Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S1 Pendidikan Kimia

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Microteaching

8420402280

T=2

P=0

ECTS=3.18

0

22 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Prof. Dr. Utiya Azizah, M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
PO

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini mengkaji tentang manajemen berbasis sekolah, supervisi klinis melalui presentasi dan diskusi, dan memfasilitasi mahasiswa dalam mengembangkan perangkat pembelajaran berdasarkan kurikulum yang berlaku, kebutuhan dan keragaman peserta didik termasuk yang berkebutuhan khusus. Perangkat tersebut sebagai sarana menyiapkan mahasiswa dalam mengelola pembelajaran di sekolah untuk mata kuliah microteaching sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan yang berlaku melalui workshop dan diskusi. Mahasiswa dituntut memanfaatkan TIK dan hasil-hasil riset untuk menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran pada pendidikan dasar dan menengah. Selain itu juga membekali mahasiswa untuk memiliki keterampilan mengajar dalam bentuk micro teaching dan peer teaching.

Pustaka

Utama :

  1. 1. Nurkolis. 2003. Manajemen Berbasis Sekolah: Teori, Model, danAplikasi. Jakarta: Grasindo.

    2. Mulyasa, E. 2004. Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi, dan Implementasi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

    . Makawimbang, J.E. 2013. Supervisi KlinisTeori Dan Pengukurannya (Analisis di bidangPendidikan). Bandung: Alfabeta

    4. UPT-P4 Unesa. 2014. Pedoman Pengalaman Lapangan. Surabaya: University Press.

    5. Arends, R.I. 2012. Learning to Teach. New York: McGraw-Hill International Edition.

    6. Slavin, R.E. 2011. PsikologiPendidikan (TeoridanPraktik) (Terjemahan). Jakarta: PT Indeks.

    7. Baroncelli, Stefania., Farneti, Roberto., Horga, Ioan., Vanhoonacker , Sophie (eds). 2014. Teaching and Learning the European Union: Traditional and Innovative Method.Dordrecht: Springer.

    8. Susantini, E., dkk. 2014.Panduan Microteaching untuk Dosen, Mahasiswa, dan Crew. Surabaya: University Press.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Prof. Dr. Achmad Lutfi, M.Pd.

Prof. Dr. Harun Nasrudin, M.S.

ISMONO

Prof. Dr. Utiya Azizah, M.Pd.

Dr. Sukarmin, M.Pd.

Dr. Mitarlis, S.Pd., M.Si.

Dr. Muchlis, S.Pd., M.Pd.

Dr.Hj. Rinaningsih, S.Pd., M.Pd.

Dian Novita, S.T., M.Pd.

Dr. Kusumawati Dwiningsih, S.Pd., M.Pd.

Rusmini, S.Pd., M.Si.

Rusly Hidayah, S.Si., M.Pd.

Bertha Yonata, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Memahami tentang kurikulum 2013 (K13) dan kurikulum KTSP

Mampu menjelaskan kurikulum 2013 (K13) dan kurikulum KTSP

Kriteria:
  1. Penilaian dilakukan terhadap aspek berikut:
  2. 1. Partisipasi saat perkuliahan (bobot 2)
  3. 2. Membuat RPP lengkap (bobot 3)
  4. 3. Pendapat terhadap RPP yang dipresentasikan oleh kelompok, pengganti UTS (bobot 2)
  5. 4. Praktek mengajar menggunakan RPP lengkap yang sudah dibuatnya, untuk pengganti UAS (bobot 3)
  6. 5. NA akhir adalah (nilai partisipasi x2) (NIlai tugas x 3) (nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10
Ceramah dan diskusi
2 X 50

0%

2

Minggu ke 2

Memahami tentang kurikulum 2013 (K13) dan kurikulum KTSP

Mampu menjelaskan kurikulum 2013 (K13) dan kurikulum KTSP

Kriteria:
  1. Penilaian dilakukan terhadap aspek berikut:
  2. 1. Partisipasi saat perkuliahan (bobot 2)
  3. 2. Membuat RPP lengkap (bobot 3)
  4. 3. Pendapat terhadap RPP yang dipresentasikan oleh kelompok, pengganti UTS (bobot 2)
  5. 4. Praktek mengajar menggunakan RPP lengkap yang sudah dibuatnya, untuk pengganti UAS (bobot 3)
  6. 5. NA akhir adalah (nilai partisipasi x2) (NIlai tugas x 3) (nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10
Ceramah dan diskusi
2 X 50

0%

3

Minggu ke 3

Memahami tentang RPP, penilaian, media pembelajaran, bahan ajar

Mampu menjelaskan dan membuat RPP, penilaian, media pembelajaran, bahan ajar

Kriteria:
  1. Penilaian dilakukan terhadap aspek berikut:
  2. 1. Partisipasi saat perkuliahan (bobot 2)
  3. 2. Membuat RPP lengkap (bobot 3)
  4. 3. Pendapat terhadap RPP yang dipresentasikan oleh kelompok, pengganti UTS (bobot 2)
  5. 4. Praktek mengajar menggunakan RPP lengkap yang sudah dibuatnya, untuk pengganti UAS (bobot 3)
  6. 5. NA akhir adalah (nilai partisipasi x2) (NIlai tugas x 3) (nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10
Ceramah dan diskusi
2 X 50

