Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S2 Kimia

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Metabolisme Biokimia

4710202022

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=3

P=0

ECTS=6.72

1

17 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Prima Wikandari, M.Si




Prof. Dr. Rudiana Agustini, M.Pd.




Prof. Dr. Nuniek Herdyastuti, M.Si.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu memecahkan masalah ipteks di bidang kimia yang umum dan dalam lingkup sederhana seperti identifikasi, analisis, isolasi, transformasi, dan sintesis mikromolekul, melalui penerapan struktur, sifat, perubahan molekul, energi dan kinetika

PO - 2

Mampu memecahkan masalah iptek di bidang biokimia, khususnya yang berkaitan dengan metabolisme dan pengolahan informasi genetik, berdasarkan kajian ilmu dan metode analisis dan sintesis, serta penerapan teknologi yang relevan.

PO - 3

Memiliki pengetahuan tentang: a) metabolisme dan regulasi biomolekul karbohidrat, lipid, dan protein, b) proses transfer elektron dalam fotosintesis serta c) proses pengolahan informasi genetik

Matrik PLO-PO

 
PO
PO-1
PO-2
PO-3

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Kajian katabolisme dan anabolisme serta regulasi biomolekul karbohidrat, lipid, protein, fosforilasi oksidatif dan transfer elektron dalam fotosintesis, proses pengolahan informasi genetik, serta kelainannya

Pustaka

Utama :

  1. Jeremy M.B., John L.T., Gregory J.G, Jr., Lubert S., 2019. Biochemistry. 9 th edition. New York, Macmillan Higher Education
  2. Rodwell,V.W., Bender,D.A., Botham,K.M., Kennely,P.J., Weil, P.A.2022. 32nd Edition. Harper’s Ilustrated Biochemistry, The McGraw-Hill Education
  3. Nelson, D.L. and Cox, M.M. 2020. Lehninger Principle of Biochemistry. 8th edition. Mac Millan Learning: University of Winconsin

Pendukung :

  1. Artikel jurnal terbaru terkait metabolisme

Dosen Pengampu

Prof. Dr. Hj. Rudiana Agustini, M.Pd.

Dr. Prima Retno Wikandari, M.Si.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Memahami beberapa aspek metabolisme dan perannya dalam sel hidup

1. Mampu menjelaskan siklus CO2 dan N2 2. Mampu menjelaskan hubungan heterotrophic dan autotrophic 3. Mampu menjelaskan perbedaan antara katabolisme dan anabolisme 4. Mampu menjelaskan tentang siklus ATP, NADH/NAD , FADH2/FAD


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah menjawab soal-soal latihan dan diskusi terkait beberapa aspek metabolisme dan perannya dalam sel hidup
3 X 50

Materi: 1. Mampu menjelaskan siklus CO2 dan N2 2. Mampu menjelaskan hubungan heterotrophic dan autotrophic 3. Mampu menjelaskan perbedaan antara katabolisme dan anabolisme 4. Mampu menjelaskan tentang siklus ATP, NADH/NAD , FADH2/FAD
Pustaka: Jeremy M.B., John L.T., Gregory J.G, Jr., Lubert S., 2019. Biochemistry. 9 th edition. New York, Macmillan Higher Education
5%

2

Minggu ke 2

Memahami katabolisme karbohidrat, pembentukan ATP dan Glikolisis

1. Mampu menjelaskan hubungan antara katabolisme dan anabolisme karbohidrat 2. Mampu mengintepretasi tahapan reaksi glikolisis 3. Mampu menjelaskan peran enzim pada setiap tahap glikolisis. 4. Mampu membedakan tahapan jalur aerobik dan anaerobik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Pembelajaran interaktif dan diskusi
3 X 50
Materi: Mampu menjelaskan hubungan antara katabolisme dan anabolisme karbohidrat, tahapan reaksi glikolisis, peran enzim pada setiap tahap glikolisis, perbedaan tahapan jalur aerobik dan anaerobik
Pustaka: Nelson, D.L. and Cox, M.M. 2020. Lehninger Principle of Biochemistry. 8th edition. Mac Millan Learning: University of Winconsin
5%

