Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Asistensi Mengajar Desiminasi Program

8620704294

T=0

P=4

ECTS=6.36

5

22 Februari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Kartika Rinakit Adhe, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
PO

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Asistensi Mengajar Diseminasi Program bertujuan untuk memberikan mahasiswa pemahaman mendalam tentang desain dan implementasi program pembelajaran yang efektif. Melalui pendekatan Project Based Learning, mahasiswa akan terlibat secara aktif dalam melakukan diseminasi atas program yang telah mereka lakukan di lembaga. Selain itu, mata kuliah ini juga menekankan pentingnya diseminasi program kepada berbagai pemangku kepentingan. Mahasiswa akan berlatih untuk menyampaikan ide dan hasil proyek mereka dengan cara yang jelas dan persuasif, serta mendapatkan umpan balik konstruktif dari audiens. Dengan demikian, mata kuliah ini tidak hanya mengembangkan keterampilan mengajar, tetapi juga kemampuan komunikasi dan kolaborasi yang sangat penting dalam dunia pendidikan.

Pustaka

Utama :

  1. Merrill, M. D. (2002). First Principles of Instruction. Educational Technology Research and Development, 50(3), 43-59.
  2. Thomas, J. W. (2000). A Review of Research on Project-Based Learning.
  3. Wiggins, G., & McTighe, J. (2005). Understanding by Design. ASCD.

Pendukung :

  1. Bransford, J. D., Brown, A. L., & Cocking, R. R. (2000). How People Learn: Brain, Mind, Experience, and School. National Academy Press.
  2. Brophy, J. (2004). Motivating Students to Learn. Lawrence Erlbaum Associates.
  3. Hattie, J., & Timperley, H. (2007). The Power of Feedback. Review of Educational Research, 77(1), 81-112.

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Memahami keterampilan analisis, berpikir kreatif, inovatif, dan solutif

  1. Mahasiswa memiliki keterampilan dalam menganalisis masalah
  2. Mahasiswa mampu memberikan solusi yang kreatif dan inovatif
Kriteria:
  1. kedalalman analisis jawaban, berdasarkan data atau teori dan struktur ungkapan bahasa yang sistematis
  2. kedalaman analisis jawaban berdasarkan teori
  3. kedalaman analisis jawaban

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi

Materi: Konsep dasar diseminasi program
Pustaka: Merrill, M. D. (2002). First Principles of Instruction. Educational Technology Research and Development, 50(3), 43-59.
3%

2

Minggu ke 2

Memahami pola komunikasi dalam adaptasi budaya

Mahasiswa memiliki keterampilan komunikasi saat menerima dan menyampaikan informasi secara dua arah

Kriteria:
  1. kedalaman analisis jawaban, berdasarkan data atau teori
  2. kedalaman analisis jawaban berdasarkan data
  3. kedalaman analisis jawaban

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi

Materi: komunikasi dua arah
Pustaka: Bransford, J. D., Brown, A. L., & Cocking, R. R. (2000). How People Learn: Brain, Mind, Experience, and School. National Academy Press.
3%

3

Minggu ke 3

Memahami konsep resilience dan growth mindset

Mahasiswa memahami prinsip resilience saat beradaptasi dengan hal baru dan lingkungan yang berbeda sehingga dapat menciptakan pola pikir untuk terus belajar dan berkembang

Kriteria:
  1. kedalaman analisis jawaban, berdasarkan data atau teori
  2. kedalaman analisis jawaban berdasarkan data
  3. kedalaman analisis jawaban berdasarkan teori

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi

Materi: Resilience dalam Adaptasi
Pustaka: Brophy, J. (2004). Motivating Students to Learn. Lawrence Erlbaum Associates.
0%

4

Minggu ke 4

Memahami 3 dosa besar dalam pendidikan (Intoleransni, Kekerasan Seksual, dan Perundungan)

Mahasiswa memahami 3 dosa besar dalam pendiidkan

Kriteria:
  1. kedalaman analisis jawaban, berdasarkan data atau teori
  2. Kedalaman analisis jawaban berdasarkan data
  3. Kedalaman analisis jawaban berdasarkan teori

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi

3%

5

Minggu ke 5

Memahami dasar-dasar diseminasi program

Mahasiswa memahami dan menguasai dasar-dasar dalam pelaksanaan diseminasi program

