|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan & Rekreasi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Biomekanik Olahraga |
8520102025 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
2 |
6 Juli 2022 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Muchamad Arif Al Ardha, S.Pd., M.Ed., Ph.D.
|
Dr. Setiyo Hartoto, M.Kes.
|
Dr. Mochamad Ridwan, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu memahami dan menguasai analisis gerak dan fungsi tubuh manusia sebagai suatu sistem melalui penerapan pengetahuan anatomi dan kinesiologi yang didasari konsep mekanika serta aplikasinya dalam berbagai macam kegiatan cabang olahraga
|
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Pemahaman dan penguasaan analisis gerak dan fungsi tubuh manusia sebagai suatu sistem melalui penerapan pengetahuan anatomi dan kinesiologi yang didasari konsep mekanika serta aplikasinya dalam berbagai macam kegiatan cabang olahraga |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Blazevich, Anthony.2007. Sports Biomechanics. Black Publishers: London
- Knudson, Duane.2007. Fundamentals of Biomechanics Second Edition .Springer:New York
- Zatsiorsky, Vladimir.2000. Biomechanics in Sports. Blackwell Science.Ltd.Oxford:London
- Giancolli, C. Douglas. Fisika Dasar untuk Universitas .Erlangga:Jakarta
- Hartono, Soetanto.2007. Anatomi Dasar dan Kinesiologi . Unesa University Press: Surabaya
- Kartiko, Dwi Cahyo dan Habibbulloh.2014. Biomekanik Olahraga . Unesa University Press: Surabaya
- R. Putz dan R. Pabst.2000. Sobotta Atlas Der Anatomie Des Menschen, Edisi 21. Alih bahasa, Septelia Inawati Wanandi, 2000. EGC: Jakarta
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Drs. Bambang Ferianto Tjahyo Kuntjoro, M.Pd. Prof. Dr. Dwi Cahyo Kartiko, S.Pd., M.Kes. Muchamad Arif Al Ardha, S.Pd., M.Ed., Ph.D. Moh. Fathur Rohman, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Menjelaskan tentang pengertian, tujuan, manfaat, dan rasional biomekanik olahraga |
- - Mampu menjelaskan pengertian biomekanik olahraga
- - Mampu menjelaskan tujuan biomekanik olahraga
- - Mampu menjelaskan manfaat biomekanik olahraga
|
Kriteria:
- Skor 100 jika mahasiswa mampu menjelaskan semua konsep pada indikator penilaian
- Skor 60 jika mahasiswa mampu menjelaskan 3 konsep pada indikator penilaian
- Skor 70 jika mahasiswa mampu menjelaskan 2 konsep pada indikator penilaian
- Skor 60 jika mahasiswa mampu menjelaskan 1 konsep pada indikator penilaian
Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio, Tes |
Ceramah, diskusi, dan tanya jawab 2 X 50 |
|
Materi: Pengantar Biomekanika Pustaka: Blazevich, Anthony.2007. Sports Biomechanics. Black Publishers: London |
2% |
2
Minggu ke 2 |
menganalisisgerakan dalam berbagai cabang olahraga berdasarkan prinsip prinsip biomekanik olahraga |
- - memberikan contoh analisis berdasarkan prinsip -prinsip biomekanik olaraga pada berbagai cabang olahraga.
