|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Sastra Indonesia
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Pendidikan Kepulauan |
7920102200 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
6 |
30 Januari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Agusniar Dian Savitri; Dr. Dianita Indrawati, M.Hum.; Arie Yuanita, M.Si.
|
Prof. Dr. Kisyani Laksono, M.Hum.
|
Drs. Parmin, M.Hum. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-10 |
Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi, serta menyusun deskripsi hasil kajian ilmiah |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu menganalisis nilai-nilai budaya yang positif dan dikembangkan untuk mendorong semangat pembangunan di masa sekarang dan yang akan datang
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-3 | PLO-10 | PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mampu menguasai konsep dasar hubungan kebudayan, manusia, dan masyarakat, melalui kegiatan pertemuan kelas, latihan, tugas, proyek, dan tes guna menganalisis nilai-nilai budaya yang positif dan dikembangkan untuk mendorong semangat pembangunan di masa sekarang dan yang akan datang, untuk dipresentasikan dalam diskusi kelas dan kegiatan ilmiah jurusan |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Hasibuan, Sofia Rangkuti .2002. Kebudayaan di Indonesia Teori dan Konsep . Jakarta: Dian Rakya
- Kaplan, David. 2002. Teori Budaya . Yogyakarta: Pustaka Pelaja
- Kontjaraningrat.1971. Manusia dan Kebudayaan di Indonesia . Jakarta: Djambatan.
- Rosidi, Ajip. 1995. Sastra dan Budaya, Kedaerahan dan Keindonesiaan . Jakarta: Pustaka Jaya.
- Storey, John. 2003. Teori Budaya dan Budaya Pop . Yogyakaarta: Qalam
- Danandjaja, James. 1984. Folklor Indonesia . Jakarta: PT Pustaka Utama Grafiti. 28
|
Pendukung : |
|
- Beberapa buku tentang kebudayaan (di) Indonesia
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mengidentifikasi hubungan manusia dan kebudayaan |
Menjelaskan kebudayaanMenjelaskan hubungan manusia dan kebudayaan Mengidentifikasi hubungan manusia dan kebudayaan |
Kriteria:
Mahsiswa dapat mengidentifikasi ciri kebudayaan dengan tepat/ Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: hubungan manusia dan kebudayaan Pustaka: Hasibuan, Sofia Rangkuti .2002. Kebudayaan di Indonesia Teori dan Konsep . Jakarta: Dian Rakya Materi: menganalisis nilai-nilai budaya yang positif dan dikembangkan untuk mendorong semangat pembangunan di masa sekarang dan yang akan datang Pustaka: Kaplan, David. 2002. Teori Budaya . Yogyakarta: Pustaka Pelaja |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mengidentifikasi budaya tradisional dan budaya kontemporer |
- Menjelaskan ciri budaya tradisional
- Menjelaskan ciri budaya kontemporer
- Mengidentifikasi perbedaan budaya tradisonal dan kontemporer
|
Kriteria:
Mahasiswa dapat mengidentifikasi wujud budaya tradisional dan kontemporer dengan tepat. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: budaya tradisional dan budaya kontemporer Pustaka: Kaplan, David. 2002. Teori Budaya . Yogyakarta: Pustaka Pelaja |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mengidentifikasi kebudayaan-tradisional dan perkembangan kebudayaan A (kebudayaan yang akan dibahas merupakan hasil diskusi dengan mahasiswa). |
mendiskusikan ciri budaya-tradisional Amendiskusikan perkembangan budaya Amendiskusikan ciri budaya A saat ini |
Kriteria:
Mahasiswa mampu menyusun dan mempresentasikan makalah perkembangan kebudayaan A, mulai dari yang tradisonal sampai saat ini. Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan (menyusun makalah) 2 X 50 |
|
Materi: kebudayaan-tradisional dan perkembangan kebudayaan tertentu Pustaka: Kontjaraningrat.1971. Manusia dan Kebudayaan di Indonesia . Jakarta: Djambatan. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mengidentifikasi kebudayaan-tradisional dan perkembangan kebudayaan A (kebudayaan yang akan dibahas merupakan hasil diskusi dengan mahasiswa). |
mendiskusikan ciri budaya-tradisional Amendiskusikan perkembangan budaya Amendiskusikan ciri budaya A saat ini |
Kriteria:
Mahasiswa mampu menyusun dan mempresentasikan makalah perkembangan kebudayaan A, mulai dari yang tradisonal sampai saat ini. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan (menyusun makalah) 2 X 50 |
|
Materi: ciri budaya-tradisional A mendiskusikan perkembangan budaya Amendiskusikan ciri budaya A saat ini Pustaka: Storey, John. 2003. Teori Budaya dan Budaya Pop . Yogyakaarta: Qalam |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mengidentifikasi kebudayaan-tradisional dan perkembangan kebudayaan B (kebudayaan yang akan dibahas merupakan hasil diskusi dengan maha siswa. |
mendiskusikan ciri budaya-tradisional B mendiskusikan perkembangan budaya B mendiskusikan ciri budaya B saat ini |
Kriteria:
Mahasiswa mampu menyusun dan mempresentasikan makalah perkembangan kebudayaan B, mulai dari yang tradisonal sampai saat ini. Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan (menyusun makalah) 2 X 50 |
|
Materi: kebudayaan-tradisional dan perkembangan kebudayaan B (kebudayaan yang akan dibahas merupakan hasil diskusi dengan maha siswa. Pustaka: Rosidi, Ajip. 1995. Sastra dan Budaya, Kedaerahan dan Keindonesiaan . Jakarta: Pustaka Jaya. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mengidentifikasi kebudayaan-tradisional dan perkembangan kebudayaan B (kebudayaan yang akan dibahas merupakan hasil diskusi dengan maha siswa. |
mendiskusikan ciri budaya-tradisional B mendiskusikan perkembangan budaya B mendiskusikan ciri budaya B saat ini |
Kriteria:
Mahasiswa mampu menyusun dan mempresentasikan makalah perkembangan kebudayaan B, mulai dari yang tradisonal sampai saat ini. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan (menyusun makalah) 2 X 50 |
|
Materi: kebudayaan-tradisional dan perkembangan kebudayaan B (kebudayaan yang akan dibahas merupakan hasil diskusi dengan maha siswa. Pustaka: Hasibuan, Sofia Rangkuti .2002. Kebudayaan di Indonesia Teori dan Konsep . Jakarta: Dian Rakya |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mengidentifikasi kebudayaan-tradisional dan perkembangan kebudayaan C (kebudayaan yang akan dibahas merupakan hasil diskusi dengan maha siswa. |
mendiskusikan ciri budaya-tradisional C mendiskusikan perkembangan budaya C mendiskusikan ciri budaya C saat ini |
Kriteria:
Mahasiswa mampu menyusun dan mempresentasikan makalah perkembangan kebudayaan C, mulai dari yang tradisonal sampai saat ini. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan (menyusun makalah) 2 X 50 |
|
Materi: kebudayaan-tradisional dan perkembangan kebudayaan C (kebudayaan yang akan dibahas merupakan hasil diskusi dengan maha siswa. Pustaka: Hasibuan, Sofia Rangkuti .2002. Kebudayaan di Indonesia Teori dan Konsep . Jakarta: Dian Rakya |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Mengidentifikasi kebudayaan-tradisional dan perkembangan kebudayaan C (kebudayaan yang akan dibahas merupakan hasil diskusi dengan maha siswa. |
mendiskusikan ciri budaya-tradisional C mendiskusikan perkembangan budaya C mendiskusikan ciri budaya C saat ini |
Kriteria:
Mahasiswa mampu menyusun dan mempresentasikan makalah perkembangan kebudayaan C, mulai dari yang tradisonal sampai saat ini. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan (menyusun makalah) 2 X 50 |
|
Materi: kebudayaan-tradisional dan perkembangan kebudayaan C (kebudayaan yang akan dibahas merupakan hasil diskusi dengan maha siswa. Pustaka: Kontjaraningrat.1971. Manusia dan Kebudayaan di Indonesia . Jakarta: Djambatan. |
5% |
9
Minggu ke 9 |
UTS |
UTS |
Kriteria:
Mahasiswa mampu menjelaskan hubungan manusia dan kebudayaan, ciri kebudayaan, wujud kebuadyan, dan kebudayaan A,B,C, Bentuk Penilaian : Tes |
UTS 2 X 50 |
UTS
|
Materi: menjelaskan hubungan manusia dan kebudayaan, ciri kebudayaan, wujud kebuadyan, dan kebudayaan A,B,C Pustaka: Kontjaraningrat.1971. Manusia dan Kebudayaan di Indonesia . Jakarta: Djambatan. |
10% |
10
Minggu ke 10 |
Mengidentifikasi kebudayaan-tradisional dan perkembangan kebudayaan D (kebudayaan yang akan dibahas merupakan hasil diskusi dengan maha siswa. |
mendiskusikan ciri budaya-tradisional D mendiskusikan perkembangan budaya D mendiskusikan ciri budaya D saat ini |
Kriteria:
Mahasiswa mampu menyusun dan mempresentasikan makalah perkembangan kebudayaan D, mulai dari yang tradisonal sampai saat ini. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan (menyusun makalah) 2 X 50 |
|
Materi: kebudayaan-tradisional dan perkembangan kebudayaan D (kebudayaan yang akan dibahas merupakan hasil diskusi dengan maha siswa. Pustaka: Storey, John. 2003. Teori Budaya dan Budaya Pop . Yogyakaarta: Qalam |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mengidentifikasi kebudayaan-tradisional dan perkembangan kebudayaan D (kebudayaan yang akan dibahas merupakan hasil diskusi dengan maha siswa. |
mendiskusikan ciri budaya-tradisional D mendiskusikan perkembangan budaya D mendiskusikan ciri budaya D saat ini |
Kriteria:
Mahasiswa mampu menyusun dan mempresentasikan makalah perkembangan kebudayaan D, mulai dari yang tradisonal sampai saat ini. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan (menyusun makalah) 2 X 50 |
|
Materi: kebudayaan-tradisional dan perkembangan kebudayaan D (kebudayaan yang akan dibahas merupakan hasil diskusi dengan maha siswa. Pustaka: Kontjaraningrat.1971. Manusia dan Kebudayaan di Indonesia . Jakarta: Djambatan. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mengidentifikasi kebudayaan-tradisional dan perkembangan kebudayaan E (kebudayaan yang akan dibahas merupakan hasil diskusi dengan maha siswa. |
mendiskusikan ciri budaya-tradisional E mendiskusikan perkembangan budaya E mendiskusikan ciri budaya E saat ini |
Kriteria:
Mahasiswa mampu menyusun dan mempresentasikan makalah perkembangan kebudayaan E, mulai dari yang tradisonal sampai saat ini. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan (menyusun makalah) 2 X 50 |
|
Materi: kebudayaan-tradisional dan perkembangan kebudayaan E (kebudayaan yang akan dibahas merupakan hasil diskusi dengan maha siswa. Pustaka: Hasibuan, Sofia Rangkuti .2002. Kebudayaan di Indonesia Teori dan Konsep . Jakarta: Dian Rakya |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mengidentifikasi kebudayaan-tradisional dan perkembangan kebudayaan E (kebudayaan yang akan dibahas merupakan hasil diskusi dengan maha siswa. |
mendiskusikan ciri budaya-tradisional E mendiskusikan perkembangan budaya E mendiskusikan ciri budaya E saat ini |
Kriteria:
Mahasiswa mampu menyusun dan mempresentasikan makalah perkembangan kebudayaan E, mulai dari yang tradisonal sampai saat ini. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan (menyusun makalah) 2 X 50 |
|
Materi: kebudayaan-tradisional dan perkembangan kebudayaan E (kebudayaan yang akan dibahas merupakan hasil diskusi dengan maha siswa. Pustaka: Storey, John. 2003. Teori Budaya dan Budaya Pop . Yogyakaarta: Qalam |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Menyusun cerita humor dalam kaitannya dengan etnis di Indonesia |
- Menjelaskan ciri humor
- Mengidentifikasi berbagai tulisan humor yang terkait dengan etnis di Indonesia
- Menyusun tulisan humor yang terkait dengan etnis di Indonesia
|
Kriteria:
Mahasiswa mampu menyusun naskah humor berlatar budaya dengan baik dan bertanggung jawab. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
case study 2 X 50 |
case study
|
Materi: cerita humor dalam kaitannya dengan etnis di Indonesia Pustaka: Rosidi, Ajip. 1995. Sastra dan Budaya, Kedaerahan dan Keindonesiaan . Jakarta: Pustaka Jaya. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Presentasi Produk dan refleksi perkuliahan |
- mendiskusikan produk budaya melalui presentasi
- melaksanakan refleksi perkuliahan
|
Kriteria:
Mahasiswa mampu menyusun dan.atau membuat produk budaya yang kreatif dan inovatif. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Penjelasan, presentasi, tanya jawab, diskusi, refleksi. 2 X 50 |
Penjelasan, presentasi, tanya jawab, diskusi, refleksi.
|
Materi: Presentasi Produk dan refleksi perkuliahan Pustaka: Kontjaraningrat.1971. Manusia dan Kebudayaan di Indonesia . Jakarta: Djambatan. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
UAS |
Kriteria:
mahasiswa (secara individu) mampu menyusun makalah mengenai pernik-pernik budaya di Indonesia. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
UAS 2 X 50 |
|
|
20% |