|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S2 Kimia
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Metabolisme Biokimia |
4710202022 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=3 |
P=0 |
ECTS=6.72 |
1 |
17 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Prima Wikandari, M.Si
|
Prof. Dr. Rudiana Agustini, M.Pd.
|
Prof. Dr. Nuniek Herdyastuti, M.Si. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu memecahkan masalah ipteks di bidang kimia yang umum dan dalam lingkup sederhana seperti identifikasi, analisis, isolasi, transformasi, dan sintesis mikromolekul, melalui penerapan struktur, sifat, perubahan molekul, energi dan kinetika
|
PO - 2 |
Mampu memecahkan masalah iptek di bidang biokimia, khususnya yang berkaitan dengan metabolisme dan pengolahan informasi genetik, berdasarkan kajian ilmu dan metode analisis dan sintesis, serta penerapan teknologi yang relevan.
|
PO - 3 |
Memiliki pengetahuan tentang: a) metabolisme dan regulasi biomolekul karbohidrat, lipid, dan protein, b) proses transfer elektron dalam fotosintesis serta c) proses pengolahan informasi genetik
|
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Kajian katabolisme dan anabolisme serta regulasi biomolekul karbohidrat, lipid, protein, fosforilasi oksidatif dan transfer elektron dalam fotosintesis, proses pengolahan informasi genetik, serta kelainannya |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Jeremy M.B., John L.T., Gregory J.G, Jr., Lubert S., 2019. Biochemistry. 9 th edition. New York, Macmillan Higher Education
- Rodwell,V.W., Bender,D.A., Botham,K.M., Kennely,P.J., Weil, P.A.2022. 32nd Edition. Harper’s Ilustrated Biochemistry, The McGraw-Hill Education
- Nelson, D.L. and Cox, M.M. 2020. Lehninger Principle of Biochemistry. 8th edition. Mac Millan Learning: University of Winconsin
|
Pendukung : |
|
- Artikel jurnal terbaru terkait metabolisme
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dr. Hj. Rudiana Agustini, M.Pd. Dr. Prima Retno Wikandari, M.Si. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Memahami beberapa aspek metabolisme dan perannya dalam sel hidup |
1. Mampu menjelaskan siklus CO2 dan N2 2. Mampu menjelaskan hubungan heterotrophic dan autotrophic 3. Mampu menjelaskan perbedaan antara katabolisme dan anabolisme 4. Mampu menjelaskan tentang siklus ATP, NADH/NAD , FADH2/FAD |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah menjawab soal-soal latihan dan diskusi terkait beberapa aspek metabolisme dan perannya dalam sel hidup 3 X 50 |
|
Materi: 1. Mampu menjelaskan siklus CO2 dan N2 2. Mampu menjelaskan hubungan heterotrophic dan autotrophic 3. Mampu menjelaskan perbedaan antara katabolisme dan anabolisme 4. Mampu menjelaskan tentang siklus ATP, NADH/NAD , FADH2/FAD Pustaka: Jeremy M.B., John L.T., Gregory J.G, Jr., Lubert S., 2019. Biochemistry. 9 th edition. New York, Macmillan Higher Education |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Memahami katabolisme karbohidrat, pembentukan ATP dan Glikolisis |
1. Mampu menjelaskan hubungan antara katabolisme dan anabolisme karbohidrat 2. Mampu mengintepretasi tahapan reaksi glikolisis 3. Mampu menjelaskan peran enzim pada setiap tahap glikolisis. 4. Mampu membedakan tahapan jalur aerobik dan anaerobik |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Pembelajaran interaktif dan diskusi 3 X 50 |
Materi: Mampu menjelaskan hubungan antara katabolisme dan anabolisme karbohidrat, tahapan reaksi glikolisis, peran enzim pada setiap tahap glikolisis, perbedaan tahapan jalur aerobik dan anaerobik Pustaka: Nelson, D.L. and Cox, M.M. 2020. Lehninger Principle of Biochemistry. 8th edition. Mac Millan Learning: University of Winconsin |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Memahami katabolisme diskarida dan polisakarida dan mekanismenya dalam memasuki jalur glikoisis |
1. Mampu menjelaskan degradasi disakarida dan polisakarida 2. Memahami mekanisme masuknya disakarida dan polisakarida pada jalur glikolisis 3. Menjelaskan enzim-enzim yang berperan dalam glikogenolisis di hati serta ekstra hepatik |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case study 3 X 50 |
Case study
|
Materi: menjelaskan degradasi disakarida dan polisakarida, mekanisme masuknya disakarida dan polisakarida pada jalur glikolisis, Enzim-enzim yang berperan dalam glikogenolisis di hati serta ekstra hepatik Pustaka: Nelson, D.L. and Cox, M.M. 2020. Lehninger Principle of Biochemistry. 8th edition. Mac Millan Learning: University of Winconsin |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Memahami jalur aerob katabolisme karbohidrat |
