Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S2 Pendidikan Bahasa Indonesia

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Sastra Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia

1234602005

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=4.48

1

10 Maret 2023

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Prof. Dr. Suyatno, M.Pd.




Prof. Dr. Suyatno, M.Pd.




Dr. Syamsul Sodiq, M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-5

Mampu mewujudkan kecakapan afektif, sosial, akademik, dan lifeskill secara bertanggung jawab dan profesional melalui penerapan konsep/keilmuan, hasil penelitian/inovasi dalam bidang pendidikan bahasa Indonesia/BIPA/bahasa dan sastra Indonesia guna kepentingan masyarakat dan bangsa Indonesia.

PLO-6

Terampil memecahkan permasalahan pendidikan dan pembelajaran bahasa Indonesia dan BIPA, serta permasalahan kebahasaan dan kesastraan melalui pengembangan desain penelitian, metode, dan penyimpulan secara efektif.

PLO-8

Terampil mengembangkan pendidikan dan pembelajaran inovatif bahasa Indonesia dan BIPA dengan mengaplikasikan teori dan konsep pembelajaran serta memanfaatkan Ipteks sehingga dapat menghasilkan inovasi dalam bidang pendidikan bahasa Indonesia dan BIPA

PLO-10

Mengembangkan konsep teoretis pendidikan dan pembelajaran bahasa Indonesia serta pembelajaran BIPA dengan menerapkan pemikiran kritis, logis, sistematis, dan inovatif sesuai dengan kaidah keilmuan pendidikan.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu menjelaskan dan menguraikan konsep dasar sastra dan perannya dalam pembelajaran bahasa Indonesia.

PO - 2

Mahasiswa mengidentifikasi teori dan metode pembelajaran sastra yang efektif dalam pendidikan bahasa Indonesia.

PO - 3

Mahasiswa mampu mengimplementasikan berbagai metode dan strategi pembelajaran sastra yang inovatif dalam pembelajaran bahasa Indonesia.

PO - 4

Mahasiswa mampu mengevaluasi efektivitas pembelajaran sastra dalam meningkatkan kompetensi berbahasa dan bersastra peserta didik.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-2PLO-3PLO-4PLO-5PLO-6PLO-8PLO-10
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah "Sastra dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia" dirancang untuk memberikan pengetahuan yang mendalam tentang peran dan fungsi sastra dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Mahasiswa akan memelajari berbagai konsep dasar sastra, teori, dan pendekatan dalam pembelajaran sastra, serta strategi-strategi inovatif untuk mengintegrasikan sastra ke dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia. Mata kuliah ini juga menekankan pada kemampuan mahasiswa untuk mengembangkan bahan ajar sastra yang menarik dan efektif, serta mengevaluasi keberhasilan pembelajaran sastra dalam meningkatkan kompetensi berbahasa dan bersastra peserta didik.

Pustaka

Utama :

  1. 1. Endraswara, Suwardi. (2013). Metodologi Pengajaran Sastra. Caps.
  2. 2. Teeuw, A. (1984). Sastra dan Ilmu Sastra: Pengantar Teori Sastra. Pustaka Jaya.
  3. 3. Wellek, René, & Warren, Austin. (1956). Theory of Literature. Harcourt, Brace & World.
  4. 4. Ahmadi, A. (2020). Perencanaan Bahasa dan Sastra Indonesia. Penerbit Graniti.

Pendukung :

  1. Luxemburg, Jan van, Bal, Mieke, & Weststeijn, Willem G. (1989). Tentang Sastra: Ilmu, Teori, dan Metode. Intermasa.
  2. Faruk, H.T. (1999). Pengantar Sosiologi Sastra. Pustaka Pelajar.
  3. Semi, M. Atar. (1993). Anatomi Sastra. Angkasa Raya.
  4. Nurgiyantoro, Burhan. (1995). Teori Pengkajian Fiksi. Gadjah Mada University Press.

Dosen Pengampu

Prof. Dr. H. Haris Supratno

Prof. Dr. Suyatno, M.Pd.

Dr. Resdianto Permata Raharjo, M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Menguraikan dan menjelaskan konsep dasar sastra dan jenis-jenis sastra yang relevan dalam pembelajaran bahasa Indonesia.

