
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Asistensi Mengajar Desiminasi Program |
8620704294 |
|
T=0 |
P=4 |
ECTS=6.36 |
5 |
22 Februari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Dr. Kartika Rinakit Adhe, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Asistensi Mengajar Diseminasi Program bertujuan untuk memberikan mahasiswa pemahaman mendalam tentang desain dan implementasi program pembelajaran yang efektif. Melalui pendekatan Project Based Learning, mahasiswa akan terlibat secara aktif dalam melakukan diseminasi atas program yang telah mereka lakukan di lembaga.
Selain itu, mata kuliah ini juga menekankan pentingnya diseminasi program kepada berbagai pemangku kepentingan. Mahasiswa akan berlatih untuk menyampaikan ide dan hasil proyek mereka dengan cara yang jelas dan persuasif, serta mendapatkan umpan balik konstruktif dari audiens. Dengan demikian, mata kuliah ini tidak hanya mengembangkan keterampilan mengajar, tetapi juga kemampuan komunikasi dan kolaborasi yang sangat penting dalam dunia pendidikan. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Merrill, M. D. (2002). First Principles of Instruction. Educational Technology Research and Development, 50(3), 43-59.
- Thomas, J. W. (2000). A Review of Research on Project-Based Learning.
- Wiggins, G., & McTighe, J. (2005). Understanding by Design. ASCD.
|
Pendukung : |
|
- Bransford, J. D., Brown, A. L., & Cocking, R. R. (2000). How People Learn: Brain, Mind, Experience, and School. National Academy Press.
- Brophy, J. (2004). Motivating Students to Learn. Lawrence Erlbaum Associates.
- Hattie, J., & Timperley, H. (2007). The Power of Feedback. Review of Educational Research, 77(1), 81-112.
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Memahami keterampilan analisis, berpikir kreatif, inovatif, dan solutif |
- Mahasiswa memiliki keterampilan dalam menganalisis masalah
- Mahasiswa mampu memberikan solusi yang kreatif dan inovatif
|
Kriteria:
- kedalalman analisis jawaban, berdasarkan data atau teori dan struktur ungkapan bahasa yang sistematis
- kedalaman analisis jawaban berdasarkan teori
- kedalaman analisis jawaban
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi
|
|
Materi: Konsep dasar diseminasi program Pustaka: Merrill, M. D. (2002). First Principles of Instruction. Educational Technology Research and Development, 50(3), 43-59. |
3% |
2
Minggu ke 2 |
Memahami pola komunikasi dalam adaptasi budaya |
Mahasiswa memiliki keterampilan komunikasi saat menerima dan menyampaikan informasi secara dua arah |
Kriteria:
- kedalaman analisis jawaban, berdasarkan data atau teori
- kedalaman analisis jawaban berdasarkan data
- kedalaman analisis jawaban
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi
|
|
Materi: komunikasi dua arah Pustaka: Bransford, J. D., Brown, A. L., & Cocking, R. R. (2000). How People Learn: Brain, Mind, Experience, and School. National Academy Press. |
3% |
3
Minggu ke 3 |
Memahami konsep resilience dan growth mindset |
Mahasiswa memahami prinsip resilience saat beradaptasi dengan hal baru dan lingkungan yang berbeda sehingga dapat menciptakan pola pikir untuk terus belajar dan berkembang |
Kriteria:
- kedalaman analisis jawaban, berdasarkan data atau teori
- kedalaman analisis jawaban berdasarkan data
- kedalaman analisis jawaban berdasarkan teori
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi
|
|
Materi: Resilience dalam Adaptasi Pustaka: Brophy, J. (2004). Motivating Students to Learn. Lawrence Erlbaum Associates. |
0% |
4
Minggu ke 4 |
Memahami 3 dosa besar dalam pendidikan (Intoleransni, Kekerasan Seksual, dan Perundungan) |
Mahasiswa memahami 3 dosa besar dalam pendiidkan |
Kriteria:
- kedalaman analisis jawaban, berdasarkan data atau teori
- Kedalaman analisis jawaban berdasarkan data
- Kedalaman analisis jawaban berdasarkan teori