3

Minggu ke 3

Memahami katabolisme diskarida dan polisakarida dan mekanismenya dalam memasuki jalur glikoisis

1. Mampu menjelaskan degradasi disakarida dan polisakarida 2. Memahami mekanisme masuknya disakarida dan polisakarida pada jalur glikolisis 3. Menjelaskan enzim-enzim yang berperan dalam glikogenolisis di hati serta ekstra hepatik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Case study
3 X 50
Case study
Materi: menjelaskan degradasi disakarida dan polisakarida, mekanisme masuknya disakarida dan polisakarida pada jalur glikolisis, Enzim-enzim yang berperan dalam glikogenolisis di hati serta ekstra hepatik
Pustaka: Nelson, D.L. and Cox, M.M. 2020. Lehninger Principle of Biochemistry. 8th edition. Mac Millan Learning: University of Winconsin
5%

4

Minggu ke 4

Memahami jalur aerob katabolisme karbohidrat

1. Mampu menjelaskan peran siklus asam sitrat 2. Mampu menjelaskan setiap tahap siklus asam sitrat! 3. Mampu menjelaskan regulasi siklus asam sitrat 4. Mampu menghitung energy hasil siklus asam sitrat Menjelaskan kekhasan jalur alternatif shunt HMP


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Case study
3 X 50
Case study
Materi: Peran siklus asam sitrat, tahapan siklus asam sitrat!, regulasi siklus asam sitrat, energy hasil siklus asam sitrat , kekhasan jalur alternatif shunt HMP
Pustaka: Rodwell,V.W., Bender,D.A., Botham,K.M., Kennely,P.J., Weil, P.A.2022. 32nd Edition. Harper’s Ilustrated Biochemistry, The McGraw-Hill Education
5%

5

Minggu ke 5

Memahami proses pembentukan ATP melalui fosforilasi oksidatif.

Mampu menjelaskan arti fosforilasi dan fosforilasi oksidatif Mampu menjelaskan siklus ATP dan NADPH/ NADH Menyebutkan macam-macam senyawa inhibitor dan letak hambatannya Mampu membedakan sistem antar-jemput glifosat dan malat aspartat Mampu menghitung ATP dari proses katabolisme karbohidrat. Mampu menjelaskan tentang glikolisis

Case study
3 X 50
Case study
Materi: Oxidative phosphorylation, penghitungan, ATP, regulasi katabolisme karbohidrat
Pustaka: Nelson, D.L. and Cox, M.M. 2020. Lehninger Principle of Biochemistry. 8th edition. Mac Millan Learning: University of Winconsin
5%

6

Minggu ke 6

Memahami penggunaan ATP pada berbagai jalur anabolisme karbohidrat dan regulasinya

1. Mampu menjelaskan perbedaan jalur catabolisme dan anabolisme 2. Mampu menjelaskan tahap reaksi gluconeogenesis dan glycogenesis. Mampu menjelaskan control katabolisme dan anabolisme karbohidrat oleh hormone insulin, glucagon


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran Interaktif dan diskusi
3 X 50
Case study
Materi: 1. Mampu menjelaskan perbedaan jalur catabolisme dan anabolisme 2. Mampu menjelaskan tahap reaksi gluconeogenesis dan glycogenesis. 3. Mampu menjelaskan control katabolisme dan anabolisme karbohidrat oleh hormone insulin, glucagon
Pustaka: Jeremy M.B., John L.T., Gregory J.G, Jr., Lubert S., 2019. Biochemistry. 9 th edition. New York, Macmillan Higher Education
10%

