Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Seni Musik

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Instrumen Pokok Perkusi Tingkat Pra Muda

9122103044

T=3

P=0

ECTS=4.77

2

19 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Agus Suwahyono, S.Sn., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
PO

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Pemahaman pengetahuan karakteristik Perkusi, serta penguasaan keterampilan dasar memainkannya, dengan menggunakan lagu-lagu dan Etude tingkat Pra Muda dengan strategi teori dan praktek

Pustaka

Utama :

  1. Kennan Wylie.2008. Simple Steps To Successful Beginning Percussion .New york: Univercity Press.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Senyum Sadhana, S.Sn., M.Pd.

Dhani Kristiandri, S.Pd., M.Sn.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu menguasai teknik bermain Instrumen Pokok Perkusi Tingkat Muda

Mahasiswa mampu menyajikan teknik bermain Instrumen Pokok Perkusi Tingkat Muda

Kriteria:

Mahasiswa dinyatakan sangat baik apabila mampu memainkan 4 etude dan repertoar perkusi tingkat muda dengan tempo tetap.Mahasiswa dinyatakan baik apabila mampu memainkan 3 etude dan repertoar perkusi tingkat muda dengan tempo tetap.Mahasiswa dinyatakan cukup apabila mampu memainkan 2 etude dan repertoar perkusi tingkat muda dengan tempo tetap.Mahasiswa dinyatakan kurang apabila mampu memainkan 1 etude dan repertoar perkusi tingkat muda dengan tempo tetap.

Ceramah, tanya jawab, demonstrasi,
3 X 50

0%

2

Minggu ke 2

Mampu menguasai teknik bermain Instrumen Pokok Perkusi Tingkat Muda

Mahasiswa mampu menyajikan teknik bermain Instrumen Pokok Perkusi Tingkat Muda

Kriteria:

Mahasiswa dinyatakan sangat baik apabila mampu memainkan 4 etude dan repertoar perkusi tingkat muda dengan tempo tetap.Mahasiswa dinyatakan baik apabila mampu memainkan 3 etude dan repertoar perkusi tingkat muda dengan tempo tetap.Mahasiswa dinyatakan cukup apabila mampu memainkan 2 etude dan repertoar perkusi tingkat muda dengan tempo tetap.Mahasiswa dinyatakan kurang apabila mampu memainkan 1 etude dan repertoar perkusi tingkat muda dengan tempo tetap.

Ceramah, tanya jawab, demonstrasi,
3 X 50

0%

3

Minggu ke 3

Mampu menguasai teknik bermain Instrumen Pokok Perkusi Tingkat Muda

Mahasiswa mampu menyajikan teknik bermain Instrumen Pokok Perkusi Tingkat Muda

Kriteria:

Mahasiswa dinyatakan sangat baik apabila mampu memainkan 4 etude dan repertoar perkusi tingkat muda dengan tempo tetap.Mahasiswa dinyatakan baik apabila mampu memainkan 3 etude dan repertoar perkusi tingkat muda dengan tempo tetap.Mahasiswa dinyatakan cukup apabila mampu memainkan 2 etude dan repertoar perkusi tingkat muda dengan tempo tetap.Mahasiswa dinyatakan kurang apabila mampu memainkan 1 etude dan repertoar perkusi tingkat muda dengan tempo tetap.

Ceramah, tanya jawab, demonstrasi,
3 X 50

0%

4

Minggu ke 4

Mampu menguasai teknik bermain Instrumen Pokok Perkusi Tingkat Muda

Mahasiswa mampu menyajikan teknik bermain Instrumen Pokok Perkusi Tingkat Muda

Kriteria:

Mahasiswa dinyatakan sangat baik apabila mampu memainkan 4 etude dan repertoar perkusi tingkat muda dengan tempo tetap.Mahasiswa dinyatakan baik apabila mampu memainkan 3 etude dan repertoar perkusi tingkat muda dengan tempo tetap.Mahasiswa dinyatakan cukup apabila mampu memainkan 2 etude dan repertoar perkusi tingkat muda dengan tempo tetap.Mahasiswa dinyatakan kurang apabila mampu memainkan 1 etude dan repertoar perkusi tingkat muda dengan tempo tetap.

Ceramah, tanya jawab, demonstrasi,
3 X 50

0%

5

Minggu ke 5

Mampu membaca notasi pola pola rhythm bentuk Instrumen Pokok Perkusi Tingkat Muda

Mahasiswa mampu memainkan kembali pola pola bentuk rhythm Instrumen Pokok Perkusi Tingkat Muda

Kriteria:

Mahasiswa dinyatakan sangat baik apabila mampu memainkan 4 etude dan repertoar perkusi tingkat muda dengan tempo tetap.Mahasiswa dinyatakan baik apabila mampu memainkan 3 etude dan repertoar perkusi tingkat muda dengan tempo tetap.Mahasiswa dinyatakan cukup apabila mampu memainkan 2 etude dan repertoar perkusi tingkat muda dengan tempo tetap.Mahasiswa dinyatakan kurang apabila mampu memainkan 1 etude dan repertoar perkusi tingkat muda dengan tempo tetap.

