|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Program Studi S1 Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Politik dan Negara |
8720502202 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
1 |
30 Agustus 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Maya Mustika Kartika Sari. Iman Pasu Hardianto Marganda Purba, SH., M.H., Prof. Dr. Warsono, M.S
|
Maya Mustika Kartika Sari, S,Sos., M.IP
|
Dr. Listyaningsih, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-5 |
Mampu menguasai konsep dasar dan teori bidang ilmu Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang meliputi kajian. politik, hukum, sosial, humaniora, nilai-moral Pancasila, dan Pedagogik |
PLO-7 |
Mampu melakukan analisis dan sintesis yang berorientasi eksplanatif dan prediktif terhadap gejala-gejala sosial, politik, pendidikan, dan kewarganegaraan. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu menyajikan konsepsi politik secara sistematis dan logis dalam kegiatan kolaborasi kelompok.
|
PO - 2 |
Mahasiswa mampu menganalisis fenomena dan gejala-gejala politik dalam kehidupan sehari-hari
|
PO - 3 |
Mahasiswa mampu menguraikan proses terciptanya sebuah negara sesuai teori negara
|
PO - 4 |
Mahasiswa mampu secara kritis memberikan alternatif pemikiran politik dan negara
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-4 | PLO-5 | PLO-7 | PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | | PO-2 | ✔ | | ✔ | ✔ | PO-3 | ✔ | | ✔ | | PO-4 | | ✔ | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mengkaji konsep-konsep dasar dalam ilmu politik yang meliputi: Hakekat, pemikiran politik; norma politik; kekuasaaan dan kewenangan; lembaga-lembaga politik; bangsa-negara dan mempelajari proses berdirinya sebuah negara yang meliputi : syarat, prinsip, macam, dan bentuk-bentuk negara. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Andrews, CM.dan Mas 19oed, M . 2011. Perbandingan Sistem Politik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
- Barry, Norman P . 1997. An Introduction to Modern Political Theory. London. The Macmillan Press Ltd.
- Budiardjo, Miriam. 2012. Dasar-Dasar Ilmu Politik. Jakarta. Gramedia.
- Surbakti, Ramlan. 2013. Memahami Politik. Jakarta. Gramedia.
- Firmanzah. 2012. Marketing Politik. Bandung, Buku Obor.
|
Pendukung : |
|
- Syafiie, Inu Kencana. 1997. Ilmu Politik. Jakarta. Rineka Cipta.
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dr. Warsono, M.S. Maya Mustika Kartika Sari, S.Sos., M.IP. Iman Pasu Marganda Hadiarto Purba, S.H., M.H. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mengidentifikasi konsep-konsep utama dalam ilmu politik |
Ketertiban dalam perkuliahan dan kesiapan dalam tiap pertemuan |
Kriteria:
Ketepatan konsep yang dipilih Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Studi Kasus 2 X 50 |
Studi kasus
|
Materi: Pengantar ilmu politik Pustaka: Budiardjo, Miriam. 2012. Dasar-Dasar Ilmu Politik. Jakarta. Gramedia. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Menyajikan konsepsi politik menurut pemikir politik |
Menguraikan latar belakang, ruang lingkup, materi, tujuan dan manfaat Ilmu Politik |
Kriteria:
Ketepatan konsep Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Studi kasus 2 X 50 |
Studi kasus
|
Materi: Konsep ilmu politik Pustaka: Surbakti, Ramlan. 2013. Memahami Politik. Jakarta. Gramedia. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian, makna, hakikat, dan perkembangan Ilmu Politik |
Medeskripsikan pengertian, makna, hakikat, dan perkembangan ilmu Politik |
Kriteria:
5 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Studi kasus 2 X 50 |
Studi kasus
|
|
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu menjelaskan Ilmu Politik sebagai Ilmu sosial dan hubungannya dengan ilmu sosial yang lain. |
