|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S3 Pendidikan Dasar
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif |
8602204037 |
|
T=2 |
P=2 |
ECTS=10.08 |
2 |
18 Januari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Prof. Dr. Suryanti, M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
CPMK 1 Menguasai landasan filosofis penelitian kualitatif naturalistik dalam rangka memperbaharui keilmuan pendidikan dasar.
|
PO - 2 |
CPMK 2 Menemukan atau mengembangkan teori, konsepsi, gagasan ilmiah dalam rangka memberikan kontribusi terhadap pengembangan dan pengamalan ilmu pengetahuan di bidang pendidikan dasar secara komprehensif dan kontekstual dengan pendekatan inter, multi, dan transdisiplin melalui penelitian kualitatif naturalistik.
|
PO - 3 |
CPMK 3 Menyusun rancangan penelitian kualitatif dalam rangka penyusunan disertasi.
|
PO - 4 |
CPMK 4 Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam rangka mengembangkan sikap, keterampilan, dan kemampuan peserta didik (kognitif, afektif, dan psikomotor) secara terintegrasi.
|
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mengkaji latar belakang dan landasan filosofis metodologi penelitian kualitatif, penjabarannya dalam pola umum/alur penelitian kualitatif, merumuskan permasalahan penelitian kualitatif, penjabaran masalah menjadi beberapa fokus penelitian, pengambilan dan penyajian data penelitian, pemeriksaan keabsahan data, prosedur untuk menganalisis data, perumusan temuan penelitian, alur pembahasan temuan penelitian dan cara menyimpulkan temuan temuan serta penyusunan produk penelitian. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- 1. Denzin, N. K., & Giardina, M. D. (2021). Collaborative Futures in Qualitative Inquiry. Routledge.
- 2. Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches. Sage publications.
- 3. Clandinin, D. J., & Husu, J. (Eds.). (2017). The SAGE handbook of research on teacher education. Sage.
- 4. Salvo, J. M. (2019). Reading autoethnography: Reflections on justice and love. Routledge.
- 5. Kirkpatrick, D., Porter, S., Speedy, J., & Wyatt, J. (Eds.). (2021). Artful Collaborative Inquiry: Making and Writing Creative, Qualitative Research. Routledge.
- 6. Rousell, D. (2021). Immersive Cartography and Post-Qualitative Inquiry: A Speculative Adventure in Research-Creation. Routledge.
- 7. Denzin, N. K., & Salvo, J. (Eds.). (2020). New Directions in Theorizing Qualitative Research: Performance as Resistance(Vol. 4). Stylus Publishing, LLC.
|
Pendukung : |
|
- 1. Lincoln, Yvona S. & Guba, Egon G.1985. Naturalistic Inquiry. Beverly Hills. London, New Delhi: Sage Publication.
- 2. Sukartingsih, Wahyu dkk. Analisis Kebutuhan Aplikasi Kamus Digital Indikator Pencapaian Kompetensi Berbasis Artifical Intelligence untuk Mengoptimalkan Desain Pembelajaran Abad ke-21 di Sekolah Dasar
- 3. Mariana, Neni., dkk. Implementasi Pendidikan STEAM di Perguruan Tinggi Studi Kasus di Nepal dan Indonesia. Laporan Penelitian
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
- Mengkaji latar belakang & landasan filosofis metodologi penelitian kualitatif.
- lmenyusun latar belakang & landasan filosofis metodologi penelitian kualitatif. dari berbagai artikel
|
Mampu menjelaskan latar belakang dan landasan filosofis penelitian kualitatif berdasarkan kajian berbagai artikel penelitian |
Kriteria:
- Produk Analisis artikel
- kesesuaian (40%), ketajaman analisis (30%), presentasi (30%)
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Problem based learning 2 x 35 |
Problem based learning 2 x 35 |
Materi: Kronologis paradigma dalam sejarah penelitian. (Sesuai referensi) Pustaka: 1. Denzin, N. K., & Giardina, M. D. (2021). Collaborative Futures in Qualitative Inquiry. Routledge. |
2% |
2
Minggu ke 2 |
- Menjelaskan pola umum/alur penelitian kualitatif.
