Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S3 Pendidikan Ekonomi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Filsafat Ilmu Pendidikan Ekonomi

8700302001

T=2

P=0

ECTS=5.04

1

3 Oktober 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Siti Sri Wulandari, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-5

Menguasai filosofi ilmu ekonomi yang diperlukan untuk mengembangkan pengetahuan baru pada bidang pendidikan ekonomi yang logis, kritis, dan inovatif dengan mengedepankan nilai-nilai budaya lokal, nasional dan global.

PLO-6

Menguasai filosofi perencanaan, strategi, dan asesmen serta pengelolaan kelas sehingga mampu mengembangkan dan mengevaluasi pembelajaran ekonomi yang original, inovatif, efektif dan sesuai perkembangan IPTEKS.

PLO-7

Menguasai metodologi penelitian untuk mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan/atau seni baru di bidang pendidikan ekonomi melalui riset atau penciptaan karya kreatif, original, dan teruji dengan pendekatan inter, multi dan transdisipliner dengan penuh tanggung jawab sesuai kaidah dan etika ilmiah.

PLO-8

Menguasai filosofi teori manajerial serta mengembangkannya dengan didukung oleh soft competency dalam bidang pendidikan ekonomi dengan penuh tanggung jawab serta menjunjung nilai-nilai budaya lokal, nasional dan global.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Filsafat Ilmu. Definisi dan Ruang Lingkup: Meneliti definisi filsafat ilmu dan bagaimana filsafat berfungsi dalam mengembangkan teori-teori ilmu. Epistemologi: Isu Kontemporer: Analisis isu-isu terkini dalam pendidikan ekonomi seperti globalisasi, perubahan teknologi, dan kebijakan pendidikan global. Ontologi: Pertanyaan tentang hakikat realitas dan bagaimana realitas ilmiah dipahami dalam konteks pendidikan ekonomi. Metodologi: Pendekatan dan metode penelitian dalam ilmu pendidikan ekonomi, termasuk metode kualitatif dan kuantitatif, serta metode campuran

PO - 2

Filsafat Pendidikan. Tujuan Pendidikan: Berbagai pandangan tentang tujuan dan fungsi pendidikan dalam masyarakat, termasuk perspektif humanistik, progresif, dan konservatif. Kurikulum dan Pedagogi: Filsafat di balik pengembangan kurikulum dan metodologi pengajaran, serta pengaruh teori pendidikan terhadap praktik pedagogis. Nilai dan Etika Pendidikan: Penelitian tentang nilai-nilai yang mendasari sistem pendidikan dan bagaimana etika memengaruhi kebijakan dan praktik pendidikan.

PO - 3

Ekonomi Pendidikan. Teori Ekonomi Pendidikan: Analisis teori-teori yang menjelaskan hubungan antara pendidikan dan ekonomi, termasuk teori investasi manusia dan teori modal manusia. Analisis Biaya dan Manfaat: Metode untuk mengevaluasi biaya dan manfaat dari berbagai kebijakan pendidikan serta dampaknya terhadap ekonomi. Kebijakan Pendidikan dan Ekonomi: Studi tentang bagaimana kebijakan pendidikan memengaruhi pertumbuhan ekonomi, ketimpangan sosial, dan mobilitas ekonomi.

PO - 4

Integrasi Filsafat dan Ekonomi dalam Pendidikan. Kritik Filsafat Ekonomi Pendidikan: Penilaian kritis terhadap pendekatan filsafat yang diterapkan dalam ekonomi pendidikan, serta dampaknya terhadap teori dan praktik. Paradigma dan Model: Pengembangan dan evaluasi model-model yang mengintegrasikan filsafat ilmu pendidikan dengan prinsip-prinsip ekonomi. Isu Kontemporer: Analisis isu-isu terkini dalam pendidikan ekonomi seperti globalisasi, perubahan teknologi, dan kebijakan pendidikan global.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-2PLO-3PLO-4PLO-5PLO-6PLO-7PLO-8
PO-1        
PO-2        
PO-3        
PO-4        

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Deskripsi mata kuliah filsafat ilmu pendidikan dan ekonomi ini menganalisis tentang bagaimana teori-teori filsafat dan ekonomi diterapkan dalam konteks pendidikan. Ini mencakup studi tentang epistemologi, ontologi, metodologi, dan praktik pendidikan serta kebijakan yang mempengaruhi pendidikan ekonomi. Dengan memahami teori-teori ini secara komprehensif, para peneliti dan praktisi dapat mengembangkan pendekatan yang lebih efektif untuk mengatasi tantangan dalam pendidikan ekonomi dan mencapai hasil yang lebih baik. Metode yang digunakan project based learning. Penilaian didasarkan pada semangat partisipatif, penugasan, dan tes serta non tes.

