Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Akuntansi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Kuliah Kerja Nyata

6220103049

Mata Kuliah Pilihan Program Studi

T=3

P=0

ECTS=4.77

6

8 Mei 2023

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Rendra Arief Hidayat, S.Pd., M.Sc.




Rendra Arief Hidayat, S.Pd., M.Sc.




Dr. Rohmawati Kusumaningtias, S.E., Ak., MSA.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu menunjukkan sikap bertanggung jawab pada evaluasi program proyek desa secara mandiri berdasarkan asas asas legalitas, kejelasan tujuan dan hasil; kemitraan, kesetaraan, dan kebersamaan; kepentingan nasional dan dsaerah; saling menghargai dan mengunbtungkan; menjunjung asas musyawarah untuk mufakat dalam setiap pengambilan keputusan; terencana; dapat dipertanggungjawabkan; dan berbasis indikator kinerja efektif dan efisien.‘

PO - 2

Mampu menguasai prinsip dan teknik perencanaan dan evaluasi program proyek desa

PO - 3

Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah hasil evaluasi program proyek desa

PO - 4

Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan evaluasi program proyek desa terhadap kegiatan yang telah dilaksanakan

PO - 5

Mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi program proyek desa dengan model evaluasi program yang tepat

PO - 6

Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data dalam pelaksanaan evaluasi program proyek desa

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-2
PO-1 
PO-2 
PO-3 
PO-4 
PO-5 
PO-6 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Pembelajaran dilakukan dengan pola Pra Penerjunan dan Penerjunan. Pra penerjunan, diberikandua bulan sebelum penerjunan KKN dengan memberikan materi kuliah

Pustaka

Utama :

  1. Tim Unesa. 2020. Pedoman pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Surabaya: Unesa

Pendukung :

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu menganalisis dan menyusun tujuan evaluasi program proyek desa

Laporan Akhir

Kriteria:

Sesuai pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
- Project based learning
100 menit

3 x 50
Materi: Sesuai pedoman
Pustaka: Tim Unesa. 2020. Pedoman pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Surabaya: Unesa
5%

2

Minggu ke 2

Mampu menganalisis dan menyusun tujuan evaluasi program proyek desa

Laporan Akhir

Kriteria:

Sesuai pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
- Project based learning
100 menit

3 x 50
Materi: Sesuai peodman
Pustaka: Tim Unesa. 2020. Pedoman pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Surabaya: Unesa
5%

3

Minggu ke 3

Mampu menerapkan prinsip, bentuk dan Teknik evaluasi program proyek desa

Laporan Akhir

Kriteria:

Sesuai pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
- Project based learning
100 menit

3 x 50
Materi: Sesuai peodman
Pustaka: Tim Unesa. 2020. Pedoman pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Surabaya: Unesa
5%

4

Minggu ke 4

Mampu menerapkan prinsip, bentuk dan Teknik evaluasi program proyek desa

Laporan Akhir

Kriteria:

Sesuai pedoman penskoran

- Project based learning
100 menit

3 x 50
Materi: Sesuai peodman
Pustaka: Tim Unesa. 2020. Pedoman pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Surabaya: Unesa
5%

5

Minggu ke 5

Mampu menyusun instrument evaluasi program proyek di desa

Laporan Akhir

Kriteria:

Sesuai pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
- Project based learning
100 menit

3 x 50
Materi: Sesuai peodman
Pustaka: Tim Unesa. 2020. Pedoman pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Surabaya: Unesa
5%

6

Minggu ke 6

Mampu menyusun instrument evaluasi program proyek di desa

Laporan Akhir

Kriteria:

Sesuai pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
- Project based learning
100 menit

3 x 50
Materi: Sesuai peodman
Pustaka: Tim Unesa. 2020. Pedoman pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Surabaya: Unesa
5%

7

Minggu ke 7

Mampu menyusun instrument evaluasi program proyek desa

Laporan Akhir

Kriteria:

Sesuai pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
- Project based learning
100 menit

3 x 50
Materi: Sesuai peodman
Pustaka: Tim Unesa. 2020. Pedoman pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Surabaya: Unesa
5%

8

Minggu ke 8

Menyusuan instrumen evaluasi proyek desa

Laporan akhir

Kriteria:

Sesuai pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
- Project based learning
100 menit

3 x 50
Materi: Sesuai peodman
Pustaka: Tim Unesa. 2020. Pedoman pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Surabaya: Unesa
5%

9

Minggu ke 9

Mampu mengolah data hasil evaluasi program proyek desa

Laporan Akhir

Kriteria:

Sesuai pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
- Project based learning
100 menit

3 x 50
Materi: Sesuai peodman
Pustaka: Tim Unesa. 2020. Pedoman pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Surabaya: Unesa
5%

10

Minggu ke 10

Mampu mengolah data hasil evaluasi program proyek desa

Laporan Akhir

Kriteria:

Sesuai pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
- Project based learning
100 menit

3 x 50
Materi: Sesuai peodman
Pustaka: Tim Unesa. 2020. Pedoman pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Surabaya: Unesa
5%

11

Minggu ke 11

Mampu mengolah data hasil evaluasi program proyek desa

Laporan Akhir

Kriteria:

Sesuai pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
- Project based learning
100 menit

3 x 50
Materi: Sesuai peodman
Pustaka: Tim Unesa. 2020. Pedoman pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Surabaya: Unesa
5%

12

Minggu ke 12

Mampu mengolah data hasil evaluasi program proyek desa

Laporan Akhir

Kriteria:

Sesuai pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
- Project based learning
100 menit

3 x 50
Materi: Sesuai peodman
Pustaka: Tim Unesa. 2020. Pedoman pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Surabaya: Unesa
5%

13

Minggu ke 13

Mampu menginterpretasikan hasil evaluasi dan penyimpulan program proyek desa

Laporan Akhir

Kriteria:

Sesuai pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
- Project based learning
100 menit

3 x 50
Materi: Sesuai peodman
Pustaka: Tim Unesa. 2020. Pedoman pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Surabaya: Unesa
5%

14

Minggu ke 14

Mampu menginterpretasikan hasil evaluasi dan penyimpulan program proyek desa

Laporan Akhir

Kriteria:

Sesuai pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
- Project based learning
100 menit

3 x 50
Materi: Sesuai peodman
Pustaka: Tim Unesa. 2020. Pedoman pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Surabaya: Unesa
10%

15

Minggu ke 15

Mampu menginterpretasikan hasil evaluasi dan penyimpulan program proyek desa

Laporan Akhir

Kriteria:

Sesuai pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
- Project based learning
100 menit

3 x 50
Materi: Sesuai peodman
Pustaka: Tim Unesa. 2020. Pedoman pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Surabaya: Unesa
10%

16

Minggu ke 16

Mampu menginterpretasikan hasil evaluasi dan penyimpulan program proyek desa

Laporan Akhir

Kriteria:

Sesuai pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
- Project based learning
100 menit

3 x 50
Materi: Sesuai peodman
Pustaka: Tim Unesa. 2020. Pedoman pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Surabaya: Unesa
20%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 50%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 50%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.