0%

4

Minggu ke 4

Memahami tentang RPP, penilaian, media pembelajaran, bahan ajar

Mampu menjelaskan dan membuat RPP, penilaian, media pembelajaran, bahan ajar

Kriteria:
  1. Penilaian dilakukan terhadap aspek berikut:
  2. 1. Partisipasi saat perkuliahan (bobot 2)
  3. 2. Membuat RPP lengkap (bobot 3)
  4. 3. Pendapat terhadap RPP yang dipresentasikan oleh kelompok, pengganti UTS (bobot 2)
  5. 4. Praktek mengajar menggunakan RPP lengkap yang sudah dibuatnya, untuk pengganti UAS (bobot 3)
  6. 5. NA akhir adalah (nilai partisipasi x2) (NIlai tugas x 3) (nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10
Ceramah dan diskusi
2 X 50

0%

5

Minggu ke 5

Memahami tentang RPP, penilaian, media pembelajaran, bahan ajar

Mampu menjelaskan dan membuat RPP, penilaian, media pembelajaran, bahan ajar

Kriteria:
  1. Penilaian dilakukan terhadap aspek berikut:
  2. 1. Partisipasi saat perkuliahan (bobot 2)
  3. 2. Membuat RPP lengkap (bobot 3)
  4. 3. Pendapat terhadap RPP yang dipresentasikan oleh kelompok, pengganti UTS (bobot 2)
  5. 4. Praktek mengajar menggunakan RPP lengkap yang sudah dibuatnya, untuk pengganti UAS (bobot 3)
  6. 5. NA akhir adalah (nilai partisipasi x2) (NIlai tugas x 3) (nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10
Ceramah dan diskusi
2 X 50

0%

6

Minggu ke 6

Menguasai tentang pembelajaran bahasa Jepang

Mampu melaksanakan micro teaching dan instrospeksi isi micro teaching

Kriteria:
  1. Penilaian dilakukan terhadap aspek berikut:
  2. 1. Partisipasi saat perkuliahan (bobot 2)
  3. 2. Membuat RPP lengkap (bobot 3)
  4. 3. Pendapat terhadap RPP yang dipresentasikan oleh kelompok, pengganti UTS (bobot 2)
  5. 4. Praktek mengajar menggunakan RPP lengkap yang sudah dibuatnya, untuk pengganti UAS (bobot 3)
  6. 5. NA akhir adalah (nilai partisipasi x2) (NIlai tugas x 3) (nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10
Simulasi dan diskusi
2 X 50

0%

7

Minggu ke 7

Menguasai tentang pembelajaran bahasa Jepang

Mampu melaksanakan micro teaching dan instrospeksi isi micro teaching

Kriteria:
  1. Penilaian dilakukan terhadap aspek berikut:
  2. 1. Partisipasi saat perkuliahan (bobot 2)
  3. 2. Membuat RPP lengkap (bobot 3)
  4. 3. Pendapat terhadap RPP yang dipresentasikan oleh kelompok, pengganti UTS (bobot 2)
  5. 4. Praktek mengajar menggunakan RPP lengkap yang sudah dibuatnya, untuk pengganti UAS (bobot 3)
  6. 5. NA akhir adalah (nilai partisipasi x2) (NIlai tugas x 3) (nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10
Simulasi dan diskusi
2 X 50

0%

8

Minggu ke 8

Menguasai tentang pembelajaran bahasa Jepang

Mampu melaksanakan micro teaching dan instrospeksi isi micro teaching

Kriteria:
  1. Penilaian dilakukan terhadap aspek berikut:
  2. 1. Partisipasi saat perkuliahan (bobot 2)
  3. 2. Membuat RPP lengkap (bobot 3)
  4. 3. Pendapat terhadap RPP yang dipresentasikan oleh kelompok, pengganti UTS (bobot 2)
  5. 4. Praktek mengajar menggunakan RPP lengkap yang sudah dibuatnya, untuk pengganti UAS (bobot 3)
  6. 5. NA akhir adalah (nilai partisipasi x2) (NIlai tugas x 3) (nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10
Simulasi dan diskusi
2 X 50

0%

9

Minggu ke 9

Menguasai tentang pembelajaran bahasa Jepang

Mampu melaksanakan micro teaching dan instrospeksi isi micro teaching

Kriteria:
  1. Penilaian dilakukan terhadap aspek berikut:
  2. 1. Partisipasi saat perkuliahan (bobot 2)
  3. 2. Membuat RPP lengkap (bobot 3)
  4. 3. Pendapat terhadap RPP yang dipresentasikan oleh kelompok, pengganti UTS (bobot 2)
  5. 4. Praktek mengajar menggunakan RPP lengkap yang sudah dibuatnya, untuk pengganti UAS (bobot 3)
  6. 5. NA akhir adalah (nilai partisipasi x2) (NIlai tugas x 3) (nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10
Simulasi dan diskusi
2 X 50

