|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Program Studi S1 Pendidikan IPS
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Studi Kebudayaan dan Masyarakat Indonesia |
8420703105 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
1 |
30 Agustus 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Prof. Dr. Sarmini, M.Hum.; Katon Galih Setyawan, S.Sos., M.Sosio.
|
Katon Galih Setyawan, S.Sos., M.Sosio.
|
Dr. Nuansa Bayu Segara, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-5 |
Menguasai struktur keilmuan, konsep dan teori disiplin ilmu-ilmu sosial sebagai landasan dalam mengorganisasikan konten-konten pembelajaran IPS yang bermuatan kearifan lokal. |
PLO-7 |
Menguasai konsep, teknik, metode penelitian di bidang pendidikan dan sosial humaniora untuk memberikan solusi secara inovatif, kreatif dan tepat guna pada permasalahan Pendidikan IPS dan masyarakat dalam bentuk karya ilmiah. |
PLO-8 |
Memiliki kecakapan multiliterasi dengan optimalisasi teknologi informasi yang berkelanjutan untuk menunjang bidang keahliannya agar kompetitif di tataran lokal dan global. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip kehidupan dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
|
PO - 2 |
Mahasiswa dapat memahami kategori masyarakat dan lingkungan sosial disekitarnya
|
PO - 3 |
Mahasiswa mampu menjelaskan dan merumuskan permasalahan sosial dan saling keterkaitan antar disiplin ilmu sosial dalam memecahkan masalah sosial
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-3 | PLO-5 | PLO-7 | PLO-8 | PO-1 | ✔ | | | | | PO-2 | | ✔ | | | ✔ | PO-3 | | | ✔ | ✔ | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | ✔ | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | ✔ | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini memberikan panduan pada mahasiswa agar dapat mengembangkan pemahaman mengenai kebudayaan dan masyarakat Indonesia dengan memberi gambaran yang mencakup proses historis (lintas waktu), sistemik dan integratif ke-IPS-an (lintas bidang kehidupan atau sektor, seperti ekonomi, sosial, budaya, politik, geografi dan sebagainya). |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Nasikun. 2013. Sistem Sosial Indonesia. Yogyakarta: Penerbit Ombak
- Bourdieu, Pierre. 2010. Arena Produksi Kultural (Sebuah Kajian Sosiologi Budaya). Yogyakarta: Kreasi Wacana
- Narwoko, J. D., & Bagong Suyanto. 2004. Sosiologi Teks Pengantar dan Terapan. Jakarta: Prenada Media
- Koentjaraningrat. 2010. Manusia dan Kebudayaan di Indonesia. Cet. Ke-23. Jakarta: Penerbit Djambatan
- Liliweri, Alo. 2014. Pengantar Studi Kebudayaan. Bandung: Penerbit Nusa Media
- Sztompka, Piotr. 2007. Sosiologi Perubahan Sosial. Jakarta: Prenada Media Group
- Siswono, Eko. 2015. Ekologi Sosial. Yogyakarta: Penerbit Ombak
- Usman, Sunyoto. 2018. Modal Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
- Usman, Sunyoto. 2015. Esai-esai Sosiologi Perubahan Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
- Jenks, Chris. 2013. Culture Studi Kebudayaan. (Terjemahan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar
- Sajogyo, Pudjiwati. 1985. Sosiologi Pembangunan. Jakarta: Fakultas Pascasarjana IKIP Jakarta bekerjsama dengan BKKBN
