|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Program Studi S2 Administrasi Publik
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Proposal Tugas Akhir |
6310603017 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=3 |
P=0 |
ECTS=6.72 |
3 |
2 September 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Tjitjik Rahaju,M.Si
|
Dr. Tjitjik Rahaju,M.Si
|
Dr. Tjitjik Rahaju, M.Si. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-7 |
Mampu menguasai berbagai metode penelitian terkini dalam bidang administrasi publik agar dapat melakukan tugas penelitian, dengan menggunakan metode ilmiah dengan inter dan multidisiplin |
PLO-8 |
Mampu memecahkan permasalahan organisasi publik melalui transformasi digital dan pendekatan inter dan multidisipliner |
PLO-9 |
Mampu menyusun rekomendasi kebijakan penyelesaian masalah melalui analisis kebijakan publik yang berdasarkan bukti (evidence based) |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu menerapkan metode penelitian terkini dalam penyusunan proposal tugas akhir yang relevan dengan isu-isu administrasi publik (C3)
|
PO - 2 |
Mampu menganalisis dan memilih pendekatan interdisipliner yang tepat untuk mengatasi permasalahan dalam proposal tugas akhir (C4)
|
PO - 3 |
Mampu mengevaluasi berbagai sumber data dan informasi untuk mendukung argumentasi dalam proposal tugas akhir (C5)
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-7 | PLO-8 | PLO-9 | PO-1 | ✔ | | | PO-2 | | ✔ | | PO-3 | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | ✔ | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Proposal Tugas Akhir pada jenjang S2 program studi Administrasi Publik bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan dalam merancang dan menyusun proposal penelitian bidang administrasi publik yang akan menjadi dasar pelaksanaan tugas akhir. Mahasiswa akan mempelajari langkah-langkah dalam menyusun proposal penelitian, termasuk perumusan masalah, tujuan penelitian, metode penelitian, serta analisis data yang relevan. Ruang lingkup mata kuliah mencakup pemahaman mendalam tentang topik penelitian yang akan diangkat, serta kemampuan untuk merumuskan kerangka konseptual dan metodologi penelitian yang sesuai dengan bidang Administrasi Publik. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Cresswell, John W. 2017. Research Design : Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed (Edisi Ketiga). Yogyakarta : Pustaka Pelajar
- Cresswell, John W.2018.Research design : qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Fifth Edition. Fifth edition.Los Angeles : SAGE Publication
- Bogdan, R. C., & Biklen, S. K. 1992. Qualitative research for education: An introduction to theory and methods. Boston: Allyn & Bacon
|
Pendukung : |
|
- Frederickson, George H. The Public Adminsitration Theory Primer. Second Edition. 2012. Colorado:Westview Press
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Tjitjik Rahaju, M.Si. Dr. Firre An Suprapto, S.AP., M.Pd. Dr. Suci Megawati, S.IP., M.Si. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa dapat menyusun latar belakang masalah penelitian berdasarkan hasil analisis tentang administrasi, organisasi, manajemen dan kebijakan publik secara inter dan multidisiplin |
- Relevansi masalah penelitian yang dianalisis dengan bidang administrasi publik
- Kejelasan masalah penelitian dalam bidang administrasi publik yang dianalisis
- Ketepatan masalah penelitian dalam bidang administrasi publik yang dianalisis
- Kedalaman masalah penelitian dalam bidang administrasi publik yang dianalisis
- Ketepatan masalah penelitian dalam bidang administrasi publik yang dianalisis dengan disiplin lainnya
|
Kriteria:
- Ketepatan uraian relevansi hasil analisis masalah penelitian yang disajikan dengan bidang administrasi publik
- Kejelasan uraian hasil analisis masalah penelitian dalam bidang administrasi publik yang disajikan
- Ketepatan uraian hasil analisis masalah penelitian dalam bidang administrasi publik yang disajikan
- Kedalaman uraian hasil analisis masalah penelitian dalam bidang administrasi publik yang disajikan
- Ketepatan uraian hasil analisis masalah penelitian dalam bidang administrasi publik dengan disiplin lainnya
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Daring Kuliah mimbar via google meet,Tanya jawab, dan Diskusi 3 X 50 |
Materi: Pustaka: Handbook Perkuliahan Materi: Menyusun latar belakang masalah penelitian Pustaka: Cresswell, John W. 2017. Research Design : Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed (Edisi Ketiga). Yogyakarta : Pustaka Pelajar |
3% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa dapat menyusun latar belakang masalah penelitian berdasarkan teori tentang administrasi, organisasi, manajemen dan kebijakan publik secara inter dan multidisiplin |
- pengetahuan tentang administrasi publik