- menyimplukan pola umum/alur penelitian kualitatif.
|
Mampu memaparkan alur penelitian kualitatif berdasarkan kajian berbagai artikel penelitian. |
Kriteria:
kesesuaian (40%), ketajaman analisis (30%), presentasi (30%) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Problem based learning 2 x 35 |
Problem based learning 2 x 35 |
Materi: Diagram alur penelitian kualitatif naturalistik. (Sesuai referensi) Pustaka: 2. Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches. Sage publications. Materi: Diagram alur penelitian kualitatif naturalistik. (Sesuai referensi) Pustaka: 1. Lincoln, Yvona S. & Guba, Egon G.1985. Naturalistic Inquiry. Beverly Hills. London, New Delhi: Sage Publication. Materi: Diagram alur penelitian kualitatif Pustaka: 2. Sukartingsih, Wahyu dkk. Analisis Kebutuhan Aplikasi Kamus Digital Indikator Pencapaian Kompetensi Berbasis Artifical Intelligence untuk Mengoptimalkan Desain Pembelajaran Abad ke-21 di Sekolah Dasar |
2% |
3
Minggu ke 3 |
Mengkaji perbedaan antara penelitian kuantitatif dengan kualitatif. |
Mampu menjelaskan perbedaan antara penelitian kuantitatif dng kualitatif berdasarkan kajian berbagai artikel penelitian |
Kriteria:
- Produk hasil Analisis artikel
- kesesuaian (40%), ketajaman analisis (30%), presentasi (30%)
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Problem based learning 2 x 35 |
Problem based learning 2 x 35 |
Materi: Aksioma perbedaan antara positivist paradigm dng naturalist paradigm.. (Sesuai referensi) Pustaka: 2. Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches. Sage publications. Materi: Aksioma perbedaan antara positivist paradigm dng naturalist paradigm.. (Sesuai referensi) Pustaka: 3. Clandinin, D. J., & Husu, J. (Eds.). (2017). The SAGE handbook of research on teacher education. Sage. Materi: Aksioma perbedaan antara positivist paradigm dng naturalist paradigm Pustaka: 3. Mariana, Neni., dkk. Implementasi Pendidikan STEAM di Perguruan Tinggi Studi Kasus di Nepal dan Indonesia. Laporan Penelitian |
2% |
4
Minggu ke 4 |
Mengkaji perbedaan antara penelitian kuantitatif dng kualitatif. |
Mampu menjelaskan perbedaan antara penelitian kuantitatif dng kualitatif berdasarkan kajian berbagai artikel penelitian. |
Kriteria:
Produk hasil Analisis artikel: kesesuaian (40%), ketajaman analisis (30%), presentasi (30%) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Problem based learning 2 x 35 |
Problem based learning 2 x 35 |
Materi: Karakteristik penelitian naturalistik kualitatif (Sesuai referensi) Pustaka: 2. Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches. Sage publications. Materi: Karakteristik penelitian naturalistik kualitatif (Sesuai referensi) Pustaka: 5. Kirkpatrick, D., Porter, S., Speedy, J., & Wyatt, J. (Eds.). (2021). Artful Collaborative Inquiry: Making and Writing Creative, Qualitative Research. Routledge. |
2% |
5
Minggu ke 5 |
Mengkaji perbedaan antara penelitian kuantitatif dengan kualitatif. |
Mampu menjelaskan perbedaan antara penelitian kuantitatif dng kualitatif berdasarkan kajian berbagai artikel penelitian |
Kriteria:
Produk hasil Analisis artikel Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Problem based learning 2 x 35 |
Problem based learning 2 x 35 |
Materi: Karakteristik penelitian naturalistik kualitatif (Sesuai referensi) Pustaka: 3. Clandinin, D. J., & Husu, J. (Eds.). (2017). The SAGE handbook of research on teacher education. Sage. Materi: Karakteristik penelitian naturalistik kualitatif (Sesuai referensi) Pustaka: 6. Rousell, D. (2021). Immersive Cartography and Post-Qualitative Inquiry: A Speculative Adventure in Research-Creation. Routledge. |
3% |
6
Minggu ke 6 |
Mengkaji perbedaan antara penelitian kuantitatif dengan kualitatif. |
