Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Pendidikan Tata Busana

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Pengelolaan Usaha Busana Industri

8321203139

T=3

P=0

ECTS=4.77

6

22 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Imami Arum Tri Rahayu, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
PO

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini bersifat pengkajian teori dan pelatihan keterampilan dalam ruang lingkup pengelolaan usaha garmen industri, meliputi: perencanaan, persiapan, produksi, pemasaran beserta manajemen administrasi keuanganya. Pelaksanaan kuliah menggunakan metode sinkronus dan asinkronus melalui platform googlemeet, WA dan google classroom. Pendekatan individual yang dititikberatkan pada pelatihan terbimbing secara online berbasis project base learning untuk mengasah kemampuan psikomotorik mahasiswa dalam pembuatan produk masal serta mampu mengevaluasinya.

Pustaka

Utama :

  1. Gerry Cooklin. 2004.Introduction To Clothing Manufacture. UK. Blackwell Publishing.
  2. George R. Terry, Lislie W. Rue, Dasar-DasarManajemen, alihbahasa GA. Ticoalu, BumiAksara ,Jakarta, 2013. 3. Jeannet A. jarrow . 1997. Inside Fashion Bussiness. new York . Harper & Row. 4. Sharon Lee Tate. 2004.Inside fashion Design. New york. Harper& Row.
  3. __________________FashionBusiness. New york. Harper & Row.
  4. RyanAriefiansyah & Miyosi margi Utami. 2012. Harga Pokok Penjualan. New Agogos. Jakarta.
  5. ThamrinAbdullah, Francius Tantri. 2014.ManajemenPemasaran. Raja Grafindo, Persena. Jakarta.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Drs. Ec. Mein Kharnolis, M.SM.

Dr. Irma Russanti, S.Pd., M.Ds.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Memahami konsep dasar pengelolaan usaha busana

1. Mendefinisikan pengelolaan usaha busana 2. Mengenal jenis usaha busana. 3. Menjelaskan prinsip-prinsip pengelolaan usaha busana. 4. Menjelaskan prosedur pengelolaan usaha busana

Kriteria:

0-100

Asinkronus dan Sinkronus melalui platform google meet, WA serta google classroom
3 X 50

0%

2

Minggu ke 2

Memahami manajemen Administrasi

1. Menjelaskan pengertian manajemen administrasi2. Menyimpukan tujuan dan manfaat manajemen administrasi3. Menganalisis tentang administrasi HRD4. Membedakan sitem penggajian .

Kriteria:

0-100

Sinkronus melalui platform gomeet dan asinkronus melalui WA, goclassroom
3 X 50

0%

3

Minggu ke 3

Memahami manajemen pemasaran.

1. Menjelaskan pengertian manajemen pemasaran. 2. Mengidentifikasi tujuan dan pemasaran. 3. Mengemukakan strategi pemasaran. 4. Mengaplikasikan pemasaran secara online dan offline .

Kriteria:

0-100

Sinkronus melalui platform gomeet dan asinkronus melalui WA, goclassroom
3 X 50

0%

4

Minggu ke 4

Memahami manajemen keuangan.

1. Menjelaskan pengertian manajemen keuangan. 2. Mengidentifikasi tujuan keuangan. 3. Menganalisis fungsi keuangan. 4. Mengkonsepkan tugas keuangan.

Sinkronus melalui platform gomeet dan asinkronus melalui WA, goclassroom
3 X 50

0%

5

Minggu ke 5

Memahami jenis usaha garmen industri

1. Mengkonsepkan pengertian garmen industri. 2. Mengidentifikasi karakteristik garmen industri 3. Menganalisis proses produksi garmen industri

Kriteria:

0-100

Asinkronus dan sinkronus melalui platform gomeet, goclassroom, WA.
3 X 50

0%

6

Minggu ke 6

Merencanakan usaha garmen industri

1. Membuat proposal usaha garmen secara individu 2. Meriset pasar 3. Meriset Trend Fashion 4. Meriset fabric &Trimming.

Kriteria:

0-100

Sinkronus melalui platform gomeet dan asinkronus melalui WA, goclassroom
3 X 50

0%

7

Minggu ke 7

Melakukan Persiapan Produksi garmen

1. Membuat desain dan koleksi 2. Membuat pecah pola 3. Membuat dan fitting sampel 4. Menghitung harga jual/Costing 5. Membuat master pola & marker. 6. Menyiapkan bahan utama dan penunjang 7. Menyiapkan label & kemasan. 8. Membuat cutting ticket. 9. Menyusun sistimatika produksi.

