Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Pendidikan Seni Rupa

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Sejarah Seni Rupa Barat

8821002155

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

1

10 Agustus 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Djuli Djatiprambudi, M.Sn., Khoirul Amin, S.Pd., M.Pd., Asy Syams Elya Ahmad, S.Pd., M.Des.




Ika Anggun Camelia, S.Pd., M.Pd.




Fera Ratyaningrum, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-5

Memiliki pemahaman tentang perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran seni rupa yang terkini dalam konteks lokal hingga global

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu menghargai nilai-nilai budaya, estetika, dan sejarah yang terkandung dalam karya seni rupa Barat, serta menunjukkan sikap terbuka terhadap berbagai perspektif dan gaya seni yang berkembang di Barat.

PO - 2

Mahasiswa mampu memahami perkembangan sejarah seni rupa Barat dari periode klasik hingga modern, serta menganalisis keterkaitan teks sejarah terhadap fenomena pendidikan seni saat ini.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-5
PO-1 
PO-2 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Pengetahuan tentang seni rupa barat ditinjau dari aspek kronologi, latar belakang social-budaya, religi, estetik dari era Yunani Kuno, Romawi, Hellinisme, Kristen awal, Byzantium, Abad Pertengahan Renaissance, Barok-Rococo, Klasikisme, Modern, dan Postmodern.

Pustaka

Utama :

  1. Fred. S. Kleiner. 2013. Gardner 19s Art Through The Ages: The Western Perspective, Volume I, II. Cengage Learning.
  2. Bruce Cole. 1991. Art of The Western World: From Ancient Greece to Postmodernism. Simon & Schuster.
  3. Janson, HW. 1984. History of Art. New York: Hary N Abrams INC
  4. Montiverdi, Mario (edt), 1985. Modern Art. Italia: Grolier
  5. Nadhiputro Muhajir, 1995. Pengantar Sejarah Seni Rupa Barat. Surabaya : Unesa University Press.
  6. Nurcahyanti, D. (2021). Futurisme Seni Rupa sebagai Wajah Estetika Humanis Masa Depan. Dekonstruksi, 4(01), 124-141.
  7. Smith, T. (2010). The State of Art History: Contemporary Art. The Art Bulletin, 92(4), 366–383. http://www.jstor.org/stable/29546137
  8. Robertson, B. (2020). Rethinking the 1960s: The History of Art History. In 张謇, 布鲁斯·罗伯逊, Z. Jian, & R. Bruce (Eds.), Complementary Modernisms in China and the United States: Art as Life/Art as Idea (pp. 435–446). Punctum Books. https://doi.org/10.2307/j.ctv16zk03m.33
  9. Summers, D. (2013). REGARDING ART AND ART HISTORY. The Art Bulletin, 95(3), 355–356. http://www.jstor.org/stable/43188836
  10. DAVIES, S. (2015). Defining Art and Artworlds. The Journal of Aesthetics and Art Criticism, 73(4), 375–384. http://www.jstor.org/stable/44510185
  11. Gelfert, A. (2012). Art history, the problem of style, and Arnold Hauser’s contribution to the history and sociology of knowledge. Studies in East European Thought, 64(1/2), 121–142. http://www.jstor.org/stable/41477753
  12. Canaday, John. (1981). Mainstreem of Modern Art. Chicago: Holt, Reinhart and Winston, Inc.
  13. Haftmann, Werner. (1967). Painting in the Twentieth Century. New York: Preager.
  14. Hughes, Robert. (1978). The Shock of the New: Art and the Century of Change. London: British Broadcasting Corp.
  15. Lucie-Smith, Edward. (1979). Art Now: From Abstract Expressionism to Superrealism. New York: William Morrow and Company.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dr. Drs. Djuli Djatiprambudi, M.Sn.

Dra. Indah Chrysanti Angge, M.Sn.

Asy Syams Elya Ahmad, S.Pd., M.Ds.

