|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S1 Pendidikan Kimia
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Microteaching |
8420402280 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
0 |
22 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Prof. Dr. Utiya Azizah, M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini mengkaji tentang manajemen berbasis sekolah, supervisi klinis melalui presentasi dan diskusi, dan memfasilitasi mahasiswa dalam mengembangkan perangkat pembelajaran berdasarkan kurikulum yang berlaku, kebutuhan dan keragaman peserta didik termasuk yang berkebutuhan khusus. Perangkat tersebut sebagai sarana menyiapkan mahasiswa dalam mengelola pembelajaran di sekolah untuk mata kuliah microteaching sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan yang berlaku melalui workshop dan diskusi. Mahasiswa dituntut memanfaatkan TIK dan hasil-hasil riset untuk menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran pada pendidikan dasar dan menengah. Selain itu juga membekali mahasiswa untuk memiliki keterampilan mengajar dalam bentuk micro teaching dan peer teaching. |
Pustaka
|
Utama : |
|
-
1. Nurkolis. 2003. Manajemen Berbasis Sekolah: Teori, Model, danAplikasi. Jakarta: Grasindo. 2. Mulyasa, E. 2004. Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi, dan Implementasi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya. . Makawimbang, J.E. 2013. Supervisi KlinisTeori Dan Pengukurannya (Analisis di bidangPendidikan). Bandung: Alfabeta 4. UPT-P4 Unesa. 2014. Pedoman Pengalaman Lapangan. Surabaya: University Press. 5. Arends, R.I. 2012. Learning to Teach. New York: McGraw-Hill International Edition. 6. Slavin, R.E. 2011. PsikologiPendidikan (TeoridanPraktik) (Terjemahan). Jakarta: PT Indeks. 7. Baroncelli, Stefania., Farneti, Roberto., Horga, Ioan., Vanhoonacker , Sophie (eds). 2014. Teaching and Learning the European Union: Traditional and Innovative Method.Dordrecht: Springer. 8. Susantini, E., dkk. 2014.Panduan Microteaching untuk Dosen, Mahasiswa, dan Crew. Surabaya: University Press.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dr. Achmad Lutfi, M.Pd. Prof. Dr. Harun Nasrudin, M.S. ISMONO Prof. Dr. Utiya Azizah, M.Pd. Dr. Sukarmin, M.Pd. Dr. Mitarlis, S.Pd., M.Si. Dr. Muchlis, S.Pd., M.Pd. Dr.Hj. Rinaningsih, S.Pd., M.Pd. Dian Novita, S.T., M.Pd. Dr. Kusumawati Dwiningsih, S.Pd., M.Pd. Rusmini, S.Pd., M.Si. Rusly Hidayah, S.Si., M.Pd. Bertha Yonata, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Memahami tentang kurikulum 2013 (K13) dan kurikulum KTSP |
Mampu menjelaskan kurikulum 2013 (K13) dan kurikulum KTSP |
Kriteria:
- Penilaian dilakukan terhadap aspek berikut:
- 1. Partisipasi saat perkuliahan (bobot 2)
- 2. Membuat RPP lengkap (bobot 3)
- 3. Pendapat terhadap RPP yang dipresentasikan oleh kelompok, pengganti UTS (bobot 2)
- 4. Praktek mengajar menggunakan RPP lengkap yang sudah dibuatnya, untuk pengganti UAS (bobot 3)
- 5. NA akhir adalah (nilai partisipasi x2) (NIlai tugas x 3) (nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10
|
Ceramah dan diskusi 2 X 50 |
|
|
0% |
2
Minggu ke 2 |
Memahami tentang kurikulum 2013 (K13) dan kurikulum KTSP |
Mampu menjelaskan kurikulum 2013 (K13) dan kurikulum KTSP |
Kriteria:
- Penilaian dilakukan terhadap aspek berikut:
- 1. Partisipasi saat perkuliahan (bobot 2)
- 2. Membuat RPP lengkap (bobot 3)
- 3. Pendapat terhadap RPP yang dipresentasikan oleh kelompok, pengganti UTS (bobot 2)
- 4. Praktek mengajar menggunakan RPP lengkap yang sudah dibuatnya, untuk pengganti UAS (bobot 3)
- 5. NA akhir adalah (nilai partisipasi x2) (NIlai tugas x 3) (nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10
|
Ceramah dan diskusi 2 X 50 |
|
|
0% |
3
Minggu ke 3 |
Memahami tentang RPP, penilaian, media pembelajaran, bahan ajar |
Mampu menjelaskan dan membuat RPP, penilaian, media pembelajaran, bahan ajar |
Kriteria:
- Penilaian dilakukan terhadap aspek berikut:
- 1. Partisipasi saat perkuliahan (bobot 2)
- 2. Membuat RPP lengkap (bobot 3)
- 3. Pendapat terhadap RPP yang dipresentasikan oleh kelompok, pengganti UTS (bobot 2)
- 4. Praktek mengajar menggunakan RPP lengkap yang sudah dibuatnya, untuk pengganti UAS (bobot 3)
- 5. NA akhir adalah (nilai partisipasi x2) (NIlai tugas x 3) (nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10
|
Ceramah dan diskusi 2 X 50 |
|
|
0% |
4
Minggu ke 4 |
Memahami tentang RPP, penilaian, media pembelajaran, bahan ajar |
Mampu menjelaskan dan membuat RPP, penilaian, media pembelajaran, bahan ajar |
Kriteria:
- Penilaian dilakukan terhadap aspek berikut:
- 1. Partisipasi saat perkuliahan (bobot 2)
- 2. Membuat RPP lengkap (bobot 3)
- 3. Pendapat terhadap RPP yang dipresentasikan oleh kelompok, pengganti UTS (bobot 2)
- 4. Praktek mengajar menggunakan RPP lengkap yang sudah dibuatnya, untuk pengganti UAS (bobot 3)
- 5. NA akhir adalah (nilai partisipasi x2) (NIlai tugas x 3) (nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10
|
Ceramah dan diskusi 2 X 50 |
|
|
0% |
5
Minggu ke 5 |
Memahami tentang RPP, penilaian, media pembelajaran, bahan ajar |
Mampu menjelaskan dan membuat RPP, penilaian, media pembelajaran, bahan ajar |
Kriteria:
- Penilaian dilakukan terhadap aspek berikut:
- 1. Partisipasi saat perkuliahan (bobot 2)
- 2. Membuat RPP lengkap (bobot 3)
- 3. Pendapat terhadap RPP yang dipresentasikan oleh kelompok, pengganti UTS (bobot 2)
- 4. Praktek mengajar menggunakan RPP lengkap yang sudah dibuatnya, untuk pengganti UAS (bobot 3)
- 5. NA akhir adalah (nilai partisipasi x2) (NIlai tugas x 3) (nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10
|
Ceramah dan diskusi 2 X 50 |
|
|
0% |
6
Minggu ke 6 |
Menguasai tentang pembelajaran bahasa Jepang |
Mampu melaksanakan micro teaching dan instrospeksi isi micro teaching |
Kriteria:
- Penilaian dilakukan terhadap aspek berikut:
- 1. Partisipasi saat perkuliahan (bobot 2)
- 2. Membuat RPP lengkap (bobot 3)
- 3. Pendapat terhadap RPP yang dipresentasikan oleh kelompok, pengganti UTS (bobot 2)
- 4. Praktek mengajar menggunakan RPP lengkap yang sudah dibuatnya, untuk pengganti UAS (bobot 3)
- 5. NA akhir adalah (nilai partisipasi x2) (NIlai tugas x 3) (nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10
|
Simulasi dan diskusi 2 X 50 |
|
|
0% |
7
Minggu ke 7 |
Menguasai tentang pembelajaran bahasa Jepang |
Mampu melaksanakan micro teaching dan instrospeksi isi micro teaching |
Kriteria:
- Penilaian dilakukan terhadap aspek berikut:
- 1. Partisipasi saat perkuliahan (bobot 2)
- 2. Membuat RPP lengkap (bobot 3)
- 3. Pendapat terhadap RPP yang dipresentasikan oleh kelompok, pengganti UTS (bobot 2)
- 4. Praktek mengajar menggunakan RPP lengkap yang sudah dibuatnya, untuk pengganti UAS (bobot 3)
- 5. NA akhir adalah (nilai partisipasi x2) (NIlai tugas x 3) (nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10
|
Simulasi dan diskusi 2 X 50 |
|
|
0% |
8
Minggu ke 8 |
Menguasai tentang pembelajaran bahasa Jepang |
Mampu melaksanakan micro teaching dan instrospeksi isi micro teaching |
Kriteria:
- Penilaian dilakukan terhadap aspek berikut:
- 1. Partisipasi saat perkuliahan (bobot 2)
- 2. Membuat RPP lengkap (bobot 3)
- 3. Pendapat terhadap RPP yang dipresentasikan oleh kelompok, pengganti UTS (bobot 2)
- 4. Praktek mengajar menggunakan RPP lengkap yang sudah dibuatnya, untuk pengganti UAS (bobot 3)
- 5. NA akhir adalah (nilai partisipasi x2) (NIlai tugas x 3) (nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10
|
Simulasi dan diskusi 2 X 50 |
|
|
0% |
9
Minggu ke 9 |
Menguasai tentang pembelajaran bahasa Jepang |
Mampu melaksanakan micro teaching dan instrospeksi isi micro teaching |
Kriteria:
- Penilaian dilakukan terhadap aspek berikut:
- 1. Partisipasi saat perkuliahan (bobot 2)
- 2. Membuat RPP lengkap (bobot 3)
- 3. Pendapat terhadap RPP yang dipresentasikan oleh kelompok, pengganti UTS (bobot 2)
