|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Teknik Sipil
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Kalkulus Diferensial |
2220103031 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
1 |
27 April 2023 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Ninik Wahju Hidajati, S.Si., M.Si
|
Ninik Wahju Hidajati, S.Si., M.Si
|
Yogie Risdianto, S.T., M.T. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Kajian tentang dasar matematika melaluipemahaman konsep teorema beserta penerapan pada berbagai masalah meliputisistem bilangan real, kompleks, vektor, fungsi, limit fungsi, grafik fungsi,koordinat kutub, turunan fungsi beserta penerapan pada persamaan garis lurus,nilai maksimum minimum dan perubahan laju yang terkait agar mahasiswa dapatmengaplikasikan dalam bidang sipil |
Pustaka
|
Utama : |
|
- LouisLeithold. 1991. Kalkulus dan Ilmu Ukur Analitik. Edisi 5. Jakarta: Erlangga
- L. Susskind, G. Hrabovsky. 2013. The Theorictical Minimum. New York: Basic Book
- Purcell dan Verberg. 1992. Kalkulus dan Geometri Analitis. Jakarta: Erlangga
- Stroud, K.A. 1986. Matematika Untuk Teknik. Penerbit: Erlangga, Jakarta
- Baisuni , M.H. 1986. Kalkulus. Jakarta: Universitas Indonesia
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Ninik Wahju Hidajati, S.Si., M.Si. Lynda Refnitasari, S.Si., M.URP |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mampu menjelaskan sistem bilangan mulai dari bilangan yang paling sederhana sampai pada bilangan yang paling kompleks bilangan pangkat radikal dan operasi matematika persamaan dan pertidaksamaan |
- Menjelaskan jenis jenis bilangan mulai dari bilangan yang paling sederhana sampai pada bilangan yang paling kompleks
- Menjelaskan tentang bilangan pangkat radikal dan operasi matematikanya.
- Menjelaskan dan dapat menyelesaikan persamaan serta pertidaksamaan
|
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Brainstorming diskusi dan pembelajaran berbasis masalah 3 X 50 |
3 X 50 |
Materi: sistem bilangan mulai dari bilangan yang paling sederhana sampai pada bilangan yang paling kompleks bilangan pangkat radikal dan operasi matematika persamaan dan pertidaksamaan Pustaka: Purcell dan Verberg. 1992. Kalkulus dan Geometri Analitis. Jakarta: Erlangga |
3% |
2
Minggu ke 2 |
Memahami definisi vektor dan relasi serta operasi aljabar vektor dan mampu menghitung sudut yang dibentuk 2 vektor menghitung luas jajar genjang mempu menghitung volume paralelepipedum |
- Menjelaskan definisi vektor dan relasi serta operasi aljabar vektor
- Menghitung sudut yg dibentuk 2 vektor menghitung luas jajar genjang dan menghitung volume paralelepipedum
|
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran berbasis masalah dan diskusi 3 X 50 |
|
Materi: definisi vektor dan relasi serta operasi aljabar vektor dan mampu menghitung sudut yang dibentuk 2 vektor menghitung luas jajar genjang mempu menghitung volume paralelepipedum Pustaka: Purcell dan Verberg. 1992. Kalkulus dan Geometri Analitis. Jakarta: Erlangga |
4% |
3
Minggu ke 3 |
Memahami definisi vektor dan relasi serta operasi aljabar vektor dan mampu menghitung sudut yang dibentuk 2 vektor menghitung luas jajar genjang mempu menghitung volume paralelepipedum |
- Menjelaskan definisi vektor dan relasi serta operasi aljabar vektor
- Menghitung sudut yg dibentuk 2 vektor menghitung luas jajar genjang dan menghitung volume paralelepipedum
|
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran berbasis masalah dan diskusi 3 X 50 |
|
Materi: Definisi vektor dan relasi serta operasi aljabar vektor dan mampu menghitung sudut yang dibentuk 2 vektor menghitung luas jajar genjang mempu menghitung volume paralelepipedum Pustaka: Purcell dan Verberg. 1992. Kalkulus dan Geometri Analitis. Jakarta: Erlangga |
3% |
4
Minggu ke 4 |
