Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan & Rekreasi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Biomekanik Olahraga

8520102025

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

2

6 Juli 2022

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Muchamad Arif Al Ardha, S.Pd., M.Ed., Ph.D.




Dr. Setiyo Hartoto, M.Kes.




Dr. Mochamad Ridwan, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu memahami dan menguasai analisis gerak dan fungsi tubuh manusia sebagai suatu sistem melalui penerapan pengetahuan anatomi dan kinesiologi yang didasari konsep mekanika serta aplikasinya dalam berbagai macam kegiatan cabang olahraga

Matrik PLO-PO

 
PO
PO-1

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Pemahaman dan penguasaan analisis gerak dan fungsi tubuh manusia sebagai suatu sistem melalui penerapan pengetahuan anatomi dan kinesiologi yang didasari konsep mekanika serta aplikasinya dalam berbagai macam kegiatan cabang olahraga

Pustaka

Utama :

  1. Blazevich, Anthony.2007. Sports Biomechanics. Black Publishers: London
  2. Knudson, Duane.2007. Fundamentals of Biomechanics Second Edition .Springer:New York
  3. Zatsiorsky, Vladimir.2000. Biomechanics in Sports. Blackwell Science.Ltd.Oxford:London
  4. Giancolli, C. Douglas. Fisika Dasar untuk Universitas .Erlangga:Jakarta
  5. Hartono, Soetanto.2007. Anatomi Dasar dan Kinesiologi . Unesa University Press: Surabaya
  6. Kartiko, Dwi Cahyo dan Habibbulloh.2014. Biomekanik Olahraga . Unesa University Press: Surabaya
  7. R. Putz dan R. Pabst.2000. Sobotta Atlas Der Anatomie Des Menschen, Edisi 21. Alih bahasa, Septelia Inawati Wanandi, 2000. EGC: Jakarta

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dr. Drs. Bambang Ferianto Tjahyo Kuntjoro, M.Pd.

Prof. Dr. Dwi Cahyo Kartiko, S.Pd., M.Kes.

Muchamad Arif Al Ardha, S.Pd., M.Ed., Ph.D.

Moh. Fathur Rohman, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Menjelaskan tentang pengertian, tujuan, manfaat, dan rasional biomekanik olahraga

  1. - Mampu menjelaskan pengertian biomekanik olahraga
  2. - Mampu menjelaskan tujuan biomekanik olahraga
  3. - Mampu menjelaskan manfaat biomekanik olahraga
Kriteria:
  1. Skor 100 jika mahasiswa mampu menjelaskan semua konsep pada indikator penilaian
  2. Skor 60 jika mahasiswa mampu menjelaskan 3 konsep pada indikator penilaian
  3. Skor 70 jika mahasiswa mampu menjelaskan 2 konsep pada indikator penilaian
  4. Skor 60 jika mahasiswa mampu menjelaskan 1 konsep pada indikator penilaian

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio, Tes
Ceramah, diskusi, dan tanya jawab
2 X 50

Materi: Pengantar Biomekanika
Pustaka: Blazevich, Anthony.2007. Sports Biomechanics. Black Publishers: London
2%

2

Minggu ke 2

menganalisisgerakan dalam berbagai cabang olahraga berdasarkan prinsip prinsip biomekanik olahraga

  1. - memberikan contoh analisis berdasarkan prinsip -prinsip biomekanik olaraga pada berbagai cabang olahraga.
  2. -prinsip biomekanik olaraga pada berbagai cabang olahraga. - memberikan analisis untuk cabang olahraga yang lain. mampu menguasai sistematika gerakan yang benar berdasarkan analisis yang dilakukan
Kriteria:
  1. Skor 100 jika mahasiswa mampu menjelaskan semua konsep pada indikator penilaian
  2. Skor 75 jika mahasiswa mampu menjelaskan 2 konsep pada indikator penilaian
  3. Skor 50 jika mahasiswa mampu menjelaskan 1 konsep pada indikator penilaian

Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Ceramah, diskusi dan tanya jawab
2 X 50

Materi: Pengantar Biomekanika
Pustaka: Blazevich, Anthony.2007. Sports Biomechanics. Black Publishers: London
2%

3

Minggu ke 3

Menjelaskan berbagai persendian dan berbagai cidera yang mungkin dialami, serta otot origo dan insersio dalam tubuh manusia

  1. - mampu menjelaskan berbagai macam persendian dalam tubuh manusia - memberikan contoh dan menganalisis cedera yang dialami atlet
  2. - mampu menjelaskan otot origo dan insersio
Kriteria:
  1. Skor 100 jika mahasiswa mampu menjelaskan semua konsep pada indikator penilaian
  2. Skor 75 jika mahasiswa mampu menjelaskan 2 konsep pada indikator penilaian
  3. Skor 50 jika mahasiswa mampu menjelaskan 1 konsep pada indikator penilaian

Bentuk Penilaian :
Tes
Ceramah, diskusi dan tanya jawab
2 X 50

Materi: Sport Biomechanics
Pustaka: Knudson, Duane.2007. Fundamentals of Biomechanics Second Edition .Springer:New York
2%

4

Minggu ke 4

Menjelaskan tentang konsep keseimbangan

  1. - Mendeskripsikan pengertian keseimbangan
  2. - Menguasai faktor-faktor yang mempengaruhi keseimbangan
  3. - Mendeskripsikan berbagai macam keseimbangan
Kriteria:
  1. Skor 100 jika mahasiswa mampu menjelaskan semua konsep pada indikator penilaian
  2. Skor 75 jika mahasiswa mampu menjelaskan 3 konsep pada indikator penilaian
  3. Skor 50 jika mahasiswa mampu menjelaskan 1 konsep pada indikator penilaian

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi, tanya jawab
2 X 50

Materi: Sport Biomechanics
Pustaka: Knudson, Duane.2007. Fundamentals of Biomechanics Second Edition .Springer:New York
2%

5

Minggu ke 5

Menganalisis berbagai cabang olahraga berdasarkan konsep gaya dan hukum Newton.

  1. - Memahami pengertian/definisi konsep gaya.
  2. - Mengetahui dan mampu menganalisis penyebab dan besarnya gaya yang ditimbulkan.
  3. - Menganalisis pengaruh gaya terhadap gerakan
  4. - Mengaplikasikan konsep gaya dalam berbagai cabang olahraga
  5. - Menganalisis kasus dalam berbagai cabang olahraga dengan prinsip hukum newton 1 (law of inertia)
Kriteria:
  1. Skor 100 jika mahasiswa mampu menjelaskan semua konsep pada indikator penilaian
  2. Skor 75 jika mahasiswa mampu menjelaskan 4 konsep pada indikator penilaian
  3. Skor 50 jika mahasiswa mampu menjelaskan 2 konsep pada indikator penilaian
Ceramah, diskusi, dan tanya jawab
2 X 50

Materi: Newton Law
Pustaka: Knudson, Duane.2007. Fundamentals of Biomechanics Second Edition .Springer:New York
2%

6

Minggu ke 6

Menganalisis berbagai cabang olahraga berdasarkan konsep impuls momentum, tuas/pengungkit, dan momen gaya/torsi

  1. - memahami dan menguasai prinsip impuls dan momentum serta aplikasinya dalam cabang olahraga. - Mengklasifikasikan tipe tuas yang dimaksudkan. memahami dan menguasai prinsip momen gaya serta aplikasinya dalam cabang olahraga.
  2. - Memahami berbagai macam jenis tuas dan perbedaan karakteristiknya.
  3. - Mengidentifikasi penerapan tuas/pengungkit di dalam berbagai macam cabang olahraga
Kriteria:
  1. Skor 100 jika mahasiswa mampu menjelaskan semua konsep pada indikator penilaian
  2. Skor 75 jika mahasiswa mampu menjelaskan 3 konsep pada indikator penilaian
  3. Skor 50 jika mahasiswa mampu menjelaskan 1 konsep pada indikator penilaian

