Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Program Studi S1 Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Politik dan Negara

8720502202

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

1

30 Agustus 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Maya Mustika Kartika Sari. Iman Pasu Hardianto Marganda Purba, SH., M.H., Prof. Dr. Warsono, M.S




Maya Mustika Kartika Sari, S,Sos., M.IP




Dr. Listyaningsih, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-5

Mampu menguasai konsep dasar dan teori bidang ilmu Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang meliputi kajian. politik, hukum, sosial, humaniora, nilai-moral Pancasila, dan Pedagogik

PLO-7

Mampu melakukan analisis dan sintesis yang berorientasi eksplanatif dan prediktif terhadap gejala-gejala sosial, politik, pendidikan, dan kewarganegaraan.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu menyajikan konsepsi politik secara sistematis dan logis dalam kegiatan kolaborasi kelompok.

PO - 2

Mahasiswa mampu menganalisis fenomena dan gejala-gejala politik dalam kehidupan sehari-hari

PO - 3

Mahasiswa mampu menguraikan proses terciptanya sebuah negara sesuai teori negara

PO - 4

Mahasiswa mampu secara kritis memberikan alternatif pemikiran politik dan negara

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-4PLO-5PLO-7
PO-1 
PO-2 
PO-3  
PO-4  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mengkaji konsep-konsep dasar dalam ilmu politik yang meliputi: Hakekat, pemikiran politik; norma politik; kekuasaaan dan kewenangan; lembaga-lembaga politik; bangsa-negara dan mempelajari proses berdirinya sebuah negara yang meliputi : syarat, prinsip, macam, dan bentuk-bentuk negara.

Pustaka

Utama :

  1. Andrews, CM.dan Mas 19oed, M . 2011. Perbandingan Sistem Politik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
  2. Barry, Norman P . 1997. An Introduction to Modern Political Theory. London. The Macmillan Press Ltd.
  3. Budiardjo, Miriam. 2012. Dasar-Dasar Ilmu Politik. Jakarta. Gramedia.
  4. Surbakti, Ramlan. 2013. Memahami Politik. Jakarta. Gramedia.
  5. Firmanzah. 2012. Marketing Politik. Bandung, Buku Obor.

Pendukung :

  1. Syafiie, Inu Kencana. 1997. Ilmu Politik. Jakarta. Rineka Cipta.

Dosen Pengampu

Prof. Dr. Warsono, M.S.

Maya Mustika Kartika Sari, S.Sos., M.IP.

Iman Pasu Marganda Hadiarto Purba, S.H., M.H.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mengidentifikasi konsep-konsep utama dalam ilmu politik

Ketertiban dalam perkuliahan dan kesiapan dalam tiap pertemuan

Kriteria:

Ketepatan konsep yang dipilih


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Studi Kasus
2 X 50
Studi kasus
Materi: Pengantar ilmu politik
Pustaka: Budiardjo, Miriam. 2012. Dasar-Dasar Ilmu Politik. Jakarta. Gramedia.
5%

2

Minggu ke 2

Menyajikan konsepsi politik menurut pemikir politik

Menguraikan latar belakang, ruang lingkup, materi, tujuan dan manfaat Ilmu Politik

Kriteria:

Ketepatan konsep


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Studi kasus
2 X 50
Studi kasus
Materi: Konsep ilmu politik
Pustaka: Surbakti, Ramlan. 2013. Memahami Politik. Jakarta. Gramedia.
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian, makna, hakikat, dan perkembangan Ilmu Politik

Medeskripsikan pengertian, makna, hakikat, dan perkembangan ilmu Politik

Kriteria:

5


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Studi kasus
2 X 50
Studi kasus
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu menjelaskan Ilmu Politik sebagai Ilmu sosial dan hubungannya dengan ilmu sosial yang lain.

Menjelaskan Ilmu Politik sebagai Ilmu dan Bagian Ilmu Sosial. Menjelaskan hubungan Ilmu Politik dengan Ilmu Sosial yang lain


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Studi kasus
2 X 50
Studi kasus
5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu menjelaskan hakikat kekuasaan.

