Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S3 Pendidikan Dasar

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif

8602204037

T=2

P=2

ECTS=10.08

2

18 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Prof. Dr. Suryanti, M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

PO - 1

CPMK 1 Menguasai landasan filosofis penelitian kualitatif naturalistik dalam rangka memperbaharui keilmuan pendidikan dasar.

PO - 2

CPMK 2 Menemukan atau mengembangkan teori, konsepsi, gagasan ilmiah dalam rangka memberikan kontribusi terhadap pengembangan dan pengamalan ilmu pengetahuan di bidang pendidikan dasar secara komprehensif dan kontekstual dengan pendekatan inter, multi, dan transdisiplin melalui penelitian kualitatif naturalistik.

PO - 3

CPMK 3 Menyusun rancangan penelitian kualitatif dalam rangka penyusunan disertasi.

PO - 4

CPMK 4 Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam rangka mengembangkan sikap, keterampilan, dan kemampuan peserta didik (kognitif, afektif, dan psikomotor) secara terintegrasi.

Matrik PLO-PO

 
PO
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mengkaji latar belakang dan landasan filosofis metodologi penelitian kualitatif, penjabarannya dalam pola umum/alur penelitian kualitatif, merumuskan permasalahan penelitian kualitatif, penjabaran masalah menjadi beberapa fokus penelitian, pengambilan dan penyajian data penelitian, pemeriksaan keabsahan data, prosedur untuk menganalisis data, perumusan temuan penelitian, alur pembahasan temuan penelitian dan cara menyimpulkan temuan temuan serta penyusunan produk penelitian.

Pustaka

Utama :

  1. 1. Denzin, N. K., & Giardina, M. D. (2021). Collaborative Futures in Qualitative Inquiry. Routledge.
  2. 2. Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches. Sage publications.
  3. 3. Clandinin, D. J., & Husu, J. (Eds.). (2017). The SAGE handbook of research on teacher education. Sage.
  4. 4. Salvo, J. M. (2019). Reading autoethnography: Reflections on justice and love. Routledge.
  5. 5. Kirkpatrick, D., Porter, S., Speedy, J., & Wyatt, J. (Eds.). (2021). Artful Collaborative Inquiry: Making and Writing Creative, Qualitative Research. Routledge.
  6. 6. Rousell, D. (2021). Immersive Cartography and Post-Qualitative Inquiry: A Speculative Adventure in Research-Creation. Routledge.
  7. 7. Denzin, N. K., & Salvo, J. (Eds.). (2020). New Directions in Theorizing Qualitative Research: Performance as Resistance(Vol. 4). Stylus Publishing, LLC.

Pendukung :

  1. 1. Lincoln, Yvona S. & Guba, Egon G.1985. Naturalistic Inquiry. Beverly Hills. London, New Delhi: Sage Publication.
  2. 2. Sukartingsih, Wahyu dkk. Analisis Kebutuhan Aplikasi Kamus Digital Indikator Pencapaian Kompetensi Berbasis Artifical Intelligence untuk Mengoptimalkan Desain Pembelajaran Abad ke-21 di Sekolah Dasar
  3. 3. Mariana, Neni., dkk. Implementasi Pendidikan STEAM di Perguruan Tinggi Studi Kasus di Nepal dan Indonesia. Laporan Penelitian

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

  1. Mengkaji latar belakang & landasan filosofis metodologi penelitian kualitatif.
  2. lmenyusun latar belakang & landasan filosofis metodologi penelitian kualitatif. dari berbagai artikel

Mampu menjelaskan latar belakang dan landasan filosofis penelitian kualitatif berdasarkan kajian berbagai artikel penelitian

Kriteria:
  1. Produk Analisis artikel
  2. kesesuaian (40%), ketajaman analisis (30%), presentasi (30%)

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Problem based learning
2 x 35
Problem based learning
2 x 35
Materi: Kronologis paradigma dalam sejarah penelitian. (Sesuai referensi)
Pustaka: 1. Denzin, N. K., & Giardina, M. D. (2021). Collaborative Futures in Qualitative Inquiry. Routledge.
2%

2

Minggu ke 2

  1. Menjelaskan pola umum/alur penelitian kualitatif.
  2. menyimplukan pola umum/alur penelitian kualitatif.

Mampu memaparkan alur penelitian kualitatif berdasarkan kajian berbagai artikel penelitian.