Pengetahuan konsep dasar sastra

Kriteria:

Diskusi Kelas, Partisipasi Aktif


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah dan Diskusi
2x50 menit
-
-
Materi: Menguraikan dan menjelaskan konsep dasar sastra dan jenis-jenis sastra yang relevan dalam pembelajaran bahasa Indonesia.
Pustaka: 1. Endraswara, Suwardi. (2013). Metodologi Pengajaran Sastra. Caps.
5%

2

Minggu ke 2

Mengidentifikasi teori dan pendekatan dalam pembelajaran sastra pada jenjang sarjana.

Pengetahuan konsep dasar sastra

Kriteria:

Presentasi Kelompok


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Presentasi Kelompok dan Diskusi
2x50 menit
-
-
Materi: Mengidentifikasi teori dan pendekatan dalam pembelajaran sastra pada jenjang sarjana.
Pustaka: 2. Teeuw, A. (1984). Sastra dan Ilmu Sastra: Pengantar Teori Sastra. Pustaka Jaya.
10%

3

Minggu ke 3

Menganalisis kebutuhan peserta didik dalam pembelajaran sastra.

Analisis kebutuhan peserta didik

Kriteria:

Analisis Kasus, Essay


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Studi Kasus dan Diskusi
2x50 menit
-
-
Materi: Menganalisis kebutuhan peserta didik dalam pembelajaran sastra.
Pustaka: 3. Wellek, René, & Warren, Austin. (1956). Theory of Literature. Harcourt, Brace & World.

Materi: Menganalisis kebutuhan peserta didik dalam pembelajaran sastra.
Pustaka: 4. Ahmadi, A. (2020). Perencanaan Bahasa dan Sastra Indonesia. Penerbit Graniti.
10%

4

Minggu ke 4

Merancang pembelajaran sastra yang inovatif dengan menggunakan metode yang sesuai.

Rancangan pembelajaran sastra inovatif

Kriteria:

Proyek Mini, Presentasi


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Rancangan Pembelajaran dan Diskusi
2x50 menit
-
-
Materi: Merancang pembelajaran sastra yang inovatif dengan menggunakan metode yang sesuai.
Pustaka: Luxemburg, Jan van, Bal, Mieke, & Weststeijn, Willem G. (1989). Tentang Sastra: Ilmu, Teori, dan Metode. Intermasa.
10%

5

Minggu ke 5

Mengembangkan bahan ajar sastra yang kreatif dan menarik untuk pembelajaran bahasa Indonesia.

Rancangan pembelajaran sastra inovatif

Kriteria:

Pengembangan Proyek, Review


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Pengembangan Bahan Ajar dan Review
2x50 menit
-
-
Materi: Mengembangkan bahan ajar sastra yang kreatif dan menarik untuk pembelajaran bahasa Indonesia.
Pustaka: Faruk, H.T. (1999). Pengantar Sosiologi Sastra. Pustaka Pelajar.
10%

6

Minggu ke 6

Mengimplementasikan strategi pembelajaran sastra dalam situasi pembelajaran di kelas.

Rancangan pembelajaran sastra inovatif

Kriteria:

Simulasi Pengajaran, Feedback


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Simulasi Pengajaran dan Evaluasi
2x50 menit
-
-
Materi: Mengimplementasikan strategi pembelajaran sastra dalam situasi pembelajaran di kelas.
Pustaka: Semi, M. Atar. (1993). Anatomi Sastra. Angkasa Raya.
10%

7

Minggu ke 7

Mengevaluasi efektivitas strategi dan metode pembelajaran sastra yang telah diterapkan.

Evaluasi efektivitas strategi pembelajaran

Kriteria:

Evaluasi Proyek, Diskusi


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Evaluasi dan Diskusi
2x50 menit
-
-
Materi: Mengevaluasi efektivitas strategi dan metode pembelajaran sastra yang telah diterapkan.
Pustaka: Nurgiyantoro, Burhan. (1995). Teori Pengkajian Fiksi. Gadjah Mada University Press.
10%

8

Minggu ke 8

UTS

Evaluasi efektivitas strategi pembelajaran

Kriteria:

Kriteria nilai: Istimewa : 90 sd 100; Sangat baik : 76 sd 89; Rata-rata : 56 sd 75; Dibawah rata-rata: 0 sd 55


Bentuk Penilaian :
Tes
UTS
2x50 menit
-
-
Materi: Ujian Tengah Semester
Pustaka: 1. Endraswara, Suwardi. (2013). Metodologi Pengajaran Sastra. Caps.
0%

9

Minggu ke 9

Mengembangkan sikap inovatif dan kritis terhadap pembelajaran sastra dalam konteks pendidikan bahasa Indonesia.

