|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Sastra Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia |
1234602005 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=4.48 |
1 |
10 Maret 2023 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Prof. Dr. Suyatno, M.Pd.
|
Prof. Dr. Suyatno, M.Pd.
|
Dr. Syamsul Sodiq, M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-5 |
Mampu mewujudkan kecakapan afektif, sosial, akademik, dan lifeskill secara bertanggung jawab dan profesional melalui penerapan konsep/keilmuan, hasil penelitian/inovasi dalam bidang pendidikan bahasa Indonesia/BIPA/bahasa dan sastra Indonesia guna kepentingan masyarakat dan bangsa Indonesia. |
PLO-6 |
Terampil memecahkan permasalahan pendidikan dan pembelajaran bahasa Indonesia dan BIPA, serta permasalahan kebahasaan dan kesastraan melalui pengembangan desain penelitian, metode, dan penyimpulan secara efektif. |
PLO-8 |
Terampil mengembangkan pendidikan dan pembelajaran inovatif bahasa Indonesia dan BIPA dengan mengaplikasikan teori dan konsep pembelajaran serta memanfaatkan Ipteks sehingga dapat menghasilkan inovasi dalam bidang pendidikan bahasa Indonesia dan BIPA |
PLO-10 |
Mengembangkan konsep teoretis pendidikan dan pembelajaran bahasa Indonesia serta pembelajaran BIPA dengan menerapkan pemikiran kritis, logis, sistematis, dan inovatif sesuai dengan kaidah keilmuan pendidikan. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu menjelaskan dan menguraikan konsep dasar sastra dan perannya dalam pembelajaran bahasa Indonesia.
|
PO - 2 |
Mahasiswa mengidentifikasi teori dan metode pembelajaran sastra yang efektif dalam pendidikan bahasa Indonesia.
|
PO - 3 |
Mahasiswa mampu mengimplementasikan berbagai metode dan strategi pembelajaran sastra yang inovatif dalam pembelajaran bahasa Indonesia.
|
PO - 4 |
Mahasiswa mampu mengevaluasi efektivitas pembelajaran sastra dalam meningkatkan kompetensi berbahasa dan bersastra peserta didik.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-2 | PLO-3 | PLO-4 | PLO-5 | PLO-6 | PLO-8 | PLO-10 | PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-2 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-3 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-4 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | | | | | | | ✔ | | | | | | | | | PO-2 | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | ✔ | | | | | ✔ | | PO-4 | | | | | | | ✔ | | ✔ | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah "Sastra dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia" dirancang untuk memberikan pengetahuan yang mendalam tentang peran dan fungsi sastra dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Mahasiswa akan memelajari berbagai konsep dasar sastra, teori, dan pendekatan dalam pembelajaran sastra, serta strategi-strategi inovatif untuk mengintegrasikan sastra ke dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia. Mata kuliah ini juga menekankan pada kemampuan mahasiswa untuk mengembangkan bahan ajar sastra yang menarik dan efektif, serta mengevaluasi keberhasilan pembelajaran sastra dalam meningkatkan kompetensi berbahasa dan bersastra peserta didik. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- 1. Endraswara, Suwardi. (2013). Metodologi Pengajaran Sastra. Caps.
- 2. Teeuw, A. (1984). Sastra dan Ilmu Sastra: Pengantar Teori Sastra. Pustaka Jaya.
- 3. Wellek, René, & Warren, Austin. (1956). Theory of Literature. Harcourt, Brace & World.
- 4. Ahmadi, A. (2020). Perencanaan Bahasa dan Sastra Indonesia. Penerbit Graniti.
|
Pendukung : |
|
- Luxemburg, Jan van, Bal, Mieke, & Weststeijn, Willem G. (1989). Tentang Sastra: Ilmu, Teori, dan Metode. Intermasa.
- Faruk, H.T. (1999). Pengantar Sosiologi Sastra. Pustaka Pelajar.
- Semi, M. Atar. (1993). Anatomi Sastra. Angkasa Raya.
- Nurgiyantoro, Burhan. (1995). Teori Pengkajian Fiksi. Gadjah Mada University Press.
