Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Program Studi S2 Administrasi Publik

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Proposal Tugas Akhir

6310603017

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=3

P=0

ECTS=6.72

3

2 September 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Tjitjik Rahaju,M.Si




Dr. Tjitjik Rahaju,M.Si




Dr. Tjitjik Rahaju, M.Si.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-5

Mampu mengembangkan pengetahuan tentang administrasi, organisasi dan manajemen publik

PLO-6

Menguasai teori dan praktik dalam kebijakan publik

PLO-7

Mampu menguasai berbagai metode penelitian terkini dalam bidang administrasi publik agar dapat melakukan tugas penelitian, dengan menggunakan metode ilmiah dengan inter dan multidisiplin

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu menganalisis pengetahuan tentang administrasi, organisasi dan manajemen publik, dan kebijakan publik secara inter dan multidisiplin

PO - 2

Menganalisis pengetahuan tentang administrasi, organisasi dan manajemen publik, dan kebijakan publik berdaraskan teori dan praktik administrasi publik

PO - 3

Mampu merancang proposal penelitian menggunakan berbagai metode penelitian terkini yang relevan dalam bidang administrasi publik secara ilmiah dengan inter dan multidisiplin

Matrik PLO-PO

 
POPLO-5PLO-6PLO-7
PO-1 
PO-2 
PO-3

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah yang memberikan bekal pada mahasiswa agar mampu menyusun proposal penelitian bidang administrasi publik menggunakan berbagai metode penelitian terkini yang relevan secara inter dan multidispilin.

Pustaka

Utama :

  1. Cresswell, John W. 2017. Research Design : Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed (Edisi Ketiga). Yogyakarta : Pustaka Pelajar
  2. Cresswell, John W.2018.Research design : qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Fifth Edition. Fifth edition.Los Angeles : SAGE Publication
  3. Bogdan, R. C., & Biklen, S. K. 1992. Qualitative research for education: An introduction to theory and methods. Boston: Allyn & Bacon

Pendukung :

  1. Frederickson, George H. The Public Adminsitration Theory Primer. Second Edition. 2012. Colorado:Westview Press

Dosen Pengampu

Dr. Tjitjik Rahaju, M.Si.

Dr. Firre An Suprapto, S.AP., M.Pd.

Dr. Suci Megawati, S.IP., M.Si.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa dapat menyusun latar belakang masalah penelitian berdasarkan hasil analisis tentang administrasi, organisasi, manajemen dan kebijakan publik secara inter dan multidisiplin

  1. Relevansi masalah penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
  2. Kejelasan masalah penelitian dalam bidang administrasi publik yang dianalisis
  3. Ketepatan masalah penelitian dalam bidang administrasi publik yang dianalisis
  4. Kedalaman masalah penelitian dalam bidang administrasi publik yang dianalisis
  5. Ketepatan masalah penelitian dalam bidang administrasi publik yang dianalisis dengan disiplin lainnya
Kriteria:
  1. Ketepatan uraian relevansi hasil analisis masalah penelitian yang disajikan dengan bidang administrasi publik
  2. Kejelasan uraian hasil analisis masalah penelitian dalam bidang administrasi publik yang disajikan
  3. Ketepatan uraian hasil analisis masalah penelitian dalam bidang administrasi publik yang disajikan
  4. Kedalaman uraian hasil analisis masalah penelitian dalam bidang administrasi publik yang disajikan
  5. Ketepatan uraian hasil analisis masalah penelitian dalam bidang administrasi publik dengan disiplin lainnya

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio

Daring
5%

2

Minggu ke 2



0%

3

Minggu ke 3



0%

4

Minggu ke 4



0%

5

Minggu ke 5



0%

6

Minggu ke 6



0%

7

Minggu ke 7



0%

8

Minggu ke 8



0%

9

Minggu ke 9



0%

10

Minggu ke 10



0%

11

Minggu ke 11



0%

12

Minggu ke 12



0%

13

Minggu ke 13



0%

14

Minggu ke 14



0%

15

Minggu ke 15



0%

16

Minggu ke 16



0%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Penilaian Portofolio 5%
5%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.