Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Vokasi
Program Studi D4 Kepelatihan Olahraga

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Pelaporan latihan kebugaran olahraga

8520602073

T=0

P=1

ECTS=1.59

5

1 Agustus 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Rizky Muhammad Sidik, S.Pd., M.Ed.




.......................................




Dr. Kunjung Ashadi, S.Pd., M.Fis., AIFO.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-6

Mampu melakukan kajian ilmiah terhadap permasalahan kepelatihan fisik olahraga secara mendalam berdasar kajian analisis berbasis sains dan teknologi

PLO-7

Mampu merancang, mengimplementasikan, dan mengevaluasi program latihan fisik sesuai cabang olahraga, latihan kebugaran, dan latihan fisik bagi disabilitas

PLO-8

Mampu mendesain perangkat penunjang, model latihan, serta modul program latihan yang inovatif dan aplikatif mengikuti perkembangan ilmu dan teknologi

Program Objectives (PO)

PO - 1

Memahami prinsip dasar pelaporan latihan kebugaran olahraga.

PO - 2

Menguasai teknik-teknik pengumpulan dan dokumentasi data kebugaran (misalnya, pengukuran kekuatan, daya tahan, fleksibilitas).

PO - 3

Mampu menyusun laporan latihan kebugaran yang sistematis dan berdasarkan hasil evaluasi objektif

PO - 4

Menggunakan alat ukur kebugaran secara efektif untuk pengumpulan data.

PO - 5

Menginterpretasikan hasil evaluasi kebugaran untuk merancang program latihan kebugaran yang lebih efektif.

PO - 6

Menyusun laporan yang jelas dan terstruktur, serta memberikan rekomendasi berdasarkan hasil pelaporan latihan.

PO - 7

Menggunakan teknologi atau perangkat lunak untuk meningkatkan efisiensi dalam menyusun laporan latihan kebugaran.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-2PLO-3PLO-6PLO-7PLO-8
PO-1      
PO-2      
PO-3      
PO-4      
PO-5      
PO-6      
PO-7      

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Pelaporan Latihan Kebugaran Olahraga dirancang untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan dalam membuat laporan latihan yang berfokus pada kebugaran atlet atau individu yang menjalani program kebugaran. Mahasiswa akan mempelajari cara-cara yang efektif untuk mendokumentasikan, menganalisis, dan menyusun laporan kebugaran berdasarkan hasil evaluasi latihan yang dilakukan. Pelaporan yang baik akan membantu pelatih dan profesional kebugaran dalam merencanakan program latihan yang lebih efektif serta memberikan umpan balik yang konstruktif kepada atlet atau klien. Mata kuliah ini juga akan mencakup pemahaman tentang pentingnya pengukuran kebugaran (seperti kekuatan, daya tahan, fleksibilitas, dan komposisi tubuh), serta cara menggunakan alat ukur yang tepat untuk mengumpulkan data yang diperlukan untuk pelaporan. Mahasiswa akan mendapatkan pengalaman langsung dalam merancang dan melaporkan program latihan kebugaran, dengan mengutamakan aspek-aspek individualisasi program latihan sesuai dengan kebutuhan spesifik setiap atlet atau individu.

Pustaka

Utama :

  1. Fitness Assessment for Health-Related Fitness oleh Carrie K. Engelhart
  2. ACSM's Guidelines for Exercise Testing and Prescription oleh American College of Sports Medicine
  3. Physical Fitness: A Guide for Individuals and Communities oleh Bruce A. L

Pendukung :

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 1: Pengantar Pelaporan Latihan Kebugaran Olahraga

Topik: Tujuan pelaporan latihan kebugaran, pentingnya laporan latihan, dan komponen-komponen dalam laporan latihan.
1 x 50

Materi: ...
Pustaka: Fitness Assessment for Health-Related Fitness oleh Carrie K. Engelhart
6%

2

Minggu ke 2

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 2: Pengukuran Kebugaran Fisik

Topik: Pengukuran berbagai komponen kebugaran: kekuatan, daya tahan, fleksibilitas, dan komposisi tubuh.

Materi: ...
Pustaka: ACSM's Guidelines for Exercise Testing and Prescription oleh American College of Sports Medicine
6%

3

Minggu ke 3

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 3: Pengumpulan Data Latihan Kebugaran

Topik: Teknik-teknik pengumpulan data latihan kebugaran, termasuk metode pengukuran dan alat yang digunakan.
1 x 50

Materi: ...
Pustaka: ACSM's Guidelines for Exercise Testing and Prescription oleh American College of Sports Medicine
6%

4

Minggu ke 4

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 4: Menganalisis Data Kebugaran

Topik: Cara mengolah dan menganalisis data kebugaran untuk membuat laporan yang efektif.
1 x 50

Materi: ...
Pustaka: ACSM's Guidelines for Exercise Testing and Prescription oleh American College of Sports Medicine
6%

5

Minggu ke 5

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 5: Pelaporan Program Latihan Kebugaran

Topik: Menyusun laporan mengenai program latihan kebugaran yang mencakup tujuan latihan, jenis latihan, serta evaluasi hasil.

