Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Sastra Indonesia

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Pendidikan Kepulauan

7920102200

T=2

P=0

ECTS=3.18

6

30 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Agusniar Dian Savitri; Dr. Dianita Indrawati, M.Hum.; Arie Yuanita, M.Si.




Prof. Dr. Kisyani Laksono, M.Hum.




Drs. Parmin, M.Hum.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-10

Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi, serta menyusun deskripsi hasil kajian ilmiah

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu menganalisis nilai-nilai budaya yang positif dan dikembangkan untuk mendorong semangat pembangunan di masa sekarang dan yang akan datang

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-3PLO-10
PO-1

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mampu menguasai konsep dasar hubungan kebudayan, manusia, dan masyarakat, melalui kegiatan pertemuan kelas, latihan, tugas, proyek, dan tes guna menganalisis nilai-nilai budaya yang positif dan dikembangkan untuk mendorong semangat pembangunan di masa sekarang dan yang akan datang, untuk dipresentasikan dalam diskusi kelas dan kegiatan ilmiah jurusan

Pustaka

Utama :

  1. Hasibuan, Sofia Rangkuti .2002. Kebudayaan di Indonesia Teori dan Konsep . Jakarta: Dian Rakya
  2. Kaplan, David. 2002. Teori Budaya . Yogyakarta: Pustaka Pelaja
  3. Kontjaraningrat.1971. Manusia dan Kebudayaan di Indonesia . Jakarta: Djambatan.
  4. Rosidi, Ajip. 1995. Sastra dan Budaya, Kedaerahan dan Keindonesiaan . Jakarta: Pustaka Jaya.
  5. Storey, John. 2003. Teori Budaya dan Budaya Pop . Yogyakaarta: Qalam
  6. Danandjaja, James. 1984. Folklor Indonesia . Jakarta: PT Pustaka Utama Grafiti. 28

Pendukung :

  1. Beberapa buku tentang kebudayaan (di) Indonesia

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mengidentifikasi hubungan manusia dan kebudayaan

Menjelaskan kebudayaanMenjelaskan hubungan manusia dan kebudayaan Mengidentifikasi hubungan manusia dan kebudayaan

Kriteria:

Mahsiswa dapat mengidentifikasi ciri kebudayaan dengan tepat/


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan
2 X 50

Materi: hubungan manusia dan kebudayaan
Pustaka: Hasibuan, Sofia Rangkuti .2002. Kebudayaan di Indonesia Teori dan Konsep . Jakarta: Dian Rakya

Materi: menganalisis nilai-nilai budaya yang positif dan dikembangkan untuk mendorong semangat pembangunan di masa sekarang dan yang akan datang
Pustaka: Kaplan, David. 2002. Teori Budaya . Yogyakarta: Pustaka Pelaja
5%

2

Minggu ke 2

Mengidentifikasi budaya tradisional dan budaya kontemporer

  1. Menjelaskan ciri budaya tradisional
  2. Menjelaskan ciri budaya kontemporer
  3. Mengidentifikasi perbedaan budaya tradisonal dan kontemporer
Kriteria:

Mahasiswa dapat mengidentifikasi wujud budaya tradisional dan kontemporer dengan tepat.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan
2 X 50

Materi: budaya tradisional dan budaya kontemporer
Pustaka: Kaplan, David. 2002. Teori Budaya . Yogyakarta: Pustaka Pelaja
5%

3

Minggu ke 3

Mengidentifikasi kebudayaan-tradisional dan perkembangan kebudayaan A (kebudayaan yang akan dibahas merupakan hasil diskusi dengan mahasiswa).

mendiskusikan ciri budaya-tradisional Amendiskusikan perkembangan budaya Amendiskusikan ciri budaya A saat ini

Kriteria:

Mahasiswa mampu menyusun dan mempresentasikan makalah perkembangan kebudayaan A, mulai dari yang tradisonal sampai saat ini.


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan (menyusun makalah)
2 X 50

Materi: kebudayaan-tradisional dan perkembangan kebudayaan tertentu
Pustaka: Kontjaraningrat.1971. Manusia dan Kebudayaan di Indonesia . Jakarta: Djambatan.
5%

4

Minggu ke 4

Mengidentifikasi kebudayaan-tradisional dan perkembangan kebudayaan A (kebudayaan yang akan dibahas merupakan hasil diskusi dengan mahasiswa).

mendiskusikan ciri budaya-tradisional Amendiskusikan perkembangan budaya Amendiskusikan ciri budaya A saat ini

Kriteria:

Mahasiswa mampu menyusun dan mempresentasikan makalah perkembangan kebudayaan A, mulai dari yang tradisonal sampai saat ini.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan (menyusun makalah)
2 X 50