Awal Putra Suprianto, M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Memahami ruang lingkup Sejarah Seni Rupa Barat (SRB) melalui berbagai pendekatan

  1. Menjelaskan ruang lingkup SRB ditinjau dari sisi kronologi
  2. Menjelaskan ruang lingkup SRB ditinjau dari aspek Sosial-budaya-religi
  3. Menjelaskan ruang lingkup SRB ditinajau dari dimensi estetik
  4. Menjelaskan ruang lingkup SRB ditinjau dari aspek identitas
Kriteria:
  1. "Sangat Baik" jika empat indikator di atas terpenuhi
  2. "Baik" jika empat indikator di atas tidak terpenuhi satu
  3. "Cukup" jika empat indikator di atas tidak terpenuhi dua
  4. "Kurang" jika empat indikator di atas tidak terpenuhi tiga
  5. "Buruk" jika empat indikator di atas tidak terpenuhi semua

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Ceramah, diskusi, tanya jawab
2 X 50

Materi: pengantar sejarah seni rupa barat
Pustaka: Nadhiputro Muhajir, 1995. Pengantar Sejarah Seni Rupa Barat. Surabaya : Unesa University Press.

Materi: perkembangan sejarah
Pustaka: Nurcahyanti, D. (2021). Futurisme Seni Rupa sebagai Wajah Estetika Humanis Masa Depan. Dekonstruksi, 4(01), 124-141.
5%

2

Minggu ke 2

Memahami ruang lingkup Sejarah Seni Rupa Barat (SRB) melalui berbagai pendekatan

  1. Menjelaskan ruang lingkup SRB ditinjau dari sisi kronologi
  2. Menjelaskan ruang lingkup SRB ditinjau dari aspek Sosial-budaya-religi
  3. Menjelaskan ruang lingkup SRB ditinajau dari dimensi estetik
  4. Menjelaskan ruang lingkup SRB ditinjau dari aspek identitas
Kriteria:
  1. "Sangat Baik" jika empat indikator di atas terpenuhi
  2. " Baik" jika empat indikator di atas terpenuhisatu
  3. "Cukup" jika empat indikator di atas tidak terpenuhi dua
  4. "Kurang" jika empat indikator di atas tidak terpenuhi tiga

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi, tanya jawab
2 X 50

Materi: ruang lingkup sejarah seni rupa barat
Pustaka: Nadhiputro Muhajir, 1995. Pengantar Sejarah Seni Rupa Barat. Surabaya : Unesa University Press.

Materi: Pendalaman materi
Pustaka: Fred. S. Kleiner. 2013. Gardner 19s Art Through The Ages: The Western Perspective, Volume I, II. Cengage Learning.
5%

3

Minggu ke 3

Memahami akar seni rupa barat : Latar belakang filosofi, religi, dan karakteristik karya seni rupa

  1. Mengidentifikasi seni patung Arkais dan Klasik
  2. Mengidentifikasi Karakteristik Arsitektur publik dan religis
  3. Membandingkan arsitektur Yunani dan Romawi
Kriteria:

"Sangat Baik" jika empat indikator di atas terpenuhi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi, penugasan
2 X 50

Materi: Memahami akar sejarah seni rupa barat
Pustaka: Nadhiputro Muhajir, 1995. Pengantar Sejarah Seni Rupa Barat. Surabaya : Unesa University Press.

Materi: PENGAYAAN MATERI
Pustaka: Nurcahyanti, D. (2021). Futurisme Seni Rupa sebagai Wajah Estetika Humanis Masa Depan. Dekonstruksi, 4(01), 124-141.
5%

4

Minggu ke 4

Memahami akar seni rupa barat : Latar belakang filosofi, religi, dan karakteristik karya seni rupa

  1. Mengidentifikasi seni patung Arkais dan Klasik
  2. Mengidentifikasi Karakteristik Arsitektur publik dan religis
  3. Membandingkan arsitektur Yunani dan Romawi
Kriteria:

"Sangat Baik" jika empat indikator di atas terpenuhi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Ceramah, diskusi, penugasan
2 X 50

Materi: Memahami akar sejarah seni rupa barat
Pustaka: Nadhiputro Muhajir, 1995. Pengantar Sejarah Seni Rupa Barat. Surabaya : Unesa University Press.