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dr. H. Haris Supratno Prof. Dr. Suyatno, M.Pd. Dr. Resdianto Permata Raharjo, M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Menguraikan dan menjelaskan konsep dasar sastra dan jenis-jenis sastra yang relevan dalam pembelajaran bahasa Indonesia. |
Pengetahuan konsep dasar sastra |
Kriteria:
Diskusi Kelas, Partisipasi Aktif Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah dan Diskusi 2x50 menit |
- - |
Materi: Menguraikan dan menjelaskan konsep dasar sastra dan jenis-jenis sastra yang relevan dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Pustaka: 1. Endraswara, Suwardi. (2013). Metodologi Pengajaran Sastra. Caps. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mengidentifikasi teori dan pendekatan dalam pembelajaran sastra pada jenjang sarjana. |
Pengetahuan konsep dasar sastra |
Kriteria:
Presentasi Kelompok Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Presentasi Kelompok dan Diskusi 2x50 menit |
- - |
Materi: Mengidentifikasi teori dan pendekatan dalam pembelajaran sastra pada jenjang sarjana. Pustaka: 2. Teeuw, A. (1984). Sastra dan Ilmu Sastra: Pengantar Teori Sastra. Pustaka Jaya. |
10% |
3
Minggu ke 3 |
Menganalisis kebutuhan peserta didik dalam pembelajaran sastra. |
Analisis kebutuhan peserta didik |
Kriteria:
Analisis Kasus, Essay Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Studi Kasus dan Diskusi 2x50 menit |
- - |
Materi: Menganalisis kebutuhan peserta didik dalam pembelajaran sastra. Pustaka: 3. Wellek, René, & Warren, Austin. (1956). Theory of Literature. Harcourt, Brace & World. Materi: Menganalisis kebutuhan peserta didik dalam pembelajaran sastra. Pustaka: 4. Ahmadi, A. (2020). Perencanaan Bahasa dan Sastra Indonesia. Penerbit Graniti. |
10% |
4
Minggu ke 4 |
Merancang pembelajaran sastra yang inovatif dengan menggunakan metode yang sesuai. |
Rancangan pembelajaran sastra inovatif |
Kriteria:
Proyek Mini, Presentasi Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Rancangan Pembelajaran dan Diskusi 2x50 menit |
- - |
Materi: Merancang pembelajaran sastra yang inovatif dengan menggunakan metode yang sesuai. Pustaka: Luxemburg, Jan van, Bal, Mieke, & Weststeijn, Willem G. (1989). Tentang Sastra: Ilmu, Teori, dan Metode. Intermasa. |
10% |
5
Minggu ke 5 |
Mengembangkan bahan ajar sastra yang kreatif dan menarik untuk pembelajaran bahasa Indonesia. |
Rancangan pembelajaran sastra inovatif |
Kriteria:
Pengembangan Proyek, Review Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Pengembangan Bahan Ajar dan Review 2x50 menit |
- - |
Materi: Mengembangkan bahan ajar sastra yang kreatif dan menarik untuk pembelajaran bahasa Indonesia. Pustaka: Faruk, H.T. (1999). Pengantar Sosiologi Sastra. Pustaka Pelajar. |
10% |
6
Minggu ke 6 |
Mengimplementasikan strategi pembelajaran sastra dalam situasi pembelajaran di kelas. |
Rancangan pembelajaran sastra inovatif |
Kriteria:
Simulasi Pengajaran, Feedback Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Simulasi Pengajaran dan Evaluasi 2x50 menit |
- - |
Materi: Mengimplementasikan strategi pembelajaran sastra dalam situasi pembelajaran di kelas. Pustaka: Semi, M. Atar. (1993). Anatomi Sastra. Angkasa Raya. |
10% |
7
Minggu ke 7 |
Mengevaluasi efektivitas strategi dan metode pembelajaran sastra yang telah diterapkan. |
Evaluasi efektivitas strategi pembelajaran |
Kriteria:
Evaluasi Proyek, Diskusi Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Evaluasi dan Diskusi 2x50 menit |
- - |
Materi: Mengevaluasi efektivitas strategi dan metode pembelajaran sastra yang telah diterapkan. Pustaka: Nurgiyantoro, Burhan. (1995). Teori Pengkajian Fiksi. Gadjah Mada University Press. |
10% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
Evaluasi efektivitas strategi pembelajaran |
Kriteria:
Kriteria nilai: Istimewa : 90 sd 100; Sangat baik : 76 sd 89; Rata-rata : 56 sd 75; Dibawah rata-rata: 0 sd 55 Bentuk Penilaian : Tes |
