Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Program Studi S1 Pendidikan IPS

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Studi Kebudayaan dan Masyarakat Indonesia

8420703105

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

1

30 Agustus 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Prof. Dr. Sarmini, M.Hum.; Katon Galih Setyawan, S.Sos., M.Sosio.




Katon Galih Setyawan, S.Sos., M.Sosio.




Dr. Nuansa Bayu Segara, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-5

Menguasai struktur keilmuan, konsep dan teori disiplin ilmu-ilmu sosial sebagai landasan dalam mengorganisasikan konten-konten pembelajaran IPS yang bermuatan kearifan lokal.

PLO-7

Menguasai konsep, teknik, metode penelitian di bidang pendidikan dan sosial humaniora untuk memberikan solusi secara inovatif, kreatif dan tepat guna pada permasalahan Pendidikan IPS dan masyarakat dalam bentuk karya ilmiah.

PLO-8

Memiliki kecakapan multiliterasi dengan optimalisasi teknologi informasi yang berkelanjutan untuk menunjang bidang keahliannya agar kompetitif di tataran lokal dan global.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip kehidupan dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara

PO - 2

Mahasiswa dapat memahami kategori masyarakat dan lingkungan sosial disekitarnya

PO - 3

Mahasiswa mampu menjelaskan dan merumuskan permasalahan sosial dan saling keterkaitan antar disiplin ilmu sosial dalam memecahkan masalah sosial

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-3PLO-5PLO-7PLO-8
PO-1    
PO-2   
PO-3   

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini memberikan panduan pada mahasiswa agar dapat mengembangkan pemahaman mengenai kebudayaan dan masyarakat Indonesia dengan memberi gambaran yang mencakup proses historis (lintas waktu), sistemik dan integratif ke-IPS-an (lintas bidang kehidupan atau sektor, seperti ekonomi, sosial, budaya, politik, geografi dan sebagainya).

Pustaka

Utama :

  1. Nasikun. 2013. Sistem Sosial Indonesia. Yogyakarta: Penerbit Ombak
  2. Bourdieu, Pierre. 2010. Arena Produksi Kultural (Sebuah Kajian Sosiologi Budaya). Yogyakarta: Kreasi Wacana
  3. Narwoko, J. D., & Bagong Suyanto. 2004. Sosiologi Teks Pengantar dan Terapan. Jakarta: Prenada Media
  4. Koentjaraningrat. 2010. Manusia dan Kebudayaan di Indonesia. Cet. Ke-23. Jakarta: Penerbit Djambatan
  5. Liliweri, Alo. 2014. Pengantar Studi Kebudayaan. Bandung: Penerbit Nusa Media
  6. Sztompka, Piotr. 2007. Sosiologi Perubahan Sosial. Jakarta: Prenada Media Group
  7. Siswono, Eko. 2015. Ekologi Sosial. Yogyakarta: Penerbit Ombak
  8. Usman, Sunyoto. 2018. Modal Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  9. Usman, Sunyoto. 2015. Esai-esai Sosiologi Perubahan Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  10. Jenks, Chris. 2013. Culture Studi Kebudayaan. (Terjemahan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  11. Sajogyo, Pudjiwati. 1985. Sosiologi Pembangunan. Jakarta: Fakultas Pascasarjana IKIP Jakarta bekerjsama dengan BKKBN

Pendukung :

Dosen Pengampu

Prof. Dr. Sarmini, M.Hum.

Katon Galih Setyawan, S.Sos., M.Sosio.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa dapat menjelaskan, memahami selayang pandang tentang masyarakat Indonesia Kondisi masyarakat Indonesia.

Ketepatan menjelaskan tentang selayang pandang tentang masyarakat Indonesia Kondisi masyarakat Indonesia.