Memahami definisi vektor dan relasi serta operasi aljabar vektor, dan mampu menghitung sudut yang dibentuk 2 vektor, menghitung luas jajar genjang mempu menghitung volume paralelepipedum |
- Menjelaskan definisi vektor dan relasi serta operasi aljabar vektor
- Menghitung sudut yg dibentuk 2 vektor, menghitung luas jajar genjang dan menghitung volume paralelepipedum
|
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran berbasis masalah dan diskusi 3 X 50 |
|
Materi: Definisi vektor dan relasi serta operasi aljabar vektor, dan mampu menghitung sudut yang dibentuk 2 vektor, menghitung luas jajar genjang mempu menghitung volume paralelepipedum Pustaka: Purcell dan Verberg. 1992. Kalkulus dan Geometri Analitis. Jakarta: Erlangga |
3% |
5
Minggu ke 5 |
Mampu mendefinisikan fungsi, mengerti macam-macam fungsi, mampu menggambar grafik fungsi , menentukan daerah asal (domain) dan daerah hasil (fungsi), memahami pergeseran grafik, menghitung operasi fungsi dan komposisi fungsi serta mampu menggambar grafik fungsi pada koordinat kutub |
- Menjelaskan definisi fungsi
- Menjelaskan macam-macam fungsi
- Menggambar grafik fungsi, menentukan daerah domain dan daerah fungsi
- Menggambar grafik fungsi dengan hukum translasi /pergeseran
- Menjelaskan terjadinya fungsi baru berdasarkan operasi dari fungsi dan komposisi fungsi
- Menjelaskan penggambaran grafik fungsi pada koordinat kutub
|
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran berbasis masalah dan diskusi 3 X 50 |
|
Materi: Fungsi, mengerti macam-macam fungsi, mampu menggambar grafik fungsi , menentukan daerah asal (domain) dan daerah hasil (fungsi), memahami pergeseran grafik, menghitung operasi fungsi dan komposisi fungsi serta mampu menggambar grafik fungsi pada koordinat kutub Pustaka: Purcell dan Verberg. 1992. Kalkulus dan Geometri Analitis. Jakarta: Erlangga |
4% |
6
Minggu ke 6 |
Mampu mendefinisikan fungsi, mengerti macam-macam fungsi, mampu menggambar grafik fungsi , menentukan daerah asal (domain) dan daerah hasil (fungsi), memahami pergeseran grafik, menghitung operasi fungsi dan komposisi fungsi serta mampu menggambar grafik fungsi pada koordinat kutub |
- Menjelaskan definisi fungsi
- Menjelaskan macam-macam fungsi
- Menggambar grafik fungsi, menentukan daerah domain dan daerah fungsi
- Menggambar grafik fungsi dengan hukum translasi /pergeseran
- Menjelaskan terjadinya fungsi baru berdasarkan operasi dari fungsi dan komposisi fungsi
- Menjelaskan penggambaran grafik fungsi pada koordinat kutub
|
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran berbasis masalah dan diskusi 3 X 50 |
|
Materi: Fungsi, mengerti macam-macam fungsi, mampu menggambar grafik fungsi , menentukan daerah asal (domain) dan daerah hasil (fungsi), memahami pergeseran grafik, menghitung operasi fungsi dan komposisi fungsi serta mampu menggambar grafik fungsi pada koordinat kutub Pustaka: Purcell dan Verberg. 1992. Kalkulus dan Geometri Analitis. Jakarta: Erlangga |
3% |
7
Minggu ke 7 |
Mampu mendefinisikan fungsi, mengerti macam-macam fungsi, mampu menggambar grafik fungsi , menentukan daerah asal (domain) dan daerah hasil (fungsi), memahami pergeseran grafik, menghitung operasi fungsi dan komposisi fungsi serta mampu menggambar grafik fungsi pada koordinat kutub |
- Menjelaskan definisi fungsi
- Menjelaskan macam-macam fungsi
- Menggambar grafik fungsi, menentukan daerah domain dan daerah fungsi
- Menggambar grafik fungsi dengan hukum translasi /pergeseran
- Menjelaskan terjadinya fungsi baru berdasarkan operasi dari fungsi dan komposisi fungsi
- Menjelaskan penggambaran grafik fungsi pada koordinat kutub
|
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran berbasis masalah dan diskusi 3 X 50 |
|