7

Minggu ke 7

Memahami proses fotosintesis

1. Mampu menjelaskan system reaksi fotokimia 2. Mampu menjelaskan tahap reaksi terang 3. Mampu menyebutkan tahap reaksi siklus Calvin 4. Mampu menjelaskan keuntungan dari siklus Hatch-slack Mampu menjelaskan tahap reaksi siklus the Hatch-Slack


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Case study
3 X 50

Materi: Reaksi gelap-terang, Calvin Cycle, Hatch Cycle – Slack
Pustaka: Nelson, D.L. and Cox, M.M. 2020. Lehninger Principle of Biochemistry. 8th edition. Mac Millan Learning: University of Winconsin
10%

8

Minggu ke 8

UTS


    Bentuk Penilaian :
    Tes
    Case study
    3 X 50

    10%

    9

    Minggu ke 9

    Memahami katabolisme asam amino dan regulasinya

    1. Mampu menjelaskan fungsi utama katabolisme asam amino dan peran asam amino sebagai sumber energi. 2. Mampu menjelaskan jalur intermediat catabolisme asam amino 3. Mampu menjelaskan reaksi transaminase asam amino menjadi asam amino lainnya. 4. Mampu menjelaskan mekanisme transport ammonia dalam tubuh 5. Mampu menjelaskan perbedaan jalur sekresi nitrogen ammonotelik, oreotelik dan uricotelik. 6. Mampu menjelaskan siklus urea.


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
    Case study
    3 X 50

    Materi: Sintesis asam amino dari amonium melalui 3 reaksi enzimatik dan pengaturannya, sintesis asam amino dari reaksi glutamat transaminase dengan asam -keto
    Pustaka: Nelson, D.L. and Cox, M.M. 2020. Lehninger Principle of Biochemistry. 8th edition. Mac Millan Learning: University of Winconsin
    10%

    10

    Minggu ke 10

    Memahami anabolisme asam amino dan system regulasinya.

    1. Mampu menjelaskan sintesis asam amino melalui 3 reaksi: glutamate dehydrogenase, glutamine synthetase dan carbamoil-phosphate synthetase dan regulasinya 2. Mampu menjelaskan sintesis asam amino dari reaksi glutamate transaminase dengan asam α-keto


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Case study
    3 X 50

    Materi: Sintesis asam amino dari amonium melalui 3 reaksi enzimatik dan pengaturannya, sintesis asam amino dari reaksi glutamat transaminase dengan asam -keto
    Pustaka: Nelson, D.L. and Cox, M.M. 2020. Lehninger Principle of Biochemistry. 8th edition. Mac Millan Learning: University of Winconsin
    5%

    11

    Minggu ke 11

    Memahami proses catabolisme dari senyawa berbagai lipida.

    1. Mampu menjelaskan tahap terjadinya β-oxidation 2. Mampu menghitung energy dari hasil oksidasi sempurna asam lemak. 3. Mampu menjelaskan tahap tambahan untuk asam lemak ganjil. 4. Mmapu menjelaskan penguraian oksidasi fase-2 kompak asam lemak tak jenuh 5. Mampu menjelaskan perbedan energy yang dihasilkan oleh asam lemak jenuh dan tak jenuh. 6. Mampu menjelaskan arti α and ϖ oxidation Mmapu menjelaskan pembentukan keton dan akibatnya.


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Case study, diskusi interaktif
    3 X 50

    Materi: Katabolisme asam lemak jenuh, Katabolisme asam lemak tak jenuh, a dan v oksidasi, ketogenesis dan pengendalian
    Pustaka: Jeremy M.B., John L.T., Gregory J.G, Jr., Lubert S., 2019. Biochemistry. 9 th edition. New York, Macmillan Higher Education
    5%

    12

    Minggu ke 12

    Memeahami proses anabolisme dari berbagai senyawa lipida utama

    1. Mampu menjelaskan anabolisme asam lemak yang diawali dari asetil CoA mitokondria 2. Mampu menjelaskan perbedaan anabolisme dari asam lemak jenuh dan tak jenuh. 3. Mampu menjelaskan tahap 2 anabolisme TG 4. Mampu menjelasakn prinsip anabolisme phosphoglyceride 5. Mampu menyebutkan hormones, enzymes dan metabolites yang berperan dalam regulasi lipida. 6. Mampu mnejelaskan regulasi lipolysis and lipogenesis 7. Mampu menyebutkan berbagai senyawa antara dalam biosintesis skualen, cholesterol 8. Mampu menjelaskan hubungan antara kolesterol dengan atherosclerosis.


