang di berikan di lokasi PKL

Kriteria:

Mahasiswa mengerjakan tugas yang di berikan di lokasi PKL


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Project Based Learning
2 x 50

Materi: pedoman pkl
Pustaka: TIM PI/PKL. 2004. BukuPanduan PI/PKL. Surabaya
6%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu melaksanakan kegiatan praktik kerja lapangan

Mampu mengerjakan tugas yang di berikan di lokasi PKL

Kriteria:

Mahasiswa mengerjakan tugas yang di berikan di lokasi PKL


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Project Based Learning
2 x 50

Materi: pedoman pkl
Pustaka: TIM PI/PKL. 2004. BukuPanduan PI/PKL. Surabaya
6%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu melaksanakan kegiatan praktik kerja lapangan

Mampu mengerjakan tugas yang di berikan di lokasi PKL

Kriteria:

Mahasiswa mengerjakan tugas yang di berikan di lokasi PKL


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Project Based Learning
2 x 50

Materi: pedoman pkl
Pustaka: TIM PI/PKL. 2004. BukuPanduan PI/PKL. Surabaya
6%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu melaksanakan kegiatan praktik kerja lapangan

Mampu mengerjakan tugas yang di berikan di lokasi PKL

Kriteria:

Mahasiswa mengerjakan tugas yang di berikan di lokasi PKL


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Project Based Learning
2 x 50

Materi: pedoman pkl
Pustaka: TIM PI/PKL. 2004. BukuPanduan PI/PKL. Surabaya
6%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu melaksanakan kegiatan praktik kerja lapangan

Mampu mengerjakan tugas yang di berikan di lokasi PKL

Kriteria:

Mahasiswa mengerjakan tugas yang di berikan di lokasi PKL


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Project Based Learning
2 x 50

Materi: pedoman pkl
Pustaka: TIM PI/PKL. 2004. BukuPanduan PI/PKL. Surabaya
6%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa mampu mempresentasikan laporan akhir praktik kerja lapangan

Persiapan Presentasi Laporan Hasil PKL

Kriteria:

Mampu mempersiapkan presentasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Tugas: Persiapan presentasi Laporan Hasil PKL
2 x 50

Materi: pedoman pkl
Pustaka: TIM PI/PKL. 2004. BukuPanduan PI/PKL. Surabaya
10%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 95%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 5%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.