Menjelaskan Ilmu Politik sebagai Ilmu dan Bagian Ilmu Sosial. Menjelaskan hubungan Ilmu Politik dengan Ilmu Sosial yang lain |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Studi kasus 2 X 50 |
Studi kasus
|
|
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu menjelaskan hakikat kekuasaan. |
Menguraikan dan menjelaskan hakikat kekuasaan, dimensi-dimensi kekuasaan, pelaksanaan kekuasaan, dan distribusi kekuasaan. |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Studi kasus 2 X 50 |
Studi kasus
|
|
5% |
6
Minggu ke 6 |
Melalui penjelasan dari dosen maka mahasiswa dapat melakukan identifikasi apa itu kekuasaan, dimensi-dimensinya, bagaimana distribusi dan pelaksanaan kekuasaan Mahasiswa melakukan analisis keterkaitan antara hakikat kekuasaan dan pelaksanaan kekuasaan. |
Menjelaskan Negara sebagai konsep politik dan Lembaga Legislatif, Eksekutif, dan Yudikatif |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Studi kasus 2 X 50 |
Studi kasus
|
|
5% |
7
Minggu ke 7 |
Melalui penjelasan dari dosen maka mahasiswa dapat melakukan identifikasi apa itu kekuasaan, dimensi-dimensinya, bagaimana distribusi dan pelaksanaan kekuasaan Mahasiswa melakukan analisis keterkaitan antara hakikat kekuasaan dan pelaksanaan kekuasaan. |
Menjelaskan Negara sebagai konsep politik dan Lembaga Legislatif, Eksekutif, dan Yudikatif |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Studi kasus 2 X 50 |
Studi kasus
|
|
5% |
8
Minggu ke 8 |
UJIAN TENGAH SEMESTER |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
2 X 50 |
|
|
15% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu menjelaskan hal ihwal demokrasi |
Menjelaskan konsep, nilai, varian demokrasi. Menjelaskan demokrasi Pancasila. Menganalisis implementasi demokrasi, demokratisasi. Menganalisis konsolidasi demokrasi. |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Studi kasus 2 X 50 |
Studi kasus
|
|
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu menjelaskan partai politik dan pemilu. |
Menjelaskan pengertian, fungsi, tipologi partai. Menganalisis sistem kepartaian. Menganalisis demokrasi dan partai politik |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Studi kasus 2 X 50 |
Studi kasus
|
|
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu menjelaskan tentang pemilu |
Menjelaskan pengertian dan makna pemilu. Menjelaskan sistem pemilu. Menjelaskan hubungan antara pemilu dengan demokrasi |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Studi kasus 2 X 50 |
Studi kasus
|
|
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu menjelaskan tentang HAM |
Menjelaskan pengertian dan sejarah HAM. Menganalisis implementasi HAM di Indonesia. |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Studi kasus 2 X 50 |
Studi kasus
|
|
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu menjelaskan tentang perilaku dan partisipasi politik. |
Menjelaskan model perilaku politik. Menjelaskan partisipasi politik. Menjelaskan tipologi dan model partisipasi politik. |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Studi kasus 2 X 50 |
Studi kasus
|
|
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu menjelaskan dan menganalisis tentang konflik dan proses politik |
Menjelaskan dan menganalisis penyebab terjadinya konflik. Menjelaskan tipe, struktur, dan tujuan konflik. Menjelaskan dan menganalisis intensitas dan pengaturan konflik. Menjelaskan dan menganalisis konflik dan proses politik. |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Studi kasus 2 X 50 |
Studi kasus
|
|
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu menjelaskan perubahan dan pembangunan politik. |
Menjelaskan penyebab perubahan politik. Menjelaskan obyek perubahan politik. Menjelaskan tipologi dan tujuan pembangunan politik. |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Studi kasus 2 X 50 |
Studi kasus
|
|
5% |
16
Minggu ke 16 |
|
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
|
|
|
15% |