|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Seni Musik
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Instrumen Pokok Perkusi Tingkat Pra Muda |
9122103044 |
|
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
2 |
19 Januari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Agus Suwahyono, S.Sn., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Pemahaman pengetahuan karakteristik Perkusi, serta penguasaan keterampilan dasar memainkannya, dengan menggunakan lagu-lagu dan Etude tingkat Pra Muda dengan strategi teori dan praktek |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Kennan Wylie.2008. Simple Steps To Successful Beginning Percussion .New york: Univercity Press.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Senyum Sadhana, S.Sn., M.Pd. Dhani Kristiandri, S.Pd., M.Sn. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mampu menguasai teknik bermain Instrumen Pokok Perkusi Tingkat Muda |
Mahasiswa mampu menyajikan teknik bermain Instrumen Pokok Perkusi Tingkat Muda |
Kriteria:
Mahasiswa dinyatakan sangat baik apabila mampu memainkan 4 etude dan repertoar perkusi tingkat muda dengan tempo tetap.Mahasiswa dinyatakan baik apabila mampu memainkan 3 etude dan repertoar perkusi tingkat muda dengan tempo tetap.Mahasiswa dinyatakan cukup apabila mampu memainkan 2 etude dan repertoar perkusi tingkat muda dengan tempo tetap.Mahasiswa dinyatakan kurang apabila mampu memainkan 1 etude dan repertoar perkusi tingkat muda dengan tempo tetap. |
Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, 3 X 50 |
|
|
0% |
2
Minggu ke 2 |
Mampu menguasai teknik bermain Instrumen Pokok Perkusi Tingkat Muda |
Mahasiswa mampu menyajikan teknik bermain Instrumen Pokok Perkusi Tingkat Muda |
Kriteria:
Mahasiswa dinyatakan sangat baik apabila mampu memainkan 4 etude dan repertoar perkusi tingkat muda dengan tempo tetap.Mahasiswa dinyatakan baik apabila mampu memainkan 3 etude dan repertoar perkusi tingkat muda dengan tempo tetap.Mahasiswa dinyatakan cukup apabila mampu memainkan 2 etude dan repertoar perkusi tingkat muda dengan tempo tetap.Mahasiswa dinyatakan kurang apabila mampu memainkan 1 etude dan repertoar perkusi tingkat muda dengan tempo tetap. |
Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, 3 X 50 |
|
|
0% |
3
Minggu ke 3 |
Mampu menguasai teknik bermain Instrumen Pokok Perkusi Tingkat Muda |
Mahasiswa mampu menyajikan teknik bermain Instrumen Pokok Perkusi Tingkat Muda |
Kriteria:
Mahasiswa dinyatakan sangat baik apabila mampu memainkan 4 etude dan repertoar perkusi tingkat muda dengan tempo tetap.Mahasiswa dinyatakan baik apabila mampu memainkan 3 etude dan repertoar perkusi tingkat muda dengan tempo tetap.Mahasiswa dinyatakan cukup apabila mampu memainkan 2 etude dan repertoar perkusi tingkat muda dengan tempo tetap.Mahasiswa dinyatakan kurang apabila mampu memainkan 1 etude dan repertoar perkusi tingkat muda dengan tempo tetap. |
Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, 3 X 50 |
|
|
0% |
4
Minggu ke 4 |
Mampu menguasai teknik bermain Instrumen Pokok Perkusi Tingkat Muda |
Mahasiswa mampu menyajikan teknik bermain Instrumen Pokok Perkusi Tingkat Muda |
Kriteria:
Mahasiswa dinyatakan sangat baik apabila mampu memainkan 4 etude dan repertoar perkusi tingkat muda dengan tempo tetap.Mahasiswa dinyatakan baik apabila mampu memainkan 3 etude dan repertoar perkusi tingkat muda dengan tempo tetap.Mahasiswa dinyatakan cukup apabila mampu memainkan 2 etude dan repertoar perkusi tingkat muda dengan tempo tetap.Mahasiswa dinyatakan kurang apabila mampu memainkan 1 etude dan repertoar perkusi tingkat muda dengan tempo tetap. |
Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, 3 X 50 |
|
|
0% |
5
Minggu ke 5 |
Mampu membaca notasi pola pola rhythm bentuk Instrumen Pokok Perkusi Tingkat Muda |
Mahasiswa mampu memainkan kembali pola pola bentuk rhythm Instrumen Pokok Perkusi Tingkat Muda |
Kriteria:
Mahasiswa dinyatakan sangat baik apabila mampu memainkan 4 etude dan repertoar perkusi tingkat muda dengan tempo tetap.Mahasiswa dinyatakan baik apabila mampu memainkan 3 etude dan repertoar perkusi tingkat muda dengan tempo tetap.Mahasiswa dinyatakan cukup apabila mampu memainkan 2 etude dan repertoar perkusi tingkat muda dengan tempo tetap.Mahasiswa dinyatakan kurang apabila mampu memainkan 1 etude dan repertoar perkusi tingkat muda dengan tempo tetap. |
Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, 3 X 50 |
|
|
0% |
6
Minggu ke 6 |
Mampu membaca notasi pola pola rhythm bentuk Instrumen Pokok Perkusi Tingkat Muda |
Mahasiswa mampu memainkan kembali pola pola bentuk rhythm Instrumen Pokok Perkusi Tingkat Muda |
Kriteria:
Mahasiswa dinyatakan sangat baik apabila mampu memainkan 4 etude dan repertoar perkusi tingkat muda dengan tempo tetap.Mahasiswa dinyatakan baik apabila mampu memainkan 3 etude dan repertoar perkusi tingkat muda dengan tempo tetap.Mahasiswa dinyatakan cukup apabila mampu memainkan 2 etude dan repertoar perkusi tingkat muda dengan tempo tetap.Mahasiswa dinyatakan kurang apabila mampu memainkan 1 etude dan repertoar perkusi tingkat muda dengan tempo tetap. |
Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, 3 X 50 |
|
|
0% |
7
Minggu ke 7 |
Mampu membaca notasi pola pola rhythm bentuk Instrumen Pokok Perkusi Tingkat Muda |
Mahasiswa mampu memainkan kembali pola pola bentuk rhythm Instrumen Pokok Perkusi Tingkat Muda |
Kriteria:
Mahasiswa dinyatakan sangat baik apabila mampu memainkan 4 etude dan repertoar perkusi tingkat muda dengan tempo tetap.Mahasiswa dinyatakan baik apabila mampu memainkan 3 etude dan repertoar perkusi tingkat muda dengan tempo tetap.Mahasiswa dinyatakan cukup apabila mampu memainkan 2 etude dan repertoar perkusi tingkat muda dengan tempo tetap.Mahasiswa dinyatakan kurang apabila mampu memainkan 1 etude dan repertoar perkusi tingkat muda dengan tempo tetap. |
Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, 3 X 50 |
|
|
0% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa mampu menjawab soal Ujian Sub Sumatif dengan baik dan benar |
Mampu memainkan Single Paradidle, Double Paradidle, Paradidle-didle dengan berbagai variasi bentuk |
Kriteria:
Mahasiswa dinyatakan sangat baik apabila mampu menjawab 4 soal praktek.Mahasiswa dinyatakan baik apabila mampu menjawab 3 soal praktek.Mahasiswa dinyatakan cukup apabila belum mampu menjawab 2 soal praktek.Mahasiswa dinyatakan kurang apabila belum mampu menjawab menjawab 1 soal praktek. |
Tes Praktek 3 X 50 |
|
|
0% |
9
Minggu ke 9 |
Mampu membaca notasi pola pola rhythm bentuk Instrumen Pokok Perkusi Tingkat Muda |
Mampu memainkan repertoar perkusi dengan bentuk pola pola latin rhythm. |
Kriteria:
Mahasiswa dinyatakan sangat baik apabila mampu memainkan 4 etude dan repertoar perkusi tingkat muda dengan tempo tetap.Mahasiswa dinyatakan baik apabila mampu memainkan 3 etude dan repertoar perkusi tingkat muda dengan tempo tetap.Mahasiswa dinyatakan cukup apabila mampu memainkan 2 etude dan repertoar perkusi tingkat muda dengan tempo tetap.Mahasiswa dinyatakan kurang apabila mampu memainkan 1 etude dan repertoar perkusi tingkat muda dengan tempo tetap. |
Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, 3 X 50 |
|
|
0% |
10
Minggu ke 10 |
Mampu membaca notasi pola pola rhythm bentuk Instrumen Pokok Perkusi Tingkat Muda |
Mampu memainkan repertoar perkusi dengan bentuk pola pola latin rhythm. |
Kriteria:
Mahasiswa dinyatakan sangat baik apabila mampu memainkan 4 etude dan repertoar perkusi tingkat muda dengan tempo tetap.Mahasiswa dinyatakan baik apabila mampu memainkan 3 etude dan repertoar perkusi tingkat muda dengan tempo tetap.Mahasiswa dinyatakan cukup apabila mampu memainkan 2 etude dan repertoar perkusi tingkat muda dengan tempo tetap.Mahasiswa dinyatakan kurang apabila mampu memainkan 1 etude dan repertoar perkusi tingkat muda dengan tempo tetap. |
Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, 3 X 50 |
|
|
0% |
11
Minggu ke 11 |
Mampu membaca notasi pola pola rhythm bentuk Instrumen Pokok Perkusi Tingkat Muda |
Mampu memainkan repertoar perkusi dengan bentuk pola pola latin rhythm. |
Kriteria:
Mahasiswa dinyatakan sangat baik apabila mampu memainkan 4 etude dan repertoar perkusi tingkat muda dengan tempo tetap.Mahasiswa dinyatakan baik apabila mampu memainkan 3 etude dan repertoar perkusi tingkat muda dengan tempo tetap.Mahasiswa dinyatakan cukup apabila mampu memainkan 2 etude dan repertoar perkusi tingkat muda dengan tempo tetap.Mahasiswa dinyatakan kurang apabila mampu memainkan 1 etude dan repertoar perkusi tingkat muda dengan tempo tetap. |
Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, 3 X 50 |
|
|
0% |
12
Minggu ke 12 |
Mampu mengembangkan pola pola bentuk Instrumen Pokok Perkusi Tingkat Muda |
Mahasiswa mampu memainkan kembali pola pola bentuk rhythm instrumen Pokok Perkusi Tingkat Muda yang sudah dikembangkan oleh Dosen |
Kriteria:
Mahasiswa dinyatakan sangat baik apabila mampu memainkan 4 etude dengan tempo tetap.Mahasiswa dinyatakan baik apabila mampu memainkan 3 etude dengan tempo tetap.Mahasiswa dinyatakan cukup apabila mampu memainkan 2 etude dengan tempo tetap.Mahasiswa dinyatakan kurang apabila mampu memainkan 1 etude dengan tempo tetap. |
Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, 3 X 50 |
|
|
0% |
13
Minggu ke 13 |
Mampu mengembangkan pola pola bentuk Instrumen Pokok Perkusi Tingkat Muda |
Mahasiswa mampu memainkan kembali pola pola bentuk rhythm instrumen Pokok Perkusi Tingkat Muda yang sudah dikembangkan oleh Dosen |
Kriteria:
Mahasiswa dinyatakan sangat baik apabila mampu memainkan 4 etude dengan tempo tetap.Mahasiswa dinyatakan baik apabila mampu memainkan 3 etude dengan tempo tetap.Mahasiswa dinyatakan cukup apabila mampu memainkan 2 etude dengan tempo tetap.Mahasiswa dinyatakan kurang apabila mampu memainkan 1 etude dengan tempo tetap. |
Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, 3 X 50 |
|
|
0% |
14
Minggu ke 14 |
Mampu mengembangkan pola pola bentuk Instrumen Pokok Perkusi Tingkat Muda |
Mahasiswa mampu memainkan kembali pola pola bentuk rhythm instrumen Pokok Perkusi Tingkat Muda yang sudah dikembangkan oleh Dosen |
Kriteria:
Mahasiswa dinyatakan sangat baik apabila mampu memainkan 4 etude dengan tempo tetap.Mahasiswa dinyatakan baik apabila mampu memainkan 3 etude dengan tempo tetap.Mahasiswa dinyatakan cukup apabila mampu memainkan 2 etude dengan tempo tetap.Mahasiswa dinyatakan kurang apabila mampu memainkan 1 etude dengan tempo tetap. |
Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, 3 X 50 |
|
|
0% |
15
Minggu ke 15 |
Mampu mengembangkan pola pola bentuk Instrumen Pokok Perkusi Tingkat Muda |
Mahasiswa mampu memainkan kembali pola pola bentuk rhythm instrumen Pokok Perkusi Tingkat Muda yang sudah dikembangkan oleh Dosen |
Kriteria:
Mahasiswa dinyatakan sangat baik apabila mampu memainkan 4 etude dengan tempo tetap.Mahasiswa dinyatakan baik apabila mampu memainkan 3 etude dengan tempo tetap.Mahasiswa dinyatakan cukup apabila mampu memainkan 2 etude dengan tempo tetap.Mahasiswa dinyatakan kurang apabila mampu memainkan 1 etude dengan tempo tetap. |
Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, 3 X 50 |
|
|
0% |
16
Minggu ke 16 |
Mahasiswa mampu menjawab soal Ujian Sumatif (US) dengan baik dan benar |
Mahasiswa mampu memainkan notasi perkusi tingkat muda sesuai dengan teknik dan tempo yang tertera di dalam soal. |
Kriteria:
Mahasiswa dinyatakan sangat baik apabila mampu memainkan 5 soal dengan tempo tetap.Mahasiswa dinyatakan baik apabila mampu memainkan 5 soal tempo tidak tetap. Mahasiswa dinyatakan cukup apabila mampu memainkan 4 soal dengan tempo tidak tetap.Mahasiswa dinyatakan kurang apabila belum mampu memainkan 3 soal dengan tempo tidak tetap |
Tes Praktek 3 X 50 |
|
|
0% |