Kriteria:

kesesuaian (40%), ketajaman analisis (30%), presentasi (30%)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Problem based learning
2 x 35
Problem based learning
2 x 35
Materi: Diagram alur penelitian kualitatif naturalistik. (Sesuai referensi)
Pustaka: 2. Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches. Sage publications.

Materi: Diagram alur penelitian kualitatif naturalistik. (Sesuai referensi)
Pustaka: 1. Lincoln, Yvona S. & Guba, Egon G.1985. Naturalistic Inquiry. Beverly Hills. London, New Delhi: Sage Publication.

Materi: Diagram alur penelitian kualitatif
Pustaka: 2. Sukartingsih, Wahyu dkk. Analisis Kebutuhan Aplikasi Kamus Digital Indikator Pencapaian Kompetensi Berbasis Artifical Intelligence untuk Mengoptimalkan Desain Pembelajaran Abad ke-21 di Sekolah Dasar
2%

3

Minggu ke 3

Mengkaji perbedaan antara penelitian kuantitatif dengan kualitatif.

Mampu menjelaskan perbedaan antara penelitian kuantitatif dng kualitatif berdasarkan kajian berbagai artikel penelitian

Kriteria:
  1. Produk hasil Analisis artikel
  2. kesesuaian (40%), ketajaman analisis (30%), presentasi (30%)

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Problem based learning
2 x 35
Problem based learning
2 x 35
Materi: Aksioma perbedaan antara positivist paradigm dng naturalist paradigm.. (Sesuai referensi)
Pustaka: 2. Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches. Sage publications.

Materi: Aksioma perbedaan antara positivist paradigm dng naturalist paradigm.. (Sesuai referensi)
Pustaka: 3. Clandinin, D. J., & Husu, J. (Eds.). (2017). The SAGE handbook of research on teacher education. Sage.

Materi: Aksioma perbedaan antara positivist paradigm dng naturalist paradigm
Pustaka: 3. Mariana, Neni., dkk. Implementasi Pendidikan STEAM di Perguruan Tinggi Studi Kasus di Nepal dan Indonesia. Laporan Penelitian
2%

4

Minggu ke 4

Mengkaji perbedaan antara penelitian kuantitatif dng kualitatif.

Mampu menjelaskan perbedaan antara penelitian kuantitatif dng kualitatif berdasarkan kajian berbagai artikel penelitian.

Kriteria:

Produk hasil Analisis artikel: kesesuaian (40%), ketajaman analisis (30%), presentasi (30%)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
Problem based learning
2 x 35
Problem based learning
2 x 35
Materi: Karakteristik penelitian naturalistik kualitatif (Sesuai referensi)
Pustaka: 2. Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches. Sage publications.

Materi: Karakteristik penelitian naturalistik kualitatif (Sesuai referensi)
Pustaka: 5. Kirkpatrick, D., Porter, S., Speedy, J., & Wyatt, J. (Eds.). (2021). Artful Collaborative Inquiry: Making and Writing Creative, Qualitative Research. Routledge.
2%

5

Minggu ke 5

Mengkaji perbedaan antara penelitian kuantitatif dengan kualitatif.

Mampu menjelaskan perbedaan antara penelitian kuantitatif dng kualitatif berdasarkan kajian berbagai artikel penelitian

Kriteria:

Produk hasil Analisis artikel


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Problem based learning
2 x 35
Problem based learning
2 x 35
Materi: Karakteristik penelitian naturalistik kualitatif (Sesuai referensi)
Pustaka: 3. Clandinin, D. J., & Husu, J. (Eds.). (2017). The SAGE handbook of research on teacher education. Sage.

Materi: Karakteristik penelitian naturalistik kualitatif (Sesuai referensi)
Pustaka: 6. Rousell, D. (2021). Immersive Cartography and Post-Qualitative Inquiry: A Speculative Adventure in Research-Creation. Routledge.
3%

6

Minggu ke 6

Mengkaji perbedaan antara penelitian kuantitatif dengan kualitatif.