Bentuk Penilaian :
Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan penugasan
2 X 50

Materi: Momentum
Pustaka: Blazevich, Anthony.2007. Sports Biomechanics. Black Publishers: London
2%

7

Minggu ke 7

Menganalisis berbagai cabang olahraga berdasarkan konsep gaya sentripetal, sentrifugal, gaya gesek, gaya hambat udara dan air. Menganalisis berbagai cabang olahraga berdasarkan tinjauan energi, usaha, dan daya.

- memahami dan menguasai prinsip gaya sentripetal, sentrifugal, gaya gesek, gaya hambat udara dan airserta aplikasinya dalam cabang olahraga memahami dan menguasai prinsipenergi, usaha, dan daya serta aplikasinya dalam cabang olahraga

Kriteria:
  1. Skor 100 jika mahasiswa mampu menjelaskan semua konsep pada indikator penilaian
  2. Skor 75 jika mahasiswa mampu menjelaskan 3 konsep pada indikator penilaian
  3. Skor 50 jika mahasiswa mampu menjelaskan 1 konsep pada indikator penilaian

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, diskusi dan tanya jawab
2 X 50

Materi: Forces
Pustaka: Knudson, Duane.2007. Fundamentals of Biomechanics Second Edition .Springer:New York
4%

8

Minggu ke 8

Menganalisis gerakan dalam berbagai cabang olahraga berdasarkan konsep gerak lurus, gerak melingkar dan gerak parabola Menggunakan software untuk menganalisis gerakan cabang olahraga tertentu.

- membedakaan posisi, kecepatan, dan percepatan - Memahami GLB (Gerak Lurus Beraturan) dan GLBB (Gerak Lurus Berubah Beraturan) serta mengaplikasikannya dalam cabang olahraga. - Mengaplikasikan gerak melingkar serta berbagai macam gaya yang berpengaruh di dalamnya ke dalam berbagai macam cabang olahraga - Memahami gerak parabola serta aspek yang dapat dimaksimalkan untuk menghasilkan gerakan yang efektif dalam cabang olahraga yang mengaplikasikan gerak parabola. Menggunakan beberapa software analisis video untuk analisis gerakan dalam berbagai cabang olahraga

Kriteria:
  1. Skor 100 jika mahasiswa mampu menjelaskan semua konsep pada indikator penilaian
  2. Skor 75 jika mahasiswa mampu menjelaskan 3 konsep pada indikator penilaian
  3. Skor 50 jika mahasiswa mampu menjelaskan 1 konsep pada indikator penilaian

Bentuk Penilaian :
Penilaian Praktikum, Tes
Ceramah, diskusi dan tanya jawab
2 X 50

Materi: Gerak
Pustaka: Blazevich, Anthony.2007. Sports Biomechanics. Black Publishers: London
8%

9

Minggu ke 9

Menganalisis gerakan dalam berbagai cabang olahraga berdasarkan konsep gerak lurus, gerak melingkar dan gerak parabola Menggunakan software untuk menganalisis gerakan cabang olahraga tertentu.

Menganalisis gerakan dalam berbagai cabang olahraga berdasarkan konsep gerak lurus, gerak melingkar dan gerak parabola

Kriteria:
  1. Skor 100 jika mahasiswa mampu menerapkan semua konsep pada indikator penilaian
  2. Skor 75 jika mahasiswa mampu menerapkan 3 konsep pada indikator penilaian
  3. Skor 50 jika mahasiswa mampu menerapkan 1 konsep pada indikator penilaian

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
Praktikum Penerapan Konsep

Materi: Sport Biomechanics
Pustaka: Blazevich, Anthony.2007. Sports Biomechanics. Black Publishers: London
10%

10

Minggu ke 10

Membuat analisis gerakan cabang olahraga yang dipilih secara komprehensif dan berkelompok

