|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Pendidikan Seni Rupa
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Sejarah Seni Rupa Barat |
8821002155 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
1 |
10 Agustus 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Djuli Djatiprambudi, M.Sn., Khoirul Amin, S.Pd., M.Pd., Asy Syams Elya Ahmad, S.Pd., M.Des.
|
Ika Anggun Camelia, S.Pd., M.Pd.
|
Fera Ratyaningrum, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-5 |
Memiliki pemahaman tentang perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran seni rupa yang terkini dalam konteks lokal hingga global |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu menghargai nilai-nilai budaya, estetika, dan sejarah yang terkandung dalam karya seni rupa Barat, serta menunjukkan sikap terbuka terhadap berbagai perspektif dan gaya seni yang berkembang di Barat.
|
PO - 2 |
Mahasiswa mampu memahami perkembangan sejarah seni rupa Barat dari periode klasik hingga modern, serta menganalisis keterkaitan teks sejarah terhadap fenomena pendidikan seni saat ini.
|
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Pengetahuan tentang seni rupa barat ditinjau dari aspek kronologi, latar belakang social-budaya, religi, estetik dari era Yunani Kuno, Romawi, Hellinisme, Kristen awal, Byzantium, Abad Pertengahan Renaissance, Barok-Rococo, Klasikisme, Modern, dan Postmodern. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Fred. S. Kleiner. 2013. Gardner 19s Art Through The Ages: The Western Perspective, Volume I, II. Cengage Learning.
- Bruce Cole. 1991. Art of The Western World: From Ancient Greece to Postmodernism. Simon & Schuster.
- Janson, HW. 1984. History of Art. New York: Hary N Abrams INC
- Montiverdi, Mario (edt), 1985. Modern Art. Italia: Grolier
- Nadhiputro Muhajir, 1995. Pengantar Sejarah Seni Rupa Barat. Surabaya : Unesa University Press.
- Nurcahyanti, D. (2021). Futurisme Seni Rupa sebagai Wajah Estetika Humanis Masa Depan. Dekonstruksi, 4(01), 124-141.
- Smith, T. (2010). The State of Art History: Contemporary Art. The Art Bulletin, 92(4), 366–383. http://www.jstor.org/stable/29546137
- Robertson, B. (2020). Rethinking the 1960s: The History of Art History. In 张謇, 布鲁斯·罗伯逊, Z. Jian, & R. Bruce (Eds.), Complementary Modernisms in China and the United States: Art as Life/Art as Idea (pp. 435–446). Punctum Books. https://doi.org/10.2307/j.ctv16zk03m.33
- Summers, D. (2013). REGARDING ART AND ART HISTORY. The Art Bulletin, 95(3), 355–356. http://www.jstor.org/stable/43188836
- DAVIES, S. (2015). Defining Art and Artworlds. The Journal of Aesthetics and Art Criticism, 73(4), 375–384. http://www.jstor.org/stable/44510185
- Gelfert, A. (2012). Art history, the problem of style, and Arnold Hauser’s contribution to the history and sociology of knowledge. Studies in East European Thought, 64(1/2), 121–142. http://www.jstor.org/stable/41477753
- Canaday, John. (1981). Mainstreem of Modern Art. Chicago: Holt, Reinhart and Winston, Inc.
- Haftmann, Werner. (1967). Painting in the Twentieth Century. New York: Preager.
- Hughes, Robert. (1978). The Shock of the New: Art and the Century of Change. London: British Broadcasting Corp.