- -prinsip biomekanik olaraga pada berbagai cabang olahraga. - memberikan analisis untuk cabang olahraga yang lain. mampu menguasai sistematika gerakan yang benar berdasarkan analisis yang dilakukan
|
Kriteria:
- Skor 100 jika mahasiswa mampu menjelaskan semua konsep pada indikator penilaian
- Skor 75 jika mahasiswa mampu menjelaskan 2 konsep pada indikator penilaian
- Skor 50 jika mahasiswa mampu menjelaskan 1 konsep pada indikator penilaian
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Ceramah, diskusi dan tanya jawab 2 X 50 |
|
Materi: Pengantar Biomekanika Pustaka: Blazevich, Anthony.2007. Sports Biomechanics. Black Publishers: London |
2% |
3
Minggu ke 3 |
Menjelaskan berbagai persendian dan berbagai cidera yang mungkin dialami, serta otot origo dan insersio dalam tubuh manusia |
- - mampu menjelaskan berbagai macam persendian dalam tubuh manusia - memberikan contoh dan menganalisis cedera yang dialami atlet
- - mampu menjelaskan otot origo dan insersio
|
Kriteria:
- Skor 100 jika mahasiswa mampu menjelaskan semua konsep pada indikator penilaian
- Skor 75 jika mahasiswa mampu menjelaskan 2 konsep pada indikator penilaian
- Skor 50 jika mahasiswa mampu menjelaskan 1 konsep pada indikator penilaian
Bentuk Penilaian : Tes |
Ceramah, diskusi dan tanya jawab 2 X 50 |
|
Materi: Sport Biomechanics Pustaka: Knudson, Duane.2007. Fundamentals of Biomechanics Second Edition .Springer:New York |
2% |
4
Minggu ke 4 |
Menjelaskan tentang konsep keseimbangan |
- - Mendeskripsikan pengertian keseimbangan
- - Menguasai faktor-faktor yang mempengaruhi keseimbangan
- - Mendeskripsikan berbagai macam keseimbangan
|
Kriteria:
- Skor 100 jika mahasiswa mampu menjelaskan semua konsep pada indikator penilaian
- Skor 75 jika mahasiswa mampu menjelaskan 3 konsep pada indikator penilaian
- Skor 50 jika mahasiswa mampu menjelaskan 1 konsep pada indikator penilaian
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi, tanya jawab 2 X 50 |
|
Materi: Sport Biomechanics Pustaka: Knudson, Duane.2007. Fundamentals of Biomechanics Second Edition .Springer:New York |
2% |
5
Minggu ke 5 |
Menganalisis berbagai cabang olahraga berdasarkan konsep gaya dan hukum Newton. |
- - Memahami pengertian/definisi konsep gaya.
- - Mengetahui dan mampu menganalisis penyebab dan besarnya gaya yang ditimbulkan.
- - Menganalisis pengaruh gaya terhadap gerakan
- - Mengaplikasikan konsep gaya dalam berbagai cabang olahraga
- - Menganalisis kasus dalam berbagai cabang olahraga dengan prinsip hukum newton 1 (law of inertia)
|
Kriteria:
- Skor 100 jika mahasiswa mampu menjelaskan semua konsep pada indikator penilaian
- Skor 75 jika mahasiswa mampu menjelaskan 4 konsep pada indikator penilaian
- Skor 50 jika mahasiswa mampu menjelaskan 2 konsep pada indikator penilaian
|
Ceramah, diskusi, dan tanya jawab 2 X 50 |
|
Materi: Newton Law Pustaka: Knudson, Duane.2007. Fundamentals of Biomechanics Second Edition .Springer:New York |
2% |
6
Minggu ke 6 |
Menganalisis berbagai cabang olahraga berdasarkan konsep impuls momentum, tuas/pengungkit, dan momen gaya/torsi |
- - memahami dan menguasai prinsip impuls dan momentum serta aplikasinya dalam cabang olahraga. - Mengklasifikasikan tipe tuas yang dimaksudkan. memahami dan menguasai prinsip momen gaya serta aplikasinya dalam cabang olahraga.
- - Memahami berbagai macam jenis tuas dan perbedaan karakteristiknya.