Mampu menjelaskan perbedaan antara penelitian kuantitatif dng kualitatif berdasarkan kajian berbagai artikel penelitian

Kriteria:

Produk hasil Analisis artikel


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Problem based learning
2 x 35
Problem based learning
2 x 35
Materi: Karakteristik penelitian naturalistik kualitatif (Sesuai referensi)
Pustaka: 7. Denzin, N. K., & Salvo, J. (Eds.). (2020). New Directions in Theorizing Qualitative Research: Performance as Resistance(Vol. 4). Stylus Publishing, LLC.

Materi: Karakteristik penelitian naturalistik kualitatif (Sesuai referensi)
Pustaka: 1. Lincoln, Yvona S. & Guba, Egon G.1985. Naturalistic Inquiry. Beverly Hills. London, New Delhi: Sage Publication.
3%

7

Minggu ke 7

Merumuskan masalah penelitian kualitatif berdasarkan hasil penelitian awal.

Mampu menemukan masalah penelitian yg relative baru berdasarkan kajian berbagai artikel penelitian

Kriteria:

Seminar draf proposal


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Problem based learning
2 x 35
Problem based learning
2 x 35
Materi: Perbedaan antara masalah penelitian berdasarkan paradigma positivistik, dng yg berdasarkan postpositivistik. (Sesuai referensi)
Pustaka: 6. Rousell, D. (2021). Immersive Cartography and Post-Qualitative Inquiry: A Speculative Adventure in Research-Creation. Routledge.

Materi: Perbedaan antara masalah penelitian berdasarkan paradigma positivistik, dng yg berdasarkan postpositivistik. (Sesuai referensi)
Pustaka: 2. Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches. Sage publications.

Materi: Perbedaan antara masalah penelitian berdasarkan paradigma positivistik, dng yg berdasarkan postpositivistik. (Sesuai referensi)
Pustaka: 1. Lincoln, Yvona S. & Guba, Egon G.1985. Naturalistic Inquiry. Beverly Hills. London, New Delhi: Sage Publication.
5%

8

Minggu ke 8

Melaporkan hasil penelitian awal

Mampu merumuskan masalah penelitian kualitatif berdasarkan kajian berbagai artikel penelitian.

Kriteria:

Seminar draf proposal


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Problem based learning
2 x 35
Problem based learning
2 x 35
Materi: Mengkaji hasil penelitian awal. (Sesuai referensi yang dipilih)
Pustaka: 5. Kirkpatrick, D., Porter, S., Speedy, J., & Wyatt, J. (Eds.). (2021). Artful Collaborative Inquiry: Making and Writing Creative, Qualitative Research. Routledge.

Materi: Mengkaji hasil penelitian awal. (Sesuai referensi yang dipilih)
Pustaka: 4. Salvo, J. M. (2019). Reading autoethnography: Reflections on justice and love. Routledge.
5%

9

Minggu ke 9

Melaporkan hasil penelitian awal

Mampu merumuskan masalah penelitian kualitatif berdasarkan kajian berbagai artikel penelitian.

Kriteria:

Seminar draf proposal Seminar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Problem based learning
2 x 35
Problem based learning
2 x 35
Materi: Mengkaji hasil penelitian awal. (Sesuai referensi yang dipilih)
Pustaka: 6. Rousell, D. (2021). Immersive Cartography and Post-Qualitative Inquiry: A Speculative Adventure in Research-Creation. Routledge.

Materi: Mengkaji hasil penelitian awal. (Sesuai referensi yang dipilih)
Pustaka: 7. Denzin, N. K., & Salvo, J. (Eds.). (2020). New Directions in Theorizing Qualitative Research: Performance as Resistance(Vol. 4). Stylus Publishing, LLC.

Materi: Mengkaji hasil penelitian awal. (Sesuai referensi yang dipilih)
Pustaka: 3. Clandinin, D. J., & Husu, J. (Eds.). (2017). The SAGE handbook of research on teacher education. Sage.
5%

10

Minggu ke 10

Melaporkan hasil penelitian awal

Mampu merumuskan masalah penelitian kualitatif berdasarkan kajian berbagai artikel penelitian

Kriteria:

Seminar draf proposal Seminar


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Problem based learning
2 x 35
Problem based learning
2 x 35
Materi: Mengkaji hasil penelitian awal. (Sesuai referensi yang dipilih)
Pustaka: 1. Lincoln, Yvona S. & Guba, Egon G.1985. Naturalistic Inquiry. Beverly Hills. London, New Delhi: Sage Publication.