Materi: Fungsi, mengerti macam-macam fungsi, mampu menggambar grafik fungsi , menentukan daerah asal (domain) dan daerah hasil (fungsi), memahami pergeseran grafik, menghitung operasi fungsi dan komposisi fungsi serta mampu menggambar grafik fungsi pada koordinat kutub Pustaka: Purcell dan Verberg. 1992. Kalkulus dan Geometri Analitis. Jakarta: Erlangga |
4% |
8
Minggu ke 8 |
Ujian Tengah Semester |
Ujian Tengah Semester |
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Ujian Tengah Semester 3 X 50 |
|
|
20% |
9
Minggu ke 9 |
Mampu menyelesaikan limit fungsi |
- Menjelaskan definisi limit
- Menjelaskan teorema-teorema limit
- Menjelaskan limit fungsi trigonometri
- Menjelaskan limit bilangan rasional
- Menjelaskan limit bilangan tak tentu
- Menjelaskan limit bilangan eksponen
|
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran berbasis masalah dan diskusi 3 X 50 |
|
Materi: Limit fungsi Pustaka: Purcell dan Verberg. 1992. Kalkulus dan Geometri Analitis. Jakarta: Erlangga |
3% |
10
Minggu ke 10 |
Mampu menyelesaikan limit fungsi |
- Menjelaskan definisi limit
- Menjelaskan teorema-teorema limit
- Menjelaskan limit fungsi trigonometri
- Menjelaskan limit bilangan rasional
- Menjelaskan limit bilangan tak tentu
- Menjelaskan limit bilangan eksponen
|
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran berbasis masalah dan diskusi 3 X 50 |
|
Materi: Limit fungsi Pustaka: Purcell dan Verberg. 1992. Kalkulus dan Geometri Analitis. Jakarta: Erlangga |
3% |
11
Minggu ke 11 |
Mampu memahami kontinuitas fungsi di satu titik |
Membuktikan syarat fungsi kontinu di satu titik |
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran berbasis masalah dan diskusi 3 X 50 |
|
Materi: Kontinuitas fungsi di satu titik Pustaka: Purcell dan Verberg. 1992. Kalkulus dan Geometri Analitis. Jakarta: Erlangga |
4% |
12
Minggu ke 12 |
Memahami definisi dan sifat-sifat turunan dan mampu mencari turunan dari macam-macam fungsi tersebut |
- Menjelaskan definisi turunan dan sifat turunan
- Menjelaskan turunan dengan aturan rantai, turunan tingkat tinggi, turunan fungsi implisit dan turunan fungsi parameter
|
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran berbasis masalah dan diskusi 3 X 50 |
|
Materi: definisi dan sifat-sifat turunan dan mampu mencari turunan dari macam-macam fungsi Pustaka: Purcell dan Verberg. 1992. Kalkulus dan Geometri Analitis. Jakarta: Erlangga |
3% |
13
Minggu ke 13 |
Memahami definisi dan sifat-sifat turunan dan mampu mencari turunan dari macam-macam fungsi tersebut |
- Menjelaskan definisi turunan dan sifat turunan
- Menjelaskan turunan dengan aturan rantai, turunan tingkat tinggi, turunan fungsi implisit dan turunan fungsi parameter
|
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran berbasis masalah dan diskusi 3 X 50 |
|
Materi: Definisi dan sifat-sifat turunan dan mampu mencari turunan dari macam-macam fungsi Pustaka: Purcell dan Verberg. 1992. Kalkulus dan Geometri Analitis. Jakarta: Erlangga |
4% |
14
Minggu ke 14 |
Mampu memahami aplikasi dari Turunan suatu fungsi |
Menjelaskan aplikasi turunan dari suatu fungsi pada kecepatan patikel zat padat, kecepatan zat cair, nilai ekstrim (maksimum-minimum) dan laju perubahan yang terkait |
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran berbasis masalah dan diskusi 3 X 50 |
|
Materi: Aplikasi dari turunan suatu fungsi Pustaka: Purcell dan Verberg. 1992. Kalkulus dan Geometri Analitis. Jakarta: Erlangga |
4% |
15
Minggu ke 15 |
Mampu memahami aplikasi dari Turunan suatu fungsi |
Menjelaskan aplikasi turunan dari suatu fungsi pada kecepatan patikel zat padat, kecepatan zat cair, nilai ekstrim (maksimum-minimum) dan laju perubahan yang terkait |
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran berbasis masalah dan diskusi 3 X 50 |
|
Materi: Aplikasi dari turunan suatu fungsi Pustaka: Purcell dan Verberg. 1992. Kalkulus dan Geometri Analitis. Jakarta: Erlangga |
5% |
16
Minggu ke 16 |
|
|
Bentuk Penilaian : Tes |
|
|
|
30% |