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Case study dan diskusi interakstif
    Case study dan diskusi interakstif
    3 X 50
    Materi: Lipogenesis, anabolism lemak khusus regulasi
    Pustaka: Jeremy M.B., John L.T., Gregory J.G, Jr., Lubert S., 2019. Biochemistry. 9 th edition. New York, Macmillan Higher Education
    5%

    13

    Minggu ke 13

    Memeahami proses anabolisme dari berbagai senyawa lipida utama

    1. Mampu menjelaskan anabolisme asam lemak yang diawali dari asetil CoA mitokondria 2. Mampu menjelaskan perbedaan anabolisme dari asam lemak jenuh dan tak jenuh. 3. Mampu menjelaskan tahap 2 anabolisme TG 4. Mampu menjelasakn prinsip anabolisme phosphoglyceride 5. Mampu menyebutkan hormones, enzymes dan metabolites yang berperan dalam regulasi lipida. 6. Mampu mnejelaskan regulasi lipolysis and lipogenesis 7. Mampu menyebutkan berbagai senyawa antara dalam biosintesis skualen, cholesterol 8. Mampu menjelaskan hubungan antara kolesterol dengan atherosclerosis.


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Case study dan diskusi interakstif
    3 X 50

    Materi: Lipogenesis, anabolism lemak khusus regulasi
    Pustaka: Jeremy M.B., John L.T., Gregory J.G, Jr., Lubert S., 2019. Biochemistry. 9 th edition. New York, Macmillan Higher Education
    5%

    14

    Minggu ke 14

    Memahami setiap tahap proses informasi genetoc dan regulasinya.

    1. Mampu menjelaskan model replikasi. 2. Mampu menjelaskan polimerasi DNA. 3. Mampu menjelaskan mekanisme replikasi. Mampu menjelaskan tahap inisiasi Mampu menjelaskan tahap elongasi. Mampu menjelaskan tahap terminasi. Mampu menjelaskan negative control (Lacperon)


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Case study dan diskusi interaktif
    3 X 50

    Materi: Replikasi, transkripsi dan translasi
    Pustaka: Nelson, D.L. and Cox, M.M. 2020. Lehninger Principle of Biochemistry. 8th edition. Mac Millan Learning: University of Winconsin
    5%

    15

    Minggu ke 15

    Memahami setiap tahap proses informasi genetoc dan regulasinya.

    1. Mampu menjelaskan model replikasi. 2. Mampu menjelaskan polimerasi DNA. 3. Mampu menjelaskan mekanisme replikasi. Mampu menjelaskan tahap inisiasi Mampu menjelaskan tahap elongasi. Mampu menjelaskan tahap terminasi. Mampu menjelaskan negative control (Lacperon)


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Case study dan diskusi interakstif
    3 X 50

    Materi: Replikasi, transkripsi dan translasi
    Pustaka: Nelson, D.L. and Cox, M.M. 2020. Lehninger Principle of Biochemistry. 8th edition. Mac Millan Learning: University of Winconsin
    5%

    16

    Minggu ke 16


    Bentuk Penilaian :
    Tes


    10%



    Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

    No Evaluasi Persentase
    1. Aktifitas Partisipasif 70%
    2. Praktik / Unjuk Kerja 10%
    3. Tes 20%
    100%

    Catatan

    1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
    2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
    3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
    4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
    5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
    6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
    7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
    8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
    9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
    10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
    11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
    12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.