- - Mengidentifikasi penerapan tuas/pengungkit di dalam berbagai macam cabang olahraga
|
Kriteria:
- Skor 100 jika mahasiswa mampu menjelaskan semua konsep pada indikator penilaian
- Skor 75 jika mahasiswa mampu menjelaskan 3 konsep pada indikator penilaian
- Skor 50 jika mahasiswa mampu menjelaskan 1 konsep pada indikator penilaian
Bentuk Penilaian : Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: Momentum Pustaka: Blazevich, Anthony.2007. Sports Biomechanics. Black Publishers: London |
2% |
7
Minggu ke 7 |
Menganalisis berbagai cabang olahraga berdasarkan konsep gaya sentripetal, sentrifugal, gaya gesek, gaya hambat udara dan air. Menganalisis berbagai cabang olahraga berdasarkan tinjauan energi, usaha, dan daya. |
- memahami dan menguasai prinsip gaya sentripetal, sentrifugal, gaya gesek, gaya hambat udara dan airserta aplikasinya dalam cabang olahraga memahami dan menguasai prinsipenergi, usaha, dan daya serta aplikasinya dalam cabang olahraga |
Kriteria:
- Skor 100 jika mahasiswa mampu menjelaskan semua konsep pada indikator penilaian
- Skor 75 jika mahasiswa mampu menjelaskan 3 konsep pada indikator penilaian
- Skor 50 jika mahasiswa mampu menjelaskan 1 konsep pada indikator penilaian
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, diskusi dan tanya jawab 2 X 50 |
|
Materi: Forces Pustaka: Knudson, Duane.2007. Fundamentals of Biomechanics Second Edition .Springer:New York |
4% |
8
Minggu ke 8 |
Menganalisis gerakan dalam berbagai cabang olahraga berdasarkan konsep gerak lurus, gerak melingkar dan gerak parabola Menggunakan software untuk menganalisis gerakan cabang olahraga tertentu. |
- membedakaan posisi, kecepatan, dan percepatan - Memahami GLB (Gerak Lurus Beraturan) dan GLBB (Gerak Lurus Berubah Beraturan) serta mengaplikasikannya dalam cabang olahraga. - Mengaplikasikan gerak melingkar serta berbagai macam gaya yang berpengaruh di dalamnya ke dalam berbagai macam cabang olahraga - Memahami gerak parabola serta aspek yang dapat dimaksimalkan untuk menghasilkan gerakan yang efektif dalam cabang olahraga yang mengaplikasikan gerak parabola. Menggunakan beberapa software analisis video untuk analisis gerakan dalam berbagai cabang olahraga |
Kriteria:
- Skor 100 jika mahasiswa mampu menjelaskan semua konsep pada indikator penilaian
- Skor 75 jika mahasiswa mampu menjelaskan 3 konsep pada indikator penilaian
- Skor 50 jika mahasiswa mampu menjelaskan 1 konsep pada indikator penilaian
Bentuk Penilaian : Penilaian Praktikum, Tes |
Ceramah, diskusi dan tanya jawab 2 X 50 |
|
Materi: Gerak Pustaka: Blazevich, Anthony.2007. Sports Biomechanics. Black Publishers: London |
8% |
9
Minggu ke 9 |
Menganalisis gerakan dalam berbagai cabang olahraga berdasarkan konsep gerak lurus, gerak melingkar dan gerak parabola Menggunakan software untuk menganalisis gerakan cabang olahraga tertentu. |
Menganalisis gerakan dalam berbagai cabang olahraga berdasarkan konsep gerak lurus, gerak melingkar dan gerak parabola |
Kriteria:
- Skor 100 jika mahasiswa mampu menerapkan semua konsep pada indikator penilaian
- Skor 75 jika mahasiswa mampu menerapkan 3 konsep pada indikator penilaian
- Skor 50 jika mahasiswa mampu menerapkan 1 konsep pada indikator penilaian
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja |
Praktikum Penerapan Konsep
|
|
Materi: Sport Biomechanics Pustaka: Blazevich, Anthony.2007. Sports Biomechanics. Black Publishers: London |