Kriteria:

Kriteria • Rubrik deskriptif Bentuk non-test: • Tulisan makalah Presentasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
• Kuliah
• Diskusi Kelas
Tugas :
• Membagi kelompok berdasarkan materi
• Masing-masing kelompok menyusun ringkasan dalam bentuk makalah sesuai dengan materi yang telah dibagi.
100‘

Materi: -
Pustaka: Nasikun. 2013. Sistem Sosial Indonesia. Yogyakarta: Penerbit Ombak

Materi: -
Pustaka: Koentjaraningrat. 2010. Manusia dan Kebudayaan di Indonesia. Cet. Ke-23. Jakarta: Penerbit Djambatan
2%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa dapat menjelaskan, memahami Kondisi masyarakat Indonesia.

Ketepatan menjelaskan tentang Kondisi masyarakat Indonesia.

Kriteria:

Kriteria • Rabrik deskriptif Bentuk non-test: • Tulisan makalah Presentasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
• Kuliah
• Diskusi Kelas
Tugas:
• Mempersiapkan dan melakukan presentasi.
100‘

Materi: -
Pustaka: Nasikun. 2013. Sistem Sosial Indonesia. Yogyakarta: Penerbit Ombak

Materi: -
Pustaka: Siswono, Eko. 2015. Ekologi Sosial. Yogyakarta: Penerbit Ombak

Materi: -
Pustaka: Sajogyo, Pudjiwati. 1985. Sosiologi Pembangunan. Jakarta: Fakultas Pascasarjana IKIP Jakarta bekerjsama dengan BKKBN

Materi: -
Pustaka: Bourdieu, Pierre. 2010. Arena Produksi Kultural (Sebuah Kajian Sosiologi Budaya). Yogyakarta: Kreasi Wacana
2%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa dapat menjelaskan, memahami Kondisi masyarakat Indonesia.

Ketepatan menjelaskan tentang Kondisi masyarakat Indonesia.

Kriteria:

Kriteria • Rabrik deskriptif Bentuk non-test: • Tulisan makalah Presentasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
• Kuliah
• Diskusi Kelas
Tugas:
• Mempersiapkan dan melakukan presentasi.
100‘

Materi: -
Pustaka: Nasikun. 2013. Sistem Sosial Indonesia. Yogyakarta: Penerbit Ombak

Materi: -
Pustaka: Siswono, Eko. 2015. Ekologi Sosial. Yogyakarta: Penerbit Ombak

Materi: -
Pustaka: Sajogyo, Pudjiwati. 1985. Sosiologi Pembangunan. Jakarta: Fakultas Pascasarjana IKIP Jakarta bekerjsama dengan BKKBN

Materi: -
Pustaka: Bourdieu, Pierre. 2010. Arena Produksi Kultural (Sebuah Kajian Sosiologi Budaya). Yogyakarta: Kreasi Wacana
2%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa dapat menjelaskan, memahami Kondisi masyarakat Indonesia.

Ketepatan menjelaskan tentang Kondisi masyarakat Indonesia.

Kriteria:

Kriteria • Rabrik deskriptif Bentuk non-test: • Tulisan makalah Presentasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
• Kuliah
• Diskusi Kelas
Tugas:
• Mempersiapkan dan melakukan presentasi.
100‘

Materi: -
Pustaka: Nasikun. 2013. Sistem Sosial Indonesia. Yogyakarta: Penerbit Ombak

Materi: -
Pustaka: Siswono, Eko. 2015. Ekologi Sosial. Yogyakarta: Penerbit Ombak

Materi: -
Pustaka: Sajogyo, Pudjiwati. 1985. Sosiologi Pembangunan. Jakarta: Fakultas Pascasarjana IKIP Jakarta bekerjsama dengan BKKBN

Materi: -
Pustaka: Bourdieu, Pierre. 2010. Arena Produksi Kultural (Sebuah Kajian Sosiologi Budaya). Yogyakarta: Kreasi Wacana
2%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu menganalisis Munculnya Masyarakat Indonesia.

