Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Ekonomi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Entrepreneurial Leadership

8722004143

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=0

P=0

ECTS=0

5

28 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Lucky Rachmawati, S.E., M.Si.




Dr. Tony Seno Aji, S.E., M.E.




Dr. Tony Seno Aji, S.E., M.E.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-6

Mampu menganalisis strategi pemberdayaan potensi ekonomi

PLO-7

Mampu berkomunikasi secara efektif secara lisan dan tertulis di bidang ekonomi

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu menjelaskan konsep kepemimpinan dan kewirausahaan yang berkarakter serta mampu mengemukakan ide kreatif dan inovatif yang berpeluang menjadi ide usaha

PO - 2

Mahasiswa mampu menjabarkan pentingnya tata nilai, kepemimpinan, manajemen dan jejaring dalam membangun bisnis

PO - 3

Mahasiswa mampu mengaitkan cara pembuatan proposal usaha dengan model canvas, aspek keuangan, produksi dan pemasaran

PO - 4

Mahasiswa mampu menjelaskan proposal usaha yang telah dibuat melalui presentasi

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-4PLO-6PLO-7
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas konsep jiwa kepemimpinan dan kewirausahaan melalui bakat dan potensi diri menuju jalan sukses menjadi pemimpin dan wirausaha yang berkarakter. Pembahasan karakter wirausaha meliputi pentingnya prinsip membangun tata nilai, kepemimpinan, manajemen dan jejaring untuk pengembangan usaha/bisnis.

Pustaka

Utama :

  1. Tim Kewirausahaan Unesa. 2016. Kewirausahaan.UNIPRESS. Surabaya
  2. Hendro.M.M. 2011. Dasar-dasar Kewirausahaan. Jakarta: Erlangga

Pendukung :

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiwa mampu memahami dan menjelaskan konsep kepemimpinan dan kewirausahaan yang berkarakter

1. Fungsi dan esensi wirausaha; 2. Jenis-jenis wirausaha; 3. Karakter wirausaha tangguh

Kriteria:

Sesuai pedoman Penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Project Based Learning
3x50

Materi: konsep kepemimpinan dan kewirausahaan yang berkarakter
Pustaka: Hendro.M.M. 2011. Dasar-dasar Kewirausahaan. Jakarta: Erlangga
5%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu mengemukakan suatu kesempatan usaha dari ide kreatif dan inovatif dengan mengubah peluang tersebut menjadi sesuatu yang bernilai

1. Ciri-cirai karakter wirausaha; 2. Kriteria ide yang unggul

Kriteria:

Sesuai pedoman Penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Project Based Learning
3x50

Materi: ide kreatif dan inovatif dengan mengubah peluang tersebut menjadi sesuatu yang bernilai
Pustaka: Hendro.M.M. 2011. Dasar-dasar Kewirausahaan. Jakarta: Erlangga
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu menggali potensi diri melalui talent mapping dengan membuat proposal

1. Karakter kinerja dan karakter moral; 2. mennemukan dan menggali fitur untuk mengetahui bakat dan potensi diri

Kriteria:

Sesuai pedoman Penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Project Based Learning
3x50

Materi: menggali potensi diri melalui talent mapping dengan membuat proposal hidupku
Pustaka: Hendro.M.M. 2011. Dasar-dasar Kewirausahaan. Jakarta: Erlangga
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu mencontohkan tentang pentingnya membangun tata nilai dalam bisnis

1. Pengertian tata nilai; 2. Hubungan tata nilai, tujuan dan strategi; 3. Contoh tata nilai dari berbagai bidang perusahaan

Kriteria:

Sesuai pedoman Penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Project Based Learning
3x50

Materi: membangun tata nilai dalam bisnis
Pustaka: Hendro.M.M. 2011. Dasar-dasar Kewirausahaan. Jakarta: Erlangga
5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu mengartikan tentang pentingnya kepemimpinan dalam bisnis

1. Pengertian kepemimpinan; 2. Perilaku pemimpin yang efektif; 3. Aktivitas kepemimpinan

Kriteria:

Sesuai pedoman Penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Project Based Learning
3x50

Materi: kepemimpinan dalam bisnis
Pustaka: Hendro.M.M. 2011. Dasar-dasar Kewirausahaan. Jakarta: Erlangga
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu menerangkan pentingnya manajemen dalam bisnis

