Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Sekolah Pascasarjana
Program Studi S2 Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Listrik Magnet

8310102148

T=2

P=0

ECTS=4.48

1

30 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Puput Wanarti Rusimamto




Prof. Dr. Ir. Achmad Imam Agung, M.Pd.




Prof. Dr. Ir. Achmad Imam Agung, M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-5

Bertaqwa kepada Tuhan Yang maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religious

PLO-6

Bekerja sama dan memiliki kepekaan social serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan

PLO-7

Memiliki pengetahuan yang luas di bidang pengetahuan umum, sosial dan humaniora

PLO-9

Mampu menyelaraskan kurikulum S2 Pendidikan Teknologi Kejuruan yang relevan dengan tuntutan perkembangan industri global.

PLO-10

Mampu merencanakan, menerapkan, dan mengevaluasi program pembelajaran inovatif yang efektif dan efisien pada pendidikan S2 Pendidikan Teknologi Kejuruan yang relevan dengan perkembangan industri global.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Memiliki kemampuan untuk berpikir kritis dan menggunakan konsep yang tepat untuk menganalisis secara kualitatif masalah atau situasi yang melibatkan fisika dalam hal ini kelistrikan dan kemagnetan.

PO - 2

Memiliki kemampuan untuk menggunakan konsep fisika dan metode matematika/komputasi yang tepat untuk mendapatkan solusi dari masalah kuantitatif dalam menyelesaikan masalah listrik magnet.

PO - 3

Mengimplementasikan proses berpikir tingkat tinggi (kritis, kreatif, logis, dan pemecahan masalah) dalam mempelajari proses dan gejala fisika khususnya listrik magnet baik secara induktif maupun deduktif.

PO - 4

Menggunakan bahasa simbolik dan numerik secara kreatif dalam mendeskripsikan proses dan gejala kelistrikan dan kemagnetan secara kualitatif dan kuantitatif

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-2PLO-3PLO-4PLO-5PLO-6PLO-7PLO-9PLO-10
PO-1  
PO-2  
PO-3
PO-4

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Pemahaman dan pengkajian tentang analisa vektor, hukum Coulomb dan intensitas medan listrik, fluks dan kerapatan fluks listrik, hukum Gauss, divergensi, energi dan potensial, konduktor dan kapasitansi, persamaan Poisson dan Laplace, hukum Ampere dan medan magnet, gaya magnetik dan torsi, induktansi dan rangkaian magnetik, gaya gerak listrik imbas, medan yang berubah terhadap waktu dan persamaan Maxwell, gelombang elektromagnetik.

Pustaka

Utama :

  1. Hayt,, William. 1981. Engineering electromagnet, fifth Edition, terjemahan oleh The Houw Liong (ITB). MacGrarw- Hill
  2. Seri Buku Schaum,. 1984. Elektromagnetika J. D

Pendukung :

  1. Liang Chi Shen, Jin An Kong. 1995. Aplikasi elektromagnetik, edisi 3. Penerbit Erlangga, Jakarta

Dosen Pengampu

Dr. Puput Wanarti Rusimamto, S.T., M.T.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

  1. Mengaplikasikan konsep gaya interaksi dari muatan titik yang merupakan hukum fundamental kelistrikan
  2. Menghitung kuat medan listrik di dalam ruang hampa di sekitar muatan listrik
  3. Menganalisis kuat medan listrik untuk muatan yang terdistribusi kontinu.
Kriteria:

Tes Kinerja


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah
Student Centered Learning
Materi: Analisis vektor, medan listrik
Pustaka: Hayt,, William. 1981. Engineering electromagnet, fifth Edition, terjemahan oleh The Houw Liong (ITB). MacGrarw- Hill
5%

2

Minggu ke 2

  1. Mengaplikasikan konsep gaya interaksi dari muatan titik yang merupakan hukum fundamental kelistrikan
  2. Menghitung kuat medan listrik di dalam ruang hampa di sekitar muatan listrik
  3. Menganalisis kuat medan listrik untuk muatan yang terdistribusi kontinu.
Kriteria:

Tes Kinerja


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah
Student Centered Learning
Materi: Analisis vektor, medan listrik
Pustaka: Hayt,, William. 1981. Engineering electromagnet, fifth Edition, terjemahan oleh The Houw Liong (ITB). MacGrarw- Hill
5%

3

Minggu ke 3

Menganalisis kuat medan listrik dengan meneapkan Hukum Gauss dan operator curl.

  1. Menerapkan Hukum Gauss untuk menghitung kuat medan listrik.
  2. Menerapkan konsep Divergence dam Curl untuk menentukan kuat medan listrik
  3. Membandingkan hasil perhitungan medan listrik dengan metode matematis dan Hukum Gauss
Kriteria:

Tes Kinerja


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Kuliah
Student centered learning
Materi: Medan listrik, hukum Coulomb
Pustaka: Seri Buku Schaum,. 1984. Elektromagnetika J. D
5%

4

Minggu ke 4

Menganalisis kuat medan listrik dengan meneapkan Hukum Gauss dan operator curl.