- Lucie-Smith, Edward. (1979). Art Now: From Abstract Expressionism to Superrealism. New York: William Morrow and Company.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Drs. Djuli Djatiprambudi, M.Sn. Dra. Indah Chrysanti Angge, M.Sn. Asy Syams Elya Ahmad, S.Pd., M.Ds. Awal Putra Suprianto, M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Memahami ruang lingkup Sejarah Seni Rupa Barat (SRB) melalui berbagai pendekatan |
- Menjelaskan ruang lingkup SRB ditinjau dari sisi kronologi
- Menjelaskan ruang lingkup SRB ditinjau dari aspek Sosial-budaya-religi
- Menjelaskan ruang lingkup SRB ditinajau dari dimensi estetik
- Menjelaskan ruang lingkup SRB ditinjau dari aspek identitas
|
Kriteria:
- "Sangat Baik" jika empat indikator di atas terpenuhi
- "Baik" jika empat indikator di atas tidak terpenuhi satu
- "Cukup" jika empat indikator di atas tidak terpenuhi dua
- "Kurang" jika empat indikator di atas tidak terpenuhi tiga
- "Buruk" jika empat indikator di atas tidak terpenuhi semua
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Ceramah, diskusi, tanya jawab 2 X 50 |
|
Materi: pengantar sejarah seni rupa barat Pustaka: Nadhiputro Muhajir, 1995. Pengantar Sejarah Seni Rupa Barat. Surabaya : Unesa University Press. Materi: perkembangan sejarah Pustaka: Nurcahyanti, D. (2021). Futurisme Seni Rupa sebagai Wajah Estetika Humanis Masa Depan. Dekonstruksi, 4(01), 124-141. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Memahami ruang lingkup Sejarah Seni Rupa Barat (SRB) melalui berbagai pendekatan |
- Menjelaskan ruang lingkup SRB ditinjau dari sisi kronologi
- Menjelaskan ruang lingkup SRB ditinjau dari aspek Sosial-budaya-religi
- Menjelaskan ruang lingkup SRB ditinajau dari dimensi estetik
- Menjelaskan ruang lingkup SRB ditinjau dari aspek identitas
|
Kriteria:
- "Sangat Baik" jika empat indikator di atas terpenuhi
- " Baik" jika empat indikator di atas terpenuhisatu
- "Cukup" jika empat indikator di atas tidak terpenuhi dua
- "Kurang" jika empat indikator di atas tidak terpenuhi tiga
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi, tanya jawab 2 X 50 |
|
Materi: ruang lingkup sejarah seni rupa barat Pustaka: Nadhiputro Muhajir, 1995. Pengantar Sejarah Seni Rupa Barat. Surabaya : Unesa University Press. Materi: Pendalaman materi Pustaka: Fred. S. Kleiner. 2013. Gardner 19s Art Through The Ages: The Western Perspective, Volume I, II. Cengage Learning. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Memahami akar seni rupa barat : Latar belakang filosofi, religi, dan karakteristik karya seni rupa |
- Mengidentifikasi seni patung Arkais dan Klasik
- Mengidentifikasi Karakteristik Arsitektur publik dan religis
- Membandingkan arsitektur Yunani dan Romawi
|
Kriteria:
"Sangat Baik" jika empat indikator di atas terpenuhi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi, penugasan 2 X 50 |
|
Materi: Memahami akar sejarah seni rupa barat Pustaka: Nadhiputro Muhajir, 1995. Pengantar Sejarah Seni Rupa Barat. Surabaya : Unesa University Press. Materi: PENGAYAAN MATERI Pustaka: Nurcahyanti, D. (2021). Futurisme Seni Rupa sebagai Wajah Estetika Humanis Masa Depan. Dekonstruksi, 4(01), 124-141. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Memahami akar seni rupa barat : Latar belakang filosofi, religi, dan karakteristik karya seni rupa |
- Mengidentifikasi seni patung Arkais dan Klasik
- Mengidentifikasi Karakteristik Arsitektur publik dan religis
- Membandingkan arsitektur Yunani dan Romawi
|
Kriteria:
"Sangat Baik" jika empat indikator di atas terpenuhi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Ceramah, diskusi, penugasan 2 X 50 |
|