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dr. Sarmini, M.Hum. Katon Galih Setyawan, S.Sos., M.Sosio. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa dapat menjelaskan, memahami selayang pandang tentang masyarakat Indonesia Kondisi masyarakat Indonesia. |
Ketepatan menjelaskan tentang selayang pandang tentang masyarakat Indonesia Kondisi masyarakat Indonesia. |
Kriteria:
Kriteria • Rubrik deskriptif Bentuk non-test: • Tulisan makalah Presentasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
• Kuliah
• Diskusi Kelas
Tugas :
• Membagi kelompok berdasarkan materi
• Masing-masing kelompok menyusun ringkasan dalam bentuk makalah sesuai dengan materi yang telah dibagi. 100‘ |
|
Materi: - Pustaka: Nasikun. 2013. Sistem Sosial Indonesia. Yogyakarta: Penerbit Ombak Materi: - Pustaka: Koentjaraningrat. 2010. Manusia dan Kebudayaan di Indonesia. Cet. Ke-23. Jakarta: Penerbit Djambatan |
2% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa dapat menjelaskan, memahami Kondisi masyarakat Indonesia. |
Ketepatan menjelaskan tentang Kondisi masyarakat Indonesia. |
Kriteria:
Kriteria • Rabrik deskriptif Bentuk non-test: • Tulisan makalah Presentasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
• Kuliah
• Diskusi Kelas
Tugas:
• Mempersiapkan dan melakukan presentasi. 100‘ |
|
Materi: - Pustaka: Nasikun. 2013. Sistem Sosial Indonesia. Yogyakarta: Penerbit Ombak Materi: - Pustaka: Siswono, Eko. 2015. Ekologi Sosial. Yogyakarta: Penerbit Ombak Materi: - Pustaka: Sajogyo, Pudjiwati. 1985. Sosiologi Pembangunan. Jakarta: Fakultas Pascasarjana IKIP Jakarta bekerjsama dengan BKKBN Materi: - Pustaka: Bourdieu, Pierre. 2010. Arena Produksi Kultural (Sebuah Kajian Sosiologi Budaya). Yogyakarta: Kreasi Wacana |
2% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa dapat menjelaskan, memahami Kondisi masyarakat Indonesia. |
Ketepatan menjelaskan tentang Kondisi masyarakat Indonesia. |
Kriteria:
Kriteria • Rabrik deskriptif Bentuk non-test: • Tulisan makalah Presentasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
• Kuliah
• Diskusi Kelas
Tugas:
• Mempersiapkan dan melakukan presentasi. 100‘ |
|
Materi: - Pustaka: Nasikun. 2013. Sistem Sosial Indonesia. Yogyakarta: Penerbit Ombak Materi: - Pustaka: Siswono, Eko. 2015. Ekologi Sosial. Yogyakarta: Penerbit Ombak Materi: - Pustaka: Sajogyo, Pudjiwati. 1985. Sosiologi Pembangunan. Jakarta: Fakultas Pascasarjana IKIP Jakarta bekerjsama dengan BKKBN Materi: - Pustaka: Bourdieu, Pierre. 2010. Arena Produksi Kultural (Sebuah Kajian Sosiologi Budaya). Yogyakarta: Kreasi Wacana |
2% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa dapat menjelaskan, memahami Kondisi masyarakat Indonesia. |
Ketepatan menjelaskan tentang Kondisi masyarakat Indonesia. |
Kriteria:
Kriteria • Rabrik deskriptif Bentuk non-test: • Tulisan makalah Presentasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
• Kuliah
• Diskusi Kelas
Tugas:
• Mempersiapkan dan melakukan presentasi. 100‘ |
|
Materi: - Pustaka: Nasikun. 2013. Sistem Sosial Indonesia. Yogyakarta: Penerbit Ombak Materi: - Pustaka: Siswono, Eko. 2015. Ekologi Sosial. Yogyakarta: Penerbit Ombak Materi: - Pustaka: Sajogyo, Pudjiwati. 1985. Sosiologi Pembangunan. Jakarta: Fakultas Pascasarjana IKIP Jakarta bekerjsama dengan BKKBN Materi: - Pustaka: Bourdieu, Pierre. 2010. Arena Produksi Kultural (Sebuah Kajian Sosiologi Budaya). Yogyakarta: Kreasi Wacana |
2% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu menganalisis Munculnya Masyarakat Indonesia. |
Ketepatan menganalisis Munculnya Masyarakat Indonesia. |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
• Kuliah
• Diskusi Kelas
Tugas:
• Mempersiapkan dan melakukan presentasi 100‘ |
|
Materi: - Pustaka: Bourdieu, Pierre. 2010. Arena Produksi Kultural (Sebuah Kajian Sosiologi Budaya). Yogyakarta: Kreasi Wacana Materi: - Pustaka: Usman, Sunyoto. 2018. Modal Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Materi: - Pustaka: Narwoko, J. D., & Bagong Suyanto. 2004. Sosiologi Teks Pengantar dan Terapan. Jakarta: Prenada Media Materi: - Pustaka: Sajogyo, Pudjiwati. 1985. Sosiologi Pembangunan. Jakarta: Fakultas Pascasarjana IKIP Jakarta bekerjsama dengan BKKBN |
2% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu menganalisis Perkembangan Kehidupan Masyarakat Indonesia. |
Ketepatan menganalisis Perkembangan Kehidupan Masyarakat Indonesia. |
Kriteria:
Kriteria • Rabrik deskriptif Bentuk non -test: • Tulisan makalah Presentasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
• Kuliah
• Diskusi Kelas
Tugas:
• Mempersiapkan dan melakukan presentasi 100‘ |
|
Materi: - Pustaka: Usman, Sunyoto. 2018. Modal Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Materi: - Pustaka: Narwoko, J. D., & Bagong Suyanto. 2004. Sosiologi Teks Pengantar dan Terapan. Jakarta: Prenada Media Materi: - Pustaka: Sajogyo, Pudjiwati. 1985. Sosiologi Pembangunan. Jakarta: Fakultas Pascasarjana IKIP Jakarta bekerjsama dengan BKKBN Materi: - Pustaka: Koentjaraningrat. 2010. Manusia dan Kebudayaan di Indonesia. Cet. Ke-23. Jakarta: Penerbit Djambatan |
2% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu menganalisis Kemajemukan Masyarakat Indonesia. |
Ketepatan menganalisis Kemajemukan Masyarakat Indonesia. |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
• Kuliah
• Diskusi Kelas
Tugas:
• Mempersiapkan dan melakukan presentasi 100‘ |
|
Materi: - Pustaka: Usman, Sunyoto. 2018. Modal Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Materi: - Pustaka: Narwoko, J. D., & Bagong Suyanto. 2004. Sosiologi Teks Pengantar dan Terapan. Jakarta: Prenada Media Materi: - Pustaka: Sajogyo, Pudjiwati. 1985. Sosiologi Pembangunan. Jakarta: Fakultas Pascasarjana IKIP Jakarta bekerjsama dengan BKKBN Materi: - Pustaka: Koentjaraningrat. 2010. Manusia dan Kebudayaan di Indonesia. Cet. Ke-23. Jakarta: Penerbit Djambatan |
2% |
8
Minggu ke 8 |
Ujian Tengah Semester/Ujian Sub Sumatif/Evaluasi Tengah Semester |
Mahasiswa mampu mengerjakan artikel ilmiah untuk disubmit pada OJS jurnal nasional/internasional atau prosiding seminar nasional/internasional. |
Kriteria:
Mahasiswa mampu menyusun artikel Mahasiswa mampu mengerjakan artikel ilmiah untuk disubmit pada OJS jurnal nasional/internasional atau prosiding seminar nasional/internasional. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Mahasiswa menyusun makalah/artikel ilmiah untuk disubmit pada OJS jurnal nasional/internasional atau prosiding seminar nasional/internasional. 100‘ |
|
|
25% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu menjelaskan manusia dan kebudayaan. |
Ketepatan menjelaskan manusia dan kebudayaan di Indonesia. |