Mampu menjelaskan perbedaan antara penelitian kuantitatif dng kualitatif berdasarkan kajian berbagai artikel penelitian |
Kriteria:
Produk hasil Analisis artikel Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Problem based learning 2 x 35 |
Problem based learning 2 x 35 |
Materi: Karakteristik penelitian naturalistik kualitatif (Sesuai referensi) Pustaka: 7. Denzin, N. K., & Salvo, J. (Eds.). (2020). New Directions in Theorizing Qualitative Research: Performance as Resistance(Vol. 4). Stylus Publishing, LLC. Materi: Karakteristik penelitian naturalistik kualitatif (Sesuai referensi) Pustaka: 1. Lincoln, Yvona S. & Guba, Egon G.1985. Naturalistic Inquiry. Beverly Hills. London, New Delhi: Sage Publication. |
3% |
7
Minggu ke 7 |
Merumuskan masalah penelitian kualitatif berdasarkan hasil penelitian awal. |
Mampu menemukan masalah penelitian yg relative baru berdasarkan kajian berbagai artikel penelitian |
Kriteria:
Seminar draf proposal Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Problem based learning 2 x 35 |
Problem based learning 2 x 35 |
Materi: Perbedaan antara masalah penelitian berdasarkan paradigma positivistik, dng yg berdasarkan postpositivistik. (Sesuai referensi) Pustaka: 6. Rousell, D. (2021). Immersive Cartography and Post-Qualitative Inquiry: A Speculative Adventure in Research-Creation. Routledge. Materi: Perbedaan antara masalah penelitian berdasarkan paradigma positivistik, dng yg berdasarkan postpositivistik. (Sesuai referensi) Pustaka: 2. Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches. Sage publications. Materi: Perbedaan antara masalah penelitian berdasarkan paradigma positivistik, dng yg berdasarkan postpositivistik. (Sesuai referensi) Pustaka: 1. Lincoln, Yvona S. & Guba, Egon G.1985. Naturalistic Inquiry. Beverly Hills. London, New Delhi: Sage Publication. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Melaporkan hasil penelitian awal |
Mampu merumuskan masalah penelitian kualitatif berdasarkan kajian berbagai artikel penelitian. |
Kriteria:
Seminar draf proposal Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Problem based learning 2 x 35 |
Problem based learning 2 x 35 |
Materi: Mengkaji hasil penelitian awal. (Sesuai referensi yang dipilih) Pustaka: 5. Kirkpatrick, D., Porter, S., Speedy, J., & Wyatt, J. (Eds.). (2021). Artful Collaborative Inquiry: Making and Writing Creative, Qualitative Research. Routledge. Materi: Mengkaji hasil penelitian awal. (Sesuai referensi yang dipilih) Pustaka: 4. Salvo, J. M. (2019). Reading autoethnography: Reflections on justice and love. Routledge. |
5% |
9
Minggu ke 9 |
Melaporkan hasil penelitian awal |
Mampu merumuskan masalah penelitian kualitatif berdasarkan kajian berbagai artikel penelitian. |
Kriteria:
Seminar draf proposal Seminar Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Problem based learning 2 x 35 |
Problem based learning 2 x 35 |
Materi: Mengkaji hasil penelitian awal. (Sesuai referensi yang dipilih) Pustaka: 6. Rousell, D. (2021). Immersive Cartography and Post-Qualitative Inquiry: A Speculative Adventure in Research-Creation. Routledge. Materi: Mengkaji hasil penelitian awal. (Sesuai referensi yang dipilih) Pustaka: 7. Denzin, N. K., & Salvo, J. (Eds.). (2020). New Directions in Theorizing Qualitative Research: Performance as Resistance(Vol. 4). Stylus Publishing, LLC. Materi: Mengkaji hasil penelitian awal. (Sesuai referensi yang dipilih) Pustaka: 3. Clandinin, D. J., & Husu, J. (Eds.). (2017). The SAGE handbook of research on teacher education. Sage. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Melaporkan hasil penelitian awal |
Mampu merumuskan masalah penelitian kualitatif berdasarkan kajian berbagai artikel penelitian |
Kriteria:
Seminar draf proposal Seminar Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Problem based learning 2 x 35 |
Problem based learning 2 x 35 |
Materi: Mengkaji hasil penelitian awal. (Sesuai referensi yang dipilih) Pustaka: 1. Lincoln, Yvona S. & Guba, Egon G.1985. Naturalistic Inquiry. Beverly Hills. London, New Delhi: Sage Publication. Materi: Mengkaji hasil penelitian awal. (Sesuai referensi yang dipilih) Pustaka: 2. Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches. Sage publications. Materi: Mengkaji hasil penelitian awal. (Sesuai referensi yang dipilih) Pustaka: 6. Rousell, D. (2021). Immersive Cartography and Post-Qualitative Inquiry: A Speculative Adventure in Research-Creation. Routledge. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mampu melakukan pengambilan data beserta penyajiannya. |
Mampu melakukan pengambilan data berbasis peneliti sebagai instrument penelitian |
Kriteria:
Seminar draf proposal Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Problem based learning 2 x 35 |
Problem based learning 2 x 35 |
Materi: Metode observasi, wawancara tak ter struktur, angket ter buka, dan dokumentasi (Sesuai referensi) Pustaka: 2. Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches. Sage publications. Materi: Metode observasi, wawancara tak ter struktur, angket ter buka, dan dokumentasi (Sesuai referensi) Pustaka: 3. Clandinin, D. J., & Husu, J. (Eds.). (2017). The SAGE handbook of research on teacher education. Sage. Materi: Metode observasi, wawancara tak ter struktur, angket ter buka, dan dokumentasi (Sesuai referensi) Pustaka: 4. Salvo, J. M. (2019). Reading autoethnography: Reflections on justice and love. Routledge. |
10% |
12
Minggu ke 12 |
Mampu memeriksa keabsahan data. |
Mampu memeriksa keabsahan data dng berbagai cara berdasarkan kajian berbagai artikel penelitian |
Kriteria:
Seminar draf proposal Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Problem based learning 2 x35 |
Problem based learning 2 x 35 |
Materi: Trianggulasi data; member check; audit trail. (Sesuai referensi) Pustaka: 5. Kirkpatrick, D., Porter, S., Speedy, J., & Wyatt, J. (Eds.). (2021). Artful Collaborative Inquiry: Making and Writing Creative, Qualitative Research. Routledge. Materi: Trianggulasi data; member check; audit trail. (Sesuai referensi) Pustaka: 7. Denzin, N. K., & Salvo, J. (Eds.). (2020). New Directions in Theorizing Qualitative Research: Performance as Resistance(Vol. 4). Stylus Publishing, LLC. Materi: Trianggulasi data; member check; audit trail. (Sesuai referensi) Pustaka: 2. Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches. Sage publications. |
10% |
13
Minggu ke 13 |
Mampu menganalisis data |
Mampu menganalisis data sesuai dng alur yg disarankan berdasarkan kajian berbagai artikel penelitian. |
Kriteria:
Seminar draf proposal Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Problem based learning 2 x 35 |
Problem based learning 2 x 35 |
Materi: Analisis data kualitatif. (Sesuai referensi) Pustaka: 2. Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches. Sage publications. Materi: Analisis data kualitatif. (Sesuai referensi) Pustaka: 7. Denzin, N. K., & Salvo, J. (Eds.). (2020). New Directions in Theorizing Qualitative Research: Performance as Resistance(Vol. 4). Stylus Publishing, LLC. Materi: Analisis data kualitatif. (Sesuai referensi) Pustaka: 1. Lincoln, Yvona S. & Guba, Egon G.1985. Naturalistic Inquiry. Beverly Hills. London, New Delhi: Sage Publication. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mampu menyusun proposal dan laporan penelitian naturalistik kualitatif, |
Mampu menampilkan/presentasi sistematika proposal penelitian naturalistik kualitatif dan menjelaskan sistematika laporan penelitian naturalistik kualitatif berdasarkan kajian berbagai artikel penelitian. |