UTS 2x50 menit |
- - |
Materi: Ujian Tengah Semester Pustaka: 1. Endraswara, Suwardi. (2013). Metodologi Pengajaran Sastra. Caps. |
0% |
9
Minggu ke 9 |
Mengembangkan sikap inovatif dan kritis terhadap pembelajaran sastra dalam konteks pendidikan bahasa Indonesia. |
Sikap inovatif terhadap pembelajaran sastra |
Kriteria:
Diskusi Kelompok, Esai Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Diskusi Sikap Inovatif 2x50 menit |
- - |
Materi: Mengembangkan sikap inovatif dan kritis terhadap pembelajaran sastra dalam konteks pendidikan bahasa Indonesia. Pustaka: 1. Endraswara, Suwardi. (2013). Metodologi Pengajaran Sastra. Caps. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mengintegrasikan sastra dengan pembelajaran bahasa Indonesia yang kontekstual. |
Integrasi sastra dengan pembelajaran bahasa |
Kriteria:
Proyek Integrasi, Presentasi Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Proyek Integrasi dan Diskusi 2x50 menit |
- - |
Materi: Mengintegrasikan sastra dengan pembelajaran bahasa Indonesia yang kontekstual. Pustaka: 2. Teeuw, A. (1984). Sastra dan Ilmu Sastra: Pengantar Teori Sastra. Pustaka Jaya. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mengembangkan perangkat evaluasi yang efektif untuk pembelajaran sastra. |
Integrasi sastra dengan pembelajaran bahasa |
Kriteria:
Pengembangan Perangkat, Review Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Pengembangan Perangkat Evaluasi 2x50 menit |
- - |
Materi: Mengembangkan perangkat evaluasi yang efektif untuk pembelajaran sastra. Pustaka: 3. Wellek, René, & Warren, Austin. (1956). Theory of Literature. Harcourt, Brace & World. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Menyusun laporan hasil evaluasi pembelajaran sastra. |
Laporan evaluasi pembelajaran sastra |
Kriteria:
Penyusunan Laporan, Diskusi Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Penyusunan Laporan dan Diskusi 2x50 menit |
- - |
Materi: Menyusun laporan hasil evaluasi pembelajaran sastra. Pustaka: Luxemburg, Jan van, Bal, Mieke, & Weststeijn, Willem G. (1989). Tentang Sastra: Ilmu, Teori, dan Metode. Intermasa. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mengevaluasi keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran sastra. |
Laporan evaluasi pembelajaran sastra |
Kriteria:
Analisis Keterlibatan, Diskusi Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Evaluasi Keterlibatan Peserta Didik 2x50 menit |
- - |
Materi: Mengevaluasi keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran sastra. Pustaka: Faruk, H.T. (1999). Pengantar Sosiologi Sastra. Pustaka Pelajar. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mengimplementasikan sastra dalam pembelajaran berbasis proyek di kelas bahasa Indonesia. |
Laporan evaluasi pembelajaran sastra |
Kriteria:
Simulasi Pengajaran, Feedback Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Simulasi Pengajaran 2x50 menit |
- - |
Materi: Mengimplementasikan sastra dalam pembelajaran berbasis proyek di kelas bahasa Indonesia. Pustaka: Semi, M. Atar. (1993). Anatomi Sastra. Angkasa Raya. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mengimplementasikan sastra dalam pembelajaran berbasis proyek di kelas bahasa Indonesia. |
Kesiapan UAS |
Kriteria:
Review, Diskusi Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Review dan Diskusi Kelompok 2x50 menit |
- - |
Materi: Mengimplementasikan sastra dalam pembelajaran berbasis proyek di kelas bahasa Indonesia. Pustaka: Nurgiyantoro, Burhan. (1995). Teori Pengkajian Fiksi. Gadjah Mada University Press. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
UAS |
Kriteria:
Kriteria nilai: Istimewa : 90 sd 100; Sangat baik : 76 sd 89; Rata-rata : 56 sd 75; Dibawah rata-rata: 0 sd 55 Bentuk Penilaian : Tes |
UAS 2x50 menit |
- - |
Materi: Ujian Akhir Semester Pustaka: 3. Wellek, René, & Warren, Austin. (1956). Theory of Literature. Harcourt, Brace & World. |
0% |