10% |
10
Minggu ke 10 |
Membuat analisis gerakan cabang olahraga yang dipilih secara komprehensif dan berkelompok |
Membuat analisis gerakan secara komprehensif dan menyeluruh |
Kriteria:
- 1. penampilan kelompok
- 2. ppt dan makalah
- 3 performa saat diskusi tanya jawab
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum |
diskusi, presentasi, dan tanya jawab 2 X 50 |
|
Materi: sport biomechanics Pustaka: Blazevich, Anthony.2007. Sports Biomechanics. Black Publishers: London |
8% |
11
Minggu ke 11 |
Membuat analisis gerakan cabang olahraga yang dipilih secara komprehensif dan berkelompok |
Membuat analisis gerakan secara komprehensif dan menyeluruh |
Kriteria:
- 1. penampilan kelompok
- 2. ppt dan makalah
- 3 performa saat diskusi tanya jawab
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
diskusi, presentasi, dan tanya jawab 2 X 50 |
|
Materi: Sport Biomechanics Pustaka: Blazevich, Anthony.2007. Sports Biomechanics. Black Publishers: London |
8% |
12
Minggu ke 12 |
Membuat analisis gerakan cabang olahraga yang dipilih secara komprehensif dan berkelompok |
Membuat analisis gerakan secara komprehensif dan menyeluruh |
Kriteria:
- 1. penampilan kelompok
- 2. ppt dan makalah
- 3 performa saat diskusi tanya jawab
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
diskusi, presentasi, dan tanya jawab 2 X 50 |
|
Materi: Sport Biomechanics Pustaka: Blazevich, Anthony.2007. Sports Biomechanics. Black Publishers: London |
8% |
13
Minggu ke 13 |
Membuat analisis gerakan cabang olahraga yang dipilih secara komprehensif dan berkelompok |
Membuat analisis gerakan secara komprehensif dan menyeluruh |
Kriteria:
- 1. penampilan kelompok
- 2. ppt dan makalah
- 3 performa saat diskusi tanya jawab
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
diskusi, presentasi, dan tanya jawab 2 X 50 |
|
Materi: Sport Biomechanics Pustaka: Blazevich, Anthony.2007. Sports Biomechanics. Black Publishers: London |
8% |
14
Minggu ke 14 |
Membuat analisis gerakan cabang olahraga yang dipilih secara komprehensif dan berkelompok |
Membuat analisis gerakan secara komprehensif dan menyeluruh |
Kriteria:
- 1. penampilan kelompok
- 2. ppt dan makalah
- 3 performa saat diskusi tanya jawab
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
diskusi, presentasi, dan tanya jawab 2 X 50 |
|
Materi: Sport Biocmechaincs Pustaka: Blazevich, Anthony.2007. Sports Biomechanics. Black Publishers: London |
8% |
15
Minggu ke 15 |
Membuat analisis gerakan cabang olahraga yang dipilih secara komprehensif dan berkelompok |
Membuat analisis gerakan secara komprehensif dan menyeluruh |
Kriteria:
- 1. penampilan kelompok
- 2. ppt dan makalah
- 3 performa saat diskusi tanya jawab
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
diskusi, presentasi, dan tanya jawab 2 X 50 |
|
Materi: Sport Biocmechaincs Pustaka: Knudson, Duane.2007. Fundamentals of Biomechanics Second Edition .Springer:New York |
8% |
16
Minggu ke 16 |
Membuat analisis gerakan cabang olahraga yang dipilih secara komprehensif dan berkelompok |
Membuat analisis gerakan secara komprehensif dan menyeluruh |
Kriteria:
- 1. penampilan kelompok
- 2. ppt dan makalah
- 3 performa saat diskusi tanya jawab
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
diskusi, presentasi, dan tanya jawab 2 X 50 |
|
Materi: sport biomechanics Pustaka: Knudson, Duane.2007. Fundamentals of Biomechanics Second Edition .Springer:New York |
20% |