1. Mampu menjelaskan peran siklus asam sitrat 2. Mampu menjelaskan setiap tahap siklus asam sitrat! 3. Mampu menjelaskan regulasi siklus asam sitrat 4. Mampu menghitung energy hasil siklus asam sitrat Menjelaskan kekhasan jalur alternatif shunt HMP |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case study 3 X 50 |
Case study
|
Materi: Peran siklus asam sitrat, tahapan siklus asam sitrat!, regulasi siklus asam sitrat, energy hasil siklus asam sitrat , kekhasan jalur alternatif shunt HMP Pustaka: Rodwell,V.W., Bender,D.A., Botham,K.M., Kennely,P.J., Weil, P.A.2022. 32nd Edition. Harper’s Ilustrated Biochemistry, The McGraw-Hill Education |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Memahami proses pembentukan ATP melalui fosforilasi oksidatif. |
Mampu menjelaskan arti fosforilasi dan fosforilasi oksidatif Mampu menjelaskan siklus ATP dan NADPH/ NADH Menyebutkan macam-macam senyawa inhibitor dan letak hambatannya Mampu membedakan sistem antar-jemput glifosat dan malat aspartat Mampu menghitung ATP dari proses katabolisme karbohidrat. Mampu menjelaskan tentang glikolisis |
|
Case study 3 X 50 |
Case study
|
Materi: Oxidative phosphorylation, penghitungan, ATP, regulasi katabolisme karbohidrat Pustaka: Nelson, D.L. and Cox, M.M. 2020. Lehninger Principle of Biochemistry. 8th edition. Mac Millan Learning: University of Winconsin |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Memahami penggunaan ATP pada berbagai jalur anabolisme karbohidrat dan regulasinya |
1. Mampu menjelaskan perbedaan jalur catabolisme dan anabolisme 2. Mampu menjelaskan tahap reaksi gluconeogenesis dan glycogenesis. Mampu menjelaskan control katabolisme dan anabolisme karbohidrat oleh hormone insulin, glucagon |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran Interaktif dan diskusi 3 X 50 |
Case study
|
Materi: 1. Mampu menjelaskan perbedaan jalur catabolisme dan anabolisme 2. Mampu menjelaskan tahap reaksi gluconeogenesis dan glycogenesis. 3. Mampu menjelaskan control katabolisme dan anabolisme karbohidrat oleh hormone insulin, glucagon Pustaka: Jeremy M.B., John L.T., Gregory J.G, Jr., Lubert S., 2019. Biochemistry. 9 th edition. New York, Macmillan Higher Education |
10% |
7
Minggu ke 7 |
Memahami proses fotosintesis |
1. Mampu menjelaskan system reaksi fotokimia 2. Mampu menjelaskan tahap reaksi terang 3. Mampu menyebutkan tahap reaksi siklus Calvin 4. Mampu menjelaskan keuntungan dari siklus Hatch-slack Mampu menjelaskan tahap reaksi siklus the Hatch-Slack |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Case study 3 X 50 |
|
Materi: Reaksi gelap-terang, Calvin Cycle, Hatch Cycle – Slack Pustaka: Nelson, D.L. and Cox, M.M. 2020. Lehninger Principle of Biochemistry. 8th edition. Mac Millan Learning: University of Winconsin |
10% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
|
Bentuk Penilaian : Tes |
Case study 3 X 50 |
|
|
10% |
9
Minggu ke 9 |
Memahami katabolisme asam amino dan regulasinya |
1. Mampu menjelaskan fungsi utama katabolisme asam amino dan peran asam amino sebagai sumber energi. 2. Mampu menjelaskan jalur intermediat catabolisme asam amino 3. Mampu menjelaskan reaksi transaminase asam amino menjadi asam amino lainnya. 4. Mampu menjelaskan mekanisme transport ammonia dalam tubuh 5. Mampu menjelaskan perbedaan jalur sekresi nitrogen ammonotelik, oreotelik dan uricotelik. 6. Mampu menjelaskan siklus urea. |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Case study 3 X 50 |
|
Materi: Sintesis asam amino dari amonium melalui 3 reaksi enzimatik dan pengaturannya, sintesis asam amino dari reaksi glutamat transaminase dengan asam -keto Pustaka: Nelson, D.L. and Cox, M.M. 2020. Lehninger Principle of Biochemistry. 8th edition. Mac Millan Learning: University of Winconsin |
10% |
10
Minggu ke 10 |
Memahami anabolisme asam amino dan system regulasinya. |
1. Mampu menjelaskan sintesis asam amino melalui 3 reaksi: glutamate dehydrogenase, glutamine synthetase dan carbamoil-phosphate synthetase dan regulasinya 2. Mampu menjelaskan sintesis asam amino dari reaksi glutamate transaminase dengan asam α-keto |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case study 3 X 50 |
|