  1. Menerapkan Hukum Gauss untuk menghitung kuat medan listrik.
  2. Menerapkan konsep Divergence dam Curl untuk menentukan kuat medan listrik
  3. Membandingkan hasil perhitungan medan listrik dengan metode matematis dan Hukum Gauss
Kriteria:

Tes Kinerja


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Kuliah
Student centered learning
Materi: Medan listrik, hukum Coulomb
Pustaka: Seri Buku Schaum,. 1984. Elektromagnetika J. D
5%

5

Minggu ke 5

Menganalisis konsep potensial listrik dari muatan dengan metode yang berbeda

  1. Menganalisis potensial listrik dengan persamaan Laplace dan Poisson
  2. Menentukan potensial listrik dari distribusi muatan terlokalisasi
  3. Menganalisis hubungan antara medan, potensial, dan distribusi muatan pada bidang batas antar medium
Kriteria:

Tes Kinerja


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah
Student Centerred Learning
Materi: Potensial listrik, Potensial listrik, Potensial dari distribusi muatan terlokalisasi
Pustaka: Hayt,, William. 1981. Engineering electromagnet, fifth Edition, terjemahan oleh The Houw Liong (ITB). MacGrarw- Hill

Materi: Potensial listrik, Potensial listrik, Potensial dari distribusi muatan terlokalisasi
Pustaka: Seri Buku Schaum,. 1984. Elektromagnetika J. D
5%

6

Minggu ke 6

Menganalisis konsep potensial listrik dari muatan dengan metode yang berbeda

  1. Menganalisis potensial listrik dengan persamaan Laplace dan Poisson
  2. Menentukan potensial listrik dari distribusi muatan terlokalisasi
  3. Menganalisis hubungan antara medan, potensial, dan distribusi muatan pada bidang batas antar medium
Kriteria:

Tes Kinerja


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah
Student Centerred Learning
Materi: Potensial listrik, Potensial listrik, Potensial dari distribusi muatan terlokalisasi
Pustaka: Hayt,, William. 1981. Engineering electromagnet, fifth Edition, terjemahan oleh The Houw Liong (ITB). MacGrarw- Hill

Materi: Potensial listrik, Potensial listrik, Potensial dari distribusi muatan terlokalisasi
Pustaka: Seri Buku Schaum,. 1984. Elektromagnetika J. D
5%

7

Minggu ke 7

Menganalisis konsep potensial listrik dari muatan dengan metode yang berbeda

  1. Menganalisis potensial listrik dengan persamaan Laplace dan Poisson
  2. Menentukan potensial listrik dari distribusi muatan terlokalisasi
  3. Menganalisis hubungan antara medan, potensial, dan distribusi muatan pada bidang batas antar medium
Kriteria:

Tes Kinerja


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah
Student Centerred Learning
Materi: Potensial listrik, Potensial listrik, Potensial dari distribusi muatan terlokalisasi
Pustaka: Hayt,, William. 1981. Engineering electromagnet, fifth Edition, terjemahan oleh The Houw Liong (ITB). MacGrarw- Hill

Materi: Potensial listrik, Potensial listrik, Potensial dari distribusi muatan terlokalisasi
Pustaka: Seri Buku Schaum,. 1984. Elektromagnetika J. D
5%

8

Minggu ke 8

UTS

UTS

Kriteria:

UTS


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
UTS
UTS
Materi: UTS
Pustaka: Seri Buku Schaum,. 1984. Elektromagnetika J. D
15%

9

Minggu ke 9

Menentukan energi potensial dari muatan diskrit dan muatan terdistribusi kontinu

Menentukan energi potensial dari muatan diskrit dari posisi tak hingga ke jarak tertentu dari muatan

Kriteria:

Tes Kinerja


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah
Student Centerred Learning
Materi: Energi dan Potensial
Pustaka: Seri Buku Schaum,. 1984. Elektromagnetika J. D
5%

10

Minggu ke 10

Menganalisis beberapa metode perhitungan energi potensial listrik terhadap sistem fisis yang disesuaikan dengan sistem koordinatnya

  1. Menganalisis secara matematis terhadap sistem fisis energi potensial listrik ( dari bentuk dan simetri sistem yang bersangkutan) disesuaikan dengan pemilihan sistem koordinat tertentu dan variabel yang digunakan
  2. Menjelaskan metode lain penentuan potensial untuk sistem distribusi muatan dan permukaan konduktor yang ditanahkan serta penentuan energi potensial
Kriteria:

Tes Kinerja


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Kuliah
Student Centerred Learning
Materi: Gradien, energi dalam medan listrik statis
Pustaka: Seri Buku Schaum,. 1984. Elektromagnetika J. D
5%

11

Minggu ke 11

Menganalisis beberapa metode perhitungan energi potensial listrik terhadap sistem fisis yang disesuaikan dengan sistem koordinatnya

  1. Menganalisis secara matematis terhadap sistem fisis energi potensial listrik ( dari bentuk dan simetri sistem yang bersangkutan) disesuaikan dengan pemilihan sistem koordinat tertentu dan variabel yang digunakan
  2. Menjelaskan metode lain penentuan potensial untuk sistem distribusi muatan dan permukaan konduktor yang ditanahkan serta penentuan energi potensial
Kriteria:

Tes Kinerja


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Kuliah
Student Centerred Learning
Materi: Gradien, energi dalam medan listrik statis
Pustaka: Seri Buku Schaum,. 1984. Elektromagnetika J. D
5%

12

Minggu ke 12

Mengaplikasikan konsep potensial dan ekspansi multipole medan statik (magnetostatik) dan hukum-hukum yang mendasarinya

  1. Menjelaskan konsep arus dan rapat arus di dalam sistem fisis bermedan magnet
  2. Mengaitkan antara arus dan medan magnet
  3. Menerapkan/mengaplikasikan operator divergensi dan curl pada persamaan-persamaan medan magnet untuk menentukan medan magnet dari sebuah fisis
  4. Mengaplikasikan Hukum Ampere dalam perhitungan medan magnet dalam bentuk differensial maupun integral
Kriteria:

Tes Kinerja


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Kuliah
Student Centerred Learning
Materi: Arus, hambatan, hukum biot Savart, Medan magnet
Pustaka: Seri Buku Schaum,. 1984. Elektromagnetika J. D
5%

13

Minggu ke 13

Mengaplikasikan konsep potensial dan ekspansi multipole medan statik (magnetostatik) dan hukum-hukum yang mendasarinya

  1. Menjelaskan konsep arus dan rapat arus di dalam sistem fisis bermedan magnet
  2. Mengaitkan antara arus dan medan magnet
  3. Menerapkan/mengaplikasikan operator divergensi dan curl pada persamaan-persamaan medan magnet untuk menentukan medan magnet dari sebuah fisis
  4. Mengaplikasikan Hukum Ampere dalam perhitungan medan magnet dalam bentuk differensial maupun integral
Kriteria:

Tes Kinerja


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Kuliah
Student Centerred Learning
Materi: Arus, hambatan, hukum biot Savart, Medan magnet
Pustaka: Seri Buku Schaum,. 1984. Elektromagnetika J. D
5%

14

Minggu ke 14

Mengaplikasikan konsep potensial dan ekspansi multipole medan statik (magnetostatik) dan hukum-hukum yang mendasarinya

  1. Menjelaskan konsep arus dan rapat arus di dalam sistem fisis bermedan magnet
  2. Mengaitkan antara arus dan medan magnet
  3. Menerapkan/mengaplikasikan operator divergensi dan curl pada persamaan-persamaan medan magnet untuk menentukan medan magnet dari sebuah fisis
  4. Mengaplikasikan Hukum Ampere dalam perhitungan medan magnet dalam bentuk differensial maupun integral
Kriteria:

Tes Kinerja


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Kuliah
Student Centerred Learning
Materi: Arus, hambatan, hukum biot Savart, Medan magnet
Pustaka: Seri Buku Schaum,. 1984. Elektromagnetika J. D
5%

15

Minggu ke 15

Mengaplikasikan persamaan maxwell untuk mendapatkan solusi persamaan gelombang elektromagnetik dan perambatan energi serta momentum.

  1. Menjelaskan inkonsistensi dari persamaan elektromagnetik (hukum ampere)
  2. Menjelaskan persamaan Maxwell hasil dari “perbaikan” hukum ampere
  3. Menentukan solusi dari persamaan gelombang elektromagnetik dan gelombang datar
  4. Menghitung perambatan energi dan momentum (rapat arus energi dan rapat momentum)
Kriteria:

Tes Kinerja


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Kuliah
Student Centered Learning
Materi: Hukum Ampere, rangkaian magnetik, gelombang elektromagnetik
Pustaka: Seri Buku Schaum,. 1984. Elektromagnetika J. D
5%

16

Minggu ke 16

UAS

UAS

Kriteria:

UAS


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
UAS
UAS
Materi: UAS
Pustaka: Seri Buku Schaum,. 1984. Elektromagnetika J. D
15%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 60.85%
2. Penilaian Portofolio 5%
3. Praktik / Unjuk Kerja 13.35%
4. Tes 20.85%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.