1. Pengertian manajemen menurut para ahli; 2. Fungsi dan prinsip manajemen bisnis

Kriteria:

Sesuai pedoman Penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Project Based Learning
3x50

Materi: manajemen dalam bisnis
Pustaka: Hendro.M.M. 2011. Dasar-dasar Kewirausahaan. Jakarta: Erlangga
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu menerangkan pentingnya jejaring untuk mengembangkan bisnis

1. Networking dalam kewirausahaan; 2. Nilai-nilai dalam membangun networking dan cara membangunnya

Kriteria:

Sesuai pedoman Penskoran


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Project Based Learning
3x50

Materi: jejaring untuk mengembangkan bisnis
Pustaka: Hendro.M.M. 2011. Dasar-dasar Kewirausahaan. Jakarta: Erlangga
5%

8

Minggu ke 8

mahasiswa mampu mempresentasikan produk/hasil karyanya

mahasiswa mampu mempresentasikan produk/hasil karyanya dengan baik

Kriteria:

Sesuai pedoman Penskoran


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Project Based Learning
3x50

5%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu mengaitkan cara pembuatan proposal dengan model canvas, aspek keuangan, produksi dan pemasaran

Deskripsi tentang usaha yang akan dituangkan dalam proposal

Kriteria:

Sesuai pedoman Penskoran


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Project Based Learning
3x50

Materi: pembuatan proposal dan mengaitkan dengan model canvas, aspek keuangan, produksi dan pemasaran
Pustaka: Tim Kewirausahaan Unesa. 2016. Kewirausahaan.UNIPRESS. Surabaya
5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu mengklasifikasikan produk/jasa yang disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan melalui value proposition canvas

Value preposition canvas dari usaha yang akan dijalankan

Kriteria:

Sesuai pedoman Penskoran


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Project Based Learning
3x50

Materi: value proposition canvas
Pustaka: Tim Kewirausahaan Unesa. 2016. Kewirausahaan.UNIPRESS. Surabaya
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu menelaah menggunakan lean canvas sebagai alat perencanaan bisnis

lean canvas dari usaha yang akan dijalankan

Kriteria:

Sesuai pedoman Penskoran


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Project Based Learning
3x50

Materi: lean canvas sebagai alat perencanaan bisnis
Pustaka: Tim Kewirausahaan Unesa. 2016. Kewirausahaan.UNIPRESS. Surabaya
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu menerapkan tentang aspek keuangan dalam proposal usaha/bisnis plan

1. Modal usaha; 2. Sumber dana; 3. Harga Pokok Penjualan

Kriteria:

Sesuai pedoman Penskoran


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Project Based Learning
3x50

Materi: aspek keuangan dalam proposal usaha/bisnis plan
Pustaka: Hendro.M.M. 2011. Dasar-dasar Kewirausahaan. Jakarta: Erlangga
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu menerapkan tentang aspek produksi dalam proposal usaha/bisnis plan

1. Proses produksi; 2. Kapsitas produksi

Kriteria:

Sesuai pedoman Penskoran


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja

3x50

Materi: aspek produksi dalam proposal usaha/bisnis plan
Pustaka: Hendro.M.M. 2011. Dasar-dasar Kewirausahaan. Jakarta: Erlangga
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu menerapkan tentang aspek pemasaran dalam Proposal Usaha/Bisnis Plan

1. Segmentasi pasar; 2. Strategi pemasaran

Kriteria:

Sesuai pedoman Penskoran


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Project Based Learning
3x50

Materi: aspek pemasaran dalam Proposal Usaha/Bisnis Plan
Pustaka: Hendro.M.M. 2011. Dasar-dasar Kewirausahaan. Jakarta: Erlangga
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu menampilkan kecakapannya dalam menjelaskan proposal usaha yang telah dibuat melalui presentas

Presentasi proposal usaha

Kriteria:

Sesuai pedoman Penskoran


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Project Based Learning
3x50

Materi: proposal usaha yang telah dibuat melalui presentas
Pustaka: Tim Kewirausahaan Unesa. 2016. Kewirausahaan.UNIPRESS. Surabaya
0%

16

Minggu ke 16

mahasiswa mampu mempresentasikan produk/hasil karyanya

mahasiswa mampu mempresentasikan produk/hasil karyanya dengan baik

Kriteria:

Sesuai pedoman Penskoran


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Project Based Learning
3x50

30%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 30%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 30%
3. Praktik / Unjuk Kerja 40%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.