Kriteria:
Kriteria • Rabrik deskriptif Bentuk non -test: • Tulisan makalah Presentasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
• Kuliah
• Diskusi Kelas
Tugas:
• Mempersiapkan dan melakukan presentasi 100‘ |
|
Materi: - Pustaka: Bourdieu, Pierre. 2010. Arena Produksi Kultural (Sebuah Kajian Sosiologi Budaya). Yogyakarta: Kreasi Wacana Materi: - Pustaka: Koentjaraningrat. 2010. Manusia dan Kebudayaan di Indonesia. Cet. Ke-23. Jakarta: Penerbit Djambatan Materi: - Pustaka: Liliweri, Alo. 2014. Pengantar Studi Kebudayaan. Bandung: Penerbit Nusa Media Materi: - Pustaka: Jenks, Chris. 2013. Culture Studi Kebudayaan. (Terjemahan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar |
10% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu menjelaskan kebudayaan sebagai sistem dan unsur-unsur serta wujudnya. |
Ketepan mahasiswa menjelaskan kebudayaan sebagai sistem dan unsur-unsur serta wujudnya. |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
• Kuliah
• Diskusi Kelas
Tugas:
• Mempersiapkan dan melakukan presentasi 100‘ |
|
Materi: - Pustaka: Bourdieu, Pierre. 2010. Arena Produksi Kultural (Sebuah Kajian Sosiologi Budaya). Yogyakarta: Kreasi Wacana Materi: - Pustaka: Koentjaraningrat. 2010. Manusia dan Kebudayaan di Indonesia. Cet. Ke-23. Jakarta: Penerbit Djambatan Materi: - Pustaka: Jenks, Chris. 2013. Culture Studi Kebudayaan. (Terjemahan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar Materi: - Pustaka: Liliweri, Alo. 2014. Pengantar Studi Kebudayaan. Bandung: Penerbit Nusa Media |
2% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu menjelaskan kebudayaan sebagai sistem dan unsur-unsur serta wujudnya. |
Ketepan mahasiswa menjelaskan kebudayaan sebagai sistem dan unsur-unsur serta wujudnya. |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
• Kuliah
• Diskusi Kelas
Tugas:
• Mempersiapkan dan melakukan presentasi 100‘ |
|
Materi: - Pustaka: Bourdieu, Pierre. 2010. Arena Produksi Kultural (Sebuah Kajian Sosiologi Budaya). Yogyakarta: Kreasi Wacana Materi: - Pustaka: Koentjaraningrat. 2010. Manusia dan Kebudayaan di Indonesia. Cet. Ke-23. Jakarta: Penerbit Djambatan Materi: - Pustaka: Jenks, Chris. 2013. Culture Studi Kebudayaan. (Terjemahan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar Materi: - Pustaka: Liliweri, Alo. 2014. Pengantar Studi Kebudayaan. Bandung: Penerbit Nusa Media |
2% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu menjelaskan Kajian Pendidikan Berbasis Potensi Lokal. |
Kemampuan mahasiswa dalam menjelaskan kajian pendidikan berbasis potensi lokal. |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
• Kuliah
• Diskusi Kelas
Tugas:
• Mempersiapkan dan melakukan presentasi
|
|
Materi: - Pustaka: Narwoko, J. D., & Bagong Suyanto. 2004. Sosiologi Teks Pengantar dan Terapan. Jakarta: Prenada Media Materi: - Pustaka: Koentjaraningrat. 2010. Manusia dan Kebudayaan di Indonesia. Cet. Ke-23. Jakarta: Penerbit Djambatan Materi: - Pustaka: Jenks, Chris. 2013. Culture Studi Kebudayaan. (Terjemahan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar |
2% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu menjelaskan Kajian Pendidikan Berbasis Potensi Lokal. |
Kemampuan mahasiswa dalam menjelaskan kajian pendidikan berbasis potensi lokal. |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
