Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Teknik Sipil

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Kalkulus Diferensial

2220103031

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=3

P=0

ECTS=4.77

1

27 April 2023

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Ninik Wahju Hidajati, S.Si., M.Si




Ninik Wahju Hidajati, S.Si., M.Si




Yogie Risdianto, S.T., M.T.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
PO

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Kajian tentang dasar matematika melaluipemahaman konsep teorema beserta penerapan pada berbagai masalah meliputisistem bilangan real, kompleks, vektor, fungsi, limit fungsi, grafik fungsi,koordinat kutub, turunan fungsi beserta penerapan pada persamaan garis lurus,nilai maksimum minimum dan perubahan laju yang terkait agar mahasiswa dapatmengaplikasikan dalam bidang sipil

Pustaka

Utama :

  1. LouisLeithold. 1991. Kalkulus dan Ilmu Ukur Analitik. Edisi 5. Jakarta: Erlangga
  2. L. Susskind, G. Hrabovsky. 2013. The Theorictical Minimum. New York: Basic Book
  3. Purcell dan Verberg. 1992. Kalkulus dan Geometri Analitis. Jakarta: Erlangga
  4. Stroud, K.A. 1986. Matematika Untuk Teknik. Penerbit: Erlangga, Jakarta
  5. Baisuni , M.H. 1986. Kalkulus. Jakarta: Universitas Indonesia

Pendukung :

Dosen Pengampu

Ninik Wahju Hidajati, S.Si., M.Si.

Lynda Refnitasari, S.Si., M.URP

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu menjelaskan sistem bilangan mulai dari bilangan yang paling sederhana sampai pada bilangan yang paling kompleks bilangan pangkat radikal dan operasi matematika persamaan dan pertidaksamaan

  1. Menjelaskan jenis jenis bilangan mulai dari bilangan yang paling sederhana sampai pada bilangan yang paling kompleks
  2. Menjelaskan tentang bilangan pangkat radikal dan operasi matematikanya.
  3. Menjelaskan dan dapat menyelesaikan persamaan serta pertidaksamaan
Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Brainstorming diskusi dan pembelajaran berbasis masalah
3 X 50

3 X 50
Materi: sistem bilangan mulai dari bilangan yang paling sederhana sampai pada bilangan yang paling kompleks bilangan pangkat radikal dan operasi matematika persamaan dan pertidaksamaan
Pustaka: Purcell dan Verberg. 1992. Kalkulus dan Geometri Analitis. Jakarta: Erlangga
3%

2

Minggu ke 2

Memahami definisi vektor dan relasi serta operasi aljabar vektor dan mampu menghitung sudut yang dibentuk 2 vektor menghitung luas jajar genjang mempu menghitung volume paralelepipedum

  1. Menjelaskan definisi vektor dan relasi serta operasi aljabar vektor
  2. Menghitung sudut yg dibentuk 2 vektor menghitung luas jajar genjang dan menghitung volume paralelepipedum
Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran berbasis masalah dan diskusi
3 X 50

Materi: definisi vektor dan relasi serta operasi aljabar vektor dan mampu menghitung sudut yang dibentuk 2 vektor menghitung luas jajar genjang mempu menghitung volume paralelepipedum
Pustaka: Purcell dan Verberg. 1992. Kalkulus dan Geometri Analitis. Jakarta: Erlangga
4%

3

Minggu ke 3

Memahami definisi vektor dan relasi serta operasi aljabar vektor dan mampu menghitung sudut yang dibentuk 2 vektor menghitung luas jajar genjang mempu menghitung volume paralelepipedum

  1. Menjelaskan definisi vektor dan relasi serta operasi aljabar vektor
  2. Menghitung sudut yg dibentuk 2 vektor menghitung luas jajar genjang dan menghitung volume paralelepipedum
Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran berbasis masalah dan diskusi
3 X 50

Materi: Definisi vektor dan relasi serta operasi aljabar vektor dan mampu menghitung sudut yang dibentuk 2 vektor menghitung luas jajar genjang mempu menghitung volume paralelepipedum
Pustaka: Purcell dan Verberg. 1992. Kalkulus dan Geometri Analitis. Jakarta: Erlangga
3%

4

Minggu ke 4

Memahami definisi vektor dan relasi serta operasi aljabar vektor, dan mampu menghitung sudut yang dibentuk 2 vektor, menghitung luas jajar genjang mempu menghitung volume paralelepipedum