Membuat analisis gerakan secara komprehensif dan menyeluruh

Kriteria:
  1. 1. penampilan kelompok
  2. 2. ppt dan makalah
  3. 3 performa saat diskusi tanya jawab

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum
diskusi, presentasi, dan tanya jawab
2 X 50

Materi: sport biomechanics
Pustaka: Blazevich, Anthony.2007. Sports Biomechanics. Black Publishers: London
8%

11

Minggu ke 11

Membuat analisis gerakan cabang olahraga yang dipilih secara komprehensif dan berkelompok

Membuat analisis gerakan secara komprehensif dan menyeluruh

Kriteria:
  1. 1. penampilan kelompok
  2. 2. ppt dan makalah
  3. 3 performa saat diskusi tanya jawab

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
diskusi, presentasi, dan tanya jawab
2 X 50

Materi: Sport Biomechanics
Pustaka: Blazevich, Anthony.2007. Sports Biomechanics. Black Publishers: London
8%

12

Minggu ke 12

Membuat analisis gerakan cabang olahraga yang dipilih secara komprehensif dan berkelompok

Membuat analisis gerakan secara komprehensif dan menyeluruh

Kriteria:
  1. 1. penampilan kelompok
  2. 2. ppt dan makalah
  3. 3 performa saat diskusi tanya jawab

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
diskusi, presentasi, dan tanya jawab
2 X 50

Materi: Sport Biomechanics
Pustaka: Blazevich, Anthony.2007. Sports Biomechanics. Black Publishers: London
8%

13

Minggu ke 13

Membuat analisis gerakan cabang olahraga yang dipilih secara komprehensif dan berkelompok

Membuat analisis gerakan secara komprehensif dan menyeluruh

Kriteria:
  1. 1. penampilan kelompok
  2. 2. ppt dan makalah
  3. 3 performa saat diskusi tanya jawab

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
diskusi, presentasi, dan tanya jawab
2 X 50

Materi: Sport Biomechanics
Pustaka: Blazevich, Anthony.2007. Sports Biomechanics. Black Publishers: London
8%

14

Minggu ke 14

Membuat analisis gerakan cabang olahraga yang dipilih secara komprehensif dan berkelompok

Membuat analisis gerakan secara komprehensif dan menyeluruh

Kriteria:
  1. 1. penampilan kelompok
  2. 2. ppt dan makalah
  3. 3 performa saat diskusi tanya jawab

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
diskusi, presentasi, dan tanya jawab
2 X 50

Materi: Sport Biocmechaincs
Pustaka: Blazevich, Anthony.2007. Sports Biomechanics. Black Publishers: London
8%

15

Minggu ke 15

Membuat analisis gerakan cabang olahraga yang dipilih secara komprehensif dan berkelompok

Membuat analisis gerakan secara komprehensif dan menyeluruh

Kriteria:
  1. 1. penampilan kelompok
  2. 2. ppt dan makalah
  3. 3 performa saat diskusi tanya jawab

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
diskusi, presentasi, dan tanya jawab
2 X 50

Materi: Sport Biocmechaincs
Pustaka: Knudson, Duane.2007. Fundamentals of Biomechanics Second Edition .Springer:New York
8%

16

Minggu ke 16

Membuat analisis gerakan cabang olahraga yang dipilih secara komprehensif dan berkelompok

Membuat analisis gerakan secara komprehensif dan menyeluruh

Kriteria:
  1. 1. penampilan kelompok
  2. 2. ppt dan makalah
  3. 3 performa saat diskusi tanya jawab

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
diskusi, presentasi, dan tanya jawab
2 X 50

Materi: sport biomechanics
Pustaka: Knudson, Duane.2007. Fundamentals of Biomechanics Second Edition .Springer:New York
20%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 64.67%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 7.17%
3. Penilaian Portofolio 3.5%
4. Penilaian Praktikum 10.17%
5. Praktik / Unjuk Kerja 6.5%
6. Tes 8%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.