- pemahaman teori dan praktik administrasi publik
- kemampuan menganalisis kebijakan publik
|
Kriteria:
Rubrik Holistik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Diskusi Online, Penugasan Analisis Kebijakan Publik
|
Materi: Teori Administrasi Publik, Praktik Manajemen Publik, Analisis Kebijakan Publik Pustaka: Handbook Perkuliahan Materi: Latar belakang masalah penelitian Pustaka: Cresswell, John W. 2017. Research Design : Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed (Edisi Ketiga). Yogyakarta : Pustaka Pelajar |
3% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengidentifikasi permasalahan dalam proposal tugas akhir, menganalisis pendekatan interdisipliner yang relevan, dan memilih pendekatan yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut. |
- Kemampuan mengidentifikasi permasalahan
- Kemampuan menganalisis pendekatan interdisipliner
- Kemampuan memilih pendekatan yang tepat
|
Kriteria:
Rubrik Holistik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Diskusi daring tentang studi kasus yang melibatkan pendekatan interdisipliner 3 X 50 |
Materi: Pendekatan interdisipliner, Analisis permasalahan dalam proposal tugas akhir, Strategi memilih pendekatan yang tepat Pustaka: Handbook Perkuliahan Materi: Rumusan Masalah Penelitian Pustaka: Cresswell, John W.2018.Research design : qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Fifth Edition. Fifth edition.Los Angeles : SAGE Publication |
3% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis permasalahan dalam proposal tugas akhir secara mendalam, serta mampu memilih dan mengaplikasikan pendekatan interdisipliner yang tepat untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. |
- Kemampuan menganalisis permasalahan
- Kemampuan memilih pendekatan interdisipliner
- Kemampuan mengaplikasikan pendekatan interdisipliner
|
Kriteria:
Rubrik Holistik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Diskusi daring tentang penerapan pendekatan interdisipliner dalam kasus nyata 3 X 50 |
Materi: Konsep interdisipliner, Studi kasus penggunaan pendekatan interdisipliner dalam penelitian, Teknik memilih pendekatan interdisipliner yang tepat Pustaka: Handbook Perkuliahan |
3% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengidentifikasi, mengevaluasi, dan memilih sumber data dan informasi yang relevan serta dapat menggunakannya secara efektif dalam mendukung argumentasi dalam proposal tugas akhir. |
- Kemampuan mengidentifikasi sumber data yang relevan
- Kemampuan mengevaluasi validitas sumber data
- Kemampuan mengintegrasikan data dalam argumentasi
|
Kriteria:
Rubrik Holistik Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Diskusi Online, Studi Kasus, Analisis Kritis. 3 X 50 |
Materi: Strategi Evaluasi Sumber Data, Kriteria Pemilihan Informasi yang Valid, Teknik Integrasi Data dalam Argumentasi Pustaka: Handbook Perkuliahan |
15% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi dengan kritis berbagai sumber data dan informasi untuk mendukung argumentasi yang kuat dalam proposal tugas akhir. |
- Kemampuan menganalisis keakuratan sumber data
- Kemampuan mengevaluasi relevansi informasi
- Kemampuan menyusun argumentasi berdasarkan data dan informasi
|
Kriteria:
Rubrik Holistik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Diskusi daring tentang evaluasi sumber data dan informasi dalam proposal tugas akhir 3 X 50 |
Materi: Strategi evaluasi sumber data, Teknik analisis informasi, Penggunaan data untuk mendukung argumentasi Pustaka: Handbook Perkuliahan |
3% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa diharapkan mampu menghasilkan solusi inovatif yang relevan dan efektif dalam menyelesaikan permasalahan administrasi publik yang diangkat dalam proposal tugas akhir. |
- Kemampuan berpikir kreatif
- Relevansi solusi dengan permasalahan yang diangkat
- Efektivitas solusi yang dihasilkan
|
Kriteria:
Rubrik Holistik Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
|
Diskusi daring tentang ide solusi inovatif yang dihasilkan dan PBL (Problem-Based Learning). 3 X 50 |
Materi: Teknik menciptakan solusi inovatif, Studi kasus dalam administrasi publik, Strategi implementasi solusi Pustaka: Handbook Perkuliahan |
3% |
8
Minggu ke 8 |
Ujian Tengah Semester |
- Kemampuan menganalisis permasalahan secara interdisipliner
- Kemampuan memilih pendekatan yang tepat
- Kemampuan mengintegrasikan berbagai disiplin ilmu
|
Kriteria:
Rubrik Holistik Bentuk Penilaian : Tes |
|
Ujian Tengah Semester 3 X 50 |
Materi: Pentingnya pendekatan interdisipliner, Strategi memilih pendekatan yang tepat, Studi kasus penggunaan pendekatan interdisipliner Pustaka: Handbook Perkuliahan |
15% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan analisis kebijakan publik yang berbasis bukti dalam merumuskan masalah penelitian (C3) |
- Analisis kebijakan publik yang relevan
- Pengumpulan data yang valid