Ketepatan menganalisis Munculnya Masyarakat Indonesia.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
• Kuliah
• Diskusi Kelas
Tugas:
• Mempersiapkan dan melakukan presentasi
100‘

Materi: -
Pustaka: Bourdieu, Pierre. 2010. Arena Produksi Kultural (Sebuah Kajian Sosiologi Budaya). Yogyakarta: Kreasi Wacana

Materi: -
Pustaka: Usman, Sunyoto. 2018. Modal Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Materi: -
Pustaka: Narwoko, J. D., & Bagong Suyanto. 2004. Sosiologi Teks Pengantar dan Terapan. Jakarta: Prenada Media

Materi: -
Pustaka: Sajogyo, Pudjiwati. 1985. Sosiologi Pembangunan. Jakarta: Fakultas Pascasarjana IKIP Jakarta bekerjsama dengan BKKBN
2%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu menganalisis Perkembangan Kehidupan Masyarakat Indonesia.

Ketepatan menganalisis Perkembangan Kehidupan Masyarakat Indonesia.

Kriteria:

Kriteria • Rabrik deskriptif Bentuk non -test: • Tulisan makalah Presentasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
• Kuliah
• Diskusi Kelas
Tugas:
• Mempersiapkan dan melakukan presentasi
100‘

Materi: -
Pustaka: Usman, Sunyoto. 2018. Modal Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Materi: -
Pustaka: Narwoko, J. D., & Bagong Suyanto. 2004. Sosiologi Teks Pengantar dan Terapan. Jakarta: Prenada Media

Materi: -
Pustaka: Sajogyo, Pudjiwati. 1985. Sosiologi Pembangunan. Jakarta: Fakultas Pascasarjana IKIP Jakarta bekerjsama dengan BKKBN

Materi: -
Pustaka: Koentjaraningrat. 2010. Manusia dan Kebudayaan di Indonesia. Cet. Ke-23. Jakarta: Penerbit Djambatan
2%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu menganalisis Kemajemukan Masyarakat Indonesia.

Ketepatan menganalisis Kemajemukan Masyarakat Indonesia.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
• Kuliah
• Diskusi Kelas
Tugas:
• Mempersiapkan dan melakukan presentasi
100‘

Materi: -
Pustaka: Usman, Sunyoto. 2018. Modal Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Materi: -
Pustaka: Narwoko, J. D., & Bagong Suyanto. 2004. Sosiologi Teks Pengantar dan Terapan. Jakarta: Prenada Media

Materi: -
Pustaka: Sajogyo, Pudjiwati. 1985. Sosiologi Pembangunan. Jakarta: Fakultas Pascasarjana IKIP Jakarta bekerjsama dengan BKKBN

Materi: -
Pustaka: Koentjaraningrat. 2010. Manusia dan Kebudayaan di Indonesia. Cet. Ke-23. Jakarta: Penerbit Djambatan
2%

8

Minggu ke 8

Ujian Tengah Semester/Ujian Sub Sumatif/Evaluasi Tengah Semester

Mahasiswa mampu mengerjakan artikel ilmiah untuk disubmit pada OJS jurnal nasional/internasional atau prosiding seminar nasional/internasional.

Kriteria:

Mahasiswa mampu menyusun artikel Mahasiswa mampu mengerjakan artikel ilmiah untuk disubmit pada OJS jurnal nasional/internasional atau prosiding seminar nasional/internasional.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
Mahasiswa menyusun makalah/artikel ilmiah untuk disubmit pada OJS jurnal nasional/internasional atau prosiding seminar nasional/internasional.
100‘

25%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu menjelaskan manusia dan kebudayaan.

Ketepatan menjelaskan manusia dan kebudayaan di Indonesia.