  1. Menjelaskan definisi vektor dan relasi serta operasi aljabar vektor
  2. Menghitung sudut yg dibentuk 2 vektor, menghitung luas jajar genjang dan menghitung volume paralelepipedum
Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran berbasis masalah dan diskusi
3 X 50

Materi: Definisi vektor dan relasi serta operasi aljabar vektor, dan mampu menghitung sudut yang dibentuk 2 vektor, menghitung luas jajar genjang mempu menghitung volume paralelepipedum
Pustaka: Purcell dan Verberg. 1992. Kalkulus dan Geometri Analitis. Jakarta: Erlangga
3%

5

Minggu ke 5

Mampu mendefinisikan fungsi, mengerti macam-macam fungsi, mampu menggambar grafik fungsi , menentukan daerah asal (domain) dan daerah hasil (fungsi), memahami pergeseran grafik, menghitung operasi fungsi dan komposisi fungsi serta mampu menggambar grafik fungsi pada koordinat kutub

  1. Menjelaskan definisi fungsi
  2. Menjelaskan macam-macam fungsi
  3. Menggambar grafik fungsi, menentukan daerah domain dan daerah fungsi
  4. Menggambar grafik fungsi dengan hukum translasi /pergeseran
  5. Menjelaskan terjadinya fungsi baru berdasarkan operasi dari fungsi dan komposisi fungsi
  6. Menjelaskan penggambaran grafik fungsi pada koordinat kutub
Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran berbasis masalah dan diskusi
3 X 50

Materi: Fungsi, mengerti macam-macam fungsi, mampu menggambar grafik fungsi , menentukan daerah asal (domain) dan daerah hasil (fungsi), memahami pergeseran grafik, menghitung operasi fungsi dan komposisi fungsi serta mampu menggambar grafik fungsi pada koordinat kutub
Pustaka: Purcell dan Verberg. 1992. Kalkulus dan Geometri Analitis. Jakarta: Erlangga
4%

6

Minggu ke 6

Mampu mendefinisikan fungsi, mengerti macam-macam fungsi, mampu menggambar grafik fungsi , menentukan daerah asal (domain) dan daerah hasil (fungsi), memahami pergeseran grafik, menghitung operasi fungsi dan komposisi fungsi serta mampu menggambar grafik fungsi pada koordinat kutub

  1. Menjelaskan definisi fungsi
  2. Menjelaskan macam-macam fungsi
  3. Menggambar grafik fungsi, menentukan daerah domain dan daerah fungsi
  4. Menggambar grafik fungsi dengan hukum translasi /pergeseran
  5. Menjelaskan terjadinya fungsi baru berdasarkan operasi dari fungsi dan komposisi fungsi
  6. Menjelaskan penggambaran grafik fungsi pada koordinat kutub
Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran berbasis masalah dan diskusi
3 X 50

Materi: Fungsi, mengerti macam-macam fungsi, mampu menggambar grafik fungsi , menentukan daerah asal (domain) dan daerah hasil (fungsi), memahami pergeseran grafik, menghitung operasi fungsi dan komposisi fungsi serta mampu menggambar grafik fungsi pada koordinat kutub
Pustaka: Purcell dan Verberg. 1992. Kalkulus dan Geometri Analitis. Jakarta: Erlangga
3%

7

Minggu ke 7

Mampu mendefinisikan fungsi, mengerti macam-macam fungsi, mampu menggambar grafik fungsi , menentukan daerah asal (domain) dan daerah hasil (fungsi), memahami pergeseran grafik, menghitung operasi fungsi dan komposisi fungsi serta mampu menggambar grafik fungsi pada koordinat kutub

  1. Menjelaskan definisi fungsi
  2. Menjelaskan macam-macam fungsi
  3. Menggambar grafik fungsi, menentukan daerah domain dan daerah fungsi
  4. Menggambar grafik fungsi dengan hukum translasi /pergeseran
  5. Menjelaskan terjadinya fungsi baru berdasarkan operasi dari fungsi dan komposisi fungsi
  6. Menjelaskan penggambaran grafik fungsi pada koordinat kutub
Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran berbasis masalah dan diskusi
3 X 50

Materi: Fungsi, mengerti macam-macam fungsi, mampu menggambar grafik fungsi , menentukan daerah asal (domain) dan daerah hasil (fungsi), memahami pergeseran grafik, menghitung operasi fungsi dan komposisi fungsi serta mampu menggambar grafik fungsi pada koordinat kutub
Pustaka: Purcell dan Verberg. 1992. Kalkulus dan Geometri Analitis. Jakarta: Erlangga
4%