Materi: Mengkaji hasil penelitian awal. (Sesuai referensi yang dipilih)
Pustaka: 2. Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches. Sage publications.

Materi: Mengkaji hasil penelitian awal. (Sesuai referensi yang dipilih)
Pustaka: 6. Rousell, D. (2021). Immersive Cartography and Post-Qualitative Inquiry: A Speculative Adventure in Research-Creation. Routledge.
5%

11

Minggu ke 11

Mampu melakukan pengambilan data beserta penyajiannya.

Mampu melakukan pengambilan data berbasis peneliti sebagai instrument penelitian

Kriteria:

Seminar draf proposal


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Problem based learning
2 x 35
Problem based learning
2 x 35
Materi: Metode observasi, wawancara tak ter struktur, angket ter buka, dan dokumentasi (Sesuai referensi)
Pustaka: 2. Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches. Sage publications.

Materi: Metode observasi, wawancara tak ter struktur, angket ter buka, dan dokumentasi (Sesuai referensi)
Pustaka: 3. Clandinin, D. J., & Husu, J. (Eds.). (2017). The SAGE handbook of research on teacher education. Sage.

Materi: Metode observasi, wawancara tak ter struktur, angket ter buka, dan dokumentasi (Sesuai referensi)
Pustaka: 4. Salvo, J. M. (2019). Reading autoethnography: Reflections on justice and love. Routledge.
10%

12

Minggu ke 12

Mampu memeriksa keabsahan data.

Mampu memeriksa keabsahan data dng berbagai cara berdasarkan kajian berbagai artikel penelitian

Kriteria:

Seminar draf proposal


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Problem based learning
2 x35
Problem based learning
2 x 35
Materi: Trianggulasi data; member check; audit trail. (Sesuai referensi)
Pustaka: 5. Kirkpatrick, D., Porter, S., Speedy, J., & Wyatt, J. (Eds.). (2021). Artful Collaborative Inquiry: Making and Writing Creative, Qualitative Research. Routledge.

Materi: Trianggulasi data; member check; audit trail. (Sesuai referensi)
Pustaka: 7. Denzin, N. K., & Salvo, J. (Eds.). (2020). New Directions in Theorizing Qualitative Research: Performance as Resistance(Vol. 4). Stylus Publishing, LLC.

Materi: Trianggulasi data; member check; audit trail. (Sesuai referensi)
Pustaka: 2. Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches. Sage publications.
10%

13

Minggu ke 13

Mampu menganalisis data

Mampu menganalisis data sesuai dng alur yg disarankan berdasarkan kajian berbagai artikel penelitian.

Kriteria:

Seminar draf proposal


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Problem based learning
2 x 35
Problem based learning
2 x 35
Materi: Analisis data kualitatif. (Sesuai referensi)
Pustaka: 2. Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches. Sage publications.

Materi: Analisis data kualitatif. (Sesuai referensi)
Pustaka: 7. Denzin, N. K., & Salvo, J. (Eds.). (2020). New Directions in Theorizing Qualitative Research: Performance as Resistance(Vol. 4). Stylus Publishing, LLC.

Materi: Analisis data kualitatif. (Sesuai referensi)
Pustaka: 1. Lincoln, Yvona S. & Guba, Egon G.1985. Naturalistic Inquiry. Beverly Hills. London, New Delhi: Sage Publication.
5%

14

Minggu ke 14

Mampu menyusun proposal dan laporan penelitian naturalistik kualitatif,

Mampu menampilkan/presentasi sistematika proposal penelitian naturalistik kualitatif dan menjelaskan sistematika laporan penelitian naturalistik kualitatif berdasarkan kajian berbagai artikel penelitian.

Kriteria:

Seminar draf proposal


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Problem based learning
2 x 35
Problem based learning
2 x 35
Materi: Hasil penulisan proposal penelitian (Sesuai referensi yang dipilih)
Pustaka: 5. Kirkpatrick, D., Porter, S., Speedy, J., & Wyatt, J. (Eds.). (2021). Artful Collaborative Inquiry: Making and Writing Creative, Qualitative Research. Routledge.