- Kemampuan menganalisis secara kritis
- Kemampuan merumuskan masalah penelitian yang signifikan
|
Kriteria:
Rubrik Holistik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Pembelajaran Berbasis Masalah. 3 X 50 |
Materi: Konsep Analisis Kebijakan Publik, Metode Pengumpulan Data, Teknik Analisis Kritis, Penerapan dalam Merumuskan Masalah Penelitian Pustaka: Handbook Perkuliahan |
2% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis dampak transformasi digital dalam organisasi publik secara mendalam untuk menyusun proposal tugas akhir dengan baik. |
- Analisis dampak transformasi digital dalam organisasi publik
- Kemampuan menyusun proposal tugas akhir
|
Kriteria:
Rubrik Holistik Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Diskusi daring tentang studi kasus transformasi digital dalam organisasi publik 3 X 50 |
Materi: Konsep transformasi digital, Studi kasus transformasi digital dalam organisasi publik, Penyusunan proposal tugas akhir Pustaka: Handbook Perkuliahan |
15% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi dengan kritis metode penelitian yang dipilih dan mampu mengidentifikasi kelayakan serta relevansinya terhadap tujuan penelitian yang diusulkan. |
- Analisis kelayakan metode penelitian
- Kemampuan evaluasi relevansi metode penelitian
- Ketepatan pemilihan metode penelitian
|
Kriteria:
Rubrik Holistik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Diskusi daring tentang kelayakan metode penelitian yang dipilih 3 X 50 |
Materi: Pengenalan metode penelitian, Kriteria evaluasi kelayakan metode penelitian, Teknik evaluasi relevansi metode penelitian Pustaka: Handbook Perkuliahan |
3% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa diharapkan mampu menghasilkan kerangka teoritis yang inovatif dan relevan dengan isu penelitian dalam administrasi publik. |
- Kemampuan menganalisis teori-teori yang relevan
- Kemampuan mengidentifikasi isu penelitian yang relevan
- Kemampuan menciptakan kerangka teoritis yang inovatif
|
Kriteria:
Rubrik Holistik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Diskusi daring tentang teori-teori yang relevan, Penugasan membuat kerangka teoritis inovatif 3 X 50 |
Materi: Teori-teori Administrasi Publik, Metode Pengembangan Kerangka Teoritis, Studi Kasus Kerangka Teoritis Inovatif Pustaka: Handbook Perkuliahan |
3% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan kerangka teoritis yang inovatif dan relevan dengan isu penelitian dalam administrasi publik. |
- Kemampuan menganalisis isu-isu terkini dalam administrasi publik
- Kemampuan mengidentifikasi kebutuhan teoritis dalam penelitian
- Kemampuan mengembangkan kerangka teoritis yang orisinal dan inovatif
|
Kriteria:
Rubrik Holistik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Diskusi daring tentang isu-isu terkini dalam administrasi publik 3 X 50 |
Materi: Teori-teori Administrasi Publik, Metode Penelitian dalam Administrasi Publik, Pengembangan Kerangka Teoritis Pustaka: Handbook Perkuliahan |
3% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan pendekatan multidisipliner dalam analisis masalah dan penyusunan proposal tugas akhir (C3) |
Ketepatan Proposol Tugas Akhir |
Kriteria:
Rubrik Holistik Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Diskusi daring tentang penerapan pendekatan multidisipliner dalam analisis masalah dan penyusunan proposal tugas akhir 3 X 50 |
Materi: Pendekatan multidisipliner, Analisis masalah, Penyusunan proposal tugas akhir Pustaka: Handbook Perkuliahan |
3% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis dengan cermat berbagai alternatif solusi yang diajukan dalam proposal tugas akhir, serta mampu mengevaluasi solusi-solusi tersebut berdasarkan kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan. |
- Kemampuan menganalisis alternatif solusi
- Kemampuan mengevaluasi solusi berdasarkan kriteria keberhasilan
|
Kriteria:
Rubrik Holistik Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
|
Diskusi daring tentang analisis solusi yang diusulkan, Penugasan mengevaluasi solusi secara tertulis melalui LMS 3 X 50 |
Materi: Pengenalan analisis alternatif solusi, Teknik evaluasi solusi, Studi kasus dalam proposal tugas akhir Pustaka: Handbook Perkuliahan |
3% |
16
Minggu ke 16 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengidentifikasi, mengevaluasi, dan memilih sumber data dan informasi yang relevan untuk mendukung argumentasi dalam proposal tugas akhir |
- Kemampuan mengidentifikasi sumber data yang relevan
- Kemampuan mengevaluasi keandalan sumber data
- Kemampuan mengintegrasikan data dan informasi dalam argumentasi
|
Kriteria:
Rubrik Holistik Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Ujian Akhir Semester 3 X 50 |
Materi: Cara mengevaluasi keandalan sumber data, Teknik integrasi data dalam argumentasi, Studi kasus evaluasi sumber data Pustaka: Handbook Perkuliahan |
20% |