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi
|
|
|
3% |
5
Minggu ke 5 |
Memahami dasar-dasar diseminasi program |
Mahasiswa memahami dan menguasai dasar-dasar dalam pelaksanaan diseminasi program |
Kriteria:
- kedalaman analisis jawaban, berdasarkan data atau teori
- kedalaman analisis jawaban berdasarkan data
- kedalamdan analisis jawaban berdasarkan teori
|
Diskusi
|
|
Materi: Melakukan diseminasi program Pustaka: Bransford, J. D., Brown, A. L., & Cocking, R. R. (2000). How People Learn: Brain, Mind, Experience, and School. National Academy Press. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Memahami teknik melaksanakan diseminasi |
Mahasiswa menguasai teknik melakukan diseminasi program |
Kriteria:
- kedalaman analisis jawaban, berdasarkan data atau teori
- kedalaman analisis jawaban berdasarkan data
- kedalaman analisis jawaban berdasarkan teori
|
Diskusi
|
|
Materi: teknik diseminasi program Pustaka: Hattie, J., & Timperley, H. (2007). The Power of Feedback. Review of Educational Research, 77(1), 81-112. |
0% |
7
Minggu ke 7 |
Memahami cara merancang diseminasi program |
Mahasiswa mampu merancang diseminasi program |
Kriteria:
- kedalaman analisis jawaban, berdasarkan data atau teori
- kedalaman analisis jawaban berdasarkan data
- kedalaman analisis jawaban berdasarkan teori
|
Diskusi
|
|
|
0% |
8
Minggu ke 8 |
Memahami cara merancang diseminasi program |
Mahasiswa mampu merancang diseminasi program |
Kriteria:
- kedalaman analisis jawaban, berdasarkan data atau teori
- kedalaman analisis jawaban berdasarkan data
- kedalaman analisis jawaban berdasarkan teori
|
Diskusi
|
|
|
0% |
9
Minggu ke 9 |
Memahami cara merancang diseminasi program |
Mahasiswa mampu merancang diseminasi program |
Kriteria:
- kedalaman analisis jawaban, berdasarkan data atau teori
- kedalaman analisis jawaban berdasarkan data
- kedalaman analisis jawaban berdasarkan teori
|
Diskusi
|
|
|
0% |
10
Minggu ke 10 |
Memahami cara merancang diseminasi program |
Mahasiswa mampu merancang diseminasi program |
Kriteria:
- kedalaman analisis jawaban, berdasarkan data atau teori
- kedalaman analisis jawaban berdasarkan data
- kedalaman analisis jawaban berdasarkan teori
|
Diskusi
|
|
|
0% |
11
Minggu ke 11 |
Praktik baik strategi diseminasi program |
Mahasiswa memahami strategi yang dapat digunakan dalam diseminasi program |
Kriteria:
- kedalaman analisis jawaban, berdasarkan data atau teori
- kedalaman analisis jawaban berdasarkan data
- kedalaman analisis jawaban berdasarkan teori
|
Diskusi
|
|
|
0% |
12
Minggu ke 12 |
Diseminasi program |
Mahasiswa mampu melakukan diseminasi program |
Kriteria:
- kedalaman analisis jawaban, berdasarkan data atau teori
- Kedalaman analisis jawaban berdasarkan data
- kedalaman analisis jawaban berdasarkan teori
|
Diskusi
|
|
|
0% |
13
Minggu ke 13 |
Diseminasi program |
Mahasiswa mampu melakukan diseminasi program |
Kriteria:
- kedalaman analisis jawaban, berdasarkan data atau teori
- Kedalaman analisis jawaban berdasarkan data
- kedalaman analisis jawaban berdasarkan teori
|
Diskusi
|
|
|
0% |
14
Minggu ke 14 |
Diseminasi program |
Mahasiswa mampu melakukan diseminasi program |
Kriteria:
- kedalaman analisis jawaban, berdasarkan data atau teori
- Kedalaman analisis jawaban berdasarkan data
- kedalaman analisis jawaban berdasarkan teori
|
Diskusi
|
|
|
0% |
15
Minggu ke 15 |
Diseminasi program |
Mahasiswa mampu melakukan diseminasi program |
Kriteria:
- kedalaman analisis jawaban, berdasarkan data atau teori
- Kedalaman analisis jawaban berdasarkan data
- kedalaman analisis jawaban berdasarkan teori
|
Diskusi
|
|
|
0% |
16
Minggu ke 16 |
Diseminasi program |
Mahasiswa mampu melakukan diseminasi program |
Kriteria:
- kedalaman analisis jawaban, berdasarkan data atau teori
- Kedalaman analisis jawaban berdasarkan data
- kedalaman analisis jawaban berdasarkan teori
|
Diskusi
|
|
|
0% |