Kriteria:

Kriteria • Rabrik deskriptif Bentuk non -test: • Tulisan makalah Presentasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
• Kuliah
• Diskusi Kelas
Tugas:
• Mempersiapkan dan melakukan presentasi
100‘

Materi: -
Pustaka: Bourdieu, Pierre. 2010. Arena Produksi Kultural (Sebuah Kajian Sosiologi Budaya). Yogyakarta: Kreasi Wacana

Materi: -
Pustaka: Koentjaraningrat. 2010. Manusia dan Kebudayaan di Indonesia. Cet. Ke-23. Jakarta: Penerbit Djambatan

Materi: -
Pustaka: Liliweri, Alo. 2014. Pengantar Studi Kebudayaan. Bandung: Penerbit Nusa Media

Materi: -
Pustaka: Jenks, Chris. 2013. Culture Studi Kebudayaan. (Terjemahan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar
10%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu menjelaskan kebudayaan sebagai sistem dan unsur-unsur serta wujudnya.

Ketepan mahasiswa menjelaskan kebudayaan sebagai sistem dan unsur-unsur serta wujudnya.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
• Kuliah
• Diskusi Kelas
Tugas:
• Mempersiapkan dan melakukan presentasi
100‘

Materi: -
Pustaka: Bourdieu, Pierre. 2010. Arena Produksi Kultural (Sebuah Kajian Sosiologi Budaya). Yogyakarta: Kreasi Wacana

Materi: -
Pustaka: Koentjaraningrat. 2010. Manusia dan Kebudayaan di Indonesia. Cet. Ke-23. Jakarta: Penerbit Djambatan

Materi: -
Pustaka: Jenks, Chris. 2013. Culture Studi Kebudayaan. (Terjemahan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Materi: -
Pustaka: Liliweri, Alo. 2014. Pengantar Studi Kebudayaan. Bandung: Penerbit Nusa Media
2%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu menjelaskan kebudayaan sebagai sistem dan unsur-unsur serta wujudnya.

Ketepan mahasiswa menjelaskan kebudayaan sebagai sistem dan unsur-unsur serta wujudnya.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
• Kuliah
• Diskusi Kelas
Tugas:
• Mempersiapkan dan melakukan presentasi
100‘

Materi: -
Pustaka: Bourdieu, Pierre. 2010. Arena Produksi Kultural (Sebuah Kajian Sosiologi Budaya). Yogyakarta: Kreasi Wacana

Materi: -
Pustaka: Koentjaraningrat. 2010. Manusia dan Kebudayaan di Indonesia. Cet. Ke-23. Jakarta: Penerbit Djambatan

Materi: -
Pustaka: Jenks, Chris. 2013. Culture Studi Kebudayaan. (Terjemahan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Materi: -
Pustaka: Liliweri, Alo. 2014. Pengantar Studi Kebudayaan. Bandung: Penerbit Nusa Media
2%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu menjelaskan Kajian Pendidikan Berbasis Potensi Lokal.

Kemampuan mahasiswa dalam menjelaskan kajian pendidikan berbasis potensi lokal.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
• Kuliah
• Diskusi Kelas
Tugas:
• Mempersiapkan dan melakukan presentasi

Materi: -
Pustaka: Narwoko, J. D., & Bagong Suyanto. 2004. Sosiologi Teks Pengantar dan Terapan. Jakarta: Prenada Media

Materi: -
Pustaka: Koentjaraningrat. 2010. Manusia dan Kebudayaan di Indonesia. Cet. Ke-23. Jakarta: Penerbit Djambatan

Materi: -
Pustaka: Jenks, Chris. 2013. Culture Studi Kebudayaan. (Terjemahan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar
2%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu menjelaskan Kajian Pendidikan Berbasis Potensi Lokal.