Kriteria:
  1. kedalaman analisis jawaban, berdasarkan data atau teori
  2. kedalaman analisis jawaban berdasarkan data
  3. kedalamdan analisis jawaban berdasarkan teori
Diskusi

Materi: Melakukan diseminasi program
Pustaka: Bransford, J. D., Brown, A. L., & Cocking, R. R. (2000). How People Learn: Brain, Mind, Experience, and School. National Academy Press.
5%

6

Minggu ke 6

Memahami teknik melaksanakan diseminasi

Mahasiswa menguasai teknik melakukan diseminasi program

Kriteria:
  1. kedalaman analisis jawaban, berdasarkan data atau teori
  2. kedalaman analisis jawaban berdasarkan data
  3. kedalaman analisis jawaban berdasarkan teori
Diskusi

Materi: teknik diseminasi program
Pustaka: Hattie, J., & Timperley, H. (2007). The Power of Feedback. Review of Educational Research, 77(1), 81-112.
0%

7

Minggu ke 7

Memahami cara merancang diseminasi program

Mahasiswa mampu merancang diseminasi program

Kriteria:
  1. kedalaman analisis jawaban, berdasarkan data atau teori
  2. kedalaman analisis jawaban berdasarkan data
  3. kedalaman analisis jawaban berdasarkan teori
Diskusi

0%

8

Minggu ke 8

Memahami cara merancang diseminasi program

Mahasiswa mampu merancang diseminasi program

Kriteria:
  1. kedalaman analisis jawaban, berdasarkan data atau teori
  2. kedalaman analisis jawaban berdasarkan data
  3. kedalaman analisis jawaban berdasarkan teori
Diskusi

0%

9

Minggu ke 9

Memahami cara merancang diseminasi program

Mahasiswa mampu merancang diseminasi program

Kriteria:
  1. kedalaman analisis jawaban, berdasarkan data atau teori
  2. kedalaman analisis jawaban berdasarkan data
  3. kedalaman analisis jawaban berdasarkan teori
Diskusi

0%

10

Minggu ke 10

Memahami cara merancang diseminasi program

Mahasiswa mampu merancang diseminasi program

Kriteria:
  1. kedalaman analisis jawaban, berdasarkan data atau teori
  2. kedalaman analisis jawaban berdasarkan data
  3. kedalaman analisis jawaban berdasarkan teori
Diskusi

0%

11

Minggu ke 11

Praktik baik strategi diseminasi program

Mahasiswa memahami strategi yang dapat digunakan dalam diseminasi program

Kriteria:
  1. kedalaman analisis jawaban, berdasarkan data atau teori
  2. kedalaman analisis jawaban berdasarkan data
  3. kedalaman analisis jawaban berdasarkan teori
Diskusi

0%

12

Minggu ke 12

Diseminasi program

Mahasiswa mampu melakukan diseminasi program

Kriteria:
  1. kedalaman analisis jawaban, berdasarkan data atau teori
  2. Kedalaman analisis jawaban berdasarkan data
  3. kedalaman analisis jawaban berdasarkan teori
Diskusi

0%

13

Minggu ke 13

Diseminasi program

Mahasiswa mampu melakukan diseminasi program

Kriteria:
  1. kedalaman analisis jawaban, berdasarkan data atau teori
  2. Kedalaman analisis jawaban berdasarkan data
  3. kedalaman analisis jawaban berdasarkan teori
Diskusi

0%

14

Minggu ke 14

Diseminasi program

Mahasiswa mampu melakukan diseminasi program

Kriteria:
  1. kedalaman analisis jawaban, berdasarkan data atau teori
  2. Kedalaman analisis jawaban berdasarkan data
  3. kedalaman analisis jawaban berdasarkan teori
Diskusi

0%

15

Minggu ke 15

Diseminasi program

Mahasiswa mampu melakukan diseminasi program

Kriteria:
  1. kedalaman analisis jawaban, berdasarkan data atau teori
  2. Kedalaman analisis jawaban berdasarkan data
  3. kedalaman analisis jawaban berdasarkan teori
Diskusi

0%

16

Minggu ke 16

Diseminasi program

Mahasiswa mampu melakukan diseminasi program

Kriteria:
  1. kedalaman analisis jawaban, berdasarkan data atau teori
  2. Kedalaman analisis jawaban berdasarkan data
  3. kedalaman analisis jawaban berdasarkan teori
Diskusi

0%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 9%
9%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.