Ceramah, tanya jawab, demonstrasi,
3 X 50

0%

6

Minggu ke 6

Mampu membaca notasi pola pola rhythm bentuk Instrumen Pokok Perkusi Tingkat Muda

Mahasiswa mampu memainkan kembali pola pola bentuk rhythm Instrumen Pokok Perkusi Tingkat Muda

Kriteria:

Mahasiswa dinyatakan sangat baik apabila mampu memainkan 4 etude dan repertoar perkusi tingkat muda dengan tempo tetap.Mahasiswa dinyatakan baik apabila mampu memainkan 3 etude dan repertoar perkusi tingkat muda dengan tempo tetap.Mahasiswa dinyatakan cukup apabila mampu memainkan 2 etude dan repertoar perkusi tingkat muda dengan tempo tetap.Mahasiswa dinyatakan kurang apabila mampu memainkan 1 etude dan repertoar perkusi tingkat muda dengan tempo tetap.

Ceramah, tanya jawab, demonstrasi,
3 X 50

0%

7

Minggu ke 7

Mampu membaca notasi pola pola rhythm bentuk Instrumen Pokok Perkusi Tingkat Muda

Mahasiswa mampu memainkan kembali pola pola bentuk rhythm Instrumen Pokok Perkusi Tingkat Muda

Kriteria:

Mahasiswa dinyatakan sangat baik apabila mampu memainkan 4 etude dan repertoar perkusi tingkat muda dengan tempo tetap.Mahasiswa dinyatakan baik apabila mampu memainkan 3 etude dan repertoar perkusi tingkat muda dengan tempo tetap.Mahasiswa dinyatakan cukup apabila mampu memainkan 2 etude dan repertoar perkusi tingkat muda dengan tempo tetap.Mahasiswa dinyatakan kurang apabila mampu memainkan 1 etude dan repertoar perkusi tingkat muda dengan tempo tetap.

Ceramah, tanya jawab, demonstrasi,
3 X 50

0%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa mampu menjawab soal Ujian Sub Sumatif dengan baik dan benar

Mampu memainkan Single Paradidle, Double Paradidle, Paradidle-didle dengan berbagai variasi bentuk

Kriteria:

Mahasiswa dinyatakan sangat baik apabila mampu menjawab 4 soal praktek.Mahasiswa dinyatakan baik apabila mampu menjawab 3 soal praktek.Mahasiswa dinyatakan cukup apabila belum mampu menjawab 2 soal praktek.Mahasiswa dinyatakan kurang apabila belum mampu menjawab menjawab 1 soal praktek.

Tes Praktek
3 X 50

0%

9

Minggu ke 9

Mampu membaca notasi pola pola rhythm bentuk Instrumen Pokok Perkusi Tingkat Muda

Mampu memainkan repertoar perkusi dengan bentuk pola pola latin rhythm.

Kriteria:

Mahasiswa dinyatakan sangat baik apabila mampu memainkan 4 etude dan repertoar perkusi tingkat muda dengan tempo tetap.Mahasiswa dinyatakan baik apabila mampu memainkan 3 etude dan repertoar perkusi tingkat muda dengan tempo tetap.Mahasiswa dinyatakan cukup apabila mampu memainkan 2 etude dan repertoar perkusi tingkat muda dengan tempo tetap.Mahasiswa dinyatakan kurang apabila mampu memainkan 1 etude dan repertoar perkusi tingkat muda dengan tempo tetap.

Ceramah, tanya jawab, demonstrasi,
3 X 50

0%

10

Minggu ke 10

Mampu membaca notasi pola pola rhythm bentuk Instrumen Pokok Perkusi Tingkat Muda

Mampu memainkan repertoar perkusi dengan bentuk pola pola latin rhythm.

Kriteria:

Mahasiswa dinyatakan sangat baik apabila mampu memainkan 4 etude dan repertoar perkusi tingkat muda dengan tempo tetap.Mahasiswa dinyatakan baik apabila mampu memainkan 3 etude dan repertoar perkusi tingkat muda dengan tempo tetap.Mahasiswa dinyatakan cukup apabila mampu memainkan 2 etude dan repertoar perkusi tingkat muda dengan tempo tetap.Mahasiswa dinyatakan kurang apabila mampu memainkan 1 etude dan repertoar perkusi tingkat muda dengan tempo tetap.

Ceramah, tanya jawab, demonstrasi,
3 X 50

0%

11

Minggu ke 11

Mampu membaca notasi pola pola rhythm bentuk Instrumen Pokok Perkusi Tingkat Muda

Mampu memainkan repertoar perkusi dengan bentuk pola pola latin rhythm.