8

Minggu ke 8

Ujian Tengah Semester

Ujian Tengah Semester

Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Ujian Tengah Semester
3 X 50

20%

9

Minggu ke 9

Mampu menyelesaikan limit fungsi

  1. Menjelaskan definisi limit
  2. Menjelaskan teorema-teorema limit
  3. Menjelaskan limit fungsi trigonometri
  4. Menjelaskan limit bilangan rasional
  5. Menjelaskan limit bilangan tak tentu
  6. Menjelaskan limit bilangan eksponen
Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran berbasis masalah dan diskusi
3 X 50

Materi: Limit fungsi
Pustaka: Purcell dan Verberg. 1992. Kalkulus dan Geometri Analitis. Jakarta: Erlangga
3%

10

Minggu ke 10

Mampu menyelesaikan limit fungsi

  1. Menjelaskan definisi limit
  2. Menjelaskan teorema-teorema limit
  3. Menjelaskan limit fungsi trigonometri
  4. Menjelaskan limit bilangan rasional
  5. Menjelaskan limit bilangan tak tentu
  6. Menjelaskan limit bilangan eksponen
Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran berbasis masalah dan diskusi
3 X 50

Materi: Limit fungsi
Pustaka: Purcell dan Verberg. 1992. Kalkulus dan Geometri Analitis. Jakarta: Erlangga
3%

11

Minggu ke 11

Mampu memahami kontinuitas fungsi di satu titik

Membuktikan syarat fungsi kontinu di satu titik

Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran berbasis masalah dan diskusi
3 X 50

Materi: Kontinuitas fungsi di satu titik
Pustaka: Purcell dan Verberg. 1992. Kalkulus dan Geometri Analitis. Jakarta: Erlangga
4%

12

Minggu ke 12

Memahami definisi dan sifat-sifat turunan dan mampu mencari turunan dari macam-macam fungsi tersebut

  1. Menjelaskan definisi turunan dan sifat turunan
  2. Menjelaskan turunan dengan aturan rantai, turunan tingkat tinggi, turunan fungsi implisit dan turunan fungsi parameter
Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran berbasis masalah dan diskusi
3 X 50

Materi: definisi dan sifat-sifat turunan dan mampu mencari turunan dari macam-macam fungsi
Pustaka: Purcell dan Verberg. 1992. Kalkulus dan Geometri Analitis. Jakarta: Erlangga
3%

13

Minggu ke 13

Memahami definisi dan sifat-sifat turunan dan mampu mencari turunan dari macam-macam fungsi tersebut

  1. Menjelaskan definisi turunan dan sifat turunan
  2. Menjelaskan turunan dengan aturan rantai, turunan tingkat tinggi, turunan fungsi implisit dan turunan fungsi parameter
Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran berbasis masalah dan diskusi
3 X 50

Materi: Definisi dan sifat-sifat turunan dan mampu mencari turunan dari macam-macam fungsi
Pustaka: Purcell dan Verberg. 1992. Kalkulus dan Geometri Analitis. Jakarta: Erlangga
4%

14

Minggu ke 14

Mampu memahami aplikasi dari Turunan suatu fungsi

Menjelaskan aplikasi turunan dari suatu fungsi pada kecepatan patikel zat padat, kecepatan zat cair, nilai ekstrim (maksimum-minimum) dan laju perubahan yang terkait

Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran berbasis masalah dan diskusi
3 X 50

Materi: Aplikasi dari turunan suatu fungsi
Pustaka: Purcell dan Verberg. 1992. Kalkulus dan Geometri Analitis. Jakarta: Erlangga
4%

15

Minggu ke 15

Mampu memahami aplikasi dari Turunan suatu fungsi

Menjelaskan aplikasi turunan dari suatu fungsi pada kecepatan patikel zat padat, kecepatan zat cair, nilai ekstrim (maksimum-minimum) dan laju perubahan yang terkait

Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran berbasis masalah dan diskusi
3 X 50

Materi: Aplikasi dari turunan suatu fungsi
Pustaka: Purcell dan Verberg. 1992. Kalkulus dan Geometri Analitis. Jakarta: Erlangga
5%

16

Minggu ke 16


Bentuk Penilaian :
Tes


30%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 56.5%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 3.5%
3. Tes 40%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.