Sikap inovatif terhadap pembelajaran sastra

Kriteria:

Diskusi Kelompok, Esai


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Diskusi Sikap Inovatif
2x50 menit
-
-
Materi: Mengembangkan sikap inovatif dan kritis terhadap pembelajaran sastra dalam konteks pendidikan bahasa Indonesia.
Pustaka: 1. Endraswara, Suwardi. (2013). Metodologi Pengajaran Sastra. Caps.
5%

10

Minggu ke 10

Mengintegrasikan sastra dengan pembelajaran bahasa Indonesia yang kontekstual.

Integrasi sastra dengan pembelajaran bahasa

Kriteria:

Proyek Integrasi, Presentasi


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Proyek Integrasi dan Diskusi
2x50 menit
-
-
Materi: Mengintegrasikan sastra dengan pembelajaran bahasa Indonesia yang kontekstual.
Pustaka: 2. Teeuw, A. (1984). Sastra dan Ilmu Sastra: Pengantar Teori Sastra. Pustaka Jaya.
5%

11

Minggu ke 11

Mengembangkan perangkat evaluasi yang efektif untuk pembelajaran sastra.

Integrasi sastra dengan pembelajaran bahasa

Kriteria:

Pengembangan Perangkat, Review


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Pengembangan Perangkat Evaluasi
2x50 menit
-
-
Materi: Mengembangkan perangkat evaluasi yang efektif untuk pembelajaran sastra.
Pustaka: 3. Wellek, René, & Warren, Austin. (1956). Theory of Literature. Harcourt, Brace & World.
5%

12

Minggu ke 12

Menyusun laporan hasil evaluasi pembelajaran sastra.

Laporan evaluasi pembelajaran sastra

Kriteria:

Penyusunan Laporan, Diskusi


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Penyusunan Laporan dan Diskusi
2x50 menit
-
-
Materi: Menyusun laporan hasil evaluasi pembelajaran sastra.
Pustaka: Luxemburg, Jan van, Bal, Mieke, & Weststeijn, Willem G. (1989). Tentang Sastra: Ilmu, Teori, dan Metode. Intermasa.
5%

13

Minggu ke 13

Mengevaluasi keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran sastra.

Laporan evaluasi pembelajaran sastra

Kriteria:

Analisis Keterlibatan, Diskusi


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Evaluasi Keterlibatan Peserta Didik
2x50 menit
-
-
Materi: Mengevaluasi keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran sastra.
Pustaka: Faruk, H.T. (1999). Pengantar Sosiologi Sastra. Pustaka Pelajar.
5%

14

Minggu ke 14

Mengimplementasikan sastra dalam pembelajaran berbasis proyek di kelas bahasa Indonesia.

Laporan evaluasi pembelajaran sastra

Kriteria:

Simulasi Pengajaran, Feedback


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Simulasi Pengajaran
2x50 menit
-
-
Materi: Mengimplementasikan sastra dalam pembelajaran berbasis proyek di kelas bahasa Indonesia.
Pustaka: Semi, M. Atar. (1993). Anatomi Sastra. Angkasa Raya.
5%

15

Minggu ke 15

Mengimplementasikan sastra dalam pembelajaran berbasis proyek di kelas bahasa Indonesia.

Kesiapan UAS

Kriteria:

Review, Diskusi


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Review dan Diskusi Kelompok
2x50 menit
-
-
Materi: Mengimplementasikan sastra dalam pembelajaran berbasis proyek di kelas bahasa Indonesia.
Pustaka: Nurgiyantoro, Burhan. (1995). Teori Pengkajian Fiksi. Gadjah Mada University Press.
5%

16

Minggu ke 16

UAS

UAS

Kriteria:

Kriteria nilai: Istimewa : 90 sd 100; Sangat baik : 76 sd 89; Rata-rata : 56 sd 75; Dibawah rata-rata: 0 sd 55


Bentuk Penilaian :
Tes
UAS
2x50 menit
-
-
Materi: Ujian Akhir Semester
Pustaka: 3. Wellek, René, & Warren, Austin. (1956). Theory of Literature. Harcourt, Brace & World.
0%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Praktik / Unjuk Kerja 100%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.