Kriteria:

Mahasiswa dinyatakan sangat baik apabila mampu memainkan 4 etude dan repertoar perkusi tingkat muda dengan tempo tetap.Mahasiswa dinyatakan baik apabila mampu memainkan 3 etude dan repertoar perkusi tingkat muda dengan tempo tetap.Mahasiswa dinyatakan cukup apabila mampu memainkan 2 etude dan repertoar perkusi tingkat muda dengan tempo tetap.Mahasiswa dinyatakan kurang apabila mampu memainkan 1 etude dan repertoar perkusi tingkat muda dengan tempo tetap.

Ceramah, tanya jawab, demonstrasi,
3 X 50

0%

12

Minggu ke 12

Mampu mengembangkan pola pola bentuk Instrumen Pokok Perkusi Tingkat Muda

Mahasiswa mampu memainkan kembali pola pola bentuk rhythm instrumen Pokok Perkusi Tingkat Muda yang sudah dikembangkan oleh Dosen

Kriteria:

Mahasiswa dinyatakan sangat baik apabila mampu memainkan 4 etude dengan tempo tetap.Mahasiswa dinyatakan baik apabila mampu memainkan 3 etude dengan tempo tetap.Mahasiswa dinyatakan cukup apabila mampu memainkan 2 etude dengan tempo tetap.Mahasiswa dinyatakan kurang apabila mampu memainkan 1 etude dengan tempo tetap.

Ceramah, tanya jawab, demonstrasi,
3 X 50

0%

13

Minggu ke 13

Mampu mengembangkan pola pola bentuk Instrumen Pokok Perkusi Tingkat Muda

Mahasiswa mampu memainkan kembali pola pola bentuk rhythm instrumen Pokok Perkusi Tingkat Muda yang sudah dikembangkan oleh Dosen

Kriteria:

Mahasiswa dinyatakan sangat baik apabila mampu memainkan 4 etude dengan tempo tetap.Mahasiswa dinyatakan baik apabila mampu memainkan 3 etude dengan tempo tetap.Mahasiswa dinyatakan cukup apabila mampu memainkan 2 etude dengan tempo tetap.Mahasiswa dinyatakan kurang apabila mampu memainkan 1 etude dengan tempo tetap.

Ceramah, tanya jawab, demonstrasi,
3 X 50

0%

14

Minggu ke 14

Mampu mengembangkan pola pola bentuk Instrumen Pokok Perkusi Tingkat Muda

Mahasiswa mampu memainkan kembali pola pola bentuk rhythm instrumen Pokok Perkusi Tingkat Muda yang sudah dikembangkan oleh Dosen

Kriteria:

Mahasiswa dinyatakan sangat baik apabila mampu memainkan 4 etude dengan tempo tetap.Mahasiswa dinyatakan baik apabila mampu memainkan 3 etude dengan tempo tetap.Mahasiswa dinyatakan cukup apabila mampu memainkan 2 etude dengan tempo tetap.Mahasiswa dinyatakan kurang apabila mampu memainkan 1 etude dengan tempo tetap.

Ceramah, tanya jawab, demonstrasi,
3 X 50

0%

15

Minggu ke 15

Mampu mengembangkan pola pola bentuk Instrumen Pokok Perkusi Tingkat Muda

Mahasiswa mampu memainkan kembali pola pola bentuk rhythm instrumen Pokok Perkusi Tingkat Muda yang sudah dikembangkan oleh Dosen

Kriteria:

Mahasiswa dinyatakan sangat baik apabila mampu memainkan 4 etude dengan tempo tetap.Mahasiswa dinyatakan baik apabila mampu memainkan 3 etude dengan tempo tetap.Mahasiswa dinyatakan cukup apabila mampu memainkan 2 etude dengan tempo tetap.Mahasiswa dinyatakan kurang apabila mampu memainkan 1 etude dengan tempo tetap.

Ceramah, tanya jawab, demonstrasi,
3 X 50

0%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa mampu menjawab soal Ujian Sumatif (US) dengan baik dan benar

Mahasiswa mampu memainkan notasi perkusi tingkat muda sesuai dengan teknik dan tempo yang tertera di dalam soal.

Kriteria:

Mahasiswa dinyatakan sangat baik apabila mampu memainkan 5 soal dengan tempo tetap.Mahasiswa dinyatakan baik apabila mampu memainkan 5 soal tempo tidak tetap. Mahasiswa dinyatakan cukup apabila mampu memainkan 4 soal dengan tempo tidak tetap.Mahasiswa dinyatakan kurang apabila belum mampu memainkan 3 soal dengan tempo tidak tetap

Tes Praktek
3 X 50

0%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
0%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.