Kriteria:

skala 1-4

Sinkronus melalui platform gomeet dan asinkronus melalui WA, goclassroom
3 X 50

0%

8

Minggu ke 8

UTS


    3 X 50

    0%

    9

    Minggu ke 9

    Memproduksi busana dengan sistem garmen industri

    1. Melakukan Spreading 2. Melakukan Cutting 3. Melakukan Bundling dan ticketing 4. Melakukan Sewing 5. Melakukan QC 6. Melakukan Pressing 7. Melakukan Labeling 8. Melakukan Packaging

    Kriteria:

    skal 1-4

    Pendkatan Project base learning, strategi pembelajaran Sinkronus melalui platform gomeet dan asinkronus melalui WA, goclassroom
    3 X 50

    0%

    10

    Minggu ke 10

    Memproduksi busana dengan sistem garmen industri

    1. Melakukan Spreading 2. Melakukan Cutting 3. Melakukan Bundling dan ticketing 4. Melakukan Sewing 5. Melakukan QC 6. Melakukan Pressing 7. Melakukan Labeling 8. Melakukan Packaging

    Kriteria:

    skal 1-4

    Pendkatan Project base learning, strategi pembelajaran Sinkronus melalui platform gomeet dan asinkronus melalui WA, goclassroom
    3 X 50

    0%

    11

    Minggu ke 11

    Memproduksi busana dengan sistem garmen industri

    1. Melakukan Spreading 2. Melakukan Cutting 3. Melakukan Bundling dan ticketing 4. Melakukan Sewing 5. Melakukan QC 6. Melakukan Pressing 7. Melakukan Labeling 8. Melakukan Packaging

    Kriteria:

    skal 1-4

    Pendkatan Project base learning, strategi pembelajaran Sinkronus melalui platform gomeet dan asinkronus melalui WA, goclassroom
    3 X 50

    0%

    12

    Minggu ke 12

    Memproduksi busana dengan sistem garmen industri

    1. Melakukan Spreading 2. Melakukan Cutting 3. Melakukan Bundling dan ticketing 4. Melakukan Sewing 5. Melakukan QC 6. Melakukan Pressing 7. Melakukan Labeling 8. Melakukan Packaging

    Kriteria:

    skal 1-4

    Pendkatan Project base learning, strategi pembelajaran Sinkronus melalui platform gomeet dan asinkronus melalui WA, goclassroom
    3 X 50

    0%

    13

    Minggu ke 13

    Mengevaluasi kualitas produk garmen industri

    Mengevaluasi kualitas produk garmen industri dengan metode define, measure, analysis, improve dan control

    Kriteria:

    0-100

    Metode diskusi, strategi pembelajaran Sinkronus melalui platform gomeet dan asinkronus melalui WA, goclassroom
    3 X 50

    0%

    14

    Minggu ke 14

    Pemasaran produk garmen industri

    Melakukan pemasaran produk garmen industri

    Kriteria:

    0-100

    Pemasaran produk garmen industry secara online dan offline
    3 X 50

    0%

    15

    Minggu ke 15

    Mengevaluasi kegiatan praktik garmen industri yang telah dilakukan


      3 X 50

      0%

      16

      Minggu ke 16



      0%



      Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

      No Evaluasi Persentase
      0%

      Catatan

      1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
      2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
      3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
      4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
      5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
      6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
      7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
      8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
      9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
      10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
      11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
      12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.