
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Akuntansi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Kuliah Kerja Nyata |
6220103049 |
Mata Kuliah Pilihan Program Studi |
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
6 |
8 Mei 2023 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Rendra Arief Hidayat, S.Pd., M.Sc.
|
Rendra Arief Hidayat, S.Pd., M.Sc.
|
Dr. Rohmawati Kusumaningtias, S.E., Ak., MSA. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu menunjukkan sikap bertanggung jawab pada evaluasi program proyek desa secara mandiri berdasarkan asas asas legalitas, kejelasan tujuan dan hasil; kemitraan, kesetaraan, dan kebersamaan; kepentingan nasional dan dsaerah; saling menghargai dan mengunbtungkan; menjunjung asas musyawarah untuk mufakat dalam setiap pengambilan keputusan; terencana; dapat dipertanggungjawabkan; dan berbasis indikator kinerja efektif dan efisien.‘
|
PO - 2 |
Mampu menguasai prinsip dan teknik perencanaan dan evaluasi program proyek desa
|
PO - 3 |
Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah hasil evaluasi program proyek desa
|
PO - 4 |
Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan evaluasi program proyek desa terhadap kegiatan yang telah dilaksanakan
|
PO - 5 |
Mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi program proyek desa dengan model evaluasi program yang tepat
|
PO - 6 |
Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data dalam pelaksanaan evaluasi program proyek desa
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-2 | PO-1 | ✔ | | PO-2 | ✔ | | PO-3 | | ✔ | PO-4 | | ✔ | PO-5 | | ✔ | PO-6 | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | ✔ | | | | | ✔ | | PO-4 | | | | | | ✔ | | | | | | | ✔ | ✔ | | ✔ | PO-5 | | | | | | | ✔ | | ✔ | | | ✔ | | | | | PO-6 | | | | | | | | ✔ | | | ✔ | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Pembelajaran dilakukan dengan pola Pra Penerjunan dan Penerjunan. Pra penerjunan, diberikandua bulan sebelum penerjunan KKN dengan memberikan materi kuliah |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Tim Unesa. 2020. Pedoman pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Surabaya: Unesa
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mampu menganalisis dan menyusun tujuan evaluasi program proyek desa |
Laporan Akhir |
Kriteria:
Sesuai pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
- Project based learning 100 menit |
3 x 50 |
Materi: Sesuai pedoman Pustaka: Tim Unesa. 2020. Pedoman pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Surabaya: Unesa |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mampu menganalisis dan menyusun tujuan evaluasi program proyek desa |
Laporan Akhir |
Kriteria:
Sesuai pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
- Project based learning 100 menit |
3 x 50 |
Materi: Sesuai peodman Pustaka: Tim Unesa. 2020. Pedoman pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Surabaya: Unesa |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mampu menerapkan prinsip, bentuk dan Teknik evaluasi program proyek desa |
Laporan Akhir |
Kriteria:
Sesuai pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
- Project based learning 100 menit |
3 x 50 |
Materi: Sesuai peodman Pustaka: Tim Unesa. 2020. Pedoman pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Surabaya: Unesa |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mampu menerapkan prinsip, bentuk dan Teknik evaluasi program proyek desa |
Laporan Akhir |
Kriteria:
Sesuai pedoman penskoran |
- Project based learning 100 menit |
3 x 50 |
Materi: Sesuai peodman Pustaka: Tim Unesa. 2020. Pedoman pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Surabaya: Unesa |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mampu menyusun instrument evaluasi program proyek di desa |
Laporan Akhir |
Kriteria:
Sesuai pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
- Project based learning 100 menit |
3 x 50 |
Materi: Sesuai peodman Pustaka: Tim Unesa. 2020. Pedoman pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Surabaya: Unesa |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mampu menyusun instrument evaluasi program proyek di desa |
Laporan Akhir |
Kriteria:
Sesuai pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
- Project based learning 100 menit |
3 x 50 |
Materi: Sesuai peodman Pustaka: Tim Unesa. 2020. Pedoman pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Surabaya: Unesa |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mampu menyusun instrument evaluasi program proyek desa |
Laporan Akhir |
Kriteria:
Sesuai pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
- Project based learning 100 menit |
3 x 50 |
Materi: Sesuai peodman Pustaka: Tim Unesa. 2020. Pedoman pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Surabaya: Unesa |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Menyusuan instrumen evaluasi proyek desa |
Laporan akhir |
Kriteria:
Sesuai pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
- Project based learning 100 menit |
3 x 50 |
Materi: Sesuai peodman Pustaka: Tim Unesa. 2020. Pedoman pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Surabaya: Unesa |
5% |
9
Minggu ke 9 |
Mampu mengolah data hasil evaluasi program proyek desa |
Laporan Akhir |
Kriteria:
Sesuai pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
- Project based learning 100 menit |
3 x 50 |
Materi: Sesuai peodman Pustaka: Tim Unesa. 2020. Pedoman pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Surabaya: Unesa |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mampu mengolah data hasil evaluasi program proyek desa |
Laporan Akhir |
Kriteria:
Sesuai pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
- Project based learning 100 menit |
3 x 50 |
Materi: Sesuai peodman Pustaka: Tim Unesa. 2020. Pedoman pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Surabaya: Unesa |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mampu mengolah data hasil evaluasi program proyek desa |
Laporan Akhir |
Kriteria:
Sesuai pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
- Project based learning 100 menit |
3 x 50 |
Materi: Sesuai peodman Pustaka: Tim Unesa. 2020. Pedoman pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Surabaya: Unesa |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mampu mengolah data hasil evaluasi program proyek desa |
Laporan Akhir |
Kriteria:
Sesuai pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
- Project based learning 100 menit |
3 x 50 |
Materi: Sesuai peodman Pustaka: Tim Unesa. 2020. Pedoman pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Surabaya: Unesa |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mampu menginterpretasikan hasil evaluasi dan penyimpulan program proyek desa |
Laporan Akhir |
Kriteria:
Sesuai pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
- Project based learning 100 menit |
3 x 50 |
Materi: Sesuai peodman Pustaka: Tim Unesa. 2020. Pedoman pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Surabaya: Unesa |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mampu menginterpretasikan hasil evaluasi dan penyimpulan program proyek desa |
Laporan Akhir |
Kriteria:
Sesuai pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
- Project based learning 100 menit |
3 x 50 |
Materi: Sesuai peodman Pustaka: Tim Unesa. 2020. Pedoman pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Surabaya: Unesa |
10% |
15
Minggu ke 15 |
Mampu menginterpretasikan hasil evaluasi dan penyimpulan program proyek desa |
Laporan Akhir |
Kriteria:
Sesuai pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
- Project based learning 100 menit |
3 x 50 |
Materi: Sesuai peodman Pustaka: Tim Unesa. 2020. Pedoman pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Surabaya: Unesa |
10% |
16
Minggu ke 16 |
Mampu menginterpretasikan hasil evaluasi dan penyimpulan program proyek desa |
Laporan Akhir |
Kriteria:
Sesuai pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
- Project based learning 100 menit |
3 x 50 |
Materi: Sesuai peodman Pustaka: Tim Unesa. 2020. Pedoman pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Surabaya: Unesa |
20% |