- 4. Praktek mengajar menggunakan RPP lengkap yang sudah dibuatnya, untuk pengganti UAS (bobot 3)
- 5. NA akhir adalah (nilai partisipasi x2) (NIlai tugas x 3) (nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10
|
Simulasi dan diskusi 2 X 50 |
|
|
0% |
10
Minggu ke 10 |
Menguasai tentang pembelajaran bahasa Jepang |
Mampu melaksanakan micro teaching dan instrospeksi isi micro teaching |
Kriteria:
- Penilaian dilakukan terhadap aspek berikut:
- 1. Partisipasi saat perkuliahan (bobot 2)
- 2. Membuat RPP lengkap (bobot 3)
- 3. Pendapat terhadap RPP yang dipresentasikan oleh kelompok, pengganti UTS (bobot 2)
- 4. Praktek mengajar menggunakan RPP lengkap yang sudah dibuatnya, untuk pengganti UAS (bobot 3)
- 5. NA akhir adalah (nilai partisipasi x2) (NIlai tugas x 3) (nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10
|
Simulasi dan diskusi 2 X 50 |
|
|
0% |
11
Minggu ke 11 |
Menguasai tentang pembelajaran bahasa Jepang |
Mampu melaksanakan micro teaching dan instrospeksi isi micro teaching |
Kriteria:
- Penilaian dilakukan terhadap aspek berikut:
- 1. Partisipasi saat perkuliahan (bobot 2)
- 2. Membuat RPP lengkap (bobot 3)
- 3. Pendapat terhadap RPP yang dipresentasikan oleh kelompok, pengganti UTS (bobot 2)
- 4. Praktek mengajar menggunakan RPP lengkap yang sudah dibuatnya, untuk pengganti UAS (bobot 3)
- 5. NA akhir adalah (nilai partisipasi x2) (NIlai tugas x 3) (nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10
|
Simulasi dan diskusi 2 X 50 |
|
|
0% |
12
Minggu ke 12 |
Menguasai tentang pembelajaran bahasa Jepang |
Mampu melaksanakan micro teaching dan instrospeksi isi micro teaching |
Kriteria:
- Penilaian dilakukan terhadap aspek berikut:
- 1. Partisipasi saat perkuliahan (bobot 2)
- 2. Membuat RPP lengkap (bobot 3)
- 3. Pendapat terhadap RPP yang dipresentasikan oleh kelompok, pengganti UTS (bobot 2)
- 4. Praktek mengajar menggunakan RPP lengkap yang sudah dibuatnya, untuk pengganti UAS (bobot 3)
- 5. NA akhir adalah (nilai partisipasi x2) (NIlai tugas x 3) (nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10
|
Simulasi dan diskusi 2 X 50 |
|
|
0% |
13
Minggu ke 13 |
Menguasai tentang pembelajaran bahasa Jepang |
Mampu melaksanakan micro teaching dan instrospeksi isi micro teaching |
Kriteria:
- Penilaian dilakukan terhadap aspek berikut:
- 1. Partisipasi saat perkuliahan (bobot 2)
- 2. Membuat RPP lengkap (bobot 3)
- 3. Pendapat terhadap RPP yang dipresentasikan oleh kelompok, pengganti UTS (bobot 2)
- 4. Praktek mengajar menggunakan RPP lengkap yang sudah dibuatnya, untuk pengganti UAS (bobot 3)
- 5. NA akhir adalah (nilai partisipasi x2) (NIlai tugas x 3) (nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10
|
Simulasi dan diskusi 2 X 50 |
|
|
0% |
14
Minggu ke 14 |
Menguasai tentang pembelajaran bahasa Jepang |
Mampu melaksanakan micro teaching dan instrospeksi isi micro teaching |
Kriteria:
- Penilaian dilakukan terhadap aspek berikut:
- 1. Partisipasi saat perkuliahan (bobot 2)
- 2. Membuat RPP lengkap (bobot 3)
- 3. Pendapat terhadap RPP yang dipresentasikan oleh kelompok, pengganti UTS (bobot 2)
- 4. Praktek mengajar menggunakan RPP lengkap yang sudah dibuatnya, untuk pengganti UAS (bobot 3)
- 5. NA akhir adalah (nilai partisipasi x2) (NIlai tugas x 3) (nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10
|
Simulasi dan diskusi 2 X 50 |
|
|
0% |
15
Minggu ke 15 |
Menguasai tentang pembelajaran bahasa Jepang |
Mampu melaksanakan micro teaching dan instrospeksi isi micro teaching |
Kriteria:
- Penilaian dilakukan terhadap aspek berikut:
- 1. Partisipasi saat perkuliahan (bobot 2)
- 2. Membuat RPP lengkap (bobot 3)
- 3. Pendapat terhadap RPP yang dipresentasikan oleh kelompok, pengganti UTS (bobot 2)
- 4. Praktek mengajar menggunakan RPP lengkap yang sudah dibuatnya, untuk pengganti UAS (bobot 3)
- 5. NA akhir adalah (nilai partisipasi x2) (NIlai tugas x 3) (nilai UTS x 2) nilai UAS (3) dibagi 10
|
Simulasi dan diskusi 2 X 50 |
|
|
0% |
16
Minggu ke 16 |
|
|
|
|
|
|
0% |