Materi: MATERI TAMBAHAN
Pustaka: Fred. S. Kleiner. 2013. Gardner 19s Art Through The Ages: The Western Perspective, Volume I, II. Cengage Learning.
5%

5

Minggu ke 5

Memahami Latar belakang social dan teologi yang mendasari penciptaan dan perkembangan seni rupa Abad Tengah, serta karakteristik karya seni rupa yang dihasilkan

  1. Mengidentifikasi Seni Katakomba dan Basilika
  2. Membandingkan Arsitektur Bisantium, Romaniska, dan Gothik
  3. Menjelaskan Fenomena Ikonografi & Gerakan Ikonoklasme
Kriteria:

"Sangat Baik" jika empat indikator di atas terpenuhi


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, diskusi, tanya jawab
2 X 50

Materi: Seni Rupa abad pertengahan
Pustaka: Nadhiputro Muhajir, 1995. Pengantar Sejarah Seni Rupa Barat. Surabaya : Unesa University Press.

Materi: PERSPEKTIF SEJARAH
Pustaka: Fred. S. Kleiner. 2013. Gardner 19s Art Through The Ages: The Western Perspective, Volume I, II. Cengage Learning.
5%

6

Minggu ke 6

Memahami Latar belakang social dan teologi yang mendasari penciptaan dan perkembangan seni rupa Abad Tengah, serta karakteristik karya seni rupa yang dihasilkan

  1. Mengidentifikasi Seni Katakomba dan Basilika
  2. Membandingkan Arsitektur Bisantium, Romaniska, dan Gothik
  3. Menjelaskan Fenomena Ikonografi & Gerakan Ikonoklasme
Kriteria:

"Sangat Baik" jika empat indikator di atas terpenuhi


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, diskusi, tanya jawab
2 X 50

Materi: Seni Rupa abad pertengahan
Pustaka: Nadhiputro Muhajir, 1995. Pengantar Sejarah Seni Rupa Barat. Surabaya : Unesa University Press.
5%

7

Minggu ke 7

Memahami seni rupa Era Pencerahan dan latar belakang yang mendasari,terutama Faham Humanisme dan Fenomena Revolusi Perancis

  1. Mengidentifikasi karya SR Renaisans-Barok & tokoh-tokohnya
  2. Membandingkan karakteristik karya SR Renaisans-Barok-Rokoko
Kriteria:

"Sangat Baik" jika empat indikator di atas terpenuhi


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
presentasi dan tanyajawab
2 X 50

Materi: Abad pencerahan (Era Renaisans)
Pustaka: Nadhiputro Muhajir, 1995. Pengantar Sejarah Seni Rupa Barat. Surabaya : Unesa University Press.
5%

8

Minggu ke 8

Ujian Tengah Semester

materi pertemuan 1 sampai 8

Kriteria:

"Sangat Baik" jika empat indikator di atas terpenuhi


Bentuk Penilaian :
Tes
tes tulis
2 X 50

Materi: materi pertemuan 1 sampai 7
Pustaka: Nadhiputro Muhajir, 1995. Pengantar Sejarah Seni Rupa Barat. Surabaya : Unesa University Press.
15%

9

Minggu ke 9

Memahami seni rupa Era Pencerahan dan latar belakang yang mendasari, terutama Faham Humanisme dan Fenomena Revolusi Perancis

  1. Mengidentifikasi karya SR Renaisans-Barok & tokoh-tokohnya
  2. Membandingkan karakteristik karya SR Renaisans-Barok-Rokoko
Kriteria:

"Sangat Baik" jika empat indikator di atas terpenuhi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Presentasi, Tanya jawab
2 X 50

Materi: Era pencerahan
Pustaka: Nadhiputro Muhajir, 1995. Pengantar Sejarah Seni Rupa Barat. Surabaya : Unesa University Press.
5%

10

Minggu ke 10

Memahami modernisme dalam kaitannya dengan seni rupa modern dan munculnya arus besar yang termanifestasi dalam aliran-aliran seni, serta karakteristik karyanya

  1. Menjelaskan fenomena munculnya aliran-aliran dalam seni rupa dan latar belakang social-politik yang mendasari
  2. Mengidentifikasi karya SR berbagai aliran & tokoh-tokohnya
  3. Mengidentifikasi pengaruh aliran-aliran seni dalam khasanah SR Indonesia
Kriteria:

"Sangat Baik" jika empat indikator di atas terpenuhi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Presentasi, Tanya jawab
2 X 50

Materi: seni rupa modern
Pustaka: Nadhiputro Muhajir, 1995. Pengantar Sejarah Seni Rupa Barat. Surabaya : Unesa University Press.
5%