Materi: Memahami akar sejarah seni rupa barat Pustaka: Nadhiputro Muhajir, 1995. Pengantar Sejarah Seni Rupa Barat. Surabaya : Unesa University Press. Materi: MATERI TAMBAHAN Pustaka: Fred. S. Kleiner. 2013. Gardner 19s Art Through The Ages: The Western Perspective, Volume I, II. Cengage Learning. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Memahami Latar belakang social dan teologi yang mendasari penciptaan dan perkembangan seni rupa Abad Tengah, serta karakteristik karya seni rupa yang dihasilkan |
- Mengidentifikasi Seni Katakomba dan Basilika
- Membandingkan Arsitektur Bisantium, Romaniska, dan Gothik
- Menjelaskan Fenomena Ikonografi & Gerakan Ikonoklasme
|
Kriteria:
"Sangat Baik" jika empat indikator di atas terpenuhi Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, diskusi, tanya jawab 2 X 50 |
|
Materi: Seni Rupa abad pertengahan Pustaka: Nadhiputro Muhajir, 1995. Pengantar Sejarah Seni Rupa Barat. Surabaya : Unesa University Press. Materi: PERSPEKTIF SEJARAH Pustaka: Fred. S. Kleiner. 2013. Gardner 19s Art Through The Ages: The Western Perspective, Volume I, II. Cengage Learning. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Memahami Latar belakang social dan teologi yang mendasari penciptaan dan perkembangan seni rupa Abad Tengah, serta karakteristik karya seni rupa yang dihasilkan |
- Mengidentifikasi Seni Katakomba dan Basilika
- Membandingkan Arsitektur Bisantium, Romaniska, dan Gothik
- Menjelaskan Fenomena Ikonografi & Gerakan Ikonoklasme
|
Kriteria:
"Sangat Baik" jika empat indikator di atas terpenuhi Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, diskusi, tanya jawab 2 X 50 |
|
Materi: Seni Rupa abad pertengahan Pustaka: Nadhiputro Muhajir, 1995. Pengantar Sejarah Seni Rupa Barat. Surabaya : Unesa University Press. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Memahami seni rupa Era Pencerahan dan latar belakang yang mendasari,terutama Faham Humanisme dan Fenomena Revolusi Perancis |
- Mengidentifikasi karya SR Renaisans-Barok & tokoh-tokohnya
- Membandingkan karakteristik karya SR Renaisans-Barok-Rokoko
|
Kriteria:
"Sangat Baik" jika empat indikator di atas terpenuhi Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
presentasi dan tanyajawab 2 X 50 |
|
Materi: Abad pencerahan (Era Renaisans) Pustaka: Nadhiputro Muhajir, 1995. Pengantar Sejarah Seni Rupa Barat. Surabaya : Unesa University Press. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Ujian Tengah Semester |
materi pertemuan 1 sampai 8 |
Kriteria:
"Sangat Baik" jika empat indikator di atas terpenuhi Bentuk Penilaian : Tes |
tes tulis 2 X 50 |
|
Materi: materi pertemuan 1 sampai 7 Pustaka: Nadhiputro Muhajir, 1995. Pengantar Sejarah Seni Rupa Barat. Surabaya : Unesa University Press. |
15% |
9
Minggu ke 9 |
Memahami seni rupa Era Pencerahan dan latar belakang yang mendasari, terutama Faham Humanisme dan Fenomena Revolusi Perancis |
- Mengidentifikasi karya SR Renaisans-Barok & tokoh-tokohnya
- Membandingkan karakteristik karya SR Renaisans-Barok-Rokoko
|
Kriteria:
"Sangat Baik" jika empat indikator di atas terpenuhi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Presentasi, Tanya jawab 2 X 50 |
|
Materi: Era pencerahan Pustaka: Nadhiputro Muhajir, 1995. Pengantar Sejarah Seni Rupa Barat. Surabaya : Unesa University Press. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Memahami modernisme dalam kaitannya dengan seni rupa modern dan munculnya arus besar yang termanifestasi dalam aliran-aliran seni, serta karakteristik karyanya |
- Menjelaskan fenomena munculnya aliran-aliran dalam seni rupa dan latar belakang social-politik yang mendasari
- Mengidentifikasi karya SR berbagai aliran & tokoh-tokohnya
- Mengidentifikasi pengaruh aliran-aliran seni dalam khasanah SR Indonesia
|
Kriteria:
"Sangat Baik" jika empat indikator di atas terpenuhi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Presentasi, Tanya jawab 2 X 50 |
|