0%

10

Minggu ke 10

Menguasai tentang pembelajaran bahasa Jepang

Mampu melaksanakan micro teaching dan instrospeksi isi micro teaching

Kriteria:
  1. Penilaian dilakukan terhadap aspek berikut:
  2. 1. Partisipasi saat perkuliahan (bobot 2)
  3. 2. Membuat RPP lengkap (bobot 3)
  4. 3. Pendapat terhadap RPP yang dipresentasikan oleh kelompok, pengganti UTS (bobot 2)
  5. 4. Praktek mengajar menggunakan RPP lengkap yang sudah dibuatnya, untuk pengganti UAS (bobot 3)
  6. 5. NA akhir adalah (nilai partisipasi x2) (NIlai tugas x 3) (nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10
Simulasi dan diskusi
2 X 50

0%

11

Minggu ke 11

Menguasai tentang pembelajaran bahasa Jepang

Mampu melaksanakan micro teaching dan instrospeksi isi micro teaching

Kriteria:
  1. Penilaian dilakukan terhadap aspek berikut:
  2. 1. Partisipasi saat perkuliahan (bobot 2)
  3. 2. Membuat RPP lengkap (bobot 3)
  4. 3. Pendapat terhadap RPP yang dipresentasikan oleh kelompok, pengganti UTS (bobot 2)
  5. 4. Praktek mengajar menggunakan RPP lengkap yang sudah dibuatnya, untuk pengganti UAS (bobot 3)
  6. 5. NA akhir adalah (nilai partisipasi x2) (NIlai tugas x 3) (nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10
Simulasi dan diskusi
2 X 50

0%

12

Minggu ke 12

Menguasai tentang pembelajaran bahasa Jepang

Mampu melaksanakan micro teaching dan instrospeksi isi micro teaching

Kriteria:
  1. Penilaian dilakukan terhadap aspek berikut:
  2. 1. Partisipasi saat perkuliahan (bobot 2)
  3. 2. Membuat RPP lengkap (bobot 3)
  4. 3. Pendapat terhadap RPP yang dipresentasikan oleh kelompok, pengganti UTS (bobot 2)
  5. 4. Praktek mengajar menggunakan RPP lengkap yang sudah dibuatnya, untuk pengganti UAS (bobot 3)
  6. 5. NA akhir adalah (nilai partisipasi x2) (NIlai tugas x 3) (nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10
Simulasi dan diskusi
2 X 50

0%

13

Minggu ke 13

Menguasai tentang pembelajaran bahasa Jepang

Mampu melaksanakan micro teaching dan instrospeksi isi micro teaching

Kriteria:
  1. Penilaian dilakukan terhadap aspek berikut:
  2. 1. Partisipasi saat perkuliahan (bobot 2)
  3. 2. Membuat RPP lengkap (bobot 3)
  4. 3. Pendapat terhadap RPP yang dipresentasikan oleh kelompok, pengganti UTS (bobot 2)
  5. 4. Praktek mengajar menggunakan RPP lengkap yang sudah dibuatnya, untuk pengganti UAS (bobot 3)
  6. 5. NA akhir adalah (nilai partisipasi x2) (NIlai tugas x 3) (nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10
Simulasi dan diskusi
2 X 50

0%

14

Minggu ke 14

Menguasai tentang pembelajaran bahasa Jepang

Mampu melaksanakan micro teaching dan instrospeksi isi micro teaching

Kriteria:
  1. Penilaian dilakukan terhadap aspek berikut:
  2. 1. Partisipasi saat perkuliahan (bobot 2)
  3. 2. Membuat RPP lengkap (bobot 3)
  4. 3. Pendapat terhadap RPP yang dipresentasikan oleh kelompok, pengganti UTS (bobot 2)
  5. 4. Praktek mengajar menggunakan RPP lengkap yang sudah dibuatnya, untuk pengganti UAS (bobot 3)
  6. 5. NA akhir adalah (nilai partisipasi x2) (NIlai tugas x 3) (nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10
Simulasi dan diskusi
2 X 50

0%

15

Minggu ke 15

Menguasai tentang pembelajaran bahasa Jepang

Mampu melaksanakan micro teaching dan instrospeksi isi micro teaching

Kriteria:
  1. Penilaian dilakukan terhadap aspek berikut:
  2. 1. Partisipasi saat perkuliahan (bobot 2)
  3. 2. Membuat RPP lengkap (bobot 3)
  4. 3. Pendapat terhadap RPP yang dipresentasikan oleh kelompok, pengganti UTS (bobot 2)
  5. 4. Praktek mengajar menggunakan RPP lengkap yang sudah dibuatnya, untuk pengganti UAS (bobot 3)
  6. 5. NA akhir adalah (nilai partisipasi x2) (NIlai tugas x 3) (nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10
Simulasi dan diskusi
2 X 50

0%

16

Minggu ke 16



0%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
0%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.