Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S2 Pendidikan Sains

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

STEAM dan Isu Terbaru dalam Pendidikan Sains (STEAM and Current Issues in Science Education)

8410102242

T=2

P=0

ECTS=4.48

1

18 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Prof. Dr. Eko Hariyono, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-7

Merancang dan mengelola bidang pendidikan IPA melalui kajian keilmuan serta menyusun konsepsi dan kajian ilmiah berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah untuk meningkatkan kapasitas diri dalam lingkup lokal, nasional, maupun internasional.

PLO-9

Merancang dan mengembangkan perangkat pembelajaran yang inovatif untuk memecahkan masalah pembelajaran dan meningkatkan kualitas pembelajaran IPA secara berkelanjutan dalam mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs).

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menerapkan konsep STEAM dalam perancangan dan pengembangan kurikulum pendidikan sains yang inovatif dan relevan dengan isu terkini (C3)

PO - 2

Menganalisis dan mengevaluasi isu-isu terbaru dalam pendidikan sains untuk mengidentifikasi peluang dan tantangan dalam integrasi STEAM (C4, C5)

PO - 3

Mengembangkan strategi pembelajaran yang kolaboratif dan inovatif dalam STEAM untuk meningkatkan keterampilan kritis dan kreatif siswa (C6)

PO - 4

Merancang penelitian yang mengintegrasikan konsep STEAM untuk mengatasi masalah pendidikan sains yang spesifik (C6)

PO - 5

Menerapkan teknik evaluasi dan refleksi dalam pengajaran sains untuk memastikan pembelajaran yang efektif dan inklusif berbasis STEAM (C3, C5)

PO - 6

Menganalisis dampak penggunaan teknologi dalam pendidikan STEAM terhadap hasil belajar siswa dan pengembangan profesional guru (C4)

PO - 7

Menciptakan materi ajar yang mengintegrasikan aspek sains, teknologi, rekayasa, seni, dan matematika untuk mendukung pencapaian SDGs (C6)

PO - 8

Mengevaluasi keefektifan metode pembelajaran STEAM dalam meningkatkan pemahaman konseptual dan aplikatif siswa (C5)

PO - 9

Menganalisis dan mengadaptasi pendekatan STEAM dalam konteks multikultural dan multilinguistik untuk mempromosikan inklusivitas dan adaptabilitas (C4)

PO - 10

Menciptakan inisiatif dan proyek kolaboratif yang memanfaatkan prinsip STEAM untuk mengatasi masalah lokal dan global (C6)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-3PLO-4PLO-7PLO-9
PO-1   
PO-2   
PO-3   
PO-4   
PO-5   
PO-6   
PO-7    
PO-8   
PO-9   
PO-10   

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9
PO-10

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah STEAM dan Isu Terbaru Dalam Pendidikan Sains pada jenjang S2 dalam program studi Pendidikan Sains bertujuan untuk mendalami konsep-konsep pendidikan sains yang terintegrasi dengan pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, Mathematics) serta memperkenalkan isu-isu terkini dalam bidang sains dan pendidikan sains. Mata kuliah ini mencakup pemahaman tentang pengembangan dan penerapan project sains berbasis STEAM, pengembangan kurikulum berbasis STEAM, serta analisis terhadap perkembangan terbaru dalam dunia sains dan teknologi yang relevan dengan konteks pendidikan. Ruang lingkupnya meliputi diskusi tentang brainstroming STEAM dan isu terbaru pendidikan sains, integrasi antar disiplin ilmu, implementasi teknologi dalam pembelajaran sains, serta pemahaman mendalam terhadap isu-isu kontemporer dalam pendidikan sains. Dengan mengikuti matakuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan keterampilan untuk merancang dan melaksanakan pembelajaran sains yang inovatif serta mampu menghadapi tantangan pendidikan sains di era modern.

Pustaka

Utama :

Pendukung :

Dosen Pengampu

Prof. Dr. Eko Hariyono, S.Pd., M.Pd.

Beni Setiawan, S.Pd., M.Pd., Ph.D.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1



0%

2

Minggu ke 2



0%

3

Minggu ke 3



0%

4

Minggu ke 4



0%

5

Minggu ke 5



0%

6

Minggu ke 6



0%

7

Minggu ke 7



0%

8

Minggu ke 8



0%

9

Minggu ke 9



0%

10

Minggu ke 10



0%

11

Minggu ke 11



0%

12

Minggu ke 12



0%

13

Minggu ke 13



0%

14

Minggu ke 14



0%

15

Minggu ke 15



0%

16

Minggu ke 16



0%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
0%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.