11

Minggu ke 11

Memahami modernisme dalam kaitannya dengan seni rupa modern dan munculnya arus besar yang termanifestasi dalam aliran-aliran seni, serta karakteristik karyanya

  1. Menjelaskan fenomena munculnya aliran-aliran dalam seni rupa dan latar belakang social-politik yang mendasari
  2. Mengidentifikasi karya SR berbagai aliran & tokoh-tokohnya
  3. Mengidentifikasi pengaruh aliran-aliran seni dalam khasanah SR Indonesia
Kriteria:

"Sangat Baik" jika empat indikator di atas terpenuhi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Presentasi, Tanya jawab
2 X 50

Materi: Aliran Seni Rupa
Pustaka: Nadhiputro Muhajir, 1995. Pengantar Sejarah Seni Rupa Barat. Surabaya : Unesa University Press.
5%

12

Minggu ke 12

Memahami modernisme dalam kaitannya dengan seni rupa modern dan munculnya arus besar yang termanifestasi dalam aliran-aliran seni, serta karakteristik karyanya

  1. Menjelaskan fenomena munculnya aliran-aliran dalam seni rupa dan latar belakang social-politik yang mendasari
  2. Mengidentifikasi karya SR berbagai aliran & tokoh-tokohnya
  3. Mengidentifikasi pengaruh aliran-aliran seni dalam khasanah SR Indonesia
Kriteria:

"Sangat Baik" jika empat indikator di atas terpenuhi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi, Tanya jawab
2 X 50

Materi: seni rupa modern
Pustaka: Nadhiputro Muhajir, 1995. Pengantar Sejarah Seni Rupa Barat. Surabaya : Unesa University Press.
5%

13

Minggu ke 13

Memahami modernisme dalam kaitannya dengan seni rupa modern dan munculnya arus besar yang termanifestasi dalam aliran-aliran seni, serta karakteristik karyanya

  1. Menjelaskan fenomena munculnya aliran-aliran dalam seni rupa dan latar belakang social-politik yang mendasari
  2. Mengidentifikasi karya SR berbagai aliran & tokoh-tokohnya
  3. Mengidentifikasi pengaruh aliran-aliran seni dalam khasanah SR Indonesia
Kriteria:

"Sangat Baik" jika empat indikator di atas terpenuhi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi, Tanya jawab
2 X 50

Materi: Aliran Seni Rupa
Pustaka: Nadhiputro Muhajir, 1995. Pengantar Sejarah Seni Rupa Barat. Surabaya : Unesa University Press.
5%

14

Minggu ke 14

Memaparkan pemahaman tentang Faham Posmo, latar belakang yang mendasari, serta pengaruhnya terhadap seni rupa kontemporer

  1. Menjelaskan fenomena munculnya Faham Post-Modernisme
  2. Mengidentifikasi keragaman karya seni rupa kontemporer
Kriteria:

"Sangat Baik" jika empat indikator di atas terpenuhi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi, Tanya jawab
2 X 50

Materi: post modern
Pustaka: Nadhiputro Muhajir, 1995. Pengantar Sejarah Seni Rupa Barat. Surabaya : Unesa University Press.
5%

15

Minggu ke 15

Memaparkan pemahaman tentang Faham Posmo, latar belakang yang mendasari, serta pengaruhnya terhadap seni rupa kontemporer

  1. Menjelaskan fenomena munculnya Faham Post-Modernisme
  2. Mengidentifikasi keragaman karya seni rupa kontemporer
Kriteria:

"Sangat Baik" jika empat indikator di atas terpenuhi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi, Tanya jawab
2 X 50

Materi: post modern
Pustaka: Nadhiputro Muhajir, 1995. Pengantar Sejarah Seni Rupa Barat. Surabaya : Unesa University Press.
5%

16

Minggu ke 16

Ujian Sumatif (US)

Ujian Sumatif (US)

Kriteria:

"Sangat Baik" jika empat indikator di atas terpenuhi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio

2 X 50

Materi: materi pertemuan 9 sampai 15
Pustaka: Nadhiputro Muhajir, 1995. Pengantar Sejarah Seni Rupa Barat. Surabaya : Unesa University Press.
15%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 50%
2. Penilaian Portofolio 27.5%
3. Praktik / Unjuk Kerja 7.5%
4. Tes 15%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.