Kriteria:
Seminar draf proposal Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Problem based learning 2 x 35 |
Problem based learning 2 x 35 |
Materi: Hasil penulisan proposal penelitian (Sesuai referensi yang dipilih) Pustaka: 5. Kirkpatrick, D., Porter, S., Speedy, J., & Wyatt, J. (Eds.). (2021). Artful Collaborative Inquiry: Making and Writing Creative, Qualitative Research. Routledge. Materi: Hasil penulisan proposal penelitian (Sesuai referensi yang dipilih) Pustaka: 6. Rousell, D. (2021). Immersive Cartography and Post-Qualitative Inquiry: A Speculative Adventure in Research-Creation. Routledge. Materi: Hasil penulisan proposal penelitian (Sesuai referensi yang dipilih) Pustaka: 7. Denzin, N. K., & Salvo, J. (Eds.). (2020). New Directions in Theorizing Qualitative Research: Performance as Resistance(Vol. 4). Stylus Publishing, LLC. |
10% |
15
Minggu ke 15 |
Menghasilkan proposal penelitian naturalistik kualitatif (UAS) |
Mampu mempresentasikan proposal dng benar |
Kriteria:
Seminar draf proposal Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Problem based learning 2 x 35 |
Problem based learning 2 x 35 |
Materi: Hasil penulisan proposal penelitian (Sesuai referensi yang dipilih) Pustaka: 7. Denzin, N. K., & Salvo, J. (Eds.). (2020). New Directions in Theorizing Qualitative Research: Performance as Resistance(Vol. 4). Stylus Publishing, LLC. Materi: Hasil penulisan proposal penelitian (Sesuai referensi yang dipilih) Pustaka: 1. Lincoln, Yvona S. & Guba, Egon G.1985. Naturalistic Inquiry. Beverly Hills. London, New Delhi: Sage Publication. Materi: mengecek keabsahan proposal penelitian Pustaka: 4. Salvo, J. M. (2019). Reading autoethnography: Reflections on justice and love. Routledge. |
10% |
16
Minggu ke 16 |
mempresentasikan proposal dng benar |
Mampu mempresentasikan proposal dengan benar berdasarkan kajian berbagai artikel penelitian |
Kriteria:
Pengumpulan draf proposal disertasi Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Problem based learning 2 x 35 |
Problem based learning 2 x 35 |
Materi: Hasil penulisan proposal penelitian (Sesuai referensi yang dipilih) Pustaka: 1. Lincoln, Yvona S. & Guba, Egon G.1985. Naturalistic Inquiry. Beverly Hills. London, New Delhi: Sage Publication. Materi: Hasil penulisan proposal penelitian (Sesuai referensi yang dipilih) Pustaka: 1. Denzin, N. K., & Giardina, M. D. (2021). Collaborative Futures in Qualitative Inquiry. Routledge. Materi: Hasil penulisan proposal penelitian (Sesuai referensi yang dipilih) Pustaka: 2. Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches. Sage publications. Materi: Hasil penulisan proposal penelitian (Sesuai referensi yang dipilih) Pustaka: 3. Clandinin, D. J., & Husu, J. (Eds.). (2017). The SAGE handbook of research on teacher education. Sage. Materi: Hasil penulisan proposal penelitian (Sesuai referensi yang dipilih) Pustaka: 4. Salvo, J. M. (2019). Reading autoethnography: Reflections on justice and love. Routledge. Materi: Hasil penulisan proposal penelitian (Sesuai referensi yang dipilih) Pustaka: 5. Kirkpatrick, D., Porter, S., Speedy, J., & Wyatt, J. (Eds.). (2021). Artful Collaborative Inquiry: Making and Writing Creative, Qualitative Research. Routledge. Materi: Hasil penulisan proposal penelitian (Sesuai referensi yang dipilih) Pustaka: 6. Rousell, D. (2021). Immersive Cartography and Post-Qualitative Inquiry: A Speculative Adventure in Research-Creation. Routledge. Materi: Hasil penulisan proposal penelitian (Sesuai referensi yang dipilih) Pustaka: 7. Denzin, N. K., & Salvo, J. (Eds.). (2020). New Directions in Theorizing Qualitative Research: Performance as Resistance(Vol. 4). Stylus Publishing, LLC. |
20% |