Materi: seni rupa modern Pustaka: Nadhiputro Muhajir, 1995. Pengantar Sejarah Seni Rupa Barat. Surabaya : Unesa University Press. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Memahami modernisme dalam kaitannya dengan seni rupa modern dan munculnya arus besar yang termanifestasi dalam aliran-aliran seni, serta karakteristik karyanya |
- Menjelaskan fenomena munculnya aliran-aliran dalam seni rupa dan latar belakang social-politik yang mendasari
- Mengidentifikasi karya SR berbagai aliran & tokoh-tokohnya
- Mengidentifikasi pengaruh aliran-aliran seni dalam khasanah SR Indonesia
|
Kriteria:
"Sangat Baik" jika empat indikator di atas terpenuhi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Presentasi, Tanya jawab 2 X 50 |
|
Materi: Aliran Seni Rupa Pustaka: Nadhiputro Muhajir, 1995. Pengantar Sejarah Seni Rupa Barat. Surabaya : Unesa University Press. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Memahami modernisme dalam kaitannya dengan seni rupa modern dan munculnya arus besar yang termanifestasi dalam aliran-aliran seni, serta karakteristik karyanya |
- Menjelaskan fenomena munculnya aliran-aliran dalam seni rupa dan latar belakang social-politik yang mendasari
- Mengidentifikasi karya SR berbagai aliran & tokoh-tokohnya
- Mengidentifikasi pengaruh aliran-aliran seni dalam khasanah SR Indonesia
|
Kriteria:
"Sangat Baik" jika empat indikator di atas terpenuhi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi, Tanya jawab 2 X 50 |
|
Materi: seni rupa modern Pustaka: Nadhiputro Muhajir, 1995. Pengantar Sejarah Seni Rupa Barat. Surabaya : Unesa University Press. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Memahami modernisme dalam kaitannya dengan seni rupa modern dan munculnya arus besar yang termanifestasi dalam aliran-aliran seni, serta karakteristik karyanya |
- Menjelaskan fenomena munculnya aliran-aliran dalam seni rupa dan latar belakang social-politik yang mendasari
- Mengidentifikasi karya SR berbagai aliran & tokoh-tokohnya
- Mengidentifikasi pengaruh aliran-aliran seni dalam khasanah SR Indonesia
|
Kriteria:
"Sangat Baik" jika empat indikator di atas terpenuhi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi, Tanya jawab 2 X 50 |
|
Materi: Aliran Seni Rupa Pustaka: Nadhiputro Muhajir, 1995. Pengantar Sejarah Seni Rupa Barat. Surabaya : Unesa University Press. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Memaparkan pemahaman tentang Faham Posmo, latar belakang yang mendasari, serta pengaruhnya terhadap seni rupa kontemporer |
- Menjelaskan fenomena munculnya Faham Post-Modernisme
- Mengidentifikasi keragaman karya seni rupa kontemporer
|
Kriteria:
"Sangat Baik" jika empat indikator di atas terpenuhi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi, Tanya jawab 2 X 50 |
|
Materi: post modern Pustaka: Nadhiputro Muhajir, 1995. Pengantar Sejarah Seni Rupa Barat. Surabaya : Unesa University Press. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Memaparkan pemahaman tentang Faham Posmo, latar belakang yang mendasari, serta pengaruhnya terhadap seni rupa kontemporer |
- Menjelaskan fenomena munculnya Faham Post-Modernisme
- Mengidentifikasi keragaman karya seni rupa kontemporer
|
Kriteria:
"Sangat Baik" jika empat indikator di atas terpenuhi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi, Tanya jawab 2 X 50 |
|
Materi: post modern Pustaka: Nadhiputro Muhajir, 1995. Pengantar Sejarah Seni Rupa Barat. Surabaya : Unesa University Press. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Ujian Sumatif (US) |
Ujian Sumatif (US) |
Kriteria:
"Sangat Baik" jika empat indikator di atas terpenuhi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
2 X 50 |
|
Materi: materi pertemuan 9 sampai 15 Pustaka: Nadhiputro Muhajir, 1995. Pengantar Sejarah Seni Rupa Barat. Surabaya : Unesa University Press. |
15% |