• Kuliah
• Diskusi Kelas
Tugas:
• Mempersiapkan dan melakukan presentasi
|
|
Materi: - Pustaka: Narwoko, J. D., & Bagong Suyanto. 2004. Sosiologi Teks Pengantar dan Terapan. Jakarta: Prenada Media Materi: - Pustaka: Koentjaraningrat. 2010. Manusia dan Kebudayaan di Indonesia. Cet. Ke-23. Jakarta: Penerbit Djambatan Materi: - Pustaka: Jenks, Chris. 2013. Culture Studi Kebudayaan. (Terjemahan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar |
2% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu menjelaskan pendidikan masyarakat dan nilai budaya lokal. |
Ketepatan mahasiswa menjelaskan pendidikan masyarakat dan nilai budaya lokal. |
Kriteria:
Kriteria • Rabrik deskriptif Bentuk non -test: • Tulisan makalah Presentasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
• Kuliah
• Diskusi Kelas
Tugas:
• Mempersiapkan dan melakukan presentasi 100‘ |
|
Materi: - Pustaka: Nasikun. 2013. Sistem Sosial Indonesia. Yogyakarta: Penerbit Ombak Materi: - Pustaka: Koentjaraningrat. 2010. Manusia dan Kebudayaan di Indonesia. Cet. Ke-23. Jakarta: Penerbit Djambatan Materi: - Pustaka: Liliweri, Alo. 2014. Pengantar Studi Kebudayaan. Bandung: Penerbit Nusa Media Materi: - Pustaka: Jenks, Chris. 2013. Culture Studi Kebudayaan. (Terjemahan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar |
2% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu menjelaskan pendidikan masyarakat dan nilai budaya lokal. |
Ketepatan mahasiswa menjelaskan pendidikan masyarakat dan nilai budaya lokal. |
Kriteria:
Kriteria • Rabrik deskriptif Bentuk non -test: • Tulisan makalah Presentasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
• Kuliah
• Diskusi Kelas
Tugas:
• Mempersiapkan dan melakukan presentasi 100‘ |
|
Materi: - Pustaka: Nasikun. 2013. Sistem Sosial Indonesia. Yogyakarta: Penerbit Ombak Materi: - Pustaka: Koentjaraningrat. 2010. Manusia dan Kebudayaan di Indonesia. Cet. Ke-23. Jakarta: Penerbit Djambatan Materi: - Pustaka: Liliweri, Alo. 2014. Pengantar Studi Kebudayaan. Bandung: Penerbit Nusa Media Materi: - Pustaka: Jenks, Chris. 2013. Culture Studi Kebudayaan. (Terjemahan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar |
2% |
16
Minggu ke 16 |
Ujian Akhir Semester/Ujian Sumatif/Evaluasi Akhir Semester |
Mahasiswa mampu mengerjakan artikel ilmiah untuk disubmit pada OJS jurnal nasional/internasional atau prosiding seminar nasional/internasional. |
Kriteria:
Mahasiswa mampu menyusun artikel Mahasiswa mampu mengerjakan artikel ilmiah untuk disubmit pada OJS jurnal nasional/internasional atau prosiding seminar nasional/internasional. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Mahasiswa melaksanakan submit artikel ilmiah pada OJS jurnal nasional/internasional atau prosiding seminar nasional/internasional. 100‘ |
|
Materi: - Pustaka: Nasikun. 2013. Sistem Sosial Indonesia. Yogyakarta: Penerbit Ombak Materi: - Pustaka: Koentjaraningrat. 2010. Manusia dan Kebudayaan di Indonesia. Cet. Ke-23. Jakarta: Penerbit Djambatan Materi: - Pustaka: Liliweri, Alo. 2014. Pengantar Studi Kebudayaan. Bandung: Penerbit Nusa Media Materi: - Pustaka: Jenks, Chris. 2013. Culture Studi Kebudayaan. (Terjemahan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar |
38% |