Menguraikan dan menjelaskan hakikat kekuasaan, dimensi-dimensi kekuasaan, pelaksanaan kekuasaan, dan distribusi kekuasaan.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Studi kasus
2 X 50
Studi kasus
5%

6

Minggu ke 6

Melalui penjelasan dari dosen maka mahasiswa dapat melakukan identifikasi apa itu kekuasaan, dimensi-dimensinya, bagaimana distribusi dan pelaksanaan kekuasaan Mahasiswa melakukan analisis keterkaitan antara hakikat kekuasaan dan pelaksanaan kekuasaan.

Menjelaskan Negara sebagai konsep politik dan Lembaga Legislatif, Eksekutif, dan Yudikatif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Studi kasus
2 X 50
Studi kasus
5%

7

Minggu ke 7

Melalui penjelasan dari dosen maka mahasiswa dapat melakukan identifikasi apa itu kekuasaan, dimensi-dimensinya, bagaimana distribusi dan pelaksanaan kekuasaan Mahasiswa melakukan analisis keterkaitan antara hakikat kekuasaan dan pelaksanaan kekuasaan.

Menjelaskan Negara sebagai konsep politik dan Lembaga Legislatif, Eksekutif, dan Yudikatif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Studi kasus
2 X 50
Studi kasus
5%

8

Minggu ke 8

UJIAN TENGAH SEMESTER


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif

    2 X 50

    15%

    9

    Minggu ke 9

    Mahasiswa mampu menjelaskan hal ihwal demokrasi

    Menjelaskan konsep, nilai, varian demokrasi. Menjelaskan demokrasi Pancasila. Menganalisis implementasi demokrasi, demokratisasi. Menganalisis konsolidasi demokrasi.


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Studi kasus
    2 X 50
    Studi kasus
    5%

    10

    Minggu ke 10

    Mahasiswa mampu menjelaskan partai politik dan pemilu.

    Menjelaskan pengertian, fungsi, tipologi partai. Menganalisis sistem kepartaian. Menganalisis demokrasi dan partai politik


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Studi kasus
    2 X 50
    Studi kasus
    5%

    11

    Minggu ke 11

    Mahasiswa mampu menjelaskan tentang pemilu

    Menjelaskan pengertian dan makna pemilu. Menjelaskan sistem pemilu. Menjelaskan hubungan antara pemilu dengan demokrasi


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Studi kasus
    2 X 50
    Studi kasus
    5%

    12

    Minggu ke 12

    Mahasiswa mampu menjelaskan tentang HAM

    Menjelaskan pengertian dan sejarah HAM. Menganalisis implementasi HAM di Indonesia.


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Studi kasus
    2 X 50
    Studi kasus
    5%

    13

    Minggu ke 13

    Mahasiswa mampu menjelaskan tentang perilaku dan partisipasi politik.

    Menjelaskan model perilaku politik. Menjelaskan partisipasi politik. Menjelaskan tipologi dan model partisipasi politik.


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Studi kasus
    2 X 50
    Studi kasus
    5%

    14

    Minggu ke 14

    Mahasiswa mampu menjelaskan dan menganalisis tentang konflik dan proses politik

    Menjelaskan dan menganalisis penyebab terjadinya konflik. Menjelaskan tipe, struktur, dan tujuan konflik. Menjelaskan dan menganalisis intensitas dan pengaturan konflik. Menjelaskan dan menganalisis konflik dan proses politik.


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Studi kasus
    2 X 50
    Studi kasus
    5%

    15

    Minggu ke 15

    Mahasiswa mampu menjelaskan perubahan dan pembangunan politik.

    Menjelaskan penyebab perubahan politik. Menjelaskan obyek perubahan politik. Menjelaskan tipologi dan tujuan pembangunan politik.


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Studi kasus
    2 X 50
    Studi kasus
    5%

    16

    Minggu ke 16


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif, Tes


    15%



    Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

    No Evaluasi Persentase
    1. Aktifitas Partisipasif 92.5%
    2. Tes 7.5%
    100%

    Catatan

    1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
    2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
    3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
    4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
    5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
    6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
    7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
    8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
    9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
    10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
    11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
    12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.