Materi: Hasil penulisan proposal penelitian (Sesuai referensi yang dipilih)
Pustaka: 6. Rousell, D. (2021). Immersive Cartography and Post-Qualitative Inquiry: A Speculative Adventure in Research-Creation. Routledge.

Materi: Hasil penulisan proposal penelitian (Sesuai referensi yang dipilih)
Pustaka: 7. Denzin, N. K., & Salvo, J. (Eds.). (2020). New Directions in Theorizing Qualitative Research: Performance as Resistance(Vol. 4). Stylus Publishing, LLC.
10%

15

Minggu ke 15

Menghasilkan proposal penelitian naturalistik kualitatif (UAS)

Mampu mempresentasikan proposal dng benar

Kriteria:

Seminar draf proposal


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
Problem based learning
2 x 35
Problem based learning
2 x 35
Materi: Hasil penulisan proposal penelitian (Sesuai referensi yang dipilih)
Pustaka: 7. Denzin, N. K., & Salvo, J. (Eds.). (2020). New Directions in Theorizing Qualitative Research: Performance as Resistance(Vol. 4). Stylus Publishing, LLC.

Materi: Hasil penulisan proposal penelitian (Sesuai referensi yang dipilih)
Pustaka: 1. Lincoln, Yvona S. & Guba, Egon G.1985. Naturalistic Inquiry. Beverly Hills. London, New Delhi: Sage Publication.

Materi: mengecek keabsahan proposal penelitian
Pustaka: 4. Salvo, J. M. (2019). Reading autoethnography: Reflections on justice and love. Routledge.
10%

16

Minggu ke 16

mempresentasikan proposal dng benar

Mampu mempresentasikan proposal dengan benar berdasarkan kajian berbagai artikel penelitian

Kriteria:

Pengumpulan draf proposal disertasi


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Problem based learning
2 x 35
Problem based learning
2 x 35
Materi: Hasil penulisan proposal penelitian (Sesuai referensi yang dipilih)
Pustaka: 1. Lincoln, Yvona S. & Guba, Egon G.1985. Naturalistic Inquiry. Beverly Hills. London, New Delhi: Sage Publication.

Materi: Hasil penulisan proposal penelitian (Sesuai referensi yang dipilih)
Pustaka: 1. Denzin, N. K., & Giardina, M. D. (2021). Collaborative Futures in Qualitative Inquiry. Routledge.

Materi: Hasil penulisan proposal penelitian (Sesuai referensi yang dipilih)
Pustaka: 2. Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches. Sage publications.

Materi: Hasil penulisan proposal penelitian (Sesuai referensi yang dipilih)
Pustaka: 3. Clandinin, D. J., & Husu, J. (Eds.). (2017). The SAGE handbook of research on teacher education. Sage.

Materi: Hasil penulisan proposal penelitian (Sesuai referensi yang dipilih)
Pustaka: 4. Salvo, J. M. (2019). Reading autoethnography: Reflections on justice and love. Routledge.

Materi: Hasil penulisan proposal penelitian (Sesuai referensi yang dipilih)
Pustaka: 5. Kirkpatrick, D., Porter, S., Speedy, J., & Wyatt, J. (Eds.). (2021). Artful Collaborative Inquiry: Making and Writing Creative, Qualitative Research. Routledge.

Materi: Hasil penulisan proposal penelitian (Sesuai referensi yang dipilih)
Pustaka: 6. Rousell, D. (2021). Immersive Cartography and Post-Qualitative Inquiry: A Speculative Adventure in Research-Creation. Routledge.

Materi: Hasil penulisan proposal penelitian (Sesuai referensi yang dipilih)
Pustaka: 7. Denzin, N. K., & Salvo, J. (Eds.). (2020). New Directions in Theorizing Qualitative Research: Performance as Resistance(Vol. 4). Stylus Publishing, LLC.
20%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 17.01%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 57.01%
3. Penilaian Portofolio 15.84%
4. Praktik / Unjuk Kerja 1%
5. Tes 8.17%
99.03%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.