Materi: ...
Pustaka: Fitness Assessment for Health-Related Fitness oleh Carrie K. Engelhart
6%

6

Minggu ke 6

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 6: Menyusun Laporan Berdasarkan Hasil Evaluasi Latihan

Topik: Teknik-teknik penyusunan laporan latihan yang terstruktur, lengkap dengan analisis dan rekomendasi berdasarkan hasil latihan.

Materi: ...
Pustaka: Fitness Assessment for Health-Related Fitness oleh Carrie K. Engelhart
6%

7

Minggu ke 7

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
perrtemuan 7: Teknologi dalam Pelaporan Latihan Kebugaran

Topik: Penggunaan perangkat lunak dan aplikasi dalam pelaporan latihan kebugaran.

Materi: ...
Pustaka: ACSM's Guidelines for Exercise Testing and Prescription oleh American College of Sports Medicine
6%

8

Minggu ke 8

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Tes
Pertemuan 8: Mid-Term Exam (UTS)

Topik: Evaluasi pertengahan semester mengenai materi teori pelaporan dan analisis data kebugaran.
1 x 50

Materi: ...
Pustaka: Physical Fitness: A Guide for Individuals and Communities oleh Bruce A. L
6%

9

Minggu ke 9

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
pertemuan 9: Evaluasi Kinerja Atlet Berdasarkan Laporan Latihan Kebugaran

Topik: Menyusun laporan yang mengevaluasi kemajuan atlet berdasarkan data kebugaran yang terkumpul.

Materi: ...
Pustaka: Physical Fitness: A Guide for Individuals and Communities oleh Bruce A. L
6%

10

Minggu ke 10

  1. Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian
  2. Rubrik Penilaian
Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 10: Studi Kasus: Laporan Latihan Kebugaran untuk Tim Olahraga

Topik: Membuat laporan latihan kebugaran untuk tim olahraga tertentu, termasuk analisis kinerja tim secara keseluruhan.

Materi: ...
Pustaka: ACSM's Guidelines for Exercise Testing and Prescription oleh American College of Sports Medicine
6%

11

Minggu ke 11

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 11: Pelaporan Latihan Kebugaran untuk Individu

Topik: Menyusun laporan latihan kebugaran untuk individu, mengacu pada evaluasi dan tujuan pribadi atlet atau klien.

Materi: ...
Pustaka: Fitness Assessment for Health-Related Fitness oleh Carrie K. Engelhart
6%

12

Minggu ke 12

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 12: Penyusunan Laporan Latihan dengan Teknologi Video

Topik: Menggunakan teknologi video dalam menyusun laporan latihan kebugaran, serta cara menganalisis gerakan dan teknik latihan.

Materi: ...
Pustaka: Fitness Assessment for Health-Related Fitness oleh Carrie K. Engelhart
6%

13

Minggu ke 13

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 13: Penyajian Laporan Latihan Kebugaran

Topik: Cara menyajikan laporan latihan kepada pelatih atau klien dengan cara yang jelas, profesional, dan mudah dipahami.

Materi: ...
Pustaka: Fitness Assessment for Health-Related Fitness oleh Carrie K. Engelhart
6%

14

Minggu ke 14

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
pertemuan 14: Uji Coba Laporan Latihan Kebugaran

Topik: Simulasi penyusunan laporan latihan kebugaran secara langsung, dengan umpan balik dari pengajar dan teman sekelas.

Materi: ...
Pustaka: Physical Fitness: A Guide for Individuals and Communities oleh Bruce A. L
6%

15

Minggu ke 15

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 15: Review dan Evaluasi Laporan Latihan

Topik: Diskusi mengenai hasil laporan latihan yang telah dibuat, termasuk analisis dan kritik untuk meningkatkan kualitas laporan.

Materi: ...
Pustaka: ACSM's Guidelines for Exercise Testing and Prescription oleh American College of Sports Medicine
6%

16

Minggu ke 16

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Tes
Pertemuan 16: Ujian Akhir Semester (UAS)

Topik: Ujian akhir semester mengenai teori dan praktikum pelaporan latihan kebugaran olahraga.

Materi: ...
Pustaka: Physical Fitness: A Guide for Individuals and Communities oleh Bruce A. L
10%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 84%
2. Tes 16%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.