Pustaka

Utama :

  1. 1. Philosophy of Education: An Introduction; Penulis Richard Pring; Penerbit: Wiley-Blackwell; Tahun Terbit: 2022
  2. 2. The Philosophy of Economics: An Anthology; Editor: Daniel M. Hausman; Penerbit: Cambridge University Press; Tahun Terbit: 2022
  3. 3. Education and the Economy: A Philosophical Perspective; Penulis: David Carr; Penerbit: Routledge; Tahun Terbit: 2021
  4. 4. The Economics of Education: A Comprehensive Overview; Penulis: Ludger Woessmann dan Eric A. Hanushek; Penerbit: MIT Press; Tahun Terbit: 2022
  5. 5. Philosophy of Education in Action: Reflections on Economics and Pedagogy; Editor: James A. Sweeney; Penerbit: Palgrave Macmillan; Tahun Terbit: 2023

Pendukung :

  1. 1. The Role of Philosophy in Economic Education; Penulis: John B. Davis; Jurnal: Journal of Economic Education; Tahun Terbit: 2023
  2. 2. Epistemological Foundations of Economic Education; Penulis: Sandra J. Peart; Jurnal: Educational Philosophy and Theory; Tahun Terbit: 2022
  3. 3. Ontological Perspectives in Economic Education: Bridging Theory and Practice
  4. 4. Philosophical Approaches to Curriculum Development in Economics Education; Penulis: Lorraine A. Lim; Jurnal: Curriculum Inquiry; Tahun Terbit: 2022
  5. 5. Economic Theories and Educational Policy: A Philosophical Analysis; Penulis: Robert G. Branson; Jurnal: Educational Policy Analysis Archives; Tahun Terbit: 2023

Dosen Pengampu

Prof. Drs. Yoyok Soesatyo, S.H., M.M., Ph.D.

Dr. Siti Sri Wulandari, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah dan Diskusi untuk review artikel/ PjBL untuk publikasi di jurnal internasional
Ceramah dan Diskusi untuk review artikel/ PjBL untuk publikasi di jurnal internasional
0%

2

Minggu ke 2


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah dan Diskusi untuk review artikel/ PjBL untuk publikasi di jurnal internasional
Ceramah dan Diskusi untuk review artikel/ PjBL untuk publikasi di jurnal internasional
0%

3

Minggu ke 3


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Brainstorming, dan review artikel/buku/
Ceramah dan review artikel/buku/
0%

4

Minggu ke 4


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Diskusi dan Brainstorming serta review artikel/buku/
Diskusi serta review artikel/buku/
5%

5

Minggu ke 5


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Brainstorming dan review artikel/buku/
Brainstorming dan review artikel/buku/
0%

6

Minggu ke 6


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Diskusi dalam pendekatan project Study Methods /
Diskusi dalam pendekatan project Study Methods /
5%

7

Minggu ke 7


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi dalam pendekatan Project Study Methods
Diskusi dalam pendekatan Project Study Methods
5%

8

Minggu ke 8


Bentuk Penilaian :
Tes


20%

9

Minggu ke 9


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan review artikel/buku/buku series
Ceramah dan review artikel/buku/buku series
5%

10

Minggu ke 10


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah dan review artikel/buku/buku series
Ceramah dan review artikel/buku/buku series
5%

11

Minggu ke 11


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan review artikel/buku/buku series
Ceramah dan review artikel/buku/buku series
5%

12

Minggu ke 12


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Diskusi dan review artikel/ dan PjBL
Diskusi dan review artikel/ dan PjBL
0%

13

Minggu ke 13


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
PjBL Penulisan Buku berISBN
PjBL Penulisan Buku berISBN
0%

14

Minggu ke 14


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
PjBL Penulisan Buku berISBN
PjBL Penulisan Buku berISBN
0%

15

Minggu ke 15


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
PjBL Penulisan Buku berISBN
PjBL Penulisan Buku berISBN
5%

16

Minggu ke 16


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
UAS
UAS
0%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 27.5%
2. Praktik / Unjuk Kerja 7.5%
3. Tes 20%
55%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.