Materi: ciri budaya-tradisional A mendiskusikan perkembangan budaya Amendiskusikan ciri budaya A saat ini
Pustaka: Storey, John. 2003. Teori Budaya dan Budaya Pop . Yogyakaarta: Qalam
5%

5

Minggu ke 5

Mengidentifikasi kebudayaan-tradisional dan perkembangan kebudayaan B (kebudayaan yang akan dibahas merupakan hasil diskusi dengan maha siswa.

mendiskusikan ciri budaya-tradisional B mendiskusikan perkembangan budaya B mendiskusikan ciri budaya B saat ini

Kriteria:

Mahasiswa mampu menyusun dan mempresentasikan makalah perkembangan kebudayaan B, mulai dari yang tradisonal sampai saat ini.


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan (menyusun makalah)
2 X 50

Materi: kebudayaan-tradisional dan perkembangan kebudayaan B (kebudayaan yang akan dibahas merupakan hasil diskusi dengan maha siswa.
Pustaka: Rosidi, Ajip. 1995. Sastra dan Budaya, Kedaerahan dan Keindonesiaan . Jakarta: Pustaka Jaya.
5%

6

Minggu ke 6

Mengidentifikasi kebudayaan-tradisional dan perkembangan kebudayaan B (kebudayaan yang akan dibahas merupakan hasil diskusi dengan maha siswa.

mendiskusikan ciri budaya-tradisional B mendiskusikan perkembangan budaya B mendiskusikan ciri budaya B saat ini

Kriteria:

Mahasiswa mampu menyusun dan mempresentasikan makalah perkembangan kebudayaan B, mulai dari yang tradisonal sampai saat ini.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan (menyusun makalah)
2 X 50

Materi: kebudayaan-tradisional dan perkembangan kebudayaan B (kebudayaan yang akan dibahas merupakan hasil diskusi dengan maha siswa.
Pustaka: Hasibuan, Sofia Rangkuti .2002. Kebudayaan di Indonesia Teori dan Konsep . Jakarta: Dian Rakya
5%

7

Minggu ke 7

Mengidentifikasi kebudayaan-tradisional dan perkembangan kebudayaan C (kebudayaan yang akan dibahas merupakan hasil diskusi dengan maha siswa.

mendiskusikan ciri budaya-tradisional C mendiskusikan perkembangan budaya C mendiskusikan ciri budaya C saat ini

Kriteria:

Mahasiswa mampu menyusun dan mempresentasikan makalah perkembangan kebudayaan C, mulai dari yang tradisonal sampai saat ini.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan (menyusun makalah)
2 X 50

Materi: kebudayaan-tradisional dan perkembangan kebudayaan C (kebudayaan yang akan dibahas merupakan hasil diskusi dengan maha siswa.
Pustaka: Hasibuan, Sofia Rangkuti .2002. Kebudayaan di Indonesia Teori dan Konsep . Jakarta: Dian Rakya
5%

8

Minggu ke 8

Mengidentifikasi kebudayaan-tradisional dan perkembangan kebudayaan C (kebudayaan yang akan dibahas merupakan hasil diskusi dengan maha siswa.

mendiskusikan ciri budaya-tradisional C mendiskusikan perkembangan budaya C mendiskusikan ciri budaya C saat ini

Kriteria:

Mahasiswa mampu menyusun dan mempresentasikan makalah perkembangan kebudayaan C, mulai dari yang tradisonal sampai saat ini.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan (menyusun makalah)
2 X 50

Materi: kebudayaan-tradisional dan perkembangan kebudayaan C (kebudayaan yang akan dibahas merupakan hasil diskusi dengan maha siswa.
Pustaka: Kontjaraningrat.1971. Manusia dan Kebudayaan di Indonesia . Jakarta: Djambatan.
5%

9

Minggu ke 9

UTS

UTS

Kriteria:

Mahasiswa mampu menjelaskan hubungan manusia dan kebudayaan, ciri kebudayaan, wujud kebuadyan, dan kebudayaan A,B,C,


Bentuk Penilaian :
Tes
UTS
2 X 50
UTS
Materi: menjelaskan hubungan manusia dan kebudayaan, ciri kebudayaan, wujud kebuadyan, dan kebudayaan A,B,C
Pustaka: Kontjaraningrat.1971. Manusia dan Kebudayaan di Indonesia . Jakarta: Djambatan.
10%

10

Minggu ke 10

Mengidentifikasi kebudayaan-tradisional dan perkembangan kebudayaan D (kebudayaan yang akan dibahas merupakan hasil diskusi dengan maha siswa.

mendiskusikan ciri budaya-tradisional D mendiskusikan perkembangan budaya D mendiskusikan ciri budaya D saat ini

Kriteria:

Mahasiswa mampu menyusun dan mempresentasikan makalah perkembangan kebudayaan D, mulai dari yang tradisonal sampai saat ini.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan (menyusun makalah)
2 X 50

Materi: kebudayaan-tradisional dan perkembangan kebudayaan D (kebudayaan yang akan dibahas merupakan hasil diskusi dengan maha siswa.
Pustaka: Storey, John. 2003. Teori Budaya dan Budaya Pop . Yogyakaarta: Qalam
5%

11

Minggu ke 11

Mengidentifikasi kebudayaan-tradisional dan perkembangan kebudayaan D (kebudayaan yang akan dibahas merupakan hasil diskusi dengan maha siswa.

mendiskusikan ciri budaya-tradisional D mendiskusikan perkembangan budaya D mendiskusikan ciri budaya D saat ini

Kriteria:

Mahasiswa mampu menyusun dan mempresentasikan makalah perkembangan kebudayaan D, mulai dari yang tradisonal sampai saat ini.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan (menyusun makalah)
2 X 50

Materi: kebudayaan-tradisional dan perkembangan kebudayaan D (kebudayaan yang akan dibahas merupakan hasil diskusi dengan maha siswa.
Pustaka: Kontjaraningrat.1971. Manusia dan Kebudayaan di Indonesia . Jakarta: Djambatan.
5%

12

Minggu ke 12

Mengidentifikasi kebudayaan-tradisional dan perkembangan kebudayaan E (kebudayaan yang akan dibahas merupakan hasil diskusi dengan maha siswa.

mendiskusikan ciri budaya-tradisional E mendiskusikan perkembangan budaya E mendiskusikan ciri budaya E saat ini

Kriteria:

Mahasiswa mampu menyusun dan mempresentasikan makalah perkembangan kebudayaan E, mulai dari yang tradisonal sampai saat ini.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan (menyusun makalah)
2 X 50

Materi: kebudayaan-tradisional dan perkembangan kebudayaan E (kebudayaan yang akan dibahas merupakan hasil diskusi dengan maha siswa.
Pustaka: Hasibuan, Sofia Rangkuti .2002. Kebudayaan di Indonesia Teori dan Konsep . Jakarta: Dian Rakya
5%

13

Minggu ke 13

Mengidentifikasi kebudayaan-tradisional dan perkembangan kebudayaan E (kebudayaan yang akan dibahas merupakan hasil diskusi dengan maha siswa.

mendiskusikan ciri budaya-tradisional E mendiskusikan perkembangan budaya E mendiskusikan ciri budaya E saat ini

Kriteria:

Mahasiswa mampu menyusun dan mempresentasikan makalah perkembangan kebudayaan E, mulai dari yang tradisonal sampai saat ini.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan (menyusun makalah)
2 X 50

Materi: kebudayaan-tradisional dan perkembangan kebudayaan E (kebudayaan yang akan dibahas merupakan hasil diskusi dengan maha siswa.
Pustaka: Storey, John. 2003. Teori Budaya dan Budaya Pop . Yogyakaarta: Qalam
5%

14

Minggu ke 14

Menyusun cerita humor dalam kaitannya dengan etnis di Indonesia

  1. Menjelaskan ciri humor
  2. Mengidentifikasi berbagai tulisan humor yang terkait dengan etnis di Indonesia
  3. Menyusun tulisan humor yang terkait dengan etnis di Indonesia
Kriteria:

Mahasiswa mampu menyusun naskah humor berlatar budaya dengan baik dan bertanggung jawab.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
case study
2 X 50
case study
Materi: cerita humor dalam kaitannya dengan etnis di Indonesia
Pustaka: Rosidi, Ajip. 1995. Sastra dan Budaya, Kedaerahan dan Keindonesiaan . Jakarta: Pustaka Jaya.
5%

15

Minggu ke 15

Presentasi Produk dan refleksi perkuliahan

  1. mendiskusikan produk budaya melalui presentasi
  2. melaksanakan refleksi perkuliahan
Kriteria:

Mahasiswa mampu menyusun dan.atau membuat produk budaya yang kreatif dan inovatif.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Penjelasan, presentasi, tanya jawab, diskusi, refleksi.
2 X 50
Penjelasan, presentasi, tanya jawab, diskusi, refleksi.
Materi: Presentasi Produk dan refleksi perkuliahan
Pustaka: Kontjaraningrat.1971. Manusia dan Kebudayaan di Indonesia . Jakarta: Djambatan.
5%

16

Minggu ke 16

UAS

UAS

Kriteria:

mahasiswa (secara individu) mampu menyusun makalah mengenai pernik-pernik budaya di Indonesia.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
UAS
2 X 50

20%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 52.5%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 27.5%
3. Praktik / Unjuk Kerja 10%
4. Tes 10%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.