Materi: Sintesis asam amino dari amonium melalui 3 reaksi enzimatik dan pengaturannya, sintesis asam amino dari reaksi glutamat transaminase dengan asam -keto Pustaka: Nelson, D.L. and Cox, M.M. 2020. Lehninger Principle of Biochemistry. 8th edition. Mac Millan Learning: University of Winconsin |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Memahami proses catabolisme dari senyawa berbagai lipida. |
1. Mampu menjelaskan tahap terjadinya β-oxidation 2. Mampu menghitung energy dari hasil oksidasi sempurna asam lemak. 3. Mampu menjelaskan tahap tambahan untuk asam lemak ganjil. 4. Mmapu menjelaskan penguraian oksidasi fase-2 kompak asam lemak tak jenuh 5. Mampu menjelaskan perbedan energy yang dihasilkan oleh asam lemak jenuh dan tak jenuh. 6. Mampu menjelaskan arti α and ϖ oxidation Mmapu menjelaskan pembentukan keton dan akibatnya. |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case study, diskusi interaktif 3 X 50 |
|
Materi: Katabolisme asam lemak jenuh, Katabolisme asam lemak tak jenuh, a dan v oksidasi, ketogenesis dan pengendalian Pustaka: Jeremy M.B., John L.T., Gregory J.G, Jr., Lubert S., 2019. Biochemistry. 9 th edition. New York, Macmillan Higher Education |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Memeahami proses anabolisme dari berbagai senyawa lipida utama |
1. Mampu menjelaskan anabolisme asam lemak yang diawali dari asetil CoA mitokondria 2. Mampu menjelaskan perbedaan anabolisme dari asam lemak jenuh dan tak jenuh. 3. Mampu menjelaskan tahap 2 anabolisme TG 4. Mampu menjelasakn prinsip anabolisme phosphoglyceride 5. Mampu menyebutkan hormones, enzymes dan metabolites yang berperan dalam regulasi lipida. 6. Mampu mnejelaskan regulasi lipolysis and lipogenesis 7. Mampu menyebutkan berbagai senyawa antara dalam biosintesis skualen, cholesterol 8. Mampu menjelaskan hubungan antara kolesterol dengan atherosclerosis. |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case study dan diskusi interakstif
|
Case study dan diskusi interakstif 3 X 50 |
Materi: Lipogenesis, anabolism lemak khusus regulasi Pustaka: Jeremy M.B., John L.T., Gregory J.G, Jr., Lubert S., 2019. Biochemistry. 9 th edition. New York, Macmillan Higher Education |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Memeahami proses anabolisme dari berbagai senyawa lipida utama |
1. Mampu menjelaskan anabolisme asam lemak yang diawali dari asetil CoA mitokondria 2. Mampu menjelaskan perbedaan anabolisme dari asam lemak jenuh dan tak jenuh. 3. Mampu menjelaskan tahap 2 anabolisme TG 4. Mampu menjelasakn prinsip anabolisme phosphoglyceride 5. Mampu menyebutkan hormones, enzymes dan metabolites yang berperan dalam regulasi lipida. 6. Mampu mnejelaskan regulasi lipolysis and lipogenesis 7. Mampu menyebutkan berbagai senyawa antara dalam biosintesis skualen, cholesterol 8. Mampu menjelaskan hubungan antara kolesterol dengan atherosclerosis. |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case study dan diskusi interakstif 3 X 50 |
|
Materi: Lipogenesis, anabolism lemak khusus regulasi Pustaka: Jeremy M.B., John L.T., Gregory J.G, Jr., Lubert S., 2019. Biochemistry. 9 th edition. New York, Macmillan Higher Education |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Memahami setiap tahap proses informasi genetoc dan regulasinya. |
1. Mampu menjelaskan model replikasi. 2. Mampu menjelaskan polimerasi DNA. 3. Mampu menjelaskan mekanisme replikasi. Mampu menjelaskan tahap inisiasi Mampu menjelaskan tahap elongasi. Mampu menjelaskan tahap terminasi. Mampu menjelaskan negative control (Lacperon) |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case study dan diskusi interaktif 3 X 50 |
|
Materi: Replikasi, transkripsi dan translasi Pustaka: Nelson, D.L. and Cox, M.M. 2020. Lehninger Principle of Biochemistry. 8th edition. Mac Millan Learning: University of Winconsin |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Memahami setiap tahap proses informasi genetoc dan regulasinya. |
1. Mampu menjelaskan model replikasi. 2. Mampu menjelaskan polimerasi DNA. 3. Mampu menjelaskan mekanisme replikasi. Mampu menjelaskan tahap inisiasi Mampu menjelaskan tahap elongasi. Mampu menjelaskan tahap terminasi. Mampu menjelaskan negative control (Lacperon) |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case study dan diskusi interakstif 3 X 50 |
|
Materi: Replikasi, transkripsi dan translasi Pustaka: Nelson, D.L. and Cox, M.M. 2020. Lehninger Principle of Biochemistry. 8th edition. Mac Millan Learning: University of Winconsin |
5% |
16
Minggu ke 16 |
|
|
Bentuk Penilaian : Tes |
|
|
|
10% |