Kemampuan mahasiswa dalam menjelaskan kajian pendidikan berbasis potensi lokal.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
• Kuliah
• Diskusi Kelas
Tugas:
• Mempersiapkan dan melakukan presentasi

Materi: -
Pustaka: Narwoko, J. D., & Bagong Suyanto. 2004. Sosiologi Teks Pengantar dan Terapan. Jakarta: Prenada Media

Materi: -
Pustaka: Koentjaraningrat. 2010. Manusia dan Kebudayaan di Indonesia. Cet. Ke-23. Jakarta: Penerbit Djambatan

Materi: -
Pustaka: Jenks, Chris. 2013. Culture Studi Kebudayaan. (Terjemahan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar
2%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu menjelaskan pendidikan masyarakat dan nilai budaya lokal.

Ketepatan mahasiswa menjelaskan pendidikan masyarakat dan nilai budaya lokal.

Kriteria:

Kriteria • Rabrik deskriptif Bentuk non -test: • Tulisan makalah Presentasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
• Kuliah
• Diskusi Kelas
Tugas:
• Mempersiapkan dan melakukan presentasi
100‘

Materi: -
Pustaka: Nasikun. 2013. Sistem Sosial Indonesia. Yogyakarta: Penerbit Ombak

Materi: -
Pustaka: Koentjaraningrat. 2010. Manusia dan Kebudayaan di Indonesia. Cet. Ke-23. Jakarta: Penerbit Djambatan

Materi: -
Pustaka: Liliweri, Alo. 2014. Pengantar Studi Kebudayaan. Bandung: Penerbit Nusa Media

Materi: -
Pustaka: Jenks, Chris. 2013. Culture Studi Kebudayaan. (Terjemahan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar
2%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu menjelaskan pendidikan masyarakat dan nilai budaya lokal.

Ketepatan mahasiswa menjelaskan pendidikan masyarakat dan nilai budaya lokal.

Kriteria:

Kriteria • Rabrik deskriptif Bentuk non -test: • Tulisan makalah Presentasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
• Kuliah
• Diskusi Kelas
Tugas:
• Mempersiapkan dan melakukan presentasi
100‘

Materi: -
Pustaka: Nasikun. 2013. Sistem Sosial Indonesia. Yogyakarta: Penerbit Ombak

Materi: -
Pustaka: Koentjaraningrat. 2010. Manusia dan Kebudayaan di Indonesia. Cet. Ke-23. Jakarta: Penerbit Djambatan

Materi: -
Pustaka: Liliweri, Alo. 2014. Pengantar Studi Kebudayaan. Bandung: Penerbit Nusa Media

Materi: -
Pustaka: Jenks, Chris. 2013. Culture Studi Kebudayaan. (Terjemahan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar
2%

16

Minggu ke 16

Ujian Akhir Semester/Ujian Sumatif/Evaluasi Akhir Semester

Mahasiswa mampu mengerjakan artikel ilmiah untuk disubmit pada OJS jurnal nasional/internasional atau prosiding seminar nasional/internasional.

Kriteria:

Mahasiswa mampu menyusun artikel Mahasiswa mampu mengerjakan artikel ilmiah untuk disubmit pada OJS jurnal nasional/internasional atau prosiding seminar nasional/internasional.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Mahasiswa melaksanakan submit artikel ilmiah pada OJS jurnal nasional/internasional atau prosiding seminar nasional/internasional.
100‘

Materi: -
Pustaka: Nasikun. 2013. Sistem Sosial Indonesia. Yogyakarta: Penerbit Ombak

Materi: -
Pustaka: Koentjaraningrat. 2010. Manusia dan Kebudayaan di Indonesia. Cet. Ke-23. Jakarta: Penerbit Djambatan

Materi: -
Pustaka: Liliweri, Alo. 2014. Pengantar Studi Kebudayaan. Bandung: Penerbit Nusa Media

Materi: -
Pustaka: Jenks, Chris. 2013. Culture Studi Kebudayaan. (Terjemahan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar
38%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 21.34%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 50.5%
3. Praktik / Unjuk Kerja 13.34%
4. Tes 13.84%
99.02%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.